1

Topic: Breastfeeding

crey mastitis itu bukanlah hal yang bisa dibiarin begitu aja. it can be serious issue. kalo udah kelamaan dan akhirnya malah jadi bernanah, justru malah gak bisa dikasih ke anaknya, some cases malah sampe perlu di operasi. jadi mesti bener2 ditanggulangi dan buruan deh dipijet ya. soalnya bukan kamu aja yang sakit, nanti kasian baby el juga jadi gak dapet asi.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Breastfeeding

Crey,
Kalo sampe meriang gpp koq minum obat pereda nyeri yg kandungannya paracetamol doang. Kalo aku pake Sanmol tablet. Lumayan sakitnya nikmat bgt sampe ke ubun2. Kalo kejauhan ke klinik laktasi, coba urut sendiri or cari emak2 tukang urut deh. Dan kalo gak dipompa, emang tetep harus disusuin, tar makin mampet n makin sakit. Urut pake minyak kletik, olesin Kamilosan or Bepanthen. Kalo ada luka/lecet, lapisin pake nipple shield. Ada nipple shield yg tipis merknya Youngyoung & Camera, ada jg yg tebel merk Chicco & Pigeon. 4 brand ini mudah didapet di apotek. Aku sih lbh suka pake yg tipis.
Bener kata Otty, mending diurut & disusuin drpd makin nyelekit :-(
Dan nikmati aja, kalo sakit atur nafas, mau nangis jg gpp if it makes u feel better.
Berita baiknya, breastfeeding doesn't kill, koq ;-)
Cepet sembuh ya Crey!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Breastfeeding

Tiwtiw,
Hi salam kenal juga ya tiw :)
Sempet bengkak juga ya? Iya deh bsk mo klinik laktasi lagi minta dipijet, thanks ya...

Slesta,
Blum eh ngga bernanah sih shin, tp iya ya bisa jd serius kalo ga ditangani mana gw bolak balik lecet gitu nipplenya.. Sipp, bsk dah memantapkan hati dipijet :) thanks ya :)

Eka,
Iya hari ini dah mulei pijet2 sendiri juga dah googling yg gerakan 30x itu lho..
Kalo lg lecet sih kmrn2 dipakein kamilosan juga..
Meriangnya udah mendingan sih sore ini, abis pgnnya ga minum obat sih.. Tp kalo nanti malem meriang lg, akan dikonsumsi deh.. Panadol biru gpp kan? Abis ga punya sanmol dan itu kan parasetamol juga ya..
Iya nih bsk hrs bawa handuk buat ngelap keringet ma air mata hiiiii tatuuuttt...
Makaseh neh ka :)

Reborn since El was born
@inicrey

4

Topic: Breastfeeding

crey aku jg baru aja ngalamin yg namanya mastitis..sekitar sebulan yg lalu..
sakitnya sama kaya yg kamu bilang..
aku malah sempet konsul ke dokter obs-gyn saking awamnya masalah ini..hehehee
tapi memang mastitis ga ada obatnya selain harus di-massage dan dikeluarkan asi-nya entah itu lewat di-pompa..perah lewat tangan..dan tetap disusuin langsung ke baby-nya.
dokter jg waktu itu nyaranin untuk di massage sendiri..dan dikasi opsi kedua kalo aku ga tega massage sendiri (karena sakitnya bakal ampun2 an), coba minta massage sama perawat di klinik laktasi..
akhirnya aku pilih opsi pertama (massage sendiri) walopun ampe mo nangis nahan rasa sakitnya..dan dikeluarkan lewat disusuin ke baby langsung dan juga diperah lewat tangan.. aku sempat coba pake pompa elektrik tp malah gamau keluar asi-nya..
itu sih based on my experience kemarin..Alhamdulillah 2 hari udah reda bengkak-nya..mdh2an crey cepet reda yah mastitis-nya...

5

Topic: Breastfeeding

Otty, superpippo, tiwtiw, slesta, iyasmommy,
Lapor.. Gw baru pulang dr klinik laktasi abis dipijet ama konselornya dan ga sesakit yg dibygkan *ngusep2 dada* mgkn karna dah 2 hari ini gw kompres, meres dan nenenin lgs dan dipijet jg.. Emang sih td pagi dah ga sebengkak kmrn2 tp kan demi pencegahan ya konsultasi lg :)
Thanks buat supportnya ya mamas *hugs*
Permisi, mo merah lagi ya.. :p

Reborn since El was born
@inicrey

6

Topic: Breastfeeding

glad to hear that crey.. cepet sembuh yaa.. jangan sampe kena mastitis lagi..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Breastfeeding

crey Ikut seneng karena ga sesakit yang dibayangkan :) Pokoknya dijaga jangan sampai mastitis lagi ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

8

Topic: Breastfeeding

crey - ga sakit ya ternyata?
rimaniss - *HUUUGS!* hai rima,slm kenal..huhuhu,gue tau bgt ko rasanya menyusui awal2.Dan lo bukan a looser ko,say! Tenang aja..lo boleh bilang gitu kalo lo ga nyoba nyusuin dan ga nyoba kasih sufor..(ga dikasi mimik samasekali dan dibiarin kelaperan). Apalagi ini lo berusaha ngasi susu ASIP kakak.Jarang2 loh kepikiran gitu ngasi ASIP tp bukan punya sendiri. Yg penting sekarang babynya sehat yaaa..dan jgn pernah ada yg diseselin :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

9

Topic: Breastfeeding

rimaniss first of all, congrats for your pretty bundle of joy. kalo dari cerita kamu sih, it's not your fault kok, soalnya banyak banget ibu2 yang asi nya belom keluar sampe hari ke 3, ke 4 atau bahkan ke 5. sebenernya anak bayi itu bisa bertahan tanpa minum selama beberapa hari setelah lahir, tapi tentu saja ini akan resiko jadi jaundice.

nah, waktu farah akhirnya turun 4ons dari lahir.. wah, itu sih menurut gue normal banget!! soalnya anak yang baru lahir itu, dipastikan akan turun berat badannya, dan within 5ons itu masih wajar loh.

tapi bukan berarti dengan begitu waktu kamu kasih susu formula, make you less of a mother! gak loh. jangan stress & bersedih hati dulu. breastfeeding itu memang gampang2 susah, dan gak semua orang punya experience yang menyenangkan di awal2 breastfeeding. jadi wajar banget kok situasi kamu. lagian, mendingan si anak minum susu karena dia perlu itu kan daripada kekeuh dikasih asi tapi nanti kelaparan?

so don't worry yaa.. jangan bersedih hati. kalau sekarang breastfmilk kamu udah lancar, masih bisa kok untuk tetap bisa kasih asi ke Farah. just keep breastfeed her. karena semakin banyak dia sedot, semakin banyak produksi kamu.. dan pelan2 kurangi aja amount formula milk untuk Farah, dan kamu sendiri mesti YAKIN kalo kamu pasti bisa kasih ASIX tanpa bantuan apa2. yang penting itu kok. jangan terlalu kuatir, gimana nanti kalo ga cukup? dll.. it only makes it worse. just be happy and determined that your breastmilk alone will be enough to feed your baby until 6 months old or even further. PASTI BISA KOK!!

jangan sedih2 lagi yaa.. hayoo semangat! :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Breastfeeding

rimaniss Aduh jangan ngerasa jadi total loser dong... Walopun gue tau sih pasti pengennya ASIX buat anak, tapi menurut gue yang paling penting lo udah berusaha :) Masalah ASIX ato ga, ya bisa dijalanin pelan2 kok.

Gue cerita aja ya (doh yang laen udah bosen kali nih :p) dulu gue juga ngasih sufor setelah Nara lahir. Alasannya sama, gue ngerasa ASI gue blom keluar (dihisap maupun dipompa). Gue tahan 1 hari ga dikasih apa2, ternyata anak gue gelisah kayak kelaperan. Besoknya akhirnya gue setuju untuk dikasih sufor. Gue pulang ke rumah di hari ke-2 setelah melahirkan, nah baru deh gue ngelanjutin perjuangan ngasih ASI. Gue sok yakin aja ASI gue bakal cukup, n ternyata emang bisa keluar :) Jadi menurut gue ga usah menyesali diri, yang udah lewat ya udah, mo diinget2 kayak gimana juga ga bakal bisa muter waktu. Yang penting gimana sekarang aja, Farah sehat, ibunya sehat, n bisa mulai pelan2 usaha untuk ASIX lagi. Tapi harus diinget juga, ngasih ASI+sufor bukan berarti lo gagal jadi ibu. Semangat ya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Breastfeeding

rimaniss mau sharing pengalamanku yaa, tp sebelumnya gw setuju bgt sm apa kata nyanya you are not a looser at all! justru kekhawatiran dan keinginan kuat utk ga menyerah itu yang paling berharga.

Dulu gw dan Akila jg berjuang bgt urusan ASI. Gw bermasalah dgn flat nipple dan baby blues yang agak parah. Smuanya kacau balau dan kynya pikiran gw ga fokus. Akila dgn sabar berusaha minum, ngenyooot aja berjam2 tapi ternyata tanpa hasil krn di usia 1.5 bulan bukannya nambah berat badan malah turun :( sediiiiih bgt. Akila kurus dan sering melet2in lidah (yg ternyata stlh gw browsing itu krn lapar huaaaa..) gw udh ketakutan dia akan fail to thrive! Akhirnya gw 'menyerah' utk mengikhlaskan ga bisa full ASI dan menambah formula supaya anak gw ga kelaparan.

Sempet sediiih dan ga terima bgt kl dia idupnya disokong pake formula smp 50% (minum formulanya udh bnyk bgt, kurleb 400ml/hari) dan bukan dr ASI gw doang, tapi..gmn yah? gw mikir kl maksain idealisme gw pgn ASIX ko kasian bgt akila jd korban. Akhirnya gw mikir yang penting anak bisa minum dan tumbuh dgn baik. Kehebatan ASI tidak tertandingi memang, tp kl minum ASI doang trus blm memadai gmn? Mnrt pendapat gw, masi bagus bisa kasi formula instead of air putih.

Setelah perdebatan batin yang ribet bgt, akhirnya gw menerima dan menjalani aja ASI-Formula combo sambil terus berusaha pompa sesering yang gw bisa, jaga makan dan menata hati dan stress. Berdoa teruuus supaya bisa ASI full.

Alhamdulillah banget setelah 1 bulan gw dan akila bisa lepas dr formula dan full ASI aja..sampai skrng pun dia BLW dan ASI. Dulu itu gw selalu kasi ASI dulu br top up dgn formula. Ga berapa lama si top up ini makin lama makin berkurang sampai akhirnya bbrp kali false alarm, gw pikir masi mau minum, gw bikin formula taunya akila gamau.

Gw rasa keberhasilan kembali ke ASI bnr2 krn lepas dr stress dan nerima dgn ikhlas keadaan yg ga bs ASIX. Setelah menjalani tanpa beban, dan percaya diri, menyusui jadi lancaaarr, ASI jadi banyaaaak dan anak pun kenyang bahagia. ASI is a game of mind. PEDE = rahasia ASI melimpah. Semangat terus yah, ilangin smua pikiran negatif and take it easy. Ga bisa ASIX does not make you less than a mom. Semangaaaat! Pasti bisa :)

mohon maaf yaa kl ga berkenan

12

Topic: Breastfeeding

crey...baru baca! padahal dulu pernah senasib tuh.. moga lancar n ga bengkak lagi ya..ga bakal sakit deh klo massage-nya sambil inget el :)
tiwtiw ~ dulu sempet dibilangin alia pake kol itu, n dibahas juga di fb :)
mau nyoba tapi lupa terus, hehe..alhasil kolnya membatu di freezer :p

13

Topic: Breastfeeding

Rimaniss,
Setuju ama yg dibilang nyanya, slesta, otty dan lei kalo you are not a looser!
Saran2 ama mamas di atas udah bener bgt tuh..
Gw juga sampe skrg masih berjuang ngasih asi (yap, di awal2 gw jg lecet berat, nangis sambil nyusuin, nahan sakit yg aduhai dll ampe skrg pun msh suka lecet dan bbrp hari ini mastitis)..
Cuman mo nyemangatin aja yg penting lo YAKIN lo bisa! Itu aja kuncinya..
Kmrn sempet ngobrol ma tmen gw dan dia bilang kalo proses breastfeeding tuh gampang tinggal tempelin dan dikenyot deh.. Mmh, sempet berargumen karna gw bilang iya caranya gampang tp prosesnya penuh perjuangan that's why banyak yg nyerah juga ngasih asi samsek dan parahnya emang ga cari info samsek jg..
So, u're doing great kok..
Coba ikutin cara lei yg pelan2 nurunin sufor..
Smangat ya! Pikirin farah terus aja :)

Nya,
Ga sesakit yg gw bayangin.. Sakit pas dipijet dibagian yg bengkak tp handuk dan tisu ga kepake :p dokternya ok jg ngajak ngobrol terus jd terdistraksi deh heheh..

Mira,
Iyaa huhuhu.. Untunglah dah mulai membaik nih, thx ya..

Reborn since El was born
@inicrey

14

Topic: Breastfeeding

Crey Yippee..glad to hear that..tetap semangaaattt!!

mirarami01 hihihi,tau aja klo alia yg ngasi tau Mir.tapi ngga pernah dipraktekin juga,soalnya alhamdulillah bengkaknya ngga lama2..katanya ada semacam zat di dlm kol yg bisa ilangin bengkak.gmn tuh bu dok?hehehe..

rimaniss ngasi sufor ke anak ngga berarti jadi 'looser mom'..we just want the best for our baby right?!jadi,apapun pilihannya,tetap semangat menyusui yaaa..ayoooo,kita pasti bisa lulus ASIX!!!

'love to watch Amira sleep'

15

Topic: Breastfeeding

Rimaniss sebenernya kamu dan babymu jauh lebih beruntung daripada aku dan anakku lho.

Intinya aku gagal kasih asi pada anakku dan dia akhirnya 100% tergantung sufor. Aku ga bisa cerita kenapa karena rasanya jadi merasa salah dan sedihhh banget.

sekarang aku hamil anak kedua dan bertekad harus sukses kasih asi ke anakku.

Kira2 ada treatment khusus sejak hamil ga, supaya asi kita nanti langsung keluar setelah melahirkan?
Nanti aku rencananya caesar jd takutnya asi ga langsung keluar seperti saat melahirkan anak pertama
Thx....

16

Topic: Breastfeeding

first of all, biarkan saya menangis lagi TT_______TT
tapi karena senang banyak yang support,,, makasih ya moms...

ayo kita terus berusaha, semangat! doakan saya ya! *udah kayak takeshi castle*

salam! :)

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

17

Topic: Breastfeeding

rimaniss jangan menyerah!!
sekarang anakku juga campur pake susu formula, gara2 telat persiapan ASIP nya cuma 2minggu sebelum masuk kerja,sekarang udah ludes semua, mengandalkan kejar tayang yang kadang ga kekejar :D.

pokoknya hilangkan perasaan bersalah (awalnya susah) tapi lama2 terbiasa. awalnya juga malu kalo ketahuan orang2, gara2 mikir gitu terus rasanya produksi ASI jadi makin surut ajat. Lama kelamaan coba hilangkan perasaan itu n ternyata ngefek ke produksi ASI lo, hasil ASIP jadi lmyn nambah. sekarang Aria minum tambahan sufornya cuma sekali sehari,kadang2 malah bisa full tanpa sufor.

18

Topic: Breastfeeding

Rimaniss, juga mamas yg lagi berjuang buat asinya,
Ayooo jangan menyerah yaa, tetap semangat, insyaAllah kita pasti bisa, amin.

MomAA, congrat buat kehamilan ke2nya ya.
Aku kemaren caesar, alhamdulillah bs langsung keluar asinya.
Saranku, bekali diri dgn segala ilmu ttg per-asi-an, bisa ikutan klas klasi-nya AIMI atau ke klinik laktasi misalnya.
Plus support dari keluarga.
Mudah2an lancar ya asinya nanti, amin

Salam
-Lilik-

bunda shafa-hafiz-reefa

19

Topic: Breastfeeding

rimaniss - ga loser kok :) dan sebenernya ada banyak mama yang ceritanya mirip kayak gitu... termasuk gue (dan ada bbrp mamas di TUM yang kayak gitu juga).

kayak otty, mamas yang lain udah bosen kali denger ceritaku, tapi aina juga kena sufor di umur 1 bulan, soalnya susu gue ternyata dikit yang keluar (gara2 stress kali ya?) dan beratnya bukannya naik, malah turun... mirip kan?

sama kok, waktu denger kabar mesti nambah sufor, gue nangis berhari2 dan ngerasa seperti ibu yang gagal. apa lagi, sebelum lahiran, gue keukeuh abis untuk ASIX. tapi sekarang, looking back 3 taun yang lalu, ternyata susu ga keluar itu sama sekali ga bikin jadi ibu gagal kok... :)

tentang ASI berenti gara2 campur sufor, engga kok. akhirnya, aina minum setengah2... 1/2 ASI (langsung dari PD), 1/2 sufor. ampe 8 bulan, susu gue keluar terus kok. selama elo tetep nyusuin langsung dari PD, pasti susu tetep keluar...

BTW, sekarang puting udah ga sakit lagi kan? dan Farah beratnya udah catching up, kan? sebenernya ada cara untuk balik lagi untuk lepas dari sufor... kalo mau, bisa dicoba :)

1. coba tawarin ASI langsung dari PD disaat Farah blum terlalu lapar. cuma dibiasain untuk sering2 nyusu lewat PD. misalnya, 1 jam sekali... rajin2 aja. jangan nunggu ampe lapar.

2. cobain juga pake Lactation Aid pas nyusuin sufornya... lagi, ngebiasain Farah untuk dapet susu dari PD. gambar Lactation Aid ada di artikel ini (yang helpful juga untuk ibu2 yang perlu relaktasi), scroll ke bagian bawah artikel.

dicoba aja terus, tapi jangan dipaksa... yang pasti, jangan stress dan sedih, karena itu yang bikin produksi ASI berkurang. dibawa santai aja... ini semua dikerjain biar Farah sehat, kan? kalo mama senang, Farah juga pasti senang :D

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

20

Topic: Breastfeeding

jd gatel pengen sharing juga nih..saya punya pengalaman yg rada ekstrim.

kebetulan saya seorang tenaga medis, yg bisa dibilang punya cukup pengetahuan ttg manajemen ASI dan pengalaman membantu pasien yg bermasalah dg ASI. tapi begitu jadi ibu dan harus menyusui, tetap aja rasanya minim ilmu..semua teori yg saya tau entah ke mana saat payudara sy bengkak, tapi ga bisa ngontrol emosi krn bayi saya menangis kehausan (kebetulan sempat disinar juga waktu itu)..jadilah ASI yg keluar makin sedikit. waktu dipompa, cuma sekedar membasahi dasar botol aja!

saya tau dan sadar apa yg sebenarnya harus dilakukan, tapi entah kenapa saya merasa ga mampu waktu itu..embel2 profesi pun turut jadi beban. saya berpikir, apa kata orang ya klo saya yg tenaga medis ini ga sukses manajemen ASInya? pelan2 saya ngatur emosi dan berpikir+berbuat positif dan rasional, dan alhamdulillah semuanya teratasi.

jadi buat rimaniss, ga usah sedih..kita semua cuma manusia biasa kan? semangat ya :)
momAA, kunci utamanya adalah sugesti positif. yakin n pede ya. good luck!

21

Topic: Breastfeeding

Moms..nanya donk..ada yg pernah ngalamin PD gede sebelah nggak? baru 2 hari ini my baby wiksa (2.5bulan) gak mau nenen sblah kanan. stiap ditawarin dia slalu mlengos, gak mau, njilat aja jg gak :( tp pas di sodorin PD yg kiri, blum nempel dia uda buka mulut. jadinya PD kanan keras bgt dan sakit, breaspad smp basah bgt krn asi mancur terus. udah aku coba kompres air hangat dan disemprot shower hanget jg masih aja gak mau nenen yg kanan. maaf kalo uda pernah di bahas di threat sblmnya. tx b4

ibunya wiksa :)

22

Topic: Breastfeeding

yenarosa ~ setauku, kalo bayi itu emang punya PD favorit. jadi dia labih PW di posisi yg itu2 aja.. coba babymu disusuin di PD sebelah kanan, pada saat dia blm 'lapar' bgt.. jadi otomatis gak nolak kan.. cmiiw yaa..

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

23

Topic: Breastfeeding

yenarosa... *ngacung*
awal breastfeeding emang slalu kiri krn bayi nyaman kitanya juga paling enak posisinya...cuman diomelin org2 ntar gede sebelah loh...jawabanku yaahh dari sononya juga udah gede sebelah :P
tapi rada takut juga gede sebelahnya nambah parah..akhirnya dibiasain lah mulai umur 3 minggu pake PD kanan..sampe skrg cenderung dibiasain PD kanan...hwaaa tetep gede sebelah kiri tuuuhh *garuk garuk*
kadang udah ga pede pake kaos ketat...keliatan bo :D

~Aysha's mom~

24

Topic: Breastfeeding

yenarosa, mia, *ngacung juga* PD gue lebih gede yg kanan.. jauuuhh..

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

25

Topic: Breastfeeding

yenarosa hehehe sama, mungkin sebab awalnya juga karena lebih enak nyusuin baby di sebelah kiri kan, kalo kanan kok agak kikuk gitu ngendongnya. aku juga, malah kontras bgt. akirnya aku akalin setiap kiri dinenenin, hbs itu yg kanan dipompa (memang repot) ato sering2 mompa yg kanan. awal hasilnya cuma 10-20ml, tapi rajin gt terus sekarang jd tersamar (kecuali kalo yg kiri lagi penuh buangett tetep aja lebih keliatan gede :D)