1

Topic: Breastfeeding

winda,
itu si milk saver yg rekomen merk apa? thx ya

Cen

2

Topic: Breastfeeding

cenchans
Aku pernah cobain Avent Breast Shells. Ada juga yang merek Medela. Harganya di atas 200rb.
Kalo mau yang bisa dipasangin kantong ASI, pake Milkies Milk Saver. Ada product reviewnya di TUM, klik ini.

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

3

Topic: Breastfeeding

winda.reds iya aq pakai yang merk avent
wah OOT niii....

tacang semangat bangun malam....hehehe

aq pulang dan pergi anak2 masih pada tidur, pas pulang, tengah malam dan menjelang berangkat kadang aq paksain baby breastfeeding, aq jejelin ke mulutnya gitu...kadang mau kadang engga....
habis gimana ya pulang dan pergi gelap...

4

Topic: Breastfeeding

winda,
oh ok, thx ya, keknya si milk saver itu mahal bgt kan yah 450rb gt..
ak beli nya mgkn stlah lahiran jg liat kondisi asinya byk ato ga biar ga mubazir gt kali ya..

Cen

5

Topic: Breastfeeding

menurutku efek obat Pin Tze Huang sih gak bikin asi kering ya.
aku, kakakku dan tmn2 ku smua yg caesar minum Pin Tze Huang dan puji Tuhan asi nya aman2 aja. kakakku menyusui sampai 11bulan, tmn2 ku jg banyak yg asix :)

6

Topic: Breastfeeding

Sedang mempertimbangkan utk beli penampung asi semacam shell atau milk saver. Kondisi kl pas penuh trus dipompa sblm adek bangun minta nenen, bikin asi netes2 dr pd. Suatu kali mompa PD kiri eh yg kanan netes smp 30 ml. Itu satu tangan mompa, tangan satunya megangin botol kaca utk nampung.
nah pertanyaannya, kalau pakai milk saver itu semisal nyusuinnya sambil tidur miring gt tetep bs nampung ga?

Mom of Nusantara and Gilimantra

7

Topic: Breastfeeding

Ya tumpah dong Mommy Nusantara... Jangankan tiduran, kita nyender yang agak landai aja udah ga ketampung itu..

8

Topic: Breastfeeding

Ahahaha abisnya ga tahu bentuknya mom feee... Hihihi... Jd pakai cara manual aja sambil pegangin botol simpan asip di pd sebelah kl lg ldr. Hemat beberapa ratus ribu :)

Mom of Nusantara and Gilimantra

9

Topic: Breastfeeding

sugar wrote:
menurutku efek obat Pin Tze Huang sih gak bikin asi kering ya.
aku, kakakku dan tmn2 ku smua yg caesar minum Pin Tze Huang dan puji Tuhan asi nya aman2 aja. kakakku menyusui sampai 11bulan, tmn2 ku jg banyak yg asix :)


mumpung ada yang ngomongin pin tze huang..
mau nanya donk, itu pengalaman mu bersama kakak2 dan teman2 mungkin supply ASI nya tetap lancar, tapi coba deh diinget2 lagi, baby nya kuning ga?

TIA

To see the heaven through her eyes
To hold her little feet and hand
To kiss her little lips..
Forever is never enough

10

Topic: Breastfeeding

Mommy Nusantara naah ini juga aku suka. Kurang praktis tapi paling gampang pakenya :D Tuh aku beli avent breast shells juga kepake cuma 1-2 minggu pertama bayi lahir.

11

Topic: Breastfeeding

Mommy Nusantara beli ini aja yang agak murah avent breashield dapat 2 lagi dulu beli g sampai 400 koq
http://images.trademe.co.nz/photoserver/tq/274273983.jpg

cara makenya
http://www.dodie.fr/UserFiles/Image/v01/pop_demo/illus_coquille.gif

lumayan pas breasfeeding g netes kemana mana dan g perlu pakai breastpad

12

Topic: Breastfeeding

elzahra,
panas ga kl pake avent breast shell ini?
blinya tar kl dah lahiran kali ya atao sjak hamil buat persiapan kayak persiapan beli BP gt?

Cen

13

Topic: Breastfeeding

cenchans tergantung kantong, hehehe kalau ada sekarang beli aja, aq belinya sebelum lahiran dech kayaknya....bekerja banget, abis lahiran breastfeeding PD yang atunya netes-netes...untung ditampung pakai avent breastshield ini

14

Topic: Breastfeeding

Elzahra,
wiew mahal jg ya si avent breast shell.
liat lagi nanti deh waktu sdh masuk kerja dan mulai pumping. Apa masuh perlu penampung begitu atau pakai cara manual aja. Hehehe

cen,
udah mumpung udh tau beli aja skrg. Ntar anaknya udh lahir malah ga sempet blanja lho... Hihihi

Mom of Nusantara and Gilimantra

15

Topic: Breastfeeding

Mamaa..aku ikutan sharing yah..
Pengalaman breastfeedingku anak pertama ini penuh perjuangan.
Usia Raza belum 24 jam sudah ditawari sufor oleh DSA nya dengan alasan bayi dehidrasi, panas tinggi (37 kan masih normal), dll. Sebagai ibu yg pgn memberikan terbaik pastinya sempet ga tega kalo bayi kelaperan...alhamdullillah suamiku menolak dengan alasan ASI akan keluar 3-4 hari dan bayi masih bisa "puasa" selama 72 jam. selama 3 hari itu aku belajar menyusui dan saat mulai keluar banyak betapa sangat terharunya liat Raza mulai mimik.

usia 7 hari Raza mengalami hiperbilirubin dengan BL 24, haduh mama rasanya jantung saya lemeess pada saat diberitau mesti transfusi darah, singkat cerita akhirnya bisa disinar dengan 3 lampu. oleh suster, Raza mesti dikasi sufor krn ASIP saya dianggap masih sedikit (katanya sehari mesti 700ml..halooo sebesar apa sih lambung anakku saat itu)
Jujur mom, gimana ga seret, soalnya stres ngeliat anak dan ga istirahat. akhirnya saya nekat nyusui langsung sambil saya ikutan disinar dengan standing blue lamp..panasnya luar biasa bun kalo kelamaan dibawahnya, kepala bisa pusing.tpi saya cuma mikir, anak saya aja kuat dibawah 3 sinar lampu, masa saya ga kuat dengan 1 lampu....dan alhamdullillah krn sering disusui bilirubinnya turun.

perjuangan berikutnya pada saat saya masuk kantor, saya satu2nya ibu ASIX dan di kantor ga ada nursery room. awal2nya saya pumping di toilet dan sekarang pumping di meja kantor.

Sekali lagi alhamdullillah anak saya lulus S1. Perjuangan belum berakhir mom. orang2 kantor menatap aneh ke saya, mgkn mereka berpikir "anak uda makan kok masih dikasi ASI sih..kerja woii jangan pumping mulu". belum lagi ada yg komentar langsung "ah palingan cuma sampe 7-8 bln doang bayimu ASI" dropp? ya pasti hehehe...

sekali lagi saya bersyukur anak saya sudah mau 10 bln dan saya masih pumping ASIP di kantor..stock pun skrg uda banyak berkurang tpi sekali lagi saya bersyukur selama ini ga pernah kejar tayang walaupun saya diluar 15-18 jam meninggalkan anak di rumah

Semoga saya bisa lanjut ke S2..perjalanan ASI saya masih panjaaang hehhehe

16

Topic: Breastfeeding

mommy ekaiyank ya ampun tos dlu aaah pngalaman yg bebi br lair langsung dsuruh sufor krn asiku blm kluar, pumping di toilet n dapet tatapan nyinyir krn pumping mulu dikira ga pernah kerja.

Semangat yaa mom, dgn kondisi gtu gw jg akhirnya bs ngasi ngasi ASI ke bebiku ampe umur 17bln, krn hamil anak k2 jd nya ga bs ngasi ASI lg deh. Banyak yg ASI nya drop krn manajemen waktu perah ASI nya berantakan.

Ayo mom ekaiyank ampe S2 yaaaaa....

17

Topic: Breastfeeding

Saya orang baru di dunia per-ASIan... maklum baby Karen umurnya baru 2 bulan kurang 6 hari...hihihi.
Waktu hari2 pertama melahirkan,terutama waktu masih di RS, baby Karen sempet nyicip juga yang namanya sufor.. walaupun saya tetep ngusahain nyusuin langsung. Banyak yang takut asi saya gak keluar atau kurang yang bikin si baby ga kenyang, walau papa udah kasi tau saya..susuin aja Karen, asi sedikit jangan kuatir, lambung bayi baru lahir cuman sebesar kelereng kok.. (duh, makasih ya pa supportnya).
Pulang dari RS sehari, baby karen mesti dibawa balik ke sana soalnya ada gejala diare. Di sana mau ga mau dikasih sufor khusus anti diare lagi, saya lupa namanya apa.. tapi saya tetep kasi asi. Sempet beberapa kali bolak balik rs untuk nyusuin langsung, eh suatu kali ditolak perawatnya karena baby karen dipasang infus yg ada monitornya, jadi ga bisa diangkat-angkat buat disusuin, akhirnya disaranin kasih asip. Dari situlah awal perkenalanku dengan asip.
Awal pumping dapetnya dikit banget. Pumping sampe keringetan dapet cuma 30ml... sampe hampir desperate rasanya. Langsung tanya2 ke sodara n teman2 gimana supaya asi lancar n deras.. mereka rata2 jawabannya sama "terus aja nenenin , ntar juga lancar sendiri. Pasang mindset kalo asimu banyak." Akhirnya tetep aja aku pompa sedapatnya tiap hari, suami dan mama mertua yang selalu deliver asip ke baby karen yang lagi di RS.
3 hari kemudian baby Karen dikasih pulang... sejak itu mulailah perjuanganku kasih asi full. Sehari dua tengah malam masih di support sufor, tapi kemudian syukurlah asi makin lama makin lancar.. mungkin, selain karena bantuan suplemen resepan doktor dan daun katu rebus, rasa percaya diri dan keyakinan bahwa asi ku cukup buat baby Karen lah yang bikin produksi asi lancar dengan sendirinya.
Minggu2 pertama asix masalah lecet puting sempet juga menghampiri, waktu itu nenen sambil meringis2 nahan sakit dah.. tapi setelah tau obat mujarabnya yaitu asi itu sendiri akhirnya lecet2 nya sembuh juga..
Sekarang produksi asi makin bertambah, kadang sampai PD kencang n nyut2an. Waktu nyusuin pun kadang LDR datang jadi baby Karen minum sambil gelagapan, kalo udah ga tahan biasanya puting dilepas, alhasil asinya nyembur sampe ke mukanya.. trus kadang dy juga kesedak gara2 asi yang terlalu deras itu. Kasihan liatnya...

Panjang juga ya ternyata cerita tentang asi, padahal baby Karen belum juga genap 2 bln...hihihi.
Pokoknya saya bangga bisa kasih asi, walo banyak yg bilang udah ga jamannya kasih asi di tengah kemudahan dan kemodern an jaman ini. For me, asi is the best.. saya akan tetap ngasi dengan keras kepala. :)

18

Topic: Breastfeeding

ekaiyank, vlezya,
thx ya sharingnya... hebat smoga bs kayak kalian nanti hehe

mommy nusantara,
udah beli akhirnya penampung asi yg milkies hihi.. pedeeee bakalan kepake hhahaha

Cen

19

Topic: Breastfeeding

Moms need help nih.. Hiks2. Baby al (2mo) selama ini ASIX. Kemarin wkt imunisasi ditimbang BB hanya naik 700gr jadi 4,7 kg. kata DSA BBnya kurang n disuruh top up pake formula. Bener2 bikin patah hati mom. Selama ini aku itung pipis dia sih selalu lebih dari 6x. Cm akir2 ini kalo mimik suka rusuh, dari narik2 puting, ngomel2 sampe nangis kejer wkt nyusu. Hbs nyusu sering msh nangis2. Apa krn ASInya kurang ya? Gmn ya mom, apa aku mesti top up formula? Rasanya sediih n ga rela bgt ya :(

20

Topic: Breastfeeding

Diana_js Don't give up! Nenenin aja terus, ikutin maunya bayi, kalo perlu nempel nen 1 jam ya 1 jam deh. Terus percaya bahwa asi kita cukup untuk bayi & terus nenenin.

Aku sempet ngalamin asi drop banget. Yang biasanya 2 nen dpt minimal 200ml, drop jadi 50ml dari kedua nen. Aslii panik banget. Akhirnya aku coba minum milmor plus, moloco, makan oatmeal, makan katuk, pokoknya semua booster di habeg. Trus bayi aku nenenin langsung sambil tiduran (posisi paling enak untuk aku n bayi, pokoknya kamu cari aja posisi yang pas untuk kamu). Abis nen, jeda 1-2 jam pompa. Bodo deh dpt dikiit yang penting just do it. Alhamdulillah dlm 1 minggu balik lagi supply asinya. Udah bisa mompa 200ml per 3 jam DAN bisa nenenin bayi sampe bobo pulas.

Say....just don't give up. Kudu keras kepala deh untuk hal satu ini. Hehehe. Percaya bhw asi mu cukup untuk baby.

21

Topic: Breastfeeding

diana_js kalo dede ardan (2mo) juga, kalo nenen dan nangis" kayk bingung, marah, tu bukan karena asi kurang, tpi gelagepan, asinya belum turun. perlu disendawain. tapi orang-orang bacanya, dede kurang asi. tapi begitu liat, dede bisa sendawa keras, baru mereka percaya.

apa baby al juga gitu?

22

Topic: Breastfeeding

diana_js
mom, klo kata aku mendingan minta 2nd opinion ke dsa lain deh. maaf ya, kayaknya dsa-mu itu bikin parno aja. pro ASI gak? curiga nggak. karena setauku di chart ASI berat segitu masih oke, kenaikan 700gr sbulan itu normal deh, babyku dulu waktu 2 mo jg sgitu beratnya. dsa-ku bilang bagus kok ya meski emang gak gendut seperti mindsetnya orang kebanyakan dimana bayi sehat = gendut ya...

23

Topic: Breastfeeding

Thank you moms.. Senangnya byk dpt support dari para mama disini. Kmrn emg smpt panik krn beratnya dibawah garis ijo di chart buku bayinya. Ditambah lg baby al nyusunya rusuh begitu. Aku perhatiin sih dia rusuh emg pas ngenyot tp ga dpt asi, mungkin pas aliran asi nya lambat. Pas dpt LDR baru dia tenang. Cm aku tunggu2 ko LDRnya lama bgt. PD juga rasanya udah kempes pes. Aku pompa biasa dpt 80 ml satu PD. itu cukup ga si mom bt bayi 2 mo? Cm ya skrg jarang mompa krn takut pas disusuin ga cukup. Hiks..
riordan kyknya aku mo coba 2nd opinion deh. DSA itu dulu sih nyaranin ASIX tp g tau kmrn dia suruh top up.
deeoz55 seharian terutama siang n sore baby al nemplok trs di PD. kl dilepasin suka nangis2. Bisa nyusu sd 2-3 jam. Udh ganti kiri kanan tetep rewel. Akir2 ini ga brani mompa lg krn takut g cukup wkt disusuin, krn kdg baby al 30 mnt-1jam udh nangis2 minta nen lg

24

Topic: Breastfeeding

diana_js bener kata mama2 di sini, percaya aja bahwa asi kita cukup, asal kita bukan org yg kurang gizi, asi kita PASTI cukup, jangan dilihat dari banyaknya, karena asi tiap mama itu berbeda2 komposisinya dan sudah diatur sama yg di atas supaya sesuai dengan kebutuhan bayinya, tutup kuping aja kalo ada yg nyaranin tambahin formula dsb, bahkan kalau itu dari dokternya sendiri, 700 gram per bulan itu termasuk normal, dan patokan sehat itu tdk dr bb saja, tp juga dr panjang badan dan lingkar kepala, terus kalo bayinya bulan ini pertambahannya sedikit biasanya bulan berikutnya atau pas percepatan pertumbuhan/growth spurt dia akan kejar ketinggalan bb-nya, kalau pas growth spurt ini biasanya bayi kelihatan haus terus, padahal udah disusuin sampai berjam2, rewel dan maunya nempeeeel terus sama mamanya, itu normal, mungkin bayi diana lg ngalamin itu, o ya, prinsip asi itu supply tergantung demand, semakin banyak dikeluarkan, baik dgn cara disusukan langsung maupun diperah, maka semakin banyak pula produksinya, trus jgn mengukur banyaknya asi dr hasil perahan krn daya hisap bayi itu jauh lebih hebat drpd pompa yg plg mahal sekalipun, jd yg dihisap pasti lebih banyak dr yg berhasil diperah... eeh maaf ngomongnya berentetan gini, suka gemes kalo denger org bikin galau mama, apalgi yg baru, dgn mengatakan bayinya kurang asi, soalnya sy dulu juga pernah nyaris jadi korban kemakan omongan org yg spt itu dan hampir mau kasih sufor ke bayi saya, untung tdk jadi... pokoknya jangan menyerah dan tetap semangat yaa...

25

Topic: Breastfeeding

diana_js wrote:
Moms need help nih.. Hiks2. Baby al (2mo) selama ini ASIX. Kemarin wkt imunisasi ditimbang BB hanya naik 700gr jadi 4,7 kg. kata DSA BBnya kurang n disuruh top up pake formula. Bener2 bikin patah hati mom. Selama ini aku itung pipis dia sih selalu lebih dari 6x. Cm akir2 ini kalo mimik suka rusuh, dari narik2 puting, ngomel2 sampe nangis kejer wkt nyusu. Hbs nyusu sering msh nangis2. Apa krn ASInya kurang ya? Gmn ya mom, apa aku mesti top up formula? Rasanya sediih n ga rela bgt ya :(

Mom Diana, coba banyakin makan daging2an, ati ayam & sapi (sayur ga msk krn ga suka), dulu saya waktu awal lahir juga perlu di top up sama formula, krn asi saya blm klr dan MIL udh uring2an hrs ksh formula. Akhirnya setelah beberapa hari (lupa) saya susuin terus dan ga mau ksh formula lg. Formulanya saya ksh anak pegawai yg asinya ga klr. Babyi saya naik 1,4 wkt bulan pertama, bln kedua naik 1,2, bln ke 3 naik 1 kg.
Saya juga nyusuinnya berjam2, tp ga tau knp koq rasanya babynya msh blm kenyang aja. Giliran udh kenyang bs bobo lama.
HTH