1

Topic: Kontrasepsi

immaria wrote:
Oya ibu2, emang kalo telat minum pil sehari mesti stop trus lanjutnya bulan berikutnya setelah mens ya?


Kalo disiplinnya sih gitu ya, ngulang lagi dari awal dan selama gak minum pil stop dulu berhubungan atau pake extra proteksi lagi, karena sbgmn gue posting sebelumnya, kalo mo nekad minum dirapel bisa aja tapi proteksinya menurun.

Kalo masih menyusui, pake pil kb satu hormon, ngandung progesteron doang jadi gak ngaruh ke produksi asi (gak jadi kering/seret). Makanya hati2 kalo mo beli pil kb, harus bilang u/ menyusui biar gak dikasih pil kombinasi.

Anywy, sepengalaman gue, progesteron ini memacu juga tingkat hormon prolaktin (hormon menyusui), alhasil produksi asi gue lebih banyak karena tingginya hormon tsb. Hope to help ya :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

2

Topic: Kontrasepsi

ietha, thank you for the info... dirimu expert sekali dalam hal perkontrasensian.. btw, klo plus minusnya KB susuk apa ya?

3

Topic: Kontrasepsi

soRella wrote:

Tapi gak tau nih, kalo pake pil kb secara kontinyu bakal menstruasi gak sih? aku baru make 2 bln dan masih asix juga, jadi gak tau ini belum mens krn masih menyusui atau karena pil kb.


kl minum pil bukan seharusnya mulai di hari pertama haid ya? harus disesuaiin ma nomer2 di kemasannya itu kan? apa sebenernya terserah aja ga berpengaruh dg masa subur dsb?
krn dulu pernah ma dokter kulit diresepin Diane35 utk menyeimbangkan hormon. pas udh beli mau minum baru tau kl itu pil kb. dan baca instruksi pemakaian seperti itu, pil no.1 harus diminum sewaktu hari pertama haid dst.

bab ? atha ? kae ? nda

4

Topic: Kontrasepsi

indriani budi utami wrote:
Moms, pernah baca di wikipedia kalau depo provera itu brand name untuk DMPA, KB suntik 3 bulanan yg dianjurkan untuk busui.
Tapi efek gendut ga muncul tuh di aku. Sepertinya krn aku punya genetik susah gemuk. Memang KB hormonal itu pengaruhnya bisa beda untuk tiap2 orang kok.


samaan nih, aku dah setahun belakangan pengguna KB sunttik ini. Berharap bisa gemuk kok ya tetep aja kurus. Efek samping buat aku sih jadi sering pegel2, sama ga?

@emaknyahazel

5

Topic: Kontrasepsi

dinda permata..ga tuh, ga pernah pegel2. Gemuk juga nggak,sdh genetik kurus sih :).

6

Topic: Kontrasepsi

ndatha wrote:
kl minum pil bukan seharusnya mulai di hari pertama haid ya? harus disesuaiin ma nomer2 di kemasannya itu kan? apa sebenernya terserah aja ga berpengaruh dg masa subur dsb?


kalo waktu minum diane35 iya dari hari pertama haid, dan bulan kedepannya akan adjust dengan siklus menstruasi. tapi kalo pil kb menyusui kan gw minumnya sebelum mens dateng..yang gw bingung adalah apakah nanti lama-lama gw akan mens juga atau gak akan mens selama gw ber-kb.

asalnya gw mau nungguin dateng mens aja baru kb, krn kan kalo udah mens berarti udah subur lagi..tp kata dsog gw 'kalo gak keburu mens, taunya udah hamil gmn bu?' takut juga ya...hehe, that's why gw minum langsung setelah nifas... :D

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

7

Topic: Kontrasepsi

mau share nihh.. aku baru 2 minggu lebih pasang IUD yg cooper T, walaupun ditakut2in sm kakak ipar katanya sakit bgt eh ternyata nggak tuh. cm agak ngilu aja sdkit (jauh lah yaaa sm sakit ngelahirin haha). kebetulan aku dapet IUD dr MIL krn beliau kerjanya emg di BKKBN, dan menurut dsog aku kmrn walaupun di labelnya ditulis untuk 8 tahun, tapi 3 tahun harus udah ganti tuh untuk menghindari resiko patah di dalem..
ah tadinya sih berharap ga menstruasi berkat ASIX tapi apa daya bulan pertama setelah nifas udah langsung menstruasi..
efeknyaa ga banyak cm nge flek2 dikit, tp kemungkinan dari menyusui jg bkn dr IUD aja.. akhirnya cm dikasih obat untuk ngurangin fleknya..

8

Topic: Kontrasepsi

mamas yg KB suntik, haid nya teratur ga? aku ga haid2 nih sampe skrg, ngeri2 juga takut isi lagi berabe bangeeeett...

9

Topic: Kontrasepsi

diyahpramita
gw baru aja pake kb suntik yg per 3bln awal bulan ini. abis slesai nifas kynya lgsg haid deh. keluar flek tp berdarah bukan coklat2 aja, tp ga banyak apalagi sampe banjir. tanya ke temen yg bertahun2 pake kb suntik ktnya tiap bulan haidnya akan spt itu. tp ada jg ktnya yg sama sekali ga haid ya? coba testpack dl aja mom, ko jd ikut deg2an nih. duh nanti slesai haid kl mau main ma suami hrs dobel ma helm jg deh :P
btw stelah pake kb suntik, jd tau sebenernya bukan pasti kb suntik akan bikin jd gendut. tp emang bener kynya ada hormon yg bikin bawaannya jd pengen ngunyah terus. nah itu pinter2nya kita aja menahan diri ga tergoda utk ngunyah :)

bab ? atha ? kae ? nda

10

Topic: Kontrasepsi

diyahpramita,
aku dulu juga gitu koq. tp awal2 suntik sering flek2 dan haidnya ngga teratur. stl beberapa lama, malah ga dapet haid lg. kayanya di post2 depan udah ada yg pada share juga :)
begitu brenti suntik, haidnya jd sering lg. baru normal sperti sedia kala sekitar 5bln dr terahir suntik.
spertinya memang reaksinya akan beda2 tergantung kondisi hormon masing2 org ya..

11

Topic: Kontrasepsi

Moms, mau tanya nih..sekarang aku pake kontrasepsi IUD yang cooper T..selama ini gak ada masalah, cuma emg kalau lagi Haid bisa banjirr dan lamaa gt..yang jadi masalah adalah, aku tuh suuka banget pake pembalut model tampon..setelah melahirkan aku udah gak pernah lagi pake tampon, tapi akhir2 ini mulai pake lagi..tapi tiba2 kepikiran aja, bahaya gak yah kalo pake IUD trus pembalutnya pake tampon? bisa bergerak gak yah posisi-nya?

*bu mods, kalo pertanyaannya salah tempat, dipindahin aja yaa..agak bingung soalnya mau taro dmn..thanks

12

Topic: Kontrasepsi

nadamikha, nyoba bantu menjawab ya...

Sepengetahuanku penggunaan pembalut model tampon tidak akan mempengaruhi posisi IUD. Pemakaian tampon kan sebatas hanya pada liang vaginanya, bahkan kalau yang aku tahu gak sampe menyentuh cervix. Sedangkan IUD itu kan dipasang di dalam rahim, hanya bagian benang IUDnya saja yang memang biasanya sengaja disisakan sedikit sampai masuk ke liang vagina agar kita bisa mengecek secara berkala posisi si IUD ini. Mungkin gambar di bawah bisa membantu untuk memahaminya...

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/66/Illu_cervix.jpg

dan kira-kira kalau IUD dipasang di rahim posisinya gini (sori kalo gambarnya ga jelas cervixnya dimana, cuma nemu yang ini soalnya :D)

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/5e/Mirena_IntraUterine_System.jpg

HTH ya mom :)

Mungkin ada Moms lain yang mau menambahkan...

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

13

Topic: Kontrasepsi

ndatha lepas nifas lgsg haid, kb suntik 3 bln pertama dpt mens 1x, suntik kedua blm samasekali cm ada 3 hari nge flek aja. kmrn sampe beli 5 testpack buat jaga2, uda dicobain 2x test negatif sih. degdegan euy..
aku juga ga ndut koq pake suntik, makan tetep banyak tp ya asalnya emg ga ada keturunan ndut, hamil aja cm perut yg membesar, body nggak.hehee :;

Riri kalo ga haid itu perasaan jd campuraduk krna tetangga pernah kebobolan pdhl uda kb suntik. hufff.. mudah2an ga terjadi deh ya mom :)

14

Topic: Kontrasepsi

hadoh....baru liat gambar dari ietha aja bisa ngilu gini aku :((
makin campur aduk rasanya mau nentuin pake kontrasepsi apa

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

15

Topic: Kontrasepsi

Waaah, thanks banget ietha ilustrasinyaa....jadi aman donk yaa, abis aku suka banget pake pembalut jenis Tampon, gak ribed n tetep bersih aja rasanya.

Cinta keliatannya emang serem yaa, dulu aku jg takut, tapi ternyata gak separah itu kok rasanya, ngilu dikit aja pas dipasang, tapi utk org kaya aku yang pelupa kalo pake sistem kalender atau pil bisa2 kebablasan..haha

16

Topic: Kontrasepsi

ietha, tfs !!! aku numpang serius baca ya ... sedang mencoba meyakinkan diri untuk lepas konde dan pakai IUD, pakai pil gak cocok soalnya

less ego, more heart

17

Topic: Kontrasepsi

Hi mommies, ikutan ya..

Aku pasang IUD kira2 4bulan stelah lahiran. Waktu itu tegang bgt, jadi waktu di pasang agak sakit (sugesti kali ya, soalnya sempet baca2 kalo pasang IUD itu sakitttt bgt)
Dan setelah pemasangan IUD, jadi banyak bgt keputihannya >.<
pas controling, semplet tny sm dsog ku, dan katany mmg ada infeksi yg meyebabkan keputihannya jadi bnyk bgt.
Dan itu memang salah satu efeknya pasang IUD. Tp untuk yg lain2 ny mmg ga ada efek samping sih.

Mommies ada yg pernah bermasalah juga dengan IUD nya? Share yaa

18

Topic: Kontrasepsi

cinta, waduh.. ternyata gambar yang aku insert bikin ngilu ya.. Maaf ya mbak.. soalnya tadi aku pikir penjelasanku bisa lebih terbayang klo dibantu ama gambar. Dan semoga aja Moms yang lain jadi bisa kebayang juga klo pasang IUD itu IUDnya ditaruh dimana, buat nambah2 informasi aja :D

nadamikha, insyaAllah aman mbak :)

sidta, ur welcome :) semoga membantu ya... aku juga kepikiran abis melahirkan mo pake jenis kontrasepsi yang ini.. cuma masih mikir2 juga nih, maju mundur :D

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

19

Topic: Kontrasepsi

mau numpang share... cervix itu yg ada benangnya kl di gambarnya jeng ietha
btw, ga segede itu, ya. seingat sy pas dijelasin dsog, ukuran rahim itu kurleb sebesar telur ayam. :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

20

Topic: Kontrasepsi

mummyhilya, thanks sdh ditambahin infonya ya mbak :D iya, kurlebnya emang segede telur ayam. Klo gambar yg ada IUD di bawah itu sebenernya gambar peraga rahim (manekin2 itu), lha saya nemu ini juga nyomot dari internet, dan tentunya ukurannya sudah diperbesar daripada ukuran nyatanya :D *terlihat horror ya klo gede kayak gitu*

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

21

Topic: Kontrasepsi

Ietha, thanks bwt ilustrasinya yaa.. Haha kirain emang beneran segede itu, serem ajaaa bakal ada barang segede itu di dalam badan :D

saya juga lagi nimbang2 nih maw pake kontrasepsi apa.. Blom konsul ke dsog mana yg paling minim efek sampingnya.. Terakhir ke dsog pas terakhir kontrol jahitan dia tanya maw pake apa, tapi suami jawabnya ga usah.. Tapi setelah dpikir2 kok jadi takut juga klo tiba2 isi :D

22

Topic: Kontrasepsi

*serius membaca* minggu depan waktunya kontrol, masa 3 bulan KB suntik dah selesai.Rencana mau ganti KB, setelah suntik 3 kali di aku ngerasa pegal2 (mungkin karena gak haid itu, jadi darah kotor di tubuh ga keluar). Kandidat terakhir pil atau IUD. Diskusi serius ma suami masih blm setuju IUD. Hhmm......

@emaknyahazel

23

Topic: Kontrasepsi

ikutan share y,
kalo aku pas stlh anak1 lahir bener gak pake apa2 termasuk konde. plng tanggalan aja. tpi berjalan si kecil 1thn bru takut akhirny pake konde. suami sih asik bgt kalo untuk urusan mencegah. dia gak mau aku terbebani dgn suntik2 yg ada efek sampingny. jdi srngny dia usahakan orgasme diluar *kaloklupaankonde*.

24

Topic: Kontrasepsi

Mau ikutan share juga ya mamas...
abis lahiran anak pertama dulu pake kb suntik yg 1 bulan..uuugh, pantat berasa bolong2 dah selama 7 bulanan, abis itu pake pil yg murce si mycroginon...ga ada efek..eh ada ding, jd males hubungan...ga pernah orgasme..buhuhuuuu...tp ga apal klo itu pegaruh pil, lanjut aja ampe 4 thn, begitu brenti makan lgs hamil anak kedua, lahir trus pake pil busui, setaun kemudian nyoba IUD yg copper-T, halah...ujungnya kerasaaa...kcian si yayang deh, padahal udah ditrim lg tuh benangnya, abis dibuka pake pil lagi, diane-35..cucooooo bgt, kulit mulus.ga ndut...no moodswing...trus ga tahan kalo deketan si yayang...hajar teruuuussss bela2in serangan fajar biar anak2 masih pulesss....until...4 years later, kalo mens ko jadi sakiiit banget, banyak, trus dada sering sakit tiba2..sesek gitu,apa karena udah kepala 3 yaaa umurnya...
Iseng aku googling tentang diane-35....hayaaaaaah...ternyata ibu2 sekalian...banyakan negatifnya tuh pil, aku ga akan nerangin disini deh, cari aja tentang review diane-35 ya, yg jelas aku rasain sih moodswing, rontok rambut ama sesek dadanya...trus berat badan naeeek terus ampe aku brenti minum pil itu...pengen pasang lagi IUD, tapi ga cocok, sedih deh...pake kondom iritasi, ejakulasi di luar...waah boro2...suka kelupaan!!! nih hasilnya skrg aku lg hamil anak ketiga 6 bulan...alhamdulillah masih diberi kepercayaan buat punya anak lg di usia yg 35..huhuuu...tuwir banget yaaa...yg penting berjiwa muda daaah..
kalo dari keterangan sih emang harusnya pil kb itu ga lama2 pakenya ya moms, 4 bulan ganti, entah suntik ato selang konde, hati2 yaaa yg pake pil, bukan buat berkb lama2...
semoga bermanfaat...maaf kepanjangan :)

Always love my happy life, alhamdulillah
@ruribuwi

25

Topic: Kontrasepsi

Special untuk Moms pengguna PIL,,
adakah yg pake Pil YAS ??
klo minum pil kan konsepnya harus di jam yg sama, klo misalnya telat sehari otomatis uda pasti mesti pake double protection,, nah klo misalnya minum pil-nya telat 1-2 jam, ada efeknya ga??

thanks.

.. facing this life with smile ..