1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Baru nemu thread ini... Anakku bentar lg mau MPASI. Baru ngeh ttg blw ini setelah googling nyari2 resep MPASI *telat banget yak*.. udah telanjur beli baby safe feeder, slow cooker, blender buat bikin pure... klo mau blw ga bakal kepake tu ya :(

masih cetek nih ilmu ttg blw, thread ini juga blm khatam (98 halaman jo), mgkn ga ya working mom seperti aku nerapin blw? koq ga trust gitu yah ninggalin baby hanya dgn suster ngejalanin blw... pdhl pengen bngt nerapinnya... *galau deh*

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

nofiahafaris hai hai, akupun WM dan banyak juga mama lainnya yg BLW, yg harus meninggalkan hilya dg nenek+pengasuhnya. :p dimana ada kemauan disitu ada jalan. silakan dibaca2 dulu, yaa..

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

semangat ya noviahafaris
saya juga kerja ... tiap pagi masak buat baby + bekal kantor (atas tips mummyhilya dan mbak adhya). Sebaiknya sih cari BS yang dipercaya dulu dan dijelaskan tentang BLW. daripada nyuruh2 ibu/mertua kan ga enak, apalagi pas awal2 yg masih messy bgt. lebih enak ngasi tugas ke BS/pengasuh. kadang2 kalo pas libur pengasuhnya suruh masuk bentar untuk belajar lag BLW + evaluasi perkembangannya (ini karena aku pake nanny yang libur kalo aku ga kerja lho ya..)

Mother of Universe

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

noviahafaris mungkin lebih enak kalo sambil dicontohin di depan pengasuh/nenek/sitternya, jadi mereka belajar ngeliatin langsung gimana cara blw sambil dijelasin gini lho step2nya, alasannya apa, tujuan apa yg hendak dicapai dari cara ini, dsb.

kalo aku gak percaya soalnya, haha...anakku gak diasuh sama pembantu *cuma sama nenek*, ngajarin asi eksklusif sama homemade mpasi aja udah pake ribut dan intervensi, belum lagi perasaan gak enak udah ngerepotin mereka, ya sudah..blw hanya kalo libur sama mamanya.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

tambahan lagi noviahafaris, ibunya harus pede dan yakin jalan itu yg terbaik buat anaknya..tapi bukan artinya keukeuh sumekeuh yah, dijelasin alasan logisnya, supaya gak goyah kalo ada tantangan dari sana-sini, show them that mom knows best :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mau sharing juga ah pemirsa..

Setelah sukses ASIX 6 bulan (yaay!) dan berbekal ilmu dari buku kiriman Adhya, aku dan Jojo mulai dengan petualangan BLW. Menu hari pertama, wortel dan kentang rebus. Sukses diambil dan dimasukin ke mulut tapi ga ada yang ditelen.. lagian orang tuanya cuma ngliatin sambil pegang kamera! Besoknya aku ikutan makan dan kasih contoh di depannya, baru Jojo semangat makan dan belajar mengunyah. Kira-kira seminggu pertama masih sering gagging, habis gitu udah nggak lagi. Sebulan setelah mulai BLW, Jojo dah pinter ngunyah dan memanuver makanan di dalam mulutnya, tapi tetep yang ditelen masih dikit banget. Ngunyahnya canggih bener pindah2 ke kanan kiri atas bawah padahal belum ada giginya sampai sekarang. Nyusunya pun masih sama seperti biasa, ga berkurang sama sekali.

Biasanya kalo aku ikut makan dan contohin ngambil makanan, masukin ke mulut dan ngunyah pelan2, Jojo tertarik untuk niruin. Sebisa mungkin sesi makan dibuat fun dan banyak bercanda, kalo nggak bentar aja Jojo dah ga betah minta diangkat dari high chair.

http://i209.photobucket.com/albums/bb238/diveaddict_mesocute/jojoblw3.jpg

Yang sudah dimakan selama ini:
- karbo: kentang, ubi, singkong, labu direbus atau dipanggang, roti tawar
- protein: ikan bakar (dagingnya aja), ayam rebus, tempe, baso udang buatan sendiri, telur dadar
- sayur: kacang panjang, wortel, brokoli
- buah: pisang, alpukat, buah naga, strawberry, apel, melon, pear

Biasanya aku kombinasikan sehari 2-3 macam dan Jojo pilih sendiri mana yang mau dimakan. Jam makannya: jam 7 pagi (sama papanya sebelum berangkat ngantor), jam 10 pagi, jam 12.30 siang dan 17.30 sore.

Oiya aku kombinasi juga dengan bubur dari Tepung Gasol, buburnya aku jadiin salah satu alternatif menu BLW juga. Aku bantu sendokin tapi Jojo yang bawa sendoknya ke mulut.

Yang berkesan dari BLW adalah berantakan dan banyak makanan yang terbuang! Berantakan mah tinggal diberesin, yang sayang itu makanan yang terbuang kerna dikeluarkan dari mulut atau dilempar/dijatuhkan ke lantai. Beruntung ada anjing kesayangan di rumah yang siap menampung 'hujan berkat' dari Jojo, malah jadi tau kalo anjing ternyata doyan brokoli dan tempe :-) akhirnya malah ngirit kerna aku stop beli snack untuk doggie, biar mereka makan yang sehat2 aja limpahan dari Jojo hehehe

http://i209.photobucket.com/albums/bb238/diveaddict_mesocute/jojoblw2.jpg

Kelemahanku selama ini: ga telaten dan gatel pengen nyuapin Jojo biar cepet kelar makannya! Kadang Jojo suka males ngambil makanan, tapi kalo disodorin di depan mulutnya dia langsung hap. Disodorin sippy cup, bukannya tangan yang maju tapi kepala, mulutnya ditancepin di lubang sippynya *hadeeeeeh*

Kerna aku dan suami merantau di sini, ga ada keluarga yang ngerecokin... paling diceritain aja via telefon tapi ortu dan mertua cuma oh-oh aja, mungkin susah ngebayanginnya. Bentar lagi pada mau ngumpul di Bali untuk merayakan Natal bersama, wah untuuuung para nenek ga ngeliat periode gaggingnya hahahaha

Oiya sekarang Jojo dah 7 bulan 10 hari, 2-3 hari terakhir ini makannya dah mulai banyak yang ditelen. Kayaknya dia mulai sadar kalo makan itu ternyata bikin kenyang :-) hari ini makannya cukup banyak sampai jam nyusunya mundur dari tiap 2 jam (yup, dia juara nyusu dan selalu tepat waktu minta nenen!) menjadi tiap 3 jam. Oh senangnya PD ku bisa ngaso... udah mulai weaning berarti ya? Semoga berat badan ga sampai turun, sekarang sih kenaikannya dikit banget ga kayak dulu waktu sebelum usia 6 bulan.

learning something new every day...

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Moms, thx yaa support and sharingnya.. Lagi semangat nyari2 info ttg blw, liat video2nya di youtube lucu dan kocak2. Hampir semuanya naro makanan di tray hc tanpa piring ya spt pic cluelessmom di atas.

Semangat.. mudah2an aku juga bisa..

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Iya aku langsung aja taroh makanan di tray, habis kalo pake piring malah Jojo berusaha angkat trus gigit piringnya, bisa tumpah semua tuh isi piring....

Semangat, pasti bisa! BLW itu seru dan alami, justru kalo kudu rebus-blender-saring tiap hari lebih pusing hehehe (secara ga real ngasih makanan instan)

learning something new every day...

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Permisi.. numpang narsis yaaa.. ini video waktu Kilan Ngemall dan bekalnya ketinggalan, jadi beli roti gandum deh buat maemnya.. cekidot ya mama..

[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=5ymiDVHXEuE&feature=g-upl&context=G2e860deAUAAAAAAAAAA[/youtube]

Mother of Universe

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Dear mamas, maaf klo sebelumnya pertanyaan sy udh pernah dibahas.
Anak saya 9m udah terbiasa makan anggur sndiri semenjak dia 7.5m
Bahkan dia lbh semangat mkn nya langsung dari tangkai nya.
Tapi beberapa hari yg lalu suami kirim artikel ttg anak yg meninggal krna tersedak rambutan which is tekstur nya mirip anggur.stlh baca artikel itu saya lamgsung nyesel kenapa bolehin qiana mkn anggur tanpa dipotong2 trlebih dahulu. :(
Gmn pendapat mamas? Sampe umur btp bayi blw boleh mkn anggur tnpa dipotong?

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

koeliz: lah kok malah adegan cium2 nih Mbak? mana bagian makannya? hihi.

AmmiQi: menurut buku BLW sih memang sebaiknya buah anggur itu dibelah dulu dan dikeluarkan isinya Mbak.
btw, sedikit sharing ya.. beberapa hari yg lalu Almira (15 bulan-full BLW) tau2 dgn santainya mengeluarkan duri ikan dari mulutnya, dan mulutnya bau ikan. ternyata saya kecolongan: dia makan ikan (yg masih ada durinya) tanpa saya tau. mungkin karna mulutnya udah terlatih mengatasi makanan di mulut jadinya dia bisa ngeluarin duri itu, tapi bagi saya.. itu 100% ijin Allah. itu pelajaran buat saya supaya lebih berhati2.
insya Allah BLW itu aman, tapi ada beberapa catatan khusus. sebisa mungkin, apapun metode makannya, makanan berduri atau berbiji kecil tapi keras, sebaiknya ditunda dulu sampai selama mungkin. orang dewasa aja bisa tersedak kan kalo makan anggur utuh bulat2 ? :)

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Thanks sharing nya mba..kedepannya akan lebih berhati-hati lagi nih.
BLW bagus asalkan jangan barbar.hehe
Woww..almira kamu pintar sekali..muaah :-*

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hai..haiii..salam kenal urban mamas :)
Dah bbrp hari ini intens browsing ttg BLW,tertarik bgt pgn adopsi cara ini utk Shahla (5m3w). Dulu,kakaknya (Shafi 5,5y), pake metode MPASI konvensional (ngelewatin tahapan puree dst)..Entah krn ini/bkn,dia jd picky-eater abisss (pdhl dulu dah dikenalin berbagai jenis makanan) & ogah2an makan sendiri :( Bertekad terapin cara yg beda utk adeknya (alias BLW)..Doain sukses yaaa mamas..InsyaAllah nanti share reviewnya ;) Ohiyaa, klo utk blw gini, sebaiknya mengenalkan makan pake sendok kpn kah?

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Shafila kalo BLW sih pengenalan akan sendok sih terserah mamanya, ada yang nerapin full BLW, ada yg coba BLW satu sesi makan sehari dan lainnya disuapin.. Kalo gw dulu pas coba BLW, disendokin tuh opsi terakhir, maksudnya opsi terakhir kalo anaknya jadi susah makan (makannya dikit) pas BLW, jadi abis itu baru dibantu suapan... HTH ya:)

Reborn since El was born
@inicrey

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya iya.. emang sebaiknya dibelah dulu dan dikeluarkan isisnya..
tapi.... hilya pas teething minggu kemarin, maunya anggur bulet; gak mau dibelah (padahal biasanya sih mau) nah, ternyata, berkat ijin Allaah, dia bisa ngelepeh biji anggur dan kulitnya. :) tapi ini udah gede lho ya, 13 bulan, dan udah biasa makan anggur, plus lagi ngamuk2.. hihihi
makan yg disuapin ya soto2/sop2an dan yoghurt doang :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hari ini kilan (9M 2W) berhasil mungut kismis dan memasukkan ke mulutnya.... Yeayyy!!!.. dah berapa hari nyoba, baru hari ini berhasil...

Mother of Universe

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Waah senangna nemu thread ini..scr lg cari2 info bt ksh MPASI bt raffa (4m) ntr
Hrs cr info sebanyak2na ttg BLW ni..tertarik bt nerapin ke raffa ntr..soalna kmrn aja mslh asi eksklusif sempat rame sama mama n mertua..soalna mereka pengen cucuna jg dikasih sufor (hiks)..?รค bs ngebayangin reaksina mereka kl jd nerapin metode ini ke raffa
Thx ya mamas bt infonya :)

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

ShafiLa: BLW menyarankan supaya bayi selalu makan bersama seseorang. selain supaya aman, juga utk meniru. nah biasanya pd umur tertentu (kalo anak saya umur 1thn lebih) mulai tertarik bgt makan pake sendok yg sama dgn yg kita pake. jd ya mulai 1 taun baru intensif (belajar) makan pake sendok. sebelumnya, cuma kalo makan yoghurt kental aja. alhamdulillah umur 13 bulan udah lumayan lancar pake sendok orang dewasa, bukan sendok khusus bayi.

mummyhilya: aku kadang sedih banget ada beberapa ibu di luar sana yg amat sangat mendiskreditkan BLW dan membesarkan ketakutan bahwa BLW bikin bayi tersedak. tapi kenyataannya, berita2 tentang bayi tersedak tu kan belum jelas apa mereka nerapin BLW. soalnya dr pengalaman Almira dan denger cerita bbrp bayi BLW lainnya termasuk Hilya, di awal belajar memang gagging (but you know, it's not choking) malah justru mereka terlatih utk mengatasi makanan di mulutnya. jd sering bgt denger cerita bayi2 BLW itu bisa dgn sengaja ngeluarin sesuatu yg tidak seharusnya dimakan speti yg dialami Hilya.

koeliz: walo udah bisa mungut yg kecil2, usahakan yg empuk2 ya mbak. tetep hindari kacang2an yg keras :)

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Adhya betul! Ibu dan ayahku juga akhirnya kmrn merestui blw asalkan diawasi. Yaiyalah diawasi, wong sambil makan bareng. Alhamdulillah hilya bukan baby yg gampang gagging, kecuali dikasih makanan yg bikin klolodan seperti: roti(awal2 kenal). Yg sempet bikin ibuku kuatir tuh krn pas makan apapun; keluarnya masih keliatan bentuknya. Nah kalau ini emg demikian adanya, kl di metode konvensional kan yg masuk emg udah gak berbentuk :)
Anyways, sy juga melewati tahapan ngasih nasi lembek (bukan nasi tim,yaa, cm airnya agak banyak aja) walaupun cm 2-3hari krn hilya ga doyan, dan nyuapin yoghurt serta soto :)
Kebetulan anakku alhamdulillah turns up doyan segala, walopun tetep punya preferensi (ini juga hrs kita hargai, krn mereka kan manusia juga, walopun mungil :p ) yaitu doyan gulai dan spicy foods (nasi briyani, kebuli, nasi goreng bumbu tomyam, rawon, rendang). Makannya pakai nasi ditumpengin atau dibulatin kecil2 karena sampai skrg belum gape make sendok. Tp kalo garpu udah capcus, malah udah bisa nusuk makanan/buah sendiri.
Intinya, emg harus dikomunikasikan bahwa blw bukanlah metode yg aneh, mambahayakan dan ekstrim. Justru disampaikan pilihan ini adl utk melatih anak2 kita jd anak mandiri secara longterm (bisa makan sendiri, tahu batasan kenyang, berani eksplorasi dg macam2 makanan)m
Panjang juga ya... Hihihi :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Waw.. mummyhilya, baby nya uda dikasi segala makanan? baby diatas setaun uda boleh mamam gulgar yah?

Anyway moms, aku jg lg searching2 ttg BLW nih.. baby Kai skrng 5m, semoga ibunya kekeh nerapin BLW.. soalnya logically make sense BLW ini yah..
tp mau tanya dong moms.. baby ku beratnya kurang kata dokternya.. 5m - 6.3kg apa method BLW safe diterapin ke anakku yah? since dia pastinya butuh nutrisi lebih buat naikkin bb nya :(

http://arniaziza.blogspot.com
instagram : goodbeautygoods

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Dastan hari ini dah mulai BLW.. :)
Alhamdulillah setelah membaca2 thread ini jadi lebih tau apa yg akan dihadapi (dan tnyt mmg bener banyak kejadian td pagi, hihihi), thanks mamas smua atas sharingnya..
BTW Dastan tnyt klo dikasi makanan yg disebar di tray cuman dijadiin maenan, pdhl dah dicontohin makan depan dia, tp klo lg deket org makan malah makanannya direbut trus dimaem *jd inget crita madumongso dan hilya :p* jd ni sehari dia dah makan pisang raja sereh dua biji hasil ngerebut punya emaknya.. Apa dia baru sadar itu makanan setelah liat orang lain makan ya..? Ni ga pa2 ga ya klo aku sengaja makan dpn dia supaya dia ambil, klo sering kyk gini dari awal ntar dia tetep bakal ngambil yg dari tray utk dimakan jg gak ya..? :/ .. Mohon petunjuknya ya mamas..

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Halo mom, newbie nih di thread blw, mau laporan.
Hari ini mpasi pertama Olivia, menunya alpukat. alpukat dipotong-potong seukuran french fries terus disebar di tray, mulai makan sekitar 30 menit setelah nenen.
Awalnya sih ok mom, alpukatnya digerogotin, terus lama-lama makannya makin bersemangat, yang digigit potongannya besar, akhirnya muntahlah dia. Apa yang salah ya mom?

I'm feeling the most enormous heart bursting love for my daughter, Olivia

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Zzmanson kalo udah diatas 1thn boleh dikasih gulgar, tp ga banyak :) ttg blw Dan berat badan baby, BS dikonsulkan ke dokternya dulu.. Dan ingatlah bahwa after 6bln emg weight gain gak seheboh pas asix,loh. Jadi, jangan kaget yaaa
Eno Mughni kadang baby tahunya kalau itu makanan karena kita memakannya. Itu sebabnya acara makan bersama sangaaat penting.Dan mereka selalu pingin apapun yg dimakan orang lain. Sok gede, deh..
Serene coba baca2 didepan deh. Dan search ttg gagging. It's perfectly normal, mummy. No worries! :))

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

oh ok mummyhilya, thanks. sekarang saya mau curhat lagi nih. ga disangka ternyata keluarga saya dan mertua merestui Olivia makan sistem blw. tapi... saking merestuinya hampir semua orang semangat kasih makan Olivia, bahkan ipar dan ART mertua ikut kasih juga. Olivia hampir dikasih bengkuang dan pernah makan jagung. untung ketauan jadi pipilan jagung di mulutnya saya keluarin. duh bingung deh mom, saya cerewet tentang aturan 3 hari pun ga mempan. gimana yah ini?

I'm feeling the most enormous heart bursting love for my daughter, Olivia

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

serene syukurlah kalau keluarga mendukung :) ingat untuk edukasi kepada keluarga bahwa bagaimanapun, olivia adalah baby dg organ pencernaan yg belum sempurna, dan gizi yg dibutuhkan perlu yang terbaik. jadi, gak semua makanan bisa diberikan pada periode ini :) hanya dan hanya yg terbaik. maksudnya yg gizinya sesuai dg baby. secara simpel, semua buah sayur oke untuk tahap ini, cm perlu perhatian lebih untuk yg ukurannya kecil(safety spy ga tersedak) dan jenis citrus (jeruk2an dan anggur- karena rawan bikin alergi). daging, dll kan baru mulai bulan ke 7 atau 8, jadi sekarang sayur&buah apapun silakan aja.. tms; bengkuang :D
HTH

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)