1

Topic: Imunisasi

Jolin
Aku belum searching di google tentang bedanya PCV 7 dan 13

Ada temen yang bilang itu kandungan tinggi rendahnya dosisnya..

PCV dan IPD sama

Kalau anakku Arza imunisasi IPD ke-1 umur 2,5 bln dan yang ke-2 umur 4,5 bln sama-sama pakai PCV 7 dan yang ke 3 umur 8,5 bln atau boosternya pakai PCV 13. Baru ngecek kartu imunisasinya, pas liat pertanyaan Jolin.. Kebetulan tiap imunisasi sticker botol vaksinnya dilepas dan ditempel ke kartu imunisasi (susternya rajin)..

Katanya IPD bisa diambil setelah 1 tahun. Dan cuma 2 kali suntik.. Ada temanku yang ambil gitu juga..

2

Topic: Imunisasi

Jolin & meiza PCV nama vaksinnya dan IPD adalah nama penyakitnya. PCV 7 mengandung 7 strain virus IPD, PCV 13 mengandung 13 strain virus IPD. Kalo dosis keduanya diberikan dalam dosis yang sama. Dan walopun PCV 13 meng-cover lbh banyak strain virus, efektivitasnya ditemukan sama saja melawan virus2 IPD yg skrg ini beredar.

PCV dianjurkan dimulai umur 2 bulan, diberikan lagi selama 3 kali setelahnya di umur 4, 6, 12-15 bulan. Sebaiknya diberikan sesuai rekomendasi IDAI tsb untuk mendapatkan kekebalan yg optimal sejak dini. Seandainya diberikan setelah 1 tahun memang cukup 2x dosis krn lbh dr itu (CMIIW) tdk efektif lagi....tapiiii kalo si anak kena IPD sebelum umur setahun, gimana...

However, khusus di Indonesia, belum ada penelitian ilmiah ttg strain virus IPD mana yg lebih banyak menyerang anak2 Indonesia. Krn itu jg vaksinnya masih muahallll banget & baru sebatas dianjurkan, tidak diwajibkan.

HTH... :)

3

Topic: Imunisasi

indri budi utami, kl vaksin pediacell tuh apa ? n diksh waktu umur brp ? maaf g bgtu paham soal imunisasi soalnya byk jg ya macem2 vaksin.. pusing n myn mahal2 jg :P

4

Topic: Imunisasi

aufa..pediacell itu gabungan imunisasi DPT yang ga panas+Hib+polio, yg disatukan jadi satu suntikan.
Kalau infanrix gabungan antara imunisasi DPT yang ga panas+Hib. Imunisasi Polionya dengan cara tetes/oral

5

Topic: Imunisasi

moms. kl vaksin tifus n hep A diberikannya berbarengan gitu istilah lainnya simultan kan y atau cuman satu vaksin aja misal tifus berikutnya di jadwalkan lg vaksin hep A (males aja kl cuman 1x jadi mesti dtg lagi, kasian ke anaknya g tega liat di suntik :) ) ?
moms harga vaksin hep A sama tifus brp ?

6

Topic: Imunisasi

aufa hep A + tifoid bisa simultan kok. 2x suntik dlm satu kunjungan.
Untuk harga maap ga tau... :)

7

Topic: Imunisasi

aufa..kalau harga imunisasi hepatitis A 285.000, kalau TYPHIM 110.000. Eh, daftar harga ini aku ambil di RS Borromeus 2 bulan yang lalu ya.

Oya, mau cerita ttg imunisasi TYPHIM (untuk typoid).
Bbrp minggu lalu aku bawa anakku (3 yo) imunisasi untuk typoid ini. Aku ditanya suster mau imunisasi di mana, di lengan atau di paha. Aku jawab di paha. Akhirnya disuntik di paha. Kejadiannya sekitar pukul 12 siang.

Sore hari sekitar pukul 3 anakku mulai nangis-nangis karena ga bisa jalan sama sekali. Aku pikir dia bercanda. Ternyata beneran. Ada kali 30 menit ga bisa jalan. Mau geser posisi tidurnya juga susah. Sempat takut karena ada teman yg cerita kalau anak tetangganya kakinya jd kecil setelah disuntik Ahhh takutttt :(.

Selain itu juga anakku ngeluh gatal dan sakit di bekas tempat suntikan. Alhamdulillah akhirnya anakku mulai bisa jalan lg meskipun pelan. Pagi harinya jalannya sdh seperti biasa. Sdh aktif panjat-panjat lagi. Horeee

Jadi punya pengalaman, lain kali kalau anak sudah bisa jalan dan kalau kita sebagai mamanya ditanya suster "anak kita mau diimunisasi di lengan/paha?", aku pilih di lengan saja :).

8

Topic: Imunisasi

Indri, thanks infonya. Kata mertua kl suntik vaksin cacar (ga inget namanya) di paha aja supaya ga jelek lengannya. Apa pernah ada yg pengalaman gini? Ntar takutnya sakit kakinya kaya anaknya Indri

9

Topic: Imunisasi

alcyone vaksin cacar maksudnya cacar air (varicella) kan?
Kay divaksin varisela waktu umur 1 tahun, udah lupa di lengan apa di paha... tapi di bagian apapun itu ngga berbekas kok, smooth aja kyk vaksin2 lainnya (kecuali BCG).
Seingat saya pun setelah vaksin varisela itu ngga ada KIPI sama sekali... yah, mungkin sedikit ngilu aja di bagian bekas suntikan, ilang dlm bbrp jam...

Mungkin yang meninggalkan bekas sampe jelek itu jaman ibu-bapak kita disuntik kali ya... dulu kan vaksin cacarnya digores-gores segala... saat ini mah sudah njuss aja spt biasa...

10

Topic: Imunisasi

Ziezie slm ini disuntiknya pst di paha. Dua vaksin terakhir, varicella dan MMR jg di paha. Apa mgk Ilyasa pas disuntik,,kakinya menegang yah? Mknya jd rada kaku gt. Jaraknya jauh jg yah,disuntik jam 12,kakinya kaku jam 3. Ms qt mesti nunggu di rs slm 3jam?

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

11

Topic: Imunisasi

Avee, thanks infonya ya. Jd skrg vaksin cacar ga ampe bikin jelek kulit ya hehehe :p syukurlaaahhh

12

Topic: Imunisasi

natallia..kalau soal kakinya tegang ketika mau disuntik, aku kurang tahu ya. Tapi sih IMO dia pasti tegang secara umurnya sdh 3 tahun, sdh "ngeh" kalau disuntik itu sakit.

Selain itu habis suntik dia sudah lari2 lari. Btw kita langsung pulang waktu itu. Imunisasi jam 12. Sampai rumah dia makan dan main sebentar (tetep dg acara panjat2, loncat-loncat, dan lari2). Jam 14.30 tidur siang. Kebangun sekitar jam 15 dan nangis2 krn kakinya ga bisa dipakai buat berdiri+jalan. Baru 30 menit kemudian mulai bisa jalan lg. Malamnya, pukul 22.00 dia kuajak keluar rumah sebentar, jalannya masih pelan juga, kaya abis disunat :D.

13

Topic: Imunisasi

avee & indriani thanks atas info nya,,,,,anaku mo di suntik simultan aja untuk hep A n tifus tp g tega kl pas kunjungan ke RS dua kali suntik

14

Topic: Imunisasi

bukannya simultan itu emang bbrp kali suntik tapi 1 kunjungan, mom?
kalo yg cuma sekali jab biasanya disebut "combo", tapi kalo Hep A + Tifoid CMIIW kyknya belum ada yg combo deh...
gpp kok mom...nangis sbentar dah gitu beres...drpd bolak-balik + ngantrinya itu...hehe...

15

Topic: Imunisasi

moms pengalaman bw anak buat vaksin hep A & tifus di usia brp tahun ? rencn anaku mo vaksin itu di usia 2thn 1 minggu

16

Topic: Imunisasi

mama.. besok aku rencana mau imunisasi Marsha 5m3w untuk DPT (pediacel) dan BCG yg ke 2.. disuruh DSA-nya barengan aja hari yg sama.. itu ada efek ga yah nanti? kayaknya kesian aja gitu hehehe..

17

Topic: Imunisasi

coffee_mix..maksud nya DPT & BCG yg kedua gmn? ato DPT ny yg kedua tp utk BCG yg pertama? soal BCG tu kan cuma 1x imunisasi..dulu nathan jg digabung BCG dan DPT (pediacel jg), ga ada efek apa2 tu...

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

18

Topic: Imunisasi

m@m@n@th@n.. emang BCG cm 1x yaa?? aku lupa euy belom cek ke buku panduannya.. soalnya dokternya bilang pas DPT ke 2 itu "nanti 2 bulan lagi DPT + BCG ya bu" lohh..lohh.lohhh

19

Topic: Imunisasi

coffee_mix hihi... dokternya salah ngomong kali, mam...
Marsha udah vaksin BCG kan sblm usia 3 bulan? bener kt m@m@n@th@n, BCG cuma 1x aja, meski suntikannya ga berbekas.

20

Topic: Imunisasi

coba cek deh buku imunisasi nya..kalo DPT tu di suntik di paha kiri, kalo BCG di lengan kanan..kalo pas disuntik utk BCG akan muncul seperti gelembung di kulit lengan kanan atas, tar jgn panik ya mom coffe_mix krn suntikan nya di intrakutan(dalam kulit), trs kalo bbrp hari kemudian stlh imunisasi ada muncul bengkak dan kemerahan lalu muncul pustula ( gelembung berisi nanah) yg akan meninngalkan luka terbuka, jgn dipecahkan ya dan jgn dikasih obat apa pun krn akan sembuh sendiri, cukup di kompres air hangat aja..imunisasi BCG meninggalkan bekas parut..
hth ya mom..

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

21

Topic: Imunisasi

ngomong2 soal vaksin BCG... dokternya arza dulu suntik di pant*t
bekasnya cuma seperti bopeng tapi kecil..

ada yg mengalami hal yg sama ngga mamas? ada yg harus dikhawatirkan ngga ya?

22

Topic: Imunisasi

mom meiza..alasan dsa nya suntik di patpat apa ya? apa utk estetika kah?

thn 1980 WHO merekomendasikan/dianjurkan suntikan imunisasi di daerah anterolateral paha (bagian depan paha) dan tidak pada pantat (otot gluteus) karena di daerah otot gluteus bnyk syaraf2 iskhiadika, jd utk mengurangi resiko terkena syaraf2 tsb dianjurkan vaksinasi di paha bagian depan dan utk vaksin BCG adalah di daerah kulit atas insersi otot deltoid ( lengan atas ) disebut injeksi intradermal/intrakutan..

mmg ada pro kontra mengenai lokasi injeksi utk vaksinasi bcg...tp qt hrs lbh aware dgn sering searching ttg imunisasi dan pro aktif bertanya ke dsa ny...
selama ini selalu memberikan vaksin bcg di lengan atas ( dulu bidan ptt skrg pensiun dini krn ngurus anak...:p )

vaksinasi bcg hampir selalu meninggalkan bekas, baik luka parut ato bopeng...selama anak sehat dan tetap aktif jgn terlalu khawatir ya...
hth mom..

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

23

Topic: Imunisasi

meiza arza skrg umur berapa?
diego (5 bulan) masih kayak bisul kecil aja. kalo dulu kakaknya sempet pecah sendiri dan memang berdarah + bernanah dikit (sampe gelembungnya pecah + berbekas perlu bbrp bulan).
biasanya suntikan BCG memang meninggalkan bekas, tapi walopun ngga ada bekasnya tetep efektif kok perlindungannya.

sharing sedikit ttg BCG dari dokter milis sebelah:
- "Bekas" BCG baru muncul paling cepat 1 bulan pasca imunisasi. Kalo belum sampe 1 bulan sdh muncul, dicurigai adanya infeksi TB yg sdh ada dlm tubuh sblmnya & disarankan tes Mantoux.
- Suntik intrakutan tidak berhubungan dg lokasi. Tapi kesepakatan internasional di lengan atas kanan. Suntikan di daerah bokong/paha atas (dgn alasan kosmetik) dikhawatirkan berpotensi menimbulkan pembesaran kelenjar getah bening dalam rongga perut, meskipun kejadian ini sangat-sangat jarang.

24

Topic: Imunisasi

Baby B bekas suntikan bcg nya 2 bulan sesudahnya baru nongol gelembung. Skrg sih udah pecah dan kaya' koreng gt, tp ya ga dikasi apa2 alias dibiarin

25

Topic: Imunisasi

indriani budi utami kemaren pagi aufa imun ke santosa buat vaksin hep A & tifus scr simultan. harganya naik kyknya hep A 308.000 n tifoid 144.000 ..trs kt DSA nya ulangan Hep ke 2 d suruh dtg lagi bln jan'2013 aku iya aja..pas liat di sumber yg lain ulangan hep ke 2 usia 30bln ,,sdgkan kl ngikutin jadwal jan 2013 aufa pas nti vaksin itu d usia 34bln, gpp gitu ?