1

Topic: Breastfeeding

Thank you moms saran2nya bakal aku coba. Sampai skrg baby al blm aku ksh sufor. Aku nenenin trs, biarin deh sharian nemplok di PD. Hehe. Minggu dpn mo 2nd opinion ke DSA lain skalian nimbang. Semoga BBnya bagus :)

2

Topic: Breastfeeding

diana_js
smangat ya mommm hihi..

Cen

3

Topic: Breastfeeding

mom, kalo skrg nindy mimi sebelum bobo, ko kl udah kenyang, dia langsung balik badan, kayak musuhin aku yahh? hehehe
ini akunya yg sensitip, apa emang semua baby gt? heheheh :D

bundanya si chubby anindya

4

Topic: Breastfeeding

resty hihi iya ada anak yang begitu. anak kedua saya kemaren begitu kalau sudah kenyang, dia langsung ngebalik dan abis itu tidur dengan nyenyak. mungkin karena dia capek waktu nyusu posisinya miring ke kiri, jadi pas udah selse dia miring ke kanan. kebetulan dia emang lebih seneng tidur miring.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Breastfeeding

iya resty anakku juga gitu, kl udah habis nyenyen, langsung balik badan mamamnya juga, jadi kita kayak musuhan hehehehe

6

Topic: Breastfeeding

ih sama lho, anakku juga gitu, aku malah geli ngliat dia begitu, lucu hehehe...

7

Topic: Breastfeeding

ohh gt yahh mom sLesTa ma nadiapuspa, dasar akunya aja yg sensitif yahh, kayak dimusuhin ma anak sendiri huhuhuhu :D

bundanya si chubby anindya

8

Topic: Breastfeeding

resty wrote:
ohh gt yahh mom sLesTa ma nadiapuspa, dasar akunya aja yg sensitif yahh, kayak dimusuhin ma anak sendiri huhuhuhu :D


oh gitu ya

anakku juga setelah nenen sambil tiduran, abis itu dia balik badan, aq selalu bilang ke dia 'ih...somse.....'

kalau nenen sambil duduk setelahnya anakku juga sll rubah posisi kepala dan badannya, usek usek dikit

ya...baby kecapean nenen makanya rubah posisi

9

Topic: Breastfeeding

Moms babyku baru 2w5d-old nih. Dari setelah ngelahirin kalo PDnya aku pencet yg tetesan asi yg keluar minimalis banget. Minggu ini kayak babynya mom diana_js, babyku suka uring-uringan pas nyusu, narik2 puting, trus gelisah gitu. Sempet stress banget, soalnya aku juga ngerasa asinya kayak yang kurang, kasian sama anaknya.
Sekarang aku pake asi ditambah sufor sih tapi kalo bisa pengen full asi aja, mumpung pake sufornya baru mulai minggu ini, kalo bisa pengen di stop.
Cuma aku khawatir anaknya kurang minum kalo nggak ditambah sufor. Soalnya dia bisa mimi sampe satu jam lebih tapi banyak berhenti ngisap gitu (tapi nggak ngelepeh puting), terus bengong. Kalau pipinya ditoel baru dia mulai ngisap lagi. Padahal kalau dikasih sufor dia lancar ngisap sampai susunya habis, baru dia berhenti dan diam. Jadinya curiga kalau lagi dimimiin jangan-jangan dia berhenti ngisap karena emang asinya keluar sedikit banget.
Apa memang ini biasa untuk bayi atau gimana sih moms?
Orang-orang juga pada bilang mestinya asi itu bisa sampai "mancer" keluar. Itu baru bisa dibilang asinya lancar. Padahal PD aku kalo dipencet keluarnya cuma tetesan aja sedikit-sedikit. Jangankan mancer, ngalir aja enggak.
Kalau moms gimana? Apa memang asi itu seharusnya bisa mancer keluar? :(

Happy Healthy Baby and Mommy

10

Topic: Breastfeeding

Kaka please jangan tergoda sufor, 1 hal point penting bayi baru lahir hanya membutuhkan sedikit ASI, kita harus kenali kebutuhan ASI nya
ini aq copas dari ayahbunda
Sesaat setelah melahirkan, kok ASI yang keluar sedikit? Jangan panik, ASI pasti cukup karena bayi yang baru lahir pun hanya perlu sedikit ASI. Seiring bertambahnya usia bayi, jumlah ASI yang Anda "produksi" akan bertambah dan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Yuk, kenali kebutuhan ASInya!


  • •Bayi usia 1 hari hanya butuh 5-7 ml atau satu sendok makan ASI sekali minum. Di usia ini ukuran lambung bayi hanya sebesar biji kemiri.[/*]
  • •Bayi usia 3 hari butuh 22-27 ml ASI sekali minum atau hampir satu gelas takar air, sehari. Ukuran lambungnya berkembang menjadi sebesar buah ceri atau anggur ukuran sedang.[/*]
  • Bayi usia 1 minggu, butuh ASI 45-60 ml per satu kali sesi menyusu. Ia dapat menghabiskan 400-600 ml ASI atau satu setengah gelas hingga dua setengah gelas takar air per hari. Di usia ini kebutuhan bayi meningkat karena adanya growth spurt yang pertama.[/*]
  • Menginjak usia satu bulan, kebutuhan ASI meningkat jadi 80-150 ml dalam sekali minum. Di bulan pertama, bayi akan menyusu 8 hingga 12 kali sehari atau tiap 1,5 jam sampai 3 jam. Di usia ini, bayi sudah lebih pandai menyusu, ibu pun tidak canggung lagi menyusui. Bagi ibu bekerja, ini adalah saat tepat berlatih memerah ASI.[/*]
  • Usia 6 bulan, meski bayi sudah kenal MPASI, ia masih tetap butuh ASI sekitar 720 ml ASI per hari. Manfaatkan ASI perah untuk mengencerkan makanan padat bayi, sehingga rasanya sama dengan ASI. Di usia 7 bulan, kebutuhan ASI bayi bisa mencapai 875 ml atau sekitar 93 persen dari total kebutuhan asupan gizi anak. [/*]
  • Usia 12 bulan, kebutuhan ASI bayi menurun menjadi sekitar 550 ml per hari. Di ulang tahun pertamanya, bayi bisa mulai makan makanan padat seperti makanan orang dewasa atau table food. Semakin bervariasi bahan makanan yang Anda berikan, maka kebutuhan gizinya akan terpenuhi.[/*]


semakin banyak ASI yang kamu berikan produksi ASImu akan terus meningkat
1 point lagi, tubuh akan memberikan sesuai kebutuhan bayimu,

awal-awal kelahiran ASI kujuga tidak banyak lho...
jangan tergiur oleh sufor.

Baby nempel terus bukan berarti ASImu kurang, bisa jadi dia ngempeng, anakku juga kadang gitu nunggu pipi di toel baru ngenyot lagi hehehe...


ayolah pasti BISA

11

Topic: Breastfeeding

Kaka...
sama banget aku dulu juga gitu. Asi kuar dikiit banget. sampe bingung tanya kanan kiri gimana caranya supaya bisa deras. ternyata oh ternyata... ga deras emang karena kebutuhan bayinya masih belom banyak.
kalo asi mancer...nah itu namanya LDR. kalo bayi masih 2 minggu wajarlah, kalo kamu belon ngerasain LDR atau let down refleks. ntar udah sebulan, asal kamu ga nyerah, terus disusuin sambil dipompa juga biar tambah lancar, bakal dapet kok LDR nya. kalo udah gitu, biasanya baby nya yang bakal minum sambil gelagapan. tapi semakin gede dia, karena udah pengalaman, ntar juga terbiasa.
so, jangan nyerah ya.... terus aja kasih asi, susuin, pompa, susuin, pompa. jangan diliat hasil perahannya dikit, jangan diliat baby nya nyusu lama. itu proses.
karena menyusui itu harus dengan keras kepala.

12

Topic: Breastfeeding

Kaka Semangaat...! Pasti bisa kasih ASIX. Tutup telinga, jangan denger komentar2 miring, susuin dan susuin terus babynya. ASI tidak harus mancer keluar. Setiap bayi punya kebutuhan ASI sendiri2, dan ASI mamanya pasti yang terbaik dan paling tepat, baik komposisinya maupun jumlahnya. Bayi 2 minggu memang masih banyak tidur jd kalau menyusu PD pun sering ketiduran, kalau pakai sufor jelas bakalan minum terus sampai habis karena dot tanpa dihisap akan terus keluar susunya, jd dia otomatis minum susu yg keluar sampai habis. Sekali lagi semangat ya!

13

Topic: Breastfeeding

Setujuuuu sm mama2 di atas.. Nambahin aja, kalo ngasih sufor biasanya anaknya jadi ga pengen nenen lagi krn udah kenyang, jadi makin ga ada rangsangan buat ASI keluar.. Akhirnya produksi ASI makin turun krn sinyal yg kekirim ke otak ASI gak dibutuhin, makanya dia stop bikin lagi.. Inget selalu prinsip supply and demand, makin banyak ASI dikeluarin (nenen langsung/ diperah) makin banyak produksinya.. Dan hisapan bayi adalah rangsangan paling bagus, jd latih terus biar bayinya makin jago nenen.. Kalo pas nenenin ngerasa ASI nya "kurang mancer", bisa coba teknik compression atau memberi tekanan di payudara.. Lengkapnya coba baca2 www.kellymom.com deh..

Aku juga seminggu awal kalo perah ASI keluarnya cuma netes2.. Apalagi waktu itu anakku sempet kuning dan dirawat inap untuk fototerapi, jadi mau gak mau harus punya ASIP buat dikasih.. Tp dengan modal keras kepala dan yakin kalo ASI yang terbaik buat anak kita, akhirnya aku tetep usaha perah meskipun sambil ngantuk2 dan badan msh belum fit pasca lahiran.. Sambil dibantu suamiku (dia ikut perah PD yang sebelah atau bantu pijetin), akhirnya dalam sejam bisa kekumpul 60ml.. Itu girangnya kayak dapet ASI segalon :D Tetep semangaaatt yaa.. Dukungan suami itu penting dan yang pasti kitanya juga harus rileks, cause breastfeeding is a mind game.. Goodluck, Kaka :)

Yuti Kinasih
a happy wife of @supersupta and proud mommy of Daffa

Twitter : @pyuth / IG : @yutikinasih

14

Topic: Breastfeeding

Kaka
Cuma mau nambahin aja dari saran2 lengkap Mama2 sebelumnya. Kunci sukses menyusui itu : Yakin, Bahagia, Ikhlas. Yakin kalo kita bisa kasih ASI yang cukup buat anak, yakin juga kalo anak bisa belajar n lama2 jago menyusui. Bahagia karena kita dikasih kesempatan buat punya+besarin anak plus ASI untuk kehidupan anak kita. Ikhlas, apapun usaha yang kita udah lakukan, adalah demi kebaikan anak dan pasti dikasih kemudahan sama yang di atas. Setelah sempet ngalamin masa frustrasi sampe puting lecet n tantangan menyusui lainnya, aku mengambil hikmah ternyata dengan berusaha selalu Yakin, Bahagia n Ikhlas bikin Mama lebih tenang, babynya juga ikut ketularan tenang n ASI lancar.
Coba juga minta dukungan dari suami n mama/bumer, karena dukungan orang terdekat seringkali jadi pecutan semangat yang ampuh. Kalo masih belum pede juga, nggak salah juga dateng ke Klinik Laktasi atau konselor menyusui.
Sukses ya menyusuinya! :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

15

Topic: Breastfeeding

Dear mom Kaka,
Aku ngalamin apa yg mom Kaka alami.
Aku smpt stres banget abs lahiran pagi, malem2 baby Kayla nangis aja, saat itu asi blm keluar, ortu dan mertua uda ribut aja blg babyku kelaparan, suru kasih sufor, sampe dtgin dokter dan nurses station tp ttp mereka ga mau ksh sufor tanpa seijinku. Sampe berantem loh aku, di pikir aku ibu baru, ga tau apa2 kali ya. Aku tutup kuping. Biar aja baby jerit2, blm tentu lapar, wong dia di lingkungan baru kok dan tiba2 ketemu banyak org. Nervous lah dia.
Aku tetep ksh nen utk pancing, puji Tuhan hr ketiga asi keluar tetes pertama dan beberapa tetes selanjutnya.
Baby Kayla seminggu, iseng aku perah, cm dpt 20ml mom, sedih teriris2 hatiku, tp aku tetep dengan niatku. Aku tetep rajin susuin dan pompa.
Baby Kayla 2minggu, dapet LDR, dimana 1pd disusu/dipompai, 1 pd netes2 atau mancer, hepiii banget.
Saat ini baby Kayla sudah 3minggu, kmrn masa GSnya, rewel banget, aku lagi lagi berantem sama ortu krn mereka ngotot utk ksh sufor, menurut mereka, Kayla msh lapar, aku lebih bebal lagi, its my baby, and i choose how i will raise her, sampe blg begitu aku mom. Asiku ngga melimpah tp ada kok! Nangis2 aku.. aku ngerasa ga ada yg dukung, suami sll diem aja kl aku berantem soal sufor sama ortu ato mertua, mau berapa kali berantem aku ladenin, mom, aku tetep mau kasih asi dan hanya asi.
Set ur mind kalo mom Kaka pasti bisa. Makan makanan yang bergizi ya mom. Minum air putih.
Kl soal baby banyak tertidur saat nen, itu krn dia memang cape isep ato ngantuk aja, newborn kan memang sleeps alot. Sampe skg Kayla pun begitu. Sesi menyusui bisa 1.5jam sendiri. Blm lg kalo blm dpt posisi pw, wooh, nendang2, ngoceh2 dia. Biar ajaaaa...
Berat baby nya ngga turun toh mom?
Selama ngga turun, berarti asinya cukup, itu kata dsa ku :)
Kayla tambah 650gram dr week 2 ke week 3, coba, siapa msh berani bilang asiku kurang, harap maju! :D

Oh ya, bener tu mom, coba dibantu dikompres air hangat dan dipijat, kl satu pd disusui, pd lain dipompa.
Berapa pun hasilnya, syukuri aja.
Pake botol kecil aja mompanya, jd menggebu2 saat tetes demi tetes ngisi ruang di botol :D
Semangat ya mom, jangan stres. Bekalnya pede!

Yuk, kita sama2 berusaha dan berjuang utk ksh asi buat yang terkasih..

Chika
- istrinya pak silvester, maminya makayla

16

Topic: Breastfeeding

chikachuba hebat dech momy ini...salut

NB 3 hari masih aman belum minum ASI, karena masih ada asupan gizi dri rahim ibu, kalau belum keluar cukup diberi air mineral (kata suster waktu itu), dinenenin aja terus, pasti keluar koq....be rileks, makan makanan bergizi...

17

Topic: Breastfeeding

Mau ikut nambahin tentang nyusuin di masa-masa awal.. Kalo aku lebih ke don't overthink tentang apakah asi kita bakalan cukup atau engga. Mungkin tiap orang beda cara ya, tapi dari awal hamil aku lebih mikir syukur banget kalo aku bisa asix tapi kalo pun gak bisa asix kan bukan berarti aku ibu yang buruk. Jalanin aja semua dengan happy dan sama sekali gak pilih-pilih makanan haha ( emang perut karet ) makanan enak bisa bikin hati senang loh. Hari pertama lahiran anakku pake sufor, hari kedua udah bisa nyusuin. Sekali lagi don't overthink nanti malah stress. Semangat ya mommies :D

i ? you as big as the world, Alenka.

18

Topic: Breastfeeding

Terimakasih info, masukan, dan supportnya moms Elzahra, Vleyza, Mama Kinarian, Pyuth, Winda.Reds, Chikacuba
Alhamdulillah udah 3 hari ini aku berhenti pakai sufor, dan sekarang udah ngerasain yang namanya LDR :D So happy...
Waktu hari pertama berhenti sufor agak tegang, masih ada ragu sedikit2, tapi inget masukan moms semua. Jadi lebih percaya diri lagi ngasih asinya.
Ternyata memang kuncinya harus happy, ikhlas, nyaman, tenang, dan tetep keras kepala waktu kasih asi. Ternyata BISA!
Sampe nangis terharu baca posting moms semua, dapet tenaga tambahan banget... Thank God ada forum kayak TUM ini.
Buat semua moms yang lagi struggle ngasih asi, semangat!! It turns out that our body are made perfectly to support our babies. Semangat untuk semua busui! :)

Happy Healthy Baby and Mommy

19

Topic: Breastfeeding

Kaka.. seneng deh dengernya. emang buat ngasih sesuatu yang terbaik itu ga mudah, tapi buktinya bisa kan...?
kita berjuang sama2 ya.. perjalanan saya juga masih panjang kok, secara baby Karen baru 2,5 bulan... =))

20

Topic: Breastfeeding

mommy @chikachuba kau sudah lahiran !!! so happy for u ! *OOT*

okay, mau curhat ttg breastfeeding deh. strssnya sudah akut inih, ada gak sih baby nya yang kalo nyusu langsung tiba tiba kayak inget sesuatu dan langsung nendang serta dorong ibunya sampe lepas lalu ketika hendak disusui lagi malahan murka dan nanges kejer ?

dahulu kala (pas baby girl sik yaaahhh ; sekarang usia 3yrs 3mos) gak ada acara beginian nih abis nyusu ya udah langsung bobok blasss aja gitu. lah kok yah ini, baby boy (3mos 8days) pola nya beda ?!

aku gak tau harus ngapain klo udah kayak gini deh. akhirnya digendong sama mbak nya pake kain jarik lalu ketiduran (abis di burping dulu tentunya), tapi pas ditaruh di baby box, langsung nangis lagi (nyokap bilang nyusunya gak kenyang).

kembali lagi, issue ASI nya gak mengenyangkan aka tambah sufor pun muncul. aku bingung deh ini, ada yang kayak gini juga gak sik ?

kok baby boy kayaknya klo nyusu nanggung gini deh ? aku harus gimana yah ? semalem mikirin ginian sampe stres sendiri deh ahhhhh.....

Mommy bebe D & baby K
Nothing beats your smile!

21

Topic: Breastfeeding

Travinan, samaan anaknya cewe dan cowo. Samaan juga si baby boy suka tiba2 kaget gt. Dulu wkt kakak nggak pernah. Kenapanya aku nggak tahu. Tp kl aku akhirnya solusinya si anak menyusu sambil digendong jarik. Jd bs lama nyusunya plus bs lgsg tdr. Capek memang, tp mau gmn lg. Kasian jiga kalau nyusu dan tidurnya jd ga puas.

Mom of Nusantara and Gilimantra

22

Topic: Breastfeeding

Travinan.. kalo baby ku, cewe (2,5 mo) sekarang kalo nenen sukanya sambil menggeliat-geliat ga bisa diam gitu, suka isap-lepas-isap-lepas puting. tapi ga sampe nangis kejer sih...
gimana kalo sedia asip di botol, jadi kalo udah nangis, ga mau nenen lagi dan baby nya masih lapar dibantu asip aja, jadi ga sampe kena sufor?

23

Topic: Breastfeeding

elzahra wrote:
Kaka please jangan tergoda sufor, 1 hal point penting bayi baru lahir hanya membutuhkan sedikit ASI, kita harus kenali kebutuhan ASI nya
ini aq copas dari ayahbunda
Sesaat setelah melahirkan, kok ASI yang keluar sedikit? Jangan panik, ASI pasti cukup karena bayi yang baru lahir pun hanya perlu sedikit ASI. Seiring bertambahnya usia bayi, jumlah ASI yang Anda "produksi" akan bertambah dan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Yuk, kenali kebutuhan ASInya!
[list=*]
  • •Bayi usia 1 hari hanya butuh 5-7 ml atau satu sendok makan ASI sekali minum. Di usia ini ukuran lambung bayi hanya sebesar biji kemiri.[/*]
  • •Bayi usia 3 hari butuh 22-27 ml ASI sekali minum atau hampir satu gelas takar air, sehari. Ukuran lambungnya berkembang menjadi sebesar buah ceri atau anggur ukuran sedang.[/*]
  • Bayi usia 1 minggu, butuh ASI 45-60 ml per satu kali sesi menyusu. Ia dapat menghabiskan 400-600 ml ASI atau satu setengah gelas hingga dua setengah gelas takar air per hari. Di usia ini kebutuhan bayi meningkat karena adanya growth spurt yang pertama.[/*]
  • Menginjak usia satu bulan, kebutuhan ASI meningkat jadi 80-150 ml dalam sekali minum. Di bulan pertama, bayi akan menyusu 8 hingga 12 kali sehari atau tiap 1,5 jam sampai 3 jam. Di usia ini, bayi sudah lebih pandai menyusu, ibu pun tidak canggung lagi menyusui. Bagi ibu bekerja, ini adalah saat tepat berlatih memerah ASI.[/*]
  • Usia 6 bulan, meski bayi sudah kenal MPASI, ia masih tetap butuh ASI sekitar 720 ml ASI per hari. Manfaatkan ASI perah untuk mengencerkan makanan padat bayi, sehingga rasanya sama dengan ASI. Di usia 7 bulan, kebutuhan ASI bayi bisa mencapai 875 ml atau sekitar 93 persen dari total kebutuhan asupan gizi anak. [/*]
  • Usia 12 bulan, kebutuhan ASI bayi menurun menjadi sekitar 550 ml per hari. Di ulang tahun pertamanya, bayi bisa mulai makan makanan padat seperti makanan orang dewasa atau table food. Semakin bervariasi bahan makanan yang Anda berikan, maka kebutuhan gizinya akan terpenuhi.[/*]


    semakin banyak ASI yang kamu berikan produksi ASImu akan terus meningkat
    1 point lagi, tubuh akan memberikan sesuai kebutuhan bayimu,

    awal-awal kelahiran ASI kujuga tidak banyak lho...
    jangan tergiur oleh sufor.

    Baby nempel terus bukan berarti ASImu kurang, bisa jadi dia ngempeng, anakku juga kadang gitu nunggu pipi di toel baru ngenyot lagi hehehe...


    ayolah pasti BISA


  • makasiii mom infonya bermanfaat sekali meskipun aku masih menunggu kelahiran, ini masukan yang bagus mom ^^b

    24

    Topic: Breastfeeding

    mom Travinan ...sama ma baby girl ku.usia nya jg hmpr sma.skrg 3m 11d.kadang dia jg bgitu.tdnya mnt mnm,bgt mnm,nangis kejer,d gendong diem bentar,nangis kejer lagi.trus dicoba dikash asi lagi nolak,nangis lagi.berulang2.serba salah.
    tp sy pljari,utk anak sy ini,dia bgtu sbg tanda dia ngantuk mau bobo.kl sdh gt digendong sama neneknya pakai kain atau saya ksh asi smbl tduran.g brp lama dia dah bobo.mgkn msh bgg ya bayi,kok aku ngantuk tp blm bobo2 gt.

    tapi bs jd beda dg baby boy nya mbak,setiap anak kan unik...ba jd ptanda yg lain :-)

    25

    Topic: Breastfeeding

    Mommy elzahra, hahaha, thanks mommy, tapi belum bs dibilang hebat lah, msh terlalu dini, perjuangan masih panjang. Doain aja yah..

    travinan, sudaaah mbak! Hihihii, makasih ya.
    Btw, kayla begitu mbak, pas nen suka bengong trus marah2 ga jelas, nangis kejer, nendang2, krn posisi dia ngga pe-we.
    Trus abis dia nyusu, ketiduran, nyusu ketiduran, nyusu ketiduran, aku taro di box, nangis2 lagi, pegang2 mulut, ortu blg msh lapar, tp dia nen lg malah muntah, aku pegang perutnya pun sudah penuh, keras, aku mikirnya sih dia cari anget aja, lagipula dia memang ada kolik, jd pastinya lebih nyaman buat perutnya kl dibekap supaya hangat dan diayun2 smp dia tidur.

    Ikut nyimak komentar mommies lainnya ya..

    Chika
    - istrinya pak silvester, maminya makayla