1

Topic: Breastpump Experience

Moms,
Ada yg punya pengalaman pakai botol kaca untuk mompa di kantor nggak? Itu gimana caranya yah supaya tidak pecah selama di jalan? Soalnya, udah beberapa hari ini aku coba mompa pake botol uc1000 langsung pakai cara marmet, ternyata lebih efisien, yang tumpah2 keluar lebih dikit, jadi sepertinya pas masuk kantor nanti mending bawa botol yang seperti itu saja. Thank u mamas:).

Uminya Kiera dan Rania

2

Topic: Breastpump Experience

uminyakiera saya biasa pakai botol kaca juga. biasanya saya pakai cooler bag medela. isinya 3 botol kaca UC100, ice pack medela, dan 2 botol medela untuk mompa. kayaknya yang penting cooler bagnya penuh jadi botolnya gak geser2.

3

Topic: Breastpump Experience

neng_april, thanks buat masukannya, Okay, jadi selama isinya penuh, insya Allah nggak papa yahh:). Thanks!

Uminya Kiera dan Rania

4

Topic: Breastpump Experience

Mau ikutan review Swing.

Udah naksir swing sejak 4 tahun lalu pas anak pertama. Tapi dulu gak beli karna udah terlanjur beli Kuku Duckbill. Pas hamil anak kedua kesempatan nih untuk beli BP baru, dan kulihat juga review Swing masih bagus dan BP yang lebih canggih dari swing cuma Pump-In-Style dan Freestyle (yang harganya mahal banget). Jadi di usia kehamilan sekitar 7 bulanan, kuutuslah suami untuk beli swing pas dia ke jakarta. Eh, ternyata barangnya kosong! Jadi semakin penasaran aja nih ama swing. Pas bulan depannya dia ke jakarta lagi, baru deh dapet. Karna hamil baru 8 bulan, aku cuma bisa elus-elus kardusnya aja, sambil ngebayangin mompa pake itu hehehehe.... (kok bisa ya jatuh cinta ama BP? hihihihi).

Nah, abis itu lahirlah my baby boy. Cita-cita untuk tidak mengalami puting lecet seperti anak pertama gagal total. Setelah menyusui anak pertama selama 2,5 tahun lalu berhenti menyusui selama 1,5 tahun, ternyata di anak kedua tetep aja putingku lecet sodara-sodara. Hmmpff! Padahal udah nyusun jadwal untuk nabung ASIP segera sejak kolostrum berganti jadi susu putih, tapi dengan kondisi puting yang sakit banget gitu, ngebayangin merah jadi bikin merinding.

Trus di hari ketujuh, ngeliat PD yang sering penuh dan selalu netes deres tiap mandi, aku kok ngerasa sayang banget. Tiap tetes ASI terasa begitu berharga gitu loh (pengalaman kejar tayang stok ASIP untuk anak pertama). Akhirnya memberanikan diri untuk coba mompa pake swing.

Di kardus ada 2 corong, yang silikon dan yang plastik keras. Berhubung masih dalam rangka lecet, aku pilih yang silikon dengan harapan bisa mengurangi pressure ke PD. Begitu corong udah nempel di PD, aku ambil nafas panjang dulu sebelum nyalain si swing, nyiapin mental untuk nahan sakitnya si puting lecet ini. Setelah siap, kupencetlah tombol "on", daaannnn.... ternyata sama sekali gak kerasa sakit! Unbelievable. Beda banget deh sama si Kuku Duckbill yang kupunya dulu. Yang ini hisapannya gentle banget. Trus karna masih lecet dan takut berdarah (yang bisa mengakibatkan ASIP tidak boleh disimpan), aku cuma pake kekuatan hisap yang paling minimal. Walaupun cuma minimal, tapi hasil perahnya bisa banyak loh. Percobaan pertama kemaren udah bisa dapet 70ml. Dulu-dulu aku cuma bisa dapet 30-an di usia anak kurang dari sebulan gitu. Karna pengalaman pertama tidak traumatis, akhirnya jadi juga deh aku nabung ASIP dari awal.

Untuk membangun produksi ASI, pertama aku cuma perah sehari sekali di jam yang sama. Setelah 2 minggu, aku perah sehari 2 kali. Hari senin depan ini, aku mau naikin frekuensi jadi sehari 3 kali. Nanti 2 minggu setelah itu, jadi sehari 4 kali. Aku juga selalu perah sesaat sebelum jadwal baby-ku minum. Kebetulan baby-ku ini minumnya tepat waktu sekali. Tiap 2 jam dia pasti udah haus, gak bisa lebih, jadi aku gampang ngatur waktu antara mompa dan nyusuin langsung. Dan karna habis mompa langsung nyusuin, si PD jadi "mengira" bahwa demand asi-nya banyak, jadilah dia juga produksi banyak. Sekarang ini (umur bayiku 1 bulan lebih 3 hari) aku bisa perah kurang lebih 120ml dari 1 PD. Tiap sesi perah bisa dapet 210-240ml.

Trus karna si swing ini otomatis, gak perlu pencet2 untuk atur hisap-lepas-hisap-lepas, aku jadi bisa sambil ngapa-ngapain selama sesi pompa. Jadi mompa beberapa kali sehari tetep enjoy, gak terasa beban. Alhamdulillah banget. Aku masuk kerja baru 6 minggu lagi, sekarang tabungan ASIP baru ada 28 botol UC1000 @120ml. Mudah2an tabungan bisa terus bertambah dalam 6 minggu, supaya balik kerja dengan hati tenang hehehe.....

Aduh, maap ya sharing-nya panjang banget. Aku ngerasain betul ngos-ngosannya kejar tayang stok ASIP pas anak pertama dulu, jadi begitu dapet BP yang nyaman, langsung optimis bisa asix 6 bulan dan perah sampe selama yang dibutuhkan. Dulu anak pertama cuma perah sampe anak umur 8 bulan aja karna gak bisa enjoy tiap sesi perah.

Buat moms yang lain, apapun merk BP yang dipake, tetap semangat yaaaa... kita sukseskan pemberian asi buat anak2 kita :)

*bukan sales medela loh hehehehe*

5

Topic: Breastpump Experience

anti - Congrats,ya! Welcome to swing club.. Hehe

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

6

Topic: Breastpump Experience

wah hebat banget ya Anti, bisa nabung banyak banget. emang harus dari awal ya mulai mompa. saya dulu agak males, karna gak punya asisten dan kulkasnya kecil. *pembenaran*. jadi sekali ditinggal dinas keluar kota, langsung persediaannya habis. tapi Alhamdulillah tetep berhasil ASIX 6 bulan dan masih merah di kantor sampai sekarang.
nanti anak kedua harus lebih rajin nih, seperti yang anti lakukan.

Biar gak OOT, udah pernah nyoba avent manual blom? itu enak juga lho. :D
berasa kayak salesnya avent nih. hihihi

7

Topic: Breastpump Experience

neng_april wrote:
Biar gak OOT, udah pernah nyoba avent manual blom? itu enak juga lho. :D
berasa kayak salesnya avent nih. hihihi


Racun avent datang lagi :P
Balik ke thread ini membuatku inget lagi klo sampe sekarang belum nemu Avent yang kumau dimanapun, baik di offline store maupun online store *hiks*

Mbak April, review Avent electricnya dong ;)
Btw, klo avent electric gitu bisa make kayak swing ga ya? Tinggal pencet trus bisa disambi ngapa2in :D

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

8

Topic: Breastpump Experience

ietha, loh kok bisa belum nemu avent?? perasaan banyak deh...nyari dmn?

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

9

Topic: Breastpump Experience

soRella, Avent yang manual ketemu mom, tapi avent electric gak nemu :(
Aku kan di Malang, nyari di babyshop sini kosong semua. Trus di online store yang ada di Mama's mall ato di luar itu juga kosong.. Kemarin ada yang nyaranin coba tlp ke Ocha Baby Shop yang di Ambass ama MC Sby, tapi blm nyoba tlp ke sana...

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

10

Topic: Breastpump Experience

mom, ada yang pernah pake Unimom Mezzo, manual breastpump?

woman whom he loves

11

Topic: Breastpump Experience

ietha, ocha kyny gak bisa delivery deh, eh gak tau juga ding..yg aku tau bisa delivery itu Audrey. Tapi mending cari di Sby aja lebih gampang, di MC pasti ada, avent electric kan 1jt sekian kalo gak salah.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

12

Topic: Breastpump Experience

Sorella, oh ocha gak bisa delivery ya.. Iya nih mo coba tlp MC aja, tapi MC mau gak ya kira-kira ngirim ke kota lain gitu? Soalnya dgn hamil 39 minggu gini, aku gak mungkin dateng ke MC Surabaya, rawan eui, tau-tau ntar brojol di tengah jalan :D

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

13

Topic: Breastpump Experience

ietha, suaminya aja yang ke Sby...hehe, tenang aja..urgensi BP setelah lahiran kok, udah 39w konsentrasi ke lahiran duluuuu...dulu aku lahir pas 39w1d :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

14

Topic: Breastpump Experience

ietha udah baca balesan PM saya belom ya? :)
coba tlp ke audrey aja. lbih baik dari pas hamil sih nyetok BP. pengalaman saya, kepake banget BP nya karena anak saya sempet kuning dan dirawat. jadi saya harus ngasih ASIP buat minumnya.
MC harganya mahal lho, bisa beda 300rb an lebih. sayang uangnya :)

oiya, kayaknya tiap elektrik bisa sambil ngapa2in deh. kayak dulu make minel juga bisa sambil ngapa2in.

15

Topic: Breastpump Experience

evi_widjaja
wah pas banget! ini emg sengaja nengok thread breastpump buat ngasi review UniMom Mezzo. baru aja nyampe 2 hr yg lalu dan udah nyoba 2x. awalnya gara2 pgn punya breastpump cadangan buat travelling yg ga butuh adaptor, udah ada swing bwt di kantor n tdnya pake minel bwt cadangannya tp agak repot kalo ga nemu batere yg bagus dan suaranya agak ganggu yee..sempet kepikiran bwt beli harmony tp trus nemu os yg jual unimom ini n reviewnya bagus (+harganya murahh! cuma stghnya harmony :p) akhinya nekat beli..

kesannya setelah coba? memuaskan! hehe..jd awalnya pd di-massage dulu trus dipencet dikit biar keluar asi-nya, trus langsung deh pasang corongnya n mulai mompa. corongnya ada lapisan silikon gitu, jd tarikannya lembut bgt (apalagi buat yg biasa pake minel..hehe) n aliran asi bs lancar. so far sih blm nemu kekurangannya kecuali tangan yg pegel krn mesti mompa (ya biasanya pake elektrik kan ga perlu usaha). value for money lah pokoknya..ada service centre-nya pula di indo :)

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com

16

Topic: Breastpump Experience

ietha mbak yuu... sementara pake swing ajaa (hehehe... melanjutkan sharing kita dr bbm) klo bsk ak ke MC galaxy surabaya ak bntu cariin ya... smoga dapeet... due datemu uda deket bgt...

17

Topic: Breastpump Experience

meizadhania, hahahaha... matur suwun sanget nggih :P ntar kabar2i ya hasil hunting ke MC galaxynya :) Ini sempet kepikiran ngeSwing aja dulu, daripada ribet nyari, karena rencana SC elektif (klo kontraksi blm adekuat, mengingat BB sudah gede banget dan ga mungkin diinduksi). Jadi merasa butuh BP pas di RS, jaga2 takutnya postSC produksi ASInya masih kurang.

Mom Mods, maaf klo ada yang sedikit OOT

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

18

Topic: Breastpump Experience

buat para swing-ers (hmm..agak geli ga ya dengernya?! ;p)
mo tanyaa..itu gmn sih ngebersihin selang udaranya? harus ke service centre nya kah? krn punyaku kok kyk ada item2 gt di tengah2..curiga jamur..walopun ga ngaruh ke sedotannya sih.

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com

19

Topic: Breastpump Experience

Kayaknya harus ke service centre mbak.
Punya saya malah ngaruh ke daya hisapnya. Tapi mau ke kelapa gading jauhhh banget :(

20

Topic: Breastpump Experience

err, kayanya daya hisap swing jg berkurang. Ada embun2nya gitu..hiks

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

21

Topic: Breastpump Experience

wah, selang udara freestyleku juga senasib, ada gelembung2 udaranya n ngaruh ke daya hisap, nggak semantab dulu.

Kalau service di kelapa gading berapa lama ya mom ?

22

Topic: Breastpump Experience

maap, banyak nanya..
Kalo medela minel plus harus dipake barengan ato bisa pumpnya dilepas satu?
Trus, cara bersihin label UC1000 pake apa ya?? udah digosok2 pake air tetep aja ada bekas kotornya?

*masih belum bisa menentukan breastpump for herself*

woman whom he loves

23

Topic: Breastpump Experience

@happymommy dulu minel plusku malah kemasukan asi ahahahahaah
lgs ngadat daya hisap berkurang, service di klapa gading masi garansi, bilangnya seminggu, di kasi pengganti piston, eh masukin sabtu, selasa udah di telpon, bs di ambil....
kayaknya tergantung banyak dikitnya yg servis si....

@evi.....sy pake minel plus, bisa kok ga di pake barengan. selangnya copot satu trus di tutup...(ada tutup karetnya gt)
tu benernya mesinnya sama persis ama yg minel biasa, 1 pompa, cuman bentuk alat nya bisa di cabang 2 pake selang gt, wong suamiku penah mbongkar pas gara2 kemasukan asi itu. (tp tetep ga bs di bersihin sendiri soalnya pompanya di segel)
jd intinya ga amsalah mo di pake 2-2nya or salah 1 nya.
aku bli minel plus krn kepraktisan aja...bsia lgs 2 PD, maklum schedule kantor yg tight.....

klo botol kaca abis pake selalu aku rendem aer sabun, begitu sore pulang kantor acara mencuci, udah bs copot sendiri si, adapun yg bandel ya aku pake busa scotch brite yg sabut ijo nya....bs ilang mulus kok....

24

Topic: Breastpump Experience

waktu hamil, aku beli medela mini electric plus.
setelah lahiran, ternyata asi aku keluarnya cuma setetes2 aja.
ga bisa dipompa. jadi aku ke klinik laktasi dan diajarin perah pakai tangan.
setelah perah pakai tangan lumayan lancar, akhirnya aku coba lagi pake pompa medela mini electric plus.
tapi karena PD kiri aku keluarnya masih setetes2 aja. aku cuma pake pompanya sebelah aja. jadi pompa yg kanan dulu lama, baru yg kiri sebentaran aja. itu pun dapetnya cuma sedikit.
baca review swing katanya lebih bagus. akhirnya aku beli medela swing second. coba pompa pake swing, enak gak sakit, dan hisapannya lebih cepat dibanding mini electric. hasil pompanya juga lumayan nambah sedikit. walaupun tetep buat finishingnya aku harus perah pakai tangan juga biar PD kosong.
terus baca2 review lagi kalo medela swing ini bisa dijadiin manual. tinggal beli sparepart medela harmony aja. tuas dan diafragmanya.
pas aku cobain, ternyata lebih enak, dan lebih ga sakit lagi. ditambah perahnya juga bisa lebih cepat, karena kecepatannya tangan kita sendiri yg atur. cuma ya lumayan pegel aja.
jadinya skrg kalo lagi rajin, aku perah pake medela harmony, kalo lagi males, pake swing biar bisa handsfree sambil browsing heheheh

25

Topic: Breastpump Experience

Oooh baru tahu kalo swing bisa dijadiin manual! Nice info, makasi ya mama Joevanca :D Jadi makin mupeng ama swing hehehe

a daughter, a wife, a mother --- a CIELER and SIXTH GUN at heart
http://diariazaria.wordpress.com