1

Topic: Travelling during Pregnancy

mommmsss......mo sharing...nanya juga...
skr msh 9w...rncna nanti pas 12w mo umroh bareng suami, keluarga, n mertua...udah niat sebelum ternyata hamil....ma dokter kandungan sebelumnya ngebolehin tapi dikasih penguat dari sebulan lau....pas konsul ma dokter kantor yg juga dokter kandungan malah dilarang...krn msh dibawah 20w...sedih banget...tapi masih tetep pengen umroh karena dah rencana dari dulu dan gak mau jadi jaga rumah sendirian dunk :-(...kira2 gimana yah...klo dr tourtravel malah katanya masih hamil muda jadi gpp..bisa ditutupin n gak perlu meningitis...gimana yaaah.....masih aman gak yah secara perjalanan d pesawat bisa 7-8jam....pengen banget tetep umroh.....

2

Topic: Travelling during Pregnancy

firinina sebenarnya kalo kehamilannya ga ada masalah gak papa kok travel. banyak ibu2 yang travel justru pas hamil muda, dan bisa travel ke berbagai tempat selama hamil itu. gak mesti nunggu sampe 20w. yang penting badan kita sehat dan kita juga yakin dan think positive aja. dan kembali ke dirimu sendiri, kira2 yakin gak mau travel di umur kehamilan sekarang.

ada banyak kasus di mana ibu2 yang hamil muda dari 7-12weeks gitu, ternyata ga masalah, ga pake obat penguat juga malah. temen gue kemaren ada yang baru pergi ke US dan di US juga ke beberapa kota gitu, semua naek pesawat, padahal kehamilannya belom sampe 12weeks. alhamdulillah gak papa kok selama perjalanan maupun pas sampe di jakarta lagi.

dokter gue yang dulu malah gak ngelarang kalo mau travel di hamil muda. dia bilang, sebenarnya ga ada referensi scientific yang menyatakan kalo ibu yang lagi hamil muda itu gak boleh travel naek pesawat. tapi emang karena ga pernah ada ujicoba dijalankan untuk ini, obviously krn ga mungkin ada yang mau jadi lab rat nya :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Travelling during Pregnancy

firinina
kebetulan kmrn pas hamil 12w jg gue sempet travelling ke jepang full seminggu. kmrn tripnya itu kita naek pesawat 2x 3jam singapur-osaka dgn transit di HK sekitar 3-4jam. Di osaka-kyoto pun kita full jalan2 naek public transport plus jalan kaki naik turun tangga buat maen ke kuil2. malah sempet kita naekin tangga2 di fushimi inari sampe hampir nyampe paling puncaknya. tentunya baliknya turun tangga lagi ya. tp so far alhamdulillahnya ok dan sehat2 aja kok. dan gue gak minum penguat kandungan apapun.

sbnrnya kalo mau travelling gitu tergantung kesiapan dan kondisi badan kita juga. Kmrn sih gue berani krn history kehamilan yg sebelumnya engga bermasalah makanya berani travelling umur kehamilan segitu. kalau ga yakin mending tanya dokternya aja dan yg pasti kenali kondisi badan sendiri. Kl emang lg ga fit ya ga perlu dipaksakan, kl ga jadi pergi jg gak perlu menyesal :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

4

Topic: Travelling during Pregnancy

thz a lot yah slesta, charissarhanie......masukannya..moga lancar semuanya...insyaAllah kuat sampai balik lagi sehat ibujaninnya juga....doakan saiyaaaa...makasih... :)

5

Topic: Travelling during Pregnancy

berdasarkan pengalaman sendiri dan apa yang slesta & charissa sampein..
emang traveling mah tergantung kesiapan si ibu, tentunya kesehatan juga..
aku termasuk yang sering flek mulai kanduungan 4 bulan, tapi pas 6,5 bln nekat tuh maen k spore karna pengen ke USS sebelum punya baby.. hehehe..
*sambil ternyata di USS, kebanyakan wahananya gak boleh dinaekin sama ibu hamil*
banyak berdoa sama tetep konsul dulu aja ke obgyn sebelum berangkat..
apalagi firinina kan niatnya ibadah, insya Allah gapapa :D

love. misskimos. baby

6

Topic: Travelling during Pregnancy

aku wkt feb kemarin belum genap 3 bulan udah naik pesawat dari jkt - kl - paris - kl - jkt... diijinin sama dokter kok.. cmn dikasih obat penguat ajah... then wkt memasuki 7 bulan aku harus travel dari jkt - bkk - koh samui - bkk - jkt.. hehehehehehe... so far baik2 ajah sih.. cmn setelah koh samui, sama dokter kayaknya ga bole naik pesawat lagi.. hehehehehehe

7

Topic: Travelling during Pregnancy

hi moms..

berhubung aku mungin mau melahirkan di jakarta, aku hrs pulang sgp-jkt..jd tanya dokterku batas boleh terbang sampai kapan,kata dokterku sih maksimum 34weeks. tapi dia suruh aku cek maskapai penerbangannya juga..kadang2 ada peraturan2 yg beda2..
beberapa penerbangan cuma based on surat dokter aja,tp ada penerbangan yg aku cek ada peraturannya..

cth : citilink garuda aku baca peraturannya boleh terbang tanpa surat dokter sampai 27weeks, tapi 28weeks-34weeks wajib surat dokter..setelahnya udah gak boleh lagi.

nah yg mau aku tanyakan, kalo bayi boleh naik pesawat mulai umur brapa yah?soalnya aku abis melahirkan dr jkt harus balik lagi ke singapore,krn pekerjaan memang disini..sedih yah,gak kbyang bayi masih kecil bgt naik pesawat,kupingnya gimana2 gak yah?
ada tips2nya gak moms? makasiihh...

8

Topic: Travelling during Pregnancy

imu sebenarnya kalo hamilnya gak gede2 amat, bisa2 aja gak perlu ngasih surat dokter, selama gak perlu pake bilang2 sekarang udah minggu ke berapa. hehehe.. soalnya dulu sih gue gitu, pernah terbang sampe di minggu ke 32, naek jetstar ato air asia gitu deh dari sgp-jkt-sgp, aman2 aja tuh gak ditanyain. kebetulan emang gue kalo hamil gak gede2 amat.

untuk bahasan ttg travelling with infants, silakan di baca di threadnya ttg "travelling with infants" ya. ada kok tips2nya ..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Travelling during Pregnancy

firinina wuah saya baru liat kesini tnyata ada yg ngalamin sama kaya saya dulu...skrg dah pulang umroh blm? Tlat ya saya sharingnya...tp gpp de crita dulu..

Jadii pas abis keguguran, saya en suami lgs daftar umroh..rencananya siy mo doa di dpn ka'bah spy bisa cpt hamil lg..hihihi...ehh tnyata pas udah disuntik vaksin meningitis, bsknya iseng test pack tnyata hamil lg (jd sblm berangkat alhamdulillah dah terkabul doanya :) ). Jd agak panik dong soalnya kan bentar lg umroh mana kemarennya udah divaksin jd takut ngaruh ke janin. Smentara klo umroh dibatalin ya sayang aja, takut nanti malah sibuk klo dah pny anak. Jadilah sama dsog saya diksh obat penguat mengingat saya baru sebulan dikuret...so jadi berangkatlah saya pas usia kehamilan 10 mggu...waktu itu siy pasrah ajalah kan niatnya ibadah...

Saya brangkat dari sg - riyadh - jeddah itu total 14 jam-an loh (tmasuk transit time) krn air traffic gi padet bgt ditambah ada masalah teknis pswt. Malah pas plg jd 20-an jam aja dong buat nyampe rmh dari jeddah krn
masalah yg sama. O ya blm lg perjalanan dari madinah - mekkah by bus yg 9 jam-an en vice versa. Tiap hari all day sickness mulu. Cape lahir batin bgt pokoknya..mana di arab cuaca gi 40 derajat pulak (klo malem 36 derajat aja...weksss)...asli panass bgt..dehidrasi de. Singkat cerita, krn cuaca panas itu, pas plg saya batuk pilek sebulan ga sembuh2...obat penguat kandungan msh diminum sampe hamil 3 bln...alhamdulillah bisa lahiran dgn sehat slamat.

Jd pasrah aja, bnyk berdoa spy kehamilannya lancar sampai melahirkan (apalagi doa lgs di dpn ka'bah insya allah diijabah)...met umroh ya..Insya Allah gpp ko :)

10

Topic: Travelling during Pregnancy

Sekedar menambahkan info, saya dulu perjalanan osaka-jkt transit denpasar di 34 weeks pake Garuda. kalo di garuda aturannya mungkin hampir sama dengan airlines lainnya. ada form medif 1 dan medif 2 yang diisi oleh Dokter kemudian kita email ke garudanya atau via agentnya seminggu sebelum terbang.
Alhamdulillah, lancar dan baik2 saja. Petugas yg Osaka-dps sie ok, tapi malah kecewa ama yg dps-jkt harus isi form lagi, status transit tapi harus check in lg melalui domestic terminal (berasa kalo urusan diindo suka ribet dan sedikit lebay hiks..hiks..)
Sedikit tips pada saat bepergian waktu hamil, (jgn lupa tanya ke dokter kita kalo kondisinya memang sehat dan ok buat terbang), relaks, banyak minum air putih, terus biasanya waktu check in sudah di carikan yg deket ama toilet secara bumil itu beser ;p..insyaAlloh, baby dan mama akan sehat dan baik2 aja...

Belajar untuk menjadi lebih baik. (Keluargadominick.blogspot.com)

11

Topic: Travelling during Pregnancy

octavini, gimana cerita travellingnya ? sukseskah ?
semoga baik2 aja ya, g ada halangan ....
wrote:


maaf baru dijawab... alhamdulillah perjalanan dinasnya lancar... waktu itu perjalanan dinas ke bali 4hari. lancar2 aja. gak ditanyain surat dokter ato apapun. mungkin krn masih 10mg usia kandungannya, masih belum keliatan.

bulan juni 2011 aku dinas lagi ke gorontalo. dg penerbangan garuda PP pake transit di makassar. nah yg ini agak ribet. brgkt dr jkt sih gak ditanya apa2. pas transit di makassar menuju gorontalo, disuruh bikin surat pernyataan. yg aneh, disuruh bikinnya pas lagi mau boarding. padahal ada waktu transit kurleb 30 menit. begitupun pas mau pulang. tp yg ini sih pemeriksaannya lengkap sampe diperiksa sama dokter bandara. byr administrasi 20rb plus biaya materai. 2x perjalanan dinas aku emang ga megang surat keterangan dokter :p

12

Topic: Travelling during Pregnancy

ikutan sharing yah..
dulu waktu gw hamil 4 bulan, gw PP jkt-sby dalam sehari, berangkat pagi dan sampe sby jalan2 sampe malem, trus jam 8 malem balik ke jkt. alhamdulillah ga ada masalah. ga ditanya2 juga sama petugas bandara, soalnya waktu itu emg belom keliatan kayak orang hamil sih.. hehe..

pernah juga gw PP jkt-bogor naek mobil, waktu itu uda 7 bulan. nah pas sampe rumah, badan langsung kerasa pegel2.. padahal di bogor cuma duduk2 ajah sambil ngobrol.. *ga jalan2*

13

Topic: Travelling during Pregnancy

Moms, aq rencana lahiran di kampung di Jawa Tengah.Skrg posisi di Jawa Barat.Jarak tempuh perjalanan darat sktr 1 jam.Rencananya berangkat sktr tgl 5 November, pas usia kehamilan 36 w..Mau naek pesawat tapi obgyn ku kayaknya gak mau kasih surat ijin terbang.Lagipula takut knp2x dipesawat.Kemarin lebaran aq mudik PP naek pesawat di usia 27 w tp si DD udah kayak gak nyaman gt, aq nya jg jadi nyeri2x ngilu gmn gtu.
Sebaiknya aq naek bus ato kereta ya?Mau cari yg paling nyaman.Habis si DD kalau dibawa jalan naek motor,bus,pesawat udah gak nyaman.Atau emg gtu ya klo janin udah mulai mendekati due date?Pliss sharingna ya moms...

14

Topic: Travelling during Pregnancy

dear Mama's,

mau nanya nih, kl travelling naik pesawat kan kita hrs ngelewatin metal detector di bandara, itu ada efeknya gak sih? apa boleh di skip aja?

dulu waktu hamil pertama pernah sih 2 kali travelling naik pesawat, dan ngelewatin metal detector, Alhamdulillah gpp.
cuman curious aja smp skrg.....

makasih sebelumnya

being mom is the most precious gift Allah SWT give to me

15

Topic: Travelling during Pregnancy

bundarrell rasanya pernah jawab pertanyaan ini, tapi lupa di thread mana. dicari di thread ini, ga ada .. hihi.. jadi gue jawab lagi aja ya.

untuk scanners yang berupa metal detectors, itu perfectly safe buat pregnant women karena menggunakan low-frequency electromagnetic field dan yang dicari ya hanya metal objects.

lalu baru2 ini ada yang namanya x-ray scanners. walopun namanya x-ray, tapi scanner yang di airport ini, lagi2 hanya mendetect under cloth, bukan under skin. jadi bukan seperti medical x-ray yang mana emang ga boleh buat ibu hamil. nah kalo x-ray scanners yang di airport (namanya backscatter x-rays) ini sih aman2 aja, karena ya dia gak detect sampe ke bawah kulit (cek tulang, etc). jadi radiasinya juga tidak terlalu tinggi.

tapi ya kalo emang kuatir, minta aja yang manual pat down. walaupun ya menurut experts sih, radiasinya sendiri rendah banget, dan karena pregnant women biasanya kan selama hamil gak yang sering travel, jadi ya the likelyhood ter expose juga ga gede, kecuali kalo emang bener2 sering travel, jadi bisa minta manual aja.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: Travelling during Pregnancy

slesta,

thanks banget ya penjelasannya lengkap dan bikin tenang hehehhe
jadi tambah semangat planning travelling lagi

being mom is the most precious gift Allah SWT give to me

17

Topic: Travelling during Pregnancy

hello, sharing juga deh... saya termasuk pecinta travel bgt, tiap ada opportunity untuk travel langsung hayuks let's go. terhitung selama kehamilan ini, sekarang udah 25 minggu, ada 5 kali travel pulang pergi, jkt-sgp, jkt-bkk, dan jkt-bali. yang pertama jkt-sgp itu blm tau kalo udah hamil, nonton formula 1 malah ketiduran di tengah2 bising ntah gimana caranya. haha..
(maklum emang sering telat menstruasi, jadi gak kepikiran kalo telatnya karena hamil).
begitu tau hamil, ternyata kerjaan laki pindah ke bangkok, sementara aku gi tengah2 studi, dah telat untuk cuti semester, alhasil bolak balik, kalau lagi ada waktu (dan tentunya setelah konsul dengan dokter boleh dan kuat apa enggaknya). untungnya deket, jadi eneg2nya bisa ditahan2 dikit deh (entah gimana di pesawat survive walau lagi mual-mual di trimester pertama). masuk trimester kedua tiba2 energi berlebih, dan kata dokternya silakan nikmati jalan2, travel kesana sini dengan syarat tau diri aja gak usah bawa2 luggage yg berat2. dokternya juga bilang dengan kondisi kehamilan yang bagus/kuat, bahkan boleh travel sampe kehamilan 8 bulan. :s
tapi akunya yang gak berani. jadi ini travel terakhir deh, nanti pulang k jkt pas 7 bulan dan gak akan kemana2 dulu sampe lahiran dan bayinya dianggap cukup sehat untuk pindahan. lagian bawa nyawa tambahan kadang suka jadi deg2an, apalagi sempet alamin bad weather travel...
jadi, travelling sih gpp selama kuat, bukan high-risk pregnancy, dan satu tambahan, kira2 juga keadaan cuaca saat penerbangan nanti gimana. kemarin2 sempet agak nyesel pilih tiket murah penerbangan terakhir jkt-bali dengan keadaan cuaca yg gi gak bagus, gi banyak badai (akhir januari 2012).
segitu aja deh.
safe travels yaaaa... :)

Mamanya FAE. Cloth-diapering, babywearing addict, mostly co-sleeping, part-time baby led weaning, breastfeeding, no maids, no nanny so far, still studying (hopefully not for long! dah ketuaan bgt bgt bgt nih), LOVE my super difficult, no quits, 24/7 job! <3 <3 <3

18

Topic: Travelling during Pregnancy

jadi pengen travelling juga deh.. ehehehe..
sekarang sih baru 13w.. dan sudah sangat pengen pergi2..
sebelum akhirnya besok2 bakal ga bisa pergi2 dulu sebelum si baby agak gedean X_X
jadi tambah pengetahuan nih kalo masing2 maskapai beda2 regulasinya..
thankies moms for sharing :)

whenfaithanswers.blogspot.com | @gracianagracie

19

Topic: Travelling during Pregnancy

Halo semuaa mau tanya dong sebenernya perlu ngga yaa pake flight/compression stocking selama penerbangan? Thanks..

20

Topic: Travelling during Pregnancy

@aandbub short/long flight?
usia kehamilannya brp?

aku selama hamil bbrp kali short flight gak pake compression stocking
semua baik-baik saja, gak merasa gak nyaman, just enjoy the flight.
terakhir flight kemarin waktu 36w, padahal aturan dari maskapainya max 34w (jangan ditiru)

21

Topic: Travelling during Pregnancy

anggi23 thanks reply nya, aku hamilnya 28 weeks terus flight nya 10 jam kira-kira.. makanya lagi pikir2 nih perlu ngga ya pake si stocking itu, atau stretching dan sering jalan aja udah cukup untuk mencegah kaki bengkak? selama ini sih alhamdulillah ngga pernah bengkak jadi masih pd aja nanti flight lama gitu hehe

22

Topic: Travelling during Pregnancy

Hi AandBub...
pengalamanku kemaren jkt-sidney-adelaide pake maskapai Q*nt*s aku nggak pake stocking itu,dan selama perjalanan dr jkt-sidney jg nggak stretching2,gerak2 badan cuma waktu ke toiletnya mo sikat gigi aj,trus duduk deh sepanjang perjalanan.alhamdulillah ga sampe bengkak kaki ku.oh...iya kmrn wktu balik kesini aku hamilnya 29 weeks.
okay deh itu aj sharing ku...have a nice and safe trip ya... :)

He is my growing hope... :)

23

Topic: Travelling during Pregnancy

mamabaru wrote:
Halo Mamas,

Share pengalamannya donk, buat yang pernah travelling selama pregnancy. Maksudnya travelling pake pesawat ya:D

Umur berapa minggu, apa dokter recomended, lama penerbangan dan kira2 apa yang harus di persiapkan dan di perhatikan. Kalau diatas 7 bulan udah jelas kebanyakan airlines tidak mau bawa kan ya, tapi bagaimana dengan travel di hamil muda, di bawah 10 minggu gitu.

Makasih ya:)


Kayaknya itu tergantung masing2 individu yah... soalnya temen saya, awal hamil tuh beneran kayak org sakit yg mpe disuruh bed rest segala.

lain halnya dengan saya pribad :D

kalo berdasarkan pengalaman saya, pas usia 9 minggu kemarin, saya tetep aja ke singapur jalan2 4hr 3malam. dengan kondisi hampir tiap hari jalan kaki dan berdiri di mrt buat shopping mpe maen di Universal Studionya seharian full (yg pasti semua rides jenis roller coaster & arung jeramnnya saya hindari, pertama karna takut ketinggian dan ga mau klo bayi saya keguncang ^ _ ~)

Alhamdulillah saya dan bayi saya baik2 saja. asalkan diingat kalau capek jalan, harus sering2 duduk dan ngga maksain tubuh.

cek seminggu kemudian ke dr, bayi saya sehat2 aja... saya juga ga pernah ada flek atopun kesakitan di perut. palingan berasa kayak ketarik, yg kata dokter dan bidan itu tanda normal karna rahimnya sedang mengembang :D

so... tetep aja kan, balik lagi ke individunya, sebelum hamil saya sudah biasa jalan jauh... alhamdulillah pas hamil juga kuat dan ga pake mual2
^ _ ~

24

Topic: Travelling during Pregnancy

Selama hamil aku 2x pergi dengan naik pesawat terbang. Yang pertama waktu kehamilan masih trimester pertama (sekitar 9 weeks) harus dinas ke Manado yg ditempuh pesawat 3 jam. Sebelum berangkat sempet cari info sebanyak2nya tentang naik pesawat saat hamil muda. Emang sih bbrp org bilang ga recommended, tp aku tetep berangkat waktu itu. Aku jg liat kondisi diri sendiri, Alhamdulillah ga pernah flek atau pendarahan sejak awal hamil, mual2 juga masih kategori ringan. Jadi cukup yakin bisa terbang. Sepanjang perjalanan aku baca2 doa aja. Di Manado juga lumayan aktif muter sana-sini buat survey lokasi proyek, Alhamdulillah gak apa2.

Terbang kedua pas hamil trimester 2 (sekitar 19 weeks), rutenya Jkt-Singapore. Selama di SG juga muter2 kesana kemari, dua hari full muter2 jalan kaki & naik MRT disana Alhamdulillah gak apa2. Khusus di Universal Studio aku gak naik permainan2 yang berguncang2, gak mau ambil resiko. Tapi kalo jalan2 sih masih oke banget, malahan menurutku sebelum trimester 3 puas-puasin deh jalan2. Soalnya begitu masuk trimester 3 mulai berasa pegeeell kalo terlalu lama jalan kaki. Hehee :)

Fyi, kedua penerbangan saat hamil itu aku lakukan tanpa suntikan penguat dari dokter kok. Aku cm siapin surat keterangan dokter aja takut diminta maskapai penerbangan (soalnya klo diperiksa di bandara repot). Selama kondisi fit, Insya Allah terbang saat hamil gak berdampak apa2. Iringi aja sama doa. :D

? Working Mommy I Architect I @yantri_abshar ?
Really fall in love with my little one (?????)
www.lifeofyantri.wordpress.com

25

Topic: Travelling during Pregnancy

aku kemaren2 baru traveling ke sg pas 26 minggu,, alhamdulillah lancar, ga di kasi penguat apapun,, dokternya ngasi surat dokter aja buat pp soalnya pake a*ras*a max 34 minggu.. di kasiin pas cek in trus isi surat keterangan aja dr maskapainya
jalan kesana kemari jln kaki alhamdullilah aman, lancar,, pdhl rasanya kaki mau copot, tapi dede nya asik2 aja :)

yg masih trimester 2, puas2in jln2/liburan :) hheheh