1

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

atas permintaan rainiw dan dadidedo, yuk, mamas dan papas pada share barang2 dan perlengkapan apa aja yang mesti dimiliki pas si bayi lahir... pasti berguna dan membantu banget untuk para new parents.

aku compile listnya dulu yaaa... :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

Ditunggu mami Thaaaal!Kebeneran gue perlu bangeeeet.Mwuehehe..histeris bacanya..

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

3

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

Ini checklistnya gue... Agak2 jadul... =) Copy paste dari sini...

Untuk baju bayi selama di rumah sakit, tgt RSBnya yah, ada yang dipakeinnya baju dari RSBnya. Ada yang dipakeinnya baju sendiri.

Btw, gak ada cheklist yang pakem, semuanya disesuaikan sama kebutuhan masing-masing orangtua. Contoh, kalau orangtua memutuskan untuk memakaikan si kecil POSPAK (popok sekali pakai), gak perlu men-stock popok dan bedong banyak-banyak. Seperlunya aja… Happy shopping, moms!

Persiapan Ibu (dibawa ke Rumah Sakit)
Daster/Baju kancing depan 3 helai
Gurita untuk ibu 2 helai
Beha menyusui 4 helai
Celana Dalam 6 helai
Breast Pad 5 buah
Breast Pump + Botol 1 pack
Susu Ibu Menyusui 1 ktk
Kain Panjang 2 helai
Handuk 1 helai
Peralatan Mandi 1 pack
Kosmetik 1 pack
Sandal 1 psg
pembalut 1 pack
baju untuk pulang 1 psg

Persiapan Ayah (dibawa ke Rumah Sakit)
Baju ganti 3 helai
Alat mandi 1 pack
Charger HP 1 buah
Buku bacaan 2 buah
Makanan Kecil 1 pack
KTP suami istri, KK *) untuk pengurusan Akte Kelahiran
Camera/handycam *) optional

Persiapan Bayi (dibawa ke Rumah Sakit, untuk pulang ke rumah)
Tas perlengkapan bayi 1 buah
New Born Diapers 1 pack atau Popok bayi 1 lusin
Topi Bayi 1 helai
Selimut 1 helai
Baju+baju hangat 1 psg
sepatu/kaos kaki 1 psg
sarung tangan 1 psg
bedong 1 lusin
face cloth 1 helai

Persiapan Bayi (di rumah)
kaos kaki 6 psg
sarung tangan 6 psg
topi bayi 1 helai
kain gendongan 1 helai
Popok 3 lusin
Celana pendek 1 lusin
celana panjang 6 helai
baju lengan pendek 2 lusin
baju lengan panjang 6 helai
baju tanpa lengan 1 lusin
singlet 1 lusin
tatakan ompol 2 lusin
bedong 2 lusin
face cloth 10 helai
baby bib 6 helai
waslap mandi 6 helai
handuk bayi besar 2 helai
perlak 2 helai
selimut 2 helai

Kosmetik Bayi
baby oil 1 btl
baby lotion/cream 1 btl
baby shampoo+soap 1 btl
baby cologne 1 btl
minyak telon 1 btl
bedak bayi 1 btl
tempat untuk bedak bayi + puff 1 pack
kapas bulat 1 pack
tempat untuk kapas bulat 1 bh
cotton bud 1 pack
wet tissue 1 pack
soft tissue 1 pack
sisir bayi 1 bh
gunting kuku bayi 1 bh

Peralatan Bayi
bak mandi 1 bh
ember pakaian kotor 1 bh
ember popok kotor 1 bh
tempat tidur 1 set
changing table 1 set
kasur+bantal+guling 1 set
kasur+bantal+guling cover 2 set
kelambu 1 helai

Perawatan tali pusar
Alkohol 1 btl
betadine 1 btl
kasa steril 2 pack
sufratul 2 lbr

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

4

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

Kyaaa.. I heart this thread.. :D

dina.kusumadewi bu, mau tanya baby bib itu apa ya? Maap pertanyaan newbie banget.. :P

5

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

dadidedo, baby bibs itu alas buat makan alias slaber (see below)... kalo nyokap gue bilang tadah iler... bahasa indonesia bakunya apa ya, gatau juga... ^^

http://images.arathelle.multiply.com/image/2/photos/91/1200x120/46/Slaber-Pumpkin-Kuning-15.000.JPG?et=qp%2CpoMEyEB7nzBl%2C74xmzw&nmid=138990900

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

6

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

dina ya ampuunn.. lengkap banget yaa perlengkapan nya? seinget gue dulu gue ga sampe sepanjang ini list nya... tapi mungkin kalo udah di beli, gak sepanjang list nya kali yaa.. *dasar emak2 cuek* plus kebanyakan beli nya along the way setelah anaknya lahir dan udah gitu banyak dapet dari kado juga. ampe baby cot aja gratisan! apalagi baju, asli.. gue cuma beli 1 biji pajamas (yang akhirnya baru bisa dipake setelah naia udah umur 9bln), 1 dress dan 1 set of onesies. sisanya either dari oma, nenek, tetangga, dan temen2.. alhamdulillah banget deh! :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

Gw kayaknya beli kaos kaki lebih dari 6 pasang, soalnya sering pasangannya ilang2 gtu :/ keselip kemana gtu..wong kecil2 banget. Sama pas awal2 sarung tangannya gw juga beli aga banyakan walo dipake cuma sebulan

Kalo popok kain yang lipet dan iket itu gw beli 2 lusin sih, soalnya makenya cuma 2 minggu doank, beh ga kuat deh tiap 2 jam ganti popok terus palagi malem2 baru aja ganti eh da pipis lagi (-__-) setelah itu ganti ke dispo/cloth diaper

Trus baju bayi gw ga pernah beli selusin2 soalnya gedenya cepet gtu sih bayi..kalo baju pergi dapet hibahan dan hadiah lumayan sih, tapi gw sih baru bawa anak2 gw pergi juga kalo da gedean.

oh ya beli pigeon sedotan idung pigeon dan termometer bayi harus ada juga tuh

tapi kalo gw sih mending beli yang penting2 sebelom lahiran soalnya kalo ntar uda lahiran sulit mau kemana2 hufff

8

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

btw, waktu lahiran anak kedua sama bidannya diinfokan kalau sekarang minyak telon nggak terlalu direkomendasikan lagi lho karena kalau nanti pilek betulan jadi nggak efek. Kebetulan pula anaknya nggak tahan pakai minyak telon jadi hanya pakai baby lotion trus bajunya disesuaikan dengan cuaca.

*work smart and play hard*
agatogata.multiply.com
agatogata.blogspot.com

9

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

Slesta, NisaNara,

Hehehe, makanya gue bilang shopping list mah gak ada pakem. Kudu dipikirin juga masalah hadiah dari orang2, sama gaya dan keadaan kita gimana (ada assistant apa engga). Gue juga dulu 50% di shopping list itu hibahan dari anak kakak gue... gak mau rugi lah... ;)

Btw, mengenai sedotan idung, pernah baca kalo gak bagus pake itu untuk baby yang idungnya tersumbat. Bisa pengaruh ke otak (detailnya lupa). Punya gue dari beli sampe sekarang gak pernah dibuka kemasannya. Byasanya kalo Icha pilek, dipakeinnya Breathy. Selalu ada di kotak P3K. (Kalo udah ngomongin isi kotak P3K, bisa bikin thread baru... =) ).

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

10

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

nisanara iyak! emang mendingan di beli sebelom lahiran. maksud gue, perlengkapan newborn emang mesti lengkap sebelom lahiran, yang penting basic2nya & yang gede2. paling gak untuk perlengkapan selama sebulan. soalnya abis itu bisa beli & nyari lagi kalo printilan.. emang sih rasanya kok ribet ya belanja barang bayi kalo udah lahiran.. tapi dasar gue emang ga betah di rumah, jadi dari anak masih 2hr pun udah ke orchard. hahaha... umur 40hr udah sampe KL.. dan area pertama ke mall, pasti ke toko bayi.. hihi..

dina wah bagus tuh thread ttg P3K. gue mesti nyimak deh tuh. soalnya alhamdulillah anak gue jarang sakit, jadi kotak P3K gue tuh isinya minim banget. kadang sedih liatnya, tapi ya emang anaknya jarang sakit..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

dina, itu listnya mantep banget.... buanyaaaak sekali! hihihi.

tambahan: kalo bisa, untuk popok dan baju newborn enaknya sih ambil lungsuran... soalnya perlunya banyak (suka kena gumoh, untuk baju, dan popok newborn emang perlu banyak), tapi cuma kepake sebulan.... abis sebulan, badan anaknya udah terlalu gede untuk pake popok dan baju yang sama.

gue dulu pake baju2 yang udah dilungsur ke 12 (iya, dua belas) sepupu lain.... sodara2 gue udah punya "paket lahiran" yang isinya bau newborn, popok newborn, gurita buat mama dan anak (yg anak ga kepake ama gue). paketnya di"pinjemin" ke yang baru lahiran... biasanya sih masih bagus, soalnya dipakenya cuma sebentar. kalo ada yang rusak, ya kita gantiin aja... sekarang, baju2 dan popok2 itu yg waktu itu dipake aina, udah pindah tangan ke sepupu yang lain :)

yang lain lagi, kayak crib bayi, kalo berniat co-sleeping, ga usah beli crib. ga kepake. mending beli basket aja buat si bayi bobo2an siang disitu pas masih dibawah 3 bulan.

tapi changing table... wah itu ngebantu banget! mungkin kesannya ga gitu perlu, tapi ngegantiin bayi ampir setiap jam, kalo mesti nunduk2 di ranjang, punggung pegeeeeeel banget! ga usah invest yang mahal2, asal tingginya cukup. biar ga sakit pinggang aja.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

Sama donk dina gw juga dapet hibahan dari kakak gw hehehe jadi ga beli banyak makanya :o)

oh sedotan itu ngaruh ke otakk 0_o ngeri banget, emang sedotannya kenceng banget yah? gw make itu ko ga berhasil2 banget nyedot ingus anak gw. Biasanya gw pake breathy utk encerin ingus trus gw sedot deh. soalnya dari buku what to expect in the the first year juga ada sih tulisannya untuk meringankan bayi pilek dan cara penyedotannya pake alat ini. Kalo menurut gw sih mending dibanding disedot sama mulut...hiiiii
nah ini harusnya masuk ke thread p3k :>

slesta gw kalo bisa jalan2 juga mau deh, cuma apa daya di jakarta gtu :p...40 hari pertama kalo ga ke rumah sakit, mostly di rumah sajah..

13

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

kalo persiapan untuk lahiran anak pertama, pasti ribet dan banyak. Setuju banget mendingan dipersiapin sebelum melahirkan, apalagi popok. Dulu Lana lahir Des 08, dan musim hujan jadi beli popoknya banyak. Kalo pake diaper tiap hari kasian kena ruam dipantatnya. Thermometer juga penting dan harus ada.

14

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

ihiiiiy... asiiik, infonya bnyk bgt ! Makasih banyaaak ya, mommies... info thread-nya serasa bagaikan cahaya diujung lorong panjang yg gelap (mwehehehee :lol: ) & akhirnya terjawab sudah klo slaber = celemek/tadah iler :P thank you, mba dina ! :) btw, sufratul itu apa yah...?

Oia, kmaren sy sempet baca di salah satu buku nanny-911, katanya pemakaian duvet (bedcover kecil) & bantal untuk newborn-baby tdk disarankan. Klo dari pengalaman para mommies, gmn ttg pemakaian duvet & bantal ini ?

15

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

ah iya, betul! termometer penting! (untung dapet kado, hehehe).

rainiw, kata orang sih begitu. takut suffocation. buat newborn, disarankan cribnya serata mungkin (pake fitted sheet atau sepreinya dipenitiin, jadi ga bakal ada lipetan atau kerutan di kasur) dan ga ada bantal2an.

aina dulu ga pake bantal sama sekali... baru pake pas udah setaun, itu juga karena dia minta (biar mirip kita). bedcover atau selimut ampe sekarang blum pake. abis dianya ga mau. tapi ada orang tua yang pake bantal bayi... yang rada kayak donat bentuknya... katanya sih bikin kepala bentuknya bagus.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

rainiw dokter2 disini juga menyarankan untuk TIDAK pake bantal untuk tidur bayi. jadi naia juga sama kayak aina, gak pake bantal waktu tidur. tapi di indonesia gak yah? dari bayi langsung dipakein bantal.

katanya sih soalnya biar tulangnya tumbuh bagus, karena bantal itu kan bikin lehernya naik.

thal gue sempet tuh makein naia bantal donat itu. bukan biar kepalanya bagus sih, lebih biar gak lasak aja tidurnya.. heheh.. tapi lama2 akhirnya juga gak dipake tuh bantal.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

17

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

Gw selalu pakein baju tidur model kodok (istilah mak gue), itu lho yg lsg nyambung dg kaos kakinya, istilahnya sleepsuit. jd ga perlu pakein selimut lg, krn gue takut jg sih terjadi accident dg selimut ato bantal. Dan dgn sleepsuit itu, perutnya jg aman, ga takut msk angin.
Bantal peyang sempet pake, krn dulu baby N suka tidur dg hadap ke 1 arah aj, tp setelah mulai belajar tengkurep, tuh bantal lgs gue singkirkan, jd skrg dia tidur ga pake bantal.

utk sedotan hidung, gue jg ga pernah pake, ada beli tp ga pernah dipake, pernah mo nyoba tp sepertinya baby nya begitu liat tuh sedotan diarahin ke hidung dia aja, udah lgs histeris. Trs ga disarankan utk nyedot pake mulut, krn kita ga bisa kontrol kekuatan sedotan, katanya bisa ngerusak otak bayi. Gw jg pake Breathy utk baby, utk memperlancar pernapasannya klo kena flu, utk ke gw sendiri jg suka pake klo sinus lg kambuh hehe..

18

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

buat baby kalo tidur... bisa juga pake grobag:

http://www.babyshop.com.au/cube40/images/uploads/grobag_panda.jpg

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

19

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

Wah ternyata gak recomend ya newborn tidur dengan bantal.. Siip langsung coret dari list..

teh Ninit.. ya ampuun itu grobag nya lucu banget gambar panda.. Itu sama aja gak sih kaya sleeping suit?

20

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

berhubung lagi baca secrets of baby whisperer... pengen ngutip dari bukunya.
--
one of the reasons my babies do well is that everything is ready for them a month before the due date. >>> ini bener banget! jangan sampe kejadian kayak saya ;) krn arza lahir 2 minggu lebih cepat, kita sama sekali belum siap apa-apa (crib, changing table, tempat mandi... krn rencananya H-2minggu itu baru mau belanja. jadi kalo sebulan, aman deh :))

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

21

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

dadidedo,

beda...
kalo grobag, bagian bawahnya ga berbentuk celana... kalo sleepsuit bentuknya celana. bisa diliat di sini nih yang sleepsuit. :) lucu yaaa...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

hoo begitu ya teh Ninit.. *nganggukngangguk :) Iya yaa lucu bangeet.. Pengen beli semuanyaaa.. *langsungingetbudget.. :)
Makasih pencerahannya yaa.. ^_^

23

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

Sippp, klo gtu bantal-bedcover dkk & sedotan hidung dikeluarin dari list belanja dh ;) thanks utk infonya ya, mommies :) ngeri juga klo ngebayangin si baby muter2pas tidur & mukanya gak sengaja ketutup bantal/selimut. sepertinya klo pake bedong juga, kyknya udah bisa jadi pengganti selimut bayi ya ? (krn jadi hangat diuntel-untel bedong)

wahaa... ok noted, teh Ninit; sebulan sebelum due date perlengkapan baby udah siap-sedia klo begitu :D Kmaren pas jln2 sempat lihat grobaby disini, teh... lucu banget kyk baju+sleeping bag. Fungsinya mirip bedong juga ya ? Tapi aih aih harganya... lebih mahal daripada baju bayi :P mo nyontek model pola-nya aja deh biar ntar dibuatin eyangnya (beliau lagi antusias mau jahitin ini-itu buat cucu :P)

24

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

oh iya satu lagi..

waktu naia lahir, dsa nya wanti2.. untuk nidurin dia di firm bed. jangan yang soft.
padahal waktu itu nyokap gue ngebawain kayak sleeping blanket yang kayak kantong gitu. emang enak, nyaman dan jadinya empuk banget, dan kekeuh ditaro buat tidur, biar ga terlalu keras.

padahal kata dsa gak perlu ditaroin karena firm bed is good for the baby's development.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Useful Baby Items & Shopping List for Newborn

dry shampo juga perlu,soalnya pas melahirkan kita kan berkeringat dan rambut pasti jadi lepek padahal biasanya kita belum boleh langsung mandi dan keramas.Dry shampoo sangat membantu,tinggal semprot dan rambut jadi gak lepek lagi.Jadi tetep cantik deh pas ketemu sama soudara dan teman2 yang nengok

love zahra,berumon and books