1

Topic: To Eat Or Not To Eat

Halo moms, ikutan sharing ya...

Sekarang gw lagi hamil 30 wk dan dasarnya gw cintaaaa... banget sama greentea, dari mulai yang asli minuman ampe eskrim dan cheesecake greentea, semua gw suka. Nyam!

Tapi ternyata pas udah ketauan hamil ada temen kantor yang bilang kalau mendingan dibatasin aja, karena ada beberapa pendapat yang bilang kalau green tea itu bisa berpengaruh pada level asam folat di badan. Meskipun sebetulnya bukti2 yang mendukung teori ini masih belum kuat.

Ini quote dari website babycentre:
Q
Some doctors are concerned that green tea may affect the body's folic acid (also called folate) levels. Folic acid is an important nutrient during pregnancy. One study linked neural tube defects in babies, such as spina bifida, to women drinking a large amount of green tea at around the time of conception. Spina bifida is a serious condition, which occurs when the tube around the central nervous system - the neural tube - fails to close completely. Neural tube defects such as spina bifida are usually associated with folic acid deficiency.
UQ

Selain itu juga kabar2nya sih... kafein di teh, kopi dll bisa bikin penyerapan zat besi ke badan berkurang (udah ada yang bahas ini belum ya di depan2?)

Ini quote satu lagi dari buzzle. com
Q
The Danish study found that drinking 8 cups or more of coffee per day (this would be about 16 cups or more of tea), would increase the chances of miscarriage, or stillbirth, by 60% compared to women who did not drink caffeine. They also found that moderate coffee or tea drinking did not pose significant risks. For those drinking half a cup to 3 cups of coffee a day, the risk of fetal death was 3% higher compared to non-caffeine drinkers. And for those drinking 4 to 7 cups of coffee a day, the risk increases to 33%. One cup of coffee equals about 2 cups of tea when comparing caffeine levels. The recommended amount of coffee drunk is up to 3 cups daily, or 6 cups of tea, by the UK food agency.
UQ

Silakan diklarifikasi kalau ada mamas lain yang lebih expert ya... Kalau gw mah modalnya cuma google n gosip ibu2 kantor doang hehehe...

Btw mods, maaf nih posting perdana jadi masih agak2 bingung, boleh copy paste link ke artikel nggak ya?

2

Topic: To Eat Or Not To Eat

Citta &thalia,

Kalo kata dokterku, bumil itu paling mentok boleh minum teh atau kopi 1 cangkir sehari, soalnya mereka ini menghalangi penyerapan zat besi ke tubuh kita, sedangkan baby perlu zat besi unt pertumbuhannya...CMIIW ya..

3

Topic: To Eat Or Not To Eat

thalia,sorella,anya.alwin,lullabytfs yah,, :D jadi bisa kasih tau temen yg lagi hamil,, :)

tapi setuju bgt kaya kata sLesta tiap orang emang beda2,,

kayanya mungkin faktor pikiran ngaruh juga ga sih?hehe

4

Topic: To Eat Or Not To Eat

thalia wrote:
Emak Corby - masih perdebatan... kalo mo baca2 ceritanya, ada di halaman 1... kocak kok, soalnya ada yang malah menyarankan, ada yang melarang :)


Pernah denger sih tentang perut panas plus udah baca di halaman 1 juga. Tapi kok dulu di aku ga ngaruh ya. Biasa aja gitu, ga panas, ga mual, malah pengen lagi pengen lagi. Ga peduli makan duren montong ato duren lokal yang katanya banyak alkoholnya.

5

Topic: To Eat Or Not To Eat

Eh iya, share juga nih. Tentang kopi, aku cinta mati sama capucino yang sachet (sebuah merk yg banyak beredar). ga bs seharipun ga minum ini, sama DSOG pun disarankan dikurangi. Suami juga mencak2 aja tiap aku pengen kopi. Ehhh... tapi anehnya klo minum kopi, aku bisa masuk makanan apapun, sekali makan bisa abis dua piring dsb. Pdhl klo ga minum tuh capucino aku jadi superpicky lho! Akhirnya aku minum kopi aja sehari sekali.

*setelah kupikir2, dgn duren dan kopi, aku beda ya sama bumil lain*

6

Topic: To Eat Or Not To Eat

Mamas, kalo permen mint gimana ya? Udah dua orang aja yang ngelarang gue makan sesuatu yang ada mint-nya. Padahal salah satu penyelamat di saat mabok berat, secara gue masih di trimester pertama niiih...

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

7

Topic: To Eat Or Not To Eat

dina alesannya ga boleh makan mint apa ya? setau gue sih gpp deh.. gue coba gugel juga ga ada yang menyebutkan kalo mint itu ga boleh pas hamil. coba cari tau dulu alesan kenapanya, kadang kalo alesannya ga masuk akal, mendingan ga usah diikutin :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: To Eat Or Not To Eat

slesta, itu dia, gue juga gatau, nyokap juga cuma bilang, pokonya ga bagus... :D

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

9

Topic: To Eat Or Not To Eat

Slesta, Dina - kalo ga salah permen mint itu memicu panas di ulu hati.Mangkanya kadang2 org menghindari mkn itu.Selain permen mint..gorengan,alkohol,coklat, bawang merah dan bawang putih jg memicu panas di ulu hati.Gue sendiri kadang ga bisa mkn permen mint,soalnya yg ada gue mual malah pernah gue maag dan itu sering bgt. Yg pasti permen mint ga membahayakan si calon baby,cuman emang bikin si ibu ga nyaman aja. Hehehe.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

10

Topic: To Eat Or Not To Eat

dina.kusumadewi, ikutan yaa.. mungkin alasannya kayak kata nyanya itu, yg mana jdnya balik ke orangnya lg. soalnya di aku justru teh mint tuh jd penyelamat bgt buat bikin gk eneg2. dari nanya dokter&googling jg gk ada yg ngejelasin u/gk konsumsi mint2 gtu. jd klo mint-nya ngebantu spy ibunya gk eneg2, gpp aja deh kayaknya..

11

Topic: To Eat Or Not To Eat

Halo moms smua..

senangnya berbagi info makanan :D

Jadi prinsipnya selama hamil tu boleh makan apa aja kan ya selama tidak berlebihan?
cuma aku diwanti-wanti ga boleh makan-makanan bakar, setengah matang, mentah, zat aditif & pengawet gitu sama DSOGnya. demi anak pertama harus bener2 ketat ni :D

aku mo tanya dong : klo pocari sweat boleh ga ya?? habisnya suka ngerasa dehidrasi banget. klo minum air doang kurang nampol, jadi kadang dibantu ma pocari. Mohon info ya moms, soalnya aku lupa tanya ma DSOGnya

thanks a bunch..! :)

it's just...dinhie
http://dinhie.wordpress.com

12

Topic: To Eat Or Not To Eat

dinhie makanan yang ga diperbolehin ama dsog kamu itu udah bener kok. semuanya termasuk dalam daftar tidak boleh. tapii ya itu.. kadang ga bisa tau. misalnya kayak gue dulu, gue ngidam banget makan sate padang.. itu kan dibakar. harusnya ga boleh tapi karena pengen banget daripada tar ngiler ga kesampean heheh.. jadi tetep makan. yang penting ngilangin rasa penasaran aja. at the end, gue sebenernya cuma end up makan 2-3x doang deh selama hamil.

dari yang gue tau sih pocari sweat is suitable for pregnant women, tapi kalo ga salah ada tulisan deh di botolnya untuk ask your physician before consuming. another thing, kalo bisa jangan minum yang dari kaleng.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: To Eat Or Not To Eat

Aku pernah baca di blognya orang, cuman lupa dimana, nanti aku coba cariin linknya..

Minum Pocari Sweat boleh kok, tapi diusahakan minum ketika banyak aktifitas yang menyita energi. Selama bisa minum air putih, itu malah lebih bagus. Aku juga sering minum Pocari, cuman membatasi diri nggak tiap hari dan sehari cuman 1 botol aja max yg 600ml itu.

Btw, baru tau makanan yg dibakar gak boleh juga buat bumil. Kapan hari malah makan sate ayam. Wong lagi pingin. Berarti, kebab gitu juga gak boleh donk ya?

Dokterku melarang aku makan nasi padang, ayam negeri (ayam kampung aja yg boleh), tape, duren, nanas trs makanan yg mengandung 5P (Pengawet, Perasa, Pewarna, Pengembang, 1 lagi lupa). Pake pengharum ruangan juga gak boleh.

Tapiii,, berhubung aku kos dan makanan hampir tiap hari beli (krn gak ada dapur di kos), jadi agak susah menghindari makanan tak berpenyedap. Cuman berusaha max menghindari makanan yg mengandung 4P lainnya atau makanan instan.

Menjadi ibu =melatih kesabaran :)

14

Topic: To Eat Or Not To Eat

alkeu makanan yang dibakar itu maksudnya makanan yang dibakar di atas arang. karena arang itu mengeluarkan carbon yang gak bagus untuk fetus. kalo makan kebab kayaknya tergantung itu dibakarnya dimana? kalo pake api (tapi ga pake arang) gitu harusnya gapapa.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: To Eat Or Not To Eat

dear alkeu,
ngutip dari www.kulinerkita.multiply.com/reviews/item/811 :
cara pengolahan makanan dgn digoreng dan dibakar dpt memberikan efek buruk bagi kesehatan krn berpotensi mengandung zat karsinogen (zat pemicu kanker). Kl digoreng, nama karsinogennya akrilamida, kl dibakar namanya nitrosamin. Bagaimana bisa sampai terbentuk zat karsinogen? Itu tergantung dengan metode pengolahannya. Kl menggoreng dgn suhu amat tinggi. Mis pada suhu 190 derajat saat menggoreng kentang, karbohidrat pada kentang akan terlepas&bergabung dgn asam amino membentuk akrilamida. Setau gw juga makin sering digunakan (lebih dari 3x penggorengan), minyak goreng itu sendiri juga udah mengandung karsinogen dlm jml besar.
Trus kl utk bakar2an,
spt kata sLesTa, pembakaran menggunakan arang itu gak baik karena saat dibakar, karbon pada arang terlepas&menempel pada makanan yg dibakar, apalagi klo sampe ada bagian yg gosong2 (pdhl yg gosong ini ya yang nikmat hehehe)
Jadi ya solusinya kita mesti hati2 saat menggoreng makanan (pakai api kecil, minyak goreng jgn dipakai lebih dari 3 kali) dan saat menyantap makanan yg dibakar (bagian yg gosongnya sebaiknya tidak dimakan).
Eh, CMIIW ya, siapa tahu gw salah nangkep bacanya ;)

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

16

Topic: To Eat Or Not To Eat

Ohh.. gitu yaa.. Makasih banyak infonya yaa.. Wah, kapan dulu itu aku makan sate ayam yang lewat depan kos dan ada bagian gosongnya yg aku makan. Untung cuman sekali aja.

Baru tau juga kalo menggoreng bisa berpotensi mengandung zat karsinogen. Makasih banyak ya semuanya..

Menjadi ibu =melatih kesabaran :)

17

Topic: To Eat Or Not To Eat

alkeu wrote:
Ohh.. gitu yaa.. Makasih banyak infonya yaa.. Wah, kapan dulu itu aku makan sate ayam yang lewat depan kos dan ada bagian gosongnya yg aku makan. Untung cuman sekali aja.


Ke, waktu hamil aku juga nggak disarankan makan sate ama dokterku, selain karena karsinogenik, juga karena sering nggak matang sempurna.. jadi pas hamil sama sekali nggak makan sate hihihi

Nobody could teach somebody to be a good mother. Only God and the mom's own will would
-bunda 2L-
http://therahmans.wordpress.com

18

Topic: To Eat Or Not To Eat

Bunda Zua, waktu itu aku makan karena kepengen banget. Dan aku liatin abang2nya. Akhirnya aku bakar sendiri sampe bener2 mateng. Tapi ya itu, ada bagian gosongnya yang aku makan. Cuman sekali doang sih.. Abis itu gak makan sate2an atau bakar2an lagi sama sekali sampe sekarang.

Menjadi ibu =melatih kesabaran :)

19

Topic: To Eat Or Not To Eat

Kalo yang soal bakar/panggang, aku liat dulu ini makanannya langsung bakar diatas api/arang atau enggak. Kan kalo kaya sate, itu jelas daging mentahan langsung dibakar diatas arang, yang kaya gitu yang dihindari.
Kalo kaya ayam ungkep yang udah mateng dan dibumbuin terlebih dulu, baru dibakar/panggang kayanya sih gak masalah...

Aku beberapa kali menolak roasted duck dan kebab, takut karena bakar2nya itu, tapi selama dimasak terlebih dahulu gpp ternyata.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

20

Topic: To Eat Or Not To Eat

berarti sate padang boleh ya? kan lidahnya direbus mateng dulu sebelum dibakar?

*slurp*

And thelilsolder is back. Fire!

21

Topic: To Eat Or Not To Eat

dhira rahman, sate depan RSPP (H romli) klo gak salah sih direbus dulu ya sblm dibakar. Makanya bakarnya jg kadang basa-basi bgt hehe tp dagingnya empuk bangettt&gak gosong.

soRella, logikanya sih gitu ya, makin lama dibakar, makin banyak karbon yg nempel. Jd kl udah mateng dl sblm dibakar, brarti lbh sedikit karsinogennya *hihi, pembenaran*

thelilsoldier, baru tau klo lidah sate padang juga direbus dl. Brarti relatif lbh sehat dong drpd sate ayam/kambing biasa.

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

22

Topic: To Eat Or Not To Eat

retnasihombing:
boleh, boleh.. kata dokter gue boleh *joget-joget*

And thelilsolder is back. Fire!

23

Topic: To Eat Or Not To Eat

thelilsoldier, gw malah baru tau sate padang itu isinya lidah..heheheh *bukan penggemar padang cuisine*, sorry OOT :D

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

24

Topic: To Eat Or Not To Eat

dinhie
meskipun telat gpp ya... hehehe...
karena hubby dosen, waktu itu dia studi banding gt ke pabriknya pocari sweat, kebetulan temennya bawa istrinya yang lagi hamil, dan malah managernya ngasi saran bwt bumil mengkonsumsi pocar.. *skalian promosi kali ye... tp setelah diterangkan lebih lanjut, ternyata cairan pocari itu sama aja dengan cairan infus jadi gpp dikonsumsi oleh siapa aja termasuk ibu hamil... akhirnya temennya dikasi oleh2 1 dus pocari.. *euh nyesel ga ikut... hehehehehe...

25

Topic: To Eat Or Not To Eat

All, makasih ya infonya. berguna banget.

seneng deh sharing tentang makanan sehat :)

it's just...dinhie
http://dinhie.wordpress.com