1

Topic: Toilet Training

Intan Dian, kalo Asa, di rumah kontrakan pipisnya berdiri di kloset jongkok, tapi klo pas ke rumah depok pipisnya sambil duduk di klosetnya, dipilihin potty seat yg gambar thomas ...
skrg karna di kontrakan masih toilet jongkok ya dia pupnya masih sambil berdiri pegangan aku/mbaknya gt. sejauh ini sih dia gak bingung antara toilet duduk/jongkok.
untuk pupup udah 100% gak pernah kecolongan lagi ... selalu bilang

tapi urusan pipis .. err. kalo siang sih g terlalu masalah. walopun kadang dia salah ngomong 'pupup' padahal pengennya pipis, tapi kecolongannya udah jarang ...

tapi klo malem, Gabriella, sama kaya Albert, asa jg g suka dipakein dispo. kmren2 sih g terlalu masalah karena mau tidur pipis dulu, abis itu g minum apa2 lg jd kering sampai pagi. atau gak malem2 dia nangis bangun minta pipis. tapi sekarang bablas kalo tidur jadinya ngompol ... susah bgt dibangunin, n klo dipakein dispo/clodi pasti g jadi bobo ...

less ego, more heart

2

Topic: Toilet Training

wah kalo hafidz kebalik nih mama, kalau bobo malem atau siang udah gak pipis lagi. begitu bangun langsung diajak ke kamar mandi tapi belom tentu pipis juga. kadang pipisnya malah setelah mandi dan beres pake baju.

nah yg masih pe-er tuh sehari-hari nya. dia bilang nya masih setelah kejadian. mau pipis atau pup. dan bubun nya ini masih kecolongan karena gada tanda2 khusus kalau mau pipis. kalau pup sih ya keliatan tiba2 diem n mukanya serius, tapi kalau di dudukin di toilet gajadi pupnya. begitu pake celana lagi langsung diterusin pup nya.

harus lebih rajin lagi sepertinya yah...

Bussy life...happy life...

3

Topic: Toilet Training

bunda alin,huhuhu, nih raafi sama sekali hampir dibilang blum prna di latih, padahal udah 3 taun,, emang kadang mikir 'ya kalo emang waktuna, kan bsa sendiri', jd biar ngurangin stres aku aja,,
tpi bner gak sih klo diriku mikir gtu,

4

Topic: Toilet Training

@fifi wicaksono Dilatih dari sekarang blm terlambat mbak, keponakanku sekarang kelas 2 SD tidur malam masih pake dispo krn ortu yang mungkin krg telaten n konsisten. huhuhu...

@emaknyahazel

5

Topic: Toilet Training

fifi wicaksono, dilatih dari sekarang aja mom, belum telat untuk memulainya. Yang pasti, diusahakan telaten. Apalagi kalau sudah usia 3 tahun, untuk mengajarinya relatif lebih mudah kali ya karena sudah lebih bisa diajak berkomunikasi, daya pemahaman anak juga relatif lebih bagus. Jadi ngajarinnya sambil dimasukkan argumen2 kenapa dia perlu melakukan itu (bilang pipis/pup sebelum pipis/pup). Tetap semangat ya... :)

-- alin's partner in crime --

6

Topic: Toilet Training

tengkyu,,bunda alin emang key word na is 'telaten dan sabar',,
dinda permata hihihiii,, ponakanku jg ada yg kelas 1 SD, malem msh wajib pake dispo,, klo kata orang, mngkin karena dulu gak prna lepas pake dispo,, emang bgitu yaa??

7

Topic: Toilet Training

fifi wicaksono kalau kata kakak gw (anaknya umur 4th) kita juga harus berani ambil resiko (kasur bantal kepipisin). namanya juga biar si anak belajar. kalau malem terus2an dikasih diaper ya anaknya gakan belajar cara nahan pipis. ponakan mba yg kls 1sd malem masih pake diaper mungkin ortunya gak pengen ada yg ngompol di kasur, tp ya anak jd keenakan. ini menurut gw ya.

gw ngambil pelajaran dari diri sendiri, soalnya hafidz dari awal kan pake dispo diaper karena suami gak mau rumah terutama kamar bau pesing. sedangkan hafidz yg belom 2th mungkin belom nyampe ke pemahaman 'sebelum-sesudah pipis' kadang2 kalau lagi mandi dia pipis dikasih tau itu namanya pipis tp kebanyakan pas dia pipis kan kita gak tau n gak bisa kasih tau karna dia pake diaper. makanya akhirnya gw beraniin untuk lepas diaper pas siang hari. emang pipis dimana2. tapi sekarang seenggaknya dia ngomong "bun ade pipis" begitu celananya basah dan air ngucur di kaki. sebuah kemajuan menurut gw. pas tidur malah dia gak pipis padahal hafidz masih minum susu malem 1 atau 2 botol. pe-er gw sekarang malah pas siang hari nih.

and bener kata bunda alin umur 3th sih komunikasi biasanya dah lancar, pemahaman juga udah lebih maju lah. moga berhasil ya mam...

Bussy life...happy life...

8

Topic: Toilet Training

Moms, mo ty, klo klosetnya jongkok, trus mo ngajarin ank 1thn biar pupi d situ, dan dia blm ngerti d suruh jongkok, gmn yah?

9

Topic: Toilet Training

Moms,
Ib'ham udah mulai menunjukkan kalo dia udah ready toilet training. Cuma 1 hal yg menurut saya crucial yg dia blm bisa. Dia blm punya kata2 buat 'pipis' & 'pup', padahal dia udah ceriwis bgt. Tapi ga tau knp, diajari berulang2 2 kata2 tsb tp dia ga mau bunyi. Saya ga berharap dia bisa ngomong fluently 2 kata tsb, tapi at least dia punya nama buat 2 kata2 tsb. Tapi sayangnya untuk 2 kata tsb dia bener2 ga bunyi.
Ada saran???

10

Topic: Toilet Training

tisyonk..kalau dl caraku juga sering2 kuulang kata2 "pipis" dan "ee" (hihi, sedikit beda ya) sama dia. Nanti pasti lama2 juga bisa mbak. Trus kalau papanya lg libur, aku sering nyuruh mereka ke toilet bareng buat pipis bareng :). Biar dia tahu artinya pipis dan tahu cara pipis itu gimana dan ritualnya apa saja.

Skrg biar sdh 6 bulan TT, kadang jg masih ada accident gitu, kadang dia jg masih lupa bilang pipis ke mamanya, tau2 ngompol trus lansung copot celana saja. Mungkin krn sebulan kmrn TTnya sempat diinterupsi krn kami harus nginep di tempat mertua sama di hotel bbrp hari. Nah di hotel ini dia full diapers lagi, jdnya sepertinya ini yg bikin dia kadang2 lupa, atau memang dia lagi meles ngomong ya :(.

11

Topic: Toilet Training

indriani budi utami

idem, paling sebel kalau ada interupsi... balik lagi ke awal deh. bulan ini gw lagi menghindar dari nginep2an.

Bussy life...happy life...

12

Topic: Toilet Training

mamanya Atha, di rumah, saya ngajarin Alinnya juga di kloset jongkok.

Awalnya sih, beberapa kali saya contohkan gimana jongkok di kloset. Jadi kalau misalnya pas dia berendam di bak mandinya sambil mainan air, saya terus jongkok di kloset sambil bilang, "Alin, bunda kalau pipis disini". Saya lakukan itu supaya dia ngeh kloset itu tempat pipis/pup. Nah, anaknya mulai tertarik, mulai pengen coba-coba. Dia saya berdirikan dulu di pojok kloset, terus saya jongkok didepannya sambil nyuruh dia ngikutin (tapi saya masih pegang kedua tangannya supaya ngga nggeledak ke belakang). Awalnya sih masih kagok, tapi ngga berapa kali coba, dia sudah bisa jongkok sendiri dan sudah ngga mau dipegangin lagi.

Dicoba pelan-pelan aja mom, mudah-mudahan lancar ya :)

-- alin's partner in crime --

13

Topic: Toilet Training

indriani budi utami,
Iya niy, ini lg ngajari ngomong 'pipis' & 'eek' terus2an. Moga2 bentar lagi bisa euy. Tararengkyu ya buat sarannya :)

14

Topic: Toilet Training

Ikutan saharing ya mom, salam kenal semuanya... :) saya sudah 2x men tt anak saya..di usia sekitar 2 tahun. Ada 2 model, karena tiap anak beda ya...

Anak pertama saya Hafizh TT usia 2th.
Malam hari saya lepas diapersnya. Jadi saya ingat2 jam2 berapa dia pipis. Dan tanda2nya apa.. Ternyata, jam2 tersebut tetap lho mom.... jadi menjelang jam2 tersebut, biasanya tidur anak kurang nyaman... ngelindur mau nangis gt. Langsung saja saya gendong, buka celana, n saya pangku.. saya sendiri duduk di closet yg tertutup... Biasanya si anak langsung currr.. tapi ga jarang juga ngomel2.... Dan ini berlangsung sampai anak saya umur 5th.. tapi klau sekarang ya ga digendong lagi.. hanya dibangunkan.. bahkan, seringkali dia bangun sendiri...n ke KM mandi sendiri, tinggal teriak minta dicebokin kalau sdh selesai. Sering juga pipisnya di pagi harinya saja.. jadi malam nyenyak.. Buat momies yang anaknya aktif loncat2, baiknya anaknya sebelum tidur kakinya dimainin, digoyang2in ala kayuh sepeda, spy ga ngompol.
Untuk siang harinya... awal2 lepas diapers tiap 15 menit sekali dia pipis.. jadi tiap sebelum pipis dia saya ajakin ke KM.. n alhamdulillah.. seminggu berhasi.. untuk BAB nya... kita harus aware sama facenya, kalau dah tanda2 spt wajah merah, muka serius, langsung saja gotong, dudukin ke closet...

Ohya, baiknya gunakan kata2 BAK n BAB buat anak... itu pengaruh ke gedenya.. tau sendiri anak2 usia 4-6 th suka banget mainin kata2 "ee' atau "kencing" tidak pada tempatnya...

15

Topic: Toilet Training

umanyaatha cara paling gampang untuk ngajarin anak, apalagi usia toddler adalah dengan cara dicontohin :) jadi bener kata bunda alin kasih liat pas pipis misalnya, biar tau jongkok itu gimana.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: Toilet Training

tisyonk wrote:
Moms,
Ib'ham udah mulai menunjukkan kalo dia udah ready toilet training. Cuma 1 hal yg menurut saya crucial yg dia blm bisa. Dia blm punya kata2 buat 'pipis' & 'pup', padahal dia udah ceriwis bgt. Tapi ga tau knp, diajari berulang2 2 kata2 tsb tp dia ga mau bunyi. Saya ga berharap dia bisa ngomong fluently 2 kata tsb, tapi at least dia punya nama buat 2 kata2 tsb. Tapi sayangnya untuk 2 kata tsb dia bener2 ga bunyi.
Ada saran???


sama dengan mama yang lain, bilang "pis...pis.." setiap kali kita tatur. Dan untuk BAB, bilang "pup..pup..". Tiap mamas beda2 ya, kalau kita konsisten TT pasti Bisa! ^^

@emaknyahazel

17

Topic: Toilet Training

tisyonk, setuju sama dinda permata, kalau dibiasakan, lama-lama si kecil juga ngerti dan terbiasa untuk bicara/membahasakan. Mengenai bahasa yang digunakan sih terserah baiknya mama masing-masing, yang pasti asal anaknya mudah ngerti aja :)

-- alin's partner in crime --

18

Topic: Toilet Training

Umanya atha
lebih siip lagi klo Papanya atha yang contohin..hehhe. soalnya arza beberapa kali saya contohin cara jongkok di kloset tapi cuek2 aja, giliran dicontohin ayahnya langsung ditiru deh..
HTH ya..

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

19

Topic: Toilet Training

Nur Indah wrote:
Buat momies yang anaknya aktif loncat2, baiknya anaknya sebelum tidur kakinya dimainin, digoyang2in ala kayuh sepeda, spy ga ngompol.


wah thx berat infonya,soalnya Radit (23 mos) termasuk anak yg aktif bgt,senengnya loncat sana sini,joget2 lah..klo pun dalam rumah ampir selalu lari2..nah ceritanya Radit dah bisa dibilang lulus TT tapi masih "a half",soalnya siang dia udah gak pake dispo sama skali,awal2 klo bobo siang aku perlak in tp ternyata pas pengen pipis lgsg kebangun.Terus klo mo pup jg,dia bilang "mama..prut..prut.."lgsg narik tangan aku ke pintu KM..(soalnya ngomongnya jg blum lancar),krn kamar mandi kami pake yg closet duduk,aku dudukin..tp dia kayanya takut gt,jadilah aku pakein PT yg model jongkok..nah skrg permasalahannya aku blm brani lepas dispo or clodinya klo bobo malam,kawatir keganggu bobonya..tp harus kan ya?

MamaSmurfyangselalurianggembira ^_^Y IG : @nika.susanti

20

Topic: Toilet Training

UmanyaAtha wrote:
Moms, mo ty, klo klosetnya jongkok, trus mo ngajarin ank 1thn biar pupi d situ, dan dia blm ngerti d suruh jongkok, gmn yah?


Sejak seminggu yang lalu akhirnya pindah ke PIM (pondok mertua indah :)). Akhirnya ngalamin juga ngajarin ilyasa TT pake closet jongkok. Awal2 memang susah sih, pas kubantu jongkok malah dia nangis2 takut. Pas kucontohin pipis sambil jongkok, eh malah dia ngelihatin punyaku, mungkin dipikirannya kok punya mama sama punyaku bentuknya beda ya :).

Akhirnya stlh hampir seminggu, beberapa kali sukses ngajarin dia buat pup di closet, tapi pupnya bukan sambil jongkok, tp sambil berdiri di pinggir closet, haduh. PR lagi nih.

Oya, buat mama yang punya anak cowok, kalau mau ajarin mereka TT , aku mau sharing tanda2 anak cowok kalau mau pipis, biasanya sih ciri2nya mereka suka pegang "tititnya". Atau dari yang dr semula beraktivitas lari/jalan2 tiba-tiba mereka berhenti sejenak dr aktivitasnya (seperti diam mematung gitu)..ayo, langsung deh bawa ke kamar mandi.

21

Topic: Toilet Training

update pengalaman TT hafidz (2minggu lg 2th)

- dah gak pernah pipis sambil bobo lg.
- tapi kalau dia bobo awal/ jam 6an karena siangnya gak bobo, masih aq pakein diapers.biasanya sih paginya masih kering, cuma buat jaga2 aja.
- belom bilang kl mau pipis tapi aq rajin tanya dia mo pipis/ngga dan ajak dia pipis ke kamar mandi 1,5-2jam sekali. tapi kadang masih suka pipis di celana terutama kalau dah minum banyak.
- kalaupun dia bilang pengen ke toilet buat pipis, biasanya celananya udah sedikit basah (gak ketahan kali y?) trus setelah di toilet pipis lg deh yg banyak.
- pup nihh yg masih PR banget. masih di celana n kalau dibawa ke toilet pasti berhenti. bilang udah selesai. dan pas dipakein celana langsung pup lg. aq bilang
"de, pup nya gamau di toilet? bubun dan bapak pup nya di toilet juga loh"
eh dia jawab
"gak mau, ade pup nya disini aja (sambil jongkok di pojokan)"

Bussy life...happy life...

22

Topic: Toilet Training

Makasih yah utk advicesnya mamas semua, krn due date pas lebaran nnti, mo mudik k kampung misua yang kekurangan air mulu dan gak ada TPA, otomatis gak bs berclodi ria apalagi pk pospak. Nnti akan kusuruh sang misua utk nyontohin..

23

Topic: Toilet Training

Thalia, bisa dishare tidak link yang menyebutkan early toilet training ada efek negatifnya, anakku masih baby (7mos) tapi misua dah nyuruh2 supaya bisa toilet training alias tiap kali pipis atau pup dibawa ke kamar mandi (jadi jangan sampai ngompol gitu)..

Beberapa kali sudah kucoba tp belum berhasil dan sekarang kalo dibawa ke toilet jadi mewek dan nangis2

24

Topic: Toilet Training

MaminyaFrey..bukan Thalia, tp mau ikutan jawab
ak pernah baca di buku 3 tahun pertama...(maaf lupa, bukunya di rumah, dan aku lagi di pondok mertua indah :)), ada ahli yg berpendapat kalau TT sebaiknya stlh anak usia > 18 bulan. Pertimbangannya:
[list=*]

  • umur segitu anak sudah mulai lancar berjalan dan mulai bisa berkomunikasi. Komunikasi penting agar si anak bisa menyampaikan kemauan untuk pipis/pup-nya pd orang tua.[/*]
  • umur segitu otot2 yang berhubungan dgn kemampuan menahan pipis (duh, lupa namanya) mulai siap.[/*]
  • Trus dijelasin juga bahwa anak yang early TT, biasanya malah sering mengalami konstipasi krn ketidaknyamanan mereka pada TT membuat mereka cenderung jd suka menahan pup.[/*]


    Tapi yan harus diingat kesiapan tiap anak akan TT beda2 ya. Orang tua harus sabar krn disitu jg ditulis "tidak ada anak yang mau pakai diapers selamanya"

  • 25

    Topic: Toilet Training

    emak-emak TUMbler, mau sharing akhirnya naldi (2,5y) berhasil lulus toilet trainingnya.."guling-guling, koprol" berhasil berhasil berhasil!!!
    Niat mulai TT sejak naldi 18m, tapi berhubung klo siang pas jam kerja dititip di mertu or ortu, misua aga keberatan, krn takut ga enak sama mertu/ortu. Jadi msh blm konsisten ditambah naldi sepertinya msh blm merasakan ketidaknyamanan klo basah plus blm bisa menahan pipis/pup. Jadi ya sudahlah, cuman kadang2 aja dipakein training pants. Akhirnya 3 bulan menjelang 2,5y aq bertekad naldi hrs bisa lepas diapers krn aq ngeliat dari checklist kesiapan TT di babycenter.com sudah terpenuhi semua:
    (a) Physical sign:
    - koordinasi fisik sudah lancar, jalan, bahkan lari
    - Pipis/pup sdh mulai teratur waktunya
    - Selama 3-4 jam popoknya masih kering
    (b) Behavioral sign:
    - bisa duduk dgn tenang selama 2-5 menit
    - bisa pake dan buka celana sendiri
    - bisa ngasih sinyal kalo mau pipis/pup, klo pup tiba2 mematung di pojokan dan ngeden2, klo pipis mematung bbrp saat atau megangin celananya
    (c) Cognitive sign
    - bisa mengikuti perintah sederhana
    - sudah tau bedanya pipis sama pup
    Akhirnya dgn mengucap Bismillah dimulailah prosesnya, yg pertama dilakukan:
    1. Kasih pengertian ke naldi kalo anak besar pipis/pup di toilet setiap saat
    2. Makein naldi CD tokoh favoritnya
    3. Ngajarin naldi utk jongkok or duduk di toilet dgn toilet seat
    4. Sering2 nawarin utk pipis/pup
    5. Mulai berani makein CD pas mau bobo, dgn wanti2 kalo mau pipis
    bilang ya nanti ngompol di kasur
    6. Nyontohin dgn ngajak naldi pas aq pipis
    Akhirnya setelah ngompolin kasur 4x, karpet bbrp kali, ditambah sedikit gerutuan eyangnya, akhirnya naldi udh bebas diapers termasuk saat bepergian yeaaayyy...
    Awalnya dia agak takut dgn WC duduk, jd seringnya pipis di lantai kamar mandi. Tapi lama2 krn suka liat klo aq make WC duduk gapapa, akhirnya dia mulai mau duduk di WC duduk. Malah dia seneng pas bagian narik flush-nya. Mungkin agak sulit ya kalo make WC jongkok krn kan pijakan kakinya terlalu lebar untuk anak2, jd selama ini kalo ke toilet yg pake WC jongkok, naldi pipisnya di lantainya hehehehe.
    Eniwei semoga berhasil ya utk mama mama yg msh dlm tahap TT>
    Setuju bgt sama indriani kalo TT better dimulai pd saat >18m krn scr kemampuan fisik dan verbalnya sudah siap. Tapi bisa saja tingkat kesiapan anak berbeda2 ya. Kaya naldi baru benar2 siap di usia 2y3m hehehehe

    naldi's mama, abank's wife and an employee