1

Topic: Breastfeeding

kenzies mom,

bicara soal kemasan, coba deh kunjungi halaman sebelumnnya. Kemasan ga (banget) menjamin produksi. Justru yang kemasan2 kecil malah produksinya banyak pada umumnya.
Aku termasuk yang gentong kelas ikan paus - ini julukannya lide (well, sebenernya sih masih kelas ikan lumba2 laah.. :p) Produksi ASI-ku biasa saja, standard. Untuk perbandingan, teman yang seangkatan bayinya (ketika itu kira2 umur bayi kurang dari 3 bulan), bisa stok ASI sampe 300-400ml sekali perah sedangkan saya, sekali perah ga sampe 100ml. Padahal gentong saya lebih besar 2x lipat dari temen saya.

Awalnya saya merasa ga PD, tapi alhamdulillah suami selalu menyemangati saya dan berkata bahwa ASI saya cukup untuk bayi saya (bukan untuk bayi orang lain) dan kalo ternyata berlebih ya itu bonus alhamdulillah. Berbekal support suami, kekeraskepala-an saya untuk tetap ASI, saya rajin2 pompa dan rajin2 juga nenenin Azra supaya me-maintain/menambah produksi.

Sekarang azra sudah 7 bulan, stok asip juga masih ada walaupun ga melimpah ruah. Produksi ASIP konstan, memerah 2x di kantor, 1x perjalanan pulang di mobil (sebelum MPASI kadang2 tambah 1x subuh dan 1x seblm tidur). Sekali perah juga berkisar antara 120-250 tergantung asupan makanan dan minuman saya saat itu. Berbagai macam suplemen juga pernah saya coba dari mulai resep dokter sampe ke sayur2an yang akhirnya tidak terlalu saya pikirin demi menghindari stress yang akhirnya bisa mengurangi kadar produksi. Target saya perlahan2, setelah terlewat 6 bulan, target berikutnya 1 tahun. Target jangka panjang tetep 2 taun.. Amiinn..

Untuk lingkungan sekitar yang kurang mendukung ASI, ada satu trik yang mungkin bisa dicontoh. Saya ajak ortu dan suami ikutan kelas laktasi. Kadang2 omongan expert bisa "lebih dipercaya" oleh mereka dibandingkan omongan saya yang dianggap ga pengalaman soal bayi... :) Saya pun beli buku dan memberikannya ke ortu (karna bapakku suka baca)

Jika memang memutuskan untuk ASIX memang gampang2 susah. Niat yang harus dikencengin, melawan kantuk, tutup kuping terhadap hal2 yang ga mendukung, disiplin mompa...

Sering2 aja kunjungi TUM, semua pasti bantu menyemangati :)

2

Topic: Breastfeeding

kenziesmom gue juga percaya no such thing as tampungan ASI sedikit, karena ga ada yang ditampung, ASI berproduksi by demand kok. jadi selama tetap ada demand dari bayi, pasti akan cukup kok. pokoknya percaya, ASI kita itu cukup buat anak kita, karena anak kita lahir dari tubuh kita, jadi gak mungkin deh perlu sampe berlimpah2.

btw, termsnya bukan relaktasi dong kalo masih tetap menyusui :) relaktasi itu kalau mau menyusui kembali padahal sudah sempat berhenti. kalo saat ini belom sampai berhenti kan, baru di top up doang.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Breastfeeding

Kenziesmom bener kata mamazra, kalo mau ASIX kudu kuat iman lahir batin. Sedikit cerita ya, saya kebetulan pas lahir hanya sempet ASI 1 bulan kata mama saya, abis itu ASInya stop, akhirnya saya full anak sufor. Karena latar belakang itu, mama saya ya gak ngoyo ASI, malah waktu anak saya periode growth spurt, minta nen mulu, mama saya komentarnya mungkin ASI nya kurang jadi anaknya nangis mulu, ya saya senyumin aja. Selama 3 bulan cuti, saya konsisten nen sambil pumping, jadi kalo anaknya nen di kanan ya saya pumping di kiri pake manual. Kebayang capenya kan mom, sebelah tangan pegang anak, sebelah lagi pegang pompa dibantuin BS. Pelan2 saya kumpulin stok ASIP sampe akhirnya pas masuk kerja udah full sefreezer sampe ratusan botol. Mama saya yang liat tekad saya sampe segitunya skrg jadi support banget dan bangga banget cucunya bisa full ASI sampe skrg padahal semua sodara rata2 anaknya sufor. Memang bukan berarti sufor itu gak bagus, tapi kalo ada yang sangat bagus kenapa harus pilih yang bagus aja kan? ^^

4

Topic: Breastfeeding

Iya mamas semua.. Emg harus membulatkan tekad dan ga dengerin pengaruh org2 sekitar yg ga support buat ASIX ya. Soalnya aku+suami jg anak hasil full sufor, jd ya ortu sm mertua malah blg ribet klo aku cerita ntr pas ud balik kerja pgn stok ASIP. Dan berhubung LDRan sm suami, jd krg support gitu deh rasanya.
Harusnya gitu ya mom, sambil netein si baby PD yg sebelah di pumping ya? Hooo.. Aku baru tau:D. Ini tgn yg satu malah asyik browsing2+nimbrung di TUM. Hehe.. Tapi berkat TUM ini aku jd niat buat kasih full ASI buat Kenzie. Makasih buat ilmu2 plus dukungannya ya mamas *hug*
Btw, ada saran ga moms buat top up produksi ASI? Bener ga istilahnya mom sLesTa?

5

Topic: Breastfeeding

Moms, klo anak lg growth spurt, ada tips2 untuk melewatinya?
Kayaknya babyku lg masa2nya nih..klo malem mau tidur, posisi akunya cape pulang kerja, jd kayaknya ga banyak banget isinya, dia minta nen ampe ngambek, nangis2 gitu..
Apa kebiasaan siang pake dot langsung mancur ya..
Aku berasa sih, pas dia nen ga langsung bisa ldr..klo bisa jg cuman bentar..ampe kasian deh...apa dikasi asip pake dot aja yah..
Tapi klo kasih asip, mommynya yg syusyah mbalikin stok asipnya..
Ini aja tiap hari kadang minus 1
Sorry moms panjang curhat nya

6

Topic: Breastfeeding

tasia

Sebenernya bisa karena beberapa hal babynya nangis pas di nenenin.
Sekedar sharing, dulu pas azra 2 bulanan juga suka tiba2 marah kalo lagi nenen, ngga ada juntrungannya tiba2 nangis2 kakinya nendang2. Ternyata dia mau ganti posisi dari kiri ke kanan, lain hari ternyata dia mau digendong dulu ditepok2 tau2nya sendawa... Waktu awal2 dia bereaksi gitu, saya sempet stress karna bingung, tapi akhirnya saya coba tenang.. soalnya kalo kita stress, babynya bisa ngerasain..

Trus kalo soal cape pulang kerja, pompa terakhir jam berapa di kantor, kalo udah selang 2 jam biasanya pasti ASI sudah "refill" :). Kadang2 malah ada yang baby-nya nangis2 ternyata ASInya terlalu "deras" sehingga diakali posisinya posisi IMD biar ga terlalu deras.

Boleh dicoba ganti2 posisi dulu, siapa tau bukan karena ASInya ga keluar.. Mudah2an bantu yaa... dan smangat mom...

kenziesmom

Yang paling utama niat, yang utama kedua positive thinking... :) Kalo soal teknikalnya, banyakin minum aer putih, rajin pompa tiap abis nenenin (dikosongin) atau kata mom lide dipompa kiri pas nenenin kanan dan sebaliknya, kalo dah balik kerja pompa paling tidak minimum tiap 3 jam.

Kalo soal suplemen, sepertinya tiap orang beda2 "trigger"nya. Saya sudah coba berbagai macam suplemen tapi cuma sedikit pengaruhnya. Akhirnya saya memutuskan berhenti suplemen tapi tetep rajin pompa dimana2. Kalo pergi2 pun pompa di mobil hayuks aja (bahkan pernah nyetir sambil mompa :p). Jadi pompa plus cooler box dah merupakan alat perang wajib ga kalah sama dompet... heheheh...

7

Topic: Breastfeeding

kenziesmom

tenang mom,,saya juga -kelasterimedan- deh tapi bukti nya bisa kok *melongok stock ASIP di freezer *aman :)

semangat. ubah mindset. stay positive. dan keras kepala lah. :))

I've tried and failed at many things in life but I will NEVER stop giving 100% at being the best mom I can be
proud mom of Kevin Abrar Rajendra

8

Topic: Breastfeeding

Iya Mamazra, harus siap peralatan tempur deh ya.. Selama ini karena ga tau jadi kalo Kenzie habis nen terus tidur, mamanya ya santai2 aja. Padahal harusnya bisa pompa-pompa kan lumayan buat nyetok dikit2. Nah..sama tuh, aku jg udh semua dimakan+diminum perasaan yg kata org bagus buat penambah produksi ASI. Sampe sehari bisa minum susu UHT seliter gara2 ada yg bilangin gitu. Tapi gitu-gitu aja rasanya.. Mungkin mindset kali yg malah menghambat produksi ASI, dan krn anaknya udh kenyang pake sufor jg. Hari ini mau mulai pompa memompa mom, wish me luck, hahaha:D

9

Topic: Breastfeeding

kenziesMom
semangat mom....!!!
saya dulu wkt baby nizam usia 40hrian pernah mompa dan daptnya cuma 20ml,,hahaaa
bener kata bunda2 yg lain...menyusuilah dengan keras kepala. saya dl ngotot2n sama anak saya,heee
namanya jg sama2 belajar..
awalnya saya pikir nyusuin itu gampang, tinggal keluarin gentong udah deh...ehhh taunya ga semudah itu..

10

Topic: Breastfeeding

Iya mamas semuanya.. Makasih banyak atas ilmu dan dukungannya.hehehe.. Semangat!

11

Topic: Breastfeeding

Kenziesmom
sebenernya proses breastfeeding selain dari diri kita juga butuh bgt dukungan org di sekitar kita. Terutama suami, coba diomongn sama suami ttg keinginanmu utk breastfeeding n berbagai alasannya. Dari mulai gizi sampai soal investASI. Jadi biar suami sejalan pikiran sama kita biar bisa kasih dukungan positif yg berdampak ke melimpah-ruahnya asi.

Sekali lagi, besar/kecilnya pabrik asi juga ga menandakan seberapa banyak asi yg dihasilkan. Coba deh baca2 artikel ttg breastfeeding di forum ini, insyaAllah akan membantu untuk new mom.

Latch-on itu perlekatan bayi. Jadi bagaimana posisi bayi menyusui ke pd kita, kalo posisinya udah baik, ibu n bayinya nyaman asi melimpah ruah.

Kiss sayang utk kenzie yah... :)

12

Topic: Breastfeeding

Iya mom vieni.. Alhamdulillah suami sih skrg udh on board setelah aku kasih itung2an invetASI itu. Hehe.. Soalnya kan minta modal buat seperangkat peralatan tempur ngASIX sama suami (ga mau rugi:p)
Oooo.. Ngerti-ngerti mom. Dan TUM ini yang emg memotivasi aku buat back to full ASI, setelah browsing sana sini nemu TUM ini kayak nemu harta karun deh. Hohoho..
Kiss sayang juga buat mama-mama super semuanya:*

13

Topic: Breastfeeding

kenziesmom

O iyaaa.. satu lagi... gapapa ya saya cerewet.. niatnya mau semangatin...
Ada yang ga kalah penting... Syukuri berapapun hasil pompanya meskipun itu hanya basah2in pantat botol doang... :) Sdikit2 lama2 menjadi bukit :)

14

Topic: Breastfeeding

Waaaa.. Mamazra tau aja, ini baru beres nyobain mompa lagi cuma dapet 20ml. Hohoho.. Alhamdulillah aja deh ya:')

15

Topic: Breastfeeding

kenziesmom,

tenang ajaaa... kalo rajin2 mompa pasti akan nambah kok... Insya Allah..
saya sama ama mamah nizam, awal2 juga cuma dapet 20ml. Lama2 skali pompa bisa 150ml... Amiiinn... Kan prinsipnya semakin sering dipompa smakin banyak produksinya.. Supply and demand... Caiyooo!! :)

16

Topic: Breastfeeding

Mamazra
saya pumping terakhir jam 4 sore, nyampe rumah jam 6 baby pasti minta jatah, trus jam 7- stgh 8 udah mau bobo dan harus sambil nen, kebiasaan dr baby..itu dia drama tangisannya terjadi..
Udah keras kepala nenenin nih, biarpun baby nangis, tetep dinenenin, tp suami yg denger kadang suka kasian dan minta dikasi asip aja..
Other ideas, ,moms?

17

Topic: Breastfeeding

kenziesmom :

Mama, aku PM-in link artikel yang dulu aku baca n pake tips2nya pas nggak pede bisa ngehasilin ASIP yang cukup buat Mas Aryo (now 8,5m). Alhamdulillah tips2nya kepake banget n sampe sekarang Mas Aryo masih full ASI, bahkan pas aku diopname di RS pun masih bisa pumping ASIP buat Mas Aryo :)

Semangat ya Ma! *big hug*

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

18

Topic: Breastfeeding

Whoaaaa.. Terima kasih banyak mom winda.reds. Sampai terharu aku:')
Semoga bisa mengikuti jejakmu ya mom.. *peluk balik buat mas aryo*

19

Topic: Breastfeeding

tasia

Saya belum punya pengalaman spt ini. Paling kalo nangis2, Azra cuma kpengen ganti posisi atw ganti nenen. Bisa lebih dari 3 kali ganti2 posisi. Untuk kasus tambah ASIP setelah nenen pernah denger dari temen2 kantor dan solusi mereka memang kasih ASIP.

Btw, babynya biasa dikasih ASIP pake botol? Apa mungkin nangis karna bingung puting? Maaf ya ga banyak bantu :(

Moms yang lain ada pendapat?

20

Topic: Breastfeeding

tasia

IMO ya, mungkin nangisnya bukan karena masalah menyusui. bisa jadi perutnya nggak enak, kena kolik atau emang uring2an pas mau tidur.

Coba tenangin dulu babynya sebelum nyusuin, jadi nggak nambah stres juga ke baby n mamanya.

Bikin suasana tempat bobo yang nyaman juga penting. Penerangan minimal, matikan TV, tempat tidur n bantal bersih. Trus olesin telon di perut n punggung, sambil pijet2 lembut (ada yg namanya pijet I love you). Oya, pijet ini juga bisa dilakuin abis mandi pagi n sore pake baby oil, biasanya baby yang dipijet bobonya lebih nyenyak.

Semoga bisa ketemu solusinya ya.. :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

21

Topic: Breastfeeding

tasia
anak saya wkt msh usia 2-3 blnn jg gitu tp ga ampe kejer...
klo mnrt saya sih (yg saya amati anak saya) dia nangis n marah krena aliran asiny udh melambat,sedangkan klo pake dot kn sama tuh dr awal ampe akhir (anak saya jg siang pake dot).
sempet bbrp kali saya tambahin asip,,dn pernah jg dr siang saya ga pompa buat ngecek (kn penuh tuh jadinya)...dan bener dia ga telalu berisik n ehhh bneran kosong itu gentong..(andai di pompa saya yakin min 180ml dapet)

trus skrg nizam udh 7bln msh aj kygt,,tp krn dia udh makan jd sore(ampir senja) saya kasih makan dulu trus kn minum tu, airputih ato juz,jd konsumsi asi ny berkurang.

saya sih biasanya klo dia nangis saya ganti posisi (kasih PD sebelahny),,klo dilepas saya ganti lg sebelahnya..gitu aja sih moms..
semoga membantu ya..

22

Topic: Breastfeeding

Oke moms..dicoba ganti2 PD nya ya..
Kayanya sih jg krn aliranya melambat, dah gitu dia jg ga mau ngisep2 dl biar mamanya ldr..jadinya uring-uringan aja tuh

23

Topic: Breastfeeding

kenziesMom
Beruntung nyaa ga telat kenal TUM haha udah paling pas ko mom nongkrong d thread yg ini :)
Bener banget harus rajin nyetok asip pas masih cuti ,jgn kaya aku yg abis nenenin trus diem aja nyantai tidur jg haha gara2 ga biasa begadang :p
Pengalaman ga enak krna ga nyetok asip pas hari pertama kerja hrs mompa sblm istrht dan nganter ke rumah buat d minum Kenes ,trus malem sebelum nya mompa buat d minum pagi nya ,ketar ketir bangett sampe akhir nya bs nyusul buat setok d kulkas .

Ga mau kaan kaya gituu hihi ,makan nyaa hrs rajin ,optimis ,daann hrs KEKEUH haha

:) Kenes Uletnya Dharmawan :)

24

Topic: Breastfeeding

Ini jg telat sih itungannya nemu TUM, harusnya sebelum lahiran kmrn..hehe.
Tosss.. Sama kita mom kanahayaku, ibu2 banyak malesnya. Hehehe. Tp ini ud diniatin bener2 deh. Sudah sewa medela lactina nih, harus semangat nyetok!

25

Topic: Breastfeeding

Mommies, gimana ya biar baby minum ASI-nya banyak?

I am a mother, apotheker, and editor