1

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

piyut yang sabar yaa..bner banget kalo suami pegang peranan penting banget buat nangkis hal2 yang aneh..hehe..gue inget banget dulu waktu abis lahiran gue masih cape banget tapi Aysha rewel semaleman..MIL ga tega bangunin gue..tapi sayup2 gue denger MIL bilang kalo ga apa2 ditetesin air putih daripada kehausan..antara terharu MIL gue sayang ama gue sampe ga tega bangunin,tapi gue juga kaget kalo Aysha umur 1 hari mau dikasi air putih..saat itu suami cuma jawab "ooh" tapi ga ngelakuin (alhamdulillah..) akhirnya gue bangun dengan susah payah demi kasi asi saat itu...tapi sebenernya MIL gue sangat pro asi..karena beliau ga pernah kasi sufor sama sekali ke 5 anak2nya..
kalo masalah ledek2an..hmm mungkin sebenernya gimana cara penyampaiannya kali ya..misalnya ada yang bner2 serius ngeledek ada juga yang bercanda...kalo terlihat serius ngeledek dan berkesan nyalahin..nah itu yang bikin panas :P
atau bisa juga karena kita udah "marah dan ga suka" duluan,jadi yang bercanda pun kita anggap bneran..hehe ..misal nyokap gue sering banget dulu bilang ponakan gue si pesek,si item..tapi ditanggapin kaka gue sebagai emaknya dengan santai..tapi disaat yang bilang gitu adalah orang yang selalu bikin kesel dia, ntah kenapa jadi bete berat,,pdhl sama aja dibilang pesek hihihi...

~Aysha's mom~

2

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Mia Septiana wrote:

kalo masalah ledek2an..hmm mungkin sebenernya gimana cara penyampaiannya kali ya..misalnya ada yang bner2 serius ngeledek ada juga yang bercanda...kalo terlihat serius ngeledek dan berkesan nyalahin..nah itu yang bikin panas :P
atau bisa juga karena kita udah "marah dan ga suka" duluan,jadi yang bercanda pun kita anggap bneran..hehe ..misal nyokap gue sering banget dulu bilang ponakan gue si pesek,si item..tapi ditanggapin kaka gue sebagai emaknya dengan santai..tapi disaat yang bilang gitu adalah orang yang selalu bikin kesel dia, ntah kenapa jadi bete berat,,pdhl sama aja dibilang pesek hihihi...


hehe, faktor 'sentimen' yah jadinya :) tp iya, aku jg dl suka nyeletukan orangnya, sbnrnya gak maksud nyela, tp klo aku heran suka komentar or nanya, misalkan related to fisik orang lain, tp akhirnya ngeh sih klo orang acceptance-nya gak sama spt aku yg klo dikatain apa aja jg mesem2 ma balas aja dgn suka cita, misal skrg 3th ini 3x hamil, ya jelas kan badan kyk karung, jd dah biasa aja diledekin ma sodara/temen "haduh, knp loe skrg jd kyk karung gini siiiiih?" aku malah terbahak2, "ya wajar donk kan gw bentar lg akan menghasilkan 3 anak manusia," dulu mungkin krn aku sendiri orangnya santai bgt gak pernah diambil hati klo ada yg komentar ttg fisik (misal ada yg ngatain pendek, secara memang pendek ya aku malah cekikikan, sambil komentar, "biarlah, yg penting cakep kan?" a la tahun 80an, hehe), jd dl aku mikir ya komen2 gitu msh acceptable. luckily aku jarang bermasalah, dah baca duluan sblm ini byk jg yg suka 'tersungging' ternyata :)

hopefully klo ada mil-pil mamas yg komentar ttg fisik anak kita sbnrnya cuma wondering aja, gak maksud or niat mereka utk nyela or gimana, wong darah daging dia juga kan :D also, jgnkan nunggu sehari, anakku baru lahir 30 menit gitu dibawa ke ruang khusus bayi dan dilihat mamaku, lgs kok mamaku komen, "busyeeeeeeeeeeeeeet, item bangeeeeeeet," trus kocaknya dia lgs telp papaku, bisik2, "pa, pa, anaknya item," bukannya ngomong dah lahir dgn selamat, sehat, lengkap, afgar 10/10 or apa gitu yah :D kocaknya lagi disampingnya ada mil-ku (yg jelas bgt suamiku -anaknya- adalah yg bertanggung jawab nurunin gen 'keling' itu :D) yet am pretty sure lah my mom still adores her grandchildren even more than she adores her own children loh :D

sampai skrg klo dia ngeledekin fisik anak2ku, yg komplen langsung itu malah nanny mereka loh, "ah, gak kok omi, kakak gak item," or "gak kok omi, adek gak keliyatan lagi caplangnya," jadinya kocak gitu. i still have no problem with those 'empty' words, malah lbh bete ma caranya my mom yg klwt manjain anak2, soalnya jadi merusak semua tatanan disiplinku :( *but that's another different story yah, hehe*

budekin aja kuping mamas, or anggap nanti sbg challenge for us to introduce the reality to our children, some words aren't meant to be taken seriously :D

thank heavens for lil' girls

3

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Hi teman2, aku ikut berpendapat ya. Maap kalo ada salah2 kata.

Soal mertua emang ga ada abisnya ya...gue juga selalu kebagian nih kalo temen2 curhat tentang mertua.

Masing2 orang memang berbeda ya, tapi kalo menurut gue - maaf nih kalo ada yang tersinggung, ini hanya pendapat gue yahhh - agak kurang etis membicarakan keburukan mertua kita kepada umum deh.

Apalagi forum terbuka gini yang semua orang bisa baca dan identitas masing2 juga jelas...gimana kalo suatu saat ipar kita atau bahkan pasangan kita atau tergawat sang mertua sendiri nyasar kesini terus baca? Apa nggak malah memperkeruh suasana yah?

Gue pikir, kalo curhatan mengenai mertua sebaiknya stay offline dan sebaiknya juga sharing hanya sama orang yang bisa dipercaya. Misalnya ke temen deket dan tidak didokumentasikan online gini kayaknya lebih baik.

Seperti layaknya manusia biasa, mertua kita kan pasti ada kekurangan dan ada kelebihannya...tapi bagaimanapun juga, mertua itu orang tua pasangan kita dan tanpa kasih sayang mereka, dukungan mereka, maka pasangan kita pun nggak akan ada di sisi kita saat ini.

Dan menurut gue juga selalu ada 2 sisi dari sebuah cerita - mungkin bagi kita mertua rese lah, suka bandingin lah, ikut campur lah dllsb, tapi mungkin bagi mertua kita, dia hanya ingin membantu, atau mungkin memang cara dia bersikap ya begitu.

Dan kalau kita bilang mertua begini, mertua begitu, sudahkah kita bertanya dan introspeksi kepada diri sendiri, "Apakah saya menantu yang baik? Apa yang sudah kita lakukan untuk mertua? Adakah usaha kita untuk menjadi dekat dan 'bonding' dengan mertua?"

Kalo jawabannya semua negatif, TIDAK atau TIDAK ADA, ya berarti kita nggak bisa nyalahin mertua kita sepenuhnya karena kita-nya juga emang belum maksimal usaha untuk dekat dan diterima-nya.

Kuncinya juga di pasangan. Kalo kita ga setuju/ga suka dengan apa yang dilakukan mertua, mungkin lebih enak lagi kalo kita ngomong dulu ke pasangan - pasangan kita kan anaknya mertua, tentu lebih kenal dan tau kenapa alasan mertua bersikap/berlaku seperti itu. Intinya pasangan kita lah yang musti membantu menjembatani perbedaan antara ibu/ayahnya dengan kita sebagai pasangan.

Gue udah merasakan sendiri kok. Kalo misalnya suami ada selisih paham dengan ortu gue, ya gue lah yang berusaha membuat selisih paham itu jadi pengertian, supaya semua pihak puas dan baik lagi.

Mertua gue juga jauh dari sempurna - and with all their pluses and minuses I still respect them. Mereka memang tinggalnya jauh di negara asal suami gue, dan sejauh ini selalu menghormati keputusan2 yang diambil oleh suami dan gue.

Temen2 sering bilang ke gue, "Enak banget ya mertuanya jauh jadi gak rese!" Menurut gue, ada minusnya juga kok - mertua gue jadi ngga bisa perhatian ke gue seperti ortu gue perhatian ke suami gue. Dan mereka emang orangnya cuekan jadi ya gitu deh, jarang nelpon, paling Skype-an atau email.

Tapi sekali lagi, kalopun pernah ada masalah sama mereka ya, gue akan lebih dulu ngomong ke suami gue sendiri sebelum gue ngomong ke forum umum - karena suami gue sebagai anaknya mertua yang jelas kenal mertua lebih baik, tentu JAUH LEBIH TAU dan jauh lebih bisa membantu. Ini kan personal - beda kalo dengan sharingan seperti hal2 lain misalnya MPASI, ASI, Pregnancy & Health topics, dllsb.

Kalo soal MPASI, ASI, Pregnancy & Health, orang lain bisa membantu karena sifatnya general tapi kalo soal sifat dan karakter mertua, rasanya lebih tepat kalo kita minta bantuan orang terdekat kita dulu alias pasangan.

Untuk yang lagi konflik sama mertuanya dan curhat disini, sabar ya, coba dicari aja jalan keluarnya...pelan2 dekati mertua dan percaya deh, pasti setiap konflik maupun salah paham atau selisih pendapat, ada jalan keluarnya jika bener2 mau dicari.

Toodles ;)

4

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Peachmargarita,
Setuju sama pendapatmu, mertua dan ipar itu otomatis jadi bagian dari keluarga kita.
Makanya di thread ini kita sama2 sharing dan cari jalan keluar biar hubungan kita sama para in laws ini bisa jadi baik dan lebih baik lagi..
Thanks masukannya ya moms..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Well, jadi inget sama "densa otoko", dorama jepang..cowok kuper yang suka curhat di internet, tp akhirnya bisa mendapatkan gadis impiannya.

Hmm, kalau menurutku, mungkin mamas-mamas yang sharing disini bukan pure hanya bermaksud untuk membeberkan keburukan mertuanya/iparnya ke semua orang. Kan sesuai judulnya, "membina hubungan baik dengan mertua/ipar".

Ada mamas yang share masalahnya untuk mendapatkan masukan dari mama yang lainnya. Ada juga yang share hanya untuk sekedar berbagi biar berkurang beban di hatinya. Soalnya kadang masalah yang menyangkut hubungan dengan ipar dan mertua tuh complicated banget ya, mau tidak mau ya memang kadang kita hanya bisa sabar dan "menelan" tanpa bisa merubahnya. Dan terkadang, curhat ke pasangan juga tidak menolong. Biasanya kalau sudah menyangkut orang tua, lebih seringnya langsung keluar deh sikap defensifnya kita. Aku juga suka gitu kok, walau sudah berusaha netral, kalau suami mengkritik orangtuaku, sikap defensifku juga suka keluar. Ya it's normal, namanya juga orang tua sendiri. Balik-baliknya ya harus sabar.

Memang banyak yang akhirnya memilih curhat lewat internet karena cara inilah yang paling gampang. Mau curhat ke teman juga untuk beberapa orang susah karena situasi dan kondisinya. Seperti aku misalnya, tinggal di Balikpapan, jauh dari teman dan saudara yang hampir semuanya tinggal di Jawa. Mau ketemuan dengan teman yang sekota juga susah karena ga ada ART/BS yang bisa nungguin anak kita ketika kita mau ketemuan dengan teman. Mau curhat lewat telp ke teman, ketika jamku ngga sibuk eh mereka yang sibuk kerana kebanyakan masih bekerja kantoran, pas jadwal mereka sudah nggak sibuk, gantian aku yang sibuk ngurus anak, suami, dan rumah :). Dan kalaupun curhat lewat chat ya ke orang2 itu saja, dan masih banyak alasan lainnya.

Dan sepertinya setiap mamas yang curhat di sini juga sudah consider konsekuensi dari mereka curhat disini.

Dan kalau membaca thread ini, sebenarnya aku juga jadi bisa belajar, belajar untuk berempati kepada mamas yang lain, belajar sabar bahwa ternyata masih banyak mamas lain yang masalahnya jauh lebih complicated dibanding masalahku.

Just my point of view saja sih. Maaf kalau ada yang keberatan.

6

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Iya, sama2 ya kalo gue salah2 ngomong maafkan.

Habis skrg kan jamannya internet, gue knp kemaren jd nulis posting itu, adalah karena sodara gue sendiri ikutan thread yg mirip2 begini di forum (bkn disini tapi di forum lain khusus ibu2) juga, trus secara KEBETULAN banget pas dia lagi ngambek dan marah2 di forum ttg mertuanya, pas dia tinggal laptopnya masih kebuka, kebaca deh sama si mertua.

Kebetulan mertuanya mayan gak gaptek - punya BB dan bisa main FB juga - dan gak sengaja kebaca itu postingan2 dia, mana postingnya pake nama asliii (*____*)

Akhirnya ribut2 deh...

Ya udah semoga semuanya bs mendapat jalan keluar terbaik ya, just my 2 cents ;)

7

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

MIL?

http://expectingwords.com/wp-content/uploads/2009/08/istock_000009758793xsmall_mil-214x300.jpg

Monster In Law


RRRRrrrrrrr....

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

8

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Well, kalo mertua gw sih di bilang tukang ikut campur ngga, di bilang ngga sering juga ikut campur, ahahahaaa... Tapi bukan sampe yang harus ngikutin apa maunya dia karna dia mau kita harus independent. Yang pasti dia selalu mau tau kita ngapain aja dan apa aja yang terjadi di kehidupan kita, namanya juga Ibu2 kali ya jadi menurut gw sih wajar aja.

Gw dan suami sempet tinggal sama orang tua suami selama 6 bulan karna kita waktu itu masih cari2 rumah. Mreka sih kasih kebebasan ke gw dan suami mo ngapain aja tapi ya gw lebih ngerasa ngga enak aja dan walopun kita dapet privacy & space karna mertua tinggal di lantai atas, kita di bawah, tetap menurut gw tetap ngerasa ngga bebas, kayak ada yang ngeliatin mulu gitu. Lucunya justru suami gw sendiri yang pengen cepet2 pindah dan dapet rumah, padahal itu kan orang tuanya sendiri ya, hahahaaa....

Tapi ya gw ngerasa cocok banget sama mertua cewe gw, dia tipe tomboy gitu, suka pake celana pendek dan kaos oblong, umurnya udah 70 tahun tapi masih active banget main golf, ngejahit, anterin cucu2nya ke skolah, berenang, main tenis, bantuin kita ngecat rumah waktu renovasi, dll. Kalo dia lagi belanja keluar gitu suka deh kita di beliin pernak pernik, lalu pas gw dapet driver license di telpon sama mertua bilang congratulation, buatin makan malem bareng keluarga buat ultah gw yang baru2 ini.

Yang pasti she's a really caring person, tukang ikut campur (yep, finally I admitted, ahahahaha) sih iya tapi dia juga tau harus membatasi sampai sejauh mana untuk urusan anaknya atau menantu.

9

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

mamas ada ga disini yg masih manggil mertuanya dg sebutan Tante ya?
aku ngerasa anehhhh banget uda 4 tahun nikah dan punya 2 anak masih manggil mertua dg sebutan tante..
pas pacaran manggilnya emg tante, dan pas awal2 abis nikah lha koq masih maggil dirinya sendiri ke aku dg sebutan tante? aku coba utk memberanikan diri panggil dia mama pas lg smsan, tp tetep dia balas sms aku dg manggil dia tante. ke 2 x nya aku coba panggil mama lagi, tp dia ga ngerespon..
aku sedih bgt2 dan malu klo temen2 dtg pd aneh aku panggil mertua dg sebutan tante, apalagi mama ku nanya knp ga panggil mama ya aku cm bisa diem ga jawab apa2..
krna 1 hal itu sampe skrg jujur aku ngerasa ga dianggap sbg mantu yg uda ngasi 2 cucu buat beliau..
dan karna nama panggilan itu aku jdi males utk negur beliau krna dilidah ini utk manggil tante sangat2 ga enak buat aku! :(

10

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

diyahparamita, say, udah coba diomongin ke mertua blm? Atau kalau sungkan coba lewat suami deh. Mungkin beliau akan lebih terbuka kalo ke anak sendiri dan mungkin ada hal yang menurut mertua kmu yg ngeganjel yg kmu gak sadar itu apa :D
Situasi yg kmu alami pasti bikin canggung banget ya. Semoga suami tetap bisa berada di posisi netral :)

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

11

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

retnasihombing aku udah pernah ngomong sm suami sih mom, tp suami blgnya "km kan orgnya nyante, coba panggil aja MAMA trus tar lama2 pasti beliau ngikut koq" tp ya aku udh coba 2x rasanya patah semangat.. aku nganggap ini bukan masalah yg sepele. apa aku yg berlebihan ya?
karna nama panggilan itu aku jd ngrasa sangat canggung dirumah, mau negur buat bisa deket aja susah krna nama panggilan yg mnrt aku sangat ga cocok dilidah :(

12

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Diyah,

Kalo menurut gw ya elo tetap aja panggil ibu mertua 'Mama' kalo misalnya dia ngga respon panggilan elo atau bilang secara langsung ke elo untuk ngga panggil dia 'Mama' baru menurut gw elo bisa ngerasa patah semangat.
Bagi gw sih ngga masalah ya kalo elo panggil mertua elo 'Tante' yang penting hubungan kalian itu tetap lancar dan baik, bisa jadi juga mertua elo belom terbiasa di panggil mama sama menantunya. Atau lebih baik lagi ya elo ngomong langsung ke mertua kan masalahnya bisa lebih jelas tuh.

Karna gw nikah sama bule jadi gw awal2 panggil calon mertua sampe akhirnya jadi mertua itu pake nama, Pamela & Kevin. Gw sebenernya juga berasa sungkan banget panggil nama mereka begitu doang apalagi mreka ini umurnya udah di atas 70 tahun. Nah karna cucu2nya ato menantunya suka panggil "Granny & Poppy", jadi sejak itu gw panggil mreka 'Granny & Poppy'. Gw juga di sini ngga pake sebutan 'Aunt or Uncle' untuk kakak ato adik mertua gw, karna menurut mreka itu ngga perlu. Karna itu permintaan mreka sendiri jadi ya gw turutin.

13

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Nyonyacouch aku malah ngerasa nya hubungan jadi kurang baik dan ga bisa jadi lebih baik lho hanya karna 'nama panggilan'. ga tau ya knp? mgkn karna stiap temen2 yg denger ato sodara2 denger mereka pada aneh bgt dan pasti responnya "loh koq uda lama jadi mantu masih maggil mertua nya tante sih, ga sopan ah.." padahal bukan aku yg mau manggil beliau tante..
kalo belom terbiasa masa sih uda nikah sama anaknya 4 tahun loh masih ga terbiasa juga?
anakku panggil mertua dg sebutan mama, beliau yg mau dipanggil mama sm anakku biar ga tua katanya..
aduh mom apa aku yg lebay ya? tp aku ngerasa malu didepan umum manggil mertua Tante. klo di LN mgkn uda biasa x ya manggil org tua cm dg nama :)

14

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

diyah, atau coba minta tolong ke suami nanya ke mertua (sambil becanda, tentunya hehe), dulu mertua kamu manggil mertuanya dgn sebutan apa? Kl tnyt 'TANTE' juga, ya berarti masalahnya bukan di kamu. There should be a reason for this uncommon situation, cari tau pelan2&dgn cara yg santai. Jangan sampai stres banget dipikirin 24/7 yaaaa.

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

15

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

diyahpramita Sebenarnya coba tanya ama suami, kenapa ga mo dipanggil mama, apa mama ngerasa aq sebagai orang lain yah? Actually dalam pernikahan sebenarnya mertua mbak emang salah sih kalo dia masih nganggep org lain. Tapi ya ada aja kan ibu2 sifatnya beda2, heheh...

Dan semestinya suami bisa jadi penengah, dalam artian menyalurkan curhat istrinya dgn cara yg menyenangkan dan sopan ke mamanya (ga boleh cuek). Krn qta ga mungkin juga lsg ngom ama mertua, soalnya biasanya mertua tu lebih dengerin suami mbak, mungkin jg lebih masuk dibanding qta yg protes, ntar suka dianggep lebayy atau mencari2 masalah...heheh

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

16

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Mia Septiana wrote:
piyut
kalo masalah ledek2an..hmm mungkin sebenernya gimana cara penyampaiannya kali ya..misalnya ada yang bner2 serius ngeledek ada juga yang bercanda...kalo terlihat serius ngeledek dan berkesan nyalahin..nah itu yang bikin panas :P


Iya nih,,klo dipikir-pikir mungkin karena kritikan dari mertua yang bertubi-tubi..jadinya sebel duluan. Tapi sekarang aku udah cuek abissshhh sih. Tetep menghormati beliau dan klo ada kata2 yang kurang enak didengar ya..diterima aja...aku husnudzzon sajah.. Mungkin dulu pas baru lahiran jadi gampang tersinggung karna faktor bbay blues juga..

Peachmargarita
thanks buat sarannya..tapi honestly saya g ada maksud buat ngejelakin mertua da ipar...cuma pingin curhat aja,,dan g mungkin banget curhat sperti ini ke suami karena saya tahu karakter suami saya seperti apa..
Thanks ya...

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

17

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Bukan hal yang ngga mungkin untuk kita ngomong ke Ibu Mertua langsung, toh Diyah kan menantunya dan juga sebagai sesama perempuan bisa lebih jelas ngomongnya di bandingkan ke anaknya sendiri (suami Diyah).

Segala sesuatu kalo di omongin dan diskusi akan lebih enak, Diyah sendiri kan sudah bergabung di keluarga itu selama 4 tahun jadi sedikit banyak sudah agak tau dan mengerti gimana sifat dan sikap ibu mertua. Masa udah 4 tahun masih juga jengah untuk ngomong ke ibu mertua ? Atau tanya ke suami dulu kira2 perlu ngga tanya2 gitu ke ibu mertua soal panggilan 'Tante' ini, gimana pun kan elo berusaha untuk membuat suasana rumah tangga kalian dan mertua jadi lebih baik dan nyaman.

Ngga usah terlalu di pikirin ya Diyah, konsentrasi aja ke suami dan anak karna menurut gw itu prioritas elo yang pertama.

18

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Nyonya Couch wrote:
Ngga usah terlalu di pikirin ya Diyah, konsentrasi aja ke suami dan anak karna menurut gw itu prioritas elo yang pertama.


Setuju banget...mulai bisa berdamai dengan kebiasaan dan omongan MIL setelah sadar bahwa Suami dan anak lebih membutuhkan energi dan perhatian saya...

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

19

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Kalau aku kasusnya agak lain dari mamas semua.. Mertuaku ada 2 pasang, jadi ceritanya waktu kecil suami pernah dirawat oleh keluarga pamannya (pakdhe).. Kalau manggil ke pakdhe/budhe ya bapak ibu. Waktu pas kenalan aku juga agak bingung kok bapak sama ibunya 2 pasang tapi lama2 akhirnya biasa..
Dari segi perhatian sama aja , cos suamiku jadi bungsu di kedua kelurga tersebut.. Pernah kejadian di keluarga pakdhenya ada acara, kebetulan juga di rumahnya sendiri lagi repot.. udah tuh suami kayak kitiran, loncat sana sini. Sampai kasihan sendiri lihatnya..
Waktu kita nikah juga banyak yang bertanya kok orang tua mempelai (duh bahasanya) jadi 3 pasang.. Cara nyikapinnya ya kalau pas pulang, harus nginep di dua rumah itu secara bergiliran... dan kalau bawa oleh - oleh misalnya ya harus dua paket.. Ibuku sekarang udah hafal kalau nitipin sesuatu lewat aku untuk mertua jadi 2 paket juga hehehe... Alhamdulillah untuk masalah hubungan sejauh ini baik - baik aja. Mencoba untuk berpikiran positif dan merasa istimewa karena ortunya ada 3 :)

20

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Ayuseka..sama banget nih sama kondisi ortuku. Waktu kecil ibuku diasuh oleh kakaknya kakek kandungku krn anak mereka meninggal semua sewaktu masih kecil. Jadi aku berasa punya nenek dan kakek yang banyaaak. Tapi justru dari nenek dan kakek keduaku ini aku deket banget krn yang namanya anak kecil kan bisa membedakan mana yang benar2 sayang ke kita. Sampai sekarang kalau sedang iseng2 mengingat jaman masa kecil dulu pasti ingat sama sayangnya mereka ke aku. Kasih sayangnya mereka ke aku adalah salah satu hal yang membuat masa keciku terasa indah :).

21

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

retnasihombing aku pernah nanya suami sih dulu mertua panggil ibu mertuanya apa, suami bilang panggilnya NENEK krna sambil ngajarin suami n adeknya biar panggil nenek. udah sering aku singgung2 sih mom ke suami tp kyknya suami jg ga enak mau ngomongnya krna aku liat emg suami kurang deket sm mamanya.. aku makin bingung klo yg sulung uda ngerti tar dia bingung koq ibunya panggil neneknya tante? makin bingung deh cm masalah 'nama panggilan'..

Laurina nah itu dia mom, suamiku termasuk yg ga banyak ini itu ke mamanya, apa yg dblg mamanya ya manut aja gitu.. jarang aku liat suami cerita2 sm mamanya.. tp sih skrg suami bisa nenangin aku sih, coba buat aku positive thinking aja.. :)

Nyonya Couch aku termasuk yg ga deket sm ibu mertua mom, malah ngerasa lebih enak klo ngomong sm bapak mertua. itu masalahnya.. takutnya anakku bingung aku panggil neneknya tante..
iya sih prioritas emg anak n suami, tp sangat ga nyaman klo ketemu mertua mungkin aku bakal panggil beliau nenek perlahan2 dg maksud ngajarin anak n sekalian ngilangin panggilan nenek, mdh2an berhasil :)

22

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Kalo aku sendiri gak punya pengalaman sama mertua. Secara ortu suami ku sudah meninggal dari suami ku SMP. Jadi aku belum pernah bertemu sama mertuaku. Paling hanya lihat foto nya. Suami ku juga anak bungsu. Kakak-kakaknya ada banyak. Jadi pengalamanku sama ipar. Hehehe.

Kakak ipar ku lebih banyak perempuan dari pada yg laki-laki. Jadi yaa ada bawel-bawelnya juga. Hihihii. Tapi sampai sekarang, hubungan ku dengan kakak-kakak iparku cukup baik. Paling terkadang, kakak ipar ku yg paling besar (kebetulan perempuan) memang agak bawel. Hehe. Waktu pertama kali kenal dia, aku habis di interogasi dengan juteknya! Tapi ternyata, memang muka nya doang yg jutek. Hehehe.

Aku sendiri pingin banget kenalan sama mertua, dan merasakan punya pengalaman sama mertua. Hehehehehe

23

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

adistybudiman wrote:

jadi yah, mgkn moral of the story, klo cara kita kdg dipertanyakan or dikritik, ya aku sih berusaha revaluate dan sabar aja, aku respect bgt klo tiap orang punya cara msg2, tp most of the time ya aku keukeuh aja dgn caraku, hehe...



setuju banget ... walau kadang suka ga enak dan sedikit luluh untuk ikutin kemauan Mama atau MIL :)

? I'm so blessed! ?
@edhabe
~let all your things be done with ? ~

24

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Iya mbak Indriani, emang kalau perhatian ke cucu agak sedikit beda.. Ibu kandung suami lebih care dan perhatian sama Dzikri. Kalau telp suka bilang berasa bersalah sama suami, karena beliau merasa nggak bisa ngasuh anakku/ nggak bisa sering - sering ke Jakarta.. Soale di rumah juga ada anak kakak ipar yang umurnya cuma beda sebulan ma Dzikri. Padahal aku dan suami gpp, wong kita juga paham kalau di rumah sana MIL lebih diperlukan..

25

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Ikutan curhat ah..
Kebetulan gw baru lahiran 2 minggu yg lalu..
Tp sedihnya mertua perempuan gw sampe sekarang ga mau (belum kali yaaa) mau nengokin cucunya sama sekali. Gara garanya suami dan mertua lagi berantem (masalah sepele dan ga penting) dan diem2an sejak gw hamil 7 bulan..
Boro2 nengokin, telp ga diangkat, sms ga dibales.. Suami udah nyamperin buat minta maaf yang ada malah diomel omelin.. Sampe2 gw-suami malu sama keluarga besar gw, soalnya pada tau kalo eyang putrinya (mertua) belum pernah liat cucunya :(
Thanks God, hubungan gw sama mertua yang laki, kakak-adik ipar dan keluarga besar lainnya amat sangat baik.. Jadi mayan terhibur deh..

Enjoying Motherhood