1

Topic: Breastfeeding

Yenarosa, Mia, Meralda

persis. payudara gue jg gede yang kanan. tiap kali disusuin yg sebelah kiri baby ga mau dan hoek hoek gitu. kalau dipaksain baby malah ngamuk.

PD kiri akhirnya cuma dipompa aja biar produksi ASI ga turun.

2

Topic: Breastfeeding

meralda, mia septiana sisti, cyndewi
thanks bgt moms sharingnya..wiidiiyyhh...azek..ada temen..*lhoh??!* :P
@mer, baru tau niy kalo baby bisa punya PD favorit buat nenen. bs jd yah ??!
sampe sekarang eqe mash ga tau knapa baby wiksa ga terlalu doyan nenen di PD kanan, padahl perlakuan posisinya sama. Jadi sekrg kalo pas dia laper bgt aku sodorin yg kanan, dan dia mau nyedot meskipn cm 5mntan *kebalikan teorinya meralda, hehe, yg penting sukses ya mer* kalo ASI kanan masih mancur ya terpaksa di pompa, sayang klo dibuang bgtu sajah :D selain itu jg ngurangin bengkak. Habis di pompa pun masih teuteuuppp...gede sblah kanan meskpn gak keras lg.

ibunya wiksa :)

3

Topic: Breastfeeding

yenarosa ~ menurut pengalaman gue gt sih.. eh salah maksudnya emang pas keadaan lapar bgt.. hhihih

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

4

Topic: Breastfeeding

yenarosa,
PD kanan gw lebih gede dari PD kiri. karena yg kanan jarang dinenenin. gw lebih PW nenenin pake PD kiri, karena tangan kanan gw bisa sambil geratakin apa gitu (maenin HP, megang remote TV, nulis2, beres2 hehe..)
tapi ternyata gak boleh begitu ya..
yang jelas harus imbang kiri & kanan. kalo baby-nya udah PW di PD yang satu, masukin jari kelingking ke mulutnya (geraham) trus pindahkan ke PD sebelahnya. teknik / posisi nyusuinnya juga mungkin lebih enak yg kiri ya..jadinya yg kiri terus deh.. :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Breastfeeding

moms kenapa sih ibu2 yang berhasil memberikan asi kepada anaknya suka menyerang ibu2 yang tidak bisa memberikan asi? aku jadi suka stress sendiri :( apa lagi kemarin baru baca gimana sheila marcia di serang karena engga kasih asi.. i feel her.. ga semua ibu kan beruntung bisa kasih asi ke anak2 nya.. sedih moms karena di judge yang tidak2 :(

6

Topic: Breastfeeding

mishayou
ya harusnya gak gitu ya, kan orang beda2 alasan, kayak teman aku yang ternyata gara2 sakit jd mengalami penurunan produksi asi. mungkin harusnya tetap respek sama yang gak kasih asi eksklusif ya.
atau mungkin yang di judge adalah mereka yang ternyata memang males repot, kan klo asi harus stand by atau di pompa karna harus kerja dan sebagainya, sedangkan bagi para ibu pro asi, asi adalah hak anak untuk dipenuhi, once again sih harusnya sama2 menghargai aja sih. ni cuma pendapatku ya say :)

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

7

Topic: Breastfeeding

hai mishayou! welcome to TUM yaa! sblmnya gue mau koreksi kata "menyerang" di statement lo, mungkin ibu2 disini bukan 'menyerang' tapi lebih ke memberi tahu. krn as we know, ASI adalah mutlak hak bayi. minimal sampai mereka 6 bulan. tapi, krn berbagai faktor yg mungkin membuat ibu tdk bs memberikan ASI bayinya (tentunya stlh menempuh berbagai cara yaa) pilihan terakhir adalah memberikan bayi sufor khusus bayi 0-6 bulan.

kalo SM itu krn udh memberikan makan anaknya yg msh berusia 3 bln. pdhl kita tau klo bayi itu disuggest utk makan ketika berusia 6 bln.

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

8

Topic: Breastfeeding

sheika, iya bagus untuk mereka pro asi dan berhasil pro asi tapi caranya itu loh.. siapa sih yang ga ingin anaknya sehat. tapi tiap ibu kan ada masalah masing2.. kalau aku maksa asi akunya jadi stress karena tidak mencukupi plus pekerjaan aku yang mobile tidak memungkin kan untuk selalu simpan asi untuk anak aku.. mau berhenti kerja? aku single parent dan engga segampang itu cari kerjaan buat aku yang baru punya baby.. capek rasanya sudah berjuang yang terbaik untuk anakku tapi tetap di judge yang engga2.. maaf yah jadi curhat karena selama ini aku pendam sendiri saja..

thanks meralda, tapi aku sudah mengalami memang di serang bukan di beritahu.. aku tidak mau memperpanjang jelasinnya gimana soalnya bikin sedih aja.. soal sm aku kebetulan sempet baca tweet2 nya dan jujur aku klik beberapa ibu2 yang tweet ke mereka, mereka mocking her behind her back.. so in my opinion itu bukan kasih tau but nyerang.. soal di suggest makan 6 bulan aku sendiri menerapkan itu buat baby aku.. tapi aku tidak mempermasalahkan kalau ada ibu yang mau menerapkan sistem lama.. karena bagi aku tiap orang tua punya parenting style yang beda..

9

Topic: Breastfeeding

mishayou, terimakasih sudah mengingatkan. Jangan stress donk. semua orang pasti menginginkan yang terbaik ya buat babynya. Kita berusaha aja semaksimal kita, sisanya biar Tuhan yang melengkapinya. OK!?
Buat kita ibu2 yang kebetulan berhasil memberikan asix ke baby mungkin ini masukan untuk lebih memilih kata2 yang tepat untuk memberitahu. Pelajaran yang harus kita ingat ni.. :)

??Dianara??

10

Topic: Breastfeeding

mishayou setau saya di TUM gak ada tuh yang "menyerang" seperti kata kamu. kita2 bikin TUM karena pengen para young parents update ttg info2 parenting.. terutama untuk tidak meng-compare anaknya dengan anak yang lain. karena seperti tag line kita, "there's always a different story in every parenting style"...

jadi sebenernya rada bingung, karena pernyataan kamu yang pertama seakan2 yang menyerang itu adalah kami2 disini.

mudah2an ga ada dari kami yang gitu yaa.. karena sama seperti anak, setiap ibu juga punya faktor yang berbeda utk bisa kasih asi atau enggak.

gak usah jadi down ya.. kita2 disini ada untuk saling support kok. jadi kalo ada komen yang bikin down, gak usah dengerin. just hang around with more people who are supportive in any way. karena seorang ibu pasti pengen yang terbaik untuk anaknya... no matter what.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Breastfeeding

Hai mishayou, sheika, meralda..

Kalau menurut gue, maksud ibu2 itu baik, cuma cara nyampeinnya (menurut pendapat gue) kurang tepat kali ya. Jujur kalo gue di posisi SM, gue akan merasa diserang. Gue, meskipun bisa sampai sekarang anak gue umur 9 bln nyusuin anak gue, ngerti gmn susahnya ngasi asi eksklusif buat anak. Apalagi, kalo misalnya kerjaannya emang nuntut waktu banyak. Gue dl auditor, temen2 gue rata2 ga bisa asi eksklusif. Lucky her kalo cuti melahirkannya abis pas low season, at least dia masih bs ngasi asi eksklusif beberapa bulan. Cuma kalo yang cutinya abis pas busy season? Boro2 mau nyetok asi, bisa pulang aja uda untung. Mau resign? Ga semua orang punya kemampuan finansial yang memadai. Memang, itu hak setiap bayi untuk memperoleh asi, tapi please don't judge. Tiap orang tua pasti ingin yang terbaik buat anaknya. Kalo orang tuanya ga ngasi yang terbaik? Mungkin dia emang ga bisa atau emang belum tau. Maaf kalo ga berkenan, just my two cents.. :)

learning is a never ending process
@rhisuka

12

Topic: Breastfeeding

sebenernya ada apa sih dengan SM? ga dapet beritanya disini...

tapi kayaknya jadi OOT kalo dibahas disini. mendingan buka thread baru aja. biar diskusi ttg breastfeeding (how to breastfeed & ups & down breastfeeding) lbh fokus di thread ini.

tks ya!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Breastfeeding

mishayou setuju sama yang sLesta bilang, menurutku TUM ini forum yang paling ramah lho, sesuai sama taglinenya :). coba baca2 page di thread breastfeeding, ga da yang nge-judge kok, jadi ga semuanya gitu kan ? :)
sekedar cerita aja, pernah ketemu sama konselor laktasi, dia cerita, ngomong sama klien/pasien-nya ga sekedar ngomong "ilmu tentang asi", tapi juga gimana cara ngomongnya, dll. jadi kalo ada yang "menyerang", mungkin cara penyampaiannya yang ga tepat, seperti kata rhisuka

bunda cacha dan hafidz

14

Topic: Breastfeeding

sLesTa wrote:
sebenernya ada apa sih dengan SM? ga dapet beritanya disini...

tapi kayaknya jadi OOT kalo dibahas disini. mendingan buka thread baru aja. biar diskusi ttg breastfeeding (how to breastfeed & ups & down breastfeeding) lbh fokus di thread ini.

tks ya!

ngasih baby-nya makanan di usia 3 bulan mba. lalu ada yang "memberi tahu", jadinya malah sm marah2, mungkin karena "memberi tahunya" ga enak, ga tau juga, di twitter *katanya*, blum pny account twitter aku :D

bunda cacha dan hafidz

15

Topic: Breastfeeding

Hi mishayou, salam kenal ya :)
Setuju dg mama2 di atas kalo setiap ibu pasti akan ngasih yg terbaik buat anaknya, dalam hal ini asix, cuman kalo kondisinya emang ga memungkinkan ya gpp.. Gw adalah produk susu sapi karna nipple nyokap masuk ke dlm dan asinya ga keluar dan sampe skrg I still love her so much..
Soal menyerang, kalo dibaca2 dr awal kayanya ga ada deh di TUM, apa ini curhat dirimu aja? Soalnya bener yg slesta bilang, we just need to find supportive people and that is exactly what I've got from TUM (tengkyu urban mamas)..
Iya sih emang nyebelin kalo dgrin org2 ky gitu, tp ya cuekin aja.. As the time goes by, org2 lain akan bisa menilai what a great mother you are :)

Reborn since El was born
@inicrey

16

Topic: Breastfeeding

mishayou
halo salam kenal yaa.. :) menurut gw pribadi ya.. ASIX itu bukan segala-galanya. Gak bisa ASIX bukan berarti dirimu bad parent. Terus bukan berarti ibu yang bisa kasih ASIX otomatis jadi ibu yang baik. Masih banyaak banget faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk menjadi orang tua yang baik. Apalagi parenting itu gak ada sekolahnya. Jadi memang ga ada patokannya mana yang baik dan mana yang salah.. :)
Gak ada yang boleh nge judge dirimu seperti itu, karena setiap orang tua pasti akan selalu berusaha memberikan yang terbaik buat anaknya. Tentunya dengan kapasitasnya masing-masing.
Aku sendiri sangat pro ASI dan sedang berusaha banget agar bisa ASIX. TApi aku pribadi gak suka sama yang namanya breastfeeding NAZI.. hehehe.. mungkin itu kali yaa julukan orang-orang yang suka menyerang ibu-ibu yang tidak bisa ASIX..
Mangkanya gw nyaman banget ngobrol di TUM ini.. Gak ada yang nge judge satu sama lain. Dan gak ada yang menyerang ibu-ibu yang gak bisa kasih ASI juga. Semuanya saling support untuk apapun yang mereka lakukan yang terbaik buat anaknya masing-masing..
So.. Cheer up mama.. :)

17

Topic: Breastfeeding

Semalem gue ke DSA untuk imunisasi, sekalian nanya2 lagi tentang "bener ga sih bayi di atas 6-7 bulan harusnya udah ga bangun malem untuk nyusu lagi?". Kemaren sih nanya2nya kurang enak karena dokternya dipanggil ke RS, ada pasien gawat gitu. Tapi ini intinya:

Beberapa hal yang menyebabkan frekuensi bangun malam untuk menyusu berkurang setelah bayi berumur 6 bulan:
- reflek menghisap pada bayi akan sangat kuat sampai dia berumur 6 bulan, setelah itu akan berkurang
- sebagian kebutuhan nutrisi akan dipenuhi dari MPASI

Beberapa alasan kenapa bayi di atas 6 bulan masih sering bangun malam:
- kebiasaan tidur yang kurang baik menyebabkan tidur bayi tidak tenang, makanya sering terbangun (misalnya lampu kamar dimatikan tiba2, sehingga suasana yang mengawali waktu tidur kurang enak bagi bayi)
- porsi makan yang kurang banyak

Alasan kenapa sebaiknya bayi tidur lebih lama:
- hormon pertumbuhan bekerja pada malam hari saat bayi tidur, kalo bayi sering terbangun maka hormon tersebut kerjanya tidak maksimal

Itu yang gue tangkep, sayang banget ga bisa nanya2 lebih puas. Kalo ada mamas yang punya info tambahan, ato kalo ada penjelasan gue yang salah, monggo dikoreksi :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Breastfeeding

otty
thx infonya ya, berarti benar juga mungkin kenapa baby wajib dibuat lelap supaya perkembangan otaknya maksimal ya.

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

19

Topic: Breastfeeding

otty wah berarti naia tumbuhnya gak maksimal dong? soalnya selama dia masih asi, dia masih suka bangun tuh malem2. walopun bangunnya lebih untuk comfort dan kalo tidur sendiri dia suka panik bangun2 ga ada siapa2. tapi abis itu langung tidur lagi sih.

justru setelah dia di sapih dia tidurnya jadi super nyenyak dan bisa all night gitu. paling tengah2 malem suka kebangun krn ngigo aja.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Breastfeeding

otty, karina (8bln) masih suka kebangun 2-3 kali semalem (tidur dr jam 8 malem sampe kira2 1/2 6 pagi) dan biasanya gw susuin aja dan gak ada 5 menit pasti udah teler lagi, jadi kyk cuma cari empeng aja. Kalo gitu dia benernya butuh nyusu atau cuma mau ngempeng ya? Soalnya kalo dibilang porsi makan kurang banyak, Karina udah makan tim saring 2 kali, puree sayur/buah 1kali, trus sayur/buah kukus buat cemilan 1-2 kali, blm ASIPnya :)

21

Topic: Breastfeeding

slesta Nah makanya gue kan juga melempar topik di sini, soalnya kemaren gue ga sempet nanya2 banyak. Kalo liat Naia sih, sehat begitu ah ya maksimal menurut gue (lho, ga sesuai sama apa yang gue tulis sebelumnya :p).

Tapi IMO ya, mungkin bangun2nya Naia n Karina itu lebih ke ngempeng, bukan laper. Soalnya setelah Naia disapih malah nyenyak kan? Humm... apa yang dimaksud sama DSA itu bangun yang bener2 butuh nyusu ya? N yang ngebuat tidurnya jadi ga pules/ga panjang. Kalo kebangun trus tidur lagi harusnya gpp dong. Ntar nanya lagi deh :) Akhirnya bingung sendiri hehehe...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

22

Topic: Breastfeeding

otty nah iya makanya. gue mah yakin banget kok naia itu bangun itu bukan karena laper. dia bangun karena minta comfort aja. pas abis disapih pun kadang suka bangun tengah malem, minta susu. tapi kayaknya bukan karena laper... dia emng meng-asosiasikan susu dengan comfort.

tapi setau gue yaa.. emang anak asi itu masih suka bangun2 kok walopun banyak juga yang bisa tidur straight thru the night. sebenernya faktornya bukan karena laper aja, tapi bisa juga karena mimpi (ngigo) dan kadang menurut gue, karena kangen sama mamanya :) jadi begitu tau mamanya ada di rumah dan bobo ama dia.. begitu tau mamanya gak di sebelahnya suka panik gitu.

soalnya naia tuh suka gitu. kalo boboknya nempel ke gue, asliii deh dibangunin juga dia diem aja. begitu gue bangun masuk kamar mandi, dia langsung loncat!!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

23

Topic: Breastfeeding

Thanks Ty infonya. Alya belakangan ini suka bangun malem sih, padahal sebelumnya ngga. Kalau dibilang kurang kenyang bingung jg gue. Soalnya dia 2x makan nasi tim, 1x buah, plus asi on demand. Kalo porsi makannya ditambah gue takut minum asinya jd dikit sih..

learning is a never ending process
@rhisuka

24

Topic: Breastfeeding

rhisuka Kayaknya bangun malemnya Alya itu yang dibilang slesta, n yang sempet gue alamin juga. Tiap gue bangun mo mompa, Nara ikutan bangun trus nyari2 gue. Padahal kalo gue diem aja di sampingnya ya dia tetep tidur. Nyari mamanya kali ya... Gue juga takut nambahin porsi makannya Nara, soalnya udah banyak banget. Mana sekarang dia lagi berulah, minum ASIP disembur2. Yang ga disembur cuma air jeruk. Ada2 aja...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

25

Topic: Breastfeeding

mungkin maksud dokternya otty, kalo udah diatas 6 bulan, udah BOLEH ga bangun2 lagi tengah malem. dan udah BOLEH dibiasain untuk susu terakhir sebelum bobo, susu pertama lagi pas udah pagi... jadi ga bahaya dan ga bikin bayi kekurangan gizi... kan kalo masih kecil, ga boleh, tuh....

aina sih emang pas 6 bulan, bangunnya cuma sekali (jam 2an), tapi itu emang dibikin begitu. tadinya jam 12 ama jam 4. pas 6 bulan digeser biar lebih jarang (jam minumnya diundur pelan2. kalo dia bangun sebelum jam nyusu, gue cuma sayang2in aja... kalo nangis, disusuin, tp dikit. begitu ketiduran langsung lepas). trus 1-2 bulan kemudian, gue ilangin sama sekali night feedingnya. tapi dia emang gue schedule sih nyusunya... soalnya biar bisa mompa tengah malem.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia