1

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

sidta kalo saya iparnya cowo dan udh "semestinya" taun ini lulus kuliah.. bukan abg yah? hehe.. tapi pas jaman aku masih pacaran sama kakaknya, dia suka curhat soal cewenya.dan cewenya pun begitu..jadi aku tau deh gimana "sebenarnya" si ceweknya,, .jadi kalo mereka punya masalah, kita pasti tau.. eh, ujung"nya malah aku yg tertuduh ikut campur ( dituduh sama cewenya) *eeh kepanjangan*
tapi akhirnya mereka putus juga :p apa yg aku kira&laporkan ke si tunangan ternyata emang diiyakan sama sang adik ipar hahaha.. *jadi ga salah2 juga*
pas, udh nikah malah aku jadi tempat curhat soal kuliah&teman"nya... sampe jadwal dia sehari2 pun saya lebih tau dibanding kakaknya dan ortunya :D
ujung-ujungnya, malah saya yg sering ditanyain sama mertua&suami : " teh, si ade kemana? plg jam brp? " atau " teh, ade ujian apa? pulang jam brp? IPK nya skrg brp?"
*dlm hati..loh kok guee yg diinterogasi?* hihi..
tapi ya itu enaknya sih, mungkin karena gayanya saya yg simpel, ga terlalu kaku jadi dia asik aja mw ngobrolin apa aja

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

2

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

halooo.... salam kenal semuanya....
baru gabung nih....

gmana kalo mertua orangnya sedikit banyak suka mengatur ini itu dan cara bicaranya sedikit menyakitkan hati, kalo sekali dua kali sih, gak masalah... hampir always... heehhe.. mohon saran ya...

3

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

haii pelangi wardhana

cuma satu kata, sabar and stay positif.
Dulu pas awal2 aku juga berasa beraattt bgt menghadapi MIL yang mirip dengan dirimu (banyak atur dan nyakitin omongannya). Tapi dia itu tipikal orang yang ga berani ngomong di depan, jadi di depanku baik2aja, tapi di belakang ngomongnya udah kemana2. ini juga berlaku utk semua, beliau sering juga 'ngomongin' suami dan anak perempuannya ke aku. Jadi aku ambil kesimpulan klo memang sifatnya seperti itu dan ga terlalu ambil pusing lg klo denger omongan yg tidak mengenakkan.

Dulu pernah lg hamil tua anak pertama aku sampe nangis2 cerita sama ortu dan minta suami utk cari kontrakan krn ga kuat utk gabung terus. Dan skrg akhirnya kita masih 1 rumah tapi di lantai 2 dan bener2 pisah jalan masuk, dapur, kamar mandi, jadi skrg semua rasanya jauhh lebih baik.

Intinya, memang perlu waktu dan strategi untuk 'kita' menyesuaikan diri dengan sifat2 mertua. Ya memang 'kita' yg harus menyesuaikan diri krn kitalah yang baru masuk ke dalam keluarga mereka. Jarang bgt ada mertua dan menantu yang bisa akur setulus2nya, pasti ada aja ketidakcocokan krn mereka hidup dari kebiasaan dan lingkungan yang berbeda sebelumnya.

Komunikasi dengan suami sangatt penting, curhatlah sepuas2nya. Curhat dengan ortu juga pentingg bgt krn mereka pasti dukung kita, paling tidak hati kita akan terasa lebih kuat setelah dpt dukungan dari mereka.
Satu lagi, selalu inget klo karena merekalah maka suami kita ada saat ini dengan kepribadiannya yang membuat kita mau dinikahi :)

Semoga bermanfaat ya.. Semangat..!!

work at home mommy for hubby, 2 kiddos and www.inababy.com

4

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

pelangi wardhana,

bagi saya, satu hal yang harus saya ingat "no bodies perfect"

itu saja. Setiap orang pastiiii punya kekurangan. Kalau terus saja mempermasalahkan kekurangan orang lain, tidak akan pernah ada jalan damai. Lalu bagaimana caranya?
Terima kekurangannya, jadilah orang yang memiliki kelebihan untuk menyeimbangkan kekurangannya, dan berdamailah dengan keadaan.

hehehe...

Berat? Memang... Tapi bukan berarti tidak mungkin. Ringan? tidak jugaa.. semua pasti membutuhkan perjuangan yang luar biasa.

Pengalaman saya sendiri dengan mama mertua yang terbiasa menjadi dominan di rumah, adalah memakluminya. Beberapa hal saya membiarkan mama mertua mengontrolnya, karena saya yakin itulah kelebihannya dan kebanggaannya. dan lagi, dengan dibantu kontrol mama mertua, saya jadi banyak terbantu. Di hal-hal yang prinsip, saya tunjukkan bahwa saya mampu memegang kendali, dan memang harus saya yang memegang kendalinya. Tentunya dengan cara yang lebih sopan dan tidak menyakitkan. Berbesar hati, karena itu kelebihan yang kita miliki untuk menyeimbangkan kekurangannya.

yang tidak kalah pentingnya, milikilah quality time. Buat saya quality time mertua-menantu itu sangat penting. Karena dari quality time itu kita dapat saling mengenal pribadi masing-masing, mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pada saatnya dapat saling memaklumi dan saling melengkapi.
Ketika bisa saling memaklumi, maka ketika ada perbedaan pendapat tidak akan menjadi suatu perselisihan yang besar. Karena memang beda pendapat itu wajar adanya.
Semoga sedikit membantu yaaa... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

5

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Baca pengalaman mba merlda sama dengan kejadian aku. karna aku adalah tipe cewek tomboy, cuek n workholic mertua gw sempet "underestimate" tapi prinsip ku waktu itu adalah kita punya gaya sendiri dan yg terpenting aku tidak melarang mereka bergaul dengan cucunya. kebetulan mertua ku mendambakan anak perempuan (anaknya 3 orang laki semua) kk iparku sudah menikah dan punya anak laki2 (cucu pertamanya laki). waktu aku hamil, dan USG ternyata perempuan aku sama suami ku memang merahasiakan buat kejutan.... pas lahiran pun kita juga diem2 aja. tau2 cucunya lahir pagi2 baru kita kabarin dan mereka dateng senang sekali dapet cucu perempuan.

persiapan mereka yg heboh, secara aku dan suami ku kalem aja dan lebih memilih barang2 lungsuran dari sepupuku dan membeli keperluan seperlunya (selalu ambil warna putih atau merah).

ibu mertua ku sempet maksa bahwa pulang harus ke rumah mereka karna underestimate aku ga bisa mengurus baby. aku dan suami sudah sepakat kita pulang kerumah sendiri.... makin hari akhirnya mereka mengerti dan memuji bahwa kita bisa kompak mengurus anak walaupun gaya ku tomboy dan cuek. malah di banding2kan dengan kk ipar ku yg waktu itu usia anaknya sudah usia 5 tahun.

ternyata waktu bayi cucu pertama mereka kebanykan diurus sama besan mereka. disini akar permasaah timbul antara aku mertua dan kk iparku yg perempuan. aku mencoba untuk idak terpancing tapi sayang kk ipar ku sungguh tidak dewasa. sampai hari ini hubungan kita antara saudara ipar jadi kacau...... PERANG DINGIN tepatnya....

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

6

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

aku dan mertua beda kota. sekarang masih tinggal dirumah orang tuaku.
karna beda kota jd ketemu nya jarang bgt, so semua berjalan dengan baik. mertua juga bukan tipe yang suka ngatur.
semua aman terkendali :)

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

7

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Kalau ngomong soal mertua.. Selalu bersyukur punya mertua yang baik :) pas waktu mau nikah kawatir, karna MIL orangnya keliatan tegas gituh. Begitu nikah, ternyata o ternyata.. Baik, care, suka ngirimin makanan, jadi pendengar kalau lagi galau juga. Meskipun rumahnya deket bener sama rumah gue, gak suka ngecek-ngecek/ngontrol. I loph u pull lah pa-ma.

8

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

*tarik napas*

hubunganku sama MIL mungkin lebih tepatnya GIL (GrandMa In Law, karena ortu suami udah ga ada&sejak kecil yang ngerawat eyangnya) ga terlalu bagus, surface sih baik-baik aja ya,tapi di hati ga bisa bohong..
mungkin karena beliau udah sepuh jadi menerapkan pola asuh pun masih ala jaman londo, ga setuju asip beku lah, 3bln mulai makan lah, ga boleh gendong pake gendongan selain kain cukin lah, dll..itu sih aku masih bisa terima dengan dijelaskan pelan-pelan..tapi yang bikin ga tahan adalah keinginannya buat menguasai Oghi ku..
kita sih beda kota,tapi kalo pas pulkam maunya nginep harus ditempat beliau padahal ortuku kan juga pengen diinepin cucunya, digendong melulu Oghi nya, jadi pas kita pulang kerumah harus ngulang lagi ngajarin ga sering digendong *fyuh, and the worst Oghi ku alergi debu&bulu-bulu hewan sementara ditempat GIL ada 2 anjing..tapi kog kayaknya ini dianggap bukan sesuatu yang penting sama beliau, kadang aku mikir kog kayaknya yang penting beliau happy, alergi nya dianggap angin lalu..padahal baby ku kl dah kena alergennya sampe bersin-bersin keluar airmata&mampet hidung, tapi again yang disalahin aku, mamanya minum es sih jadi asinya dingin, pilek deehh (Whatttt???) *sabaarr
sudah mencoba beratus-ratus kali komunikasi sama suami tapi beliau (GIL) selalu dimenangin..ahkirnya saya mencoba buat berdamai dengan diri saya sendiri, selalu bisikin ke Oghi biar kuat&sabar, biar mama juga kuat..
aduuh..maaf jika panjang begini, jadi curhat

love my both sa3a1 <3

9

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

all moms...sabar ya.

beruntung saya beda rumah walau satu jakarta. dan kalo ketemu paling seminggu sekali. karena kesibukan masing2. overall ga pernah sih ngatur sana sini.

yang terpenting suami always mendukung....jgn menyerah moms

10

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

baru baca postingannya putri.agustina. Aduh, paling nggak enak deh kalo dibanding2in, meski pun kita bagian yang bagusnya, ya? gak enak juga pasti sama kk ipar. Mudah2an sih pelan2 situasi perang dinginnya mencair dan kembali hangat yaaa...

betajoseph..*pukpuk*

smangat all moms!

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

11

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Mertua dianggap sama seperti ortu kita pun tetap berbeda. Bedanya biasa klo ortu kita salah bisa kita nasehatin atau minta tolong ini itu. Kalau mertua, mau nasehatin kok malah kita dianggap sok tua,mau minta tolong ini itupun agak sungkan. Kebetulan nih dapet jackpot mama mertua yg perfeksionis, cantik, langsing, makanan serba sehat, cerewet (namanya aja juga cewek), kebersihan always no satu, pinter masak, perintah bos mertua adalah mutlak, salah dikit bisa kena semburan 1 minggu, smua urusan rumah diatur sama mertua dr hal sekecil2xnya, walau sudah tahu mertua yg salah pasti ikut aku yg disalahin. Awal agak shock harus ngikutin ini itu,sementara klo aku orangnya santai banget.Yah tips nya:
1. Sabar (mau tdk mau harus ingat,jgn membantah/teriak ke orang yg lebih tua)
2. Tetap tunjukkan sikap sopan santun
3. Jgn sekali2x terpancing omongan tetangga/gosipin mertua (bisa2x klo yg kita gosipin ember orangnya,trus omong ke mertua bahaya moms)
4. Selalu menahan emosi (sambil tetap ikutin kemauan mertua dahulu)
5. Apabila kita omongpun tetap salah, minta bantuan suami yg omong. Tapi tetep dgn sikap yg baik.
6. Jika suami tidak bisa menolong&tdk sanggup berkata2x lagi. Tunjukkan dengan cara kita yg benar, bukan lewat kata2x tapi perbuatan yg positif.
7. Jgn lari dr kenyataan,namun hadapi kenyataan (stress sudah tentu,perlu diingat kita juga seorang ibu di dalam keluarga, tunjukkan power kita bahwa sanggup menjadi ibu yg baik buat anak dan suami)
8. Bila jengkel dibanding2xkan ( memuji diri kita sendiri saja dalam hati,toh yg penting kita always the best dimata suami dan anak)
9. Jgn lupa mengambil hati mertua ( membelikan baju/tas/aksesoris favorit pas kita jalan ke mall,atau makanan favorit mertua, sesibuk apapun kita sempatkan bantu mertua bersih2x/masak, jgn lupa selalu tawarkan bantuan ke mertua walau sering ditolak jgn bosen ya moms,dll)
tipsnya bunda Kira kara bagus tuh patut diitiru moms

12

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Hiks, lagi stres berat sama mertua yang susah diberi pengertian. Gimana ya mom ngasih tahu mertua kalau ASI lebih baik dari susu formula dan kalau MPASI homemade lebih baik dari bubur bayi instan. Mertuaku tuh beranggapan aku kasih ASI dan nantinya gak mau ngasih cerelac dkk karena nggak mau keluar uang. Kita padahal sudah pakai jurus kata dokternya MPASI awal kasih buah. Bahkan suamiku sendiri sebenernya dokter, tapi beliau tetep kekeh kasih susu formula dan bubur instan itu lebih bagus karena semua orang tetangganya kasih begitu.

I am a mother, apotheker, and editor

13

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

ZataLigouw

gw sih sampe sekarang msh super silent ajah.... mengingat KK ipar gw totaly sangat tdk dewasa. malah gw bisa ngobrol sama mertua gw. skrg MIL gw udah mulai slowdown abies... aku bilang drpd pusing mending nikmatin main sama cucu....

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

14

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

siawcu, stuju, kunci utama ngadepin mertua (atau siapa pun) ya sabar, insha Allah dilancarkan semuanya..

waduhh..Mama Rachel, situasinya susah juga ya kalo begitu. Biasanya kan kalo ortu justru pengen banget kitanya ngasih ASI selama mungkin ke anak2. Hmm..mungkin sesekali dikasih literatur dari buku atau internet yang bisa bantu kasih pengertian ke beliau?, atau ajak ke acara2nya TUM yang mengedukasi ;p

yup, bener putri.agustina, mending beliau main sama cucunya ya, lebih sehat dan berguna..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

15

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Masalah klasik kayaknya ya :p
Tapi begitulah, mamas.. Beda jaman, beda frekwensi, beda cara, beda sudut pandang. Berdasarkan pengamatanku yang juga berada dalam masalah orang kebanyakan, sangat penting buat mendekatkan visi sedekat-dekatnya dgn suami ttg hal ini. Dgn bahasa yg nggak menyinggung dia, ungkapkan aja kesulitan kita, maunya kita, dan betapa kita butuh dia sebagai penengah dan "penerjemah". Karena dia kan yg sudah tau cara komunikasi ortunya. Kalau kita dan suami kompak, akan lebih mudah. Nggak menjamin masalah hilang 100% krn kita sama ortu sendiri aja pasti ada perbedaan pandangan, apalagi sama mertua atau ipar. Tapi at least bisa jadi shock breaker lah :D
Trus, penting juga kita mengenali celahnya mertua. Gimana supaya beliau mau dengerin kita. Misal, puji2 dulu beliaunya, setujui dulu kata2nya, trus (lagi2 dgn bahasa dan kalimat sesuai adatnya) kita tawarkan alternatif lain dan "dasar hukum"nya.
Aku sendiri masih berjuang dlm hal ini. Apalagi suamiku anak ragil yg jd anak tunggal (kakaknya meninggal), ipar tinggal seberang rumah. Mertua deket sini juga. Alangkah besar potensi gesekannya. Heheheh... Good luck!

? You are my universe ?

16

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

saya juga masih susah. ijin belajar dan nyimak. hehehe

Freelance Photographer | 3D Architecture Impressionist

17

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Mama Rachel soal makanan instant sama tuh dengan mertuaku hehehe. Rasanya pengen aja bilang ke mertua:"Dimana-mana alami pasti lebih baik kalee...." hahaha,tapi berhadapan ma mertua susah2x gampang. Klo aku siy awal ngikutin aja,tapi tetep yg sehat selalu aku buat di mpasi awal. Seperti buah diblender,banyakin itu aja dibanding instant. Jika kekeh mertua suka yg instant,kan sekrg ada "Gasol" untuk mpasi awal dari bahan alami moms.Mertua juga disuruh baca keterangan dari GASOL secara itu produk yg aman,sehat buat mpasi awal. Ada banyak rasa kok moms. Pelan2x dikasih pengertian ke mertua,untuk baby utamakan yg fresh, kita aja klo suruh maem serba instan atau kalengan lama2x eneg juga kan?dan ada dampak negatif. Makanya Bahan yg diolah FRESH pasti jauh lebih sehat. Semoga membantu moms.

18

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

siawcu, eh ada ya merek Gasol, bisa dibeli di mana? ipar ada yang mulai keteteran karena lagi gak ada mba sedangkan anak tiga dan dia gak selalu sempet masak, mungkin bisa gw saranin pake itu kalo kepepet ya.. maap OOT hehhee..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

19

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Zata di superindo ada kok. Tapi tawar :p
*oot*

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

20

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

heheheh...makasih cindy...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

21

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Moms, aku juga mau cerita dooong :D

Aku masih tinggal sama mama mertua (ayah mertua dah meninggal)+adik ipar+kakak ipar. Aku sih sebenarnya baik2 aja sama mertua. Mertua gak pernah nuntut aneh2, beda pendapat dikit mah ya wajar lah. Aku selalu ngerjain kerjaan rumah, mau nyuci piring segunung aja aku jabanin deh Moms, meskipun kadang agak sedih juga liat kakak+adik ipar pada enak2 makan sedangkan aku yang nyuci piring. Berasa kyk upik abu aja, tapi aku anggap gpp deh konsekuensi aku masih numpang. Meskipun skrg aku lg hamil 5 bulan aku gak prnh manja atau berenti ngerjain kerjaan di rumah (padahal aku juga kerja full time di kantor loh). Pokoknya kalo ma mama mertua aku ma suami enjoy deh. Mertua mau makan apa aja yang aku masakin meskipun aku tahu masakanku gak enak hehehe

Cuma yg bikin aku Dongkoooollllll sampe ubun2 dongkolnya tuh sama keluarga kakak ipar.Dia sebenernya dah punya rumah sendiri yg jau lebih gede dibanding mama mertua aku. Tapi kehidupannya tuh masih kyk di rumah mertuaku. Semua pakakain, sepatu kotor, panci2 segala macem berantakan di rumah mama mertua. krn dia kerja akhirnya dia nitipin anaknya sampe sekarang (anaknya udh 5 thn). Yang bikin aku bener2 gedeeeekkk banget tuh anaknya super nakal+manja bgt. Aku gak peduli ibu+ayahnya kurang kasih sayang apa gak, krn aku pikir aku gak berhak buat ikut campur urusan kaka ipar. Tapi makin lama kehadiran ponakanku itu bener2 ganggu kenyamanan aku Moms. Kalo kakak iparku pulang ke rumahnya, dia selalu ingin nempel dgn suami gak boleh ada yg lain yg deketin suami termasuk aku. Suami juga diem2 aja alesannya "kasian ni anak kurang perhatian dari ortunya". Aku ngerti Moms dia anak kecil, tapi aku gak tahan, jenuh sama situasi kyk gini.Bukannya gak mau baik2 sama ponakan tapi kan segala sesuatunya hrs ada porsinya. Kok jd aku yg makan hati tiap hari gk dpt perhatian dr suami krn terlalu sibuk ngurusin ponakan, sementara orangtua si anak cuek aja di rumah bareng suaminya. Dan yg paling bikin nyesek, iparku itu bawaannya komen jelek mulu ma aku+suami.

Udah gk tahu hrs gimana. Bingung. kasian juga sama mama mertua yg udah kyk 'pengasuh anak' dibandingkan 'Nenek'. Ada saran gak Moms aku hrs bersikap gimana?

*sorry banget moms kepanjangan hhihihi :D

22

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Vini Hujan kalau menurut saya, kalau bisa vini pindah dari rumah mertua. hidup terpisah dari keluarga ipar. Jangan sampai perasaan jenuh dan dongkol melihat kelakuan keluarga ipar mempengaruhi kehamilan Vini.

Ga bisa sih kita mgarepin orang lain berubah sikapnya dengan kita, kita aja yang nentuin. kita mau hidup tenang atau terus terjebak dalam perasaan jenuh dan dongkol.

23

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Sri Hastuti Bur : Suami sih maunya nanti setelah lahiran baru pindah ke rumah kita. Kebetulan aku baru ambil KPR tapi jauuh jaraknya dari kantorku/suami. Semoga kuat deh .. dan pastinya hrs bisa sabar hehehehe

24

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

iya Vini Hujan, gw setuju sama Sri Hastuti Bur, pindah adalah salah satu solusi yang baik, apalagi kalau memang sudah ada rumahnya, kan? karena kalau begitu terus2an, yang ada kasian baby di kandungan, takut kebawa kalo Vini-nya bawaannya kesel dan dongkol terus, gak sehat juga buat hubungan suami istri, jadi jauh, jadi salah paham, dan meluas ke mana-mana. Jangan sampe begitu juga sih, tapi kan lebih baik mencegah. Maaf ya kalau terkesan menggurui, tapi lebih ke berbagi sih vin karena gw dulu juga pernah tinggal bareng nyokap, trus bareng mertua, trus bareng ipar, jadi tau rasanya tinggal bareng sama keluarga, ada enaknya tapi karena sdh berumah tangga gw memilih untuk tinggal sendiri..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

25

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

vini Hujan,
sikap anak IMHO merupakan "urunan" bukan hanya ortunya, namun semua orang yg terlibat dlm pola asuhnya, om, tante, nenek yg ikut terlibat langsung.
daripada cemburu dan makan hati sama anak kecil, alangkah baiknya, jika Vini mampu, turut menjadi "ortu" dan ikut andil dengan memberikan pola asuh yg lbh positif. Siapa tahu, dengan contoh dari Vini, ortunya dan orang2 sktr bisa merasakan dampak positifnya. sehingga si anak bisa tumbuh dengan baik, mandiri dan bukan lg manja. hitung2 latihan mengasuh anak sendiri nantinya... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's