1

Topic: Travelling during Pregnancy

Halo Mamas,

Share pengalamannya donk, buat yang pernah travelling selama pregnancy. Maksudnya travelling pake pesawat ya:D

Umur berapa minggu, apa dokter recomended, lama penerbangan dan kira2 apa yang harus di persiapkan dan di perhatikan. Kalau diatas 7 bulan udah jelas kebanyakan airlines tidak mau bawa kan ya, tapi bagaimana dengan travel di hamil muda, di bawah 10 minggu gitu.

Makasih ya:)

2

Topic: Travelling during Pregnancy

hi mamabaru, waktu itu, OBGYN gue bilang sebaiknya jangan traveling dulu sebelum masuk trimester 2... tapi antara trimester 2 ampe sebelum masuk bulan ke 8, malah disuruh traveling... (katanya your last honeymoon trip until your kids get to college, hihihihi).

terakhir gue naik pesawat itu pas kehamilan umur 7 bulan, kita jalan2 ke phuket. untungnya perutnya blum begitu gede, jadi airlines ga masalah...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Travelling during Pregnancy

hi mamabaru, mau ke mana nih? :)

waktu awal2 hamil, saya sempet semi bed-rest, kayaknya ada yang melorot di dalem perut, kadang serasa bakal mens, tapi thank God usia kandungan sekitar 2-3 bulan udah seger buger.

7.5-8 bulan terbang ke taiwan terus hong kong in total 16 hari. terbang dari indo cuma sekitar 5 jam an, jadi nggak terasa capek. policy dari airlines agak longgar, untuk kehamilan yang bukan kembar (or more), 36 minggu masih boleh terbang cathay pacific . karena obgyn bilang banyak2 jalan, saya jalan2 terus dari siang-subuh (haha alesan), pulang hotel kaki udah bengkak2, punggung pegel2, and pain in the ass beneran, kemeng semua, tapi namanya liburan mana bisa kapok, besoknya jalan lagi. yang terasa berat banget waktu ikut local tour ke alishan mountain buat liat matahari terbit, harus bangun jam 3 pagi terus ndaki tangga yang rasanya nggak abis2, ngos ngosan dituntun ama my sis.

enaknya traveling waktu hamil, serasa kayak VIP hahaaa, hampir selalu ditawarin tempat duduk di MRT or MTR, sampai sungkaaan banget kalo yang lebih senior yang nawarin, padahal saya nggak mentang2 hamil demanding a seat. tapi kalo di bus2 taiwan jangan harap dah, pada pura2 tidur!

(katanya your last honeymoon trip until your kids get to college, hihihihi).

thalia,
haaaaa bener! i've missed my chance, waktu itu hubby nggak bisa ikut T_T

have a safe trip, mamabaru!

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

4

Topic: Travelling during Pregnancy

mamabaru setau gue sih itu tergantung dari kondisi kehamilannya. ada yang waktu hamil muda, tetep travelling dan gak masalah. ada yang bermasalah. menurut dokter gue dulu, belom pernah ada medical research yang bener2 menjelaskan hubungan travelling by plane waktu hamil muda dengan keguguran. obviously, ya gak bakal ada yang mau dijadiin kelinci percobaan. dan kenyataannya, ada yang gak masalah travel di hamil muda, ada yang masalah.

jadi waktu dulu dokter gue malah cuma kasih tau aja apa kehamilannya normal. gue sendiri sih waktu itu ga travel pas masih muda, kebetulan karena emang gak perlu travel by plane. tapi gue travel berulang kali lewat jalanan darat (singapore - KL). pas udah masuk semester ke-2 baru deh travel by plane, up to 8months. biasanya abis itu udah dianjurkan ga travel by plane lagi. bukan masalah kesehatan tapi krn rules dari airplane nya. maksudnya untuk mencegah proses lahiran di atas pesawat aja sih.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Travelling during Pregnancy

hi mamabaru,dulu aku pas hamil 5minggu harus pulang dari Palembang ke Malang.jadi harus naik pesawat 2x,Palembang-Jakarta trus Jakarta-Surabaya trus lanjut jalan darat ke Malang.Oya paginya sebelum ke Palembang,jalan darat juga dr kota Sekayu kurleb 3jam lewat jalan lintas Sumatera yang jalannya ampun-ampun pake mobil proyek dan supir proyek yang biasa nyupirin orang2 proyek ke hutan.mana tu supir dibilangin ada yg hamil ga peduli lagi,jalan gronjal2 n bolong2 hajar aja.dan hasilnya,baik2 aja tuh.tapi sebelumnya udah konsultasi sama obgyn disana.sebetulnya sih ga dibolehin,tapi judulnya aja "Pulang" ya mau gimana lagi.trus kayaknya dikasih obat buat penguat juga sih,Lestron atau apa gitu.lupa,hehe.oya,sama anti mual juga,Mediamer kalo ga salah.

6

Topic: Travelling during Pregnancy

hi mamabaru,
waktu hamil... dua2nya ngga traveling pake pesawat. tapi dokter kandungan ngasih tau kalo sebaiknya trimester pertama ga traveling pake pesawat dulu apalagi yg perjalanan jauh. kan biasanya awal kehamilan, kandungan masih lemah ya, mungkin takut kecapean... tapi setuju sama shinta.

btw ada artikel aini, bisa dibaca. terbang nyaman saat hamil.
toto,
lah sama banget tuh di spore juga... di MRT jangan harap orang2 bakal ngasih tempat duduk ke ibu hamil... meski di reserved seat-nya udah ada stiker gede. tapi kalo saya perhatiin, biasanya ibu2 meski ngga muda lagi suka ngasih tempat duduk... yg pura2 tidur tuh yaaa cowok biasanya heheh.

temen sih ada kok yang suka bangunin dan minta hak dia buat duduk di reserved seat. emang kerasa kok, kadang kalo lg hamil ga enak berdiri (apalagi kalo perjalanan jauh) dan bawa anak juga.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Travelling during Pregnancy

hi mamabaru... sama dgn yg para mamas ceritain di atas, DSOGku dulu juga nyaranin untuk baru bepergian setelah masuk trimester dua. kata beliao sih (klo dlm kasusku) naik pesawat pas trimester-1 berpeluang bikin morning sickness/mual2nya jadi intense. bisa dibayangin klo misalnya dapet paket-combo morning sickness + motion sickness, hehe. Tp stuju dg sLesTa blg, tergantung ke kondisi kehamilan masing2 :)

"katanya your last honeymoon trip until your kids get to college, hihihihi" Hahaa... ok noted, Thalia... jd pny alesan buat ngajak suami jalan2 lagi nih... dipuas2in hanimun sebelum baby lahir :lol:

8

Topic: Travelling during Pregnancy

your last honeymoon trip until your kids get to college - Slesta, ini kata2 yang sangat bijak hihihihi... gw masih trimester pertama sih jadi blom boleh padahal mau ada konser Backstreet Boys di Sing ya? *sumpah gw gak BoyBand mania, ini kayaknya bawaan baby deh....ehm,,*

tapi moms, kata misua, tekanan udara di pesawat pengaruh ke janin ya? bner gak sih?

9

Topic: Travelling during Pregnancy

keekee itu yang ngomong bukan gue, tapi thalia.. tepatnya dokternya thalia sih.. :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Travelling during Pregnancy

mamabaru : waktu hamil kayla aku taunya pas udah umur kehamilan 2 bulan, karena waktu itu kondisi abis diopname karena tifus dan sering telat datang bulan..pas udah 2 bulan dites baru tau positif dan pas 2 bulan itu aku sering banget bolak balik banda aceh-jakarta soalnya lagi masa closing project di aceh dan konsinyasi ama kantor jakarta.. plus kadang2 mampir surabaya ketemu papanya kayla,
setelah tau kalo hamil, kebetulan kesibukan ga berkurang jadi ya tetep jalan aceh-jakarta, jadi setiap bulan kira2 ada seminggu itu travel bolak balik lah..sampai umur terakhir perjalanan itu 7 bulan pas pindah dari aceh ke surabaya..
jadi menurutku untuk ibu hamil yang mau terbang ya tergantung kondisi ya, kan kondisi tiap orang berbeda2.. yang hamilnya ga begitu bermasalah mungkin lebih santai..tapi untuk yang hamilnya agak bermasalah sepertinya perlu konsul ke dokter yahh..
waktu aku hamil karna badan uda gede dari sono jadi ga keliatan kayak orang hamil, ihihihii so ga perlu ttd perjanjian dengan pihak airlines, mulai ttd perjanjiannya kira2 usia kehamilan 6 bulan karena udah membuncit..
dan setujuuu sama dokternya thalia your last honeymoon trip until your kids get to college, ==> kebetulan papanya kayla dr kantor sering travel gitu jadi pas hamil 7 bulan masi sempet jalan kebali sebelom ke sby ihihihii
selamat jalan2 ya mamabaru

11

Topic: Travelling during Pregnancy

@Slesta: oops iyah... maap.

12

Topic: Travelling during Pregnancy

ninit, kayaknya paling considerate and paling ok MRT di taiwan, ada blue colored seats as priority seats yang selalu kosong, nggak boleh didudukin orang2"non VIP" haha. jadi walaupun saya di antrian belakang, begitu masuk masih dapet tempat, kalo nggak saingan ama elder people or kids :), kalo occupied, ya jalan ke gerbong lain, saya nggak pernah berdiri kalo di MRT taiwan. denger2 nih, MRT di taiwan sering dapet penghargaan dilihat dari segi ketepatan waktu n service2 model gini. kapan indo punya mrt yah... : (

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

13

Topic: Travelling during Pregnancy

hai mamabaru, kebetulan pas kemarin aku ketauan hamil, aku pas baru pulang dari tugas di Papua Nugini. Untungnya janin nggak kenapa-kenapa, padahal aku naik pesawat kecil dan offroad juga pas di sana (karena belum tau aku hamil!). Trus, pas hamil 5 bulan, ada workshop kantor di Bonn. Aku tanya dokterku, apakah oke aku traveling naik pesawat, karna lumayan juga 12 jam lebih kan...Kata dokter sih oke aja ya, karena usia kehamilan di trimester 2 emang lagi pas-pasnya buat traveling. Babynya dah cukup kuat, kitanya juga belum bawa beban terlalu berat.

Tapi ternyata, mayan juga tuh 12 jam di pesawat, pegellll....untung waktu itu nyokapku ikut nemenin, jadi bisa mijit" pas di pesawat. oiya satu lagi, kaki kita yang emang udah berisiko bengkak pas hamil, lebih" lagi bengkaknya kalo naik pesawat, jadi harus banyak jalan dan minum air juga. trus aku minta seat deket aisle biar gampang kalo mau ke toilet, dan kalo bisa seat di deket pintu darurat (karena ruang untuk selonjorannya lumayan besar, plus kalo ada apa" - amit-amit ya - juga posisi udah deket emergency exit).

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

14

Topic: Travelling during Pregnancy

Hai mamabaru ,

Travelling pertama, usia kandungan 3 bulan. aku ke jogja. mudik lebaran ke tempat mertua.. awal berangkat ga ada masalah. tapi waktu mau balik ke jakarta. waktu check inn, aku di tanya, "lagi hamil ya ibu? usia kandungan berapa?".. jadi lah ada form yg mesti di tanda tangan. oia, wkt itu aku naik GA, pdhl berangkatnya ga di tanya, eh pulangnya di tanya gt.


trus travelling ke 2 aku ke bali sama suami. umur kandunganku jalan 8 bulan. Awalnya gw izin dulu sama dokter gw, malah dia bilang, jalan2 puas2in sblm lahiran.. trus dia kasi surat siap2 kl di tanya sama airplane nya.. dokter gw baik juga, di surat itu usia kandungan gw di muda in, jadi 6 bulanan.. pdhl udah 7 bulan lebih.. hahaha...

trus, bener aja, aku naik GA, sama GA nya aku mesti buat surat pernyataan. jadilah suami tanda tangan.. syukurnya lancar2 ajaa....

Nah waktu hamil anak ke 2, aku ga tau kl lagi hamil muda. aku ke sing nemenin suami tugas.. persis 2 hari setelah balik dari sing ke indo, aku tes dan positif, aku ke dokter kandungan dan usia udah 5 mgg.. berarti waktu aku PP jkt-sing-jkt aku udah hamil muda.. syukur alhamdulillah sehat2 aja.. ;)

15

Topic: Travelling during Pregnancy

Terhitung 3 kali travelling by plane selama hamil...dan semuanya urusan kantor...
Pertama ke singapur...waktu belom tau kalo ternyata udah hamil...kira2 waktu usia kehamilan 3 atau 4 minggu...
Kedua ke batam...waktu usia kehamilan 16 minggu...kalo untuk yang ini sempet minta ijin dulu sama dokter dan minta surat keterangan boleh naik pesawat...sama dikasih penguat kandungan juga yang harus diminum selama travelling...
Ketiga ke singapur lagi...waktu usia kehamilan masuk 7 bulan...ini juga minta surat keterangan dari dokter...tapi ga dikasih penguat kandungan lagi...enaknya, karena perut udah membuncit, jadi termasuk first priority waktu boarding...
Menurutku kalo emang mau travelling konsul dulu sama dokter...trus cek peraturan mengenai travelling during pregnancy pada maskapai penerbangan yang mau kita gunakan...apalagi kalo buncitnya perut udah ga mungkin disembunyiin lagi...

there's no place like home...

16

Topic: Travelling during Pregnancy

Hi mamabaru...
aku waktu itu naek pesawat 13 jam pas kehamilan 12 minggu...
sebenernya sih obgyn emang ga suggest...tapi dia liat selama 2 mgg sebelumnya aku fit2 aja..trus hasil doppler, detak jantung baby no problem... dah gitu ama dia dikasih duphaston (obat penguat rahim) jadi diperbolehkan ama dokter...sebenernya sih karena alasannya aku ga bisa TIDAK berangkat...jadi yaa bismillah
kalau perjalanannya jauh sih disarankannya cari yg transit nya beberapa kali dan LAMA...jangan yg ketat jadwalnya..dan jangan bawa banyak barang di cabin...tas tangan aja cukup...jadi masa transit bisa dipake istirahat...regangin kaki...jalan2 sedikit...
dan aku balik saat kandungan 15 minggu...alhamdulillah no problem...
oh iya...waktu trimester pertama aku diagnosa plasenta previa lho...agak hati2 memang...cuma jangan dibawa stress..karena malah berdampak jelek ke kehamilannya

17

Topic: Travelling during Pregnancy

hi mamabaru...

ikut share juga deh... aku kebetulan juga terbang 2x waktu hamil alya... kehamilanku dihitung mulai desember, dan waktu itu aku terbang ada acara kantor, jkt-medan di bulan februari... yang kedua terbang lagi jkt-banjarmasin di bulan mei... yang kali ini ke rumah mertua...

alhamdulillah aja hamil alya aku biasanya mual malah kalo pas di rumah, kalo diajak kerja malahan enjoy aja... itu juga udah selesai mualnya masuk trimester kedua... jadi pas ke banjarmasin sih no problemo sama sekali... bahkan aku juga ga lewat prosedural airline untuk ibu hamil... pokoknya dilihat untuk kehamilan belum sampai usia tertentu itu ga perlu pake surat dokter, jadi ya udah deh...kita juga ga siapin surat dokter waktu itu...

anyway setuju bgt sama eryka , tergantung kondisi si bumil nya ya... asalkan... kalo hamil yang sering mual susah makan gitu mungkin agak susah ya...takutnya nge drop pas di pesawat, apalagi kalo terbang jarak jauh... kalo aku waktu itu kebetulan sering ngantuk susah nahan laper.... hehe jadinya harus sedia banyak stok cemilan yg standby... kalo perlu yg agak berat kaya roti gitu... jd kalo mendadak laper ga jadi lemes.... lagian kalo lagi nunggu di bandara tiba2 laper lumayan juga harga cemilannya bo...

ok deh, hv a nice trip bumil !! :)

belajar terus... jadi ibu-ibu :)

18

Topic: Travelling during Pregnancy

Hai mamas,
minggu depan aku mau traveling dengan waktu tempuh pesawat 1.5 jam. saat ini kehamilan 21w. Udah ngantongin surat dokter juga in case ditanyain sm maskapai, cuma aku kan dapetin surat dokternya itu 3 minggu yl, ini masih bisa dipake atau harus pake yg baru lagi ya?

Trus minggu depan kan udah masuk bulan puasa tuh, ada yg pny pengalaman bumil trip pas bulan puasa? baiknya gw gak usah puasa aja apa gmn ya...soalnya khawatir dehidrasi apa gmn gt.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

19

Topic: Travelling during Pregnancy

sorella:
kalau memang tidak ada keluhan, suratnya masih bisa dipakai. biasanya maskapai ada batas maks usia kandungan, kalo ga salah 32w ya.
dirimu kan 21w jadi mestinya lagi kuat-kuatnya ya?

kalo soal puasa, kalau ngga kuat ya buka aja. ambil rukhsah-nya puasa, hamil dan dalam perjalanan :)

And thelilsolder is back. Fire!

20

Topic: Travelling during Pregnancy

thelilsoldier iyaa betuuull, aku sendiri sih ngerasa lagi fit2nya ini badan ya, hepi dan ringan kesana kemari :D

iya sih..niatnya memang puasa dulu, cuma mengingat tips2 traveling aman adalah minum air putih sebanyak2nya jadi aku bekel aja deh..in case mulai kering dan berkunang-kunang. thanks ;)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

21

Topic: Travelling during Pregnancy

ibu2 sxan saya mo pulkam ke jkt skitar awal bln depan neeh..waktu itu kehamilannya kira2 21-22 minggu d, lama perjalanan 6-8 jam (sydney-jkt) uda nanya dokter seeh gpp tp blundapet surat krn dianya lg cuti,,masalahnya tuuuu saya inih phobia bgt naek psawat...emang seeh bbrp x ngalamin kl psawat yg jarak tempuhnya lama tu di kabinnya brasa "diem" aja jd gw jg g terlalu panik, tp kan tetep aja namanya takuuuut...mana ampe sekarang masi all day sick lg..itu ngaruh g ya???takutnya tambah mabok gt

22

Topic: Travelling during Pregnancy

Saya kmrn naek air asia, cuma lom keliatan banget si bumilnya, masi ketutupan pake jaket hihih, dr bulan 1 udah sering bepergian, alhamdulillah ga kenapa2 :D

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

23

Topic: Travelling during Pregnancy

Dear mamas,

Mau sharing nih, menurut dokterku sih sampai dengan usia kehamilan 36 minggu ibu hamil masih diperbolehkan buat terbang jauh (tapi seperti kata mamas diatas, tergantung kondisi kamu dan janinnya). Masalahnya, ada beberapa negara yg ga ngebolehin ibu hamil kesana. Takut anaknya lahir disana trs jadi warga negaranya kali ya. Hahaha..

Pengalamanku waktu usia kehamilan 3 bulan (perut masih blm begitu keliatan), aku pergi ke USA. Untungnya perut blm begitu melendung pada saat itu, jd ga ditanyain ama kedubes ama custom clearancenya di US. Tentunya aku pake baju gombrong supaya makin ga keliatan, hehehehe :)

P.S. : Kalo mo terbang jauh, aku saranin sering2 jalan2 di dlm pesawat, crackers dan minta air mineral sebanyaknya supaya ga dehidrasi :D

Thinking positive will make your life easier.

24

Topic: Travelling during Pregnancy

hai.. Aku dari trimester pertama udah bolak-balik naik pesawat.sm dokter sih dibolehin.padahal trimester pertama sempet morning sickness,bawaannya enek pengen ngludah terus.sampai terakhir kali naek pesawat pas usia kandungan 7bulanan.alhamdulillah baik2 aza. Memang perjalanannya dekat skitar 2jam gt.
Tp pernah ada pengalaman, pas kandungan 6,5bln naek pesawat ke bali, pas take off berasa pusing n sempet pingsan sebentar udah mana aku pergi sendiri lagi.. cuma sekali itu aza, pas landing n perjalanan pulangnya baik2 aza. Waktu itu naek garuda. Ga tau kenapa..

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

25

Topic: Travelling during Pregnancy

beberapa minggu lalu sempat terbang (short trip) naik garuda tanpa surat pengantar dokter. gue juga ngga keliatan hamil sih jadi ngga ditanyain apa-apa.

tiga minggu lagi mau terbang lagi (usia kandungan sekitar 25-26w), perlu surat pengantar dokter ngga ya? apakah garuda mensyaratkan itu? ada yang bisa share?

And thelilsolder is back. Fire!