1

Topic: Breastfeeding

mom lik4,
wahhh gak tega juga ya liat debay udah 11 bulan, takutnya lebih berasa sakit.
tapi untung deh kalo skrg jdnya lebih enak buat si mama dan debay..
denger2 katanya tongue tie bisa jadi penyebab cadel juga. CMIIW..
kalo lip tie itu selaput yg di daerah bibir bawah itu yg pendek kali ya?

2

Topic: Breastfeeding

haphie wrote:
mom lik4,
wahhh gak tega juga ya liat debay udah 11 bulan, takutnya lebih berasa sakit.
tapi untung deh kalo skrg jdnya lebih enak buat si mama dan debay..
denger2 katanya tongue tie bisa jadi penyebab cadel juga. CMIIW..
kalo lip tie itu selaput yg di daerah bibir bawah itu yg pendek kali ya?


Liatnya pasti ga tega mom,apalagi kan anaknya nangisn kejer bgt tuh :)
anakku yg pertama sih memang ada tongue tie dan lip tie jg (yg lip tie nya br ketahuan kmaren).tp ketahuannya pas ud umur 2thn.memang waktu itu aku blm terlalu aware.dan slm menyusui si kakak nippleku srg bgt luka2,dan akhirnya cm asix sampe umur 4bln aja.si kakak,umur almost 4y,emang agak susah blg R.jd blg R itu agak kebule2an gtu deh hihihi.
kedua anakku sih tongue tie dan liptie nya msh msk kategori 3,jd letaknya ada di tengah.kl kategori 1 & 2 biasanya di atas,dan lbh cpt terdeteksi sama dokter
kl lip tie itu jg ada tali selaput gtu di balik bibirnya.seharus tali selaputnya itu adanya di posisi bwh,bukan di tengah atau di atas dkt gusi.nah biasanya kl ada lip tie,gigi nya renggang2,terutama gigi yg di tengah itu jd ada jarak antar keduanya.itu sih penjelasan dr dokternya

3

Topic: Breastfeeding

mom lik4 ternyata letak permasalahan lecet2 udah ketemu ya. Happy breastfeeding

4

Topic: Breastfeeding

Mom Lik4, kalo frenotomi itu babynya diapain mom?

5

Topic: Breastfeeding

lulu mubarokah wrote:
mom lik4 ternyata letak permasalahan lecet2 udah ketemu ya. Happy breastfeeding


hehehe,aamiin..
sbetulnya bukan lecet lg sih mom,tp kyak bolong gtu..bahkan nipple di PD kanan kyak mo putus,krn lukanya yg di pangkal puting bentuknya mengelilingi puting :p jd tiap nyusuin rasanya kyak di sayat2 pisau..yaah sampe skrg msh luka sih,msh dlm tahap penyembuhan ;)

6

Topic: Breastfeeding

Moms..udah ada yg share blm ya...babyku 1,5bln bbrp hari ini kok seperti ogah ya klo nyusu di pd kananku. Pdhl sblmnya lancar jaya aja nyusu kanan kiri. Aq sempet mikir apa krn asi di kanan sekarang hanya sedikit ya? Tp bisa begitu? Soalnya paling gk nyampe 5mnt baby lgs bete nangis2 kayak kesel gitu gk ada asinya. Wkt aq cek ada kok...trus pindahin nyusu dr pd kiri dan dia lancar2 aja sampe kenyang n ngelepasin sendiri nantinya n gk pake drama nangis2 bete.

sempet baca2 bbrp tulisan ttg rasa asi yg berubah tp wkt aq tes rasanya manis kok gk asin.

kira2 knp nih ya? Ada yg pernah ngalamin jg?

7

Topic: Breastfeeding

Aku mom ngalamin hal yg sama, tp anakku sebaliknya ogah2an kalau nyusu di PD kiri. Kalau aku amati krna bentuk nipplenya yg beda. Aku invert nipple, tp krna rajin nyusuin lama2 yg kanan keluar, tp yg kiri tetap mendelep jadi kayanya anakku lebih nyaman nyusu di PD kanan. Karena jarang disusuin PD kiri pun akhirnya jauh lbh sdkt produksinya dan anakku makin malas nyusu di PD kiri.
Another story, lebaran tahun lalu aku berhasil nyembuhin bingung puting anakku dgn menjauhkan botol dan dot sama sekali selama cuti bersama lebaran. Semoga lebaran tahun ini bisa naikkin produksi ASI yg udah jauh berkurang krn lbh jarang nyusuin

I am a mother, apotheker, and editor

8

Topic: Breastfeeding

evaws mungkin ada luka/hal yang tidak nyaman di bagian tubuh bagian kiri pada baby evaws.
misalnya seperti itu coba menyusui tetap menggunakan PD kanan namun tetep miring ke kanan, kebayang tidak maksud saya?
Kadang aq seperti itu juga karena males pindah posisi miringnya.

terus terang puting kanan dan kiriku beda, yang kiri lebih mungil dqan pas di mulut anakku, sedangkan yang kanan lebih besar dan cenderung masuk ke dalam.
Pada awal menyusui ini sangat menggangu, anak saya hanya mau menggunakan PD kanan, akhirnya saya menggunakan sedotan puting untuk menyedot puting sebelah kiri supaya mudah digunakan, awalnya tetep tidak mau menggunakan PD sebelah kiri dan sangat sulit tapi tetap saya paksakan, alhamdulillah sekarang sudag expert menggunakan kanan atau kiri.

Malah sekarang kadang seharian saya hanya menggunakan PD kanan saja sehingga ketika dipompa PD kiri dapat banyak, karena sempet nabung LDR ketika PD kanan dihisap dan keesokan harinya begitu kebalikannya.
Alhamdulillah dengan cara seperti itu ketika puasa kemarin masih bisa menyusui sambbil mompa bahkan mendonorkan ASInya.

Hai Mama Rachel kalau tidak salah hitung anaknya sudah berumur 18 bulan ya,apa kabar?

9

Topic: Breastfeeding

Tos sama mom lik4 ..anak ku skrg sdh 22 bln.. susah nyebutin kata2 yg berbau huruf R.. dia jg terdeteksi tongue tie tipe 2-3 d kmc.. baru di lakukan incisi usia 3 bln krn baru ketahuan... prosesnya cepettt bgt.. dan g byk drhnya.. mgkn krn itu cm jaringan alias sepaput ajah ya..bkn daging.. dan smp skrg krn g rajin senam mukam n lida jadilah anakku agak cadel..

Tanda2 awalnya puting lukaaa tiap nyusuin ngilu.. bahkan bemtuknya hmpr berbelah hehe.. tanda lain.. nyusu sebemtarrrr bgt.krg dari 10mnt deh.. krn dah cape duluan dianya cari.perlekatan antara lidah n areola...selain itu aq g pernah liat anakku itu menjulurkan lidah melewati bibirnya..itu sebab lidahnya gerak terbatas krn ada tali lidah d bawahnya.. beda bgt sama adeknya..yg seneng melet2 hihihi.

10

Topic: Breastfeeding

halo moms, ketemu lagi, hehe
perjuangan menyusui ibu2 kantoran gak ada akhirnya nih, baru aja menikmati asip yg berhasil disetok dikit2, eh skrg malah kena mastitis steril. Ijin share yah moms :)

Masalah dimulai waktu saya mulai masuk kantor pasca lebaran. Selama lebaran Malik full menyusu ke saya, alhamdulillah berkat itu produksi asi jadi meningkat. Tapi ketika mulai ngantor, saya kembali bertemu dgn rutinitas padat dan kerjaan numpuk yg bikin jadwal pumping saya molor. Puncaknya hari rabu minggu lalu ketika saya sama sekali gak pumping selama 8 jam. Hwaahhh, bengkaknya gak ketulungan, baju saya basah sampai netes2 ke lantai. Sampai di rumah Malik langsung saya susui sampai puas. Saya kira masalah sudah beres sampai disini, eh ternyataaa, besoknya PD kanan terasa sakit nyut2an. Saya coba pumping di kantor malah tambah sakit dan asi yg keluar cuma sedikit. Akhirnya saya coba tahan sampai jam pulang kantor. Jam setengah 5 saya pulang dijemput suami krn sudah gak kuat lg. Sepanjang perjalanan 1,5 jam pulang saya menggigil di mobil, dan sampai di rumah sukses kena demam tinggi. Aduuhh... Krn merasa blm perlu ke dokter, saya ngotot dikompres dan minum paracetamol saja. Akhirnya semalamam meringkuk di kasur, selimutan sambil terus menyusui Malik. Besoknya alhamdulillah demam sudah agak reda, tapi tetiba munculah benjolan kecil diantara PD kanan dan ketiak. Saya pun parno, terngiang2 artikel ttg mastitis dimana penderitanya sampai harus operasi. Akhirnya saya pun ke klinik laktasi di RS Islam Cempaka Putih, back to Dr. Silvy nan ramah. Sempat ditegur krn lalai pumping, akhirnya bu dokter memijat area PD dgn lembut utk melancarkan asi. Biarpun lemah lembut, tp rasanya aduhaiii sekali, sakitnya sampai ke ujung kepala. Alhamdulillah berkat ketelatenan Dr. Silvy, PD saya mulai enakan. Kata beliau saya terkena mastitis steril, krn tidak ada luka/lecet pd puting. Tapi kalau dibiarkan bisa berkembang jadi mastitis parah krn ada beberapa (yes, it's more than one) sumbatan di saluran asi saya. Dr. Silvy meresepkan Ibuprofen utk mengurangi nyeri dan menganjurkan saya utk kompres panas dan dingin bergantian sambil terus dipijat, plus istirahat yg cukup. Saya pun diminta utk ambil ijin sakit di hari senin supaya bisa fokus penyembuhan.

Hari senin pagi (which is today), rasa sakitnya sudah jauh berkurang. Saya pun tetap ngantor krn saya pikir sudah beres masalahnya. Tapi apadaya, krn keasikan kerja saya (lagi2) lupa pumping sampai hampir 5 jam. Baru sadar pas PD mulai nyut2an lagi. Barusan telepon Dr. Silvy, sedikit ditegur krn nekat ngantor, dan akhirnya bikin appointment utk besok.
Aduh ampun, kayaknya saya dpt teguran keras dari badan saya sendiri nih, hiks... *usap2 PD kanan yg lg ngamuk*

Maaf ya moms curhatnya kepanjangan, hehe
Kalo ada yg pernah ngalamin dan mau share tips nyembuhinnya, saya terima dgn senang hati :)

11

Topic: Breastfeeding

Hi Mom azaleashazs,
Eeh emang rajin senam lidah itu sampe brp lama sih ?
Kata dokter laktasinya sih usahain sampe 3minggu biar ga balik lg..tp baru 2 minggu aja daku ud ogah2an coz si adek marah2 tiap senam lidah.bahkan jariku di gigit mulu :(

Hi Mom difagiovani,
Saya tunjuk tangan..saya ud pernah mengalamin blocked duct yg menjurus ke mastitis ringan sampe beberapa kali, tp blm perlu ke dokter tp rajin kompres and pijat.
Yang terakhir, kena mastitis itu yg terparah..2 hari meriang hebat,bahkan sampe ga punya tenaga buat turun dr tempat tidur saking lemasnya..Pas ku pumping,kok ada keluar kyak cairan kental,warnanya sih putih susu..ud parno itu nanah,akhirnya cek ke dokter di carolus.dan ternyata cairan kental itu adlh lemak asi yg tersumbat.akhirnya di carolus,di pijat oleh dokternya walopun rasanya horor bgt saking sakitnya,dan keluarnya cairan kental itu..abis itu di ksh 3 macam obat,paracetamol,antibiotik, sama satu lg obat utk mecah gumpalan asi itu (lupa namanya). sempat jg di srh dokternya utk usg mamae,coz ada benjolan keras sebesar bola golf gtu deh.tp alhamdulillah ternyata hsl usg nya bagus, jd di benjolan itu blm ada massa yg menggumpal.hanya dokter radiologinya srh rajin kompres air hangat aja.obatnya hrs hbs di minum, rajin kompres, rajin pijat, dan jgn telat pumping.soalnya kl telat lg, takutnya malah makin parah,dan bs menjurus ke abses. benjolannya perlahan menghilang kok,walo pun it tooks 3w :p

12

Topic: Breastfeeding

Mom, saya ada rencana mau oprasi bedah tulang
Baby umurnya 5 bulan, kira2 setelah oprasi apakah boleh menyusui?
Ada yang pernah pengalaman, menyusui pasca operasi?

13

Topic: Breastfeeding

Ahh mom lik4, senasip *hugs*
Ternyata emang gak sekali dua kali aja ya, bisa jg sampe berkali2 gitu. Apa krn kurang disiplin pumping yah mom? :(
Iya pas dipijat keluar cairan putih kental itu, abis itu PD yg tadinya bengkak jadi enakan.
Skrg saya tiap 3 jam pumping terus, soalnya pas lupa dikit, asi langsung merembes keluar sampe baju basah. Kayaknya gara2 dipijat kmrn sumbatannya pd hilang dan asi langsung ngalir deras.
Btw mom lik4 pumping pake yg manual, elektrik, atau tangan?
Saya selama ini pake tangan, tp gak pernah sampe benar2 kosong. Saya baca2 kalo gak sampe kosong nanti bisa kambuh lg, bener gak sih?

14

Topic: Breastfeeding

Hi all, aku newbie bgt soal breastfeeding dan anakku kembar cewe 2. Skrg masih asi dan terus berupaya asi terus walopun rasanya ngos2an krn kbutuhannya banyak.
Ada jg yg punya bayi kembar kah? Rasanya puting jg udh soften gtu.. jd parno denger org2 yg pada lecet sampe perih2 meriang klo nyusuin.

First time mom of beautiful twins

15

Topic: Breastfeeding

moms mau minta saran / pencerahan nih...
maaf kalau udah pernah ditanyain sebelumnya..

babyku 8 bulan, and his first and second teeth are just beginning to show up. Masalahnya, sekarang suami ngelarang sama sekali breastfeeding sebelum tidur. Dari news yang suamiku baca, katanya breastfeeding at night itu ngerusak gigi dan bukan kebiasaan tidur yang bagus. And he's really pushing on this matter. Akhirnya udah 3 hari ini anakku nggak pernah aku susuin sebelum tidur/malem. Anakku sejak dua minggu yang lalu mulai suka kebangun tengah malem satu kali buat minta breastfeed, dan biasanya dia tidur lagi setelah itu. Tapi karena sekarang nggak bisa lagi, night time is a nightmare, nggak cuma buat anakku, tapi buat aku juga. Dia bisa nangis kejer hampir 2 jam, dan selama itu aku nggak boleh gendong dia, cuma bisa liatin aja dari pinggir kasurnya. Ujung-ujungnya kita baru bisa tidur diatas jam 2 malem, itu pun dalam kondisi cape fisik dan cape hati.
Is it really this hard for everyone at first, atau cuma aku aja yang terlalu nggak tegaan ya?
Mohon infonya ya mom, tentang breastfeeding at night / sebelum tidur, pros and cons. Atau kalau ada yang punya pengalaman sama siapa tau bisa kasih pencerahan supaya semua ini bisa dilaluin lebih mudah dengan hasil yang baik. Makasih moms...

Happy Healthy Baby and Mommy

16

Topic: Breastfeeding

Bukan breasfeed yang dapat merusak gigi. Yang dapat merusak gigi itu jika anak diberi susu formula, bukan hanya malam hari saja tapi setiap saat menjelang tidur karena sisa susu formula tersebut akan terurai menjadi asam yang bisa merusak gigi.
Lagian ngga kasian kah mom liat babynya 8 bulan nangis kejer selama 2 jam? FYI, menangis kejer itu juga dapat merusak 250ribu sel otak. Belum lagi babynya kelaparan dan kurang nutrisi. Coba kasih pengertian ke suami kalau baby nya lapar, dan ASI tidak akan memberikan efek yang buruk untuk baby.
:)

17

Topic: Breastfeeding

ikutan komen ya mom kaka,, IMHO, kalau takut masalah gigi sebenernya bisa dibersihkan kan dengan kain lembut atau kasa steril, kalau mau ya rajin2 aja dibersihkan, kalau baby umur 8 bulan kan masih butuh bonding juga. kasihan nanti giginya bagus tapi secara psikologis babynya stres nanti besarnya. apalagi kalau babynya sebenarnya lapar dan haus, setuju dengan mom menique kalau babynya kelaparan jadi nambah efek buruk ke babynya, plus kan ASI nutrisi terbaik baby. baiknya coba discuss dgn suami dan dsa ya, supaya memikirkan dampak lain juga. :)

*running in heels*
andreta07.tumblr.com
@_andreta

18

Topic: Breastfeeding

Mamatody, Menique
Makasih banget buat infonya. Alhamdulillah mulai kemaren malem patternnya udah mulai biasa lagi. Breastfeeding kapanpun babynya suka. Setelah ngasih penjelasan panjang ke suami berbekal ngotot, hasil browsingan disana-sini dan konsul sama dsa aku, akhirnya suami mau ngertiin. Yang bisa merusak gigi itu cuma susu formula, karena kandungannya memang beda sama ASI. Hiks... seneng banget akhirnya nggak liat baby stress lagi gara-gara night breastfeeding. Happy baby happy mommy! Makasih ya....

Happy Healthy Baby and Mommy

19

Topic: Breastfeeding

hi moms....terharuuu sekali baca perjuangan moms disini...Jd gk sabar cerita pengalaman breastfeeding nanti.. skrg debay msh dipeyut 35w. doakan persalinanku lancar ya moms, IMD + ASIX jugak :)

Btw, ada yg punya pengalaman breasfeeding dg kondisi ketemu babybpas weekend aja g yaa? aku nanti jauh2an ama baby...ktmu sabtu minggu aja soalnya neneknya gk ngebolehin baby ikut aku ke kota tempatku berkerja.hiks so sad... :(

thx for sharing moms...

*hugs

20

Topic: Breastfeeding

elzahra wrote:
evaws mungkin ada luka/hal yang tidak nyaman di bagian tubuh bagian kiri pada baby evaws.
misalnya seperti itu coba menyusui tetap menggunakan PD kanan namun tetep miring ke kanan, kebayang tidak maksud saya?
Kadang aq seperti itu juga karena males pindah posisi miringnya.

terus terang puting kanan dan kiriku beda, yang kiri lebih mungil dqan pas di mulut anakku, sedangkan yang kanan lebih besar dan cenderung masuk ke dalam.
Pada awal menyusui ini sangat menggangu, anak saya hanya mau menggunakan PD kanan, akhirnya saya menggunakan sedotan puting untuk menyedot puting sebelah kiri supaya mudah digunakan, awalnya tetep tidak mau menggunakan PD sebelah kiri dan sangat sulit tapi tetap saya paksakan, alhamdulillah sekarang sudag expert menggunakan kanan atau kiri.

Malah sekarang kadang seharian saya hanya menggunakan PD kanan saja sehingga ketika dipompa PD kiri dapat banyak, karena sempet nabung LDR ketika PD kanan dihisap dan keesokan harinya begitu kebalikannya.
Alhamdulillah dengan cara seperti itu ketika puasa kemarin masih bisa menyusui sambbil mompa bahkan mendonorkan ASInya.

Hai Mama Rachel kalau tidak salah hitung anaknya sudah berumur 18 bulan ya,apa kabar?




Mom, tadinya aq juga mikir begitu tapi aq udah cek2 gk ada apa2 kok... sukurnya, sekarang ini baby sudah mau nyusu dari PD kanan juga karena setiap dia baru bangun tidur selalu PD kanan yang aq kasih duluan, kalau dia mulai bete baru pindah ke PD kiri.. tapi karena sempet dulunya dia gak doyan jadi kayaknya produksi ASI di PD kanan memang sedikit. Kalau aq pumping paling sekarang ini dapet sekitar 50ml aja malahan pernah hanya 30 ml sementara yang kiri bisa sampe 120ml lebih bahkan 160ml kalau lagi kenceng banget.

Mudah2an karena terus dikasih PD kanan duluan, jadi produksi ASInya bisa nambah lagi di yang kanan. Bener bisa gitu kan ya mom?
Sekarang masalah baru malahan kayak mama yang lain nih, ada grenjel2 di PD kiri dan kanan, memang sih sudah gak terlalu sakit karena terus dikompres air hangat dan dipijat tapi belum ilang2 udah beberapa hari. Kayaknya ini karena sempet gak disiplin di jam pumping... tadinya biasa pumping jam 10an di kantor eh aq molor ke jam 11. Biasa jam stgh 2 eh molor ke stgh 3...sekarang membulatkan tekad lagi untuk ngebalikin ke jam yang sebelumnya supaya produksi asi nya lancar.

21

Topic: Breastfeeding

Evaws hayo hayo jangan lewatkan mompa, grenjel itu karena terlewat waktu pompa, satu-satunya jalan di pijat dulu payudaranya, Salah satu cara yang pernah diajarin waktu di RS itu :
[list=1]

  • dari ketiak ke arah PD bawah lalu hempaskan pelan pada PD kanan kiri masing2 15X [/*]
  • pijat dari arah ketiak ke arah puting kemudian dari tengah2 dada ke arah puting kemudian pijat bagian bawah PD dari arah dalam keluar 2X 1PD pada 1 periode nah pijatan ini dilakukan PD kanan kiri masing2 15X[/*]

    kemudian dikompres air hangat dan dingin berselang seling 15X pun

    nah baru dech dipompa, jangan lupa di bantu marmet ya, ini insyalloh lancar
    atau nenen langsung aja dech

  • 22

    Topic: Breastfeeding

    mom elzahra,
    iya nih...harus bulatkan tekad. Ini grenjel2 juga sumbangan dari malasnya pumping klo udah wiken, malas bangun :(

    Ahhh..terimakasih ya mom tipsnya...siap mempraktekkan, pas banget bentar lagi sesi pumping terakhir di kantor :D

    23

    Topic: Breastfeeding

    Halo semua, sekarang lagi Nyusuin anak ke 2 nih, tapi agak bermasalah... Krna dulu pas anak pertama payudara yg Kiri ku abses,jadi smpt operasi. Skrg produksinya dikit banget klo di pompa cuma 10-20cc, itupun pake lactina, yg kanan baik2 Aja. Tapi ya itu payudaranya jadi besar sebelah banget :(
    Ada yg punya pengalaman Gini ga? Ada cara buat naikin produksinya ga? Thanx b4 ya....

    24

    Topic: Breastfeeding

    AgnesHNA..
    aq gk pernah sampe abses tp aq jg produksi asi di salah satu PD yaitu yg kanan mmg sdkt sejak tiba2 bayiku ogah nyusu dikanan wkt itu. Skg msh sering aq susuin ke bayi klo udh habis baru ganti ke PD kiri..ini spy PD yg asi nya sdkt ttp dpt rangsangan dr mulut bayi. Dannnn mdh2n jd naik produksinya.

    sampe skg pd ku jg msh besar sblh hehehe..klo yg kiri udh diisep baru deh agak sama ukrnnya dgn yg kanan.

    25

    Topic: Breastfeeding

    Evaws
    Hehehe aku Walopun da di susuin tetap ga sama, bedanya banget. Gpp yg penting si baby dapet ASI! Baru 1 bulan, semoga sukses bulan2 berikutnya.. Takutnya pas da masuk kerja, takut ga bisa ngejar mompanya..