1

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Kalau saya belum punya credit card. Pertama karena salesnya cc kalau nawarin bikin alarm waspada nguing nguing, saya ini tipe orang yang kalau butuh mendekat, didekati kabur deh. Kedua, seperti metariza bilang belum belajar cara kerja cc jadinya belum mau apply. Ketiga sering baca banyak yang sebenere mau nutup
Cc tapi susah dan sepertinya dhalangi sama pihak bank , banyak yang curhat ginian di surat pembaca. Keempat atm indonesia toh bisa buat ambil uang negara mana aja jadi kalau gak sangu mata uang(jgn diketawain ya) kehabisan uang ya ambil di tempat.Kelima saya orangnya pelupa jadinya belum berkomit punya cc. Kepikiran punya cc hanya buat beli program smartph aja...:)

hari ini adalah hari baik

2

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

moms semuanya, makasih ya..jadi mulai mengerti ttg CC ini. Sebenarnya sih yang mau pakai suami, nanti aku suruh dia belajar juga dr sini. Trims ya.

3

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Mamas, Bank cimb titik titik nawarin annual fee gratis selamanya itu bener gak? Nanti tiba tiba ditagih iuran tahunan gimana tuh? Maksudnya tagihan annual fee kan keluar setelah kartu trpakai kan? Bagaimana cara mengkomplain kalau nggak ada hitam putihnya?pertanyaan mendasar bgt ya

hari ini adalah hari baik

4

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Mamas ??a?? yg pake CC giant? Itu dari bank mana dan keuntungannya apa aja ya? Sempet ditawarin kata salesnya keuntungannya banyak, tapi udah parno duluan so lgsg ngabur (kebiasaan klo dideketin salesman :p). TIA

5

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

namila sebenernya untuk nutup CC itu ga susah kok. ya namanya juga jualan ya, jadi kalo ada yang mau nutup tentunya bank akan nyusah2in. jadinya triknya adalah, kekeuh itu harus tutup. kalo perlu ditungguin. nah setelah itu ya gak usah dipake2 kartu kreditnya. tapiiii jangan abis itu kalo dapet bill dateng didiemin aja, mesti dicek juga, just in case. karena bisa aja ini ternyata penutupan gak dijalankan. yang pasti sih kalo mau tutup itu bener2 harus ditungguin sampe ada konfirmasi kalo kartu kredit sudah ditutup. kalo perlu datengan banknya biar ada bukti tertulis kalo CC sudah ditutup.

ttg bank yang ngaku2 gratis iuran tahunan itu, gue ga tau ya gimana kerjanya. kalo emang ternyata ditagih, ya tinggal telpon aja cust service nya dan bilang kok ini ada iuran. kalo ternyata ada iuran, tutup aja deh. biasanya langsung ciut tuh trus digratisin deh.

intinya, proses CC ini sebenernya ga perlu ada yang ditakutin, selama kita take action kalo ada notice. jangan didiemin. tapi emang buat orang awam, bahasa bank urusan ini suka membingungkan. dan kalo ga ngerti akhirnya jadi jiper duluan.

jadi ya emang mesti belajar dulu biar bisa ngebahas dengan jelas ketika ngobrol dengan cust servicenya. soalnya cust service pun banyak yang gak ngerti sama cara kerja CC sendiri. jadi kita yang mesti proactive untuk tau.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

namila seperti yg dikasih tau slesta, komplain aja ke bank-nya bilang mau tutup cc-nya. Cara ini selalu berhasil di aku untuk dpt free annual fee....Oiya dulu waktu mau tutup 1 cc krn alasan laen, bukan masalah di annual fee sama cs-nya jg langsung ditawarin annual fee gratis...tp teteup aja aku tutup krn waktu itu alasannya emang g kepake sama sekali siy hehehe

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

7

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

ella,
udah dijawab sama slesta ya.. :)

gw punya dua2nya, mastercard & visa. just in case kalo ada masalah sama mastercard, gw bisa pake yg visa, atau sebaliknya.
kalo gw & suami biasanya kalo ada tawaran2 bikin CC gitu, fokusnya ke interest, biaya2 bawaan si kartu, kemungkinan balance transfer atau sistem rewardnya.

so far, buat gw mastercard lebih seru promonya :)
gw sering gratisan ngopi2 di starbuck (yg promo beli 1 dapat 2) krn nukerin point rewardsnya *wanita gratisan*
atau cuma bayar setengah untuk lunch/dinner di resto tertentu.
dapet diskonan lumayan untuk member club, hotel, dll.

sedangkan visa,
rewardnya itu paling gw dapet mainan2 dinosaurus, handuk, jam meja, yaah yg gitu2 lah.. *nggak begitu tertarik*
ya mungkin krn gw jarang pake CC Visa juga kali ya..

dan sama kayak slesta bilang, mastercard lebih accepted globally.
kayaknya itu aja sih yg bikin gw lbh nyaman dgn mastercard :)

tentang customer service, gw emang aktif banget 'ngobrol' sama mereka hehe..
ada yg gak ngerti langsung tanya. apalagi kalo ada notifikasi bahwa kita harus bayar ini ato bayar itu. ditanya2in terus deh si CSnya, pokoknya apapun deh caranya biar gak harus bayar hahaha...

tapi, kalo kita bayarnya disiplin dan 'baik' sih jarang ada masalah.

dulu krn jarang pake, abang gw pernah mau tutup 1 CC, krn ada sisa bunga2 tapi abang gw ngerasa utangnya udah lunas. dari bunga Rp. 5000an, tau2 krn dicuekkin bunganya jadi 2 juta something gitu, kesel lah dia.
abang gw datang ngobrol sama org bank-nya, dan si CC ini ditutup dengan damai trus abang gw ga jadi bayar bunga2 2jt-an itu.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

8

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Bener slesta, cara gue juga begitu untuk minta gratisan annual fee :d Tapi emang ada bank yang pas gue minta tutup ya udah ditutup aja. Ya gue juga gpp sih, toh masih banyak CC lainnya :d

Biasanya/beberapa bank nawarinnya bertahap, tahap pertama kalo gue ngotot minta tutup mereka ngasih keringanan annual fee, kalo gue masih ngotot tahap kedua gue diminta daftarin tagihan di situ, kalo masih ngotot juga baru deh bener digratisin.

namila Gue punya tuh kartunya yang gratis seumur hidup, dan memang bener kok gue udah punya 3 taun ga ditagih sama sekali. Tapi dulu sih syaratnya asalkan gue nasabah tabungannya, ga tau syaratnya gimana sekarang. Karena memang gue punya rekening di situ, ya udah deh gratis sampe sekarang...

Kalo ada yang bingung gimana nutup CC, gampang kok caranya. Tinggal telfon aja trus akan mereka data. Selang 1-2 hari baru ada bagian penutupan kartu yang konfirmasi ke kita, apa bener mau ditutup dan apa alasannya. Biasanya di sini nih yang mulai ada tawaran2 menarik (misal gratis annual fee), dan tergantung kita aja beneran mo nutup ato cuma gertakan supaya gratis. Kalo kita tetep mo nutup ya langsung diproses, kita tinggal gunting kartunya aja.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

9

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Buat ngedapatin free annual fee, gue gak pake ngancam mau tutup si, karena ada program dari cc-nya, kalo pemakaian akumulasi 1.5jt dalam 3 bulan annual fee-nya dibalikin(sebelumnya bayar dulu). caranya telp ke cs, minta daftarin program tersebut. catat tanggal dikembalikan annual fee dan catat jg nama cs-nya. aku dah begitu 2thn. tapi di tahun yang kedua annual feenya terlambat dibalikin. langsung de protes. Mereka minta maaf dan dibalikin di bulan depannya. mereka terlambat kita maklumin. kalo kita yang telat, kita kena bunga, sebelnya gitu :(

??Dianara??

10

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

metariza wrote:

... gw justru takut limit gede-gede...kadang bank suka inisiatif tinggi naikin limit kita. Bukannya takut kebablasan aja, tapi klo ada carding kan bete kenanya jadi gede...


carding apaan ya? :P

11

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

rika79 hihi iya bener kalo kita yang telat dikejar kejar, kalo bank yang telat aja cuma minta maaf.

tapi kalo dari point of view nya bank ya.. supaya ngasih view aja sih..
ketika kita memakai CC itu kan kita menunda pembayaran, tapi yang bayar apa yang kita beli siapa? ya bank yang issue CC nya. jadi sebenarnya mereka yang nanggungin pembayaran itu yang kemudian kita lunaskan setelah bill datang.

ketika bank menanggung pembayaran itu dan ternayta mereka tidak menerima duit untuk meng-cover yang mereka sudah bayar, bank mesti kehilangan duit (lost opportunity) krn duit itu bisa dipake untuk meng-cover biaya2 lain di bank (ga usah dijelasin panjang lebar, tar makin bingung biaya2 ini apa aja. yang pasti hubungannya ke treasury yang dipake untuk bayar interest kalo kita naro duit, placement, etc.). jadi emang rugi banget kalo semakin lama kita menunda pembayaran. makanya mereka strict banget mesti ngecharge itu ke nasabah. toh kita emang yang memakai service mereka.

sementara dari POV mereka, kalau mereka telat dan mereka bayar ke kita, ya yang penting duit kita ga ilang dan mereka bisa issue duit itu balik.

sayangnya kita hanya individual dimana kita ga bisa argue kalo duit yang mereka telat balikin itu kan bisa dipake buat diputer lagi, walopun diputer lagi bukan untuk menghasilkan duit lagi sih.. lebih untuk belanja yang laen.

ahahaha.. kira2 gitu lah prosesnya. gue jelasin ini hanya untuk jelasin background ya, bukan membela si bank. soalnya gue pun ga setuju tuh, harusnya ga hanya maaf doang dong kalo mereka yang telat.. hihi..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

sLesTa wrote:
sayangnya kita hanya individual dimana kita ga bisa argue kalo duit yang mereka telat balikin itu kan bisa dipake buat diputer lagi, walopun diputer lagi bukan untuk menghasilkan duit lagi sih.. lebih untuk belanja yang laen.


hahaha.. puter duit ala ibu2 :D

Aku sendiri pegang 1 CC dan suami juga 1 CC, tapi sebenernya ini 1 CC yang sama, kaya yg kemarin dibilang urbanpapa di thread sebelah.
Menurutku, ga bisa dipungkiri, CC masih bermanfaat sih, esp buat booking2 tiket pesawat atau hotel dan yang paling kerasa manfaatnya waktu kita mesti bayar biaya rawat inap di rumah sakit, karena insurancenya model re-imbursement.
Dan untuk pemakaiannya, kami konsisten untuk selalu dilunasin sesegera mungkin :D Jadi ga ada masalah sama CC, selama kita bisa mengendalikan penggunaannya.

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

13

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Slesta, penjelasannya lumayan menerbitkan pijar lampu di bab cc. Jadinya memang harus rajin menyimak tiap bill dan gak segan komunikasi sama pihak bank penerbit ya..tetep belum goyah apply, apalagi eka cerita dari 5000'perak jadi dua juta, gimana bisa ya? Gak tahu besok kalau setiap hal harus dikreditin ya mungkin terpaksa aplly juga. Sekarang kan kalau mau beli motor ditawari kredit beli ensiklopedia juga bolehnya kredit..Oya ada juga cerita penawaran paket wisata trus diminta no ccnya akhirnya ketipu deh...ada kan rekaman telemarketing gitu, yang dipakai mendebet acc kita. Well, memang jiper kayak slesta bilang kalau berurusan sama kartu kredit. Kalau sama bank, galak aja pindahin semua dana kalau main debet kan bisa (pengalaman sama b*a yang main debet seenaknya untuk masuk ke program mereka.

hari ini adalah hari baik

14

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

bukannya annual fee credit card bisa dibikin free? kalo gue sih, selama ini semua CC gue selalu free annual fee, tanpa ngancem nutup... cuma minta aja di-waive.

kalo kita bayarnya selalu on time, dan ga telat (meaning credit history bagus) di tahun pertama, tinggal telpon customer service minta annual fee-nya di bikin gratis.

biasanya, kayak slesta, gue mintanya setelah ditagih. tinggal telpon, trus dalam beberapa hari annual fee-nya dibalikin di CC-nya.

tapi gue emang blum pernah punya CC di bank indonesia sih. apa lain ya kalo di indo? selama ini, gue pernah coba di Visa, MasterCard dan American Express, semua sukses.... dengan syarat, credit historynya bagus.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

15

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

riri,
carding itu suatu tindak kriminal yang dilakukan seseorang dalam transaksi online yang menggunakan kartu kredit orang lain.

Gw juga pake trik yang sama dengan sLesTa buat dapetin free annual fee. Tiap ada tagihan annual fee (sekali setaun) telp ke banknya protes kenapa dikenain annual fee padahal pemakaian kita banyak (halah, padahal ngga juga...hihi kecuali yang one bill yah itu gw rasa masuk kategori banyak karena rutinnya tiap bulan pasti ada, tapi klo yg lain mah dikit banget makenya) trus mau tutup aja klo dikenain annual fee. Biasanya abis itu langsung dibatalin tagihan annual feenya, atongga banknya minta kita ada transaksi minimal berapa dalam beberapa hari baru dibatalin annual feenya. Klo bank minta gitu yaudah kartu kreditnya dipake misal buat belanja bulanan yang biasanya pake debit ya kita pake cc aja, toh langsung dilunasin ini....Demi free annual fee...hehehe.


Oya, suami gw pernah punya pengalaman ngga enak sama satu bank penerbit CC. maap aga panjang ceritanya...tapi bisa jadi pelajaran mudah-mudahan:
Jadi suami gw ga pernah apply kartu kreditnya, tau-tau udah jadi aja dan dikirim ke kantor. Nah karena ngga perlu, ngga diaktifinlah kartunya. Setaun berlalu, tau-tau kita dapet tagihan annual fee yang ditagih bulanan. Loh bingung dong...orang ga pernah aktifin kartu kreditnya. Ternyata pas ditelp, katanya kartu kredit itu ngga perlu diaktifin, udah otomatis aktif begitu diterima. Aneh deh. Trus kita minta tutup karena ga perlu dan bete. Udah ni katanya ok ditutup.

bulan depannya ada tagihan lagi plus interest. Kesel kan, wong bulan lalu udah minta tutup dan udah ok kok masih ditagih, plus interest lagi. Kita protes lagi dan minta tutup. Udah ok juga. (kita selalu catet nama orang yang kita telp, hari tanggal dan jam berapa percakapan telpnya).

bulan berikutnya, kita mau apply KPR buat rumah ke bank yang berbeda. Gak diapprove karena menurut data Sistem Informasi Debitur (SID) di BI, suami gw punya kredit macet di bank penerbit CC tadi. MAU MARAH NGGA??? suami gw kesel banget...ngga bisa via telp tampaknya...jadi ngedatengin langsung bank itu sampe bener-bener clear masalahnya.

problem solved? no. Karena kita tetep ngga bisa dapet KPR di bank yang kita pengen itu karena kita kepepet waktu untuk pelunasan DP rumah untuk KPR, jadi akhirnya pake KPR dari bank lain.

Sebenernya CC dari bank itu lagi banyaaakkk banget promonya. Bahkan sama Mitra Adi Perkasa ada kontrak 5 taun tuh, menggiurkan banget...gw jadi kepengen bikin CC dari bank itu. Tapi suami gw masih sakit hati ngancem "kita musuhan klo kamu bikin CC disitu" LOL

metariza.com | mother of two |@metariza

16

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Sama kayak Slesta, gue juga pernah bermasalah dg kartu kredit.
Biasa, baru kerja, puya penghasilan sendiri, berasa paling tajer dan paling keren.. eh tunggakan gak bisa bayar.. ooopsiee ?
Waktu itu akhirnya di bail out sama nyokap (eh apa jo yah) – hihi gak sopan, udah utang dibayarin, jasanya dilupakan..

Kalau suami, pernah punya cerita gak enak gara2 VISA-nya pernah kebobolan 1000 eur lebih.. untuk satu pembelian di korea. Karena kita selalu bayar pake sistem debit langsung, jadi itu expense udah dibayar – baru ketauan pas statementnya datang (dan rekening udah kepotong).
Wah, paniklah suamiku.. untungnya, kita bisa klaim dan membuktikan kalau pembelian itu bukan dari kita. Jadi duit dibalikin sebulan kemudian..
Oya, waktu klaim itu, banknya nanya apa kita sering belanja on line atau suka travelling ke asia. Hiks, kayaknya Asia has a bad name here ?

Tapi tetep sih, kita gak kapok pake cc – walaupun di belgia CC itu nggak terlalu ngetop dan heboh seperti di indo / Asia : Gak enaknya, jadi jarang ada promo yg bagus2.
Karena alasan itulah gue dan suami masing2 Cuma punya satu cc (visa) dan sistem pembayarannya debit langsung.
CC kita pake buat pembelian2 yg gak biasa, mostly buat booking hotel/pesawat/vacation. Suami gue malah hampir gak pernah pake kecuali kalau travelling.
Kalau gue, cc dipake buat beli baju, sepatu.. hehe yg intinya menunda pembayaran sampai masa gajian berikutnya.

Sistem CC disini, defaultnay adalah langsung bayar pas due date (direct debit). Gue pernah mo minta possibility sistem pembayaran cicilan, eh gue harus bikin kontrak khusus gitu (semacam perjanjian pinjam-meminjam) dan limitnya dinaekin jadi 5000eur. Kwang kwang.. gue gak mau lah.. lagian emang gue niatnya pengen selalu bayar full juga, walaupun tetep pengen ada kemungkinan buat nyicil. Eh ternyata gak bisa. Ya sutra..

17

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Oh jadi selalu bisa ya bikin annual fee jadi free? Trus gimana tuh caranya?? Salah 1 cc gue, bayar annual fee. Eh sebenernya bukan annual sih, tp tiap bulan pas keluar tagihan tuh pasti ada biaya tambahan gitu (sekitar 25.000)-->ini untuk 2 kartu dari bank sama (1 visa, 1 mastercard). Dan ini adalah cc gue dengan limit terbesar, jadi kalo pake cara ngancem nutup, susah juga ya, secara gue merasa mendapatkan banyak keuntungan dr cc bank ini. Dapetinnya juga krn gue menjadi nasabah bank tsb, dan dr awal udah bayar biaya bulanan yg 25.000 itu. Trus gimana ya caranya biar gak usah bayar bulanannya?

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

18

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

eh slesta
kok lo masih punya cc dr indo sih? knp? apa buat menghindari exchange rate? *hihi kepo banget yah nanyanya*

oya, kalau di indo, masih banyak yg model gesek yah cc-nya?
FYI aja, kalau di europe, kebanyakan pake chip dan pin code.
beberapa tahun yg lalu (gue masih tgl di indo) - gue biztrip ke europe, trus pas bayar pake cc, dimintain pin gitu... ya ampun, panik euy secara gue gak ngeh cc gue ada pin-nya! biasanya kan cuma tanda tangan. untung aja gue punya cash (cash dr kantor sih! - ngutang dulu).. kalau gak kan tengsin euy..

nah sekarang kebalik, kalau gue ke indo, malah gue cuma suruh tanda tangan aja.. kok boleh yah? padahalkan seharusnya pake pin (secara mnrrt gue juga lebih aman)..

oya, satu tip dari gue kalau mo nutup cc, bilang aja mo pindah ke luar negeri. i did that before dan biasanya orangnya gak nanya2 lagi..
juga kalau disamperin sales cc, gue bilang 'i dont live in indo' - mereka langsung menjauh:p

19

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Pernah nonton acaranya Safir Senduk (Financial Advisor/Planner).. katanya kita bisa milih CC sesuai kebutuhan kita, misalnya yang doyan shopping cari yg banyak promo, yg sering travel abroad cari yg bs redeem poin ama free flight, yg cuma buat emergency, cari yang bebas annual fee...
Ini berlaku ga buat mommies sekalian?

*Belum pernah punya CC, masih takut banget soalnya banyak sodara & kerabat yg kejerat ama CC ini.. Tapi mulai merasa butuh berhub bentar lg punya anak.."

Mother of Universe

20

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

thalia iya maksudnya emang minta dikasih free tapi di indonesia itu consumer banking itu bener2 mesti pake sistem 'sikut2an' gitu loh, jadi kalo urusan minta free dipersulit, jadi kadang mesti pake sistem ngancem heheh..

namila itu dari 5K jadi 2juta ya bisa terjadi, krn ada fees trus interest nya juga compounded jadi kalo didiemin ya bisa. makanya urusan CC ini mesti ati2 banget krn rate mereka juga tinggi banget, kadang bisa ngalahin lintah darat kayaknya hehe.. makanya kita mesti bener2 bisa make dengan baik. seperti kata thalia keep a good credit history, selalu bayar on time, etc.

metariza gue bingung ya di indonesia sering banget kayak gitu. harusnya itu gak boleh deh. di BI emang ga ada ya peraturan kalo kartu kredit ga boleh sembarangan dikirim tanpa aplikasi? aneh banget menurut gue maen kirim gitu aja, kayak ngejebak gitu loh.

fanny maklum fan, eke kan dulu kerja di bank di jakarta. dan pas pindah ke singapore, duit2 gue juga ga ada yang di bawa karena pada di RD semua sih sebenernya. jadi ya gue tetep langganan bank itu (which is ya bank tempat gue kerja juga sih) hehe.. selama gue masih bisa nunjukkin tempat tinggal gue (punya KTP, ada di KK) itungannya kan masih residence. bank kan gak ngecek paspor dan lama tinggal gue di negara itu, jadinya ya masih bisa punya. makanya selama gue ga apply baru, masih bisa2 aja. apply baru rasanya rada susah.

btw, trick nya fanny bilang "tinggal di luar negeri" itu juga berlaku untuk semua telpon telemarketing loh. heheh.. ada yang nawarin mau bikin ini itu, gue bilang aja.. "gak bakalan bisa mau gimana pun juga mas, saya bukan resident di indonesia, ga bakal di approve". langsung ditutup deh ama si mas-nya :P

koeliz yak, bener banget kok! itu sih berlaku di gue. contoh, suami gue frequent traveler, jadi dia pake amex krn selain untuk mileage amex juga ngasih point untuk belanja2.. jadi kita jadiin kartu untuk bayar belanjaan bulanan. so far, mileage suami gue udah banyaaakk banget!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

21

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

sLesTa jadi?? Kalo mau minta free di Indo, cuma pake cara ngancem gt? Pertanyaan gue belum terjawab nih. Soalnya pasti bakal susah apply cc kalo gue udah gak kerja lg nanti. Atau kalau cc yg ber-annual fee itu lebih baik ditutup aja?

Fanny setau gue cc ada pinnya, soalnya kan bisa buat tarik tunai juga di atm. Kalo gak salah pinnya dikirim bareng sama kartunya, atau ada juga yg dikirim menyusul. Tapi terus terang gue juga lupa pin gue (harus liat, di kertas yg gue simpen), soalnya di Indo kartu kredit tinggal gesak gesek aja sih ya, gak pakai pin, bahaya juga. Dan gue juga gak pernah tarik tunai dr cc. Berarti harus segera ganti pin cc yg gampang diinget nih..

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

22

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

ih bener banget tuh triknya fanny ama slesta, gue juga suka pake trik itu bahkan di singapur sekalipun. cuman bilang "sorry, i'm not local" yg aktif nawarin CC di MRT2 pun langsung berguguran, wkwkwkwk...

gue sih cuma punya satu CC visa krn gue dan suami yg statusnya under employment pass di SG agak susah buat punya banyak2 CC (FYI di singapur sini foreigner susah bgt buat apply CC karena persyaratan gajinya yg tinggi banget, beda ama PR ato Singaporean. mungkin krn foreigner ga punya dana CPF kali ya buat jaminan ke pemerintah CMIIW) tapi buat kita sih jadi lumayan gampang ngaturnya, krn dipake solely buat booking hotel, travel ke luar negeri, ato misalnya suami ngejamu client yg nantinya direimburse sama kantornya.

gue punya mastercard sih tp debitcard, ini yg biasanya gue pake kalo lg belanja di SG. kl keluar negeri pake CC soalnya kl ada yg nakal pake CC gue bisa ditrack dan dikasih notofication dulu ama pihak banknya.

nambahin: CC di eropa tuh emang pake pin kok, bunnia. analisa abal2 aku sih mungkin buat ngehindarin kasus carding yg dibilang meta soalnya kartu kredit kita kan tinggal gesek2 doang. kalo misalnya ada yg nakal nyatet no pin belakangnya katanya bisa gampang dihack CC kita. gatau sih bener ato engganya, soalnya alhamdulillah belum pernah ngalamin.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

23

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

bunnia kalo aku sebenernya ga berniat ngancem siy...tp pas mulai kena annual fee dithn kedua kan aku ditlp tuh sama cs-nya nah aku emang bener2 niat nutup cc, soalnya aku pikir mending aku ganti aja ke cc laen yg mau kasih free annual fee kan banyak tuh yg nawarain free, biasanya siy dithn pertama. cm mungkin pihak bank jg ngeliat ya track record kita selama setaun pertama itu n menurut bank aku cukup bagus n sayang kalo sampe pindah ke lain hati hehehe jd mungkin itu jd pertimbangan dia untuk tetep kasih free annual fee dithn berikutnya....

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

24

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Dulu suami pernah punya CC, pernah diaktifin sih, tapi jaranggg banget dipake sampe lupa kalo pernah punya tuh CC. tiba2 pas kita ngajuin kredit apa ya *lupa eh kata bagian analisnya kita punya utang CC
Trus sesuai saran si mb bag analis saya disuruh ngelunasin tagihannya. pas di cek, ternyata jumlah nya 500rb dong. Hiks.
akhirnya di lunasin lah tagihan itu trus sekalian minta ditutup.
Padahal ternyata bisa ya ngga dilunasin.
:(
Huhuhu, andai dulu sudah ada TUM..

25

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

metariza ihh bete banget kaya gitu..trus akhirnya gimana tuh?
slesta setau gue, bank penerbit itu harus menyampaikan SOP ttg cc ke BI, salah satunya gimana syarat pemegang kartu, bagaimana penyampaian cc ke pemegang kartu, dan juga dia wajib memberi informasi sejelas2nya ke pemegang kartu..dan didalem SOP itu ga mungkin dong dia bilang maen kasih cc gitu aja tanpa persetujuan ke orangnya, kan bank hrs nerapin prudential banking, jadi emang bank nya sih yang ngaco..dan kalo ada yang dirugiin ttg cc bisa ko complain, ngerasa keganggu sama sms/telp penawaran cc aja bisa sms ke BI, apalagi ini ya :)

kalo pengalaman gue ama cc beda lagi. Jadi ceritanya gue punya 2 cc, yang 1 cc utama, yg 1 lagi gue dapet tambahan karena gue punya cc gold..jadi 2 cc itu berasal dari bank yang sama yah. nah cc tambahan itu kenapa gue akhirnya ambil karena free monthly maupun annual fee, gue pikir ya udah lah gue ga rugi ini kalo ga pake. nah krn gue bukan tipe org yang seneng pake cc, gue jaraaangg banget pake cc, klopun pake gue selalu pake cc yang utama krn itu ada fee nya. gue pake cc tambahan kalo misalkan bener2 urgent, misal visa lagi error, ya udah gue pake cc tambahan (itu master). singkat cerita nih ya, taun lalu gue apply untuk KPA...eeh ditolak dong! asli bengong banget gue, ngerasa ga punya dosa sedikitpun. malu banget, ih ngantor disini tapi ditolak hahaha :D akhirnya gue cek di sistem informasi debitur, taunyaaaa karena gue lupa bayar materai dari cc tambahan itu! dan utang gue sebesar 80rb..hiks..beteeeee bangettt...emang sih salah gue, tapi gue asli ga inget karena ngerasa ga pake jadi gue cuek aja ga ngecek2 tagihan yang dateng..dodol banget deh gue. jadinya gue sekarang selalu usahain pake kedua cc ini walo dikit, biar gue ga lupa bayar heheh solusi yang aneh :P

~Aysha's mom~