1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

aniwul kayaknya untuk bahas makanan anak di atas 1thn, udah gak di baby lagi ya. dan definitely gak di thread ini karena ini bahasan MPASI dengan metode BLW. untuk anak yang udah 19bln, berarti kan udah 1.5thn, udah bisa makan dengan menu yang sama dengan orang tuanya. penggunaan gulgar juga udah oke. di resto juga bisa aja kok di pesen makanan yang aman, misalnya berupa sop atau pasta. intinya kalo sudah 1thn, udah bisa makan table food, jadi udah bisa makan apa aja.

bahasan lain untuk anak toddler bisa di cek di thread toddler ya. thread ini bahas ttg menu makanan sehari2, atau thread ini yang bahas cara supaya ngajarin anak makan sendiri. semoga membantu yaa!

eend.wahyuni welcome! silakan dibaca2 yaa.. kalo ada pertanyaan, silakan loohhh :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mamas please advice.... Anak saya Rain 6m2w barusan saya kasih batang sawi kukus kira2 panjangnya 10cm, awalnya dia emut2 trus dimasukin ke mulutnya pelan2 mpe masuk semua trus keluar lagi tapi sama dia diseruput jadi masuk mulut lagi, agak hampir keselek tapi ga jadi trus tiba2 batangnya ketelen.... Bahaya ga ya mamas.... Saya jadi worry nih...

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

EksaIrawaty wrote:
Mamas, need info donk...
2 bulan lagi bebe mulai makan, pengen BLW, tapi bingung. Ada beberapa pertanyaan nih, please please dibantu jawab yah
1. Untuk BLW pertama (6bln) menunya apa aja?
2. Sehari dikasih makannya berapa kali? Kalo ada yang punya jadwal makannya sekalian :D
3. Apa aja makanan yang boleh&ga boleh dimakan pas 6bln
4. Buah dulu atau sayur dulu?
5. Karbohidrat diperkenalkan pas 6bln atau 7bln
6. Adakah buku yang lengkap buat dijadiin 'paririmbon' BLW selain Baby-Led Weaning (Gill Rapley's) biar ada tambahan info

Hatur nuhun


coba ngejawab yah,

1 & 3 kalo menurut DSA 'Ayyasy, sebenarnya usia 6 bulan, si bayi bisa ready untuk makanan apapun :D tapi, kalo ummu 'Ayyasy ngasihnya:
Buah : Alpukat, Apel, Pisang, Pir, Pepaya, Melon
Sayur : Brokoli, Labu Parang, Zuchini
Karbo : Kentang, Ubi Jepang
nyontek menu BLW bundanya Fatha :D

2. kejawab di atas, 2 minggu awal bisa 1x aja, trus 2 minggu berikutnya 2x, trus selanjutnya 3x, disesuaikan saja

4. ini sih terserah saja, ada penganutnya masing-masing hehehe. Ada yg bilang buah dulu, karena rasanya manis dan ga harus dimasak sehingga kandungan nutrisnya terjaga. ada yang sayur dulu karena melatih si anak untuk suka sayur dari awal.

5. usia 6 bulan bisa kok dikenalin karbohidrat

6. Googling!! hehehe :D kalo referensi buku, belum tau nih. colek mba adhya aja :D

HTH

I used to say, I and Me. Now it's Us, now it's We
Big Melting Pot... All mixed up in one big bowl

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mommies.. sharing dong..
anakku dh sebulan ini blwan tp krn cerita2 dgn dokter anak (mereka belum tau metode BLW) katanya kasian ususnya harus bekerja keras buat mencerna makanan utuh td, jd khawatir neh... gimana y?

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

sharing.. bayi gw dr 6m ga mau d suapin.. semuanya mau pegang sndr..
berhub beratnya d bawah rata2.. jd gw suapin sementara babynya pegang mkn sndr.. sampe umur 10m kek gt.. baby gw ga minta susu pas mo bo2 siang ato mo bo2 malem ( mesti gw yg tawarin setgh maksa jg) mulai dr 10m full blw kok tiap mo bo2 siang ato malem minta susu ya? banyak lg gw kasi 120ml masi nangis2 minta susu lg...
yg mau gw tanyakan ... apa menu blw yg gw kasi kurang banyak ya?, jadinya baby gw masi laper ga bs bo2? kalo iya berapa banyak kukusan yg d kasi mamas yg laen? sementara ini yg gw kasi brokoli 5 bunga+ kentang 1/2 + ubi 1/2+ nasi 1sdm d bulatin +3 iris daging + pokchoy 1bonggol kecil gt... emang si ga semua masuk mulut, kira2 setgh jam gt baby gw uda mainin mangkok beserta isi yg ada d dlmnya..itu uda tanda baby nya ga mau mkn lg kan ya? kalo uda liat dia maenin mangkok, gw lsg stop...
gimana ya?

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

ellen83
Itu makanan blw-nya kira2 ada separo gak masuk di perut sekali makan? Kalo ada, banyak juga tuh makannya... Dia msh minta susu lagi kasi aja, kan kebutuhan susunya masih ada.. Trus buat booster bisa dibikin finger food yg lbh bervariasi drpada hanya sekedar kukusan aja, mungkin dia bosan jadi gak habis makannya. Trus sedikit2 ajak dia nyuapin sisa makanannya pake tangannya sendiri... Heheh... Aku baru mulai blw dan yg masuk mulut paling cuma 1/10 dr yang dipegang, sisanya aku masih suapin aja... Biar dia makan. Trus habis itu di nen, bobo siang deh.

The greatest gift from God....my Randi

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

melasari wrote:


6. Googling!! hehehe :D kalo referensi buku, belum tau nih. colek mba adhya aja :D

HTH


Makasih banyak infonya :)
Bukunya mbak adhya sih jadi paririmbon pertama yang dibeli...
Masalahnya minggu depan mau pindah ke kampung, tadinya mumpung di bdg mau cari2 buku, soalnya dikampung nyari signal internet susahnya minta ampun, mending baca buku aja deh

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

harusnya si ada separo si yg msk...
share menu finger food plisss..
bingung gw mau buat apa..

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hai Moms... Sharing dikit yaa...
Josh baru seminggu nih mulai MPASI.
Awalnya aku kekeuh banget mau BLW. Tapi karena pada komplain dan 5 hari seminggu masih di rumah orang tua, jadi campur deh sama spoonfeeding.
Sebenernya Josh seneng banget pas pertama kali makan boleh pegang apel sendiri. Dikenyot-kenyot, sampe akhirnya kegigit keciiil banget mukanya kaget gitu. Dan cuma bertahan sebentar langsung keluar lagi. Akhirnya bosen.
Sekarang sih masih pakai 4days rule (tapi mommy nya ngga tahan kelamaan, jadi 3 hari aja udah ganti menu :P ). Baru coba apel, pepaya, & pisang sih... Lagi mikir, lusa cobain apa lagi ya?
Cuma masalahnya kalo granny nya ngomel pas liat Josh ueee ueee yaa jadi di tumbuk deh buahnya. Padahal Josh nya mah seneng, malah tiap keluar, suapan berikutnya makin gede... Gimana ya biar granny nya percaya kalo BLW tuh ngga akan kenapa2? Padahal udah kasih liat video BLW segala lho...

hontou no koi dakara fushigi na koto ga aru

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Thanks to this thread..
Alhamdulillaah sejak awal MPASI my Javas (1y7d) sudah ber-BLW gara2 mantengin thread ini.
Banyak suka dukanya, tapi hasilnya WOW! Selalu dibikin surprise sama kemampuan bayi yang terus meningkat hari demi hari.

Semoga anak ke dua nanti bisa full BLW tanpa cela. :D

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hi moms
Salam Kenal. Aku Tia baby aku micaela.
Baru neh aku di tum. Mo na ya baby aku dah mo 8m. Rencananya mo cobain blw. Cuman baby aku kalo d ksh keq pepaya potong dia tiap makan kunyah2 keq keselek mo muntah? Normal ga yah? O ya baby aku dah Ada Gigi 2 d bawah. Telat ga yah 8m mo blw? Thx before :)

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mamas... mau nanya nih... kapan yah bayi BLW bisa diperkenalkan makan dengan menggunakan sendok (menyuap sendiri tentunya)...?? terus alat makan apa yang sebaiknya digunakan...?? apa yang jenis nempel/lengket di meja itu yah...?? lalu menunya apa...?? terimakasih... :D

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

hiyaaa...g sabar nunggu my Ksathra BLW-an...cuma agak2 bingung nih...difoto and video2nya kan babynya udah pada bisa duduk ya....Ksathra at the moment 5 mo 8 days blm bisa duduk, kalo dipangku masih senderan ke badan yang mangku, tapi kalo digendong hadap depan dia udah mulai condong ke depan..katanya kan kalo MPASI si baby hrs udah bisa tegak ya...? kira2 dia udh bisa BLW or harus konvensional. sekarang sih semua barang yang ada ditangannya langsung masuk mulut,,,*efeknya pernah kena amoeba* ;(
thanks moms...

Love My Tuan Ksathra

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Jadi kalo belon punya gigi gpp yah? mao mulai tp rada cemas juga..tapi pengen banget spy gwennnya tumbuh g jadi picky eater...enaknya buah dulu ya?

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Moms, ada ga ya foto size potongan buah untuk blw? B sih udah 8 mo, tp br tertarik buat megang makanan, jd td aku kasi potongan alpukat yg aku iris manjang, tp keknya mateng bgt jd sebagian hancur di tangan, begitu masuk mulutm eeehh yg digigit potongan guedeee smpe kaget! Tp trus dikeluarin srndiri ama dia. Shock2 gimanaaaa gt jadinya *sweat*

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Senangnyaa tiba2 nemu topik ini tanpa sengaja, menjelang masa MPASI Asha yang tinggal 2 minggu lagi :) My baby girl Asha sejak 4bulan emang udah mupeng berat kalo liat ayah bundanya makan, terus mulutnya ikutan ngunyah-ngunyah, ga tau deh ngunyah apaan. Hehe..
Kemaren iseng2 makan pepaya di depan Asha dan nyodorin piring kecil berisi pepaya ke arahnya, eh tiba2 disamber aja itu pepaya. Kayanya udah beneran pengen makan deh dia.
Jadi ga sabar pengen cepet2 mulai nerapin BLW ini dehh.. Pasti seru dan menyenangkan :D

Asha Lavenda My Lavender Love

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

udah lama ngga mampir ke thread ini makin rame aja ya :)

mrs. sambara: udah baca "The Miracle of Enzyme"nya prof.dr.Hiromi Shinya belum? ini saya kutipkan:
"Jika Anda dirawat di rumah sakit di Jepang, apa pun kondisi Anda, rumah sakit akan segera memberi Anda makan bubur nasi. Rumah sakit percaya bahwa mereka berlaku penuh perhatian terhadap pasien2 mereka, terutama kepada mereka yang baru saja menjalani pembedahan internal, dengan mengatakan, "Mari kita mulai makanan Anda dengan bubur beras agar kita tidak memberi tekanan terlalu banyak pada lambung dan usus Anda," Akan tetapi, ini adalah sebuah kesalah besar.
Saya memberi pasien-pasien saya makanan biasa sejak awal, bahkan jika mereka baru saja menjalani operasi lambung. Jika mengerti bagaimana enzim bekerja, Anda akan segera mengerti mengapa makanan-yang-tidak-diproses lebih baik daripada bubur.
Makanan-yang-tidak-diproses lebih baik karena Anda harus mengunyahnya dengan baik. Mengunyah menstimulasi sekresi air liur. Enzim-enzim pencernaan yang terdapat dalam air liur, jika tercampur dengan makanan selama dikunyah, meningkatkan pencernaan dan penyerapan karena penguraian makanan berlangsung dengan lancar. Sedangkan bubur pada dasarnya sudah lembut, dapat ditelan tanpa dikunyah dengan baik. Bubur tidak dapat dicerna dengan baik karena tidak banyak enzim yang tercampur di dalamnya, sementara makanan normal yang terkunyah dengan baik juga dapat dicerna dengan baik."

well.. sepertinya di bidang apa pun ada mazhab2nya ya. termasuk dlm pemberian makan ke bayi. akhirnya ya terserah si ibu masing2 :)

Enya Ksathragijs: bole dipangku kok Mbak. kalo pun senderan yg mangku, brarti si pemangku harus bener2 tegak :D
"bonus"nya BLW itu emang bayi jd dibiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan sejak dini :)

mrs doyi: kalo aku ngajarinnya sejak 9 bulan pas Almira mulai ta kenalin sama yoghurt. jadi tiap belajar makan yoghurt, saat itu pula belajar makan pake sendok. suction bowl (mangkok yg bisa nempel meja/lantai) does help, supaya dia ngga nglempar2 mangkoknya :D suction bowl jg membantu pas makan di luar. makanan dr piring restoran pindahin dulu ke suction bowl supaya kita ga perlu ganti rugi kalo dipecahin. wkwkwk.
kalo sendoknya sih pilih aja sendok yg berukuran kecil. walo nanti lama2 si bayi udah makin pinter dan pengennya makan pake sendok yg sama dgn kita :)

nule: Almira dulu awalnya jg "nyamber" pir yg mau dimakan ayahnya. jadi waktu itu nyolong start dikit: 6 bulan kurang 10 hari. wkwkwk. tp pada prakteknya dia perlu skitar 2 bulan utk belajar mempertahankan makanan yg dipegang, belajar masukin ke mulut dan mengunyah. tp bener2 bisa makan dalam artian menelan makanan dgn sengaja itu baru setelah umur 7,5 bulan.

alcyone: googling image aja dgn kata kunci BLW ntar kan keluar banyak foto bayi lg makan. ato search video2 BLW di youtube. ntar insyaAllah dapet gambaran deh finger food mestinya sebesar apa. dan seiring berjalannya waktu kita jd bisa kok ngepas2in yg plh sesuai sama tangan bayi kita. nanti kalo udah nambah umurnya, dia cenderung ga nyentuh finger food tapi makanan2 berukuran lebih kecil utk ngasah "pincer grip" (mencapit dgn telunjuk&jempol).

dr. louisa: kalo nenek2 & kakek2 ompong jg ga punya gigi tp tetep butuh makan kan ya? :D organ pencernaan di mulut itu kan bukan cuma gigi. gusi jg udah cukup kuat memotong asal ngga terlalu keras. ada lidah, mukosa, liur jg. CMIIW :)

mica23 : itu bukan keselek tp GAGGING. coba baca ini ya:
http://www.babyledweaning-indonesia.com/2011/05/akankan-bayi-tersedak-dengan-blw.html

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Adhya kamu muncul kembali hehehehe. 5 bulan lagi gw akan ber blw ria buat adenya hilya :)
Btw, hilya jg bs blw walopun baru tumbuh gigi usia 13bln. Skrg diusia 18bln hilya udah bisa makan ayam goreng sendiri, capcay, apalagi kue, roti, dkk. Skrg pake sendoknya udah ga mau sendok kecil, malah kl makan soto/sop pk sendok makan biasa. Alhamdulilah ga tumpah, kecuali emg sengaja ngetes kesabaran ibunya.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

sebenernya sering mampir tp silet reader doang Mummyhilya.. :D kalo anak udah 2 makin seru kalik ya BLWnya? si kakak bisa nyontohin adiknya dan mereka jd asik makan bareng :)

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Oh gitu..kmn cobain si gwen makan brokoli kukus...terus..ky kesedak n dimuntahin...pdhl kalo puree doyan..fuh...sempet syok... >< ..apa mgkn krg siap yah?

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya wrote:
makanan dr piring restoran pindahin dulu ke suction bowl supaya kita ga perlu ganti rugi kalo dipecahin. wkwkwk.


Haha.. kocak banget nih tapi bener banget! Patut ditiru nampaknya cara mba adhya ini.

Oh gitu yaa jadi sebenernya BLW emang butuh penyesuaian dari baby nya ya? Berarti ibunya yg harus sabar. Terus kalo Almira sendiri pure BLW atau mix sama disupain juga, mba adhya? Oia,TFS ya buat kutipannya. Jadi manggut2 dan makin yakin kalo baby meal emang sebaiknya jangan terlalu halus, biar dia belajar mengunyah lebih dini juga.

dr.louisa, kayanya kalo keselek emang salah satu proses belajar buat nelen makanan deh. Pasti lama2 Gwen akan terbiasa ngunyah terus telan. Makanya harus bener2 undersupervison kalo lagi ber-BLW. Biar kalo baby kesedak, kita langsung sigap ngeluarin makan dari mulutnya. *eh perlu ga sih? atau dibiarin aja dia lepeh sendiri makanannya?? ko balik nanyaa.. hee..

Asha Lavenda My Lavender Love

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

moms,mau nanya dooong..Cheryl udah 2 mingguan BLW nya.nah,setelah 2 minggu ini,ternyata dia kurang suka sama buah atau sayur yang keras gitu,kaya apel pear dll.sukanya yang agak lembek kaya pisang gituu.terus dia suka juga sama biscuit baby,brokoli,nasi,dll yang agak lembek dan gampang dimakan deh pokonya.kalo sayur macem wortel sih kan bisa yaa tinggal kukus,jadi lembek deh,nah kalo apel pear gitu kan kalo dikukus nutrisinya jd ilang tuh.jadi harus gimana ya moms baiknya?intinya sih Cheryl tuh ngga suka makanan yang ngga bisa dimakan/digigit sama dia..jadi begitu liat makanan,bawaannya pengen dimakan,kalo keras,dia jadi bosen deh..thanks sebelumnyaaa :D

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

moms..bisa sharing ga yang disini pake metode BLW tanpa high chair?
soalnya saya lagi di luar kota dan baby zee inginnya sih saya terapin metode BLW ini walaupun ga strict banget.. mo beli high chair nanggung, mo ngrental ga ada. akhirnya baby zee saya pangku..mangkok saya pegang pake tangan..tapi ternyata repot banget ya..plus pegeeel..hahaha.

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

sweet_mama, baby Zee usia berapa? sdh bisa duduk sendiri kah? kalo sdh bisa duduk, didudukkan di karpet dan piring makananny ditaruh di meja/kursi kecil (dingklik). kalo blm bisa duduk sendiri, bisa disandarkan di sofa atau di karpet merapat ke tembok dan diganjal bantal2. errr.. smoga jelas. HTH

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

rieda usia 6 bulan..tapi belum bisa duduk lama..palingan cuma 10 menit, abis itu jatuh ke depan ato belakang..hehehe. memang agak repot ya metode BLW ini kalo ga pake seat ama tray...oke2, ntar kucoba sandarin tembok, moga2 sukses...jadi pengen cepet2 pulang biar bisa nyaman nerapin BLW.