1

Topic: Exclusively Pumping

Moms,

Aku juga eping sejak DS 2 minggu. Sekarang DS sudah berumur 6 minggu.
Aku mompa sekitar 7x sehari dan sudah punya stok di freezer lumayan banyak. Aku kepikiran untuk ngurangin mompa jadi 6x sehari tapi takut supply ASI berkurang.
Kapan sih kita bisa mulai mengurangi mompa? Temenku bilang jangan ngurangin mompa sampe DS 3 bulan. Aku sebulan lagi balik kerja dan pasti susah untuk mompa tiap 3 jam.

2

Topic: Exclusively Pumping

Halo mamak eping....

*mau curhat*
Anakku sekarang umur 17 bulan dan masih eping, tp asi tinggal dikiiit bgt. Sehari cuma 200 ml (5x pumping). Tp gak relaaa deh kalo harus berhenti....rata2 mama eping dsini bisa sampe brp bulan yaaa?

3

Topic: Exclusively Pumping

Dear Niniek Rofiani,
sepupu saya punya pengalaman serupa. Bayinya tidak mau menyusu langsung bahkan dari lahir. Sepupu saya ini tinggal di luar pulau Jawa, baru ketemuan lagi bulan lalu, anaknya sudah 8mo. Entah kenapa selalu menangis klo di-nenenin. Jadi sampai sekarang ibunya rajin pompa, dan ASIP dikasi pake botol. Sehat-sehat saja kok anaknya, chubby dan lincah banget. Saya juga salut karna sepupu rajin pompa dimana saja.

Tetap semangat ya Mommy :)

4

Topic: Exclusively Pumping

sejak nic 1 bln sampai skrg 5 hari menjelang 20 bulan saya berusaha disiplin pumping.. walau skrg hasilny cm 100 ml per hari.. tetap bersyukur.. jadi semangat ya mom..

-mommynic-

5

Topic: Exclusively Pumping

Mom, my baby skrg 14 bln. Aku terpaksa eping krna sdg ikut pelatihan selama sebulan. Tiap hari aku cuma bsa pumping 4x sehari krna jadwalnya padat banget. Hasil pumping makin lama makin sedikit nih mom. Tetap bersyukur sih, tp gimana ya supaya hasil pumping bsa meningkat?

I am a mother, apotheker, and editor

6

Topic: Exclusively Pumping

Hai moms ikut gabung ya ke club ini :) aku udah e-pumping semenjak baby lu newborn sampai skg udh 7 bln mao jln 8. Bener2 perjuangan bgt! Setiap 2 jam pompa sampai pernah abis sc itu bener2 msh skt masih hrs pompa krn PD bnr2 kenceng dan penuh huhu ..alesan dl knp ga lsg di nenenin itu krn luka scku yg sakit dan ga bisa coba berbagai posisi smua skt, jd kebiasaan baby diksh btl dan aku pum terus..sampai skg msh sama, pergi ke mal pun tdk lupa bw pompa hehe..dan e-pumping ini tdk mudah lho selain bawaan bnyk ice cooler supaya jaga asi tetep dingin,pemanas asinya, botol susu, bener2 rempong..makanya salut ama ibu2 yg msh e-pumping hehe..
Btw blh minta pendapat, saya kan sblomnya diksh pinjam pompa medela swing ama istri sepupu dan istri sepupu ini bln dpn lahiran,jd swingnya mao kubalikkin. Skg bingung mao beli pompa apa? Naksir si ama medela swing maxi,cuma mihil huhu..apa ada pompa yg mirip medela double pump ya trus printilan ga bnyk dan bisa pake botol dr brown/pigeon?thx

Please read the rules -mod-

7

Topic: Exclusively Pumping

hai cindy87,
saluuuttt... perjuangan e-ping pasti gak mudah yaaa... Kalau pengen baca review berbagai macam breaspump, ada di thread breastpump experience. Disana lebih lengkap diskusi reviewnya. Semoga menemukan breastpump yg cocok. Jadi perjuangan e-ping nya bisa berjalan lancar dan muluuuussss...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

8

Topic: Exclusively Pumping

Mama Rachel


salahsatunya ya minum booster ASI diiringi dengan minum airputih hangat yang lebih banyak dripada biasanya dan...sering dikosongkan PDnya

kalau aq ketika hasil pompaan sudah mulai menurun seperti itu triknya da...kalau pas bareng baby, sebelum baby breasfeeding saya harus pompa dulu

karena kemampuan pompa mengosongkan PD tidak seoptimal baby mengosongkan PD.
sebenernya bukan mengosongkan ya, karena saya yakin walaupun PD kita kempes, itu masih ada isinya ASi jadi bukan kosong (hanya istilah saja "mengosongkan")

karena saya pernah kejar target pumping untuk anaknya kakak ipar saya, sedangkan diwaktu yang sama saya sedang menyusui anak saya dan kondisinya ASI sedang seret.
setiap 2-3 jam saya pompa walau hanya dapat minimal 40 ml tetep saya pompa sesuai periode 2-3 jam baru setelah dipompa saya menyusui anak saya langsung, memang setelah mompa anak saya menyusui sangat lama, mgkn alirannya tidak sederas biasanya. dan itu berhasil saya lakukan

9

Topic: Exclusively Pumping

mama-mama disini kereennn,, saluuttt!!!
jadi smangat pumping (selama ini agak ogah-ogahan karena hasilnya dikit, tapi harus tetep pumping mengingat uda mau kerja lagi T-T)

10

Topic: Exclusively Pumping

Toosss sama moms disini.. Aku juga eping nih karena baby ku sepertinya bingung puting karena dr 1 bulan udh biasa pake dot huhuh.. Jd tiap mau dinenenin langsung ke PD dianya nangis ga betah

Love you baby Z

11

Topic: Exclusively Pumping

Go eping moms! :D

Love you baby Z

12

Topic: Exclusively Pumping

Hi moms, salut banget dengan perjuangan mama2 sekalian... Rasanya pengen nonjok kalo ada orang yang bilang mama epings ga sayang anak..justru karena saking sayangnya dan pengen terbaik buat anak kita, akhirnya kita ngalah sama botol.

Sekalian ikutan ya...kebetulan anakku, Arsy (3 m 2w) udh kena bingung puting dari dua bulan terakhir..untungnya gak parah sih, dia masi mau nyusu kalo udh teler dan ngantuk. Tapi kmarin Arsy sempet kena demam dan kata DSA nya itu karena daya tahan tubuhnya turun dan kekuarangan ASI. Memamg sejak kena bingput penggunaan media botol saya stop sama sekali, dan saya 'kekeuh' biar arsy langsung nyusu dari ibunya. Alhasil, selain sakit, Bb Arsy naiknya juga mepet bgt..dan aku mulai kepokiran untuk eping. Berdasarkan pengalaman mama2 di sini aku mulai mompa tiap 3 jam (bangun pagi buta masi in progress..hehe)...dan lumayan udh ada peningkatan produksi ASI. Yang mau aku tanyain, kalo anaknya masi mau nyusu, pd tetep harus dipompa tiap 3 jam kah? Maksudnya kalo saya terakhir mompa jam 7 pagi, lalu Arsy nyusu sedikit jam 8, saya tetep mompa jam 10?

Meskipun aku udh pasrah dan tawakal kalo Arsy nyusunya udh ga ky dulu..aku mulai mau mompa banyak supaya kalo2 Arsy udh ga mau nyusu sama sekali aku udh pada cadangan. Mohon pencerahannya ya, moms.

13

Topic: Exclusively Pumping

Mama-mama e-ping sekalian..
saya ingin tanya.. adakah yang punya pengalaman menyapih anak e-ping?
jadi ceritanya saat ini anak saya, akmal (25 bulan 2 minggu) masih e-ping..
saya e-ping sejak dia berumur 3 minggu karena bingung puting..
saat ini akmal masih minum asi melalui dot.. saya bingung sekali bagaimana cara menyapihnya.. mengingat usianya sudah lebih dari 2 tahun..
jadi saat ini saya masih rutin memompa minimal 5 kali sehari.. fyi akmal ga mau minum susu formula..
jadi saya ingin menyapihnya dari asi sekalian dari dotnya..
apakah ada mama2 e-ping yang punya pengalaman?boleh kiranya berbagi pengalamannya.. :)
sebelumnya saya ucapkan terima kasih.. :)
Semangat buat mama e-ping semuaaa.. :) ayoo pasti bisaaa..

#maaf jika pertanyaan saya tidak sesuai dengan topik.. tadi saya cari2 di topik lain ada yg membahas wwl dari breastfeeding.. tapi ga ada yang sesuai dengan yang saya maksud.. Trimakasi.. :)

14

Topic: Exclusively Pumping

bunny strobery,
Berarti sama aja kaya nyapih dr dot botol susu ya? Kynya ada tret khusus itu deh.
Kl susu uht gmn akmal mau ga? Krn kt drtiwi sufor cenderung manis rasanya beda dg asi. Pengalaman dulu anak pertama gw berhenti minum asip umur 20bln krn gw hamil anak ke2. Setelah itu lanjut minum uht dg gelas dan botol dot kl mau tidur. Bener2 lepas dr dot krn masuk PG umur 32bln dikasih tau terus menerus kl anak sekolah udh ga ada yg ngedot hehe

bab ? atha ? kae ? nda

15

Topic: Exclusively Pumping

Ok.. makasih ya ndatha.. :)
nanti saya ubek2 tret-nya yaa..

jadi akmal mau sih minum uht rasa coklat.. tapi ya gitu.. kadang mau kadang nggak.. :D
dulu pas anaknya berhenti mimik asip susah nggak?
bener2 pr ini.. nyapih dari asip sekalian dari dot.. emaknya harus meneguhkan hati sepertinya.. :)
sekali lg.. makasih ya ndatha.. :)

16

Topic: Exclusively Pumping

Haloo.. seneng ya baca post dr mama2 smua.. hebat smua nya.. hahaha
Aku mau share juga nih, Skalian tanya2 bwt yg udh pd pengalaman..

Anak ku 2, cm Beda 1thn2bln, anak pertama Dominic (skrg 18bln), aku ksh asi sampe 10bln krna aku hamil lg (kesundulan) jd Kata dokter asi nya hrs stop saat kandungan ku 5bln. Dulu waktu hamil Dominic asi ku banyak, selang 1 jam selalu bocor,sempet di pump jg, dapet 230ml 1x pump..

Yg jd masalah, anak kedua Davinesh (3bln)
1. Kewalahan/tersedak saat nyusu,
2. Gak konsen kl nyusu. Kl lg nyusu, cm di sedot 3x, trs ngoceh2 sambil ngeliatin Muka ku, ketawa2,
3. Kl nyusu, jempolnya suka ikutan masuk ke mulut, kl tangannya di tahan, dia sk ngeden2 narik2 tangannya,,

Akhirnya nyusuin jd ga bener, dan krna dia sk trsedak jg, akhirnya aku pump, tp msh aku ksh scara lgsg jg.. tp skrg koq asi nya jd sedikit yah?? :(
Kl malem aja biasanya sampe bocor2, skrg udh ngga.. cm keras dikit,,
Gmna yah?? Sedih deh.. :(

17

Topic: Exclusively Pumping

Mewek beneran habis baca cerita bunda_ndiss soal nya lagi merasakan hal yang sama, Dedek Empau 4m sekarang gak mau lagi mik langsung, stres berat akhir nya produksi asi pun menurun drastis. tambah parah stress nya...

setiap kali pumping dirumah sambil ngeliatin dedek Empau pasti nangis, pengen bgt rasa nya mimikin dedek empau secera langsung. tapi setiap di sodorin pd pasti langsung buang muka.
butuh bgt semangat ni mom's

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

18

Topic: Exclusively Pumping

waduh jangan pd sedih stress dong buibu.. pasti produksi asi akan berkurang kl terlalu dibawa stress, dibawa relax happy enjoy aja :)

weni, kl usia baby udh 4 bulan kemungkinan ga mau nyusu krn nursing strike. Ada tretnya ttg nursing strike ini.

bunny, waktu stop minum asip jd full uht plain ga susah krn dr umur 16bln udh dicampur sama uht.

bab ? atha ? kae ? nda

19

Topic: Exclusively Pumping

Halo Moms..Jadi semangat pumping baca tret ini..ternyata banyak buibu seperjuangan E-ping yang luar biasa. Baby Alta sejak newborn ga mau nyusu langsung. Sedih banget rasanya disaat nyodorin PD, eh baby malah melengos. Kalau dipaksa nyusu, malah berakhir dengan nangis jejeritan. Akhirnya dikasi sufor deh sama neneknya..habis..ga tega yah..

Karena emang dari niat awal mau ngasi ASI, ya mau ga mau pumping..pertama kali cuman dapet 10ml..tapi lama kelamaan hasilnya meningkat, walaupun tetep dibantu sufor. Makin semangat pumping karena ternyata baby Alta ogah kalo disodorin sufor. Ini yang membuat saya sadar bahwa
baby itu ternyata pintar dan saya bangga dengan baby saya yang memilih untuk minum ASIP yang saya kumpulin sedikit demi sedikit.

Sampai sekarang tetep pumping 8 sampe 10x. Ada saat-saatnya ribet karena udah balik kerja dan ga sempet pumping dan besoknya hasil pumping langsung turun drastis.

Disaat jadwal pumping kendor, balik lagi deh baca2 tret ini supaya lebih semangat pumpingnya..thanks ya moms udah sharing2 pengalamannya. Saya terus berdoa dan InsyaAllah tetep bisa memberikan ASI ke Baby sampai tetes terakhir..

20

Topic: Exclusively Pumping

waah, ternyata banyak juga ya ibu-ibu yang eping..
aku juga sejak bocah nb udah eping karna anak ga mau nyusu langsung, akunya pun ga telaten jadi keenakan pake botol..
sekarang Keenan udah 11 bulan, still looooong way to go yaa..
Alhamdulillah masih asi full, dia cinta banget sama dot nya kayaknya :|
Semoga tetap lancar asinya sampe 2 tahun.. Amin..
Tetap semangat pumping ya ibu-ibu.. dan dengan eping bukan berarti bonding dengan anak jadi kurang, tidak menyusui langsung pun ibu tetap bisa dekat dengan bayi. Tetap positive thinking dan semangat yaa!!

a barefoot runner, a mountain crawler, a full time mother
@rianluthfi
https://superduperlebay.wordpress.com/

21

Topic: Exclusively Pumping

waah senangnya (senang di antara rasa patah hati) banyak mommies yang eping juga.

bayiku sejak newborn juga nolak directbreastfeeding.
adakah mommies disini yang pemberian asipnya menggunakan training cup sejak usia (paling cepat) 6 bulan, karena kalau pakai dot terus kurang baik untuk perkembangan rahang dan giginya. share dong, moms kalau ada pengalaman. training cup merk apa yg sesuai dan bagus untuk bayi2 kita yang mungil tapi ogah nenen ibunya ini?