1

Topic: Kontrasepsi

saya juga pake IUD cooper-T, karena mamam dan kakak2 saya juga pakai jadi pas mau pasang gak takut. setelah nifas saya langsung pasang, n btw ternyata gak sakit kok, cuma kaget sedikit. setelah ngalamin baby "numpang lewat" yah pasang IUD gak ada apa'nya hehehehe

IUD nya dikasih yang expired 8th. karna gak tau apa2 ya saya iya-in aja, ternyata kata mamam sebaiknya ambil yang expired tidak terlalu lama. tapi untuk kontrol tetep harus rajin seenggaknya 1th 1x.

efek yang dirasakan:
* mens banyak sekali. sebelum nikah saya gak pernah pake pembalut yang extra panjang/ pembalut khusus malam. sekarang untuk 3hari pertama pakai itu dan hampir tiap 2jam ganti. lemes sekali rasanya.
*mens banyak tp gak terlalu melilit
*kalau capek nge flek
*gak masalah ma berat badan
*gak ngaruh sama kulit

tapi setelah 1th, eh kok efeknya buat badan saya berubah lagi ya?
*mens nya sedikit, kadang flek bbrp hari-mens 2 atau 3 hari-trus nge flek lagi. rentangnya suka jadi ampir 10-14 hari (suami kadang ampe protes "kok gak beres2 sihhh??")
*kadang nyeri di pinggang belakang

teman saya ada yang ngalamin nyeri di pinggang juga, kata DSOG nya itu karena gak cocok. jadi dia lepas. tapi kemarin saya kontrol ke DSOG, katanya gak apa2, posisi IUD masih sama. saya dikasih pil hormonal untuk menstabilkan... tapi setelah beberapa bulan masih sama. apakah ini tandanya saya harus lepas kb (dan hamil lagi) ya? ahaaaaiiii... belum siap kayaknya :D

Bussy life...happy life...

2

Topic: Kontrasepsi

sorella emg klo pil itu minumnya harus di jam yg sama ya?
klo misalnya beda sejam dua jam gitu masih efektif gak sih?

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

3

Topic: Kontrasepsi

tince, klo pas ngeliatnya sih ga seserem yg dibayangin ya.. :)

dewiamel, aku juga pake IUD, dan hampir mirip setelah setahun, mensnya kadang ngflek2 gitu lama, ato mens nya lama n banyak. tapi yg paling kerasa banget, hari pertama n kedua mens kaki kaya kesemutan lemas gitu bikin ga mau kemana2. udah cek ke dsog jg katanya baik2 aza. mo lepas n ganti kb, masih bingung pake kb apa.. :/

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

4

Topic: Kontrasepsi

dewiamel..waktu haidku tidak teratur bbrp bln kmrn (sebulan 2x, pernah juga 2x haid sd 2 minggu) waktu ke obsgyn disarankan minum pil KB untuk menstabilkan hormon2 agar siklus haid normal lagi, krn kalau minum obat penghenti haid dlm jangka waktu yg lama bisa mempertipis dinding rahim. Waktu itu pil KBnya exluton / diane 35. Kalau diane 35, aku searching ada yg describe ini pil tidak boleh untuk busui krn bisa mengurangi ASI.

5

Topic: Kontrasepsi

soRella iya sih, dokter juga udah nyuruh dateng ke dia *sejak 3 bulan post partum* tp akunya maju mundur mulu, abisnya kayanya dia gigih bgd nyuruhnya pasang iud :( kan akunya takut...

Kirana's #1 fan!

6

Topic: Kontrasepsi

tince, iya bener kata citra. Susuk tuh lengan diiris dikit trus susuknya dimasukin. Aku mbayanginnya aja udah ngeri makanya aku pilih suntik 3bln aja. Eh, katanya klo suntik tuh bisa bikin gendut ya? Beneran ga sih? Kakak iparku suntik juga tapi ga gendut tuh. Tapi tanteku suntik gendut. Sebenernya yg bikin gendut faktor apaan sih?

citra, serius ga sakit? Klo emang ga sakit, jd masuk list pertimbangan tuh susuk. Soalnya banyak rumor tak sedap soal suntik yg bikin gendut.

dinda permata, aku ga ngerti juga klo rahim pendek itu gimana. Yang tau dokter. Yang jelas dulu tuh iud nya udah dimasukin, tp dokternya bilang “wah, mbak rahimnya pendek nih, iud nya ga mau masuk. Tiap dimasukin mental terus.” Padahal waktu itu aku dah pilih yg import (lupa merknya apa) yg panjangnya cuma 4.5 cm (ato 3.5 cm ya?), pokoknya lbh pendek dr yang merk lokal. klo rahimku ga pendek sih bakal pilih iud aja. yah, mo gimana lagi..

7

Topic: Kontrasepsi

*menunggu jawaban yang bikin suntik itu gendut apanya...
soalnya dsogku pernah bilang, "kmu klo suntik mo segede apa badannya" O-em-ji....

Kirana's #1 fan!

8

Topic: Kontrasepsi

tince, iya, dsog ku juga bilang klo suntik emang ada kecenderungan bikin gendut dalam jangka panjangnya. tp dl ga tanya juga knp kok bisa bikin gendut. hiks..

anyone can help us?

*turut menanti jawaban*

9

Topic: Kontrasepsi

tince & jin kura-kura, mo nyoba bantu nih...

CMIIW, suntik KB yang bikin kecenderungan gendut dalam jangka waktu panjang itu suntik KB yang DMPA (Depo Medroxy Progesteron Acetat). Suntik KB kan macem-macem tuh, ada yg kombinasi estrogen-progesteron, ada yg estrogen aja, atau progesteron aja. Nah, kerja DMPA ini punya efek untuk mempengaruhi pusat pengendalian nafsu makan kita di hipotalamus. Jadi, jangan heran klo akseptor KB jenis ini terjadi nafsu makannya jadi lebih banyak ketimbang biasa. Penggunaan DMPA pada jangka waktu panjang akan menyebabkan pertambahan BB akibat terjadi perubahan metabolisme dan stimulasi nafsu makan.

eh ya, FYI, suntik KB yg ada sekarang ini di dalam program KB nasional ada 3 jenis: Depo Provera, Noristerat, ama Depo Progestin. Yang DMPA itu yang KB suntik 3 bulan. Klo yang suntik 1 bulanan itu si Noristerat. Untuk lebih jelasnya kontrasepsi apa yg disuntikan ke mama-mama sekalian bisa ditanyakan ke dokter atau bidan masing-masing ya..

Klo mama-mama sekalian gak suka sama efek penambahan BBnya coba diganti dengan kontrasepsi non hormonal yg banyak juga variannya :)

Trus satu lagi, buat masalah penambahan BB ini pengaruh KB suntik hanya salah satu dari sekian banyak faktor yg bisa menyebabkan peningkatan BB ya mom... Kita perlu ingat ada faktor lain seperti: life style, pola makan, pola aktivitas sehari-hari, faktor lingkungan, psikis, dan genetik.

HTH ya mom :)

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

10

Topic: Kontrasepsi

Moms, pernah baca di wikipedia kalau depo provera itu brand name untuk DMPA, KB suntik 3 bulanan yg dianjurkan untuk busui. Dulu aku juga pakai KB depo provera ini selama 2 periode (6 bulan). Tapi efek gendut ga muncul tuh di aku. Sepertinya krn aku punya genetik susah gemuk. Memang KB hormonal itu pengaruhnya bisa beda untuk tiap2 orang kok.

11

Topic: Kontrasepsi

ietha, thank you for the information.. wah, baru tau klo KB suntik ada macem2, kirain cm semacem aja. nanti klo kontrol lg pasti akan bertanya sejelas2nya.

so far sih enggak tambah gendut *moga-moga ke depannya juga enggak* mungkin juga karena masih menyusui.

12

Topic: Kontrasepsi

ietha thanks buat penjelasannya..*tapi tetep ga tertarik buat suntik* tp ttp bingung juga mo kb yg mana *ini sih ga niat ya kayanya, hehe :p*

Kirana's #1 fan!

13

Topic: Kontrasepsi

jin kura-kura, gak semua yg pake kontrasepsi suntik bakal gendut kok mbak. Soalnya ada sodaraku yang pake kontrasepsi suntik ya masih singset ajah :D multifaktorial soale.. Klo pake KB suntik tapi bisa jaga life style trus rutin olahraga, dietnya sesuai kebutuhan aku rasa BBnya akan tetap terjaga.

tince, sama-sama mbak :) ga mo nyoba IUD nih mbak? ato pake sistem kalender aja klo mo aman, wlo resiko "jadinya" juga ikut lebih tinggi, hohohohoho :D

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

14

Topic: Kontrasepsi

ietha hehe... dsog ku emang nyarani iud, tp udh keburu ngeri duluan denger testimonial yg udh pake, sejak lahiran agustus tahun lalu aku mix antara *sarung* sm kalender, tp kemarin sempet telat 5 hari (tp skrg udh mens) jadi ngeri juga... tp ya itu masih binguuuung...maunya yg aman tp santai, tanpa efek apa2, dan ga ribet, hehe

Kirana's #1 fan!

15

Topic: Kontrasepsi

tince, semua pilihan kontrasepsi ada enak dan ga enaknya sih ya :D Aku juga udah mulai mikir nih ntar post melahirkan mo pake apa kontrasepsinya. Pengennya juga yg aman, santai, tanpa efek apa-apa dan tentu aja ga ribet :P

Aku punya tante, pengalaman kontrasepsinya enak banget, jarak anaknya gak deket tapi juga gak kejauhan.. Kombinasi "sarung" sama kalender plus coitus interuptus :D anaknya sudah mo SMP masih pake itu aja dan sukses tuh si tante *jadi ngiri* kok bisa enak gitu ya ngaturnya.. Walhasil gak ada deh tu tanteku keluhan flek krn pake IUD, ato badan jadi melar krn suntik KB ato keluhan-keluhan klasik pengguna KB :D

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

16

Topic: Kontrasepsi

cinta wrote:
sorella emg klo pil itu minumnya harus di jam yg sama ya?
klo misalnya beda sejam dua jam gitu masih efektif gak sih?


Kalo baca2 di kertas manualnya sih sebaiknya disiplin gitu, supaya efek perlindungannya maksimal..in case lupa, masih ada toleransi max 12 jam untuk minum di hari yg sama itupun kalo masih takut bisa dobel sama condy kalo ML. Tapi kalo udah lewat hari, gak bisa dirapel sekaligus minum 2, karena proteksinya menurun sekian persen..boleh aja sih kalo nekat, tapi kalo mo aman yah ngulang lagi tunggu bulan berikutnya.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

17

Topic: Kontrasepsi

ietha yoi, kakak iparku juga, krn pernah pendaharan pasang iud, sampe skrg dia bertahan pake sarung aja ( anaknya yg 1 udh mo lulus sma, yang 1 lg smp ) *angkat topi deh gw*

Kirana's #1 fan!

18

Topic: Kontrasepsi

Oya ibu2, emang kalo telat minum pil sehari mesti stop trus lanjutnya bulan berikutnya setelah mens ya?

Mommy ? Superben

19

Topic: Kontrasepsi

moms, klo KB suntik musti pas ga tanggalnya dengan jadwal sebelumnya? klo misalnya telah sehari dua hari ngaruh ga? TIA

20

Topic: Kontrasepsi

immaria menurut hasil googlingan siyh gitu, tp ada ibuk2 tetangga yg telat minum sehari dirapel gitu, tp ktnya juga ngurangin 'keampuhan' kbnya... blom pnh tanya langsung ke obgyn *maaf tdk membantu ya?hehe*
jin kura-kura klo temen2ku yg pengalaman suntik siy pada tanggal yg sama...

Kirana's #1 fan!

21

Topic: Kontrasepsi

jin kura-kura, mengenai kb susuk, aku ga pake. klo aku tanyain ke ibu2 yg dipasang susuknya sih kata dia ga berasa sakit. hth ya..

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

22

Topic: Kontrasepsi

berhubung MIL kerjanya di BKKBN, udah langsung disuruh visit ke kantornya untuk pasang IUD (ada hari2 dimana kantornya buka klinik gt) katanya gapapa biar lagi ga mens jg. tapi masih takuuut. katanya lebih baik pas mens pasangnya krn ga sakit. tp skrg anak udah mau 3 bln tp mens blm kunjung datang. klo asix tuh bnran ga mens ya atau beda2 tiap org?

23

Topic: Kontrasepsi

citra, wah, klo emang ga sakit bisa jd option nih klo ternyata suntik bikin aku jd gendut.

tince, hmmm.. harus pada tanggal yang sama ya? *ngubek-ngubek berkas cari kartu KB*

mommies yang pake susuk tolong d review dong, plus minusnya apa aja... TIA

24

Topic: Kontrasepsi

Tince : gimana ceritanya pasang iud kok ampe pendarahan??ngeri juga,,
semalem aq baru pasang di dosg ku,alhamdulillah lancar.

mama sayang dimas sekali pisan euy... :cool

25

Topic: Kontrasepsi

jin kura-kura, buat kontrasepsi suntik, klo telat suntik masih sehari-dua hari gpp kok insyaAllah. Yg penting pas inget langsung minta suntik aja "as long as akseptornya blm hamil lho ya" :D Karena kalo pake kontrasepsi suntik ini kembalinya kesuburan itu lama, jadi wlo telat sehari-dua hari masih gpp lah.. hehe...

immaria, ini yg dimaksud pilnya pil KB yg kombinasi bukan? Yg isi 21 pil dalam 1 paket itu kah? Klo iya berarti klo pas lupa gini caranya:
- Klo lupa minum 1 pil (lupa 1 hari) maka segera minum pil setelah ingat, boleh minum 2 pil pada hari yg sama.
- Klo lupa minumnya lebih dari 2 pil, sebaiknya minum 2 pil setiap hari sampai sesuai jadwal yg ditetapkan. Sebaiknya juga, buat jaga-jaga, pake metode kontrasepsi yg lain juga atau tidak berhubungan seksual sampe paket pilnya habis. Efekivitasnya sudah berkurang jadi harus hati-hati.

HTH ya..

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..