1

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

meralda & djemima: jangan salah, banyak juga yg bilang kesimpulan gw masih bs berubah seiring pertumbuhan umur dan emosi si vanya...dan juga seberapa tahan gw ama brenda masih bisa berantem trus baekan. berantem lagi. baekan lagi :D

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

2

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Nyahahaha besannnn..kita samaannn doyannya kepiting en gurame asem manis... Tambah kompak kita besanan ~OOT~

pRoud to be Yummy Mommy and Sexy Wifey ^^v
.: http://airababy.blogspot.com :.

3

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

iya, setuju sama yudhis, kakek-nenek itu emang mati2an banget kalo urusan cucu. itu bentuk kasih sayang mereka buat kita. jadi syukuri aja.

kbtulan mertuaku gak aneh2 sih. justru aku seneng kalo ibu mertua dateng nengokin enzo-dante. karena artinya tiap hari akan ada masakan enak buatan mama eyang :-)

untuk menghindari dibanding2in, aku sama kk ipar suka kompakan. ibu mertuaku bangga banget sama aku, karena as a working mom aku masih bisa ngasih enzo-dante asi. sedangkan kk iparku itu udah nyerah dan ngasih anaknya sufor; tapi tiap ibu mertua ngomongin ttg gagal asi-nya selalu aku belokin dengan ngomongin 'kelebihan' si kk ipar yg pinter masak dan pinter jaga (bentuk) badan. kk ipar juga gt, kalo si ibu mertua udah mulai bicarain aku yg gak bisa masak, cepet2 dibelokin obrolannya ke hal lain, kayak pengen main ke rumahku di bandung, kangen jalan2 ma aku, pgn denger kabar update dariku or else :-P

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

4

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Wah..ide cantik tuh eka.. kalau kaya gitu kan jadi ga sempet termewek-mewek dengerin kritikan mertua *kyahahaha* (satu yang masih gw kurang sreg sm mertua gw ttg baby aiRa, she treat my girl like a princess, dan gw gak suka. Gw gak mau anak gw jadi sombong dan mem"putri"kan dirinya yang dikit-dikit "mbaaak...aku mau minumm, mbaak..jepit rambutku manaa"

pRoud to be Yummy Mommy and Sexy Wifey ^^v
.: http://airababy.blogspot.com :.

5

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

waaah.. ini thread baru 2 hari aja udah panjang begini.. :D

Hehehe... kalo ngomongin mertua emang bisa panjang bener ya curhatannya. Tapi kalo aku malah ngga banyak yang bisa diceritain dari mertuaku. Dulu sih sebelum hamil gede paling ngga 2 minggu sekali ke rumah mertua. Pas udah hamil gede jarang2 ke sana, apa lagi pas udah ada baby n belum punya mobil.
Bisa dibilang hampir ga pernah ada masalah sama mertua, soalnya mertuaku cuek abis. Boro-boro menantunya, wong sama anaknya (suamiku) aja juga cuek gitu. Palingan setelah ada baby jadi sering nanyain si baby, tapi ya udah: gitu doang *dooh, itu suamiku tuh anak mereka bukan ya? :P
Pengen sih lebih diperhatiin, tapi bersyukur juga mereka ga pernah ikut campur sama urusan rumah tangga kita :)

6

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

alhamdulillah, gw dikaruniain mertua yg baeeeek banget, malah2 kadang gw ngerasa suka "kurang ajar" minta ini itu sama beliau :D
ya, ada juga sih beda2 pendapat dikit, tp didengerin aja, masalah praktiknya ntar kan kita sendiri yg mutusin mau diikutin apa ga ^-^

7

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Salut sama POV-nya Yudhis! Thanks bro!

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

8

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

meralda wrote:
dear all mamas~ apakah sindrom menantu vs mertua, terjadi di awal2 pernikahan aja yaa? jujur, gue juga baru 2 taun sm suami. kayanya semakin lama hubungan pernikahan, pasti semakin baik2 ya hubungan sm mertua..?


hmm gw rasa lebih tepatnya semakin kebal hehehe :D tadinya pas awal awal shockkkk lama lama yaudaaah lah terserah wakakaka..

9

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Daddy Yudhis jempool untuk anda.. yup kadang kita suka kesel kalo ada tapi kalo ga ada mungkin kita akan sangat terpukul karena kadang kritikan yang membuat kita terbangun dan jadi lebih baik.. iya ga si mas?...

10

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Yudihis, awesome input.
Kalo soal mertua sih sudah dipikirkan sejak lama, bahkan sejak pacaran sudah approach dengan baik. Seperti kata Yudhis, respect. Tapi saya juga secara halus memberi tahu kalau saya opinionated (penyakit blogger) dan strongwilled. Jadi saat ingin melakukan sesuatu saya selalu minta pendapat mereka, setelah itu saya buat keputusan yang tidak bisa diganggu gugat. macam DPR yak gue, hehehe...

Jangan lupa untuk bonding dengan mertua. Gue dan ibu mertua gue 180 derajat, but I tried to find a common bond. Kebetulan nyokap istri gue jago masak, bantuin lah di dapur sambil minta2 resep.

Paling hal seperti ngasih terlalu banyak kado, jajan dan manjain cucu itu yang pernah jadi masalah, tapi gak lama karena mereka gue ajak diskusi dan gue jelasin kemauan gue. I make them participate in my parenting, but I'm the one who puts the foot down.

Kalo istri dan nyokap gue, gak tau deh. So far sih baik2 aja dan kayak temen. Istri gak pernah curhat yg aneh2, tapi bini gue masih suka takut kalo nanya sama nyokap gue dan pasti nyuruh gue yang nanya.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

11

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Urban Papa wrote:
YudihisKalo istri dan nyokap gue, gak tau deh. So far sih baik2 aja dan kayak temen. Istri gak pernah curhat yg aneh2, tapi bini gue masih suka takut kalo nanya sama nyokap gue dan pasti nyuruh gue yang nanya.


haha ini gue banget :D
biar kata mama mertua gue baek banget, gue masih ngandelin suami atau kakak/ adek ipar buat nanya2sesuatu. kecuali kepepet.

And thelilsolder is back. Fire!

12

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Adhitya & Urban Papa: ah so glad to see both of you here!

liactk: bener banget, walaupun pinginnya sih dalam hidup dipuja-puji terus, tapi selama hanya si kecil (dan istri!) masih menjadi fans berat sejati, gw terima dgn ikhlas :D

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

13

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

myaiRa
hahaha,iyalah,emang mertua Ibu Dara..(sok teu,padahal ga nonton filmnya)
kalo kata orang sih,ngapain takut sama-sama makan nasi ini.
btw jg,kok kakak Zayyan?adek dong,kan Zayyan baru umur 4bln.

mama Alesha
tosss..
hehe,pas habis lahiran ibu mertua jg sempet ada rencana mo nginep jg sih.
tp aku blg gini sm suami,"Yang,kan kita masih ribet ngurusin Zayyan.masa mo ditambahin
ribet ngurus mamamu sih.abis,gimana2 kan beliau tamu jg kan.masa ga diladenin"
Alhamdulillah,suami iya iya aja..
ehm,mental ya?udah belom yaa?hahaha.

meralda
beloom,baru liat foto-foto doang.foto facebook pula..
ups,papanya bisa geer bgt tuh.zayyan kan miniatur papanya bangett.
Gilby jg ganteng banget,lesung pipitnya mau dong.

sebenernya sih kenapa aku kok sampe ngerasa parno n deg2an karna ga pernah liat langsung contoh nyata hubungan antara menantu(perempuan) n ibu mertua.ibunya papa,nenek aku,udah lama meninggal sebelum papa mama nikah.jd mamaku ga punya ibu mertua.enak amat ya..*lho?*
sementara cerita hub menantu vs mertua dr sodara2 selalu dpt yg horor-horor aja.daaaan dr sinetron,bener2 bad influence dah sinetron indonesa ituu.

14

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Wah rame sekali nih, kalo udah ngomongin mertua emang rame, hehe.

Alhamdulillah gw dapet mertua yang bisa dibilang asyik, beliau memberikan keleluasaan ke kita (gw n suami) buat ngedidik anak kita, so...campur tangan mertua bisa dibilang sedikit. tapi bukan ga perhatian ya...beliau perhatian banget sama gw, ini terbukti dari gw pacaran sama anaknya selama 6 tahun, hehe sampai udah lahir mika. beliau sangat perhatian sama gw dan mika. tapi beliau ga pernah melarang atau menyalahkan gw dalam hal mendidik mika, beliau menyerahkan semuanya ke gw walaupun gw tahu hal tersebut berbeda pendapat sama beliau, seperti: pada waktu itu, gw membiarkan mika untuk bermain dikolong meja, yang gw tahu nanti bakalan kejedot meja, tapi hal itu gw lakukan suapaya mika tahu rasanya kejedot dan nantinya akan lebih berhati2 lagi, dan itu berhasil gw terapin, mika jadi lebih hati2, tapi mertua gw suka ngejagain kepala anak gw, katanya kasian kepalanya. tapi sama gw langsung gw bilang: biarin ma, biar mika tahu rasanya sakit dan dia akan berhati2 nantinya. dan mertua gw ga ngomel2 dan akhirnya ya udah, kalo ibunya memang mengingnkan itu. hoho. bukan gw ga sayang ma mika ya ngebiarin kejedot, abis kalo ga digituin tuh anak tetep kekeuh main di kolong meja,hehe.

tapi balik lagi, mertua yang ga asyik menurut gw bukan karna apa-apa, tapi mungkin karna belum deket aja, kalo udah deket mungkin pasangan kita akan iri ama kita karna ibunya lebih perhatian ke kita daripada ke dia, haha. ini terjadi sama gw soalnya, hihi. kalo kata suami gw: dasar kamu, menantu kesayangan mama!, hohoho.

bersyukurlah gw punya mertua yang ok banget, jadi sayang gw ke beliau sama kayak sayang gw ke nyokap gw.

oh ya satu lagi...mertua gw (nyokap) dah ga bisa ngelihat dari suami gw SD, tapi beliau tetep melakukan semua aktivitas rumah tangga kayak nyuci, nyetrika n masak sama ngurus anak. ini yang nambah gw salut sama mertua gw. beliau hobi banget masak, jadi sering banget gw dimasakin sama beliau dan walaupun beliau ga bisa melihat, masakan beliau enak banget lho....! (jiah...jadi pamerin mertua sendiri nih, hehe)

So, semoga mamas yang lain bisa deket juga sama mertuanya ya....


Salam,
Ibunya Mika

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

15

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

dewdewlubis ~ sabar bu, terlalu naif mungkin utk blg "i feel you" tapi ini mungkin yg dirasain kaka gue, anaknya umur 4 taun. dia sampe dibikinin rumah disebelah rumah mertuanya :)
alhamdulillah sih gue memutuskan utk pisah dari mertua dari hamil 2 bulan. tapi ya gak bisa maksa juga utk bener2 lepas dari mertua.
tapi klo udh urusan ikut campur sama parenting style kita sih gawat juga, itu dia yg jd alesan knp gue gak mau numpang hidup sm mereka. better way ya emang gak tinggal 1 atap sm mertua, krn gue orgnya gak mau ribut apalg sm org yg udh melahirkan suami. tp ya itu gue ya, mungkin lo bs konsul dl sm suami mengenai hal ini.

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

16

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

dewdewlubis, calm down sister. Tau banget deh dunia advertising yang pulang latenight dan kadang gak pulang *curcol*, tapi kita memang harus besar hati kalau masih nebeng sama mertua.

Mungkin tips-tips yang diberikan Yudhis bisa dipakai, terutama soal jarang dirumah bersama anak, alias ngelayap sebisa mungkin. Memang sedih saat anak nangis malah minta "mbak"nya saat gue dirumah, tapi ya 9 to 5 memang sama mbaknya, ya sebisa mungkin on weekends kita pergi dan mbaknya nyetrika aja dirumah.

Saranku jangan konflik didepan anak, enakkan sesekali setelah anak tidur kita ngobrol sama mertua soal maunya ngajari anak seperti apa. Ajak diskusi, curhat dikit. I know its hard at first, tapi kalo gak dimulai bakal begini terus.

Istriku juga pengen banget pindah ke rumah sendiri, walau kami punya rumah (ada yang cari kontrak rumah di BSD, hubungi saya ya *iklan*), tapi dia gak mau kesana karena jauh dan maunya rumah, bukan apartemen. Wah, di Jakarta Pusat susaaaah cari rumah yang pas sama kantong, apalagi freelancer kayak gue *duh, curcol lagi*. She went through the same thing as you did saat kamar diganti perabotan dkk. Tapi ya mo apa, kita numpang. Akhirnya dia give in dan kita beli apartemen kecil rusunami.

Kalo belum mampu, kan bisa nyicil dan beli yang murah dulu. ntar kalo dah ada duitnya baru beli yang gedean. Buying a house/apartment is a good investment. Beggars can't be choosers. :-)

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

17

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

wah cerita ma mertua seru banget... bener2 bisa diambil hikmanya dari cerita kalian...

yang selalu ingin lebih baik dari hari sebelumnya, dan bisa membantu semuanya dengan iklasss....

18

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Huhuhu..seruu..pengen cerita tp takut dbaca "mata-mata"..

lovely mommy with 2 lovely kids

19

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Mommyummy wrote:
Huhuhu..seruu..pengen cerita tp takut dbaca "mata-mata"..


samaaa :p

~Life is good~

20

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

Mommyummy, Shinod..
aku jugaaaa.....hihi

21

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

salam kenal...
hmmm...g bermaksud menjelek2kan mertua tp ini kenyataan. U bbrp hal mertua sebenarnya baik, tp ada hal2 lain jg yg membuatku sll beruraian air mata...g terhitung brp kali mertua mengusirku dr rmh (saat kami msh numpang), saat marah kata2nya sll kasar n menyayat hati, saat idul fitri taun lalu sy dilarang dtg kermhnya, g pernah ngmong atau menyambut kedatangan ortuku saat bertamu kermhnya. Tapi y sdhlah, sy sabar sj...

tidak betah stay dimalili n ingin secepatnya pulang ke bili bili

22

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

halo... edaibukembar,
haduh, kok ortu ikut disebelin ama mertua yaa..waahh.. semoga tetap tabah dan sabar ya..

btw, sori oot, buah hatinya kembar kah?

23

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

makasih mba sisca...g bs menjelaskan panjang lebar nti sy durhaka sm mertua. Pokoknya rumit...kami berbeda suku, mertua sgt berharap dpt menantu dr keluarganya sndri, suami adlh anak bungsu n satu2nya anak laki2 dikeluarganya, jd y gt deh...

Alhamdulillah, kebetulan anak yg kedua kembar cewek

tidak betah stay dimalili n ingin secepatnya pulang ke bili bili

24

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

mommyummy,shinod,sisca, baru tau kalo TUM ada 'mata-mata' nya..he..he..kidding..

edaibukembar, sabar ya..kalo memang sudah ga tahan banget, feel free curhat di TUM...(eh kec kalo ada mata2 juga..)

@medyratri

25

Topic: Membina Hubungan Baik Dengan Mertua/Ipar

edaibukembar...
sama-sama yaa...
kalo ortu kamu bisa bersabar menghadapi besan mereka, berarti sebagai menantu malah kudu lebih sabar... dan dulu ibu aku penah berpesan pas aku menikah bahwa mertua kita sekarang adalah orang tua kita juga dan suami kita adalah anak ibu aku... sounds so sweet ya, padahal kenyataannya remuk redam bilur lebam nahan hati kalo udah berhadapan dgn mertua... jadi emang ga bisa saklek menganggap mereka ortu kita, lha wong kita besar dan tumbuh dgn didikan dari ortu kita sendiri.. yg pasti ada lah bedanya dgn cara didik mertua ke anak2nya...
tapi soal menjadi durhaka, duhh... bener deh, we still have to respect them.. sebagai orang yg lebih tua...
ayuk lho kalo masih mau curhat...
btw, enaknyaaa punya anak kembarr! seru!

Medy...
hihi, ga tau nih antara parno ato semacam ge-er gitu deh keknya..
tapi seru nih baca curhatan2 di sini, senasib juga sebenernya :p