1

Topic: Preparing to be A Good Mom

Hi, moms
Sebelumnya perkenalkan calon mommy baru Hehehe...
Nama Angelia panggil aja Angie. Usia kandungan 3bulan.
Karena nama saya artinya Angel, jadi rencananya anak-anak bakal dikasih nama dengan tema "Angels". Padahal mommy nya yang maksa daddy :LOL:
Baru juga bergabung di TUM nih... Hihihi...

Minta dibagi sarannya, dunk perlengkapan apa aja yang harus dibeli?
Rencananya sih mau nyicil perlengkapan si dede bayi dari sekarang.
Seret di dananya kalau beli abis lahiran.

Nah, kemarin dapat info dari mama dan kakak ipar yang sudah pengalaman (maklum anak perempuan satu2nya di keluarga jadi ga punya saudara perempuan tempat curhat) beberapa barang yang harus dibeli itu:
1. Baju bayi (pastinya) lengkap dengan bedong, sarung tangan dan kaos kaki. Tapi ada yang tau kaos kutang tuh perlu dibeli ga sih? Untuk apa?
2. Kalau baju, pastinya detergennya dunk. Suggest dari kakak ipar sih pakai Cycles karena ga gitu banyak busanya jadi lebih aman untuk bayi. Selain itu coba cium wanyinya... enak! Hahaha...
3. Breast pump + botol + BH untuk menyusui walau rencananya mau asi exclusive tapi tetap aja kan harus ada stock selama mommy nya kerja, kan?
4. Tas untuk perlengkapan bayi selama bepergian. Yang ini bingung nyarinya. Keliling di beberapa toko bayi tapi ternyata para penjaganya ngasih saran yg beda. Ada suggestion untuk jenis yang bagus tapi simple?
5. Perlengkapan tradisional kayak bedong, gurita untuk mommy nya dan popok. Kalau bedong, dan gurita sudah dibelikan Hehehe... Jadi yang suami dan saya kepikiran tuh kita bakal mix antara popok sekali pakai dan... (nah ini... mau coba clodi karena lebih simple tapi kata mama "Jangan nanti bayinya nanti jalannya ngangkang"). Ada opini lain?
6. Perlengkapan mandi seperti ember mandi, head to toe soap, handuk & sapu tangan handuk, cologne, bedak, minyak telon, dan lotion. Oh iya, sama diaper cream kalau bayi kena ruam atau sebangsanya.
7. Perlengkapan tidur seperti tatakan tidur, bantal, guling, dan selimut. Nah ini juga masih bingung ada merek tertentu yang direkomendasi atau tau bagus? Ceritanya mau kasih yang terbaik untuk anak tercinta, tapi kalau budgetnya besar ya... cicil belinya Hahaha...
8. Perlengkapan kalau sakit seperti termometer, head ban untuk demam dan.... HP! Angkat telepon dan tanya dokter kenalan atau kalau perlu pesan antrian dokter :D
9. Stroller dan gendongan. Ini juga karena harganya yang... WOW! Minta infonya dunk, moms jenis apa yang oke, merek dan harganya.
10. Perlengkapan yang bakal sering dibeli: tissue basah dan kering.

Saya juga udah coba browsing-browsing. Cuman ada beberapa yang bingung karena ditulisnya hanya singkat. Jadi please minta suggest dari moms yang udah berpengalaman sekaligus cerita pengalamannya biar bisa belajar. Hehehe....

Oh iya lupa. Tambahan: Pembersih botol dan peralatan. Saran dari kakak ipar pakai Cradle karena alami dan aman jadi bahan kimianya ga nempel di dot/botol sesudah di cuci deh.

2

Topic: Preparing to be A Good Mom

Love_MyAngels Halo ma,selamat datang di TUM.. salam kenal :)
Selamat yaa atas kehamilannya..
due date-nya August 2015 atau September 2015 ma? Jangan lupa join Birth Clubnya yaa,nambah temen yang due date nya samaan,asik kan nanti bisa berbagi cerita kehamilannya :)

Aku coba jawab satu-satu pertanyaannya ya.
1. untuk list perlengkapan bayi baru lahir bisa coba lihat diskusi nya di Useful baby items shopping list for newborn. Lalu ada juga thread yang ngebahas tentang perlengkapan bayi yang udah dibeli tapi ngga kepake di Unuseful baby items tapi tiap keluarga pasti beda-beda sih yang kepake dan ngga kepake :).
ada thread Baby clothes dan Bedong dan Gurita,yay or nay juga.

2. Yes,aku pun juga sukaa banget pake Cycles,buat cuci baju dan cuci clodi cocookk :) thread Detergent baby bisa dilihat di link tsb ya.

3. Beberapa orang tua tetap menyimpan ASIP untuk jaga-jaga semisalnya mau ditinggal kerja,me-time,atau untuk urusan lain.
ini thread yang dibutuhkan Breastpump experience ,
Botol penyimpanan ASIP , Botol baby ,
Manajemen ASIP ,
Bra menyusui lalu Breastfeeding

4. Kalau diaper bag sendiri aku lebih nyaman pakai tas aku yang disulap jadi Diaper Bag :D Tapi seneng juga liat-liat tas punya mama lain di thread tsb :)

5. Sebenernya popok/dispo ngga bisa bikin bayi ngangkang kok pas gede nanti,cuma mungkin kalau terlalu tebal kan jadi terlihat ngangkang banget yaa. Tapi usia NB-3M memang kaki bayi belum bisa lurus banget.
Ada artikel Tips mengenali dan memilih clodi popok modern disini. lalu ada juga artikel Perawatan clothdiaper , Clothdiaper 101
untuk diskusi clodibisa ke thread Review berbagai merk , Jumlah clodi yang dibutuhkan , Cara perawatan
untuk Disposable diaper dibahas disini.

6. Perlengkapan mandi bayi juga ada threadnya disini Baby hair & Skincare dan Penggunaan parfum pada bayi?

7. Perlengkapan tidur bisa dilihat disini Ranjang bayi idaman , Bantal bayi.

8. Thread perlengkapan kesehatan ada di Health equipment dan P3K.

9. Nahh! dua thread ini termasuk favorit saya buat baca-baca nih,hihi.. yuk mari ramaikaan :D Stroller story dan Babywearing.

10. thread Tissue basah ada disini yaa..

11. Pembersih dan peralatan botol bisa langsung ke thread Sterilizer.

Oh iyaa..kalau kebetulan posisi di jakarta,dateng yuk ke TUMLuncheon yang temanya Baby shower :) registrasi disini Registrasi diskusinya http://theurbanmama.com/forum/topic3360-2015-jakarta-tumluncheon-baby-shower.html.

Karena semua yang ada di list sudah ada threadnya, silahkan masuk ke thread-thread tersebut yaa.. Biar gak semua dobel, yang ini kita tutup boleh? :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/