1

Topic: Travelling during Pregnancy

Laporaaan, waktu usia kandungan 28 minggu aku flight brisbane-malaysia-jakarta suksees.. Sempet ditanya usia kandungan dan surat pengantar dari dokter sama petugas nya.. Akhirnya ngga pake flight stocking dan alhamdulillah baik2 aja ngga bengkak atau keram gitu.. Sengaja banyak minum air putih dan jadi sering bolak balik ke toilet sekalian jalan2..
Cuma karena pergi sendirian dan bawa2 lugage ke cabin aku request assistance pas airport transfer, nah itu ternyata ga dibantu atau ditanya apa2.. Terus kalo pas di pesawatnya kan aku susah naikin koper keatas gitu jd hrs minta tolong sama pramugari nya, itu sih tergantung orang nya yah yang pertama aku dijutekin tp pas yang kedua malah dibantu bgt hehe..
Goodluck mommies and mommies to be yang mau bepergian :)

2

Topic: Travelling during Pregnancy

Hi Mommies and all mommies to be, jika kehamilannya masih kecil apa perlu maternity belt selama di pesawat, Aku rencana mau pulkam sebelum lahiran, long flight sekitar 24 jam dengan 2x transit, Mohon infonya yaaa, usia kehamilan 17 weeks dan anak pertama

3

Topic: Travelling during Pregnancy

ibu2 yg suka jalan2.. mo share pengalaman travelling ketika hamil nih, kebetulan selama hamil aku travelling & baru berhenti di usia 7bln (28-30minggu).

Pertama waktu hamil 2 bln naik pesawat Jkt-KL-Osaka, dgn izin obgyn pake surat krn melihat kondisiku yg sehat, ga ada morning sickness, ga ada flek & ga ada mules2 aneh.. Oh ya, wkt itu aku ke 2 obgyn, yg satu ga rekomen, yg satu langsung oke ketika melihat kondisiku.

Di Jepang aku travelling ke Kyoto-Shiga-Osaka-Kobe-Nara-Tokyo-Nagoya, sempet naik light/indoor rollercoaster di USJ & Disney di umur kehamilan 6 & 7 bln.. yg ini jgn ditiru ya ibu2, soalnya ada warning utk expectant mother sebenernya..

Pas hamil gede jg naik pswt Osaka-KL-Jkt, skitar 29w, kali ini di KL transit stengah hari jd muter2 kotanya dulu sblm blk ke Jkt. Aku selalu siap surat dokter sih tp ga pernah ditanya di airport.

Temenku ada yg travelling 34-36w Jkt-Sby ditanya macem2 & harus sign surat2 gitu, ribet katanya. Yah, alhamdulillah selama ini kehamilan & travelling sama2 ga mengganggu :)

4

Topic: Travelling during Pregnancy

Elskan, pengalaman waktu hamil 4bulan dulu sih gk pake maternity belt ya, soalnya aku ngeh-nya belt itu lebih guna klo udah trimester 3 (cmiiw). Klo masih 17w mungkin masih cukup aman dengan menempatkan seat beltnya dibawah babybump. Wkt itu short haul flight, 2jam-an. Trus terakhir terbang during pregnancy wkt 37w, long haul flight, 14jm terbang dengan 4jam transit. Gk pake maternity belt jg, tetep, tp wkt itu lbh ke gak ngeh ada yg namanya maternity belt itu. Ok2 aja, tp emg kehamilan aku gk bermasalah&kondisi fit. Sebaiknya cek sm obgyn km dulu sebelum terbang, termasuk soal butuh/tidak belt tsb. Safe flight ya! :)

5

Topic: Travelling during Pregnancy

Selama hamil udah 3x travelling, ke Jogja, Surabaya, terakhir minggu lalu abis travelling Jkt-Bangkok-Phuket-Jkt.. Ga pake flight stocking ato maternity belt padahal udah 28w..
Pas check in di bandara Jkt disuruh isi form tp formnya lagi habis, di Bangkok ga ditanya ato disuruh isi form, eh di Phuket ketahuan petugas bandaranya dan ditanya surat dokter.. Kebetulan surat dokternya bahasa Indonesia, jadinya petugasnya bingung dan cari orang Indonesia buat translate suratnya..
Entah krn laper ato apa, babynya ga bisa diem selama 3jam perjalanan, jailah saya yg ga pernah pipis selama di pesawat akhirnya merasakan pipis juga.. hehe..
Vibe emang 36w masi boleh naik pesawat ya?

@neena_ardyanti -- mrscosmic.blogspot.com

6

Topic: Travelling during Pregnancy

neena
yang naik pesawat hamil 36w itu temenku, dia naik garuda Sby-Jkt, makanya disuruh sign surat, ditanya macem2 ribet deh pokoknya.. karna CMIIW peraturan garuda itu maks 32w.. untung temenku baik2 aja sampai mendaratnya

7

Topic: Travelling during Pregnancy

Mau sharing soal travelling nih...

Selama hamil ini aku udah jalan2 2 kali naik pesawat, dan jalan2 ke Bdg 3 kali.
Naik pesawat pertama waktu usia kandungan 12w ke Jogja, emang gak lama sih di perjalanan, tapi waktu itu aku dikasih obat penguat sama dokter. Padahal kehamilanku fine2 aja, cuma dokter bilang untuk jaga2 aja takut kalo aku kecapean di sana. Waktu itu aku ga bawa surat dokter, krn perutku masih kecil jadi gak keliatan hamil. Pas checkin dan boarding pun juga gak ditanya, karena belum kelihatan hamil kali ya.

Naik pesawat kedua (GA) waktu usia kandunganku 27w ke Lombok (ceritanya babymoon :p) Sebelum pergi aku minta restu dokter, dan dikasi surat dokter plus dibekelin obat penguat (tapi untuk kali ini diminum kalau aku ngerasain kontraksi aja, aku juga gak boleh naik perahu selama di Lombok (takut2 aku ke Gili). Thank God slama di sana baik2 aja. jadi obatnya gak keminum. Waktu check-in di cengkareng sih aku lolos, aku emang sengaja pake kemeja loose gitu dan ga pake maternity belt. Pas boarding baru deh ketauan dan ditanyain, trus disuruh buat surat pernyataan biasa (tanpa materai), cuma ditanya ada surat dokter gak, aku bilang ada tapi tetep juga gak dicek.

Tapiiii.. pas baliknya, check in di Lombok, baru deh rempong. Pas checkin langsung diminta surat dokter, harus difotokopi segala. Trus buat surat pernyataan di atas materai (kalo ini emang prosedur Garuda), aku pikir udah selesai sampai situ, ehh ternyata harus ke Ruang Kesehatan (katanya ini prosedur dari pihak bandara-AP). Di sana cuma dicek tensi dan ditanya2 basa basi doang, tapi disuruh bayar 30 ribu (katanya biaya administrasi). Rempong... udah mana org yg meriksa jutek banget lagi.

So far sih gak ada masalah sama kehamilanku selama travelling. Yang penting pas jalan2 rileks aja.... :)

Live your life to the fullest

8

Topic: Travelling during Pregnancy

untung nemu thread ini.. sebenernya udah cukup yakin tapi dengan baca pengalaman temen2 semua jadi tambah yakin aja.. apalagi statement dari sLesta yang bilang ga ada hubungannya penerbangan sama keguguran, soalnya sempet nanya di twitter sama SPOG bilang lebih baik jangan karena meningkatkan resiko keguguran.

pas hamil pertama, saya bener2 extra hati2 jadi terbangpun baru dilakukan pada usia 6 bulan. jadi ga banyak pengalamannya.

nah sekarang hamil yang kedua full flight.. harus dinas sekitar 2 kali sebulan.
dari hamil 8w sampai sekarang 14w sudah terbang 3 kali di dalam negeri. waktu awal2 hamil gak ada masalah dengan airlinesnya (pake GA semua). yang terakhir kemarin ke Balikpapan baru mulai ditanya2, mungkin karena perutnya udah mulai nyembul.
pertama pas masuk gate di Soetta ditanya sama petugas registrasi trus disuru bikin surat pernyataan di counter, berhubung udah boarding, langsung gw ngantri utk boarding dan ga ditanyain lagi surat pernyataannya.
pas balik dari balikpapannya ga masalah dari check in sampai masuk ke pesawat. nah pas di pesawat, pramugaranya lagi bagiin permen gak sengaja liat perut kayanya langsung tanya lagi hamil, sudah buat surat pernyataan belum. langsung disuru buat surat pernyataan dan minta surat referensi dari dokternya. saya bilang tidak ada referensi tapi dokter sudah memberikan rekomendasi utk terbang. utk surat pernyataan ditagih biaya materai 10rb, untung gw selalu siap bawa materai jadi gw ganti materai aja *tips buat menghindari pungli*

untuk pergi2 mungkin kita harus liat kondisi masing2 aja ya, kalau dari kehamilan ga masalah sih gw rasa fine2 aja. mungkin yang perlu diliat lagi adalah berapa lama flightnya dan cuacanya lagi bagus apa nggak. soalnya yang bahaya kan guncangannya pas take off, landing, sama turbulensi pas di atas. dapet info juga dari dokter kantor kalo pake seat beltnya harus berada di bawah tulang panggul supaya kalo pas ada guncangan gak neken ke perut. trus persiapan yang harus dibawa surat referensi dokter, snack (soalnya gw termasuk yang mual kalo laper), permen (kemarin sempet ngalamin tekanan di kuping pas lagi pesawat turun ketinggian), air minum, dan kalo bisa duduk di lorong utk yang tergolong suka pipis.

oya pernah denger juga pengalaman temen yang ketubannya rembes pas terbang ke dubai, walaupun ketuban yang rembes cuma yang lapisan paling luar. so be aware aja.

9

Topic: Travelling during Pregnancy

lapor! kmrn abis terbang ke JKT-BPN pp pas sekitar 22-23 minggu. Waktu dr jkt sih ga ditanyain hamil, pas balik mau boarding br ditanya dan disuruh bikin medif. Cm BTnya mrk ga siap meterai dan minta 10rb Duit cm ada 20rb dan mrk ga ada kembalian. Yasudh lah biarin aja, udh mepet ini.

Rencananya minggu dpn mau ke singapore dan itu kira2 masuk minggu 27-28. Moga2 sih gpp. Tp kalo terbang long haul sih ga berani.

selama terbang jg ga pake stocking atau maternity belt. Dasarnya emg ga pernah pake sih... so far baik2 aja :)

10

Topic: Travelling during Pregnancy

update status :-D, baru baca setelah sebulan liburan di Indonesai, Waktu pulang masih 17 weeks, lancar2 saja, aku pake kaos kaki pressure biar gak bengkak dan gak minum kopi selama perjalanan, jarak tempuh 19 jam pesawat plus transit 5 jam di dubai, dijakarta semingggu kemudian ke obgin di YPK, alhamdulilah si baby baik baik saja dan ketahuan kalau dia a boy! senengnya :-D, pulangnya kemaren pas mulai 21 week, transit lebih lama bikin bete, tetep pake kaos kaki pressure dan aku pake maternity belt dikencengin pas landing dan take off dan pas jalan jauh di terminal cari gate, so far baik baik saja, hanya makin sering saja dia begerak2, senin besok mau check my baby boy di obgin sini, mudah mudahan baik baik saja, Dokter di YPK kasih obat jika terjadi kontraksi di pesawat, yaitu Adalat, sebenernya obat darah tinggi, pesannya, jika terjadi kontraksi berbaring tenang saja dan minum obat kalau perlu.

11

Topic: Travelling during Pregnancy

Hello semua, sharing ni, saya br balik dr Singapore kmrn (Jkt-Sing-Jkt), usia kandungan 22W, hr ini br msk 23W, kmrn penerbangan kesana dan pulangnhya Alhamdulillah ga ada masalah, pas urus tiket sempet nanya persiapan apa yg diperluin utk ibu hamil ikut terbang, selama blm 32 minggu katanya gpp, cuma disuru fax surat izin dokter aja ke kantor maskapai penerbangannya, terus disuruh bawa jg suratnya saat brgkt takut ditanyain di pesawat. Saya memang udh ada surat dokternya, udh minta dr cek up terakir utk jaga2. Wkt boarding ga ada yg nanyain surat dokter ko ternyata d pesawat, semua santai2 aja, dan pulangnya jg begitu. Mgkn krn mrk jg liat perut blm gede heboh kali ya.

Menurut saya klo penerbangan sbntr kya 1-2jam fine2 aja sih selama konsultasi sm dokter jg ga ada masalah, kata dokter klopun perjalanan lbh dr 3 jam gtu jg gpp, asal jgn duduk terus selama penerbangan.
Yg perlu diperhatiin jg saat di lokasi. Kya saya contohnya kmrn ini, liburan, saking excitednya ampe lupa diri, jalan2 berjam2 selama 3 hr sampe akirnya telapak kaki pd sakit, ms. V jg jd agak ngilu klo gerak2 posisi tertentu. Pulangnya lgsg deh istirahat bner2, gamau kmn2 hr ini.

Oya sama jgn lupa klo jalan2 sedia cemilan sama air putih d tas supaya ga dehidrasi dan klo blm mkn tp ga sempet udh ada persiapan at least perut ga kosong. :p

12

Topic: Travelling during Pregnancy

waa makin banyak yang pada share ttg travel experience-nya selama hamil.. yay!

pada dasarnya selama kita yakin kita sehat, gak ada masalah selama kehamilan harusnya gak papa kok. di hamil kedua kemaren juga gue sempet travel ke NZ yang lama penerbangannya itu 10 jam, pake transit dulu pulak di KL, dan pas sampe di NZ, gak langsung ke hotel, tapi masih naek mobil dulu sekitar 2 jam.. dan pas lagi winter dan bawa anak toddler :) tapi seru2 aja kok.. dan gak masalah sama sekali.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Travelling during Pregnancy

*mulai nyimak thread ini*

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

14

Topic: Travelling during Pregnancy

hai semua...

mau nanya sekaligus curhat nih. Mendekati lebaran nanti kan rencananya mau mudik ke Indonesia, tiket udah dibeli dari 2 bulan yang lalu dan baru tahu kalo ternyata sudah hamil 8 minggu. Kemarin waktu kontrol sudah nanya dokter sih karena rute pulang kita mengharuskan beberapa kali naik pesawat: Brunei - Jakarta - Surabaya trus Surabaya - Tuban pp jalan darat lalu Surabaya - Bandung - (Jakarta jalan darat) - Brunei. Dokternya cuma angguk -angguk aja setengah cuek gitu. Jadi kuanggap oke.

Tapi kok masih ragu yah rasanya. Dulu waktu hamil pertama 6 tahun lalu juga sering travelling sih. Malah baru 4 minggu sudah jalan darat mudik Jakarta - Surabaya pp. Trus hamil 12 minggu Jakarta - Sin pp. Dan pas hamil besar (9 bulan) mudik lagi Jakarta - Surabaya. Alhamdulillah lancar, sehat dan lahir dengan selamat.

Cuma waktu itu sama dokter di Indonesia dikasih vitamin segambreng plus obat penguat, anti mual, dll jadi tenang deh. Nah sekarang nggak dapet penguat. Vitamin prenatal juga cuma vitamin C, asam folat dan zat besi. Sudah gitu karena kita tinggal di kota kecil di Brunei, periksa hamil ke klinik pemerintah di mana lebih sering ditanganin bidan. Kemarin ketemu dokter juga karena ada keputihan jadi kudu dites macem-macem. Dan baru minggu depan dirujuk USG di rumah sakit. Makanya masih agak ragu nih.

full time mother, part time writer
Twitter: @alfakurnia
Blog: pojokmungil.com

15

Topic: Travelling during Pregnancy

Tickzie wahh Raka mo punya adik ya? Slmt yaa!

alfakurnia kayak kata sLesTa, sbnrnya kl merasa sehat sih gpp bgt kok. Aku jg punya pengalaman wkt itu hamil msh trimester I, perjalanan Jkt-Dubai-Amsterdam (kira2 12 jam) pake bawa toddler, puji Tuhan sehat2 aja.. Sblmnya ortu jg udh pd 'crewet' nyuruh minta obat penguat janin, tp dokter gw malah yg santai, buat apaan? hehehe.. tp dikasi jg sih akhirnya.
Kl emg jd bikin pd, coba minta aja ke Bidan/Dokternya..

16

Topic: Travelling during Pregnancy

Alfakurnia, ikutan sharing ya, aku pas lg trimester pertama ada 2x travelling.. 8w kmrn sempet travelling ke sg bbrp hari, trus pas 10w juga travelling ke usa nyambung ke europe, total di pesawat (& transit) lebih dari 30 jam..
Sebelum travelling sih udah minta ijin ma dokter.. Sama dokter dikasih tambahan penguat kandungan aja (selain vitamin yg biasa).. Utk travelling yg jauh ini penguat kandungannya aku minum, sedangkan utk yg ke sg aja ga diminum hehehe.. Ga ada masalah sih untungnya :)

17

Topic: Travelling during Pregnancy

alfakurnia sebenernya gue justru bingung di jakarta kenapa harus ngasih obat penguat dll.. soalnya harusnya ga perlu kok. gue sih prefer gak perlu kalo emang ngerasa badan gue sehat2 aja. waktu gue hamil kemaren, pas di usia 16 minggu malah gue jalan2 ke KL, trus ke NZ. yang ke NZ itu naek pesawat 10 jam, trus abis itu lanjut naik mobil 3 jam, karena kita ke resort gitu, trus naik lagi ke atas krn mau snowboarding. gue tentunya ga snowboarding yah, tapi ya selama disana gue maen2 di snow, soalnya nemenin anak gue juga, bahkan gendong2.. alhamdulillah, gak masalah tuh. jadi kalo emang dokter bilang kondisi kehamilan sehat dan dirimu juga gak ada problem dengan kesehatan, harusnya sih gak masalah. good luck ya! have a safe mudik :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Travelling during Pregnancy

Hi mamabaru,

Aku juga sama nih sekarang lg hamil muda,baru masuk minggu ke 7. Sebenernya udh beli tiket buat pulang mudik sebelum tau hamil, tapi setelah baca2 dan tanya sana sini, aku sm suami memutuskan untuk ga jadi mudik tahun ini. Alasan utamanya sih,aku masih mual2 ,muntah dan gampang capek, jd takutnya dipesawat sangat ga nyaman,belum lg perjalanan mudik aku panjang,mesti naik pesawat dua kali dan naik mobil berjam-jam. Ngebayanginnya aja capek,hehehe... Berdoa smg tahun depan bisa mudik happy sm si baby.. Aminn .. :))

19

Topic: Travelling during Pregnancy

Mau share juga, di awal hamil sempet travelling juga, ke jogja doang sih pake pesawat, tapi itu juga sempet diprotes nyokap n tante2, gara2nya belom 4 bulan (padahal 1-2minggu lagi juga udh masuk 4bulan). Sepupu juga bilang harus minta surat izin terbang dari dokter, kalo ga, ga boleh terbang sama maskapainya (yg mana ada temen bilang, minta ke dokter di airport juga bisa, ga mesti ke obgyn lagi), lagian terbang ke jogja jg cuman sejam-an. Akirnya demi nyokap, checkup lagi ke dokter, eh, malah dokternya yg semangat ngasih surat ijin terbang, katanya gapapa asal tetep jaga kondisi ajah.

slesta iya, obat penguat itu sebenernya ga perlu, itu cuma perlu kalo kandungannya emang bermasalah dari awal, menyesal dibeli, udah mana mahal, diminum jg cuma pas lagi ngerasa tepar aja :(

a mother of little liliput Aqila Asfamahija Purnomo

20

Topic: Travelling during Pregnancy

Oci Ah, senengnya kalo ada yang punya pengalaman sama. Emang kalo kehamilannya sehat nggak perlu khawatir yah

pumpingmama wuah, perjalanannya jauh juga sampe 30 jam di pesawat. aku cuma 2,5 jaman sih nanti. Cuma ya gitu deh, sampe jakarta dini hari, paginya sambung naik pesawat lagi ke Surabaya. Abis itu enaknya gegoleran di rumah kayanya ya :D

sLesTa thank youuuuu... iya nih, baca sharing di sini jadi tenang. Insya Allaah lancar deh mudiknya. Soal obat penguat kandungan kayanya emang sudah kebiasaan di Indo yah. Nanya2 di Brunei nggak ada yang pernah dikasih juga sih :D

full time mother, part time writer
Twitter: @alfakurnia
Blog: pojokmungil.com

21

Topic: Travelling during Pregnancy

talitharesi sehat terus yah, moga-moga tahun depan bisa mudik bareng si baby

annoth lha sama, aku juga ini yang heboh suruh minta obat penguat sebelum travelling tuh nyokap dan suami. akhirnya aku yang tadinya santai malah jadi bingung sendiri. tapi sekarang tenang deh.

full time mother, part time writer
Twitter: @alfakurnia
Blog: pojokmungil.com

22

Topic: Travelling during Pregnancy

salam kenal......

pengalaman adalah guru paling berharga

23

Topic: Travelling during Pregnancy

Ada yang pernah travelling naik kreta gak? sharing doongs mamas.rencananya gw kehamilan 37w mau naik kreta ke jogja. masih aman gak yaa? udah gak dibolehin dokter naik pesawat soalnya.

--bocahangkot.blogspot.com--

24

Topic: Travelling during Pregnancy

Ikutan sharing yaa...
Waktu kehamilan 7w aku harus travelling ke salatiga dan surabaya, karena urusan keluarga yang nggak bisa di tunda. Nggak dibolehin naek bis sama ortu karena perjalanannya panjang, takut kenapa-kenapa. Padahal pas aku kontrol ke dokter, dokternya oke-oke aja. Selama kondisi kehamilan sehat, nggak ada kontraksi dan flek, boleh travelling. Aku nggak dikasi penguat juga, cuman vitamin kehamilan biasa. Akhirnya bismillah aja naik pesawat ke semarang, terus lanjut naik travel, kurleb 4 jam-an. Besokannya dari salatiga naik travel juga ke surabaya, total perjalanan kurleb 7-8an jam. Pulangnya aku naik citilink, surabaya-jakarta. Nggak bawa surat dokter sih, karena belum keliatan hamil juga. Modal nekat dan positive thinking. Alhamdulillah nggak kenapa-kenapa, cuman yaaa... gabungan morning sickness dan motion sickness itu aduhai banget. Selalu sedia cemilan, air putih, dan plastik..

Pas 20w kemarin aku kekeuh mudik karena dokterku bilang kehamilanku nggak bermasalah dan aku juga ngerasa sehat. Kali ini udah bawa surat dokter, tapi pas check in dan keliatan perutku buncit, ditanyain lah lagi hamil apa nggak dan minta surat dokter. [naik lion] Pas diliat surat dokternya udah lebih seminggu dan mereka nggak mau terima. Dokterku kan juga mudik, mana bisa aku minta surat 3 hari sebelumnya :(
Aku harus minta surat layak terbang dan di periksa di bagian kesehatan bandara. Di bagian kesehatan cuman di tensi doang sama ditanya HPHT, terus di cek perutku sambil ditanya pernah flek nggak, dll. Akhirnya keluarlah surat layak terbang ituh dan dimintain biaya 50rb. Suamiku cuman bisa ngomel-ngomel. Pas pulangnya flight surabaya-jakarta aku make kaos oversize, jadi nggak keliatan banget hamil. Syukurnya nggak ketauan dan aman-aman aja. males banget ribetnya..

intinya selama kehamilannya sehat, bumilnya juga ngerasa sehat nggak masalah travelling kemana-mana.

Az's wife. Bimasena's mom.
http://Half-fairy.blogspot.com

25

Topic: Travelling during Pregnancy

Elskan Haloo :) Kalo dipikir - pikir kayanya lama perjalanannya bakalan sama deh kita..Yah, lebih kurang dikit aja soalnya aku lokasi di Tunis dan rencananya nanti mau pulang deket2 lahiran biar sekalian lahiran di Indonesia. Kemaren terbangnya pake Emir***es bukan? Aku rencananya mau pake airline itu juga soalnya..

mamidzana kemaren terbang pas 37w long haul flight pake airline apa? dimintain surat2 ini - itu dan ttd macem2 gak? Soalnya kalo Emi***es aku baca di websitenya kalo single non-complicated pregnancy maksimal 32 weeks katanya. Trus si obgyn yang disini juga nyaranin sebelum week ke 30 dah terbang sih...