1

Topic: Baby Bottle

Pengalaman dg anak pertama sempet bikin panik karena 2 minggu sebelum kerja tidak mau minum asip dengan botol, akhirnya saya hunting dan beli berbagai macam botol dan jenis dot. Ketika di coba selalu di tolak, padahal yang ngasih omanya. 2 hari pertama masuk kerja, selalu ijin pulang cepat karena anak hy minum 1 botol isi 60 ml. Sama omanya di coba dengan pakai sendok, awalnya mau tapi lama kelamaan gak sabar, jd nangis kenceng.

Pada saat konsultasi untuk vaksin, DSA nya menyarankan saya untuk selalu berpikiran positif selama dikantor kalau baby mau minum asi dengan botol. Setiap saat ingat baby, " Anakku pintar, anakku mau minum dengan botol susu.". Syukurnya baby mau juga minum dengan botol.

Saat anak kedua saya sudah tidak beli berbagai macam botol lagi. Karena kakaknya ada sejarah kolik, jadi untuk anak kedua, saya pilih botol susu yang kira kira bagus untuk reduce cholic yaitu dr browns ( berdasarkan pengalaman temen). Pada awalnya menolak untuk minum asi dengan botol, tapi dengan pikiran positif dari ibu dan oma atau mbak yang kasih asipnya bahwa baby mau asi dengan botol, dan akhirnya mau minum dengan lahap.

Jadi intinya di mindset bahwa anak mau minum asip dengan botol selama mamanya kerja. Malam setelah pulang kerja, anak mau minum langsung dari gentongnya :D. Syukurnya tidak pakai masa bingung puting.

Saya memilih memberikan asi dengan botol agar tidak merepotkan orang rumah ( oma dan si mbak). Punya stok botol sekitar 9, supaya si mbak gak repot cuci dan steril. jd hanya 1 kali cuci dan steril. Maklum ada si kakak yang harus di jaga pula. :D

2

Topic: Baby Bottle

Mom Ayu Rono & Mom mamagabyraph
Thanks untuk sharingnya..

Kemarin hari pertama anakku di tinggal kerja, asip yg dia minum dapat 450 ml selama hampir 11 jam menggunakan dot pigeon tipe widneck, menurut info uwaknya dia rewel dulu di awal2 tapi lama2 mau juga minum via botol tsb. Menurut perhitunganku 450 ml sebetulnya masih kurang sih, tapi angka tsb cukup lumayan untuk hari pertama, mudah2an hari2 selanjutnya bisa lebih lahap.
Trus pas bubunya pulang alhamdulillah anakku masih mau latch on dengan lahap (sempat meneteskan air mata juga saat itu, hehehe)

Mudah2an anakku tetep cocok dengan pigeon ini dan ngga sampai bingung puting.. aamiin

3

Topic: Baby Bottle

Pengalaman aku cuma pake 2 botol.
Pake tomtip suka bocor2 waktu minumnya
Trus coba MAM lsng suka. Enak banget botol ini
Nyucinya pun enak dibongkar2 aja
Dan anakku ga bingung puting

4

Topic: Baby Bottle

Tertarik juga dengan penggunaan botol MAM kayaknya banyak yg cocok, kebetulan anakku pake pigeon wideneck suka agak bocor2 juga minumnya.

Tapi setelah di pikir2 lagi untuk meminimalisir bingung puting sy biarain aja dia ga terlalu nyaman dengan dot pigeon nya yg penting mau mimi dari situ, paling untuk menghindari timbulnya ruam susu setelah ngedot sekitar mulut yg terkena asip langsung di lap basah.
Tujuannya agar si baby merasa via latch on tetap lebih nyaman di banding via dot... kira2 salah gak ya metoda yg sy terapkan ?

5

Topic: Baby Bottle

Kl aku sampe skrg pk medela calma, alhamdulillah sampe skrg umur baby 7mo ga hingung puting, awal" neneknya coba pk cup feeder,tp gagal byk tumpahnya,jd lgsg deh pk si calma..

6

Topic: Baby Bottle

Moms, mau share juga, karena ditinggal kerja anakku aku kasih ASIP pake botol, awalnya pake merk Pigeon (kado dari teman2 hehe) dan..... langsung bingung puting hiks hiks hiks. Akhirnya aku ganti pake merk Avent, bingung putingnya alhamdulillah berkurang :)

Home is wherever I am with my children (anonymous)

7

Topic: Baby Bottle

Anakku 3mo 2wk alhamdulillah masih ASIX
Aku pake dot pigeon peristaltic plus (wide neck), sudah berjalan 2 minggu lebih ngga bingung puting. Stock tambal sulam asip pun tetap bertahan di 43botol sesuai jumlah botol yg aku punya.

Jumat, sabtu & minggu kemarin 3 harian ga kerja anakku tetep rakus Full latch on, cuma hari pertama di tinggal kerja dan balik ke dot lagi agak rewel dia, tapi hari ke 2 udah normal lagi nge dot nya. Mudah2an lancar terus ya mom..

8

Topic: Baby Bottle

ahh seneng deh baca banyak yang bingung puting-nya bisa diatasi dengan dot yang tepat..

rifni, gw juga dulu gitu, nyobain beberapa dot dulu baru akhirnya ketemu yang cocok..

MamaKenz, semoga lancar teruss yaa..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

9

Topic: Baby Bottle

Ikut sharing pengalaman berbotol dot ya mamas..
Jaman anak pertama hobi bgt nyoba berbagai macam merk botol dot. Mulai dari pigeon wide neck yg peristaltic, medela calma, tomtip, avent & mam. Yg paling cocok dgn anakku adalah avent & pigeon.
Calma & mam cuma dipakai sebentar krn neneknya dulu complain..karena banyak bagiannya jd ribet bgt urusan cuci-sterilnya.
Dulu beli mam karena tertarik bagian bawahnya bisa dilepas jd harapannya bisa lbh maksimal nyucinya..tp ternyata malah jd sering kejadian asip tumpah (hiks..) karena kurang pas saat memasangkan karet yg di bag bawah botol. Mgkn krn faktor buru-buru juga ya, anaknya udh nangis kelaparan sementara botol2 msh di sterilizer blm siap pakai.
Pakai avent juga pernah beberapa kali tumpah krn nanny-nya lupa pasang ring botolnya..ya krn faktor buru-buru itu juga.
Jd berdasarkan pengalaman anak pertama..skrg beli botol yg wide neck utk mengurangi risiko bingung puting, anti kolik dan yang ringkas & simpel bongkar pasangnya. .jd dilanjutkan deh di adeknya sekarang hanya pakai pigeon yg wide neck..kualitas ok dan harga bersahabat :)

10

Topic: Baby Bottle

Entah nih pendapat sy ngaco atau tidak ...

Selama ini kan penggunaan dot di claim jadi penyebab utama bingung puting, dan selusinya menggunakan media lain selain dot seperti gelas, sendok, pipet, spuit, dll.

Kenapa bisa ?
karena bayi minum lewat media2 tersebut tidak lebih nyaman jika di banding minum langsung lewat PD dan juga bukan hal yg mudah juga memberikan ASIP melalui media2 itu, butuh perjuangan.

Pendapat ngaco sy nih ...
Klo gitu kenapa tidak memilih DOT yg tidak lebih nyaman dari PD aja ?
Setidaknya pemberian ASIP kepada baby kita bisa lebih mudah jika menggunakan media DOT, terutama buat pengasuh yg ngasih asip.

Yg sy rasakan dengan baby sy saat ini soalnya begitu, DOT pigeon wideneck peristaltic plus yg dia pakai sekarang keliatannya tidak begitu cocok (masih sering di lepeh2 tapi lama2 mau), alhamdulillah sejauh ini belum ada gejala bingung puting (dilihat dari stock hasil perah juga masih full stabil dan belum pernah tekor), mimi via latch on sebelum sy berangkat kerja, sepulang sy kerja dan setiap sabtu minggu juga tetep berjalan dengan lancar.


Berhubung kondisi setiap bayi beda2, banyak orang berpendapat dan banyak pihak2 terkait yg menekankan "lebih baik di jauhkan dari dot sebelum terjadi bingung puting"
Menurut pendapat ngaco sy malah sebaliknya "lebih baik nyoba dulu dot untuk mengetahui bayi kita akan ada gejala bingung puting / tidak", jangan parno duluan sebelum mencoba. Klo ternyata gejala tersebut muncul segera lakukan antisipasi sesegera mungkin.

Tapi jika ternyata tidak ada gejala bingput berarti kita wajib bersyukur karena bayi kita di beri kemudahan ngasip via dot.

11

Topic: Baby Bottle

Yups bener banget.. ga semua orang beruntung punya pengasuh bayi yang sabar dan telaten ngasi asip pake media macam sendok/pipet/dll.

Awalnya baby saya bs pake pigeon wide neck dan avent classic.
pake medela calma jg bisa tp suka sambil dilepeh malah belepetan
Pigeon wide neck skrg kurang begitu suka entah kenapa
avent classic cocok sih tapi klo lupa pasang ring endingnya malah bocor.
sekarang mendarat di avent natural.. dotnya empukkk, ga pake bocor dan di claim mengurangi resiko kolik.

12

Topic: Baby Bottle

Buibu, slama ini apa apa pakai dot sesuai usia, maksud aku flow nya
Kan biasa dot paling gede tulisannya fast flow or 6+
Tpi kok rasanya flownya kurang deres ya, aku jadi buat torehan manual lagi di dot, biar flownya lebih besar, krn klo flownya kecil gitu anak jg ga sabar minumnya
Mo denger pengalaman buibu skalian..
Trusss.. Ada yg pengalaman pakai nuby or playtex yg sistem liner gitu?
Memang ditulis sekali pakai buang, tp semisal dalam kurun waktu anak minum susu sekitar 3 jam an, misal jam 7 pagi minum trus nti jam 10 minum lagi, kira2 boleh ga ya pakai liner yg sama, dibilas pakai air hangat
Soalnya aku dirumah ga ada sus or maid, utk meminimalisir kerjaan cuci2 botol ya pake sistem liner di rumah jadi ringkes, utk dot aku stok, skali pake gantii
Thks before

13

Topic: Baby Bottle

moms,

minta reviewnya untuk botol avent natural yg baru. anak ku ga mau pake avent classic yg lama atau pun tomtip. nangis kejer tiap kali disodorin botol. katanya dot avent baru lebih empuk ya? sama nuby empuk mana?

14

Topic: Baby Bottle

mom DINGGONG,

kalau tomtip setahuku lebih lembut dari avent. atau bisa coba pigeon yang warnanya agak kuning, bukan bening ya mom dotnya, aq pernah sempet pake, lebih lembut diaa.. hanya karena berwarna, kayanya si lebih aman yang bening yaaa..

Being a mother is learning about strengths you didn't know you had, and dealing with fears you didn't know existed.
~Linda Wooten

15

Topic: Baby Bottle

Momss,,ada yang bisa review dr browns ngga? adakah ibu2 yang pake drb dan akhirnya babynya bingung puting? Anak keduaku, Al (2m) cocoknya pake drb tapi ko akhir2 ini jadi drama kalo mau nen langsung,,apakah emang lagi umurnya aja yah?
Btw anak pertamaku,Allysha (2thn) cocok pake MAM dan ngga pernah ada drama begini sebelumnya, padahal mulai dikenalin dot sama2 dari umur seminggu, makanya bingung,apa karena anak laki jadi lbh pemilih yah haha..
Al dari awal udah nyoba beberapa botol,,
-pake avent comfort tapi kaya ada sesuatu yang salah dengan latch on nya, jadi malah bunyi2 minumnya,, menurutku dotnya agak keras yah,,dan teat nya panjang jd suka keselek2 gitu..
- pake pigeon peristaltic wideneck mau tapi dot nya juga keras jadi minumnya dikit banget..
- pake MAM mau sih tapi orang rumah suka salah jadi ngasih dotnya Allysha jadi dia minumnya pake yang lubangnya besar,,udah dikasitau dan begitu lagi,jadi mau ganti merk laen..
- pake MAM dengan teatnya NUK : langsung kolik dalam hitungan menit..
- pake dr Browns mau anaknya,ngenyotnya juga banyak,,di luar perintilan yang banyak,,tapi dotnya lembut banget,,dan asipnya netes kalo dibalik,,jd relatif gampang buat disedot..
Nah skrg jd suka drama kalo mau nen,,pake ngamuk dulu lah,,dan harus dipencet dulu PDnya biar asi keluar. Kalo udah cape nangis baru mau nen,dan amblas tidur.. Apakah emang tll ngantuk, emang ngga laper, atau gejala bingput yah? karena kadang disodorin aja suka langsung mau.. Sekarang lagi coba mix media asipnya pake sendok dan dot krn kalo sendok doang pun pengasuhnya kasian (aku kerja 15 jam sehari)
Jadi bingung ngasih dot itu sebaiknya yang empuk kaya payudara atau malah harus yg beda jauh supaya dia tau itu bukan payudara yah?
thx for sharing mamass *kecup satu satu*

16

Topic: Baby Bottle

sweetbunny wrote:
Yang pake botol mam,inj botolnya bisa dihangatkan di warmer gak seh? Teet nya apa bisa dipakai dgn botol lain seperti avent?


hi mom kebetulan aku pake mam, avent, btol bawaan spectra. nipple mam bisa dipake di botol avent dan spectra koq.. ga bocor.. tp dramanya adalah babyku blm mau pake botol..

share dung mom gmn cara kasih ke botoll,, kl gini terus gmn aku bisa kerja huhuhu..

ni lg dicobain pake huki super flow.. biar irit beli nipplenya doang 10rb perak dipakein ke botol standar neck pigeon bawaan bp..
drama botol dan drama bp sangat menguras kantong sodaraah2

17

Topic: Baby Bottle

mom.. kl nipplenya pigeon peristaltik bisa dipake dbotol avent? ato mam? ato spectra? ato chicco? mn yg bisa dipake? rasanya sayang kl beli botolnya lg..mau beli nipplenya aja dulu buat nyobain :d

18

Topic: Baby Bottle

Mau sharing pengalaman juga.
Dulu sebelum masuk kerja anakku dicobain pake dot avent sama suamiku, ga mau malah dilepeh dan nangis. Coba botol spectra juga ga mau. Akhirnya aku coba beli pigeon yang biasa dia lumayan mau, tapi ga banyak juga minumnya, ga habis.
Lalu aku coba beli botol mimijumi yang bentuknya katanya menyerupai PD ibu dan dotnya kalau tidak disedot tidak akan keluar airnya, katanya untuk meminimalisir bingung puting. Awalnya dia mau,n tapi belakangan dia ga mau sama sekali.
Akhirnya sama pengasuhnya dicoba pake botol spectra lagi dengan posisi anak ditidurkan miring dan kepala pakai bantal (lebih tinggi), mau minum banyak. Mungkin selain masalah dot, posisi juga menentukan ya.

19

Topic: Baby Bottle

Dulu pas anakku umur 1-2 bulan mulai diajarin dot pake avent classic, nyetok banyak soalnya pake BP avent juga biar ngga ribet maksudnya. Awal2 sih dia mau ngenyot meskipun pake begidik2 dulu. Eh pas cuti udah mau abis dikasih dot avent dia ngamuk berat sampe nangis kejer. Panik deh nyari2 dot yang cocok sama botol avent. Secara emak2 pedit biar tumpukan botol avent itu bisa kepake (beli teat-nya aja). Nyoba pigeon peristaltic plus dia mau meskipun awalnya masih suka dimain2in dulu dan suka rada ngamuk juga kalo ngasihnya telat. Pake cup feeder juga sebenernya mau kalo blm ngamuk. Kmrn2 nyoba pake MAM, eh dia langsung ngenyot dan abis banyak.
Skrg baru mulai masuk kerja lagi. Kmrn pas weekend kan libur pake dot dulu, nenen langsung. Eh pas masuk kerja lagi dia lupa kayanya ngedot. Ngamuk lagi deh..
Aduuhh ngga nyangka yah masalah ginian bikin drama banget..

? Keana Azalea | Nayyara Kalesha ?

20

Topic: Baby Bottle

Aduuuh.. Begidik juga jadinya baca pengalaman2 di atas.. 2 mingguan lagi juga cutiku abis, mesti balik kerja lagi.. :'( Jadi mulai kemarin ngelatih babykuw mimi susu pake botol.. Aku coba pake Tomtip, Simba, Avent, dsn Pigeon.. Yang cocok cuma pigeon yang rubber, itu yang teat-nya warna kuning gelap gitu.. Emang empukkk banget siy teat-nya.. Dia bisa abis miminya kalo pake botol itu.. Cuma masalahnya memulainya tetep harus dinenenin dulu ke aku, baru ditengah2 diganti pake dot.. Baru deh dia mau walau awal2nya agak kesel juga dia.. Kalo langsung pake dot aja miminya masih gak mau juga niy.. Sediiih jadinya.. :'(

21

Topic: Baby Bottle

Gretha Sama, bayiku Zhafira juga baru cocok pake pigeon rubber, itupun mau mimik botol kalau belom ngamuk. Nah, kalo nyiapin ASIP nya kelamaan, keburu ngamuk ya jadinya dia gak mau mimik botol deh.
Awalnya aku juga kasi nenen langsung trus diganti botol juga, tapi lama2 Zhafira tambah pinter, dia tau nenennya diganti jadi ya nangis lagi.
Ni aku udah masuk kerja, kadang dia mau mimik botol, kadang gak mau. Kalo udah nangis ngamuk g berhenti, terpaksa aku ijin pulang dulu krn kantor aku dekat banget sama rumah.

Pernah juga, anaknya ngamuk, tapi emaknya ini kekeuh ngasih dia mimik botol, yg ada dilihatin tetangga. mungkin mikir ni ibu tega amat anaknya udah nangis tapi dipaksa. Walaupun akhirnya aku yg nyerah, kasih dia mimik langsung juga, tapi kalau seandainya aku harus dinas keluar kota, trus dia blum beres mimik botolnya, gimana? huhuhu (curhat) ;(

Mamah nya Zhafira

22

Topic: Baby Bottle

Botol dot yg pernah aku pake adalah Medela Calma, Music Wide Neck, Huki, Pigeon. Pas awal2 pakai Calma bayiku lancar bgt mimiknya tp entah knp bbrp minggu kemudian enggak mau lagi. Paling favorit botol Music wideneck. Pas kmrn bayi dtinggal emaknya pergi haji, bapak ama eyangnya paling nyaman pake ini soalnya gampang nyiapin susu dan bersihin botolnya. Teatnya Music ini juga kynya paling disukai anakku. Alhamdulillah stlh berpisah dg ibunya selama 25 hari, anakku gak bingung puting. Jd lanjut nenen lg deh :D

23

Topic: Baby Bottle

Halo moms ikut nimbrung ya :)

Mau kasih review sama rekomendasi botol bayi nih moms buat yang baby nya suka ogah kalo dikasih botol bayi biasa. Coba deh moms pake Mimijumi atau Comotomo, soalnya keponakan aku susah banget minum dibotol susu yang bahan nipplenya plastik kayaknya sih kena 'nipple confuse'. Pas ganti ke Comotomo lama2 babynya mau minum dari botol. Kalo aku sendiri pake Mimijumi. Sebenernya sih lebih bagus Comotomo soalnya body botolnya bisa di squeeze udah gitu lebih gampang dibersihinnya. Aku beli botol ini lewat olshop soalnya masih jarang ada di retail. Kalo mau coba message aku aja biar aku kasih tau web olshopnya soalnya disini ga boleh kasih link ya katanya hehe :D
Olshopnya trusted kok moms, soalnya webnya profesional tampilannya hehe :)

Please read the rules -mod-

24

Topic: Baby Bottle

1 bulan sebelum masa cuti hamil habis, mulailah berburu dot yang dimaksudkan untuk media pemberian asip baby Naisya selama ditinggal kerja.
Setelah cukup lama browsing sana sini, cari review dan referensi, akhirnya pilihan jatuh pada dot Playtex Ventaire & Playtex DropIns.
Tapi beli Medela Cup Feeder & Medela SoftCup Advanced CupFeeder jg buat jaga-jaga klo Naisya ga mau pake dot.

Naisya baru ditraining minum asip seminggu sebelum ditinggal kerja, pake dot Playtex Ventaire untuk pemberian asipnya langsung mau :D *joged2 hihiii, khusus untuk keluar rumah pake dot Playtex DropIns. Alhamdulillaah ni anak ngerti dan cooperative ya, jadi emaknya ga perlu ribet berburu dot yg cocok, mmuach :)

Walhasil si medela cupfeeder jadi dibuat mainan & medela softcup advanced cupfeeder (yg ini harganya ampuuunnn dije) jadi ga kepake dan sampai sekarang masih tersimpan rapi dalam plastik dikotaknya.. huaaaaa :'(

Pengalaman selama pake dot Playtex ini sih ga pernah bingung puting ya, yang ada kebalikannya, bingung dot.. heheee
Naisya pake dot klo kutinggal aja. Kerja senin-jumat, jadi sabtu-minggu full time sama Naisya, ga pake dot2an, langsung latch on ke PD, dan seninnyaaaaa Naisya pasti ngamuk klo dikasih dot, walaupun lama2 mau, tapi butuh waktu untuk adaptasi lagi sama dotnya, beda klo abis dikasih dot trus latch on ke PD ga pake tu drama ngamuk2 gitu, langsung nemplok aja, hihiii.. Itu terjadi sekitar kurleb 1 bulan, setelah itu sih dia udah pinter, klo ga ada bunda pake dot, tapi klo ada bunda dijamin ga mau dotnya :D

Back to topic, Playtex bisa jadi pertimbangan buat mommies yg lagi cari dot yg cocok buat baby-nya, semua tipe playtex wideneck baik itu ventaire ataupun dropins, dan nipplenya pun lembut.. Dan lagi si playtex ini ga bakal keluar asipnya klo ga disedot, jadi lebih mudah adaptasinya antara PD dengan dot. IMO :)

-one kind word can change someone's entire day-

25

Topic: Baby Bottle

Bunda.. aku kmrn kan beli playtex dropins ya untuk tujuan traveling. Anaku gamau tu sama bentuk dotnya. Padahal aku dh gedein lubangnya. Adakah yg pernah coba dot lainnya ke botol playtex ini? Oiya anak aku selama ini pakai pigeon standard neck. Sama sekali aku gapernah pakai yy wideneck kerna susah nyari partnya disini.