1

Topic: Alergi pada Bayi

@rini3pujiastuti, kena matahari mungkin? soalnya kemaren yang di badannya va' sampai agak melepuh gt...awalnya cuma lecet...tp makin lama melebar n pas parah sempet agak nanah...itu gara2 alergi si...tapi ternyata diperparah sama kebiasaan Va' (n eyangnya yg suka jemuran pagi ga kenal waktu)..Va' kalau jemuran bisa sampai 1 jam lebih, jd kulitnya ternyata kebakar...udah rash alergi..ditambah kebakar matahari..makin sedeplah jadiny :) coba konsul dokter aja,biasanya dikasih salep ilang kok..

Oya kalau lipetan leher dan ketiak nya Va' juga sering merah gitu..selama ini aku cuma kasih anti iritasi (kalau yg ini kayanya gara2 anaknya kalau keringetan ga kira2,jd ga begitu khawatir)..

Kalau Va' si alerginya engga langsung sebadan..tapi pindah2...waktu itu di muka...sembuh..oindah ke kepala...sembuh...pindah ke badan...:(

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

2

Topic: Alergi pada Bayi

Pinkmomma,
anti iritasi? apaan ya itu?? merk-nya? Mia jg suka keringatan, dan emang klo lagi di kamar seharian (adem AC) kulitnya lebih gak merah2..
iya senen ntar mau imunisasi skalian ngeberondong dokternya sama pertanyaan2... :D

-explore, explore! semua gara gara Mia! -

3

Topic: Alergi pada Bayi

Yawn....baru ikutan baca thread disini karena berapa hari ini baby Audrey (27 hari) di pipi,jidat,kuping dansedikit di lehernya muncul bintik2 merah dalemnya kaya ada isinya gitu miriip banget kaya jerawat kecil2. Awalnya mama ku bilang kemungkinan karena ruam ASI, ato mandiin-nya kurang bersih tapi kok dah dijaga supaya ga kecipratan ASI tetap tumbuh.

Sebelum ke dokter sebagai tambahan referensi biar ga cuma ber oooh-ooh saat dijelaskan nanti gw mulai search di internet dan sungguh kaget membaca thread dari A-Dad. Huwaaaaahh ;(( ciri-cirinya sama. Umur 20 hari Audrey udah bisa miringin badan sendiri, digendong juga maunya posisi duduk, dan kayanya tiap hampir 5menit nguleeeet mulu even sedang bobok pun! Trus cegukan, kentut, perut bunyi2, nafas grrook2, ga suka dibedong lagi sejak umur 14hari, tiap diselimutin pun ditendangin sampe kebuka. Yap, curiga Audrey alergi susu sapi yg aku minum. Hiks sedih deh kalo bener, selama hamil aku mesti diet hanya boleh minum susu max 200cc/hari dan itu juga hanya boleh susu skim ato susu rendah lemak lainnya. Jadi begitu Audrey lahir dan aku dinyatakan bebas diabetes mulai deh bales dendam, minum susu full cream, susu kental manis, ice cream, coklat, keju...kalo benar alergi berarti penderitaan membatasi makanan-ku belum berakhir dong. Tapi demi anak tercinta apapun dech!! bener ga moms??hehe

Btw, Audrey lahir di Hermina Jatinegara, dokter anaknya dokter Idham, kalo mu konsul ke dokter Sawitri mesti ada surat pengantar gitu ga yah dari dokter Idham?

my lovely baby audrey v(^_^)v

4

Topic: Alergi pada Bayi

Hi Moms..

Butuh info nih.. Anakku sekarang 5 bulan dan sejak lahir selalu mandi pake sabun j*hns*n dan ga pernah bermasalah. Tapi mulai minggu lalu, tiap selesai mandi selalu muncul merah2 dan kadang di sertai bentol kecil di muka, leher, punggung, tangan and kaki. Setelah 10 menit, merah2 & bentolnya hilang. Uda di coba ganti ke air gallon dan ganti sabun s*bam*d, tetep aja merah. Di lipatan kulitnya jg agak bersisik, seperti kulit kering/kelupas. Ada yang pernah begini ga ya? Kecian dech karna kayanya gatal, soalnya anakku jadi suka garuk2.

Tolong ya moms.. buat yg pernah pengalaman atau ada input?

Thanks.. =)

5

Topic: Alergi pada Bayi

Mba v3y0 masih ASI ndak? klo iya, mungkin makanan yg mba makan pencetus alergi (bentol2 merah) di anak mba..

miss my lovely baby always :)

6

Topic: Alergi pada Bayi

umiaisha: iya.. masih asi.. apa ya kira2? skarang sih udah mulai makan pedes.. coba deh aku stop.
Thanks ya..

7

Topic: Alergi pada Bayi

Mba v3y0, seafood, kacang2an, susu sapi mba? Itu siy beberapa alergen dari makanan..tow sprei yg dipake lum diganti? hehehehehe :)

miss my lovely baby always :)

8

Topic: Alergi pada Bayi

telur...yogurt..keju...semua produk turunan sapi juga >_<
Oia ganti seprei juga kudu sering..kalau aku berhub males ganti seprei tiap hari..jadi Va' boboknya pakai tatakan..jadi tinggal tatakan nya aja yg diganti tiap hari..

Oya tomat juga bisa jd pencetus alergi

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

9

Topic: Alergi pada Bayi

ada thread resep untuk bayi penderita alergi ngga ya?

10

Topic: Alergi pada Bayi

Fiuh untung ada thread ini. Mau cerita, Shafaulia dulu pas ASI juga pernah muncul bintik merah di pipi, cuma abis itu ga lama kemudian hilang dengan sendirinya. Selidik punya selidik ternyata saya makan Mie instan. Saya pastikan lagi besoknya makan mie instan lagi, ternyata bintik2 halus muncul lagi. Dan hilang dengan sendirinya. itu berarti apakah alergi?

Saya juga untuk makanan tidak pilih-pilih. Apa saja saya makan dari mulai seafood, keju, telur, susu sapi dan Alhamdulillah tidak menimbulkan alergi ke Shafaulia kecuali ya ketika saya makan mie instan.

Dan sekarang sudah mulai MPASI dari 2 bulan lalu (sekarang Shafaulia udah 8bln) saya mencoba beranikan diri memberikan kuning telur. Dan ternyata bintik-bintik merah di pipi muncul besokkannya. Haduh. Sempet panik etapi sore nya ilang dengan sendirinya. Apa memang umur 8 bulan itu belum boleh makan telur atau apa ada bakat alergi ya moms? Kemarin juga ketika berbuka puasa bareng keluarga, Shafaulia makan macaroni panggang, yg notabene ada telur, keju, dan susu... eh ada bintik lagi.. berarti memang belum waktunya kali ya dikasih telur, susu dan keju...

11

Topic: Alergi pada Bayi

mamanisa,wah ide bagus tu..aku juga lg cari mpasi unt bayi alergi :P

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

12

Topic: Alergi pada Bayi

mamanisa + PiNkmomma - susahnya untuk bikin thread ttg resep untuk bayi alergi itu adalah alergenic-nya tiap bayi beda2... kalo ga salah, udah pernah deh dibahas di post2 sebelumnya, kalo biasanya untuk anak alergi itu pake resep biasa, tapi bahan yang si anak alergi diganti atau ga dipake. jadi dimodify aja sesuai dengan alergi si anak.

anyways, kalo nemu resep yang ok, silakan di post di thread Recipes for Vegan/Alergic Baby.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

13

Topic: Alergi pada Bayi

wah ternyata ada thred ttg alergi bayi juga....(tu tumbs 4 TUM :))
aku juga pernah baca ciri2 alergi pd bayi...secara anakku divonis alergi susu sapi ama DSA ku...
awalnya kita ksh sufor BMT...eh seminggu kemudian muncul kemerahan di semua badannya kita bawa ke dr..eh DSAna lgs vonis alergi susu sapi..berhubung penasaran ku googling sendiri deh...n nemu ciri2 alergi just like a-dad say....akhirnya berdasar saran DSa kt ksh susu Hipo alergi, tp anakku (waktu itu 1 bln 2 mngg) malah muntah2 smp lemes...krn kasian n khawatir kita gk minumin lg deh...
jd smp skrg msh ku ksh ASI (skrg 4 bln 2 mgg)...tp ak skrg khawatir secara ASI ku dah mulai berkurang (cm dpt 250 ml tiap pompa) n anakku dah mulai besar...pengen coba susu soya..tp takut gk cocok n muntah2 lg....ap ku kasih sufor aj ya tuk cek alergi dia msh kuat gk??? bingung
saran donk moms...klo ku ksh soya baiknya merk apa ya...or kuksh sufor ajah.....tq
note: anakku pernah ngambek gk mo minum dr botol krn kuksh sufor n susu anti alergi terus2an (1 mgg berturut2)...

bunda hanif.....

14

Topic: Alergi pada Bayi

ini nggak tau deh bisa di bilang alergi atau nggak,,
selama ini kita bilang nya Olel itu "Nggak bisa kena panas".. tapi beberapa hari yang lalu baru ngeh deh kayak nya kalo ini alergi,,
Kita lagi ke bogor, trus tiba-tiba AC mobil mati dan saat itu bogor baru selesai hujan, jadi udara bener-bener lembab dan karena di dalem mobil kita buka jendela cuma sedikit aja (karena masih rintik-rintik). Olel udah yang keringetan bercucuran, dan begitu turun, dan keluar mobil baru bener-bener keliatan kalo muka nya olel merah bintik-bintik, sampe ke lehr, badan dan tangan, jadi kayak bentol ada bintik nya gitu dan bikin muka aga bengep gitu.

sempet inget2 abis kita kasi makan apa, tapi olel belum makan juga, terakhir makan itu pas sarapan, makan oatmel + pisang + apel,, dan ini udah lulus aturan 4 hari selama hampir 3 bulan ini. Nah begitu kita masuk ke ruangan ber AC, pelan-pelan bentol berbintik itu hilang, dan kita sempet kipasin juga si Olel,, dan makin sejuk udara akhirnya si Bentol itu hilang bener-bener.

Kita masih belum yakin tuh, sempet kita cobain lagi, saat tidur, AC kita matiin dan kamar jadi panas banget, dan ternyata, bentol itu timbul lagi. huhuhu sedih deh,,,

apa itu juga alergi ya?, tapi masak alergi panas??

~Anthie Bubun nya Aurel~ II @aurel_olel
She's not a baby anymore,,, my lil rainbow already a toddler

www.keluarga-arvianto.com

15

Topic: Alergi pada Bayi

Siti,kayanya kalau memang ada bakat alergi lebih enak sufor nya diatas 6 bulan biar lebih kuat,takutnya nanti macu timbulnya alergi lagi..malah lama ilangnya..
Tapi kalau terpaksa....kmrn HA nya apa Bund?katanya N*tr*l*n paling lumayan rasanya dibanding susu HA lainnya yg rasanya cenderung pahit...Kalau soya aku kurang tau >_< oya ada jg sufor bebas lactosa..mungkin mending konsul dsa lagi paling rekomend yg mana?

(oya kemaren waktu dari 4 bulan mau masuk 5 bulan asi ku memang sempet nurun...aku naikin aja porsi makanku...hahhaha...tp syukurlah skg banyak lg :) Va' gamau sufor soalnya)

Bubun anthie arvianto,bisa juga si alergi panas..coz setauku alergi matahari ada..alergi dingin ada...jadi bisa juga...
Ga coba konsul dokter dulu bun? kalau Va' memang dia ga kuat panas si...dalam artian segala cuaca juga dia keringetan gembrobyosan..memang berapa kali kalau udah keringetan panas mukanya kaya kepiting rebus (ini bukan hawa panas ya,cuaca diluar masih normal)...tapi aku jg g nyimpulin kalau ini alergi...mungkin memang anak2 sekarang sensitif sama cuaca jadi gampang keringetan..
Mungkin krn olel kmrn kepanasan n keringetan jadi macu bintiknya Bun? (sama aja kalau badan kita sakit panas tinggi kadang2 timbul bintik2 di badan kan? pas panasnya turun ilang de bintik2 nya....tp bukan alergi..)
Hehehhehe maaf ya ga bantu....bukan dokter anak soalnya...tp dokter bangunan :P

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

16

Topic: Alergi pada Bayi

Siti, sekali mompa 250ml? Itu mah banyak banget :D gw segitu pas lg jaman kejayaan tuh..klo asinya bnyk gt mending lanjut asi aja apalagi anaknya kurang cocok ama sufor dll..kan asi paling aman.. :) :)

~Aysha's mom~

17

Topic: Alergi pada Bayi

siti - 250ml tiap mompa itu "cuma"?? hu hu hu, stuju ama mia, itu sih banyak bangeeeet!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

18

Topic: Alergi pada Bayi

Siti - gue paling byk aja mompa 120-150ml. Gilee..jd penasaran,emang sblmnya mompa dpt brp. Setuju setuju ama Mia..terusin ASI aja :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

19

Topic: Alergi pada Bayi

rifie wrote:
Kemarin juga ketika berbuka puasa bareng keluarga, Shafaulia makan macaroni panggang, yg notabene ada telur, keju, dan susu... eh ada bintik lagi.. berarti memang belum waktunya kali ya dikasih telur, susu dan keju...


kalo emang terbukti telur membuat alergi diundur saja rifie sampe 1 tahun. Aku juga baru ngasih anakku setelah 1 tahun kok. Soalnya ternyata alerginya bukan hanya putih tapi kuning telur juga. Ntar dicoba pelan2 lagi kalo pencernaan sudah lebih matang lagi harusnya sih berkurang.

Siti wow 250 ml?mantappppp!...kenapa ga diterusin dulu?dijamin lebih gampang dibanding pusing milih sufor yang cocok untuk anak kita hehehe. soalnya tiap bayi kan beda2 ya :) yang alergi susu sapi bisa juga alergi soya juga.

20

Topic: Alergi pada Bayi

to all moms...
maksud ane,,,sekali itu sehariaannn...(maaf salah mksd nulisNa :))..klo dikantor aku 3 kali shif perah...jam 10...jam 1 n jam 4.30 n total 3 kali perah max cm 300 ml...itu juga jaranggg bgt skrg....
secara sekarang my baby dah gede, jd kebutuhan asiNa bertambah..sedang aku cm dapet segitu tiap hr....jd sedih tiap bawa plg asi....
kemaren pake NAN HA 1...hslNa muntah tiap minum....pengen ganti soya tp takut gk cocok [email protected] bs alergi soya jg??????
dah baca n praktekin semua cara perah (kecuali pk tangan gk bisa :P) makanan juga...tp kok gk ngaruh yachhhhh.....
aku jd hopeless nih...ap my baby ku mulai ksh mkn aja ya...?????
secara ayahNa dah godain suruh mkn pisang...T T

bunda hanif.....

21

Topic: Alergi pada Bayi

Siti, kalo mnurut aku sih santai aja gak usa dipusingin soal hasil ASI perah. ASI itu kan masalah pede2an aja yang paling penting. aku jg pernah baca, si bayi bakal memenuhi kebutuhannya akan ASI pas nyusu langsung stelah ibunya pulang kerja kok. Babies are smart! dan badan si ibu jg pasti menyesuaikan sama kebutuhan si bayi. jadi ya santai2 aja nunggu 6 bulan.
Aku jg pas Mia umur 4 bln-an mulai berasa kuraang aja ASI ku. tp dipikir2 ya dibawa santai aja selama berat badannya Mia tetap naik, dia tetap ceria dan aktif. lagian daripada aku pusing jg mikirin pake sufor ini sufor itu, trus dia malah knapa2, halah.. malah makin kacau dunia deh. Krn dibawa santai, eh, tau2 Mia udah 6 bulan, dan kyanya malah udah brenti alerginya waktu kmaren2 coba makan biskuit bayi/bubur bayi instan pake susu sapi. Selesai deh pusingnya!
kalo masalah coba2 makan pisang sih, kalo bayinya masih gampang muntah, mendingan tunggu dulu sih, muntah itu kan tanda pencernaannya blum siap. Makan sebelum umur 6 bulan itu kan sebaiknya kalo si bayi udah minta / keliatan mau makan yah... blum kalo udah ada makanan padat kan ada kerepotan lain spt masalah sembelit etc2... hiaaah pusing deh. pokoknya mnurut aku sih solusi termudah adalah ASI dan santai lah.
works for me. :)

-explore, explore! semua gara gara Mia! -

22

Topic: Alergi pada Bayi

Mu sharing...
Setelah konsul ke dsa nya ternyata bintik2 di wajah,kepala dan leher audrey benar adalah gejala alergi, karena masi ASIX (sekarang usia audey 40hari) berarti pencetus alerginya dari makanan yg gw makan, kemungkinan besar alergi susu yang gw minum. Namun atas saran dsa nya sementara dianjurkan untuk stop dulu semua product dairy, kacang tanah, seafood, ikan dan hanya makan daging, ayam, tahu,tempe, buah dan susu yang gw minum diganti soya. Karena tidak begitu doyan daging dan ayam, serta mungkin juga kelelahan karena tdk punya helper, semua dikerjakan gotong royong dengan suami dan bekas operasi cesar-nya belum pulih kondisi fisik jd drop, dan pasokan ASI menurun drastis. Anaknya doyaaaan banget mimik, ngamuk deh begitu ASI nya ga cukup. Nangis jejeritan melas banget pengen ikutan nangis juga deh ngeliatnya. Akhirnya kita ambil keputusan saat itu juga buru2 beli sufor yang ada di apotik terdekat. Pertama kali dikasih anaknya menolak, dilepeh balik dan terus nangis sampe capek dan diem sendiri bobok dengan perut lapar :( untungnya besok paginya ASI gw banyak lagi, tapi menjelang malam stok kembali makin berkurang dan kejadian kemaren terulang lagi malam-malam stok ASI habis, PD sampe kempeees banget kosong dan anaknya nangis jejeritan. Sekali lagi kita coba kasih sufor merk yg sama dengan kemarin, ternyata dimunum sekitar 30cc trus baby audrey tertidur. Ga berapa lama tiba-tiba dy bangun, nangis dan muntah-muntah sampe lemeees banget kayanya semua yang diminum tadi dikuras keluar setelah itu dy tertidur. Takut kenapa-kenapa akhirnya saat itu juga dengan suami langsung ke UGD Hermina. Untunglah semua baik-baik aja. Setelah diobservasi oleh dokter spesialis anak yg jaga mlm itu katanya pencernaan baby audrey ga kuat dengan sufor, dan karena dy juga alergi dengan ASI yang terpapar susu yang gw minum kemungkinan minum yang HA pun audrey belum mampu mencerna nya :(( minum sufor yang soya pun kemungkinan besar juga kata nya ga mampu. Gw disuruh bertahan dengan ASI, mengupayakan agar ASI gw kembali lancar dan sementara mencari donor ASI, alternatif terakhir yah mencoba-coba sufor mana yang bisa dicerna audrey, yang bikin dy tidak muntah.

Pernah ada yang mengalami hal serupa nggak? sharing dong...

my lovely baby audrey v(^_^)v

23

Topic: Alergi pada Bayi

after bc thread ini ,,tmbah ilmu n smkin mjdi jadi klo kita ngurus anak harus makin telaten, aku br ngeh tyata aufa ada alergi jg :( ,,kirain alergi sebatas dr kulit aja tyata dr gangguan pencernaan jg bisa (sering rewel/ kolik, muntah/gumoh). sblm 40 hari muncul bintik2 di kening aufa, bintik2 seperti cacar air n bau tuh bintik2 tak sedap(bau asin) saran dr DSA di bedakin aja pk salisil talc n alhmdlah sembuh tp mayan lama krglebih semingguan. dr umur 1-4bulan sering rewel/kolik saran dokter harus d pijat,kita coba lakuin itu tp tetep rewelnya ada, cuman bkurang 5
% tuh rewel.umur 4,5 bulan rewelnya hilang dgn sendirinya n skrg 90% dh g rewel/ kholik.terus umur 2,5bln sempet batpil di sertai muntah tipa hari bisa sampe 3/5kali muntah n g sembuh2 ampe 2 minggu,saran DSA musti ganti sufornya ke soya u/ sementara, ya udah aku nurut aja n alhmdlah sembuh batpilnya n muntahnhya bhenti.setlh itu aku pake lagi k sufor n aufa g batpil lagi ampe skrg umur aufa dh 5m3w. aufa pake asinya cmn bthan 2 bln (itupn mix sm sufor)coz asi ku g bgtu byk tiap d pompa cuman dpt 30 ml (itu pun dh paling banyk :( )

24

Topic: Alergi pada Bayi

Anakku (1mo) juga tiba2 alergi, padahal tadinya engga. mukanya kayak jerawatan beruntusan gitu.. Sebelum imunisasi Hep B dan Polio, walaupun sesekali minum sufor ngga pernah beruntusan begini.

Setelah googling2, gue nemu tulisan ini:
The Culprit Behind Asthma and Allergies: Vaccination

apa iya juga ya? soalnya dari nenek dan kakeknya yang notabene hampir ngga tersentuh imunisasi (maklumlah bo', jaman masih susah) ngga ada yang alergian tuh.. jadi kalo dibilang alergi itu turunan, engga juga.
Sedangkan kalau diliat2, jamak banget anak2 jaman sekarang kena alergi. Rata2 anak temen gue pasti alergi akan sesuatu.

bacaan lain:

Is there a Connection Between Vaccines and Food Allergies?
Allergies & Vaccines
Immunization Causes Allergies

Belum tentu bener sih, tapi bisa buat bahan pertimbangan..

25

Topic: Alergi pada Bayi

Moms, apakah ada yang babynya alergi buah sampai parah? anakku baru mpasi 3 mgg eh pas paginya makan jeruk sorenya dia bentol2 parah dan kulitnya jadi bersisik?
sharing dong moms.. thanks yaaa