1

Topic: Kontrasepsi

adeDheen, pernah pakai, dan biasanya kalo cm telat sejam gt yg penting cepet2 diminum. temenku jg gini caranya n lumayan aman sih g kebobolan ...

less ego, more heart

2

Topic: Kontrasepsi

Ikutann..smalem saya baru pasang IUD cooper T stlah ngelahirin 2 bln yg lalu. Seminggu abis nifas lgs dpt haid lg, abis slese haid lgs smangat masang IUD. Ternyata bnrr bgt yg buibu blg disini klo kita tegang maka pas masang IUD jd brasa sakitt bgtttt....saya aja ampe nangis berucuran aer mata *halah*...kesannya lebay ya tp emang beneran sakit siy..maklum ambang nyeri saya rendah jg. Smoga kedepannya si IUD di dlm bae2 aja de...

3

Topic: Kontrasepsi

bulan oktober 2010 yang lalu saya pasang IUD, awalnya juga bingung mau pake' kontrasepsi apa, mo pasang IUD takut awalnya karena pengalaman ibu saya sempat operasi karena pendarahan pas waktu pencabutan IUD-nya , pilihan kedua jatuh ke pil kb, tapi pil kb khawatirnya lupa dan selain itu kan sifatnya hormon, jadi takut berpengaruh ke ASI, meskipun sebenarnya ada pil KB yang aman untuk ibu menyusui..

baru 2 bulan setelah melahirkan dan masa nifas selesai saya memutuskan untuk pakai IUD dari saran beberapa teman dan ibu saya sendiri jg bilang begitu, setelah konsul dengan dsog juga, pasang IUD sebaiknya pada waktu mulut rahim masih terbuka alias pas waktu masa nifas atau sedang menstruasi, supaya tidak terasa sakit/tidak nyaman.. karena saya setelah nifas baru 2 bulan kemudian mens kembali itupun sangat singkat hanya 2 hari dan tidak seperti biasanya, jadi saya cepat2 memutuskan untuk pasang IUD..

pada saat pasang IUD ternyata setelah dicek, mensnya sudah bersih dan ada kemungkinan akan terasa sakit, tapi dsog menyarankan saya untuk tetap rileks dan kalo' terasa sakit segera bilang supaya proses pasang IUD dihentikan,, dan ternyata eh ternyata.. saya malah ndak berasa kalo' IUD sudah terpasang.. alias, saya tidak merasa sakit / nyeri sama sekali.. setelah itu diberi obat untuk anti nyeri dan antibiotik baru setelah itu kontrol 3 hari kemudian..

alhamdulillah sampai sekarang tidak ada keluhan, hanya memang ada beberapa kekurangan dari IUD yang seringkali dialami :
1. volume mens kita semakin besar dan banyak, terutama di hari-hari pertama , jadi boros pembalut.. , saya mengalaminya
2. terjadi keputihan, tapi yang saya alami masih dalam ambang wajar, karena tidak berbau dan tidak berlebihan jumlahnya,, keputihan wajar terjadi jika kita pasang IUD, karena IUD kan barang asing. asalkan keputihannya tidak berbau, berwarna dan jumlahnya berlebihan.. kalau terjadi seperti itu harus dikonsultasikan lagi ke dsog
3. banyak yang bilang, jika pasang IUD akan bermasalah bagi pasanganya, karena IUD akan mengganggu saat melakukan senggama.. , alhamdulillah pasangan saya tidak mengalaminya,,

so far masih aman menggunakan IUD asal tetep diperhatikan masa-nya (deadlinenya) dan jangan lupa tetep kontrol 6 bulan sekali untuk ngecek apa si- IUD didalam sana masih baik-baik saja..

semoga bermanfaat.. maaf klo OOT y..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

4

Topic: Kontrasepsi

haihai... saya belakang (im back maksudnya hehehe)

citRa & indriani budi utami
akhirnya gw cek dsog ternyata posisi si IUD cooperT nya masih ok dan gak ada masalah. kata dsog nya itu hanya masalah hormonal (gara2 dari kerja jadi orang rumahan mungkin ya).
tapi karena gw&suami emang berniat kasih ade ke hafidz (doakan ya... uhuyyy) jadinya si IUD nya dilepas. dan untuk mengurangi ketidakstabilan hormon (yang bikin gw mens 3 minggu-bersih 1minggu-dan kembali mens lammmmaaaa) dikasih obat namanya CYCLO-PROGYNOVA. kata dsog dan kata kertas petunjuknya ini bukan & tidak digunakan sbg alat kontrasepsi. ada 21 tablet, setengahnya warna putih setengahnya warna coklat, diminum sblm tidur. alhamdulillah ini hari ke-21 dan belum dapet mens lg (am i pregy?? hihihi qt lihat bln depan)

tince
no need to scare honey. pemakaian IUD gak sengeri itu. dulu gw jg sempet deg2an gara2 cerita orang2. tapi dipasang dan dicabutnya gak kerasa. yang bikin kerasa itu karena kita tegang. dan gw gak bloody2 kok waktu dicabut dan gak lagi mens (ngebayangin di lihat obgyn kita lg mens... dilihat suami aja gw malu). kebetulan dsog gw orangnya menyenangkan dan menenangkan... jadi gw nyaman dan percaya ma dia. itu kali ya kunci nya, percaya ma dsog nya kalo dia masang IUD nya smooth & kita gak ngerasa.

finnazephyr
iya katanya harus rajin di cek ya IUD. tapi dulu temen ada yang belum 1th pake IUD ceritanya ngalamin sakit di bagian perut bawah n pendarahan banyak. pas di cek katanya IUD nya bergeser (atau patah ya? agak lupa ceritanya).

btw ada yang tau kenapa kok bisa/ aktivitas seperti apa yang gak boleh dilakuin sama pemakai IUD?? supaya aman gak bergeser dan gak patah/ rusak??

fyi dulu kerjaan gw di lapangan, jalan kesana-sini, lari, naik turun tangga angkat dan geser2 barang berat dilakuin ampir tiap hari. alhamdulillah IUD nya baik2 aja. dan temen gw yg IUD nya bergeser itu kerjaannya sama.

Bussy life...happy life...

5

Topic: Kontrasepsi

buwie wrote:
Setelah melihat beberapa posting tentang pil kb, jd pengen sharing pengalaman menggunakan Diane-35, aku pake sesudah kelahiran anak kedua, karena ga cocok pake IUD. Pertama pake karena katanya pil ini ga bikin gendut n bikin kulit jd bagus, kulitku emang oily banget, dan sesudah 4 bulan pake terasa benaarrr manfaatnya...kulit kinclong mulus, no moodswing, libido juga ga terpengaruh, ga kayak klo minum microgynon gitu yang bikin jd males,bb juga stabil...pokoknya sukaaa deh pake diane, promo dong ama temen...until...mau masuk tahun keempat aku pake,mulai terasa beberapa hal yg ga nyaman.
Pertama, berat badan...yg asalnya stabil di 42-43kg naik terus ampe 55kg, oke...ini emang kebiasaan ngemil yg ga bisa ditahan...
Trus...rambut rontok...nyadar tiap potong rambut ko bekas guntingan yg di lantai skrg dikit ya, dulu ampe banyaaaak banget bertebaran
Suka linu2 di deket tulang ekor ampe lutut..ooh, bekas hamil dan ngelahirin waktu itu kali...terapi deh...
Kalo lagi haid, perut jadi sakiiiit banget, padahal dari waktu abg dulu ga pernah ada yg namanya kram perut klo lagi dapet..ini kerasa beberapa bulan abis pake pil ya.
Sering pusing, marah2 ga ada sebab, moody banget...kadang kayak depresi gitu..
Terakhir...ko mulai ada sakit di dada yaa...jantung rasanya berdebar ga normal...cenut cenut gitu, ada sesek juga...medical check up yuk,kata suami....ah maleees, mending buat anak2 aja duitnya....ampe hampir tiap malem ada sesek...ga berani bilang deh....kali akunya juga jarang olahraga.
Suatu hari iseng googling tentang Diane ini...awal2 sih tentang kegunaan, kontra indikasi..dll...ampe aku liat reviewnya dr yg udah pernah make di LN, ada yg bagus,ada juga yang membuat jadi takut...ternyataaaa....menyesal ya ga cari tau sebelum aku pake, ini beberapa aku copy paste;

Birth control: This medication should not be used only for the purpose of birth control. Women should use a non-hormonal method of birth control (such as condoms) while taking this medication.

Blood clots: This medication has been shown to cause an increased risk of developing blood clots in the bloodstream. These blood clots may form anywhere in the body, but are more noticeable when they occur in the large muscles, lung, brain (stroke), or heart (heart attack). If you experience pain in the chest or leg, unexplained shortness of breath, blurred vision or slurred speech, contact your doctor immediately.

Breast cancer: All women who take this medication should practice breast self-examination. Ask your doctor to teach you how to do this. Women with a family history of breast cancer should be closely monitored by their doctor while taking this medication.

Diabetes: This medication can cause changes in blood sugars. People with diabetes or a family history of diabetes should discuss with their doctor how this medication may affect their medical condition, how their medical condition may affect the dosing and effectiveness of this medication, and whether any special monitoring is needed.

Depression: Cyproterone - ethinyl estradiol may contribute to depression. People with depression or those who have a history of depression should discuss with their doctor how this medication may affect their medical condition, how their medical condition may affect the dosing and effectiveness of this medication, and whether any special monitoring is needed.

Medical conditions: The combination of obesity, high blood pressure, and diabetes greatly increases the risk of side effects from this medication. If you have this combination of medical conditions, talk to your doctor. This medication can cause fluid retention, which may worsen conditions such as high blood pressure, heart disease, or kidney disease.

Abis googling itu, aku lgs stop dulu pil KB, blum satu bulan jerawat mulai numbuh atu2...huaaa....pake lg, tp blum abis satu strip suamiku bilang, udah lah ga usah pake pil2 lagi, biar ayah aja yg KB...kita liat hasilnya klo brenti minum itu...nurut deeeh....biarin jerawatan juga...
Akhirnya full brenti minum, rambut msh tipis, jerawat tambah banyak di punggung, tapiii....sakit di dada ama seseknya jadi jarang kerasa, jadi lebih happy jugaa, ga tau kenapa...masih ndut, tapi mulai berkurang kiloannya...kulit agak2 berubah..yah ga apa2...udah umurnya kaleee....ampe hampir setaun akhirnya si cenat cenut di jantung itu ga pernah kerasa lg...eeeh, kebobolan juga akhirnya, KB kalender ama konde ternyata ga manjur...hehe, alhamdulillah hamil lagi setelah 5 tahun lebih kosong, tdnya mau 2 anak aja...yawdah, moga2 yang ketiga ini perempuan...amiiiin
So Moms...aku ga tau apakah diane bener2 mengancam nyawa seperti yg direviewkan, cuma aku pengen lebih ati2 klo nanti pake kontrasepsi yg hrs diminum,ato lgs steril aja kali ya...semoga moms lain yg pake pil ga harus merasakan efek yg negatif dari obat ini, tapi klo ada symptoms di bawah ini yg kerasa, baiknya konsul dulu aja ama dokter;

* abdominal cramping, or bloating
* appetite changes
* breast pain, tenderness, or swelling
* brown, blotchy spots on exposed skin
* dizziness
* gain or loss of body or facial hair
* increased or decreased interest in sexual intercourse
* increased sensitivity of skin to sunlight
* nausea
* swelling of ankles and feet
* unusual tiredness or weakness
* vomiting
* weight gain or loss

Mungkin ada juga yang pake diane-35 and bisa sharing jg...yg pasti emang katanya pil ini bukan buat jangka panjang sih, maksimal 6 bulan, brenti dulu n kombinasi ama kontrasepsi yg laen...semoga bermanfaat.


pindahan dari thread bahaya pil KB yg barusan diclose ..

less ego, more heart

6

Topic: Kontrasepsi

Sidta, kalau boleh tau pake pil merk apa ya? aku baru beralih nih dari suntik ke pil KB. Karena masih menyusui Hazel sama dokternya dikasih pil Cerazette. Mungkin mamas lain ada yang pake merk ini?

Maksihh..

@emaknyahazel

7

Topic: Kontrasepsi

dewiamel pengalaman salah seorang temen, iud-nya bengkok, pas diusg n ketauan bengkok itu dsog-nya bilang wah ML-nya hot bgt ya bu....Trus temen n suami yg mendampingi langsung cengar-cengir n speechless, akhirnya iud dicabut n beralih ke konde....

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

8

Topic: Kontrasepsi

dinda, sempet pake yaz, tp trus ngeflek lama bgt n diberhentiin. skrg masih maju mundur mw pasang IUD, jadi masih rajin kondean ...

mrs tody, wkwkwkwk ... noted, klo pake IUD mainnya pelan-pelan ajah .. :D , konde lagi ... konde lagi ...

less ego, more heart

9

Topic: Kontrasepsi

Sidta bisa ngeflek juga ya pake pil. Dulu pake merk ini juga? Pengen sih IUD, cuma nunggu waktu haid itu yang ga keluar2. Apa memang efek dari menyusui itu ya?

@emaknyahazel

10

Topic: Kontrasepsi

dinda, pil yg mana ? diane yg dibilang bahaya sama buwie tadi ya ? belum nyoba yg merek itu ...
pake yaz, ngefleknya parah bgt sampe kaya haid ga berhenti2 gt ... g cocok mungkin di aku, soalnya temen-temen sepertinya baik2 aja.
belum haid lagi kah ? makin serem pasti bayangin IUD
cerazette kayany udah pernah ada yg review deh didepan ...

buwie, wah klo lgsg steril sih enggak dulu sepertinya ... kasian Asa :P

less ego, more heart

11

Topic: Kontrasepsi

dinda, aku pake cerazzette..udh 3bln ini,cocok kok..ga ada efek samping kyak asi dll sorella,jg pernah sharing di sini ..HTH ya

mother | wife | baker wanna be

12

Topic: Kontrasepsi

Sidta blm haid lagi nih. Makanya pengen cepet haid biar bisa pasang IUD. Kali in dah mantappp, setelah ditimbang timbang daripada ganti2 KB n sifatnya hormonal sepertinya IUD lebih aman. Tinggal cari dokter yang dah pengalaman n jam terbang tinggi. Tapi kapan aku haid lagi ya, masa iya nunggu anak umur 2 tahun (7 bulan lagi?!). Mau suami yang pakai kok ya takut n was was kebobolan. Tfs yaa..

Mami Yo cocok ya mam, masih nyusuin juga? dapat haid ga? Maksih infonya coba meluncur ke TKP nyelidikin si cerazzete ini.

@emaknyahazel

13

Topic: Kontrasepsi

moms, kmrn aku dapat info dr ipar. Dsognya tidak menganjurkan pemasangan IUD ke pasiennya jika si pasien baru melahirkan anak pertama. alasannya dia kurang inget, tp sepertinya IUD bisa menyebabkan pelengketan dinding apa gitu. Jadi kalau pasien tetap ingin pasang IUD, dianjurkan pasang dg dokter lain saja. Mom, ada yang tau ttg ini, jd penasaran soalnya?. Dl soalnya obsgynku ga ada larangan mau pasang kontrasepsi apa stlh melahirkan anak pertama.

14

Topic: Kontrasepsi

dinda, aku cocok kok pake cerazzette ..msh nyusuin jd blm haid..seingetku ini pil progesteron *kl ga salah inget.. CMIIW* jd selama pake pil ini kayaknya pasti ga haid..

mother | wife | baker wanna be

15

Topic: Kontrasepsi

Sidta, bukaaan, maksudnya aku yg pengen disteril aja, kan dah mau 3, udah tuwir lageee, kasian klo ntar nambah lg trus nganter ke sekolah aku disangkain neneknya..hehe...btw, prasaan td nulis di kontrasepsi, eh ternyata salah yaa, makasih dipindahiiin...
O iya buat moms yg pake IUD cek rutin yaa, kakakku ga pernah cek eh dia hamil tuh, ga tau kemana alatnya...hiiii...nyasar dimana coba..., trus yg kerja di mamahku, maklum orang desa ya, bertaun ga periksa, udah kepala 5 sih umurnya,anaknya aja 7... ampe ga bisa jalan tuh bungkuk2, abis ke bidan n dilepas alat alhamdulillah normal n sehat lagi

Always love my happy life, alhamdulillah
@ruribuwi

16

Topic: Kontrasepsi

Rencananya mau masang IUD kalo mens-nya uda dateng, eh kmnr mens-nya koq cepet bgt uda selesai, blun sempet konsul ke obgyn,

Kemarin pas telponan ama mamaqu, kakakqu hamil lg anak ke 4, padahal masi pake KB, huhuhuhu, jadi serem2 juga nih, tapi mikirnya kalo gitu mgkn emank uda harus tetep punya anak kali ya??? *hehehehe jadi OOT*

Smoga mens berikutnya bs pasang deh...

17

Topic: Kontrasepsi

indriani budi utami waktu itu aku juga gak dianjurin dokter pasang spiral setelah ngelahirin. lupa alasannyanya apa, tapi kayaknya mostly dokter2 di sini nggak nganjurin spiral kalau emang kita masih kepengen hamil beberapa tahun lg. soalnya spiral kan bisa tahan 5 tahunan, jadi 'sayang' kalau pasang spiral trus baru setahun dicopot krn pengen hamil lagi. beberapa tahun kemudian, saat kami mantep gak pengen punya anak lagi, yah dokternya gak masalah sih pasangin spiral.. cmiiw yah..

18

Topic: Kontrasepsi

Indriani, Fanny, yak ... makin gak mantep aja nih pasang IUD. kayanya tetep mesti mengandalkan konde dan SPPD sebagai alat kontrasepsi, huhu ...

less ego, more heart

19

Topic: Kontrasepsi

pengumuman - pengumuman :)

Moms semua, akhirnya setelah menunda selama 6.5 thn untuk pasang spiral karena takut dan mendengar aneka cerita horor seputar pemasangan spiral ini, kemarin malam akhirnya terpasang dengan suksesnya tanpa rasa sakit sama sekali..hi..hi...bahkan ngak ngeh pada saat sudah terpasang..karena dokternya tuh kan ngajakin ngobrol..eh 5 menit kemudian..dia bilangnya udah selesai Bu, padahal tuh awalnya pada saat antri di depan ruang dokter udah mikir mau pulang aja karena takut..he..he..(hampir mengulang kejadian 6 thn yang lalu setelah melahirkan anak pertama dan sudah buat agreement untuk pasang spiral dengan dokter, karena takut akhirnya ngajak suami ngacir ke parkir trus pulang kerumah tanpa permisi sama dokter sakingkan takutnya dipaksa pasang spiral..ha..ha..ha)

Duh kalo tau pasang spiral itu ngak sakit, kan ngak perlu selama 6.5 thn ini menggunakan pil, konde, dan suntik yang membuat body semakin melar dan melar he..he...

Smoga spiral ini mau bersahabat dengan my body ya..jadi bisa tenang at least selama 5 thn ke depan dan mulai berdiet ria deh...
*kangen body yang dulu....sorry sedikit OOT

Moral of the story is...kita ngak akan tau kalo belum mencoba ya :)

Sidta,
kalo masih lama mau ngasi adek buat Asa, ngak pa2 kali dicoba Bu utk pasang spiral..siapa tau cocok...cuman tipsnya memang satu relax pada saat dipasang trus pasangnya kemarin aku pas haid terakhir

Mom Putri n Rayhan

20

Topic: Kontrasepsi

Alhamdulilah, setelah melahirkan anak kedua, menyusui selama 6 bulan, ga dpt menstruasi, dan setelah 6 bulan, dpt menstruasi baru pasang IUD, ga masalah tuh, malah baru juga nahan nafas, eh tau2 udah kelar.. cepet bgt proses pemasangannya.

8 bulan lalu, memutuskan utk punya anak lagi, udah dilepas kontrasepsinya, tp ternyata sampai sekarang belum hamil2 juga, hehe.. kayaknya berubah pikiran, krn umur nambah terus, takut kalau umur 40 br dikasih, jadi mending mau pasang lagi kalau bulan ini dpt menstruasi.

Love you my fam, today, tomorrow and forever :)
Be a better person and giving as much as possible

Mama Alifa dan Dammar ( www.adiseko.wordpress.com)

21

Topic: Kontrasepsi

aku pake suntik yg 3 bln......
baca2 di page sblmnya (awal ma akhir doank hehehe)
jarang yg pake suntik ya....knapa ya klo bole tau?
aku jg baru make 2x si...n blom m mpe skr....kupikirpengaruh suntik 3bln ini.....
benul ga?

22

Topic: Kontrasepsi

stmia,
kayaknya pengaruh deh...soalnya sebelumnya aku juga pake kb suntik 3 bln krn masih menyusui, suntik ke-1 dapat m, setelah suntik ke-2 dan ke-3 tidak dapat m, akhirnya aku berhentikan karena badan yang sudah melar menjadi semakin melar he..he...setelah 5 bln berhenti suntik, baru dapat m lagi itu juga jadwalnya berantakan, seminggu m seminggu berhenti, minggu berikutnya m lagi, trus berhenti seminggu, m lagi sepuluh hari akhirnya hari terakhir lgsg pasang spiral deh :)

kalo kata bidan waktu suntik kb itu sih, biasanya ada 2 kemungkinan setelah suntik kb, bisa bertambah kurus or bertambah gemuk..sempat berharap siapa tau kebagian yang tambah kurusnya he..he..ternyata justru sebaliknya :)

sebenarnya sih alasan utama pindah ke spiral juga supaya ngak bolak balik disuntik karena ngak cocok sama pil kb juga...

Mom Putri n Rayhan

23

Topic: Kontrasepsi

oh...klo soal berat badan si stabil....
pas hamil emang mpe 70kg, bgitu lahiran jadi 60kg, mpe skr cuman naik 1-2kg tp trus turun lagi di 60, ya kuanggap stabil si....
nafsu makan emang bertambah sih....tp bb...ya masih berkutat di 60kg itu si.....ilang ke asi babyku kali ya hehehehehe

cuman ya itu...belom mens...
klo ga mens, sel telurnya luruh kmana ya?
aku...takut pake iud hik hik hik

24

Topic: Kontrasepsi

stmia,
waduh ngak yakin deh kemana sel telurnya luruh? apa tetap dirahim kah? soalnya aku jadi bingung dengan schedule m setelah lama berhenti karena suntik kb ini jadi dalam 6 minggu aku 3 kali m, apa rapelan yang berbulan2 tidak luruh itu kah?

* ngak ngejawab malah bikin bingung :)

sama aku takut banget sampe menunda 6 thn-an utk tidak pake iud, kenyataannya kemarin malam pasang bahkan tidak sakit sama sekali ha..ha..parno dot com

Mom Putri n Rayhan

25

Topic: Kontrasepsi

stmia
gw pake kb suntik yg per 3bln. baru 1x suntik kemaren akhir maret, nanti jadwal suntik ke2 akhir juni. kemaren sempet dpt haid kyk flek gt tp berdarah warna merah bukan warna coklat2 aja. lumayan lama lg, sekitar 2-3minggu seperti itu terus. dan badan pun ga tambah melar, kemaren total kenaikan selama hamil 14kg skrg baby umur 2,5bln tinggal sisa 2kg lg. kynya emang krn menyusui ya, wlpn emang bener ko bawaannya jd pengen ngunyah mulu. pdhl wkt abis lahir anak pertama trs pake kb iud ga seperti ini. tp inilah sistem kb yg gw pilih skrg setelah trauma pake iud yg berakhir dg kebobolan jg :D
mudah2an kali ini berhasil, rencana sampe saat ini emang pengen cukup punya 2 anak aja ga mau nambah lg. sempet minta semacam disteril gt. tp pas dokter nanya umur, yak lgsg tidak dikabulkan permintaan gw krn kepala 3 pun masih 2 thn lg.

bab ? atha ? kae ? nda