1

Topic: Travelling during Pregnancy

geekymom wrote:
gw dulu training di London pas hamil 26 minggu. jadi selama seminggu itu gw terbang jarak jauh 2 kali, Jakarta - Amsterdam - London dan London - Amsterdam - Jakarta.
waktu nanya ke dokter, beliau malah senyam senyum doang dan bilang "nggak apa2 Ibuu.. tekanan darah juga ga ada efeknya..."
gue: "kaki bisa bengkak sekali ya dok, duduk terus2an?"
dokter: "Bu, yang nggak hamil aja bisa bengkak kakinya, apalagi yang hamil.. banyak jalan aja ya di pesawat.."
pada prakteknya males juga ya berjalan2 di pesawat, berdiri aja susah.. jadi emang kaki gw sampe nyaris kebas rasanya :(.

waktu itu gw pake KLM, dan alhamdulillaah mereka ga nanyain surat dokter sama sekali. padahal rasanya sih gw hamilnya cukup kentara, cuma ditutup2in sama baju longgar.. katanya sih, yang pernah gw denger dari pengalaman temen2, airlines Indonesia dan/atau rute penerbangan dalam negeri biasanya lebih reseh nanya2 macem2, tanda tangan ini itu.. sementara airlines luar ga gitu2 amat. mungkin bener kata Shinta ya... agak2 untung2an juga..


bener banget tuh airline indo reseh!! hamil 4 bulan aja udah ditanyain surat dokter segala,padahal perut buncit baru dikit. pas 5m aq ke aussi ga pake ribet!!

not only about shop,actually it's bout sharing and relationship

2

Topic: Travelling during Pregnancy

halo, nimbrung yah.. skr dah hamil 21minggu
bulan depan ada rencana site visit ke China, tdnya maju mundur gtu mau diikutin usulan peserta apa ga, kt dokter sih sudah aman gpp, suami jg ijinin, cuman malah akunya yg krg pede, kehamilan pertama, travelling pertama..
cb cari2 bacaan yg bisa nenangin n nguatin niyat, ketemu forum ini hehe, nyari masukan buat persiapan apa aja sih
bismillah aja smoga ini mmg jd rejekinya dedek, krn konsep acaranya ktny separo kerja separo jalan2 gtu ^ ^
ngarepnya sih suami ikut haha

3

Topic: Travelling during Pregnancy

Gw pas hamil 24 weeks & 30 weeks sempet ke Yogya & Bali buat babymoon. Udh siapin surat dokter tnyata gak diminta ama airlines-nya. Pdhal gw bulettt bgt,tp sengaja pake baju agak longgar & gelap siy biar agak langsing hehehe *pdhal gak ngaruh*

A proud mommy of my baby Esha

4

Topic: Travelling during Pregnancy

Syukurlah masih boleh ya? Bulan April besok gue dan suami mau ke Tokyo 10 hari, trus akhirnya pake ANA direct flight, sedikit lebih mahal daripada Air Asia sih tapi kalo Air Asia total perjalanan 20 jam karena pake transit, kalo ANA cuma 8-9 jam karena direct flight.

Trus Mei mau ke Phuket ama kantor, Juni mau ke Bangkok, emang sengaja nih mau liburan sering2, kan masa terakhir berduaan doang, nanti kalo udah punya anak nggak sama lagi rasanya hehehe, karena akan ada anak kecil yg kita mau nggak mau pasti selalu kuatirin terus.

5

Topic: Travelling during Pregnancy

sharing juga..
Waktu 24 weeks sempat naik pesawat PP Jakarta-Semarang. Naik maskapai GI.
Semuanya disiapin, dari surat ijin terbang, buku kontrol kehamilan, permen, minyak angin, beberapa kantung plastik (ngeri jackpot diatas :D ).

Dari Jakarta sih lancar. Waktu gue&suami lapor ke petugas check in kalau lagi hamil. Petugasnya cuma bilang, "saya kasih tempat duduk di belakang sayap aja ya, soalnya yang di depan sudah penuh". Waktu ditanya kenapa, katanya biar gak bising.
Surat dokter cuma dilihat sekilas waktu gw kasih lihat.

Nah, pas pulangnya dari Semarang. Kita laporan lagi sama petugas check in. Sekalian minta tempat duduk di depan.
Petugas check in langsung minta surat ijin dokter kandungan. Plus kita berdua digiring ke bagian informasi.
Ditanya2 dengan detail, berapa usia kehamilan, ada keluhan/masalah apa saat hamil. Ujung-ujungnya tanda tangan surat di atas materai.
Padahal maskapai yang sama dengan yang berangkat lho..

Mungkin di bandara di Jakarta udah sering ketemu ibu hamil naik pesawat atau mungkin pengaruh pakaian saat itu juga (di Jakarta pakai baju longgar + celana panjang. Jadi perut gak kelihatan buncit). Pas dari Semarang pakai baju terusan dengan karet di bawah dada, jadi kelihatan banget buncitnya..

Oia, sewaktu pesawat dari Jakarta mendarat di Semarang, kan landing-nya pendek tuh. Jadi kerasa banget rem pesawat+guncangannya pas landing.
Tubuh gw lalu ketarik ke arah depan pesawat, secara insting gue gak ngelawan gravitasi, membiarkan tubuh gue ketarik mengikuti alur, soalnya ngeri sama perut walau saat itu seatbelt udah dikendurkan.
Baby di dalam perut (saat landing) langsung heboh nendang2..baru diem saat pesawat berhenti. Dan,, diam selama hampir 4 jam.
Jadi mikir "jangan-jangan shock nih anak".
Tapi syukurlah hampir 4 jam kemudian dia bergerak lagi walau pelan..


Aires,, suaminya ikut ajaaa.. biar sekalian babymoon ;)

6

Topic: Travelling during Pregnancy

Mom...
Lagi bingung nih...
Sekarang kan lagi hamil masuk 31 weeks, trus ada urusan yang bikin aku harus ke Jakarta... Ada yang tau ga airlines Indonesia mana yg masih agak longgar masalah boleh tidaknya ibu hamil usia 7 bulan ke atas travelling dgn pesawat? Rencana sih Senin depan mo ke DSOG dulu minta surat keterangan dokter...

Alternatif lain sih bisa naik kereta ke jakartanya...
Aman ga ya kira2 buat babynya klo naik kereta dalam jangka waktu lama gitu, perjalanan Malang-Jakarta sekitar 16 jam klo naik kereta....

hiks... lagi bingung nih.... :(

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

7

Topic: Travelling during Pregnancy

Mending naik pesawat deh say, mungkin coba Garuda ya, biasanya Garuda lebih bagus servis dan pengertiannya. Saran gue jangan pake low cost carrier, karena mereka ngga reliable - suka telat kadang2 dan delay yang bikin capeeeee ati. Yah emang harganya juga murmer sih.

Coba di Garuda deh telp dulu ke CSnya ngejelasin.

Kalo kereta ga apa2 sih tapi guncangan2nya itu lho selama 16 jam, kasian kamu nanti pasti cape bgt...

8

Topic: Travelling during Pregnancy

ietha..kmrn waktu diskusi ttg mo pulkam naik pesawat apa, suami menyarankan naik garuda, soalnya pesawatnya gede2, jadi waktu landing/take off getaran dan goncangannya ga begitu kerasa jika dibandingkan dengan maskapai swasta lainnya. CMIIW ya

Waktu hamil 8 bulan pernah perjalanan naik kereta Bandung-Yogja yang kurleb 10 jam. Lumayan terasa juga pegalnya punggung dan pinggang. Jadi tiap beberapa jam berdiri trus jalan2 buat ngelurusin punggung. Tapi yang paling menyiksa ya harus minum sedikit supaya ga sering2 BAK krn aku paling ga bisa ke toilet kereta/bus.

9

Topic: Travelling during Pregnancy

travelling buat ibu hamil emang enaknya naik pesawat... kemaren ini gue pulkam sendiri naik pesawat Garuda, karena ada surat dokter, gue tunjukkin aja, dan dari pihak Garuda cuma bikin surat keterangan doang... waktu itu hamilnya dah masuk 6 bulan..

tapi pas balik ke Jkt, naik Garuda lagi, disuruh cek kesehatan... selama tensinya gak dibawah 100 masih ok2 aja, trus bakal ditanya pernah kontraksi gak.. dll...

enaknya, masuk pesawat disuruh boarding duluan hihihihihihi...

tapi waktu naik mobil jalan keluar daerah selama 2-3 jam, kakinya langsung bengkak :(

10

Topic: Travelling during Pregnancy

Yup yup...satu suara dg yg laen, paling enak naek pesawat kalo travelling, kemaren pulang dr Bdg-Palembang pas kehamilan 25minggu, kn g ada t direct flight dr Bdg-Plbg, mau g mau k Soeta dulu, naek bis/travel dr Bdg-Soeta aj pinggang + tulang ekornya suakit banget.....pdhl pjalanan cm 3jam-an. G kbayang d kalo harus duduk >4 jam, pinggang ni rasanya apaaaaa.....
Kalo naek pesawat mah pada intinya sih Airlines it takut nglahirin di pesawat aja, jd mereka menetapkan 32minggu untuk usia kehamilan, kmrn nanya ke DSOG sih dibilangin mo naek pesawat usia kehamilan berapapun aman2 aja, malahan kalo usia kehamilannya >32 minggu bisa dikecil2in ko usia kehamilannya yg penting perutnya kecil aja. Ak rencananya mo pulkam pas usia kehamilan sekitar 34minggu-an karena ada pekerjaan disini, mudah2an g ktauan (hehe...jadi boong2 dikit....:p)

11

Topic: Travelling during Pregnancy

semakin yakin utk travelling hari rabu ini.

thanks moms yg udah sharing! sempet worried meskipun kt dokter gpp dan dikasih penguat. :)

12

Topic: Travelling during Pregnancy

octavini, gimana cerita travellingnya ? sukseskah ? :)
semoga baik2 aja ya, g ada halangan ....

less ego, more heart

13

Topic: Travelling during Pregnancy

Ini saya malah lg mudik. Hamil 15 weeks pulkam balikpapan-jogja. Sebelumnya ga sempat konsul ke obsgyn dl krn cuaca yg lg hujan terus *alesan.com*. Jadi Saya byk berdoa saja dan percaya insyaAllah sehat. Awalnya berencana pulkam mau naik pesawat Garuda (yg pesawatnya gede2) biar goncangan waktu take off dan landing minimal, tp krn sesuatu hal akhirnya kami naik Batavia air saja. Ternyata biar pesawatnya kecil dan bandara jogja bukan bandara yg landasannya panjang, tp waktu landing ga terlalu keras juga goncangannya. Di jogja 2 hr juga diisi dg jalan2 terus, ngajak piknik anak pertama, salah satunya di taman pintar. Waktu di taman pintar beberapa kali Saya duduk ngambil nafas krn kecapekan, hosh-hosh.

Minggu kedua, naik kereta dari purworejo (jateng) ke Bandung. Capek banget bawa toddler (si kakak) naik kereta karena dia ga mau diem, jalan2 terus di kereta kayak setrikaan. Untung dibantuin adik Saya, ga kebayang deh kalau cuma berdua. Dua hari kemudian ikut acara mertua di villa di puncak naik mobil. Seminggu di Bandung juga jalan2 mulu, kalau ga ke mall ya ke saudara, soalnya jarang2 bisa pulkam lama :).

Minggu besok mau ke jakarta selama seminggu sebelum naik pesawat ke balikpapan lagi. Pingin banget bisa ke obsgyn langganan waktu hamil anak pertama sebelum pulang ke Balikpapan, kangen sama Beliau.

Mudah-mudahan kami tetep diberi kesehatan. Mungkin memang kuncinya byk berdoa dan menikmati yah. Kalau capek dan perut mulai nyeri2 dan keras ya istirahat dl :).

14

Topic: Travelling during Pregnancy

ikutan join yahh :D

pas awal2 married, aku honeymoon 1bulan stlh pernikahann... pas itu ke beijing&hk..slama dsn larii2 ngejar buss,,jalan dri pagi-malam, jongkok2 pilihh2 barang..makan smbrg ini ituu..hhaha..pokoknyaa kaya g hamill..eh pas iseng2 lewat guardian HK, beli test pack (soalnya telat 1minggu) eh eh, positif hamil..sempet g pcy sihh..akhirnya test lg 2x dan ttp positif :D stlh itu bru extra hati2..packingnya suami yg packing..g lari2 lagi :D:D pas plg lgsg k obgyn & ternyata uda 5weeks :D:D

kalo kata obgyn aku, gpp si travelling pas hamil,,asal sehat&kuat aja..pas wktu weeks 8, aku malah pg bali, newyear'an sama tmn2 trs pas week 11 pg spore utk c-up dsn..smuanya baik2 aja sih :D:D
cm stlh itu g diijinin camer hikkkss:c disuru jaga kehamilan...

next week rencana mo k jkt (28weeks) smoga lancarr :D:D

banyak2 doa aja sblm brkt..hehe

15

Topic: Travelling during Pregnancy

nambahin, kalo riwayat kehamilannya gak bermasalah sih sebenernya gapapa travelling..

pengalaman kemaren, udah punya rencana jalan2 sebelum ketauan hamil. jadinya pas week 10 bolak balik jakarta-singapur, week 12-13 terbang ke jepang dan full jalan terus seharian, week 14 terbang lagi ke ke bandung. alhamdulillah gapapa. kebetulan yg ini hamil yg kedua sih jadinya gak terlalu khawatir mengingat histori kehamilan pertama yg lumayan ok2 aja..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

16

Topic: Travelling during Pregnancy

mau sharing.. selama hamil aku hampir sebulan sekali pasti naik pesawat, dari garuda, quantas, SQ. terbang ke jkt, aussie, HK semua gak pernah ada masalah sama sekali. naaah, bulan maret kemarin aku sempet ditolak naik pesawat karna surat dokternya sudah lebih dari 1 minggu.
jadi ceritanya aku ke dokter hari jumat, lalu senin ke jkt dng SQ. pas di sg gak ada masalah sama sekali. pada saat check in dan boarding semua lancar2 aja, bahkan gak diminta surat dokternya. seminggu di jkt, kembali ke sg lagi hari senin, dan pas check in di counter SQ dimintain surat dokter. ya aku kasih aja surat dokter yang menyatakan masih boleh terbang sampai bulan mei.
eeh, ternyata gak boleh. dengan alasan surat dokternya sudah tidak berlaku karena sudah lebih dari 1 minggu. jadi dianggap sudah tidak mewakili kondisi kehamilan kita. katanya orang hamil kan kondisinya berubah2, jadi surat itu hanya berlaku 3 hari - 1 minggu.
akhirnya suami tanda tangan surat, kalau ada resiko apapun, semua tanggung jawab kita 100%, jadi bukan merupakan kesalahan pihak SQ. abis itu boleh terbang deh, meskipun gara2 hal ini jadi musti buru2 ke imigrasi dan boarding. duh bumil musti agak lari demi ngejer pesawat deh.
padahal bulan des aku juga naik SQ ke HK, tapi gak ada masalah tuh, sama sekali gak dimintain surat dokter. jadi pas ada masalah begini, aku dan suami sebel juga. kok jadi ribet aja.
oia, peraturan ini memang ternyata secara tertulis ada di SQ. mungkin masing2 airline punya aturan masing2, tapi yang jelas di SQ ada, karna aku dikasih copy nya oleh sodaraku yang kerja disana. disana jelas tertulis kalau surat dokter hanya berlaku 3 hari sejak kita diperiksa. jadi pihak SQ pada saat itu tidak cari2 alesan, hanya saja yang sangat disayangkan, kenapa pada saat beli tiket, si penumpang gak dikasih info. aku beli tiketnya langsung dikantor SQ, dan harusnya mereka liat yah kalau aku lagi hamil. tapi tidak ada info apa2 tuh. semoga sharing ini membantu para mama yang mau travelling dengan SQ yah.. supaya gak lari2 ngejer mau boarding.. ;)

17

Topic: Travelling during Pregnancy

Suntea..trims ya infonya kmrn waktu beli tiket garuda dan batavia juga ga dikasih info apapun ttg surat dokter. Jadi rada bingung sebenarnya surat dokter diperlukan sejak usia kehamilan umur berapa ya?. Kmrn waktu terbang kandunganku umur 15 sama 19 weeks. Tapi waktu itu aku ga minta surat keterangan dokter juga sih. Untung ga ditanya apapun, padahal perut udah nonjol lumayan :).
seminggu lagi aku rencana mo ke jakarta lagi, mau tanya detail ah ke bag penjualan tiketnya, perlu ket dokter atau tidak biar ga repot

18

Topic: Travelling during Pregnancy

Ikutan sharing ya..
Baru aja 10 hari lalu balik dari madinah-mekkah utk umrah di usia kehamilan 23 weeks
Sblmnya emg udh nanya ke dokter,trus kata beliau justru umur2 kehamilan segitu lg aman2nya..tp dibawain berbagai macam obat2an dr batuk,pilek,demam,pokoknya komplit,trus disarankan pake masker,karena seharusnya kan di suntik meningitis, tp berhubung lg hamil ya suntiknya ga dilakuin..(insya allah baik2aja ya..amin..).. Trus brkt jg tenang2 aja.. Selama disana juga alhamdulillah semua lancar,dan ga ada keluhan.. Yg penting byk minum..byk bgt minum deh..trus makan jga dijaga. Oh iya perjalanan ku ini dr kelantan-transit di KL-Jeddah..

Berusaha untuk jadi ibu yang baik..
@vwa303
[email protected]

19

Topic: Travelling during Pregnancy

Hi All....ikut nimbrung pengalaman ya...
Kebetulan pekerjaan saya menuntut sering travelling keluar kota atau keluar pulau Jawa.
Sejak kehamilan 4 minggu sd sekarang 26 minggu, saya setiap bulan pergi by plane 2-3 kali/bulan tapi masih dalam area Indonesia, hanya waktu kehamilan 12 minggu saja saya pernah ke luar Indonesia (Phuket). Alhamdulilah kehamilan baik-baik saja dan tidak pernah diperiksa atau ditanya-tanya oleh maskapi penerbangan ( mungkin karena perut belum kelihatan ya...).
Hanya sekali pas kehamilan 23 minggu, penerbangan dari Padang ke Jakarta, saya ditanya-tanya karena kebetulan pas pulang pake baju hamil (biasanya pake blazer warna Gelap), akhirnya saya diantar ke bagian kesehatan Bandara, diperiksa tensi dan detak jantungnya dan ujung-ujungnya dimintai tanda tangan surat keterangan bahwa kalau terjadi sesuatu terhadap kandungan saya pihak maskapai tidak bertanggung jawab di atas materai Rp 6000 dan uang kesehatan Rp 20.000, padahal waktu itu saya sudah membawa medical record book dan surat keterangan dokter.
Selama penerbangan domestik saya selalu pakai maskapai Garuda.
Oh ya selama saya travelling dan memberikan training di beberapa tempat tersebut, DSOG saya memberikan obat untuk mengurangi kontraksi yang harus diminum di hari pertama travelling 3x1 tablet/hari.
Jadi sebaiknya selain tanya detail ke pihak maskapai penerbanagan tentang kebijakan terhadap Ibu hamil, jangan lupa untuk konsultasi ke DSOG juga.

20

Topic: Travelling during Pregnancy

moms, mo bagi pengalaman...dl saya blm tau sedang hamil (padahal ternyata sedang 6 minggu waktu itu) mudik dps-sby naik psawat lanjut ke bjonegoro via darat. dan balik lg ke dps.

waktu itu saya blm tau karena ada darah , kirain haid ternyata flek. sminggu kmudian priksa dokter kandungan karena haid(haid palsu) ga brenti2 dan ternyata saya sedang hamil. Alhamdulillah janin sehat dan disuruh bedrest total sampai flek hilang.

:: mamanya Aishafty ::
blog : ournewpage.wordpress.com
Twitter : pompongdeh

21

Topic: Travelling during Pregnancy

Kalo diatas 7 bulan udah ga bs kemana2 kayanya :(

Kemaren gue mau iseng2 mesen tiket untuk akhir Juni, mau getaway berdua suami ke Paris 10 hari doank dan udah sok2 spontaneous traveler alias nekadisme aja, eh pas gue datengin kantornya Emirates mau konfirm dan bayar bookingan tiket, dia langsung bilang, "Ibu lagi hamil berapa bulan? Kalo di atas 7 bulan udah ga bisa lagi Bu apalagi kalo akhir Juni nanti udah 8 bulan."

Hukss pupuslah harapan bisa kemana2.

Staycation aja kayanya nih.

22

Topic: Travelling during Pregnancy

Kemarin sih begitu lewat 12 minggu udah langsung tancap gas travel ya, karena dikasih green light sama obgynku.

Dari week 12 sampai week 28 4x travel by plane abroad, paling jauh ke Australia - liburan 2 minggu diniatin babymoon. Alhamdulillah baik-baik saja :)

Beda-beda kali ya, obgynku sampai week 32 masih mau ngeluarin surat keterangan aman terbang, baru terakhir kontrol kemarin saja (skrg saya week 32 jalan 33) dia kasih ultimatum udah nda boleh travel by plane lagi hehe :)

23

Topic: Travelling during Pregnancy

saya Mei kemaren sempat mengunjungi Inggris, Perancis dan Belanda selama total 4 minggu kurang, untungnya baru kehamilan 5 bulan jadi saya berhasil pergi, tapi karena dari awal saya beli pesawat budget air asia maka sebagi ibu hamil saya sempat menderita sakit pinggang karena saya cuman beli kursi promo :) waktu beli tiket promo ini saya benar2 tidak menyangka akan hamil, untungnya usia kehamilan saya saat bulan Mei adalah masa yang tepat untuk bepergian karena masa kehamilan kurang dari 4 bulan akan beresiko keguguran, usia kehamilan lebih dari 7 bulan sudah tidak diperbolehkan karena resiko kelahiran prematur, maka agak bersyukur juga bisa pergi dan tiket yang sudah dibeli jauh2 hari sebelumnya pun tidak jadi hangus cuma2.

Suami saya awalnya sempat meragukan dan meyakinkan saya apakah saya akan kuat bepergian ala backpacker selama hampir 4 minggu pula, namun karena tekad kuat dan semangat saya berhasil melewati hari2 traveling yang super melelahkan dan udara dingin yang menggigit, tentengan koper plus bantal lah yang bikin heboh, kasian juga melihat suami membantu membawa tentengan saya yang bejibun, dia saja yang tidak hamil terlihat sangat kepayahan karena capek apalagi saya, setiap check in bandara saya juga selalu diminta menandatangani surat pernyataan 'tentang kehamilan' surat keterangan dari dokter berisi info tentang berapa bulan kehamilan yang sudah saya persiapkan malah tidak ditanyakan sama sekali, mungkin karena perut saya juga belum terlihat sangat extreme hehe jadi intinya mereka percaya saja waktu saya bilang hamil 20 minggu.

Meski saya sengaja beli bantal untuk kepala dan bantal extra yang sengaja suami saya beli disana untuk membantu penyangga punggung jika saya duduk atau tidur selama perjalanan, tetap saja pas perjalanan pulang dari inggris sampai ke Malaysia saya malah sempat menangis saking kecapeannya hehe, malah ketika melewati india saya sempat mabuk karena guncangan pesawat yang bikin saya hampir2 trauma naik pesawat lagi (soalnya saya malah mikir pesawat mau jatuh saking diguncang lumayan enek hehe) ketika lagi merasa puncaknya kecapean dan nyeri pinggang yang berlebih ada rasa menyesal juga memaksakan travelling apalagi seminggu terakhir saya terkena flu batuk mengharuskan saya jadi harus minum obat batuk yang tadinya sangat saya hindari hik hik, tapi di sisi lain apalagi ketika sampai di rumah lagi dengan selamat saya senang sekali karena ini seperti suatu pencapaian pengalaman hamil yang tak akan bisa dibeli, dan alhamdulilah bayi saya super kuat, sekarang saya hampir memasuki bulan ke 7, yah travelling kemaren itu itung2 liburan terakhir sebelum mulai konsen ke lahiran dan mengurus bayi hehe...

24

Topic: Travelling during Pregnancy

momsssss, tanya travelling nggak pake pesawat donk... :)

Hamil 37w, mau pulang kampunng rencana lairan.. Doakan saya yaaa...
:d kuranglebih perjalanan 7-8 jam (bawa mobil sendiri ) dan 5jam naek kereta.
Nyaman naek apa ya? Kereta ato mobil sendiri..
Udah lama gak naek kereta, udah lupa rasanya gimana...

woman whom he loves

25

Topic: Travelling during Pregnancy

evi kalo ditanya nyaman, tentunya ya lebih nyaman naek mobil sendiri karena elo bisa brenti kapan aja, bisa duduk, mau selonjoran, tidur, etc. ya enak2 aja. tapi ya kasian yang nyetir :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta