1

Topic: Signs of Labor

ciphiedtha
wah, kyknya mesti cek lg ke klinik kalo emang yg kluar byk,biasanya klo lendir yah kental n ga byk, klo aire ketuban ya ngocor trus..pengalaman anak pertamaku,air ketuban pecah tp gada mules2nya, nah karena emg udah rencana c-section jd lsg operasi cito deh, pdhal rencana c-sectionnya masih 4 hari lg. Jd sebaiknya cek lg,kesian bayinya...
metariza biasanya sih kalo mulesnya dah 5 menit skali, teratur, ato ada flek ..periksa aja..palagi kalo dah pecah ketuban...kemarin aku pas lahiran normal anak ke-2 siy, kontraksi dari hari rabu, ga teratur, tp terus2an sampe hari seninnya dah kuat bgt kontraksinya trus flek dan lahiran...mudah2anlancar ya semuanya....:) dido'akan lancar,sehat,slamat...

~Just simply enjoying my [email protected]@M moments~
Add me on facebook, follow me @fifinelaraissa

2

Topic: Signs of Labor

to chipidieta dan metariza, aku blum pernah ngelahirin sih, blum ngerasain langsung, tp skrg udah 37 weeks, dan kalo kesimpulan dari apa yang aku baca dan denger dan pelajari, ada 3 indikasi tuh, air ketuban pecah ( harus buru2 kedokter, krn ga boleh keabisan), ada flek plus lendir ( brati mulai ada 'luka' atau mulai kebuka, ga harus buru2 apalagi anak pertama ), atau kontraksi yang teratur ( rahim uda mulai ancang2 reaksi yg akhirnya ntar bisa flek/mulai bukaan, atau mecahin ketuban ).

Kalo kata bu Bidan ( FYI,gue agak lebih dengerin bidan RS secara doski perempuan, uda pernah ngelahirin, dan lebih ngerti proses lahiran :D >menurut gue yaa ), kalo untuk anak pertama..bukaan itu 90% akan terjadi diwaktu yang panjang, karena belum pernah. Jadi ketika terjadi kontraksi atau flek.. ga usah panik dan buru2 kerumah sakit, santai aja.. mandi2 aer anget, dan ga perlu lari2. Karena mulai kontraksi dan atau bukaan 1, ampe bukaan lengkap (10) itu bisa makan waktu lebih dari 6 jam.

Nah, peer nya cuman buat tau, apa / mana yang namanya kontraksi itu.. kalo ketuban pecah kan jelas yaaa.. aer ngocor kayak pipis ga brenti ( langsung GO ke RS ), kalo flek/uda bukaan juga jelas, karena bentuk fisiknya ada lendir merah/pink di panties kita.. Naa.. kontraksi itu buat yang belum pernah agak nebak2.
Beberapa bilang..rasanya kayak mules mau pup... beberapa bilang kayak kalo lagi sakit pas menstruasi. Nah, ada 1 nih ciri2 yang kayaknya bakal gue inget2 terus dari bu Bidan.. yaitu :
1. Perut mengeras diseluruh permukaan. Bukan hanya di depan.. tapi seluruh perut, sekeras kalo kita mencet helm batok. Dan rasa sakitnya menjalar sampe pinggang.
2. Kontraksi, rasa sakit diperut yang teratur..wah..gue lupa ni.. kalo pengetahuan standar kan kontraksi tiap 5 menit sekali.. tapi menurut bu Bidan itu.. kontraksi teratur..mm.. tiap 5-10 menit sekali.. dan durasi rasa sakitnya slebih dari 3 menit..kalo ga salah..
Jadi bukan hanya interval sakitnya..tapi lama sakitnya selama interval itu juga.

itu.. katanya bu Bidan yaa..bukan pengalaman pribadi :)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

3

Topic: Signs of Labor

hai Tickzie!
ktmu lg di sini..tnyata hampir sama yah usia kandungannya..aq dah 38minggu dan skrg lg nunggu gejala kontraksi..slama ini mules yg prnh ngerasain mules mau BAB doang *maap jorok*
kmu kpn edd-nya? dokterku blg mulai tgl4 oktober dah hrs siap2..rencana mau nglahirin di KMC jg ya? *eh ini oot ya* bisa2 qta tetanggaan nanti kamarnya :D

lagi bingung sm braxton hicks..dah bc sana-sini koq msh blm paham juga ya..blm pernah mules yg kayak gtu..apalg kontraksi yg benernya..pdhl dah 38minggu..

4

Topic: Signs of Labor

Gitaaa!
AHahhahha.. iya niih.. disini2 aja kita :).
Gue 37 jalan 38. Beda seminggu kita. Dan yak KMC. Tar kita janjian ya ditempat lain :P, takut OOT hihihih.

Gue dulu pernah keguguran ( ga tau kalo hamil muda ), dan kantong rahim keluar, dan mules+sakitnya luar biasa. Jadi kira2 aga tau lahkayak apa sakitnya..soalnya kata dokter itulah namanya kontraksi.

Tapi ya itu..menuju kontraksi hebat itu, tandanya perut kenceng banget, kerass.. sampe ke pinggang blakang. Keringat dingin, paha dingin dan kayak ga bisa jalan ( ngelayang gitu ).

Kalo braxton hicks..katanya, sakit, melilit, mules kayak mens, tapi ya gitu,.sesaat aja, ga teratur intervalnya. dan lamanya. Gue uda beberapa kali kerasa tu, melilit, nyeri di miss V, tapi ya udah..gitu aja.. paling banter 2 kali sakit nyut2an... Kalo nyerinya ga brenti2 dalam sejam.. baru tu beneran.

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

5

Topic: Signs of Labor

@ Gita & Tickzie
Kesimpulannya...kontraksi sebenarnya klo dah berlangsung secara berkala, rasanya kaya perut mules/kram melilit kaya mau mens. Tapi makan lama mulesnya tuh huhuy bukan main sakitnyaaa :D
Kalo braxton hicks datang dan cepat hilang....dan ga ada peningkatan rasa sakit.
Hehehe...kadang lupa apa yang dipelajari klo ntar dah ngerasain :p
Nikmatilah...itulah pengorbanan seorang Ibu ;-) Dan kalau dah lihat bebenya...waaaa berasa bahagiaaaa tiada terkira, ditambah klo ngalamin IMD, wuiw...magic :D

~AmbunyaQla&Kei&Kinza~
cerita @ginakecilmungil

6

Topic: Signs of Labor

Tickzie,
duh..serem bgt baca crita ttg kegugurannya..skrg dah ga b'masalah lg kan? lucu yah klo lahir barengan,kamar sebelahan,baby-nya dikenalin dr lahir :))
tnyata kontraksi gitu ya...kayaknya blum ngalamin deh..entah kenapa gw b'harap si baby lahir jauh sblm EDD-nya *deg2an klo nunggu lama*

AmbunyaPasukanKa,
bagian sakit mulesnya yg huhuy itu tuh yg bikin cemas :))

7

Topic: Signs of Labor

Ternyata nunggu lahiran itu lama ya...
Keluar lendir + darah udah 18 jam yang lalu..
Ke RS 9 jam yang lalu, pembukaan masih 1, walhasil disuruh pulang
Trus sampe skarang kontraksi masih gitu2 aja intensitas dan durasinya...
Stress nungguinnya nih... Nungguin kapan si sakit yang menyayat nyayat itu muncul..

Enjoying Motherhood

8

Topic: Signs of Labor

suciww sabaaarr dan smangattt yaaaa *hugs* jangan stress biar bisa normal, smoga lancar yaa persalinannya dan babynya sehat. Nanti laporan ya kalo udah hehehe :)

Reborn since El was born
@inicrey

9

Topic: Signs of Labor

suciww wah udh mau lahiran yaa...mulai berasa maknyus pembukaan 5 keatas, mulai pembukaan 8 berasa kyk mau pup tp belum boleh ngeden sampe pembukaan lengkap. tp don't worry insyaAllah bisa melalui dg lancar mom n baby sehat walafiat ya :) amiin

bab ? atha ? kae ? nda

10

Topic: Signs of Labor

sabar ya suciww.. jalan-jalan aja terus.

And thelilsolder is back. Fire!

11

Topic: Signs of Labor

wah, suciww udah lahiran blum ya sekarang...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Signs of Labor

sudah lahiran...
Pas di saat2 trakhir tgl 11-1-11, jam 23:59 .. Mepet abisssss
Alhamdulillah, dari jam 7 malam pembukaan masih 1cm.. Bisa lengkap di jam 23.30.. Ga pake induksi pula...
Langsung digenjot ngedennya... Lahir deh si bayi perempuan.. 3,480kg, 49cm.. :)
Namanya masih dalam diskusi hehe

Spy ga OOT : sign of labour yang muncul di gw urut2annya : Keluar lendir+darah - Kontraksi yang nakin lama makin intens frekuensi dan durasinya.. Ketuban dipecahin sama bidan setelah pembukaan 8.. Sesudah dipecahin yg namanya kontraksi itu semakin menggila karena udah pake mules..
Tapi.. Rasanya puassssss banget.. :)

Enjoying Motherhood

13

Topic: Signs of Labor

suciww
congrats dear!! semoga selalu sehat :)
masih sempet di tanggal cantik (kurang 1 menit hehehe)

And thelilsolder is back. Fire!

14

Topic: Signs of Labor

suciww..selamat ya, senangnya ada anggota baru di keluarga. btw baru denger ttg mecahin ketuban..gimana caranya mecahin ketuban ya?, memang ketubannya nggak pecah sendiri ya?

15

Topic: Signs of Labor

suciww, selamat yah, Alhamdulillah senang mendengarnya semua berjalan dengan lancar. Dari 1 sampe 10 lumayan cepet juga yah prosesnya,
Btw agak OOT, ultah dedeknya sama kayak ultah suamiku tuh, hehehe...

Uminya Kiera dan Rania

16

Topic: Signs of Labor

suciww
alhamdulillah...congrats ya :) welcome to the world lil baby girl *huuuggss*

bab ? atha ? kae ? nda

17

Topic: Signs of Labor

suciww
congrats yah say...met begadang..hehehe..:)

Orion ganteng karena mamanya juga ganteng

18

Topic: Signs of Labor

suciww congrats yaa masih dapet tanggal cantik :D senangnya.... slamet begadang juga, tp tenang, TUM 24 hours kok nemenin hehehe, ya ga mamods? :p

Reborn since El was born
@inicrey

19

Topic: Signs of Labor

ooo jadi gitu ya tanda2 mau ngelairin.. duedate ku masih bulan maret nih..
bisa jadi referensi nantinya :D.

buat suciww, alhamdulillah, selamat ya mbak.. anaknya sudah lair dengan sehat dan selamet ;).

20

Topic: Signs of Labor

suciww
congrats yaa... bener kata crey, dapet tgl cantik.. buat si cantik, hehe...

Working mom who wants to do it exclusively, especially for my 'Athar"
Tweet me on : @Anggie_mamAthar l My world on : http://maylav.blogspot.com/

21

Topic: Signs of Labor

mom suciww selamat ya, wah bener tuh tgl cantik untuk si cantik

"hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita"

22

Topic: Signs of Labor

suciww : Slamet y udh lahiran mana tanggalnya cantik bgt :)
Wah cepet bgt y dr bukaan 1 mpe lengkap

23

Topic: Signs of Labor

wahh telat nih baca thread ini.. congratz yah suciww moga2 sehat semua baby & mommy-nya

sekalian mau share, kalau aku dulu sempet mau melahirkan prematur gara2 ga tau bahwa tu perut uda kontraksi selama seminggu lebih pas sekitar bulan ke-8 heuheuheu. Jadi ceritanya kan pada bilang jalan kaki tu bagus buat proses ngelahirin nantinya jadi lebih cepat & otot2 panggul lbh kuat. berhub aku emang sebelumnya kemana2 sering jalan kaki jadi aku lbh getol jalan kaki dari bulan ke-7 pulang pegi ngantor jalan kaki, sabtu minggu hunting keperluan bayi jalan kaki. nah pas menginjak minggu ke 33 kok perut bag bawah agak sakit & kaya ada yg ngeganjel aku pikir kecapean krn aku kalau jalan suka cepet2 kebiasaan dr sblm hamil. jadi sejak itu pelan2 jalannya. nah pas jadwal checkup di minggu ke 34 si dokternya liat aku pegang perut bag bawah ditanya kenapa, aku bilang agak sakit semingguan ini. langsung heboh periksa dalem trus disuruh rekam jantung janin plus disuruh pake kursi roda. setelah keluar hasilnya sukses dimarahin si dokter krn kontraksinya uda terus2an 3-5 menit sekali & digrafiknya peaknya lumayan tinggi2 tp akunya ga tau itu kontraksi abisnya ga mules :lol: kepala si baby juga uda di bawah. langsung disuruh rawat inap, disuntik & dikasih obat buat meredakan/mengurangi kontraksinya & buat mematangkan paru2 janin takut keburu brojol prematur. suami ampe bingung malah akunya tenang2 aja aku bilang gpp dedenya blm mau lahir sekarang kok & ternyata betul :cool:

sekitar sebulan kemudian baru deh mulai dapet kontraksi lg (taunya kontraksi ngikutin petunjuk suster gimana ngebedain perut kenceng krn babynya lg gerak/nungging dengan kenceng krn kontraksi, yaitu dengan megang bagian puser kalau kontraksi keras banget kaya papan ga bisa dipencet)
16 & 17 Jun 2010 malem kontraksi 10 menit sekali tapi satu jam kmdn berhenti jd cuek2 aja
18 Jun 2010 jam 8 malem kontraksi lg 10 menit sekali cuek aja paling2 juga kaya kemaren2. eh tapi kok ampe jam 12malem ga ilang malah jadi 5 menit sekali & pas pipis ternyata ada flek dikit mulai mikir wahh kayanya ini uda mau waktunya nih tapi masih blm bilang ke suami yg lagi siap2 nonton world cup *jangan ditiru yaaahh...* jam 1an malem baru mulai berasa mules & sakitnya melingkar sampai ke pinggang & punggung plus fleknya tambah banyak. akhirnya bilang ke suami tp pas ditanya mau ke rumah sakit sekarang ga? aku jawab bentar lg deh liat dulu tambah parah sakitnya & makin deket jarak kontraksinya ngga (berhubung tengah malem shg ke rumah sakit paling lama 10 menitan).
19 Jun 2010 01.30 subuh akhirnya berangkat ke rumah sakit, ternyata uda bukaan 6. setengah jam kmdn bukaan 7. jarak bukaan 8,9 & 10 @ 1 jam & ketuban dipecahin ama susternya kalau ga salah pas di bukaan 9.
19 Jun 2010 05.20 akhirnya lahir my baby boy maju 11 hari dari edd-nya setelah pake acara ngedennya salah & sempet pake oksigen krn detak jantung janinnya mulai turun. semua cape, sakit, lemes hilang semua langsung jadi seger deh. and you know what.. anehnya aku bener2 seger sampe ga ngantuk ga bisa tidur sama sekali seharian itu baru tidur tengah malemnya lagi. btw waktu itu kita sengaja cuman berdua ke RSnya & suami lupa ngabarin orang rumah pas udah lahir malah sibuk bbm-an ama temen2 & baru ngabarin orang rumah setelah aku ingetin setengah jam kmdn, parraah :P

hihi maap yah jadi panjaaaangg.....

24

Topic: Signs of Labor

Makasih semuanya.. :)

Iya.. Gara2 pembukaannya cepet banget, sempet bidannya curiga kalo gw minum obat yang bikin kontraksi (gastrul, dll) atau rumput Fatimah hehehe.. Duuh kesannya gw niat bangettt gitu ya mau lahir tanggal segitu :D

@ indriani budi utami iya.. Ketuban itu bisa pecah alami (ga diprovokasi), bisa juga pecahnya disengaja.. Biasanya kalau pembukaan udah lumayan besar, bidan/dokter mecahin ketubannya supaya kepala si bayi lebih cepat turun ke mulut rahim..
Kenapa ditunggu pembukannya besar dulu ? krn kalo ketuban udah pecah, risiko infeksi >besar, jd ditunggu smpe pembukaan besar krn dengan asumsi bayi bakal segera lahir..
Cara mecahinnya (yang gw tau) biasanya waktu periksa dalam, sambil masukin alat yang ujungnya tajam , trus dicoel deh si selaput ketubannya..

Enjoying Motherhood

25

Topic: Signs of Labor

@ indriani budi utami ketuban juga bisa pecah cuma disenggol sama tangan dokter obgyn... kejadian sama gw, waktu periksa dalam udah bukaan 5, kesenggol sama tangan dokternya dan pop! pecah dan mules makin jadi tapi bersyukur karena proses gw melahirkan Darren cepet banget.

flek, lemdir jam 4 subuh, jam 1 siang hari yg sama Darren udah nongol.

Tipsnya, sering jalan kaki, nungging dan jongkok

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com