1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Almira bahkan baru setelah 2 bulan belajar akhirnya bisa menelan dengan sengaja.tp tujuan BLW kan ngga result oriented: bukan sekedar anak bisa makan.proses jg penting.emang IMHO si ibu kudu yakin sih bahwa nutrisi utama masih dr ASI.cadangan zat besi dlm tubuh bayi takkan hilang dlm semalam.

BLW emang sdikit berantakan utk beres2 setelahnya.tp less ribet dibanding konvensional dlm nyiapin makanannya.karna masaknya bisa sekalian utk orang serumah.CMIIW

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya wrote:


BLW emang sdikit berantakan utk beres2 setelahnya.tp less ribet dibanding konvensional dlm nyiapin makanannya.karna masaknya bisa sekalian utk orang serumah.CMIIW


kalo aku justru lebih ribet nyiapin BLW karena:
1. di rumah MIL makanannya serba ga sehat (santan, lemak, digoreng, over cooked, over salt & sugar, you name it!)
2. Kalo spooned fed bisa masak seminggu sekali trus taruh di ice cube dlm freezer. Kalo BLW musti bangun pagi n masak tiap hari T_T
3. Perlu "ngelatih" BS buat BLW , which is belum saya lakukan karena masih serba bingung masak & ngasihnya sementara Kilan belum bisa duduk (blum ada HC) dan BS ga berani duduk di meja makan. Kalau piknik di karpet terus, sama aja ga ada temen makan dooong..

-WM yg lagi bingung manajemen BLW-

Mother of Universe

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mba Koeliz.. judulnya BLW kan "helping your baby to love good food",nah salah 1 caranya emang teladan dr keluarga.ini emang ga gampang.karna bayi BLW/spoonfeeding pun diencourage utk bsa makan family food kan?

ntar kalo dah mulai dikenalin protein,bikin aja resep2 kayak di thread BLW recipe.bsa disimpen jg kok di freezer.

1 bulan pertama BLW Almira jg mostly dipangku ala piknik&kalo siang ga ada temen makan karna siang cuma kami berdua di rumah.tp akhirnya beli HC pas duduk dah stabil

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mba Koeliz.. judulnya BLW kan "helping your baby to love good food",salah 1 elemennya emang teladan dr keluarga.ini emang ga gampang.karna bayi BLW/spoonfeeding pun diencourage nantinya bsa makan family food kan?

ntar kalo dah mulai dikenalin protein,bikin aja resep2 kayak di thread BLW recipe.bsa disimpen jg kok di freezer.

1 bulan BLW Almira jg mostly dipangku ala piknik&siang ga ada temen makan karna cuma kami berdua di rumah.sewa totseat tp ga nyaman.akhirnya beli HC pas duduk dah stabil

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

koeliz I feel same.

Nambahin : justru karena bayi yg masih kecil ini diberi makanan yg sama spt org tua, jangan kaget kalo bayi tiba2 ngambil di piring kita.

Arza sempet punya fase tangan menggeratak makanan kami (kalo ke resto yg gapake hi chair, ini bisa jadi super repooot), emang sih dari salah satu mama yg BLW-ing dia ga akan dinning out with baby kalo ngga di resto khusus yg sedia hi chair.. Tapi buat aku dan suami yg hobi jalan2 dan pemakan apa saja, ngeri deh kalo BLW in bayi..

Kalo spoonfeed kan bayi ngerti makananya bubur. Sorry curhat.. Namanya juga thrread, some people pro or not..

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

meizadhania: kami pernah beberapa kali makan di resto/warung yg ga nyediain HC. akhirnya emang kudu gantian makannya. selama saya makan,ayahnya Almira mangku trus duduknya agak jauh dr meja. trus kembali sperti jaman awal2 BLW dulu,misal: potongan kentangnya (dr steak,minta tanpa garam) ditaruh di telapak tangan si ayah trus diambil Almira,baru deh dimakan. kalo abis,giliran buncis,trus wortel,tp ya satu2 gitu ditaruh di telapak tangan.pernah ke warung soto jg gitu,tp yg dimakan perkedel kentang & tempe :D

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya, meizadhania
Saya sebenernya pro BLW, cuma ya masih merasa belum bisa menaklukan tantangan manajemennya tadi. Maklum lagi jadi single parent selama 1 bulan ini. moga2 kalo Papanya Kilan pulang, bisa dapet support tambahan

Oiya, baru tahu kalau pikniknya, makananbayi ditaruh telapak tangan ortu dulu. selama ini aku pake piring ceper plastik/melamin (akhirnya ditumplekin, atau dimakan piringnya hehehe). Kadang juga aku pegang pucuknya dan taruh d depan tangan dia (yang ini ragu, apa bikin dia pengen makan atau cuma refleks menggapai sama kayak kalo dikasih mainan..)

Mother of Universe

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

meizadhania yoi, mama. karena makanannya "sama" dg makanan kita, terpaksalah kita makan "sehat" supaya kalau di gratakin baby gak kuatir. kalau hilya sama kaya Kilan, 2 hari pertama blw melantai alias piknik. aku sih gak di tangan,ya.. karena di rumah(yg relatif lebih bersih drpd resto atau warung soto :) )ya pakai piring plastik polos. itu aja hilya lebih tertarik makan piring drpd makanannya :( eh, aku juga begitu lo, sekarang.. kl mau dining out restonya harus yg ada high chair. udah ogah makan gantian sama suami. keburu lapeer :lol: dan biasanya, resto yg ada hi chairnya itu makanannya lebih sehat, maksudnya ada yg bisa dimakan baby, spt Pizz* H*t yg bisa dimakan saladnya. etapi st*rbucks juga nyediain hi chair.aaarghh *emaklabil* *abaikan*
koeliz jeng tasya,believe hi chair will be your top priority for this month shopping :) it does help a lot. karena gak perlu piring lagi, dan anak jadi tertib makannya. gak harus mahal kok, punya hilya yg 300rb-an karena kupikir toh gak bakal lama dipakenya, dan bujetnya cuma segitu2nya :S

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

koeliz.. kalo BLW di rumah (dulu) pake piring plastik ceper sih.nah kalo di resto,kadang ga nyediain.drpd mecahin punya restonya,jd yawdah ditaruh di telapak tangan aja :D harusnya sih bawa punya sendiri,tp seringnya kami makan tu ga direncana.tau2 perginya lama,trus dah keburu laper kalo kudu nyari resto yg ada HCnya selain pizzahut ato junkfood.apalagi kalo lg lewat kota2 kecil.jd otomatis makannya di warung yg jelas ga nyediain HC.jd fleksibel aja sih.

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

moms,
pola BLW baby L di kombinasi versi konvensional, karena oma nya ga berani kasih makanan padat. padahal udah dikasih liat versi live :((
jadi kalo di tempat oma, menunya bubur kasar.
jam malam baru versi BLW

selama ini sih, menunya masih berkutat di kentang, wortel, buncis, kabocha, brokoli. untuk buahnya baru melon oren, golden melon, pisang.

yang jadi paporit nya adalah buncis :P

tanya dong,
baby L tuh seneng ngumpulin makanan di dalem mulutnya. jadi dia potek - nyam, potek - nyam. ternyata ngumpul lah itu potekan di dalem mulutnya sambil di nyam-nyam. sampe akhirnya dia ohok-ohok, trus nyam-nyam lagi. atau sampe ada yang dikeluarin lagi.
apakah itu masih tahap aman dia belajar?
gimana cara ngajarin baiknya ya?

Happy being iyu for our lycka and for my ilud

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Saya juga hobi pergi2 apalagi kalau si ayah cuti..dipastikan sering jalan2 mengobati kerinduan ayahnya dg gemerlap peradaban. Hehehe... dan sejak syifa makan, tiap pergi pasti bawa bekal makanan+minum. Kalau makan di tempat yang gak nyediain makanan ramah bayi, syifa makan bekalnya. Kalau misal ada makanan ramah bayi, tempat bekalnya bisa dijadiin wadah.
Sampai sekarang sih belum nemu kendala...kecuali emaknya lupa bawa bekal! Jika itu terjadi yaa... mampir di toko buah beli anggur atau pisang atau buah apa aja yg bisa mudah di kupas.

Untuk HC, kadang memang harus dipangku atau memilih tempat yang lesehan. Pernah gak niat pergi lama, jadi cuma pakai ring sling, trus pas makan ring slingnya jd seat belt. Cara terakhir memang tetap butuh pengawasan yaa...apalagi kalau anaknya lasak.

multitasking mom and pharmachist

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

koeliz, adhya, mummyhilya
Betuul.. Ada banyak hal yang harus disiapin utk BLW, selain dukungan keluarga juga dukungan untuk membuat menu sehat untuk keluarga.. Kalo org tua makan junk food (like me) kasian baby BLW, nanti kebagian junk food / gulgar juga..

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

meizadhania: IMHO, apapun metodenya (baik spoon-feeding atau BLW), seperti konsep parenting pada umumnya, keluarga makan makanan yg sehat itu jg bagian dari mendidik anak dengan memberi contoh. actions speak louder than words. apalagi kalo si anak udah gede dan bener2 paham "loh, bunda kok makan mie instan padahal aku ngga boleh makan mie dan harus makan sayur?" bisa kelimpungan jawabnya :D jadi walo si bayi mungkin saat ini bisa diselamatkan dengan ngga ikutan makan junk food, misal dengan masakin bubur khusus buat dia, tapi akan tiba pada masa dia udah bisa ngebandingin apa yg dia harus makan dan apa yg dimakan orang lain di rumahnya dan bisa protes :))
-> ini juga masih jadi PR buat kami. saya & suami ngga bisa sama sekali ngga makan mie instan, jd kalo pun makan mie instan kudu pas Almira bobok. walo mungkin sekarang dia belum bisa protes, tp mungkin dia udah bsa rekam dalam ingatan. seandainya pun Almira makan dgn metode spoon-feeding pun, ngumpet2 pas makan junk food pun tetep bakal diterapkan :)

CMIIW

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

benar adhya punya anak itu sebenernya juga membuat kita jadi lebih aware untuk hidup sehat. selain kita mengajarkan makan makanan yang sehat ke anak dengan memberikan contoh yang baik, juga sebagai wake up call buat kita para orang tua untuk tetap hidup sehat demi anak. karena kalo kita sakit, repot banget ngurusin anak. jadi mesti sehat & fit :)

ngomongin mie instan, suami gue susaaahh banget dikasih tau untuk stop makan mie instan. gue sih emang dari sebelom ada naia emang amat sangat membatasi konsumsi mie instan. jadi ngakalin, kalo suami makan mie instan, naia ikutan minta.. "mau makan indomie kayak papa!" ya udah gue bikinin, dengan bentuk yang mirip tapi sebenernya bukan indomie, tapi mie beneran dibikin dengan kaldu ayam asli, pake sayur, dll. jadi berharap dia tetap menganggap yang dia makan itu sama.. dan jangan sampe nyobain indomie yang beneran hihihi..

*ini rasanya OOT dari bahasan BLW ya.. maaap!*

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

IMHO, sepertinya BLW ideal buat keluarga yang hidupnya misah - nggak bareng sama grandparentsnya.. Kalo Parents (saya dan suami) memang sudah membiasakan makanan sehat. Tapi embah2nya itu lhoo (maap jadi curhat). Udah kena Diabetes puun,... udah dikasih pantangan makanan puuun,... udah dibikinin menu sehat harian puun,.... teteep aja nggak bisa lepas dari Junk food favoritnya... Yang kaya gini ini bikin saya pusyiiiing....

Mother of Universe

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

@meizadhania, belom aja say, tunggu barang 2 or 3 mo lg (arza masuk 7 mo khan?), pasti akan merengek2 minta kalo liat org sekitarnya makan makanan yg beda dr dia, padahal posisi dia sudah makan/kenyang :) :)

Btw, si oma kmrn sempet datang selama 2 weeks and admitted kalo dr cucu2nya yg lain, babyku yg paling cepat bisa mengunyah n gripping paling bagus dr semua (pdhal BLWnya masih seenak perut mamaknya) :) :)

@lina_moi

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

@koeliz, bikin aturan mak. Hak prerogratif ibu ke anaknya (halah bhsne!!).
Gw skrg bikin aturan keras soal makanan baik ke ortu sendiri, mertua n tante2nya. Ketahuan ngasih makan macem2 ke anakku yg bukan makanannya, gak takasih maen sama anakku (sadis euy hahaha), tapi beneran koq gw praktekin

@lina_moi

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

wah senangnya ada tret ini..itung2 siap2 buat baby fathir yg mulai mpasu 2bln lagi.. *ga sabar* :)

btw, salam kenal semuanya :)

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Ikutan nimbrung..Soal protes, Arza (17bulan) udah mulai protes klo jenis masakannya g sama..misalnya kemarin menunya ikan mujair. Punya saya dan suami pake bumbu kuning yang agak pedas sementara punya arza dipanggang..kelihatan g terima gitu. Piring ayahnya digeratakin terus...walopun dia g nyomot karena udah dibilangin "punya ayah pedes" .

Arza combine antara spoofeeding dan BLW..walopun begitu sejak Arza mpasi, saya dan suami mulai menyesuaikan dan mengubah selera makan kami menajdi lebih sehat karena kami bertiga hampir selalu makan bersama..
Alhamdulillah ya,,malah saya dan suami sekarang makannya lebih "bener"..tapi klo soal pedas..sussah banget dihilangkan. Alhasil arza dah pernah ikutan makan sayur lodeh yang pedas...matanya sampe berair padahal cuma 1 suap, tapi sekarang jadi lebih mudah klo dibilangin "ini pedas"..arza g akan nyomot lagi.

"maap klo OOT"

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

koeliz aku sejak awal solid food, udah tinggal bareng ortuku (lagi..). they respect my decision, i respect their view. misalnya, ibuku gak tega atau ribet dan ngasih makan hilya dg spoonfed ya saya juga harus terima, karena beliau yg sehari2 brg hilya. tapi tetep, ya, setiap hari saya siapin menu hilya dan saya pesankan untuk hilya maem dg metode blw dan menggunakan masakan saya. I have to believe them as my baby should be in a good hand.
meizadhania yes, emang sejak hamil emg pola makan lebih bener. karena terpaksa makan yg nutricious dan gak kalori kosong :) dan... sejak anaknya blw, jadi lebih sehat karena mesti konsisten makan sehat biar anak bisa ngegeratak makanan kita. :p see u tomorrow *eksis*
lycka berarti babynya baru mengembangkan kemampuan masukin mulut& mengunyah.. untuk menelan dia masih in progress. ga masyalaah, toh karena udah diemut-isep, jadinya kan juice atau sari makanannya udah tertelan :) semakin tambah umur makin banyak yg bisa ditelan. kalau dulu, sebelum hilya bisa nelen semua makanannya, yg nyisa di mulut itu dikeluarkan dg minum air pake gelas. biasanya airnya keminum, makanannya keluar. kata suamiku sih itu jorok.. hihihi *oot :p * tapi daripada hoek hoek mending dikeluarin :p

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mummyhilya
Iya sih. komunikasi emang hambatan besar. sejak lahirnya Kilan kami sering ga sepakat, meskipun sama2 punya tujuan baik. Dan untuk meminta MIL melakukan BLW? almost impossible. Satu-satunya jalan ya melatih BS baik2 (yang masih saya cari metodenya..)
IMHO, mungkin dengan ortu sendiri, kita akan lebih enak minta tolong dan gak akan dianggap kurang ajar ya (aaah, miss my parents sooo much.. )

Mother of Universe

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

koeliz sabar, ya, jeng.. mudah2an berakhir bahagia.. *hugs* gapapa, kok kl ternyata gak 100% blw, yg penting tujuan kita mengajati anak mengunyah, menelan, koordinasi mata-tangan dan gizi terpenuhi. have a greaaattt weekend tomorrow with baby K!! :*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

aaah sudah lama gak posting di thread ini jd gak tahan utk ikutan curcol

koeliz saya jg awalnya bertekad sekukuh baja utk 100% BLW, ketika disaranin mertua utk spoonfeed lsg bingung + misuh2 merasa tidak rela.. tp akhirnya saya menyerah, krn toh bayinya jg gak keberatan utk spoonfeed dan sebagai ibu yg rada gak sabaran, emg kl lg gak bisa mantengin ank berlama2 makan (ditambah pake acara dibuang2, dilempar2, dilepeh2) ya mau gak mau spoonfeed d. Apalagi sejak dia tinggal sama mertua, sering banget makannya udahlah di-spoonfeed sambil digendong pula, akhirnya bgitu kursi makannya dimigrasi ke rumah mertua, it was a bit of challenge to keep him stay in that chair. Mau protes? masih untung mertua mau bantuin jagain anak.. Toh masih ad jln tengahnya, in my case, kl pas jam-nya snack, ksh buah + sayurnya tetep pake BLW method. jd tetep bisa melatih si anak utk makan sendiri. Sayuran paling gampang : wortel + brokoli dipotong2 sesuai genggaman bayi, tinggal direbus bbrp menit aj tiap pagi.. bisa tahan ampe 1 hari kok. --> ibu males ribet, menunya akhirnya cuma itu2 aj :) --> jgn ditiru ya?! ;)

meizadnia Saya jg termasuk org yg makanannya suka gak sehat, tp paling gak kl lg makan nasi, si ank mulai gratak.. ksh butiran2 nasinya aj ke dia (ambil bagian yg gak kena lauk yg berbumbu), cuma gitu doang ank saya siy udah hepi ya.. mrasa dia makan2an yg sama am emaknya hehe.. atw kl lg makan burger, rotinya dipotel dikit (lg2 bagian yg gak ad saus/mentega dll)..

IMHO sbnrnya enaknya BLW itu justru kl lg gak dijadwalin utk makan (terutama utk caregiver-nya), krn jdnya emang kita/mereka lebih santai ngasiy makanan ke anknya tanpa harus dibebani pikiran : harus habis atw kok makannya dikit banget dll dsb which were exactly the kind of thoughts yg memicu org2 sekitar kita utk somehow kontra BLW (slaen krn fx brantakan during dan setelah makannya hehehe). CMIIW

oiya, sdkt apdet perkembangan mpasi anakku, di umurnya yg menginjak 9 bulan, akhirnya terlihat progress bahwa dia sudah dengan sengaja mengunyah + menelan makanannya! jgn ditanya mengenai porsi makannya ya.. blm seperti almira, hilya atw kenneth.. but still.. am one proud mama! :D

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mellydj: Almira jg baru bener2 bisa menelan dgn sengaja tuh umur 9 bulan kok.dan baru keliatan bener2 lumayan banyak tuh umur 10 bulan.saat itu pula lah nenennya jd jarang kalo siang dan pindah ke malem.jadinya sering nenen kalo malem -> mengkhawatirkan giginya :(

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

eh sodara2, mohon maap..jangan jadikan porsi makan anak saya sbg acuan ya... soalnya dia porsi makannya kaya porsi makan saya, yaitu posi kuli :D dan emang dasar anaknya doyan makan.
I know comparing babies are as natural as having a baby, tapi pliss anakku bukan contoh yg pas untuk dijadikan panutan porsi makan. akan membuat ibu2 sutris.
dan emang tiap anak perkembangan motoriknya beda2. and nothing wrong with so-called-delay, because babies grow at their own pace :) selama anaknya cerah ceriahhh
yang penting, anaknya hepi dan sehat. blw itu bukan sesuatu yang sunnah apalagi wajib, dia adalah pilihan yang mungkin bisa membuat mama dan bayi bahagia. kalau jadinya gak bahagia, ya... cari yang "happy ending" aja deeh :) *peace*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)