1

Topic: Breastfeeding

wah makasih banget pencerahannya, soalnya masih ragu2 takut ga kepake, senengnya dpt byk ilmu dr TUM

2

Topic: Breastfeeding

nengdina, FTM tetap perlu pumping...semakin banyak rangsangan untuk mengeluarkan ASI semakin banyak hasilnya..prinsip supply-demand..bisa dibaca pengalaman para mama dari hal 1 =)

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

3

Topic: Breastfeeding

nambahin... selain untuk meningkatkan/maintain produksi, pumping ASI bisa buat modal/nabung pas MPASI ntar lho... *OOT ngga ya?*

4

Topic: Breastfeeding

Ada ga mamas disini yg kalo jalan2 sm bayi jg bw bekal asip?

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

5

Topic: Breastfeeding

@natallia

aku suka bawa ASIP kalo pergi, paling ga 1 botol, coz akunya suka ga pede kalo nyusuin di tempat umum walopun pake apron,,trus anakku kalo dimobil juga bawaannya mau liat2 mobil lalu lalang jadinya ga mau dia nyusu langsung (karna ga bisa liat2 mobil). tapi dengan catatan masih banyak yah stock ASIP di kulkas,,

6

Topic: Breastfeeding

natallia, jaman waktu masih menikmati jatah cuti, sempet bawa asip saat berpergian.
saat itu niatnya untuk ngenalin dan belajar membiasakan lycka untuk minum asip.
taapiiiii ga berhasil, karena cman keminum dikit (mungkin kurleb 20cc doang)

7

Topic: Breastfeeding

Natallia,
Kalau masih dalam kota, biasanya aku bawa 1 botol kaca asip 70-90 cc utk jaga2 anakku rewel. Karena anakku hobi ngempeng di PDku seharian di rumah. Jadi kalau pergi, botol kaca asip wajib dibawa. Kalau ngga, waktuku habis buat nenenin anakku aja sepanjang perjalanan

8

Topic: Breastfeeding

Natallia, dulu waktu anakku masih sering distracted sehingga ga mau nenen di mobil atau public place, aku bawa botol ASIP kalo pergi2. Tapi setelah masuk umur 4,5 bulan dia udah biasa diajak jalan, jd walopun serame apapun dia mau nenen langsung, jd aku ga pernah bawa botol ASIP lagi. Lagian stok di freezer jg ga melimpah, jd diirit2 :D

9

Topic: Breastfeeding

Hmmm...tnyt ada jg yg bawa yah... Sbnrnya aq ftm,,kadang pumping tp ga rajin. Paling byk stok di freezer 10botol kaca@100ml. Bwt jaga2 kalo aq pergi tp ga bw si kecil. Bbrp kali kalo jalan sm si kecil,,budeku yg gendong si kecil,,sk suruh bawa stok asip itu. Kadang aq setuju,,kadang ga setuju krn mikirnya kan ada aq. Lagipula kalo bw stok asip dan si kecil mik dr botol,PD sk kepenuhan.
Tp bener jg sih,,kdg si kecil msh sk liat sana sini kalo disusuin di tempat rame. Mlh lbh konsen dg botol susunya. Dilema yak.
TFS ya moms...

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

10

Topic: Breastfeeding

baru beneran liat kemaren pas jalan, ada bunda yang bawa botol ASIP dan babynya.

baru sadar juga kalo emang ada beberapa kasus yang memang bunda perlu bawa botol ASIP ya. seperti mantaray dan honey_bee, dulu aku berfikir paling gampang saat baby masih ASIX, kalo berpergian cuman modal diri, ga pake makanannya dan minuman tambahannya.

moms, maaf mau tanya. saat kamu berpergian dan si kecil minum dengan ASIP, apakah si ASIP tetep dengan kondisi anget?

11

Topic: Breastfeeding

hi moms...
mo share pengalaman buruk nih :(
dulu 5 tahun lalu, waktu masih awam banget masalah pumping, alhasil saat anak pertama aku sampai operasi saluran mamma.. (ntah apa lah istilahnya)
awalnya gini, aku kan frontliner, jadi gak sempat pumping di kantor. PD bengkak, nyeri2 dibiarkan aja, malamnya baru di nen kan ke baby. akhirnya my baby 3 bulan, PD bengkak, merah kayak bisul, konsul ke dokter umum, dikasih antibiotik. selang 3 hari gak juga reda, akhirnya ke Spog, dikasih obat 4 hari juga makin menjadi2.
klo orangtua bilang, asi nya kesumbat karna makan kulit beras (apalah itu mitos nya). karna gak ada perubahan, akhirnya aku ke spog lagi, dan dokternya terkejut ngeliat PD ku udah semakin membengkak, nyerinya ampuunn..
malam itu aku langsung dirujuk ke Dr specialist bedah (masih pakai seragam kantor :(). PD disuntik dan disedot cairannya (ASI,nanah campur darah). akhirnya dokter menganjurkan besok aku operasi . :(

besoknya aku masih kerja, beresin pendingan, dan jam 11 siang, masih dengan pakaian kantor naik sepeda motor ke rumah sakit langsung ke UGD dan daftar tuk operasi (nah lho, susternya bingung).

operasi cuma berjalan 15 menit, bius total. hasilnya PD masih luka terbuka yang diisi kain kassa. sehari kain kasa yang panjang dimasukkan ke dalam PD yang terbuka, dibersihkan dan diganti kassa yang baru..(ampunn sakitnya) 7 hari diopname. 2 kali sehari ke dokter tuk ganti perban perwatan selama hampir 2 bulan sampai luka pulih. menyedihkan yah...

sekarang anak ke 2 ku baru berumur 3,5 bulan.. ada perasaan takut hal yang buruk terjadi lagi.. tapi itu pelajaran berharga yang aku yakin gak bakal seceroboh dulu lagi...

sekian sharingnya, smoga jadi pelajaran buat kita semua ya moms..

12

Topic: Breastfeeding

adoank, ngilu bayanginnya, tapi semoga ngga kejadian lagi ya .. TFS!

less ego, more heart

13

Topic: Breastfeeding

adoank
salut bisa menahan sakit sampai begitu... :O
saya aja mastitis ringan demam sehari rasanya udah ampun2an ngga ketulungan...

14

Topic: Breastfeeding

pengalaman kyk adoank ini bikin makin sadar pentingnya kita tau ttg kesehatan payudara kita yg sangat bisa dibantu breastfeeding yah, thanks for sharing.

aku juga ada cerita tapi ini pelajaran seorang nenek2, jadi ceritanya dulu dia punya sampai 7 anak dan dari 7 kali melahirkan itu hanya 1 yang dibreastfeed, itupun hanya dengan payudara sebelah doang krn yg kanan katanya puting masuk jd ga pernah dikasiin dan ga dikeluarin juga ASInya ampe bengkak2 masih dibiar aja. baru-baru ini setelah udh berumur, dia kena kanker payudara pas juga di payudara sebelah doang yg puting masuk dan ga pernah dibreastfeed ini loh. semoga nenek ini bisa sembuh dan sehat lagi amin. kita mums jaman sekarang sangat beruntung yah dgn limpahan era informasi, bisa tahu hal2 seperti ini gak kyk ibu2 jaman dulu yang ga dapet info manfaat breastfeeding untuk diri sendiri bahkan dari bidan atau dokternya.

15

Topic: Breastfeeding

Iyu,,
Kalo aq biasanya tergantung kr2 perginya berapa lama dan kemana. Misal perginya ke mall yg ada mother's room,aq cm bw 1botol asip uda diangetin. Kadang2 msh bw cadangan jg,di botol kaca msh beku. Ini yg disimpen di cooler bag. Kalo smp rmh uda cair sdkt,lgs cepet2 masuk freezer lg. Mestinya ga boleh yah? Tp kalo cairnya uda byk ya terpaksa diangetin dan dikasih ke anakku. Ntr aq pumping lg. Rata2 bw 2botol@100ml.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

16

Topic: Breastfeeding

adoank..

ya ampun buuuk ngilu baca pengalamanmu..seoga anak kedua ini lancar ya gapake mastitis lagi

natalia

selama intibeku nya masi ada gpp kok buk dimasukin lg k freezer..cmiiw

17

Topic: Breastfeeding

Ikut sharing pengalaman :) Waktu masih hamil, udah mantap pengen ngasih ASI ke anak, dan Alhamdulillah didukung penuh sama keluarga. Tapi jeleknya aku, aku males (ga perawatan payudara, ga konseling laktasi, dll.) Jadi pas Wira lahir, ASI sempet mampet. Tim dokter sama suster di RS sih udah menenangkan dan bilang kalo ASI bakal keluar di hari ke-4 setelah melahirkan -- asalkan si ibu tetep positif.

Nah, di hari ke-2, mendadak Wira harus difototerapi dan butuh ASIP yang minimal 30 ml sekali minum karena biasanya bayi yang difototerapi butuh ASI lebih banyak karena lebih cepet haus. Hulalaaaa, rasanya amburadul pas itu. Ga karuan; stres jadi emak-emak baru yang bayinya mendadak harus difototerapi (lemeeeees bok, liat anak matanya ditutup gitu terus ditaro di boks, huhuhuhu. Terus suster pake bilang, "rileks ya bu..." Duh, suster, saya rileks deh jadi Godzilla terus robohin Monas) dan ASI belum keluar banyak pula. Sampe nyari-nyari konselor laktasi di RS dan nyegat beliau pas lagi keliling kontrol pasien, hihi. Intinya satu: Gimana caranya biar bisa ngeluarin ASI. Diajarin cara mijet PD dan dikenalkan ke breastpump. Hadoh, waktu itu cuma keluar dua tetes kolostrum yang terus ditaro ati-ati di bibir botol terus dicampur ke ASI donasi dari sodara dan temen.

Pas itu PD rasanya udah bengkak dan ga nyaman. Kepala sampe pusing dan kerasa badan agak anget. Konselor laktasi tetep ngajarin aku dan suami cara mijet PD biar saluran ASI-nya lancar dan Alhamdulillah abis itu ASI keluar dikit-dikit.

Pas di rumah, suami nyaranin aku buat pijet. Biar badan rileks abis 9 bulan bawa-bawa manusia di perut, katanya. Sama mbah yang mijet, sekalian dipijet PD biar ASI lancar. Abis itu, Alhamdulillah banget ASI-nya lancar. Kelewat lancar malah kayanya nih, huhu. Sampe sekarang aku pagi-siang-malem selalu pake bra menyusui yang dikasih breastpad karena ASI suka merembes tiba-tiba. Lagi bengong dan ga ngapa-ngapain pun tiba-tiba ASI merembes.

Nah, sekarang ini aku jadi bingung. Jadi karena aku pagi-siang-malem pake bra gitu kan ga enak ya di badan. Sampe tidur pun tetep pake bra dan breastpad supaya baju ga basah kemana-mana :( Jadi agak lembab juga. Akibatnya di dada itu ada ruam merah-merah karena kondisi kulit lembab. Dikasih krim apa ya mommies? Selama ini perawatan aku kasih baby cream yang ada zinc-nya; lumayan sih, jadi agak mendingan. Aku berharap Wira ga kenapa-kenapa (walopun kayanya dia ga kenapa-kenapa, hihi.)

Selain itu, aku pernah ngobrol sama beberapa temen soal breastfeeding ini. Ada yang bilang kalo di bulan ke-4, ASI-nya berhenti. Ada juga yang baru sebulan atau 2 bulan. Itu bisa terjadi karena apa kah mommies? Aku pribadi berharap bisa ngasih ASI ke Wira minimal 6 bulan deh (ga berani pasang target 2 tahun, hihi.)

Terus ada lagi... Ini aku baru nyadar. Kemarin malem itu Wira (2m7d) tidurnya kebluk banget jadi dia sempet tidur lamaaa banget. Yang biasanya tiap 2 jam bangun buat menyusu, ini bisa tidur 6 jam non-stop (aku ngasih ASI-nya on demand, jadi ga bangunin dia buat nyusu.) Jadi PD dua-duanya kerasa penuh dan agak bengkak, huhu. Terus kan aku pompa -- sekalian buat stok ASIP -- di PD sebelah kanan. Eh, kok aku ngerasa PD sebelah kiri ikutan kempes juga ya :| Itu kenapa kah ya? Apa ada saluran antara dua PD jadi kalo satu dipompa, yang satu ikutan kempes? Pengen ke RS buat konsultasi ke konselor laktasi, tapi belum sempet-sempet, hehe.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

18

Topic: Breastfeeding

kappachan
ga bisa bantu soal krim... dulu saya ganti breastpad aja kalo udah kerasa lembab...sebelum merembes ke bra/baju...
soal yg ASInya berhenti...most probably demandnya berkurang krn kurang sering dikosongkan... produksi ASI juga bisa menurun pd sebagian ibu krn faktor hormonal, misalnya kehamilan atau hipotiroidisme...
kalo ttg saluran...blm pernah denger sih... apakah bukan krn LDR (ASI dr PD sebelah keluar jg)?

19

Topic: Breastfeeding

kappachan benar kata avee ASI itu demand & supply, jadi ga bakalan abis dan brenti sendiri kalo emang terus di keluarkan. makanya, terus keluarkan ASI nya, kalau sudah penuh dan anaknya masih tidur, di pompa aja. jangan males untuk mompa, karena kalau udah penuh dan gak dikeluarkan, badan kita jadi mikirnya emang cuma perlunya segitu, jadi ya ga produksi lagi.

kalau pas mompa di kanan tapi terasa kempes di kiri, jangan berarti abis itu kiri ga di pompa. tetep pompa aja, more than most itu karena perasaan kita aja kempes kok.

keep a positive thoughts, kalau pasti bisa ngasih ASI sampe lama. banyak kok mama2 disini yang bisa ngasih ASI sampe 2 tahun, buktinya bisa, jadi jangan ngeliat yang pada stop di usia bayi 2bln, tapi ikut yang positif, stop di 2thn :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Breastfeeding

kappachan daripada banjir mending dipompa aja, bisa buat stock lho :D.
oiya PD ku yang kanan ini produksinya ga sederes yang kiri, ngga mancur2 gitu kalo pas dipompa. mungkin karna si baby lebih nyaman nenen di sebelah kiri. trus jarang di pijet juga, pas mompa ngga sederes yang kiri, netes aja, lamaa banget dapetnya LDR, karna kelamaan nunggu ngumpulnya suka di skip, jadinya lebih seneng mompa yang PD kiri, naah lama2 pas dipompa diikiiit banget hasilnya, jadi makin males mompa PD yg kanan!!!

kl dibiarin bakal terus bgini, akirnya di latihlah PD kananku ini. tetep harus dipompa mekipun hasilnya dikit, trus PD yang kanan lebih sering dinenenin ke baby pas dia lagi trance malem2. eh ternyata produksinya naik lagi lo, emng awalnya pas dipompa cuman basahin pantat botol aja, lama2 naik dari 10 cc jadi 20,40 cc dah lumayan lah, jadi bener kalo ASI itu demand & supply, kl ngga dikeluarkan, mikirnya baby cuma perlunya segitu (maap kalo kepanjangan)

21

Topic: Breastfeeding

kappachan Emangnya pake bra apa kok ga nyaman? Gue pake juga tuh seharian plus sumpel breastpad, pake sorella yang model bra nenek2 hehehe... Baik2 aja kok rasanya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

22

Topic: Breastfeeding

Haduh..ceritanya adoank dan batikdesigner bikin ngeri ya. Tapi mudah2an bisa jadi pembelajaran buat ibu2 lain, at least buat saya. Sepupu saya juga sama kaya adoank, dia frontliner juga dan sengaja ga pompa ASInya di kantor dengan tujuan biar berhenti. Tapi untungnya dia ga sampe bermasalah.

Klo pengalaman saya menyusui Asha, paling sulit pas sebulan pertama. Asha mahirnya nenen yg sebelah kiri, kalo sebelah kanan dia masih belum pas. Saya juga belum mahir dengan posisi yg benar. Selama sebulan itu p*ting saya lecet2 sampe berdarah2. Sempet khawatir kenapanapa klo darahnya keminum Asha. Tapi kata konselor laktasi di RS, gpp terusin aja nenen nya selama bayi tidak menolak minum ASI dari PD ibunya, dan olesin sedikit ASI ke puting yg luka biar sembuh. Itu mah kalo p*ting kesenggol kain bra sakitnya bisa bikin marah2. Mandi juga jadi males. Karena kalo kena siraman air juga sakiit banget. Pdhl kalo ga mandi ya ga mungkin, secara ibu2 baru melahirkan yg menyusui bayi tau kan yaa pasti lusuh, bau keringet dan bau ompol. Hadeeuhh jadi lah acara mandi itu sambil meringis2. Tapi saya tetep kekeuh pengen ngasih ASI aja untuk Asha. Alhamdulillah terlewati masa2 kesakitan itu. Malah kalo lagi dinenenin Asha ga kerasa sakitnya, kalo kena bra, kesentuh, atau kena air mandi justru sakit. Kalo skrg both me and Asha udah mahir nenen dengan berbagai posisi. Ahh senangnyaa :)

Asha Lavenda My Lavender Love

23

Topic: Breastfeeding

mods, udh ada thread skin care/treatment yg aman selama breastfeeding blum yah?
aku tuh kepengen banget treatment facial + chemical peeling setelah melahirkan, tapi ga yakin boleh ga, apakah mamas breastfeeders di sini ada yg pengalaman?
trus pengen juga mulai beli suplemen kulit yg kyk imedeen, gara gara udh menginjak umur kepala 3, tapi sepertinya lbh baik jangan yah selama 2 tahun berencana menyusui :(
di tv akhir2 ini ada iklan suplemen vit.E yg featuring dian sastro, pdhl dia lg masa menyusui yah, penasaran apakah bisa kita konsumsi..

24

Topic: Breastfeeding

batikdesigner Kayaknya thread khusus untuk perawatan selama menyusui sih ga ada, adanya selama hamil dan menyusui. IMO kalo aman buat hamil ya aman juga buat menyusui. Artikelnya juga ada lho, coba di-search article deh. Lupa judulnya apa, nanti kalo gue udah nemu link-nya gue taro di sini.

Kalo cuma facial sih, selama gue hamil juga jalan terus hehe... Tapi kan tiap dokter obatnya beda2. Mungkin bisa konsultasi dulu ke dokter kulitnya sebelum facial/treatment?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

25

Topic: Breastfeeding

batikdesigner sebenernya kalo anaknya udah keluar mah mau treatment apa aja udah oke kok. karena gak bakal ngaruh ke ASI, apalagi treatment nya itu hanya external treatment, bukan kayak obat yang diminum gitu. kalo berupa treatment obat yang mesti diminum, nah itu mesti hati2 dan ditanya ke dokternya apa aman untuk busui.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta