1

Topic: To Eat Or Not To Eat

dinhie
gue jg pas mabok2 hamil trimester pertama sering bgt minum pocari sweat ko. Soalnya kl minum air putih eneg bgt. Dokternya jg ga ngelarang dan alhamdulillah skr sehat2 aja anaknya :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

2

Topic: To Eat Or Not To Eat

mau share link ttg kenapa soft-serve ice cream sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

http://www.livestrong.com/article/134842-soft-serve-ice-cream-pregnancy/

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: To Eat Or Not To Eat

Iya nih dulu kayaknya jaman ibu gue hamil, dia gak ada pantangan sama sekali deh, mau pedes mau coke apa kek hajar bleh, dan anak2nya sehat2 aja tuh hehehe...

Kalo skrg BANYAK banget denger pantangan2 yg katanya ga boleh makan inilah ga boleh makan itulah...sushi, sashimi, etc etc.

Temen2 gue juga rata2 gue liat pada patuh sama pantangan2 tsb.

Nah kemaren pas positif gue langsung buru2 tanya ke obgyn, makan apa aja yang boleh dan yang nggak?

Kata dokternya SELAMA BUKAN ALKOHOL DAN BERACUN boleh, hehehehe.

Soalnya dia bilang kalo sushi, sashimi meski mentah tapi kalo belinya di restoran Jepang yg bagus ya pasti quality controlnya terjaga lah, dan ikan itu selain baik proteinnya juga nggak berlemak, lagipula dia bilang lebih baik makan ikan yang segar spt sushi, sashimi daripada ikan yang di kaleng dan udah diberi pengawet, atau ikan goreng warteg yang digoreng pakai minyak jelantah/udah beberapa kali dipake.

Yg jelas nggak boleh ya alkohol dalam bentuk apapun (bye bye peach margarita Hacienda...). Dan sebaiknya kurangi yang digoreng dan berlemak tinggi seperti santan, meski ngga dipantang juga sih boleh aja sedikit2.

Jadi ya udah sepertinya mudah2an di kehamilan kali ini gue akan berusaha makan yang seimbang dan bergizi. :D

4

Topic: To Eat Or Not To Eat

peachmargarita...kalau aku waktu hamil dulu memang tergolong yang cukup patuh sama anjuran dokter tentang harus mengurangi bahkan menghindari dulu makanan yang mentah, yang dibakar, yang berpengawet, yang berpewarna, beralkohol, dan beberapa yang dianggap bisa menghambat penyerapan zat besi dan asam folat. Menghindari juga kosmetik yang whitening dan beberapa zat yang bisa berbahaya bagi janin. Hitung2 latihan hidup sehat :). Tapi pernah juga sih waktu itu pingin banget makan mie instant, akhirnya ya makan juga. Tapi ya kuusahakan ga sering2.

Aku sih mikirinya ya buat keamanan bayilah, toh juga cuma 9 bulan :). Kalau sampai kita sakit waktu hamil hanya karena pola hidup yang ngga sehat dan trus ternyata sakit itu bisa berefek negatif ke baby, nyeselnya kan ga akan hilang seumur hidup kita. Namanya juga orang tua, demi yang terbaik bagi anaknya, selagi sanggup, akan dilakukan.

5

Topic: To Eat Or Not To Eat

Urun rembug, eh, share maksudnya..

Dokter kandunganku dan suamiku (kebetulan dokter hewan) nggak melarang makan apa-apa sih. Cuma emang dari dulu aku membiasakan diri untuk makan buah sebelum makan beneran. Kenapa? karena kalau kepingin makan yang aneh-aneh dan agak kontroversial macam Junkfood, Mie instant, sashimi, dll.. paling nggak porsi nya sudah dikurangin dulu dengan masuknya buah ke lambung.

Untuk buahnya sendiri pun nggak ada pantangan. Nanas, Duren, Mangga, Buah Naga, dll semuanya doyan. Bahkan di trimester pertama juga gpp tuh, kebetulan gak muntah2 dan makan dalam porsi yang wajar.

Untuk kalsium, tetep minum susu, baik susu sapi bubuk maupun kedelai tapi tanpa rasa (ini sih selera pribadi aja, nggak doyan susu manis, apalagi susu ibu hamil)

Kalau es/air dingin juga minum tiap hari (air es), es krim kadang-kadang.

Triknya ya itu.. makan buah (sayur juga boleh) sebelum makan besar.

Dan olahraga rutin tentunyaa..

Mother of Universe

6

Topic: To Eat Or Not To Eat

Heheh thanks koeliz, trik yang bagus - makan buah dulu sebelum makan yg lainnyaa ;)

Gue kok ya, mulai laper mulu nih malem2... *diet-dietan bubar semua*

7

Topic: To Eat Or Not To Eat

Dear all,,
mau tanya.. kalau hati ayam atau jeroan lainnya gimana yah?

Pernah baca di salah satu situs tentang kehamilan. Katanya hindari makan hati ayam, karena mengandung salmonella yang bisa menyebabkan diare pada ibu dan cacat bawaan pada janin.

8

Topic: To Eat Or Not To Eat

amaliaputri wrote:
Dear all,,
mau tanya.. kalau hati ayam atau jeroan lainnya gimana yah?

Pernah baca di salah satu situs tentang kehamilan. Katanya hindari makan hati ayam, karena mengandung salmonella yang bisa menyebabkan diare pada ibu dan cacat bawaan pada janin.


Gue kemarin tanya juga ke obgyn *iya gue apa2 nanya obgyn, karena menurut gue dia adalah sumber terpercaya, hehehe, daripada nanya2 internet selalu ada pro kontra*.

Secara eike ini adalah penggemar foie gras dan pate2 lainnya dan ati ampela, serta paru - jeroan lain ngga suka sih cuma itu aja - dan acara favorit gue pas hamil ini, adalah brunch setiap hari minggu bersama suamiku di Four Seasons, yang mana, rugiiiiiii bandar akyuuuu kalo gak makan seared foie grasnyaaaa...hihihi *ketauan doyan makan*

Kata obgyn, it's safe if cooked properly and eaten in moderate amount.

Maksudnya:
- Masih segar barangnya
- Berasal dari source yg bersih dan terjamin, serta sesuai standar kesehatan
- Dimasak dengan baik sehingga membunuh semua bakteri
- Makannya juga kira2 jgn kebanyakan keterlaluan

Soalnya kalo semua yg berlebihan memang nggak baik, bukan.

Jadi asalkan masih segar, terus dimasak dgn baik dan benar dan juga nggak kebanyakan, gak apa2 kayaknya...

Tapi untuk kepastian coba tanya dokter mu juga ya :)

9

Topic: To Eat Or Not To Eat

peachmargarita,,
thanks for the info :)

Kayaknya gue perlu compile list question biar ga kelupaan nanya waktu kunjungan ke dokter.hehee :D

The problem actually is,,, hati ayam yang gue sukaaa banget makan ini adalah sate hati ayam yang dijual abang-abang penjual bubur ayam keliling.
Jadi kurang terpercaya source dan cara masaknya sih :(
Sementara di-stop dulu makan hati ayam.. semoga dedeknya baik-baik aja.. aminnnn

10

Topic: To Eat Or Not To Eat

Kalo saran dokter gw yaitu tidak boleh makan daging, ayam, dan ikan yang mentah, selebihnya seperti kopi (karna gw selama hamil ini demen banget sama minum kopi) hanya boleh minum 1 cangkir per 1 hari.
Kalo alkohol (karna gw demen banget juga sama baileys) boleh juga tapi gw lebih prefer ngga minum karna alkohol kan gampang banget masuk ke aliran darah.
Dokter gw juga tidak mengharuskan minum multi vitamin kehamilan ato susu hamil, menurut dia makan 4 sehat 5 sempurna itu udah paling bagus untuk diet kehamilan. Karna dia bilang terlalu banyak mengkonsumsi vitamin pun akan terbuang percuma lewat urine.

Sejak masuk trimester ke 2 karna kondisi badan udah lebih enak banget gw jadi makannya yang pedes2 mulu dan dokter juga ngga melarang asal eat with moderation aja. Biasanya sih gw imbangin sama makan buah & sayur biar ngga kena constipasi.

11

Topic: To Eat Or Not To Eat

Soal makanan ini kaya'nya beda dokter bisa beda anjuran ya..
dokter gw juga sama kaya Nyonya Couch, ga bolehin makan yang mentah-mentah tapi kopi masih boleh asal ga lebih dari 2 gelas per hari.

ehh..pas gw minum kopi, malah dimarahin sama sahabat gw. Soalnya dsog dia ga ngebolehin kopi sama sekali selama hamil. Katanya entar bayinya jadi hiperaktif.

Jadi bingung juga gw dengerin yang mana. Mungkin karena sugesti juga, gw yang dulu doyan bangettt ngopi, semenjak hamil jadi ga gitu suka. Malah suka eneg kalo minum kopi atau teh.

belajar hidup sehat dulu niy selama 9 bulan.. :)

12

Topic: To Eat Or Not To Eat

gw juga dari seblm hamil kopi addict bgt
pas hamil brenti sama sekali
pas udah 7 bulan sangkin penasarannya cobalah secangkir kopi susu
kapok deh gw, ga mau lagi. diuretik bgt nih si kopi bikin bolak balik pipis, mana hamil segitu emg sering bgt beser, ditambah lagi dgn kopi..

13

Topic: To Eat Or Not To Eat

Kalo menurut gue ya, selain yang mentah2/setengah mateng, lainnya boleh asal masih dalam jumlah yang wajar. Dulu gue masih minum kopi kok, tapi memang yang light dan paling cuma seminggu sekali aja karena bukan coffee addict. Bahkan gue juga masih makan Indomie tapi tentunya itu cuma maksimal sebulan sekali (kalo lagi pengen banget). Eh gue bukan menganjurkan makan junk food ya, cuma sharing aja gue dulu gimana. Semuanya balik ke diri masing2 :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

14

Topic: To Eat Or Not To Eat

setuju ama otty..karena gw pun pemakan segala pas hamil. indomie pun jalan tapi emang ga terlalu sering :D..apalagi gw emang seneng jajan. jadi kayanya segala macem makanan masuk.
tapi pernah baca disini kalo caffeine bisa bikin low birth weight baby bisa bikin BBJ tuh kecil ya mamas? gw coffe addict tapi semenjak hamil emang ga suka ngopi. totally baru 3x deh selama hamil ngopi.

15

Topic: To Eat Or Not To Eat

sandira Nara lahir dengan BB 3.2 kg, ga kecil juga kan ya? Cukup lah, ga terlalu besar ga terlalu kecil. Mungkin itu kalo kebanyakan?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

16

Topic: To Eat Or Not To Eat

otty 3,2 kg siy gede.. hihi.. kalo begitu gw tenang dan ga merasa bersalah tiap kepengen banget kopi dong ya..

biasanya siy gw icip2 kopi suami aja kalo lg pengeen banget.
kalo indomie, gw juga masih makan. Cuman ga sering, kalo lagi kepepet laper dan ga ada bahan makanan lain yang bisa dimasak di rumah. :p

17

Topic: To Eat Or Not To Eat

Hehehe intinya makan sehat seimbang yah? Eh, dan matengg :D

Gak boleh makan duren tapiiiiii, kalo duren yg buah-nya gak boleh, kalo duren dimasak boleh tapi dikit.

Gue untungnya nggak ngidam apa2 yg berlebihan sampe segitu kepengennya (ada sih tapi bukan makanan), trus di minggu ke-11 ini mualnya mulai berangsur2 berkurang.

Ty, beneran kopi gak papa??? Decaf gak papa kali ya?? Gue gak ngidam tapi setiap mencium bau kopi gue seneng banget. Jd pengen minum...

18

Topic: To Eat Or Not To Eat

otty,, 3,2kg mah lumayan dong hehe..iya sih apapun kalo kebanyakan emang ga baek. apalagi pas hamil kan harus dijaga bener. bukan berarti ga boleh tapi tetep kita harus bisa ngukur aja buat buat diri kita n si bayi :)

mamiela,, gw abru minum kopi nih pagi ini. tiba2 pengen banget hehehe

peachmargarita,, duren ga boleh buahnya? duren dimasak tuh yang gimana yah ? :D

19

Topic: To Eat Or Not To Eat

sandira wrote:
peachmargarita,, duren ga boleh buahnya? duren dimasak tuh yang gimana yah ? :D


Duren yg dimasak itu maksutnya kaya molen duren, crepes duren, soes duren hihihi...kenapa say pengen juga ya??? Yuk ke Sogo PS bareng di bwh dkt foodhall ada yg jual berbagai rupa cemilan duren mateng.

Tp ttp ga bole kebanyakan ya ;)

20

Topic: To Eat Or Not To Eat

peachmargarita
kl dokter gw jg ga pernah kasih pantangan makanan/minuman apa2, semuanya boleh asal ga berlebihan dan ada batasnya. kl ada orang yg tiba2 marah krn liat gw minum kopi/softdrink atau makan apalah yg ktnya pantangan buat ibu hamil, suka gw bales aja "lah orang kata dokter gw yg udh prof aja boleh ko, sekolah kedokteran aja kan lama, trs ditambah ambil spesialis ma gelar prof kan lebih lama lg. knp orang yg dokter jg bukan pake ngelarang2 gw?" :P *galak bgt ya gw? abis kesaaall kl suka pd sok tau*
kl buah duren gw sempet makan tp ya icip2 doang cuma sekali suap krn emang lg ga kepengen, latah aja liat keluarga pd makan duren.
btw nih skrg gw lg minum nescafe mocha dingin. oia ada yg tau kopi cappucini kemasan kotak kyk susu uht yg ada 3 rasa itu ga? (kl ga salah coklat, mocca ma coffee deh), pengen bgt minum tp kynya udh ga ada yg jual ya? *maaf OOT :D*

bab ? atha ? kae ? nda

21

Topic: To Eat Or Not To Eat

peachmargarita
kalo boleh tau kenapa ga boleh makan duren? gue pas hamil makan ko ampe 3-4 biji malah. asal stop sebelum perut kerasa panas aja, hehehe

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

22

Topic: To Eat Or Not To Eat

kayaknya udah pernah gue bahas juga di depan2.. orang singapore malah menganjurkan lagi hamil disuruh makan duren. kalo kata mereka, biar anaknya tar gede heheh.. itu myth nya orang singapore. jadi kalo mereka makan dan gapapa, kenapa orang indonesia ga boleh? heheh..

gue sih berpikirnya sama kok sama dokternya ndatha (dan gue pernah bahas juga di depan). kalo lagi hamil kepengen mah, makan aja, tapi jangan berlebihan dan bener2 sadar sama keadaan tubuh. misalnya pengeeenn makan yang pedes2, tapi abis itu heartburn parah, ya sepengen2nya ditahan dulu dong. daripada heartburn malah nyiksa kan?

mau sashimi? why not? tapi biar gak kenapa2 baiknya ya cari yang ikannya segar. yang pasti yang penting2 kayak misalnya ikan2an yg mengandung mercury, makanan instan dan berMSG kayak indomie, naah itu baru gue bener2 coba hindari. tapi kalo kepengen ya udah cobain aja yang penting biar ga penasaran :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: To Eat Or Not To Eat

peachmargarita Iya kopi gpp kok, asal jangan minum 5 gelas per hari aja kali ya... Gue emang ga ngopi tiap hari sih, tapi kadang2 pengen jadi misalnya seminggu sekali gue bikin cappuccino ato beli di Coffee Bean (ga bisa minum Starbucks, dada gue langsung berdebar sampe sekarang).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

24

Topic: To Eat Or Not To Eat

aku kopi mania, pas hamil nahan2 ga minum kopi padahal dokterku ga mantangin apa2, sma kaya dokternya ndatha asal jangan berlebihan....masih boleh semua dimakan or minum :),
tapi ternyata ga nahan juga akhirnya suka icip2 kopi sebelum mulai kerja.
nah duren uga aku makan......huaaa, pernah makan sampai ada kali 14 biji duren sekali makan, dan....itu bukan yang pertama..hihihihi, ada kali 4 kali makan duren selama hamil.
indomie? ini juga, kebetulan pas hamil dikantor ada 2 orang temanku yang hamil juga, jadi sore2 suka saling racuni tuk makan indomie, sukseslah kita makan indomie sambil saling menguatkan "asal jangan sering2 yah...." :)

25

Topic: To Eat Or Not To Eat

pernah ada teman yg maem duren pas hamil 8 bulan sekian. besoknya dia langsung lahiran. agak prematur, tp gak harus di inkubator untungnya. padahal temen gw tadi cuma makan 2 biji duren. entah emang tubuhnya yang gak suka dg si duren, atau emang karena hal lain.

gw sendiri pas hamil gak makan duren. bukan takut jadi kotraksi dsb, tp takut gak kuat nahan godaan bok hihihi :D gw gak bisa makan duren cuma 3-4 biji. minimal gw klo makan duren, pasti 1,5 buah duren yang gede itu, bukan lagi berdasarkan jumlah biji di dalam buah duren itu hehehehe :D
daripada gak bisa menahan diri, mending gak usah nyicipin sama sekali deh :P

selama hamil jg diet gula. bukan karbo. soalnya ketika kehamilan menginjak usia 5 bulan, BB bayi dlm kandungan udah over, mendekati garis merah. kegedean. padahal BB gw cuma naik 5 kg aja. jadilah dilarang makan yg manis2 ama ddsog gw. ga boleh makan cake, cokelat, apalagi es krim, jajanan pasar kesukaan jg dilupakan, bahkan mangga aja gak boleh makan banyak2. hadeuhhhh....banyak bener ya pantangannya. kayanya susah banget hidup gw :P

udah pake diet gula aja, anak gw lahir 3,4 kg!! apalagi klo gak pake diet tuh. bisa 4 kg kali lahiran. alamaaakkkk!!! kebayang deh ngedennya gimana klo lahiran normal :D

meski ada banyak pantangan, tp gw ttp enjoy kok. nakal dikit melakukan pantangan gpp deh. asal gak banyak2 hihihihi :D

teh ninit, masa siy anak kedua lebih gede? berapa BB calon anak kedua nanti nih (klo berencana punya anak lg) wak wawww.....

happy go lucky me ^_^