1

Topic: Travelling during Pregnancy

wahh terimakasih banyak moms titiefitrah, anastashaa, sLesTa, Lisna Ardhini masukannya. jadi agak lbh tenang. biasa deh pengalaman pertama hamil plus sempet cari2 info katanya rawan keguguran dll.
semoga semuanya sehat2 aja ya sebelum dan sesudah keberangkatan.

2

Topic: Travelling during Pregnancy

You're welcome dear pusparini_ Have fun dan semoga lancar dan sehat2 yaa..

3

Topic: Travelling during Pregnancy

"Untuk Bunda yang kini tengah hamil, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti yang dijelaskan dr. Martina Claudia, SpOG dari Siloam Hospital dan Eka Hospital, seperti :


Trimester pertama (0-16 minggu)
ini termasuk usia rawan untuk berpergian jauh karena kandungan masih rentan dan plasenta belum terbentuk sempurna sehingga dikuatirkan Bunda mengalami keguguran.
Trimester kedua (16-28 minggu)
Inilah usia kehamilan yang paling aman untuk berpergian jauh karena pada usia ini plasenta sudah terbentuk dan rahim sudah cukup kuat terhadap goncangan.
Trimester ketiga (28-36 minggu)
Pada trimester ketiga otot rahim sudah mulai meregang dan sangat sensitif terhadap goncangan. Goncangan yang cukup kuat dan sering bisa mengakibatkan kontraksi dan berujung pada lahirnya bayi prematur.

4

Topic: Travelling during Pregnancy

Mau sharing aja,

Ini kejadian yg ampe masuk koran dimakassar, seorang ibu hamil diatas 34 minggu mau terbang dr jayapura ke mks krn rencananya mau melahirkan dimakassar. Dia naik mer**** , taunya pas pesawat udah terbang perutnya kontraksi dan akhirnya melahirkan dipesawat. Bayi+ibunya selamat pas melahirkan namun sayangnya bayinya akhirnya meninggal saat udah mendarat dan dibawa ke RS krn blm cukup bulan dan tdk cukup hangat selama dipesawat

Menurut dsog yg diwawancara, dsog tersebut menyarankan kl kita mau terbang dlm kondisi hamil diatas 32 minggu, plg bagus sehari sebelumnya check up dl ke dsog krn diatas 32 minggu sdh rawan melahirkan dini. Terkadang krn selama masa kehamilan tdk ada masalah, trus ibu hamil pandang enteng mengenai hal ini

5

Topic: Travelling during Pregnancy

miss_lia terima kasih untuk sharingnya.. info yang berguna sekali untuk para mama. sekaligus juga sedih denger ceritanya :(

dan sebenarnya, apa yang dijelaskan itu bener banget.. sebaiknya tidak terbang ketika umur kehamilan di atas 28 minggu malah setau saya. airline mayan ketat ttg ini biasanya. kalo sampe umur 34 minggu masih naik pesawat, itu memang sudah rentan sekali. jadi memang paling aman untuk travelling itu ketika masih di trimester kedua, dan sebaiknya tidak terbang lagi ketika sudah masuk trimester 3.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Travelling during Pregnancy

ikutan sharing yaa momies..
saat ini live report (karna msh liburan) di usia kehamilan 27w. waktu berangkat di 25w flight jkt-kl-paris total 14jam.. alhamdulillah lancar jaya kaki ga bengkak... selama flight sengaja pk pressure socks dan byk minum jd setiap jam jalan ke kmr mandi dan tiap ke kmr mandi baliknya lewat muter biar jlnnya agak jauh... dr tgl 12 maret smpe hr ini ud terbang 4x + naik bus 1x selama 5 jam (karna tiap 3 hari skali pindah negara).. alhamdulillah lg si surat dokter blm kepake, pdhal perut ud keliatan bgt tp kynya di luar negeri lbh umum deh ibu hamil travelling, jd petugasnya santai2 aja..

tipsnya sii sepanjang travelling ini tiap pergi ak pk pressure socks dan pregnancy belt.. tiap abs jln2 kaki dinaikinn ke tembok biar aliran darah lbh lancar dan bsknya siap jln2 lg.. surat dokter ttp disiapin untuk jaga2.. obat anti kontraksi jg ga lupa dibawa2 kmnpun perginya dan yg paling penting ttp inget kl lg hamil jd jgn dipush smpe kecapean bgt..

untuk kedepannya tinggal 1x lg naik kereta ams-paris skitar 3jam trus flight pulang paris-kl-jkt.. mudah2an lancar jaya spt sblmnya.. dan ud niat bgtt smpe jkt pagi, sorenya lgsg kontrol ke dokter... ud ga sabar nengokin si bebii *maaf oot*

7

Topic: Travelling during Pregnancy

Alhamdulilah kemaren saya umroh pake transit jadi total perjalanan 13 jam terbang, pas 20w, namun kaki bengkak dan duduk tidak nyaman, saran saya agar memilih penerbangan yang tidak lebih dari 4 jam :)

8

Topic: Travelling during Pregnancy

Hello Moms... Seneng bisa ketemu moms semuanya dan dengerin pengalaman2nya.Tapi aku juga masih bingung nih... meskipun udah baca surhatan moms diatas,aku masih belum yakin. Aku sekarang lagi hamil anak pertama,usia kehamilan udah 30w.Nah minggu depan udah usia 31-32w tapi aku harus terbang ke india.Perjalanan jkt-kul 2jam, transit 3jam, lanjutin perjalanan lg 5jam-an ke New Delhi. Ini perjalanan nggak bisa ditunda. belum sempat cek lg ke dokter krn masih ragu apakaj dokter akan memberi ijin ato enggak krn baca2 di artikel kok perjalanan dg pesawat diijinkan dg usia kehamilan maks 28w ya? sekedar meyakinkan diri sendiri aja moms, gimana ya kira2? Sebenernya sih dari awal kehamilan sampe usia segini jg aku&baby fine2 aja. Aku nggak pernah ngalamin mual, muntah, nggak ada komplikasi, nggak ada riwayat kontraksi,pendarahan atau komplikasi&riwayat lainnya.pokoknya semua fine deh.Bisa kasih gambaran atau saran nggak moms? thank you so much for helping...

9

Topic: Travelling during Pregnancy

insya allah agustus nanti akan ada perjalanan saya ke dubai dan kalo dihitung-hitung usia kehamilan 24 weeks, sebenernya ada ga sih peraturan dari airlines luar negeri mengenai bumil ini?setau saya kl airline indo, yang warning untuk melakukan perjalanan udara usia kehamilan 32 weeks. cmiiw...

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

10

Topic: Travelling during Pregnancy

hai mom, salam kenal sebelmnya
ntar mei InshaAllah delivery dari Oman to Jkt nih pas UK 7 bulan kurang dikit....Dr saya bilang 8 bulan juga gpp asalkan semua medical bagus dan sesuai persyaratan.....saya kira penerbangan international oke2 saja, tentunya dengan lampiran surat dari dokter. T
api yang agak ribet kalo dah pe Indo, andai dah diatas 8 bulan boleh ga si mom? apa cari aman nya saja ya kurang dari 7 bulan.
Owh iya dari hamil usia 5 week saya sudah terbang lho nguntit suami tugas keluar kota takut sendirian di apart hihihi. sempet was-was juga si tapi pasrah aja lah. Alhamdulillah tidak bledding (Dr nya sempet ngeri karna kata beliau debay kuat mulai TM 2)

11

Topic: Travelling during Pregnancy

Mutiakhalid umumnya kehamilan diatas 28 weeks tuh diijinkan terbang oleh sebagian besar airline dengan surat keterangan dr dokter. Maksimal kehamilan diijinkan 34 weeks. Kalau boleh saran siy, ditunda saja penerbangannya. Apalagi sudah 31-32 weeks. Nanti saat kembali ke tanah air sudah berapa minggu usia kehamilan? Nah...itu yang riskan...

Nidya ada mom, peraturan tiap airline beda, tapi sebagian besar mengijinkan bumil terbang usia lebih dr 28 weeks dgn surat keterangan dokter dan max 34 weeks boleh terbang. Dulu saya terbang menggunakan Turkish Airline diusia kehamilan pas 28 weeks dr Turkey - Jakarta dan mereka minta surat dokter dan menyuruh saya fill in form perjalanan ibu hamil. So usia kehamilanmu yg 24 weeks aman kok :) siapin aja surat keterrangan dokter....

Umi.h iya mending cari amannya mom...7 bulan saja terbangnya. Karena lebih dari 34 weeks umumnya tidak boleh terbang. Apalagi di Indonesia dengan ada kasus recently bumil melahirkan di pesawat. Dulu saya pulang ke Indo pas 7 bulan dan aman2 saja.

12

Topic: Travelling during Pregnancy

O iya sist. Itu ceritanya saya mau menetap di India krn suami pindah kesana&mertua pengen saya lahiran disana sekalian.Nanti setelah baby usia setengah taunan kami mo pindah lagi ke perancis.Jadi gimana nih?Kira2 di usia 32w boleh ya? Thank you sist...

13

Topic: Travelling during Pregnancy

mutiakhalid
Mending ditanya lgs keairlinenya ttg aturan terbangnya krn tiap airline beda2 aturannya trus diconfirm ke dokternya. Krn tiap bumil beda2 kondisinya, kl dsognya ngijinin terbang diusia kehamilan segitu berarti gak masalah

14

Topic: Travelling during Pregnancy

di usia kehamilan 30w saya sempet terbang menggunakan ga**da (jadi malu deket sih cuma palembang - jakarta) sempet browsing peraturannya juga katanya ga mesti pake surat ket dokter, surat ket dokter cuma untuk diatas 32w, tapi berhub jaga jaga takut ditanyain yah saya minta surat ket dokter.
pas checkin malah ga ditanyain kok, saya yang sadar diri malah lapor duluan "saya lg hamil" dan memang cuma dsuruh ttd surat pernyataan aja kok dan perjalananpun aman lancar terkendali (ya iyalah cuma 50 menit xixi)

15

Topic: Travelling during Pregnancy

nabilachalid

hai mom, kehamilan pertamaku dulu juga BO (mei2012). lalu kemudian atas saran dokter harus menunggu 3 bulan untuk kehamilan berikutnya. aku hamil lagi sekitar bulan oktober 2012. selama kehamilan, aku sering sekali travelling (bahkan sendirian). tentunya atas seijin dokter. jadi sebelum bepergian aku selalu kontrol ke dokter sekaligus minta surat keterangan hamil untuk airlinesnya nanti.
setahuku sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa naik pesawat dapat menyebabkan keguguran dalam kehamilan, CMIIW.
dan waktu itu dokterku pun menjelaskan bahwa sebenarnya yang di khawatirkan ketika dalam pesawat adalah, jika terjadi pendarahan tidak ada yang bisa menolong.
yang paling baik adalah sebelum bepergian, kontrol dulu ke dsog nya. karena kondisi kehamilan setiap orang kan berbeda. sebagai pencerahan, ketika belum tahu diriku hamil (mungkin di usia 2-3 minggu) aku solo trip ke china. Dan di usia 5 bulan kandungan aku sempet babymoon ke korea bersama suami, dimana jarak tempuh ke korea itu 8jam, dan puji Tuhan semua trip yang aku jalani bersama suami ketika hamil berjalan lancar.

mutiakhalid
seingetku peraturan setiap airlines agak beda2 nih ttg maksimal usia kehamilan. tp yang aku inget itu air asia maximal 34 minggu. karena di usia 32 minggu aku masih terbang bali-jakarta dengan surat dokter

16

Topic: Travelling during Pregnancy

finally travelling pregnancy berlangsung lancar, jakarta-dubai ditempuh 9,5 jam krn waktu berangkat flightnya sore jadi agak terbantu, gw jadi bisa istirahat di pesawat. Dan tentu saja si kaki bengkak parah, sampai pas turun pesawat tuh kaki gak bs masuk ke sepatu, untungnya gw udah nyiapin sendal jepit di koper kabin :)

Must Bring kalo perjalanan pesawat more than 3 hours, bantal leher dan bantal mini. bantal leher supaya kepala tetap nyaman, bantal mini buat ganjelan di pingggang.

Terus sebaiknya duduk di kursi paling pinggir, karena kita akan sering bolak balik ke toilet, daripada nahan pipis krn ga enak permisi melulu jd better duduk di paling dkt jalan.

Crew Em*rates helpfull banget, begitu masuk pesawat gw langsung di tanya "hamil ya?berapa minggu?are u ok?" terus dia bawain koper kabinnya dan naro di kabin :)

Menurut gw sih pas travelling dan kita lagi hamdun jgn segan2 untuk minta bantuan kalo emang kita ga sanggup, sadar diri akan kondisi jd biar tetep bisa enjoying travelling :)

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

17

Topic: Travelling during Pregnancy

Ikuan share yaa..
Aku sabtu-selasa kemarin baru aja traveling jakarta-johor bahru-singapore-jakarta by a** a**a.. Usia kehamilan saat terbang 30w.. Dpt surat izin dr dokter, dibandara diminta isi surat keterangan jg sm pihak maskapai.. Alhamdulillah lancar" aja ga ada keluhan apapun.. Kemarin baru cek lg kedokter dan semuanya normal..
Kayanya selama dpt permit dr dokter (setelah dicek tentunya) ga ada masalah ya traveling by plane.. Beberapa temenku yg tinggal dibali dan memilih melahirkan di jkt jg ga ada masalah saat perjalanan, tp biasanya minggu dr HPL udah di jkt..

The Heart & The Light's Mom

18

Topic: Travelling during Pregnancy

Hai.. mo tanya-tanya..
insyaAllah lebaran ini pengen lebaran di jkt, krn perkiraan ke jkt pas kehamilan mgg 34-35, jd memang ga pilih option naik pesawat.. mau nyoba via darat dengan mobil pribadi..
ada yg pernah ngalami ga moms,kohon share nya dong.. TIA ya..
oia, ini kehamilan kedua,perjalanan dr pekanbaru-jakarta jd via trans sumatera (blm pernah via darat nih)..

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

19

Topic: Travelling during Pregnancy

citRa, aku belum pernah travel via jalan darat saat hamil, tapi mengingat usia kehamilannya sudah di minggu ke 34-35 hati-hati ya, jangan lupa untuk cek ke dokter dan sangat menjaga kondisi. Mama yang lain mungkin ada yang sudah berpengalaman melakukan perjalanan darat saat hamil besar?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

20

Topic: Travelling during Pregnancy

Hai moms, mau ikutan share juga yaa.. Selama bulan November - Desember 2013 kemaren bolak balik Jakarta - Sydney sampe 3x PP.. Sehari setelah kepulanganku yg terakhir dari sana langsung opname, kirain karna kecapekan aja, ternyata vonis sementara dokter maag ku kambuh parah sampe luka di lambung.. 4 hari di RS belom ada perubahan, masiy tepar dan kesakitan berat walau udah disuntik obat yg paling paten kata dokternya.. Akhirnya hari kelima di USG abdomen keseluruhan (lagi) dan ????????? ??????? ????? ???????????? ketauan saat itu ternyata aku positif hamil dan udah masuk 8 minggu.. Antara seneeeeng bahagia banget karna udah 3 tahun nikah tapi belum dikarunia baby sebelumnya, dan deg2an khawatir abis karna berarti selama ini aku pergi jauh2 gitu dalam keadaan hamil muda.. Tapi untungnya janinnya sehat pas dilihat.. Cuma aku jadi harus bedrest sampe sekitar usia 16 mingguan.. Setelah itu udah bisa aktifitas normal lagi pelan2..
Di usia kehamilan ku yg ke-30 mingguan aku agak nakal dikit.. hehehe.. Ikutan tugas ke Manado selama 2 hari PP, tanpa izin dokter, dan gak bilang ke airline-nya (aku naik Ga***a).. Pake baju yang super gombrong dan sok santai, padahal siy deg2an juga.. hehehe.. Pulang dari Manado tepar lagi dey.. Dan walhasil langsung ke dokter dan diomelin dokternya.. Sekarang udah bener2 kapok.. Im on my 35th week now, Insya Allah sehat2 terus sampai delivery nanti..
So, moral of d'story :) sebisa mungkin dihindari aja perjalanan jauh dengan pesawat.. Walaupun kita merasa fisik kita gpp, tapi kasian debay yg di dalemnya (kata dokterkuw)..

21

Topic: Travelling during Pregnancy

mau share juga ya moms...

pas tau hamil, usia 11 minggu itu aku masih tugas luar kota. sampe kehamilan 24 minggu aku masih terbang juga.

frekuensi terbang bisa 1-2 minggu sekali saat itu.
aku konsul sama dokter, kata dokterku saat itu, asalkan nggak ada keluhan, ngga ada flek/spotting atau bleeding, dia oke aja aku terbang2. cuma pesennya kalo sampe di tujuan ada keluhan, buru2 ke rs terdekat.
aku juga nggak dikasih obat penguat kandungan sama sekali. jadi cuma bawa vitamin dan obat mual karena aku hiperemesis berat saat itu.

usia kandungan 18 minggu masih babymoon juga ke KL. karena tiket udah terlanjur di beli. usia kandungan 22 minggu aku road trip jkt-yogya, dan masih ikut volcano tour pakai jeep.

usia 24 minggu juga masih terbang lagi rada jauhan.

dan itu aku nggak ada satupun yang lapor ke maskapai karena akunya males. hehehe... jadi aja cm pake jaket supaya perut yang rada buncit ini ketutupan. tapi selama di pesawat, aku emang selalu pake korset hamil. lumayan banget buat menyangga perut terutama kalo ada guncangan.

terus pas pesawat take off dan landing, biasanya aku agak angkat pantat buat mengurangi guncangan juga.

aku baru di tolak itu pas 28 minggu... alasannya karena penerbangan lebih dari 15 jam. hiks... padahal ada juga kok yang masih boleh terbang jauh sampe 32 minggu. padahal saat itu aku bawa surat dari dokter supaya boleh terbang. ditolak...

kalo maskapai manapun sih mengharuskan bawa surat dari dokter kalo terbang pas hamil, cuma akunya aja yang bandel... ga tau apakah moms yang lain sebandel aku apa enggak...

22

Topic: Travelling during Pregnancy

Share pengalaman moms dong..
Awal bln des aku jg ada acara kel penting sekali hrs ke luar kota dgn jarak yg lumayan jauh. Dan gak mungkin melewati jalur darat atau laut jd hrs naik pesawat. Usia kandunganku skrng 34w. Dan ini akan menjadi pengalaman pertama kalinya aku pergi naik pesawat dlm keadaan hamil besar. Apakah wajib banget ya moms utk periksa kesehatan kandungan dulu sblm aku melakukan perjalanan? Utk tipsnya apa ya moms biar aku merasa nyaman dan aman saat perjalanan nanti? Thanks bgd loh utk infonya :)

23

Topic: Travelling during Pregnancy

RVega kalo udah usia 34 weeks gitu sih amannya harus periksa ke dokter dulu dan harus bawa surat keterangan dari dokter bahwa dirimu layak terbang.
karena yang dikhawatirkan adalah seandainya sampai ada guncangan dan timbul kontraksi.
tanpa surat keterangan dokter biasanya pihak maskapai nggak mengijinkan terbang.
persiapan selama terbang sih kalo aku pake korset penyangga kehamilan itu menolong banget. trus saat take off dan landing juga aku agak angkat pantat supaya guncangannya sedikit berkurang.

24

Topic: Travelling during Pregnancy

calalilyrose, ouh gitu ya ma..
kalo nanti pas periksa ke dokter pemeriksaannya ribet gak sih ma?
Btw makasih loh infonya ^_^

Juga dapat info dari teman tentang berpergian saat hamil nih ma.

Perjalanan laut dan udara

Sebelum memesan tiket, tanyakan pada dokter soal keamanan Ibu menggunakan pesawat terbang. Apalagi jika Ibu berencana pulang saat usia kehamilan 28-32 minggu. Umumnya maskapai penerbangan akan meminta surat keterangan dokter yang menyatakan Ibu diperbolehkan terbang.
Tiap masakapai penerbangan punya kebijakan berbeda. Jadi, jangan lupa mencari informasi sebelum memutuskan bepergian.

Saat terbang

Naik pesawat udara saat hamil bisa meningkatkan trombosit vena.
Tapi jangan panik, tips berikut mungkin bisa membantu:Siap-siap membawa kaus kaki saat bepergian atau pastikan maskapai penerbangan yang Ibu gunakan menyediakan kaus kaki. Kaus kaki berguna untuk mengurangi kemungkinan terjadinya peningkatan trombosit vena atau DVT (Deep Venous Thrombosit).Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi. Hindari meminum kopi dan teh.Sempatkan berjalan-jalanlah disepanjang lorong setiap jam agar sirkulasi darah tetap baik. Tapi tetap berpegangan untuk menjaga keseimbangan dan tidak jatuh.Gerakkan  kaki Ibu ke atas dan ke bawah sesering mungkin selama dalam perjalanan.Untuk mencegah kemungkinan mual dalam perjalanan, coba makan permen jahe dan banyak istirahat. Relaksasi selama perjalanan juga akan membuat tubuh Ibu nyaman. 

Smoga bs bantu utk mama lainnya :)


edited by mod.

25

Topic: Travelling during Pregnancy

hai moms..
seneng deh baca2 thread ini, jadi banyak masukan yang di dapet. Kemungkinan saat kandunganku 24w akan ke terbang ke eropa dengan lama penerbangan 15 jam, termasuk transit 3 jam di dalamnya. Saat ini kandunganku 14w. Sebelumnya sudah konsultasi ke dsog dan masih diperbolehkan untuk perjalanan jauh. Mohon tipsnya dong, apa yang harus dilakukan biar ga tegang saat take off & landing.

mom ibunchio: pressure socks itu bisa beli dmn ya?

ainasofia & aisyavira's mommy