1

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

suciww Heuuu... sedih banget ya sampe diem2an gitu :(
Udah coba minta minta bantuan sama papa mertua or anggota keluarga yg lain? Kalo menurutku sih coba aja minta maaf terus, dan sering2 ajak si bebi ke rumah mama mertua, mungkin lama2 hati mama mertua bakal luluh juga.

Semoga hubungan kalian cepet membaik ya...

2

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

suciww..semoga cepat membaik ya. Usul anin bener juga tuh, dicoba saja terus sambi bawa baby ke rumah, mdh2an segera mencair

Curcol juga, jangan sampai babynya suciww jadi mengalami seperti yang kualami waktu kecil. Dulu waktu aku masih kecil, bapak juga bermasalah sama mertua perempuannya alias nenekku. Ga tau bapakku minta maaf atau tidak, pokoknya hubungan itu baru membaik setelah kami pindah kota, dimana waktu itu aku sudah TK.

Masih ingat dulu waktu kecil aku suka merasa dibeda2kan olen nenekku dibanding cucu2nya yang lain. Dulu tiap ibuku kuliah (ibuku nikah sebelum kuliahnya kelar), aku dititipin ke nenek. Yah, gitu deh, kalau aku nangis malah suka dibentak2. Sekarang saja cerita sambil berlinang air mata..sedihnya.
Untung ada tanteku yang baik, jadi kalau aku nangis, biasanya dia yang langsung gendong aku, dihibur2 trus suruh aku manggil dia ibu. Tapi juga ga bisa terus2an bergantung sama tante krn tanteku juga waktu itu masih kuliah, sering ga ada di rumah juga.

Skrg sih sama nenek sudah membaik, tapi ya tetep berasa masih ada jarak gitu. Ya, ketakutan masa kecil itu ga pernah bisa hilang seluruhnya.

Ya, semoga cepat membaik ya..jangan sampai anak yang jadi korban.

3

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

suciww duh sedihnya... tapi bener coba usul anin, biasanya nenek akan luluh liat cucunya sendiri. semoga membaik yaa..

? I'm so blessed! ?
@edhabe
~let all your things be done with ? ~

4

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

suciww *peluk*...moga cepet membaik ya...

bunda hanif.....

5

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

permisi gabung ya mamas...
suciww, sedih banget jeng...semoga MIL lekas berbaik hati.
Dulu, sewaktu ibu mertua masih ada, juga merasakan hubungan yang kadang gak menyenangkan...suka merasa disia-siakan (lebay) secara aku orang kampung dan merantau di jakarta setelah merit. Untung suami selalu mendukung dan gak melulu belain mertua. Beruntung hubungan kita membaik..bahkan mertua jadi pengasuh anak pertama (gak punya pengasuh), mengawasi mbak untuk anak kedua...Kemudian Beliau divonis kanker PD, sempat dikemo beberapa kali ...hingga Beliau meninggal. Merasa menyesal karena belum bisa membahagiakan Beliau. Kalo hubungan dengan ipar/adik-adik suami baik-baik saja...karena suami anak pertama maka ikut menjadi "Ratu" di keluarga. Dalam artian adik-adik ipar sangat membantu dan menghormati suami maka otomatis juga berimbas ke kita. Bahkan karena rumah kita sebelahan, adik ipar bisa dititipin jaga baby shofiyya kalo ibunya kerja karena gak ada mbak/babysitter...(thanks Tante Sari).

6

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

ikutan gabung moms

hubungan aku dengan mertua cukup baik
kita tinggal bareng

awal nikah sempet ga sreg
maklum biasa tinggal dirumah sendiri dan skrg ikut suami yg juga masih tinggal barengdengan ortunya
usut punya usut pembantu yg dulu ternyata suka jelekin sana sini
kebetulan aku tinggal ada ipar, mertua dan aku
jadi pembantu ini kalo di depan ipar jelekin aku dan mertua
didepan mertua jelekin aku dan ipar
di depan aku jelekin mertua dan ipar

namanya juga org baru nikah dan masuk ke keluarga suami, sedikit canggung
jadi belom bisa komunikasi baik dgn mertua
so, pembantu deh yg gosok sana gosok sini
mertua aku sebenernya baik banget
pas tau aku hamil, ga boleh naik turun tangga
sampe2 untuk makan aja disuruh pembantu bawain ke kamar aku (aku di lantai 2 dan mertua dilantai 1)

terkadang kalo pergi keluar bareng mertua
mertua yg gandeng aku, padahal dia sendiri dah tua (dah 70tahun, gandeng aku yg still young :D )
sempet keadaan memburuk gara2 si pembantu sering ngadu ini itu
pembantu pulang kampung pas lebaran dan ga balik lagi
nah baru ketauan belangnya tuh pembantu yg suka jelekin sana sini
semenjak itu mertua mulai berubah
jadi lebih baik lagi

emank namanya mertua dan kita bukan anak kandungnya
tapi so far sih aku cocok aja sama mertua
kalo bawel sih udah biasa banget
soalnya udah umur 70tahun sih, jadi maklumin aja :)
terkadang kalo ga ada yg mau dengerin curhat mertua,
yah mertua curhat ke aku :)

7

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Hmmm... Thread ini bikin gw mikir.. Posting atau enggak.. Posting atau enggak..

Karena sekarang.. gw sm MIL (FIL udah g ada) udah gak pernah ada hubungan. Biasanya kita sms/telpnan. Tapi sejak ada kejadian di bulan november itu *yang gw gak mau inget* gw sama sekali gak pernah ada contact sama dia. Jadi terakhir kali dia ketemu Kana adalah november itu, sebelum ulang tahun 1 kana.

Dan sejak itu hubungan antara MIL ke gw sama sekali gak ada. Alias putus. PAling dia cuma telp/smsan sama suamiku. Tapi ya itu.. Kadang-kadang aku suka ajak suamiku ketemuan sm MIL. Tapi suamiku enggan. Dan pernah suatu hari dia ajak kita ketemuan sm MIL, eh ternyata gw udah keburu janji sm nyokap jadi yg pergi cuma suamiku aja. Abis itu dia nyusulin gw dan kana.

Sebenernya sedih, tapi mengingat kejadian "itu" rasanya gw masih susah. Dan sekalinya gw udah mulai bisa tenang dan akhirnya mau ketemu lagi, tiba-tiba dateng lagi hantaman yang sakit yang. Dan itu baru beberapa hari yang lalu.

Gw bingung mau bersikap gimana. Karena disatu sisi gw benci separo mati sama kelakuannya disatu sisi gw sayang dan gak tega. Bagai buah simalakama. Gw gak mau nantinya Kana gak kenal sama neneknya. Tapi kalau gw biarin kana deket, hati gw yang hancur dan parnoan jadinya.. :(

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

8

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

rachanlie *peluk mira* gue ga tau masalahnya apa ya mir sampe sebegitunya, cuma menurut gue ga ada salahnya ketemu walopun untuk basa-basi. kalo misalnya untuk jadi "deket" malah bikin sakit hati, ya ga usah sampe deket kalo gitu, cukup ketemu aja..moga2 kalo kita duluan yang buka pintu silaturahmi, pahala nya gede :) Kana juga suatu saat tau ko mana yang bener mana yang salah, bisa ngerasain walo masih kecil gitu..yang sabar yah *peluk lagi*

~Aysha's mom~

9

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

hubungan geu sama mertua sih sebenarnya fine2 aja... cuma gue nya yang rada aneh dari dulu...

jadi emang gue orangnya gak suka basa basi... sama mertua *yang tinggal beda kota* juga begitu... pas awal2 merid, sering ditelpon sama dia, sampe kadang ngerasa risih sendiri, soalnya gak tau apa yang mo diomongin, jadi kaku gitu... akhirnya gue curhat ke suami dan suami ngomong ke mamanya kalo gue gak suka ditelpon2...

awalnya dia masih nelpon2 juga, sampe gue saking malesnya gak angkat deh... sejak itu dia gak pernah nelpon gue... kalo mo ngomong sama gue, dia telpon ke suami gue dulu... baru deh telponnya dikasih ke gue...

ternyata emang gak terlalu cocok gitu sama keluarga suami... keliatan pas mertua nginep di rumah pas dia berkunjung... dan sempat bentrok2... tapi gak sampe bermasalah, soalnya gue ngobrolin semuanya ke suami...

tapi akhirnya jadi ada jarak karena masalah antara suami dan adeknya... :(

10

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

ehem...mau sharing sekalian nanya ah...
aq tinggal seatap sama mertua..dia baeek bgt suka besih2 kamar aq ( walaupun aq krg suka barang privacy disentuh tapi ujung2nya rapih) ya nyaman lah,,suka masakin,..suka beliin aq brg2..
tapi ttp aja aq ga nyaman
hmmm...ga pernah nyuruh untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga karena udah ada ART tapi y kdg2 tau diri juga,bantuin cuci piring saja
masak? aq ga bisa..paling bantuin motong2,ngoseng2, (itu aja jarang)
krn skrg udh masuk kantor lg pulang kantor tinggal ambil piring dan mamam
hmmm...anak aq kdg suka diintervensi hahaha..ya mksdnya suka disombongin lah kalo anak aq kyknya lbh nyaman sama dia.. kyk kalo ngantuk bobo digendong sama dia,kalo nangis ga mau nen pdhl lg sama aq dia dtg dan pengen mengambil alih
jujur...aq kdg suka nangis dlm hati & ujung2nya g pnh mau ngerespon apa yg dia bilang

diliat2 sih apa aqnya yang egois/cemburu
soalnya hidup aq jujur enak untuk urusan sehari2 di sana (makan,nyuci,bersih2) ga perlu dipikirin
tapi itu dia ga enaknya kdg suka diatur2 suka pengen tau urusan anaknya sama aku
suka memantau hari ini mau kmana aja,pulang jam brp*hffth*

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

11

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Baru aja mau bikin website : i hate my mother in law dot com... Pas ngubek ternyata ada thread ini, hihihi.. Ternyata aku tidak sendiri yg ngalamin ketidak cocokan sama mertua.

Kalo mertuaku itu (ibu mertua) seblum nikah udah under estimate banget sama aku. Karena beliau dekat dengan keluarga salah satu kyai di kediri beliau selalu beracuan dengan kehidupan pesantren. Sebelum nikah aku itu berambut cokelat dan bersoftlens biru, baju yang modis-modislah, pas nikah diminta lebih baik dandanannya. Walhasil atribut-atribut itu aku tinggalkan. Sampe sekarang aku selalu diarahkan buat pakai jilbab, yang annoying buat aku justru karena terkesan di push dan ngotot yang ada aku malah ngga pernah siap untuk pake jilbab. Is that all? Waduh, kalo diceritain bisa jadi novel.. Tapi yang paling ngeselin waktu aku pengen kembaran dengan beliau untuk memakai gamis. Eh, gamis yang aku kasih beliau malah dikasih ke salah satu ning yang dekat dengan beliau.. Bukan masalah dia memberikan ke orang lain tapi gamis punyaku juga diminta, karena dia ingin kembaran sama ning, bukan sama aku! Nah, jadilah daripada tuh gamis dimintanya aku jual aja di flea market, hehe. Adil toh, no hurt feeling kalo kaya gitu

Kalo konflik frontal sih ngga ada, Mertuaku ini halus banget kalo bikin kesel...

12

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

meiza, nggak ngasih komen cuma mau bilang beneran nih, aku bayangin lucu :)) gamisnya dah laku kah :)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

13

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

meizadhania Hihi seriusan tuh mo bikin tuh website? :D. Klo tingal jauhan sama mertua kan biasanya bisa mengurangi konflik ya walo bisa by phone jg siy intervensi itu dtgnya...sing sabar en tabah yaa :D. Btw ning itu panggilan buat siapa ya?

14

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

irdhelia bukan meizadhania tapi mau nyamber jawab, hihi.. 'Ning' itu sebutan untuk anak perempuan dari kyai, kalo untuk anak laki2 disebut 'Gus', contoh: Gus Dur. Sebutan ini populer di kalangan pondok pesantren di Jawa Timur dan Jateng, cmiiw. maaf OOT :)

15

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

nadned Oo i c....hihi thanks ya :)

16

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Wah, ini thread cukup panjang, aku ngga sempat baca semuanya. Mertua - iparku baik semua. Kalau pun satu-dua kali ada ganjelan, bisa diselesaikan dgn baik krn cuma salah paham. Maklum beda kultur plus kemampuan bahasa Perancis-ku masih pas2an :D Dulu pas sharing2 sama temen di sini ttg MIL, temenku bilang, kl MIL-nya baek hati, pasti kl ada konflik dikit beliau langsung ngerasa ngga enak hati. Bener juga. Pas pertama ada konflik, terkait perawatan anakku yg waktu itu lagi konstipasi, MIL dan aku sama2 ngerasa ngga enak hati. Habis itu bicara dan maaf2an :D Mertuaku dua2nya emang dasarnya baik. Dan mereka tahu aku jauh dari orangtuaku sendiri jadi mereka berusaha jadi pengganti yang baik.

Cerita lucu, waktu dinner bareng teman suami yg anaknya cowok semua, MIL ngobrol dgn istri teman suami (sebut aja namanya Be).

MIL: "Kamu anaknya laki semua yah"
Be: "Haha, iya. Ngga papa, nanti pokoknya menantu2 perempuanku hrs baik sama aku"
MIL: "Salah. Kita sebagai ibu mertua yang harus baik sama menantu"
Be: *diem*

Aku sempat terpana denger jawaban MIL-ku. Trus nyengir2 :D

17

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

puspita_jewel wrote:

MIL: "Kamu anaknya laki semua yah"
Be: "Haha, iya. Ngga papa, nanti pokoknya menantu2 perempuanku hrs baik sama aku"
MIL: "Salah. Kita sebagai ibu mertua yang harus baik sama menantu"
Be: *diem*


sukaaa sama ini :)

less ego, more heart

18

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

hihihi..seru ya cerita2 ttg MILnya :)
Kl gw sih, krn MIL gw udah sepuh jd ya memang agak rewel.
Ampir setahun gw tinggal nemenin MIL, krn FIL udah ga ada. Krn bawel, ART ga ada yg betah tinggal bareng MIL. Lg pula ART sekarang kan emang gampang2 susah yaaa.. :)
Jadinya, gw dan suami memutuskan utk tinggal di rmh MIL setahun ini, dan mungkin thn depan jg. Buat nemenin MIL, krn takut kalo MIL sendirian di rmh. Udah sepuh gitu, udah mulai lupa-an. Kalo nyetrika kadang lupa dicabut kabelnya, kompor kadang beliau lupa matiin, keran air lupa dimatiin, dll. Keseimbangannya jg udah mulai terganggu, takut beliau jatuh ato kepeleset, kan kalo sendirian ga ada yg tau :(

Kalo soal beres2, bersih2 dan masak2, beliau ahlinya. Seneng kalo MIL masak, sesuatu' bgt :p
Tapi itu jg udah jarang sih, krn tangannya jg udah gak sekuat dulu. Udah gak kuat utk ngulek2 ato ngangkat2 panci/penggorengan.

Soal bawel, MIL ini juaranya :D
Awalnya kesel, tapi lama2 terbiasa dan malah jd ketularan bawel, hihihi...
MIL gw galak banget, eh taunya kata suami dan saudara ipar gw, skrg gw jadi galak kayak MIL :p

Namanya manusia baik biasa ya, pasti kalo dibawelin ada rasa kesel, sedih ato marah. Tapi kalo gw inget2 lg tujuan gw berhenti bekerja & memutuskan utk tinggal di sini bersama MIL, jd bersyukur krn di masa tua MIL gw masih dikasih ksempatan buat sekedar nemenin ibunya suami gw, jd tempat beliau buat curhat ato menumpahkan unek2 :p
Kalo MIL yg lg sensi & ngambek, biasanya gw biarin aja, pura2 lempeng :p tar pas jam makan siang ato makan malam, gw ajak makan, trus 'sok' ngobrol2 & becanda2 biasa pura2 ga tau kalo MIL lg ngambek, nawarin MIL mau dikerokin ato dipijitin ato enggak, ato bikinin MIL wedang jahe ato goreng pisang :p

Kadang, kalo gw yg lg suntuk banget krn bosen ato krn kebawelan MIL ato kebadungan anak2, ya gw pergi aja, jalan2 ke mall, playdate ke rumah temen, berenang, ato pulang ke Bandung selama bbrp hari.
Tar pas pulang ke rmh udah seger lg & jd kangen2an :)
Malah suka dimasakin apaaa gitu yg enak2 :)

Ya gitu deh, namanya jg udah tua, adaaa aja bentuk 'kerewelannya'. ada yg diuji dgn sakit2an, ada yg diuji dgn pikun, ada yg diuji dgn galak, dll.
Kadang kebawelan MIL jg gw pake buat introspeksi, ya kali aja emang gw yg kurang bener :p

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

19

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

eka
hahaha.. Kayanya bawel tuh emang kodrat perempuan deh, gue aja ga nyadar berubah jadi super bawel kalo gak dimisuh2in sama suami. Kalo kata orangtua dulu, bawel itu salah satu tanda sayang. Saking sayangnya dan takut kenapa2 makanya jadi bawel merepet terus ini dan itu. jdnya kalo gue ngerasa nyokap ato MIL agak bawel inget aja kalo mereka itu sayang bgt sama kita, sama kayak kalo gue super bawel sama keira *pembenaran* :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

20

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Sitha
ah sama.. ibu mertuaku juga prinsipnya sama, justru mertua yg harus baik sama menantu.. haha
dia bilang, kalau gue jauhin menantu gue, gue akan kehilangan anak (plus cucu) gue juga.
makanya dia gak berani macem2 ama gue... mhuauhaauha *ketawaculas*

eh tapi, seriously, ibu mertua gue orangnya emang cool..
gaul abis dan sama2 doyan sepatu kayak gue.
sampe ipar gue (cewek) pernah ngadu ke jo, kalau gue sama nyokapnya nyambung abis kalau udah ngobrolin dunia pershoppingan.. hihihi..

Alhamdulilaah ya..

21

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

fanny, puspita_jewel..mungkin krn itu ya, jarang denger di luar negeri MIL bermasalah sama menantu ya *atau aku aja yg kuper ?! hehehe*

Tp jd inget cerita tanteku yg anak perempuannya dpt "mas bule" dan stay di negara suaminya sana. Awalnya MILnya suka underestimate sama dia. Menurut tante, MIL anaknya begitu krn mengira orang indo yang nikah sama bule tuh cuma mau numpang hidup enak saja. Hingga akhirnya anak tante ini bisa kerja lg dan kariernya jauh2 lebih sukses dari suaminya, baik dari segi jabatan maupun gaji. Dari sini akhirnya MILnya berubah dalam memandang menantunya itu, dan jadi respek sama dia.

22

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

tari quenell hahaahah, ga pake lama dah tuh gamis, jual semurah2nya biar segera hengkang dari lemari.

irdhelia&nadned yuppp.. Ning itu sebutan anak perempuan kyai.. Iya, aku sempet kepikiran buat bikin website untuk ngeluaarin unek2 semacam ini. Agar kita bisa mempelajari sifat2 mertua, dan bersyukur karena mungkin ada yang kasusnya lebih parah. Tapi kalo uda ada thread ini sih, wis mari.. Curhatzzz..

Satu lagi, Mil itu ngarahin cita2 arza. Dia pengen arza jadi penghafal Al-Quran (amin, aku pengen sih, tp aku ga mau maksa Arza. Biar anaknya yg putuskan) Terus aku mau saving buat arza ke universitas dia bilang 'ilmu itu banyak, yg penting akhirat' jiahhh.. Padahal anak pertamanya dokter anak (yg notabene dulu dia pro sama ilmu duniawi toh).. Yang baby school lah dicela.. Mengarah pada "anti duniawi" gitulah.. Tapi ga nolak juga kalo dikasih 'sesuatu' ahh.. Mertuaa mertuaa, ga ada abisnya.. Suamiku sendiri jg kurang klop sama mamaku..

Extremenya aku mengusulkan bagaimana kalau kita tinggal di luar jawa biar ga di distract mertua masing2.. Hhaahaha

23

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Ibu mertua baik banget. 2 tahun kami tinggal bareng bapak dan ibu mertua. Alhamdulillah, tidak ada masalah berarti, meskipun beliau termasuk orang yang perfeksionis menurutku, Luv her so much..
Buat mamas yang sedang ada masalah dengan MILnya, semoga lekas membaik hubungannya.

24

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

fanny: Wah, aku mirip juga tuh... tp beda area. Aku asyik banget ngorek2 ilmu MIL di area domestik, spt masak, bersih2 en jahit. Jd suka nyambung kl ngobrol di topik2 terkait itu. Nah, yg jahit ini nih, beda dgn anak kandungnya MIL sendiri yg cewek (kakak iparku) yg katanya ngga demen jahit samsek *sini Mah, ilmunya transfer kemari... :D *

indriani budi utami: Ada juga yg bermasalah dgn MIL. Suka denger cerita2 temen Indonesia yg di sini, baik yg cerita langsung ke kuping maupun yang curhat di blog. Yah, that's life.

25

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

mamas ada yg iparnya masih abg tak? seru tuh, jadi tempat curhat.

2 ipar masih abg n cewek semua, tambah satu adek kandung yg juga masih SMA. kadang2 berasa kami tuh punya 4 anak .. hahaha.

gemes juga sih kadang, masalah jerawat aja serius bener dipikirin :P .atau gak urusan cowok. pak suami sampe kadang,"nih cewek2 curhat apaan tauk ah. mamah aja deh nih dengerin."

rada menantang 'ngasuh' mereka itu. tapi ikut seneng ya kalo mereka bs punya prestasi apaa gitu n kita ada andil di dalemnya

less ego, more heart