1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Meggy
Udah kelar baca 2 topik yg disebutkan..makasi byk ya mom :) saya memang udah beli s*ngobionnya tp Puji Tuhan blm dikasi atas saran mom gracenat..klo dah dikasi trus muntah2 bisa sutris saya, soalnya DSAnya ga blg apa2 ttg muntah, cuma blg poopnya mungkin hitam n agak keras.

Natallia
Makasi infonya..iya betul, saya coba hatinya memang amis..mungkin hrs direbus sama jahe..coba ah nanti :p

Kesimpulan saya sejauh ini:
- untuk deteksi dini apakah bayi perlu zat besi adl dgn melihat apakah dia lesu/mau tidur mulu, tdk aktif. Klo msh ragu bisa jg dilihat dr kelopak mata bagian bawah, klo pucat berarti anemia. Klo pink kemerahan berarti tdk anemia. Untuk lebih tepatnya, baiknya periksa darah.
- jika anemia, usahakan bayi diberi MPASU yg iron-rich. Untuk bayi yg BLW, yg notabene sptnya msh bergantung pd ASI, ibunya juga harus mkn makanan yg kaya zat besi dan vit C agar zat besi ini sampai ke bayinya secara optimal.
- klo semua jln sdh dicoba dan tidak berhasil, saya pribadi lebih memilih menyuapi anak drpd memberikan suplemen.

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

riry_husni makasih mommmm

Tapi akhirnya aku nyerah. Aku suapin juga walaupun suapunnya masih tetep ngotot ngarahin tangannya baby ben untuk pegang sendoknya sendiri.

Aku galau banget ni mommmm...beberapa hari terakhir ini liat babyku begini. Diabpegang teether mau tapi egang makanan ga mauuu...tangannya langsung ditarik gitu terus kalo aku paksain pegang dia ngamuk2 ky ga mau gitu ;(( terus kalo dikasih pir kukus yg ak ancurin ditambah air sedikit, abis dikecap2 di lidahnya dia terus ngerengek k ga suka gitu...huhuhu

Ak kebingungan banget...ada ga sih konselor blw yg bisa buat konsultasi semua2nya...aku bergantung sama forum2 atau artikel di internet aja deh...

Mom ada yg pernah punya pengalaman yg sama terus sekarang udah sukses? Mau dooong rahasianya....

Thaaanksss

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mom uletbulu, kemungkinan si baby belum siap makan. Kalau murni mengikuti metode BLW itu malah harusnya si baby mengambil sendiri makanan dengan tangannya tanpa bantuan dari orang lain sama sekali, jadi juga bukan kita yang menaruh di tangan mereka. CMIIW.

Sebenarnya setahuku tidak terlalu masalah kalau belum terlalu mau makan, mom, karena di usia 6-7 bulan ini baru perkenalan rasa, asupan utamanya masih bergantung pada ASI/susu. Baru di usia 8 bulan bayi mulai makan untuk mengisi perut/merasa kenyang.

Sebaiknya jangan dipaksakan, mom, nanti acara makan malah jadi traumatis buat si baby, dan dikhawatirkan malah berujung GTM. Tujuan BLW justru malah untuk meminimalisir situasi seperti ini. Seperti yg pernah ku-share, baby-ku mengambil sendok dari tanganku atas kemauannya sendiri, 2 hari terakhir ini karena perkenalan makanan baru (apel kukus), awalnya pun masih dilepeh2, tapi aku terus coba tawarkan, akhirnya mau, tapi gak mau pegang sendok sendiri, jadi aku suapin.

Mungkin moms lainnya yg sudah lebih punya pengalaman bisa bantu.

Sudah coba baca buku BLW-nya Gill Rapley & Tracy Murkett? Sekarang sudah ada bahasa Indonesianya terbitan Elex Media, atau mungkin bisa coba cari informasi lebih lanjut di web BLW Indonesia: http://www.babyledweaning-indonesia.com/

Admin grup FB-nya pun mbak adhya ada di forum ini.

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Cihuyyy mom natallia officially join this thread! Yeah...! Nambah temen blw-an :p

Karena isu defisiensi zat besi dari mom monastella, hari ini kukasih hati rebus ke anakku, dipotong, diletakkin ke tray, trus ambil nasi matang sedikit, digumpal-gumpal kecil (kecil banget), trus dimasukkin ke mulut pake tangan. Sukses? Oh tentu tidak, kembali lebih banyak dilepeh, Jordyn sih serius ngunyah (bayi ngunyahnya lama yah...), eh gak lama dibuang sedikit, untuk mastiin sari2 hatinya masuk, saya langsung minumin air putih, masuk deh tuh sari hati ehehe.. Thanks buat tipsnya, mesti pakai jahe ya buat ngurangi amisnya. Asli, hati itu amis bgt. O yah udah coba paprika merah? Itu kaya vit c ternyata (tomat juga).

O ya, jordyn skg kalo makan, buka baju n clodi, jadi cuma pake cd aja. Trus HC dilapisin perlak, biar kainnya gak kotor. Kenapa? Ampun, berantakannnnn...! Kalau metode spoonfed ribet nyiapinnya, nah BLW ini ribet bersihin kekotorannya... Bisa hampir setengah jam sendiri (untuk makanan yg lunak sperti alpukat yg terlalu matang dan tomat rebus).

Mom uletbulu, be strong. Udah coba minta dukungan suami? Saya tiap kali 'putus asa' dgn keengganan jordyn makan, suami saya selalu bisa nenangin dan bilang "mungkin emang belum waktunya, santai aja". Suami juga sblmnya gak tahu ttg BLW, cuma dr usia Jordyn 4bln, saya udah cerewet ttg BLW. Setiap nemu ilmu baru ttg blw, saya langsung ngomong ke dia. Jadi melalui obrolan saya, dia makin mengerti ttg blw.
Saya rasa jgn jadi self-fighter ttg hal ini dirumah, coba diobrolin apa itu blw, keuntungan dan kendalanya. Jadi ada yg bisa diajak tukar pikiran, dan it does help a lot. Dan mom, jgn putus asa yah even hingga kini Jordyn pun belum lahap makannya :)

Perkembangan Jordyn menurut saya hingga saat ini (blw udah mau jalan 3bln), refleks motorik tangan (dan jari-jari) berkembang dgn cukup baik. Saya perhatikan kemampuan motorik tgn kiri jordyn berkembang lebih dulu, dan baru belakangan tangan kanannya mulai ikutan aktif. Misalnya kalau tangan kirinya sedang megang makanan, maka secara pelan-pelan tangan kanannya akan menghinggapi tangan kiri untuk mengambil makanan tsb. Koordinasi tangan, mata, mulut pun, menurut saya, cukup baik untuk usia 7m2w. Dia bisa mengarahkan tangannya ke mulut dan bisa memegang sedotan agar ia bisa minum.

Kembali yah, tiap anak unik dan berbeda tahap perkembangannya. Jadi jgn maksain harus bisa begini-begitu, santai saja sambil terus dicoba dan dipantau.

Saya rasa saya harus berterima kasih kpd mom monastella, krn dgn adanya masalah yang ia ungkapkan, saya jadi aware akan masalah zat besi ini dan mulai melakukan tindakan pencegahan. Tfs ya mom mona :)

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Thanks Meggy dan Gracenat

Mungkin babyku belum siap makan yaaa...tadi aku baru suapin kentang kukus kuancurin dan dia tetep ga mau dan malah nangis2...mudah2an nanti ada waktunya dia mau blw an aminnnn *semangatin diri sendiri*

Ok sekarang aku kembali blw an deh...terserah si bayi kalau mau disentuh bagus kalo belm ya udah asi aja dulu... :)

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Uletbulu

Randi dulu 7.5 bulan aku terapkan blw, dari sepotong melon gedhe, paling cuman 1/10 yg masuk ke mulut... Umur 10 bulan ke atas baru blw-nya mantap... Dia sih mostly spoonfed, blw hanya waktu cemilan saja. Blw harus sabar... Coba masukkan sisa makanan jatahnya dgn sendok atau tangan juga gak papa, bayi mencontoh, randi, one day ambil biscuit pake tangan dan menghabiskannya sendiri. Tapi semua butuh waktu... Nasi pun aku suap tangan, dia mencontoh, ambil gumpalan nasi pake tangan dimasukkan mulut... Bahkan butir butir nasi dia kumpilkan lalu masukkan ke mulut. Tapi pada randi prosesnya agak lama dia baru mahir benar...

Lalu siapkan mental untuk makanan bakal berhamburan, anda tidak ada art, jadi harus sabar... Itu bakal terjadi. Tetap letih scra rutin hingga suatu saat anda kagum dgn motorik bayi yg terus berkembang.

Jgn lupa cek berat badan, jika ada penurunan, saran saya combine dgn spoon fed tapi tetep rutin diajarin blw disela sela mendulang.. Kesehatan bayi tentu yg utama.. Mom knows the best, bcoz every baby is different...
Sukses yaaahhh

The greatest gift from God....my Randi

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mo pajang foto dek Shasha makan ubi jepang. Ini sktr 2hr lalu. Hr ini belom makan.
http://farm9.staticflickr.com/8466/8096375437_0aeda59e71_n.jpg
http://farm9.staticflickr.com/8327/8096379656_1b2f439f46_n.jpg
http://farm9.staticflickr.com/8329/8096378086_c951e846ee_n.jpg
Msh byk pe-er ngenalin rasa2 yg lain. Uda sedia kentang, labu kuning, wortel, buncis, tomat. Mudah2an Shasha bs full BLW.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mba natalia..seneng bgd sih liat shasha mknnya enak bgd...
mba uletbulu.. klo buahnya dipotong seukuran jari gmn?trus taro di piringnya,taro aja didepannya biar dia ambil sendiri.. sasqi jg msh kya gitu mpe skrng,klo disuapin bubur,ampyuun deh susah bgd,tangannya hrs dipegangin,giliran buburnya dah masuk mulut eehh dilepehin (nyeseeekk :'( ) tapi klo bwt BLW dia malah enak bgd ngemutinnya cuma blom mpe abis mknnya. jdnya aku combine BLW ma konvensional.
2 hari ini sasqi ku kasih tahu putih yg dah dikukus,,she likes tofu :)
besok mw kasih wortel ma kentang kukus..
mba gracenat ia hati tuh amis bgd..ooh jd pake jahe yah biar ga amis (baru tau)... trus jordyn di kasih paprika? ciuus?mi apah? mang ga pedes yah?..klo tomat buat bayi gpp?aku prnh baca artikel,katanya tomat blum blh untuk bayi dibwh 1thn?

Love my chubbygirL Alisha Sasqi :)
http://riryhusni.wordpress.com/
https://www.facebook.com/riryhusni
twitter: @riry_husni

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Moms,

Masih mengenai isu zat besi & anemia pada bayi nih.. aku masih bingung kapan boleh kasih sayuran ke bayi. Kalo menurut tips di sini
http://theurbanmama.com/topics/tips/806/persiapan-makanan-pertama-si-kecil.html, yg di bawah ini belum boleh dikasih pada bayi <7bln:

[list=*]

  • Bit[/*]
  • Wortel[/*]
  • Bayam[/*]
  • Sayuran Hijau[/*]
  • Turnip[/*]


    Sayuran hijau kan berarti brokoli, buncis, dll. belum boleh dikasih juga. Ada moms di sini yang pernah kasih sayuran di atas saat baby-nya <7bln, baik secara BLW ataupun konvensional? Apakah ada efek tertentu?

    Kalau menurut web wholesomebabyfood sayuran di atas oke2 saja diberikan ke baby <7bln, juga DSA baby-ku baru saja menyarankan untuk secepatnya memberikan daging2an dan sayuran untuk mencegah defisiensi zat besi, salah satunya malah beliau menyebutkan spesifik wortel.

    Bingung nih mom, kayaknya pemberian sayuran di usia 6 bulan masih pro-kontra. Makanya aku coba tanya pengalaman mommy2 di sini yg anaknya dah lewat 6 bln.

    Thx sebelumnya yah mommies :)

  • 10

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Mom natallia
    Wahhhhhh, jd inget alasannya berBLW lagi :) umur berapa ya Shasha? Mahir dan sptnya aktif BLW :)

    Mom riry_husni n gracenat
    Iyah, aku jg pernah baca ttg tomat, jgn dikasi untuk bayi < 1thn.

    Mommas, aku ngutang laporan 1bln awal BLW yah..ini updatenya.
    - hr 25 s/d 26 (04 - 05 Okt 2012) : menunya pear kecil yg garing itu...manis sih rasanya dan gampang dipegang, tapi bayiku keburu kesal krn tyt susah ngunyahnya jadi kurang laku haha.
    - hr 27 : hari ini menunya pepaya. Licin tapi tandas :) dgn bantuanku masukkin ke tangannya :p
    - hr 28 s/d 29 : menunya adl buah favorit bayiku yaitu semangka! :D Sayang ngga semanis yg kmaren, dan lupa beli yg seadless!! Next time deh!
    - hr 30 s/d 31 : aku nyobain mangga harumanis ke bayiku..lagi2 dengan bantuanku masukkin ke tangannya krn licin! Bayiku kadang suka protes klo nyoba megang tp ga bisa2..dan mamanya juga iba melihat buah mangga yg tergelincir dari tangannya, padahal udah tinggal sesenti dr mulutnya. Duh susah juga ya klo mo full BLW haha.

    Nah lunas :D sekadar info, dengan gerakan BLW ini bayiku cuma naik 0,2 kgs sebulan. Biasanya minimal 0,5kgs. Aku ga khawatir sih, selama naik.
    Setelah menu2 di atas aku juga pernah ngasi kiwi, makaroni, dan pear yg lunak. Yg sukses full BLW cuma pearnya. Setelah dikasi kiwi, ujung2 bibir bayiku jd memerah ky iritasi. Keras kali ya buat bayi? Makaroni gatot :D
    Udah seminggu ini bayiku duduk di high chair dan BLWnya berasa kurang enjoy, enakkan duduk melantai. Kenapa? Karena makanannya ngga kebuang2 (lantai kualasi kain) dan ga rempong bersihin abis mkn (kan pk kain :D)
    Pernah kukasi nasi plus hati, trus bayiku kynya trauma liat nasi :( setelah 2hr nyoba hati, akhirnya nyerah, beralih ke sayur mayur yg kaya zat besi dikombinasi buah yg tinggi vit C. Sekadar info ya buibu, ternyata zat besi dr produk hewani jauh lebih mudah diserap drpd produk nabati. Pada akhirnya aku ngga full BLW. Kmarin bayiku aku spoon fed jus jambu+strawberry+apel krn ekspresi mupengnya waktu aku minum...hari ini kita share jus sirsak, spoon fed lagi. Oh ya, 2hr ini aku ngerasa bayiku susah makan :) Dugaanku krn udah beberapa kali spoon fed yah, dan krn kasus nasi hati. Klo aku menaruh piring yg berisi makanan di depan bayiku, dia jd ngga tertarik ky dulu. Mungkin juga aku yg salah timing krn dia masih kenyang. Oiya tadi siang aku spoon fed tp aku mencoba mengarahkan bayiku minum jus sirsak sendiri dgn sendok yg dia pegang. Jadi sendoknya kuisi jus, kuselip ke dlm genggamannya, dan dia sendiri yg masukkin ke mulutnya. Setelah agak lama dijilat-jilat, sendok dlm genggamannya kugoyang2 sbg isyarat bahwa aku minta sendoknya untuk kuisi jus lagi. Awal2 sih tarik2an :D tp lama2 ngerti tuh..bayi memang menakjubkan! Tapi aku takutnya bayiku bingung. Kadang pk sendok, kadang pk tangannya....gmn yah? Ada ide mommas? TIA :)

    11

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Randi , thanks mom sharingnya...bikin aku lebih semangatttt...mudah2an ben mau blw an dengan suksessss amin

    Riry_husni ben persisssss ky sasqi. Waktu udh kusuapin eh dilepeh ama dia, tambah migran deh akunya...ntr coba tofu juga ah...semoga dia suka..thanks mom sharingnya. :)

    Natallia shasha coollll!

    12

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    riry_husni&uletbulu
    Shasha masih blm makan byk koq. Dia emg uda bs ambil makanan dan masukin ke mulut tp proses mengunyah dan menelannya itu yg blm bgs. Selain blm ada gigi,msh bertahap jg yah mengunyahnya. Soalnya makanan yg kukasih,teksturnya beda2 terus. Kalo ky ubi jepang ini,dia bs makan mskpn byk yg ancur krn diremet2 sm tangannya. Yg jelas,kalo utk menggigit/memotong makanan,sdh mulai bgs.
    monastella
    Shasha umurnya 6bln 16hari. Dia emg uda napsu bgt pgn makan. Yg pas mkn ubi jepang,malemnya,ubinya aq sendokin. Kalo di dlm mulutnya msh ada mknan dan aq mo suapin,badannya/kepalanya dijauhkan dr aq. Jd dia ga mau mkn dl. Kalo mulutnya uda kosong,br deh kepalanya maju.
    Bayinya uda umur brp? Mkn pepaya uda bs hbs gt. Btw,,shasha hbs mkn pepaya,pupnya bau bangetttt. Smp mabok bersihin clodinya :(
    Shasha br mulai BLW,bbnya aja blm naik dr bln lalu. Bln ini blm imunisasi jd blm ktm dokter dan pede aja ksh dia mkn.
    Eh,tomat belum boleh bwt bayi <1th? Knp ya? Apa krn memicu alergi?
    Oya,,jus buahnya kalo dimasukin ke gelas,dikasih sedotan,apa bayinya blm bs minum pk sedotan? Soalnya Zhiezhie dl pas msh 7bln,uda bs minum pk sedotan. Bsk nih Shasha mo kucobain minum pk sedotan.
    Satu lg,,,td siang Shasha aq kasih wortel direbus. Wortel enak di emaknya,ga enak di anak. Mksdnya,kalo mkn wortel,ga sekotor kalo mkn mangga/pepaya/semangka,jd emaknya ga ribet bersihin. Tp anaknya kesusahan. Mskpn uda lunak (bs patah digenggam Shasha),tp tnyt dia msh kesusahan utk motong wortel dan mengunyah.

    Garnetzhia and Ametysha are my little angels

    13

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Laporan lagi nih, Raisa lebih sukses makan metode konvensional akhir-akhir ini krn aku udha mulai kenalin dia dengan bubur nasi dicampur sayuran dan kaldu ayam kampung organik atau keju. Alhamdulillah gak ada masalah dan makannya lahap banget, aku malah jadi kesenengan masakin Raisa bubur dengan slow cooker sekarang. Mau nyoba kasi oatmeal dan aku pilih yg harus dimasak dulu, bukan yg instant. Belum berani kasih hati ayam kampung krn aku sendiri gak suka hati dan gak tahan ama amisnya. Takut Raisa nolak makanannya. Dan aku sendiri juga belum bisa masak makanan dari hati supaya gak amis. Kudu ditambah jahe ya pas ngerebusnya? Ntar dicoba deh.
    Akhir-akhir ini lagi seneng kasi makan Raisa dengan jagung manis. Basically anakku ini makannya emang lahap dan gak pernah nolak makanan apa pun yg aku sediakan kecuali dia lagi ngantuk atau kekenyangan. Kalo uda ngantuk, dia gak mau disuapin atau disodorin makanan. Yg ada malah dilempar makanannya.

    I just love being a mom.

    14

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Randi,
    Thanks for sharing. Sharenya menenangkan hati bgt soalnya kalau diperhatikan mmg Jordyn skg kaya gitu makannya 'seupil', dan malas-malasan. Semoga semakin-lama semakin lahap makannya. Amin...amin...

    Riry_husni,
    Paprika merah, recomended. Teksturnya crunchy but moist, kayak daging ketimun, tp lebih 'kress' lagi. Gak pedes kok, hny baunya aja yg kayak cabe. Saranku pilih paprika merah yang badannya masih keras (padat), krn ini yg fresh, dan kalo dipotong2 trus dibawa di wadah tertutup, teksturnya masih 'kres' gak layu. Pernah beli yang agak lunak badannya, kurang fresh, dan gampang anyep.

    Natallia,
    Ini link ttg tomat http://wholesomebabyfood.momtastic.com/tomatoesbabyfoodrecipes.htm#.UIF0QoaXtYk
    Dibilang sih mmg lebih baik dihindari dibawah 10 bln krn kemungkinan akn menyebabkan ruam dimulut dan pantat krn perut belum bisa toleransi dgn tomat yang asam. Untuk mengurangi keasamaannya, disarankan tomatnya dimasak dulu.

    Mungkin Jordyn salah satu bayi yg gak alergi tomat yah dan juga mungkin krn tomatnya kumasak dulu agar lembek dan bisa di'mainin' sama dia.

    Meggy,
    Saya kasih Jordyn bayam dan wortel ketika dia berumur 7 bln something...
    Kalau brokoli dan labu kuning, iseng dicoba dr 5 bulan (ahaha...)
    Buncis, 6 bln

    Ini ada artikel menarik ttg blw. Seorang ibu yg awalnya memberikan spoon-fed di usia 5 bln namun krn bayinya menolak, ia pun menunggu memberi makan bayi tsb hingga 7 bln dgn cara blw.
    http://www.alternative-mama.com/baby-led-weaning-and-why-we-love-it/

    http://www.alternative-mama.com/baby-led-weaning/

    :Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

    15

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Thanks mom gracenat, berarti memang untuk amannya tunggu dulu aja yah..

    Anakku sama sekali gak ada tanda2 anemia, jadi kayaknya saran DSA ini hanya untuk langkah pencegahan. Setelah aku cari2 info, ternyata dalam kelompok buah2an, alpukat yang paling oke kandungannya, sudah ada vitamin C dan zat besinya juga, 2 in 1, jadi penyerapan optimal :D

    16

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Hokeh... Banyak yg udah punya aneka inspirasi. Seneng banget bnyk yg blw. Nena <20hari lagi mpasi. Smg lahap maemnya kaya kakak hilya Dulu.
    Cuma, krn musimnya beda, mesti cari alternatif yg oke nih.. Liat aja pas bln November yg lagi banyak, murah Dan oke apa saja.
    IMO, kl mau combine, sebaiknya conventional utk makannya, buah utk blw. Jd anak ga bingung dan ttp ngerti bhw makan adalah masukin makanan ke mulut lalu dikunyah.

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    17

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Iya stuju dengan mummyhilya.... Aku juga pilih BLW pas Raisa lagi makan snack-nya atau buah-buahan. Untuk makan pagi, siang dan malam, pake metode konvensional dengan cara spoon fed sambil sesekali membiarkan Raisa pegang sendoknya dan mengarahkan ke mulutnya. Memang akhirnya jadi gak full BLW, agar asupan gizi dari makanan utama tetap terjaga, gak cuma dijadiin mainan alias dicemek-cemek (bahasanya gak baku tapi yah begitulah kesannya makanan yg dimainin Raisa hehehe). Mungkin udha gak cocok diomongin di thread ini karena ada metode konvensionalnya hihi... Maaf ya moderator thread ini. Tapi berhubung masih suka dengan BLW dan pgn tetap mengajarkan anak makan sendiri tanpa disuapin terus, trus pingin dia tumbuh menjadi anak yg kenal segala macam jenis dan tekstur makanan alias gak picky eater kayak emaknya (yes that's me hihi), aku masih suka mantengin thread BLW ini buat dpt pencerahan menu-menu BLW yang bisa aku kasih ke Raisa.

    I just love being a mom.

    18

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Laporan BLW lagi ah: sukses ngasi Raisa kentang tess baby yg bulet-bulet kecil itu. Kentangnya bisa direbus atau dikukus, aku prefer dikukus sih krn pernah nyoba ngerebus kok masih agak keras menurutku padahal udha lama banget ngerebusnya. Kentang tessnya krn udha berukuran kecil cuma aku belah dua supaya lebih mudah dipegang dan dimakan. Karena kalo masih bulet agak licin dipegangnya dan agak susah buat dimasukin ke mulutnya yg imut. Nah sebagai reward ke Raisa, karena udah berhasil makan kentang tess pake cara BLW, aku kasi dia bubur jagung manis campur keju cheddar yg gurih rasanya dgn cara spoon fed setelah dia menghabiskan kentang tessnya (8 potong kecil) hehehe....Alhamdulillah anakku makannya lahap banget. Seneng liat anak makannya lahap gitu.

    I just love being a mom.

    19

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Aaaaaahhhh capek tapi seru baca forum ini. Baru nyampe page 30 *ngosngosaaaaan
    Tp ga tahan pengen komen :-P

    Lucu2 ya liat pic ama videonya. Makin banyak baca makin mantep mo pake cara BLW buat makan Kalam 10 harian lagi. Tp mo siap2 bikin puree jg krn Kalam berat badannya 2bulanan ini naiknya dikit banget. Dan bapak nya yakin kl mpasi ini harus bikin Kalam ndut. Sigh..... tp yg penting anaknya sehat yah ah.

    Salam kenal semua. Hai mba mia mummyhilya. Baiklah mari teruskan membaca page 31. Semangkaaa!!!!

    Bussy life...happy life...

    20

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    waaa liat foto ma videonya jadi pengen cepet2 nyobain BLW nya, habis lucu2 sih..>.<

    21

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Libur 3hr kmrn (idul adha) pergi ke puncak tdk menyurutkan semangat berBLW. Sampe bw boster seat utk memudahkan berBLW. Uda bw bekal labu siam dan labu kuning mentah.
    Pas smp puncak,makan siang di resto lesehan. Shasha cuman ngemil 2iris timun lalapan. Besok paginya pas qt semua sarapan gulai dan mpek2,Shasha sarapan labu siam kukus. Kebetulan br pertama kali mkn labu siam nih. Dikukusnya emg agak lama,jd gampang ancur kalo kena genggaman tgn Shasha. Aq sengaja bagi dua dl si labu siamnya,beli yg kecil aja krn emg cuman utk dia (bukan utk sayur sekeluarga). Tnyt potongan pertama habis dimakan Shasha. Kirain krn ancur tp tnyt emg habis,lgs deh potongan berikutnya. Dan ternyata habis tak bersisa. Pas mkn siang,smpt ngerebus labu siam utk bekal di resto. Cuman ngerebusnya krg lama,jd msh agak keras. Emg sih ga gampang hancur tp jd sulit utk dimakan sm Shasha dan lbh licin. Jd bolak2 lepas dr tangannya. Papa Shasha sibuk bantuin ambil labu siam yg jatuh. Tp emg lmyn membantu nih BLW. Jd dia ga rewel krn qt sibuk makan. Stlh hbs yg potongan pertama,potongan berikutnya dikasih lg. Tb2 pas kuliat,uda ga ada si labu siam,dicariin (mungkin) jatuh di boosternya,jg ga ketemu. Akhirnya Shasha diangkat dr booster sm akungnya. Eh,,,dia malah nangis2,dilap tgn dan mulutnya pun msh aja nangis. Tnyt oh tnyt.... Labu siamnya msh ada,ketutupan sm kakinya tdnya. Dia nangis,mgk msh pgn makan tp uda diangkat. Hihihihihi.... (sori,,ga post foto. Kyknya ada di kamera bapake. Ribet judulnya kalo pny bapake)
    Pas di puncak,Shasha smpt makan pisang ambon. Dikasihnya tnp kulit,awalnya dikasih separoh dl tp lama2 hbs jd dikasih lg. Habis jg sebiji pisang ambon. Tp ya gt,,,mukanya belepotan bgt.... Krn licin,jd si pisang bolak2 jatuh kena celana,tnyt noda pisang di baju susah ilangnya :(
    Sempet khawatir bakalan sembelit krn si pisang ga dikerok dan Shasha makan semuanya. Tp sorenya dia kukasih mangga harumanis,lancar jaya deh pupnya.
    Sampai saat ini,kemajuan Shasha dlm BLW,,dia sdh bisa mengarahkan dan memasukkan makanan ke dlm mulut. Makanannya msh berupa potongan besar. Kalo agak berat,,kepalanya deh yg maju :D
    Selain itu,jemarinya jg makin ahli meremas2 makanan dan memutar makanan.
    Kalo msh ada makanan di mulutnya,dia ga mau masukin makanan dulu. Kalo sdh beneran kosong,br deh dia masukin makanan lg.
    Kalo keselek,hmp ga pnh,palingan batuk2 kecil krn yg dimakan teksturnya agak kering ky ubi.
    Ayo,,mana nih laporannya moms yg lain?

    Garnetzhia and Ametysha are my little angels

    22

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    whuaa.. udah jarang bgt mantengin thread ini. lebih sering ngobrol di grup FB. join yuk grup FB Baby-Led Weaning (Indonesia). ada dokumen2 yg bisa dibaca juga untuk menghindari pertanyaan berulang :)

    *moga2 ga ditimpuk MaMod TUM :D

    23

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Haloooowww..
    Btw kentang tess itu ukurannya besar-besar yah? Lihat di superindo kemarin, 30rb dapat 5 kentang ukuran besar bgt. Jadi ragu mau beli, krn ukurannya (dan harganya ahaha...).

    Halow dewiamel, welcome! Ditunggu post blw-annya.

    Mamanabel, lihat foto2 baby BLW emang seru-seru... semoga diriku sempat upload yah. Kadang upload foto/video di TUM suka bermasalah...

    Mba Natallia, kereeeeeeeeeeeennnn bgt si Shasha...!
    4 jempol buat shasha (2jempol mama+2 jempol jordyn).
    Belum sempat post nih, sibuk pindah kontrakkan ahaha...
    Semingguan ini sempat di mix blw dan spoon fed. Itu pun yang disendokin cuma kurang dr 4 sendok bayi pigeon.

    Nanya2 apakah ada yg punya experience baby 8 bln yg kayak jordyn (blm minat makan) di FB BLW, berikut ku kopas ya jawaban mereka biar gampang langsung baca:

    Hi...
    Does anyone have experience regarding baby doesn't want to eat although she already can sit and can hold her food? Mine is almost 8m, and now she can sit properly and hold her food but she doesn't want to eat much, just taste, chew, and expel it slowly. TIA.

    Victoria Lumb It's normal. Remember that at this point, she is still experimenting. She will eat when she is ready!

    Aimee Cronenberg Don't worry about it!

    Elizabeth Alsop-Muma She'll eat when she's ready so don't worry!

    Terri Matthews Food before 1 is just for fun. As long as you're still either BF or FF her before a meal, she'll take what she wants, and either eat or play. It's just about new textures and tastes now.

    Ashley Chenard My was not interested at that age. She was nearly exclusively breastfed until 13 months. She has an appetite now at 17 months :) food is for fun before one so no worries!


    Libby Anderson My LO didn't get interested in food till about 8 months, but now at 12 months he eats just fine. Don't worry :-)

    Rosanna Sutherland With my first it was at about 8 or 9 months that the penny dropped about eating food!
    What might help is to eat your meals at same time. They learn from copying and playing and experimenting


    Jami Gamino That is ok most of her nutrition comes from breastmilk. If you try to force her you may create a picky eater. Just let her explore at her own pace.

    Sophie De Lacy Peek mine wasn't interested much or at all until i night weaned at 13 months :-)

    Elizabeth Perry just a thought my lo is almost 8 months and just started really being interested. I started offering him food in the evening and i think because my BM drops then he actually enjoys eating food.

    Nah setelah baca ini, diriku semangat lagi utk BLW. Memang si Jordyn ini makannya belum lahap, dan ternyata itu wajar. Kalau dipikir2 kan namanya MPASI/MPASU yah: Makanan Pendamping Asi/Susu yah, bukan Makanan Pengganti Asi/Susu. Intinya pengenalan makanan solid.

    Yuk buk-ibu kita semangat BLW lagi :)!!!

    :Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

    24

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Yes! Udah mulai makan...
    Menu hari pertama Dan kedua: brokoli kukus Dan buah alpukat. Alhamdulilah nena sdh bis mengarahkan tangan ke mulut. Dibarengin kakak maemnya jadi makin semangat.
    Senang karena skrg lebih PD Dan santai. Jadi anak bisa makan sambil ibunya makan :).
    Btw, sehari langsung makan 2 8 jam 10 pagi (brokoli) Dan jam 3 sore(alpukat)m
    Cuma 10-15 menit/ meals jatah makan habis. Ya sudah. Masih 6 bln Dan perdana. Jd ga perlu maem banyak juga. Semangat buat mama blw :)

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    25

    Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

    Waaah nena hebaaaat.
    Kalam harusnya besok mulai nyoba makan, tp bubun blom belanja. Brokoli di mamang sayur ampun jelek2 sekarang ini. Tp di kulkas ada kentang sih. Pengennya sih beli kentang organik, coz dulu kakaknya (hafidz) mencri2 pas kenalan sama kentang biasa.
    Booster seat jg blom dibersihin. Hehehehehe.
    Mudah2an besok sempet ke supermarket beli sayur&buah2an buat kalam.

    Bussy life...happy life...