1

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

ternyata setelah dibuka tret KPR, tret ini jadi sepi yaa? hehhe..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Ih gue baruu aja mo curhat :p

Tadi pagi gue ditelfon sama suatu bank, katanya permohonan kartu kredit visa platinum gue udah disetujui dan dia nanya kartunya udah nyampe ato blom? Langsung aja gue sewot, lha siapa yang minta mbak? Dia jawab ga tau, karena itu bukan tugasnya dia. Tugasnya dia cuma ngasih tau kalo kartunya udah jadi dan lagi dikirim.

Bikin gondok deh...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

3

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

natallia,
ooh, annual fee C*M*Ni*** itu free for life kalo punya tabungan di sana aja ya? aku punya tabungan di situ sih, tp ada rencana mau ditutup. brarti ntar kena charge dong ya? :( *gamao rugi*
terus pas konfirmasi alamat penagihan, ditanya jg apakah mau autodebet rekening, dan aku keukeuh gamau dgn alasan tabungan di situ buat dana darurat yg ga boleh diutak-atik. brati perlu dicek nih apa tetep dipasang 10% sama mereka.

btw, kan selain bank, perusahaan pembiayaan ada yg ngeluarin CC jg ya. kalo CC dr perusahaan pembiayaan gitu historis kreditnya tetep masuk ke SID ngga sih?

4

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

otty, gw juga pernah kayak gitu... ditelepon bahwa CC udah jadi, padahal gak pernah ngajuin. Sampe dianterin ke kantor gw, padahal kantor gw jauh bener dari bank itu. Alasannya gw adalah orang yg terpilih untuk menerimanya... huh... untung kartunya belom aktif... habis itu sering bgt orang dari bank itu nelepon ke gw, kog belom diaktifkan tuh kartu... gw bilang lho gak mau dipake, ngapain diaktifkan... trus yg nelepon bilang, kan ibu yg mengajukan... lha kapan gw mengajukannya... tau2 udah jadi gitu kog... mana limitnya gede buanget... syerem aja kalo sampe disalahgunakan orang... akhirnya gw gunting tuh kartu...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

5

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

gabriella Iya ini udah kejadian ke-2 kalinya, bank yang beda. Sebetulnya di bank yang ke-2 ini gue punya kartu kreditnya juga, tapi karena hampir ga pernah gue pake rencananya mo gue tutup. Ya sekalian aja ntar gue tutup dua2nya, bikin ilfil deh.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

6

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Riri,
Iya bnr slm pny tabungan.kartunya uda dipake blm?biasanya klo emg bnr autodebet,1hr sblm jth tempo,uda didebet.
Sbnrnya pas resign,aq da mls bikin CCnya lg(otomatis CC krywn ditutup pas resign) trus ditolak krn ga krj.uda dunk kelar mslhnya.ga taunya aq ditelp lg,dibuatin aplikasi lg tp ga ada kbr.pas akhir taun tuh,ditelp lg krn dibuatin lg sklgs dg 2adkku+suamiku (krt tmbhn).trs lgs diapprove,platinum pula :D
Tp ya gt,aq mst siapin duit di tabungan krn autodebet full.

Sbnrnya tiap ada tagihan krt kredit,sll dbyr full tp jdnya aq ga pny tabungan sm skali :(
Msh blm bnr ni pemakaian CCnya.kyknya emg hrs stop dl pk CCnya,bljr nabung dr nol dan bikin anggaran keuangan.
*mulai membaca thread2 keuangan*

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

7

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

memang si CC ini kaya buah simalakama.... :p

CC aku yg pertama kali dapet dr tambahan CC bokap, krn waktu itu mau liburan... yg kedua aku apply setelah kerja, CC lama dipake untuk "melancarkan" si CC yg baru... setelah itu aku tutup CC tambahan dr bokap.

positfnya CC kita ga perlu bawa uang cash kemana-mana... asal ga bablas belanjanya...hihihi... tp kadang bikin 'boros' krn biasanya kan ada minimal pembelian kalo bayar pake CC... jd kadang kalo belanja 'dipaksain' supaya memenuhi kuota si minimum limit pembalanjaan....

skrg aku pake CC yg free seumur hidup krn aku jd nasabah bank ybs, tp kalo aku tutup rekening mungkin dikenakan charge juga yah...

pengalaman terburuk sepanjang sejarah per-CC-anku adalah aku ga sadar kalo kartu hilang krn abis melahirkan jd ga pernah keluar rumah tiba-tiba ada tagihan sampai limit CC aku dikuras.... pencurinya beli handphone sama elektronik lain... langsung deh nangis bombay.... plus kesel... lha aku ngirit-ngirit tiba-tiba hrs keluarin duit buat bayar sesuatu yg ga aku beli!
Tapi akhirnya aku relain ajah... sambil langsung telpon bank minta ditutup!

Pengalaman "mistis' dikirim CC yg aku ga pernah apply juga pernah ngalamin.... sebelnya pas minta ditutup susahnyaaaaa..... minta ampun!!! Telpon ke card centernya lama pula.... kadang sibuk terus.... udh nyambung dioper sana sini.... cape deh!!!
Ajaibnya pula, minta diturunin limiit ga boleh.... padahal ga pernah dipake lebih dr 2 juta..... memang bisnis yg kejam.... hahaha.....

MaureenKane Mommy of Muljogunos family

8

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

yanilusiana,
ya ampun, sempet kena fraud ya? etapi, sebenernya kalo kartu disalahgunakan kita ngga berkewajiban utk melunasi tagihannya kan ya?

btw, mamas,
ahir2 ini sering dpt tawaran dr bank Per***a utk produc CC shopping card yg dapet cashback di hampir semua supermarket. aga2 tertarik sih pake kartu ini utk groceries shopping.. skrg ini cuma punya 1 CC yg dipake campur2. ada yg udah pake Per***a Shopping Card ini kah? mau dong diperjelas kelebihannya :) aku nanya2 sama sales yg nelpon kurang jelas, buru2 bgt ngomongnya kaya dikejar durasi..

9

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

gw baru aja nonton berita di tv tentang penipuan & pembunuhan yg dilakukan oleh pihak bank. ga ngikutin dari awal sih, tapi ngeri banget ya debt collector CC bisa sebegitunya ya?

trus gimana ceritanya sih, misalnya limit CC 48 juta, trus tau2 tagihannya bisa 100jt? emang ga decline ya kalo udah lewat limit?

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

10

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Iya Eka, dengar berita itu jadi mbatin ternyata beneran yah debt collector itu sadis di mulut hati tangan ..... Semoga nggak kejadian dikita yah..tentang utang yang beranak pinak itu...well itu semacam monster lintah darat kali ya. Kayaknya setiap yang punya cc setiap bulan biar aman itu mesti bayar lunas nas gak pakai kurang serupiahpun karena bulan berikutnya akan ditagih serupiah plus bunga dari nilai tagihan...wihh

hari ini adalah hari baik

11

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

eka Kayaknya itu karena bunga berbunga sih, soalnya kalo pemakaiannya lebih dari limit bakal ditolak. Gue pernah ditolak karena ga inget limitnya berapa (kartu baru dan limitnya kecil bener), eh pas mo dipake ditolak. Abis itu dapet surat deh kalo pemakaian gue udah melebihi limit hihi...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

eka klarifikasi yah... ini insider's info...
sebenernya itu yang ngutang awalnya jumlahnya emang 48 juta. tapi karena dia gak bayar2 6bln, dan itu kan bunganya compounded, jadi setelah 6bln, ya jadi 100juta.

nah ini yang selalu orang2 ga tau. kenapa kalo emang ngutang segitu banyak, dia nunggak sampe 6bln? ya tentunya kalo udah gitu jadi dikejar2 sama debt collector deh. ga decline, karena ya emang abis dipake 48 juta dan nunggak, udah ga bakal bisa lagi dipake itu kartunya, tapi kalo ga dibayar2 ya bunganya jalan terus.

berita ttg debt collector ini, sebenarnya sudah blow out of proportion sekali tapi ya media udah membesar2kan ya karena korban adalah orang penting. padahal tidak ada foul play.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

oooh..
Ya ngerti deh kalo nunggak 6bln mah yaaa...
Tapi limit itu kan hrsnya dikasih berdasarkan kemampuan bayarnya ya?

Tentang debt collector ini kan umumnya memang pake agent, jadi ntar kalo yg nunggak 6bln atau lbh itu bayar, bayarnya ke bank ato ke agent itu ya? Soalnya pernah ada temen, bermaslah dgn CC jg. jd dia sempet nunggak dan telat bayar bbrp bln, trus krn jd berbunga2, akhirnya cm mampu bayar pembayaran minimum aja. Wkt dia mau lunasin, si debt collectornya ini maksa hrs ktemu sama Pak X dengan juml utang misalnya 15jt. Lalu temenku ini dtg ke banknya lsg dan ktmu sama officer di sana dan akhirnya ada kesepakatan utk bayar utang pokoknya aja, misal jd 5jt dan bisa dibayar dlm bntk cicilan selama 3bln. Nah selama 3bln itu pihak agent msh sering telpon2 (dan terror ke no ext tmn2 kantor jg) marah2 dan bilang kl utangnya itu msh ttp 15jt. Jd gimana ya kalo gt?
Pihak banknya ngebolehin hal kyk gitu gak ya sebenernya?
Soalnya pernah denger katanya yg sisanya itu (utang 15 jt-utang pokok 6jt = 9jt) adalah fee utk agent/debt collectornya. Bener ga?

Trus kalo kasus penipuan MD itu ada hubungannya dgn CC jg kah?

Nah, baru2 ini jg denger kalo anggota DPR rame2 mau balikin CCnya. Biar apa, trus balikin ke mana & utangnya gimana, jd lunas ato gimana sih..

imbas beritanya jd makin ngaco yaaa..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

14

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

eka, setahu aku klo MD itu ngambil/nilep dana nasabah prioritas selama 3 tahun. Kemaren ada siaran langsung di metro tv, emang para anggota DPR 'ngomongnya' sih mengembalikan CC karena ketidakpercayaan terhadap bank tsb.

Menurut aku masyarakat memang harus dikasih tau dan dijelaskan tentang tata cara penggunaan CC, bagaimana klo tidak sampai dibayar lunas, bagaimana perhitungan bunga CC. Soalnya buku panduan yang dari bank tentang CC itu banyak yang engga pernah dibaca sama pemakai kartu, jadinya keblinger dan kesenengan dapet CC.

Berjuang untuk masa depan Banyu dan Binar
my positive

15

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

hmm iya rame bner ttg debt collector CC ini..td malem nonton di tv, advokatnya korban bilang hasil visum dokter beda dengan hasil yang dikasitau polisi ke keluarga..yah malah tambah rame deh, gatau juga mana yang bner..
dulu gue sempet kerja di salah satu perusahaan pembiayaan, disitu emang external collectornya agak sadis (gue pernah kena marah waktu ojt dibagian situ hihihi) dan memang dipilih org yang super galak. sebenernya kalo kita di pihak perusahaan/bank nya, ngerasa wajar, karena karakter orang kan beda2, ada yang emang niat jahat ga mau kembaliin, atau malah balik ngancem collector bahkan ga tanggung2 temen gue yang jd collection head ditodong pistol waktu ikut nagih, pdhl waktu itu masih baru ditagih sama internal, belum external. Nah cuma, biasanya perusahaan/bank udah ada ketentuan ko gimana cara penagihannya, dan udah disebut tidak boleh ada kekerasan fisik (ga yakin sih kalo psikis). yah OOT dah :P

eh pertanyaan gue sama kaya eka itu DPR ngembaliin CC nya tetep dilunasin dong yaaa hihihi..masa engga, curang gitu :D

bner ayuahmad harusnya pemberian CC lebih prudential lagi, dan pemberiannya secara langsung sambil di jelasin, soalnya kalo dikasi buku gitu ga yakin pada baca...

~Aysha's mom~

16

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

eka Kadang limit itu dikasih langsung dari bank, misalnya mereka ngeliat track record pembayaran kita bagus ya bisa aja dinaikin. Gue pernah kok ga minta kenaikan limit, trus dapet surat ngasih tau kalo limit gue dinaikin.

Lagian sih limit berapa pun, kalo memang ga sanggup bayar ya ga bakal beres aja... Bisa aja di atas kertas dia bisa bayar seluruh tagihannya, tapi ya mungkin ada keperluan lain jadi tagihannya cuma dibayar minimum ato malah ga sama sekali.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

17

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

boleh nimbrung yak...

ini sekedar info utk teman2x yg mendapatkan CC "mistis" (datang tanpa diundang eh diminta) sebenarnya BI sudah netapin aturan main bahwa penerbit CC (bank atau lembaga bukan bank yg ngluarin CC) dilarang mberikan fasilitas otomatis yg berdampak biaya tanpa persetujuan pemegang dlm bentuk email, surat ataupun percakapan lisan (via telpon) yg diketahui banknya lho. kalau ada yg merasa gak pernah minta, atau jangan2x data dipakai oleh oknum tak bertanggung jawab, segera lapor ke penerbit CCnya, jangan sampai annual fee tetap ditagih.

TYGa (TYaS-YuGa-Zia)

18

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

tyasyuga yaayy..empunya per-kartu-an berbicara hihihi :D :D

~Aysha's mom~

19

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

tsayuga,
kejadian tuh di saya, annual fee ditagih padahal kartu ngak pernah diterima dan ngak pernah diaktifkan, eh tiba2 terima tagihan via email, yg parahnya lagi lembaran tagihan yg via email tsb tidak bisa dibuka karena standard passwornya adalah kombinasi nomor kartu dan data lainnya, gimana bisa buka filenya, nomor kartunya aja saya ngak tau ...

Lgsg telpon si CS, setelah ditelusuri ternyata kartu tsb telah dihancurkan oleh bank setahun yang lalu karena tidak terkirim ke saya, dan ternyata file lembar tagihan tsb adalah annual feenya..aneh ya..kartunya dihancurkan dan tidak pernah diaktifkan..eh tahun berikutnya kok tiba2 muncul annual fee...ngak ngerti deh dengan sistemnya :(

Mom Putri n Rayhan

20

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

ibu2 kalo ngomongin ttg MD mendingan jangan disini, soalnya jadi OOT jauuhhh!! :P ini kan ngomongin credit card..

ttg pengembalian kartu kredit, gue kok mikirnya itu kayak bisa2an aja itu anggota DPR ngebalikin dan bilang karena ketidakpercayaan thd bank tsb. kalo dibalikin tanpa balance sih gakpapa. kalo ada balance gimana? mau ga bayar? iihhhh... soalnya ya itu pas korban CC yang akhirnya dipanggil ke citibank itu, kan utang dia 48juta, nunggak 6bln, jadi 100 juta.. masak minta keringanan untuk bayar 10juta aja?

masalah debt collector, gue ga tau sih prosesnya di indonesia itu seperti apa. kalo di US, misalnya ada yang ngutang CC lebih dari batas waktu tertentu (gue lupa berapa lama, kalo ga salah setelah 6bln), maka bank akan declare itu sebagai bad debt. nah karena itu bad debt, jadi informasi nya kan akan di release ke credit report juga dan itu jadi public information loh. kita bisa cek online apakah orang tersebut credit nya bagus ato engga based on information itu. nah kalo udah jadi bad debt gini, bank jadinya kayak "menjual" bad debt itu ke debt collector. nah setelah itu ya debt collector yang ngejar2, bank sudah tidak bertanggung jawab. not sure exactly, tapi harusnya ketika bank 'jual' ke debt collector itu, jumalhnya hanya berapa persen dari utang, jadi ga full recovery. jadi kalo akhirnya penghutang udah dikejar2 ama debt collector, ya si penghutang ini bisa nego mau bayar berapa.

tapi biasanya debt collector tidak berhubungan sama banknya. jadi emang lepas gitu.. kalo kasus yang di indonesia ini, setau gue masih di bank nya deh, makanya korban kan datengnya ke kantor bank dan diskusi dengan karyawan di bagian collections.. tapi apa yang terjadi di dalam, ya kita ga tau ya. apa benar ada kekerasan atau engga.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

21

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

yuvitedjo, gila cc nya banyak ya he he...kebetulan ak ada 2 cc, dulu punya 3 tapi sudah ak tutup satu,

setuju cc memang best friend untuk urusan promo dan diskon ini itu. trus ada prog cicilan segala, jadi kalau beli barang yg sampai jutaan bisa cicil sampai 12 kali, ringan kan..

satu lagi bisa untuk transfer tagihan dari cc yg satu ke cc yang lain yag kasih bunga lebih kecil. dengan komitmen bukan untuk gali lubang tutup lubang lho ya.. he he

untuk pemakaian ak pakai kartu yang tgl cetaknya masih lama misal cc A tgl cetak tiap tgl 25 berarti ak nggak bisa pakai setelah tgl 25 aja, karena akan dibukukan di penagihan bulan berikutnya, yang mana jatuh temponya masih bulan depannya lagi (biasanya cycle cc itu 15-20 hari kerja),

ini untuk manage payment due nya aja. karena kalo jth tempo barengan pusing juga bayarnya. oh ya kalo perlu bisa lho minta ganti tgl cetak penagihan...kao urgent bgt biasanya dikabulkan...

God sent an Angel which is call Mother

22

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

sLesTa: kalo di Indo setahu saya (tlg koreksi ya kalo ada yg lebih tahu)

cc akan mauk debt kalo sudah 5-6 bulan ditagih oleh internal colletion bank ybs sdh gak bisa, maka akan diserahkan ke pihak ketiga yaitu Debt Collector. di Indo blum publicly announce sih kalo ybs ada bad debt, hanya di Bank Indonesia, org tsbt akan di black list sehingga tidak bisa mengajukan kredit di manapun.

memang betul kebanyakan debt collector adalah pihak ketiga, yang disewa oleh bank utk collect dari nasabah, yang disayangkan kalo sampai hal buruk terjadi sama yang ditagih, seringkali bank ybs juga lepas tgn,,,

God sent an Angel which is call Mother

23

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

dear Mamas,
saya yang termasuk pro ma CC loh..
alhamdulillah sampai saat ini belum pernah terkena fraud (moga2 ga pernah jadi korban)
dan walaupun sempet beberapa lama menanggung hutang CC yang sebulan bunga nya aja sampe 500 ribu :( tapi emang saat itu keluarga kami agak krisis sih.
tapi alhamdulillah pelan2 bisa kami bayar teratur dan lunas sekarang :)
saya pikir penggunaan CC cukup bermanfaat asal diimbangi dengan pola belanja yang bijaksana :)

ibu yuna * mbok e yuna * mamak Q

24

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Belum lama ini gw baru apply CC, tujuannya untuk memisahkan CC yg gw pake untuk kebutuhan pribadi dan kebutuhan perjalanan dinas kantor. Gw baru tahu bahwa CC yang dikirimkan itu walau gak diaktifkan, otomatis sudah ada tagihan iuran tahunannya. Jadi gak heran donk kalau terima CC, gak kita aktifkan, trus tahu2 kita ternyata punya utang, itu berarti karena iuran tahunannya langsung ditagihkan saat CC dikirimkan, bukan saat CC diaktifkan... Gw tahu hal ini dari customer service bank penerbit CC itu...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

25

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

mommies mau tanya2 dong..aku penggen apply CC tapi kira-kira kriteria CC yang seperti apa yang sebaiknya harus kita liat?baca thread ini dari awal tapi binun takut kejebak juga sama peraturan dari si bank yang ngeluarin CC itu...padahal ngiler juga tuh kalo liat suka banyak diskon2 buat yang pake CC.maaf ya kalo pertanyaannya oon bgt...maklum buta sama ilmu-kaya gini.