1

Topic: Breastfeeding

Mom Difa, selamat yaa atas kelahiran bayinya.. happy parenting!

Mau sharing aja, , sewaktu baru lahiran aku jg mikir ko anakku nyusunya lama bgt yaa, setelah selesai baru tidur sebentar udah minta nyusu lg. Smp aku mikir gmn caranya mompa kl bentar2 nenen, bentar2 gendong mau bobo, bentar2 pipis. Kebetulan jg aku sendiri di rumah saat itu. Baru usia 2 minggu aku bisa mompa walaupun hasilnya masih sedikit.. Saranku, nikmati aja masa2 bayi baru lahir, semakin sering dihisap semakin terus berproduksi asi kita. Gpp kl kita gak bisa ngapa2in, anggap aja ini masih jadi masa pedekate sama anak, namanya jg ibu baru.. Nanti bakal kangen dinenenin kl ud masuk kantor, hehe..

Selain latch on yg perlu diperhatikan, kalau sampai usia 2 bulan masih nyusu smp 2 jam, mungkin bisa di bawa ke klinik laktasi atau dokter, khawatir ( jangan sampaiiii...) tounge tie.

2

Topic: Breastfeeding

moms,
anakku hari ini genap 2 bulan dan hari ini aku akhirnya manggil tukang pijit yg ahli mijit ibu2 habis melahirkan buat pijat payudaraku yg grenjel dan sakit kalo buat nyusuin.
tapi harapanku pupus, *taelah bahasanya* ternyata oh ternyata, PD kananku masih sakit banget setelah dipijit, buat nyusuin apalagi.
rasa sakitnya di bagian bawah dan samping luar PD, rasanya nyeri banget kayak kebakar udah gitu kalo pas nyusuin sakitnya bisa menjalar ke ketiak dan punggung.
ketiak rasanya kayak ditusuk paku, punggung rasanya kayak panas kebakar.
ada yg pernah ngalamin kayak gini nggak?
trus aku musti konsultasi ke mana lagi ya? ke klinik laktasi lagi? ato ke bidan di rs tempat aku melahirkan? atau perlu ke dokter apa gitu?
desperate nih.. musti sampai kapan aku menanggung rasa sakit ini? *halah*

3

Topic: Breastfeeding

@jitachan...

I feel you banget.. dulu sempet sakit kaya gitu tp untungnya stlh manggil salah satu terapisnya post maternity care kebantu banget. Lgs plong rasanya..

Mungkin bisa balik ke klinik laktasi lagi mom? Sambil terus dipompa/ disusuin biar terus terjaga frekuensi produksi asinya.. HTH ya..

4

Topic: Breastfeeding

babybubebo, dulu sama terapisnya diapain? di-massage gitu kah?
aku kemaren ke klinik laktasi eka hospital bsd, ketemu konsultan laktasinya (dokter umum), not sure dia bisa massage payudara *kok sujojon duluan ya*
ada ngga sih konsultan laktasi yg mau dateng ke rumah di bintaro? *desperado*
so far sih aku tetep nenenin baby sama tiap hari marmet juga buat nyetok asip.
ngga berani mompa karena masih sakit, jadi mendadak mahir marmet deh.
anyways, thanks banget ya mom babybubebo :')

5

Topic: Breastfeeding

Thanks mom karralma and RATIHdian :)
Aku terus nyoba pumping tiap hari seberapapun hasilnya, semoga bs sekalian memacu putingku supaya keluar. Kasian jg liat dedeknya harus nyusu di nipple extension terus.
Yg agak susah ibuku nih, soalnya beliau sudah terlanjur menjudge asi ku sedikit dan gak bisa diapa2in lg. Padahal pas minggu2 awal produksi asi emang blm banyak kan yah moms? :(

6

Topic: Breastfeeding

difagiovani
Iya kok awal2 blm melimpah asi.. aku apalagi smp skrg ga melimpah, cuman cukup doang. Mana ga jago pumping (pinginnya biar nambah produksi asi).
Kalo mau asix jgn dipikirin dl yaaa judgement orang2. Kalo kepikiran nanti ngaruh ke asi :) percaya aja sm diri sendiri, bergaul/ngobrol sama orang2 yg positif. Supaya hati tenang, jd asi lama2 lancar.. hehehe selamat berjuang!

Full time mother. Part time anything else ;D
IG: fitrahadyaksa

7

Topic: Breastfeeding

jitachan,

coba di cek artikel tentang mastitis deh.. jangan2 yg dirasain termasuk jenis mastitis.. klo iya, mgkn masih bs ditangani di rumah.. oiya, setau aku ada dokter laktasi yg oke deh di EKA hospital BSD..cukup terkenal bahkan di twitter.. namanya dr. maharani..

oiya, untuk nyerinya coba kompres pake handuk panas deh tiap sebelum di massage dan marmet.. lumayan bisa ngurangin nyeri nya.. dan di marmet udah paling bener dibanding pompa..krn takutnya malah makin sakit..
aku dulu juga pernah sakit yang kayak rasa2 payudara ditusuk gitu dan akhirnya kata dokter (kebetulan aku ke dokter bedah payudara) dibilang mastitis krn ada infeksi..malah waktu itu sampe demam2.. mudah2an mom jitachan ga sampe ngalamin ya..

untuk konselor laktasi yang bisa dipanggil ke rumah, coba hubungi AIMI ASI aja..konselor mereka kayaknya ada di banyak daerah dan bisa untuk dimintakan tolong dateng ke rumah..
tetap semangat menyusui ya mom :)

8

Topic: Breastfeeding

febriandina, iya, waktu itu juga niatnya nyari dr. maharani tapi ternyata beliau ngga praktek sebulan itu, jadi sama dokter lain yg praktek karena udah urgent.
waktu itu ke dokter bedah payudara di mana ya kalo bole tau?
kalo sampe demam sih pernah ngalamin juga, sampe 2 hari demamnya. tapi yg sekarang malah ga sampe demam.
thanks supportnya, yaa :')

divagiofani, sama.. aku dulu awal2 juga sering bete sama nyokap karena dibilang asinya kurang lah, encer lah, soalnya baby-ku nenennya lama trus cepet laper.
sampe sering nangis2 tuh karena tersinggung.
percaya aja, makin dinenen makin meningkat produksi asi.
temenku pernah cerita, sodaranya flat nipple trus pake nipple shield bisa sukses asix sampe 2 taun kok.
emang bener kata moms di sini, menyusui itu musti keras kepala. so just go for it. semangat!

9

Topic: Breastfeeding

jitachan, aku waktu itu kebetualn ke dokter bedah di hermina jatinegara.. dan dikasih antibiotik krn biar ga semakin parah.. dan aku udah pernah 2 kali aja dong ngalamin mastitis... jangan sampe keulang lagi.. *ketok meja*

oiya, penyebab si nyeri itu juga bisa karena proses latch-on yang belum bener lho.. jd si asi nya udah produksi banyak, cm yg keminum sedikit..klo kita nya telah merah atau ga merah, bisa makin menjadi2 deh.. makanya menurutku tetep ke dokter laktasi juga untuk ngeliat posisi menyusui nya udah bener atau belum.. krn posisi yg salah bukan cm bikin pengosongan payudara ga sempurna, tapi jg bisa bikin lecet puting yang ujung2nya bisa memicu nyeri di payudara juga..

tapi yang namanya sakit, nyeri, dan demam karena menyusui memang bagian perjuangan dari menyusui deh (klo di aku ya :p), insyaAllah setimpal lah :)

10

Topic: Breastfeeding

febriandina, nah itu dia.. masalahnya pas ke klinik laktasi waktu itu dibilang dokternya latch on udah bener, trus diresepin salep racikan buat nipple yg luka.
makanya heran kok sampe 2 bulan masih sakit ajah :'(
tapi sepertinya diriku emang pengen balik lagi ke klinik laktasi deh, nunggu dr.maharani praktek ah.
thanks ya sarannya. emang begini lah ya warna-warni perjuangan asi :')

11

Topic: Breastfeeding

difagiovani

babyku dong pernah menyusu sampai 5 jam hihihihi

12

Topic: Breastfeeding

semangat ASIX moms, alhamdulillah kedua putraku bisa lulus ASIX, kakak dpt ASI 21 bulan krn aq hamil besar jadinya stop kasih ASI ke kakak (mulai berasa kontraksi), dan semoga adiknya bisa dpt hak ASI sampe 2 tahun..

Working mom with 2 little boys and 1 pretty girl ^_^

13

Topic: Breastfeeding

Hugs mom adyaksa and mom jitachan ?
Alhamdulillah setelah berkunjung ke klinik laktasi di RSI Cempaka Putih dgn membawa serta ibu, akhirnya masalah persusuan berhasil teratasi dan ibu jg sudah diedukasi soal pentingnya ASI. Skrg malah beliau yg cerewet mengingatkan saya utk terus menyusui, hihi
(Pssst, Dr. Silvy di RSI highly recommended buat moms yg butuh konsultan laktasi. Sabaaarrr dan baiiiiikkk bgt ^^)

Skrg perjuangan saya sudah beda lg, seminggu setelah melahirkan harus berangkat ke bandung sambil memboyong baby dan ibu utk ikut diklat prajabatan CPNS selama 3 minggu. Hari2 pertama, subhanallah bgt beratnya...bentar2 nangis krn ngerasa gak rela, ditambah jam menyusui jd terbatas dan blm lancar merah asi. Akhirnya dgn hati sedih saya merelakan baby dikasih sufor selama saya di kelas :(
Tp krn saya sudah bertekad utk menyusu, akhirnya setiap jam istirahat saya kabur ke rumah yg dipinjamkan utk saya dan baby, dan langsung menyusui (atau kalo baby tidur, saya pumping asi). Malam2 jg bergadang demi menyusui. Alhamdulillah, seminggu diklat bb baby berhasil naik 0,5 kg dgn sedikit sekali bantuan sufor krn si baby sudah cinta mati sama asi mamanya dan gak mau minum sufor banyak2 *terharu*

Perjuangan utk menyusui emang kadang terasa berat dan pikiran utk menyerah sering sekali datang, tp setiap saya memandang wajah damai baby waktu dia menyusu, its all worth it :)

14

Topic: Breastfeeding

Newbie nih mamas mamas..
Mau nanya kira2 foremilk sm hindmilk didptnya dibrp.menit anak.nyusu yah?
Perasaan nyusuin udh 40menitan gtu tp kpq pupnya masih berbusa aja yah dlm 24jam ini,
jd galau..
Pdhl saya gak makan yg aneh2.

15

Topic: Breastfeeding

Coba jawab yaa mom Evelyne
saya jg masih baru sih soal foremilk dan hindmilk, kmrn2 sempat penasaran apa anak saya nyusunya lama gara2 gak dapat hindmilk
Dari apa yg saya baca sih, salah satu ciri hindmilk itu warnanya yg lebih putih (bukan agak bening seperti ASI yg keluar di awal menyusui), jd setiap anak saya selesai nyusu, saya cek sisa ASI di sudut2 bibirnya. Kalau warnanya putih dan agak kental, berarti itu hindmilk. Biasanya anak saya jg tidurnya lebih nyenyak dan pup nya lebih padat.
Tp soal pup berbusa, saya blm pernah lihat sih yaa
cmiiw moms :)

16

Topic: Breastfeeding

Halo mom Evelyne, dari pengalaman saya selama ini yg pernah pup baby nya berbusa, cair dan warna lebih hijau (ciri2 foremilk nya lebih banyak yg diminum) buat ngedapatin hindmilk bisa berbagai cara antara lain minum air hangat dan lakukan pijatan sebentar sebelum menyusui, bisa pompa dulu PD nya saat mau menyusui, makan singkong (untuk saya ini ampuh ga tau kalo untuk mom yg lain), susui dengan 1 PD sampai benar2 kosong (bisa sampai beberapa kali menyusui).
Semoga bisa membantu :)

17

Topic: Breastfeeding

jitachan

maaf bgt br balik lg ke mari, iya di massage mom, ya di PD-nya ya seluruh badan di titik2 tertentu.. Kalau pas di PD-nya lumayan deh nahan rasanya, tapi abis itu dicompensate ama pijatan di titik2 lainnya yg ngebuat aku jd relaxing banget.

Konsultan laktasi bisa dikonsult ke AIMI kali ya, keknya ada yg bisa home visit.

Iya, sambil terus dinenenin dan dipompa/ marmet udh bener koq..

HTH ya...

18

Topic: Breastfeeding

jitachan

maaf bgt br balik lg ke mari, iya di massage mom, ya di PD-nya ya seluruh badan di titik2 tertentu.. Kalau pas di PD-nya lumayan deh nahan rasanya, tapi abis itu dicompensate ama pijatan di titik2 lainnya yg ngebuat aku jd relaxing banget.

Konsultan laktasi bisa dikonsult ke AIMI kali ya, keknya ada yg bisa home visit.

Iya, sambil terus dinenenin dan dipompa/ marmet udh bener koq..

HTH ya...

19

Topic: Breastfeeding

mau ikutan sharing ya mamas,

Aku relaktasi di ulang bulan ke-2 anak pertama saya.. Gara2nya simple, niat belum kuat dan gitu support juga minim sekali ( mama & MIL lbh percaya dgn sufor)
Jadi pada waktu itu anak pertamaku sufor vs asinya 90/10 gitu deh (jgn dicontoh pliss...)
Akhirnya stlh diantar misua konsultasi laktasi di RS Carolus, pulangnya lsg niat relaktasi.

Realisasinya ternyata tidak semudah konsultasi ya.. :( Mana pas itu suami keluar kota seminggu, jd harus di garda depan sendirian...
Plus babyku udh terbiasa dgn pola sufor yg mengenyangkan.. Walhasil dia jd dikit2 rewel..

Akhirnya mau gag mau seminggu pertama aku kekep terus, susuin terus sambil ngebaca pola nyusu-nya dan mulai nyetok ASIP.

Syukur alhamdulillah proses relaktasi hanya 2 minggu saja dan babyky lgs terbiasa lg dgn ASI.

Intinya tetep semangat ya mamas, dimana ada niat dan jalan pasti bisa!

20

Topic: Breastfeeding

Ikutan sharing yaa moms,
Baby ku ud 9,5mos.Dari si dedek lahir sampe skrg,aku srg bolak-balik ke klinik laktasi.Buatku menyusui bukan lah hal yang mudah,tp krn tekad utk nyusuin sampe si adek 2thn,so i have to fight..dan skrg lg berjuang ngatasin mastitis.walopun sebelumnya ud pernah ngalamin mastitis ringan,tp yg skrg lumayan parah. PD yg kena mastitis kl di pake nyusuin itu sakitnya sungguh luarbiasa. Aku berobat ke klinik laktasi, and emang nyari dokter yg ahli laktasi gtu.di ksh antibiotik,anti radang sama utk obat nyeri.alhamdulillah getting better now,walopun benjolannya perlahan mulai mengecil...smenjak sakit,hasil perahanku jg jauuh berkurang.entah krn pengaruh obat atau kondisi lg ga fit..pengen nyobain akupuntur yg melancarkan asi.ada yg bs ksh recomended utk tempatnya ga?

21

Topic: Breastfeeding

astrid_ibureno wrote:
Moms.. Ada yg pernah ngalamin dilema antara mompa atau breastfeeding at the same time gak? Aku kan termasuk yg asinya gak melimpah ruah, jd kalo mompa pada saat PD penuh dan bs dpt lumayan banyak itu kayanya hepiii bgt. Tp kdg2 waktunya suka barengan sm si adek minta jatah. Ya harusnya siih emang duluin breastfeeding dulu yaa, tp kok rasanya sayaang bgt hasil pompa jd berkurang *egois ya, jgn ditiru*... Ujung2nya jd ngurangin semangat mompa deh.. Huhuhuhu... :(



kalo aku dulu sukanya multitasking, jadi kanan mimik athaya kiri aku pompa, dan konon memompa susu saat menyusui juga bikin hasil tambah bnyak.. cuma ya ittuuu lumayang pegel jd tangannya * klo pake pompa manual*..tapi hasilnya memuaskan...

working mommy, wife, and mother of my princess Athaya

22

Topic: Breastfeeding

bundanyaathaya,
idnya mirip sm yg pny ols d sini , *abaikan, ga penting..
ak ga bs loh nyusuin smbil pumping, ga konsen rasanya hehehe.. jd pumping pd nya stelah nyusuin, tp skrg ga pernah lg krn malessssssssss
heheh

Cen

23

Topic: Breastfeeding

cenchans

hahahaha...

itu juga duluuu waktu athaya masih ASI ekslusif sampe 1 thn *karena asi kejar tayang* sekarang mah udah engga pernah pumping multitasking gitu, pumping di kantor sedapatnya :) * athaya ud ada tambahan susunya* tapi emank bener ga konsen klo sambil menyusui, yg bikin ga konsen adalah tangannya athaya yg mau ikut2an pegang pumpingnya..hihihihihi * takut kejepit* jadi harus hati2 juga :))

working mommy, wife, and mother of my princess Athaya

24

Topic: Breastfeeding

BundaNyaAthaya

TOSSS dulu ah sesama emak multitasking :D
Sampe anakku 8 mos asi kejar tayang karena nyusunya gila2an bisa smpe 10x100ml ditinggal dari jam 6 pagi sampai 7 malam padahal hasil pompaan saya dikantor tidak seberapa, pake metode ini Alhamdulillah berhasil ASIX. Superrr ngotot sih ini judulnya. Bener2 harus mengorbankan bnyak waktu tidur malam

25

Topic: Breastfeeding

lik4.. same here, breastfeeding seems like rocket science for me.
baby-ku 2m23d, aku udah ke klinik laktasi 2x. terakhir kemaren ini sama dr. utami roesli.
itupun setelahnya waktu menyusui latch on-ku blom tepat benar, nipple masih langganan lecet plus blister.
hadeehh.. i feel like the dumbest mother on earth.
tapi ya ini bagian dari perjuangan sebagai ibu. semoga aku bisa ikhlas.. :')