1

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

trias.kelly wrote:
Dear all mamas mo nanya dong, ada ga yg ngalamin pas puasa babynya jd mencri2 gitu?


ini aku banget.... Anakku juga diare kok! Malah warna pupya jadi ijo gitu. selama ramadhan ini aku baru 4 hari puasa *malu dueh!*
ga tau ya apa hubungannya, menurut tetanggaku *bawa2 tetangga* dia juga gitu. Aku nanya budheku yang bidan, beliau juga ga ngerti.

Mngkin, ke anak beda2 efeknya klo ibunya puasa.

2

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Iya, batal lg puasa gw hari ini. Jd total sampe hari ini udh bolong 2 hari puasanya :(
Td pagi sebelum berangkat kantor mual bgt trs muntah, keluar deh itu makanan wkt sahur. Di mbl otw ke kantor muntah2 lg, masih keluar jg makanan wkt sahur. Di kantor udh ga keitung brp kali bolak balik ke wc utk muntah :( akhirnya jam makan siang buka puasa n pulang krn udh ga tahan lemes n pusing bgt.
Insya Allah besok2 akan lebih berhasil puasanya :) amiiiinn...

bab ? atha ? kae ? nda

3

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

mamas...aku mo laporan nih
sejauh ini aku puasanya dah bolong 2 hari,gara2nya zahra semaleman gak tidur alhasil pas waktunya sahur aku malah gak bisa bangun jadi baru puasa sampe jam 1 siang mata udah berkunag kunang,akhirnya aku batalin puasa.
semoga besok-besok puasanya lebih lancar
oiya,aku minum habibatussauda alias jinten hitam yg bentuknya kapsul.ternyata ngaruh,produksi ASI meningkat bahkan sampe merembes-merembes lho mom.

love zahra,berumon and books

4

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Yth Mama

Istri saya lagi hamil 29 minggu, dan sudah menjalankan puasa sejak awal tgl 11 Agsustus 2010 karena katanya tidak ingin punya hutang puasa Ramadhan..
Masalahnya pada tgl 19 dan 20 Agustus 2010 istri saya mengeluh sakit /nyeri diperut bagian bawah. Sebagai suami yang selalu siaga dan karena khawatir takut terjadi hal hal yang tidak diinginkan, (selalu bilang bahwa bayinya mau brojol/keluar), akhirnya pada Sabtu 21 Agustus 2010, saya bawa ke DSPOG, dan menurut SDPOG, kalau ada keluhan sebaiknya tidak harus puasa.

Mulai hari Minggu sampai hari ini, Istri saya tidak puasa, padahal ingin sekali puasa. Saya bilang dicoba dulu saja tidak puasa, nanti kalau keluhan nyeri di perutnya sudah mulai hilang, bisa saja puasa lagi.

Pertanyaan saya:
Apakah ada mama lain yg pernah menglami sakit perut bagian bawah setelah menjalankan puasa Ramadhan beberapa hari, atau mungkinkah sakit perut bagian bawah ini merupakan hal yang lazimnya terjadi karena usia kandungan sudah menginjak 29 minggu.

Terima kasih
Wassalam

Abi Annabella

5

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Abi Anabella
saya bumil yg berusaha buat puasa penuh dari awal, tapi berusaha bukan berarti memaksakan..artinya kalo ada keluhan, lebih baik tinggalkan puasanya demi kebaikan diri dan janin. Keluhan2 tsb bisa berupa penyakit (flu-batuk, asma, maag, perut kembung), bisa juga krn efek kehamilan kaya nyeri perut bag bawah.

Setahu saya, nyeri perut ini bs juga disebabkan kecapean (terlalu banyak beraktivitas, turun naik tangga, angkutan umum, dsb), dan saya udah mengalaminya dari trimester awal, sekarang 25 minggu lebih berasa lagi karena janin sudah pny berat dan kadang kalo posisinya lagi dibawah bikin gampang cape, baik cape bolak/ik toilet atau cape kalo dibawa jalan-jalan.

IMO, gak apa-apa ambil rukhshah nya ibu hamil dan menyusui, selayaknya ibadah tdk membahayakan kita kan? sy pribadi, kalo sudah lapar luar biasa atau sekiranya stamina gak kuat, artinya alarm buat buka puasa.. setiap ibu lebih tau keadaan dirinya sendiri kok :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

6

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

soRella wrote:

nyeri perut ini bs juga disebabkan kecapean (terlalu banyak beraktivitas, turun naik tangga, angkutan umum, dsb),dan kadang kalo posisinya lagi dibawah bikin gampang cape, baik cape bolak/ik toilet atau cape kalo dibawa jalan-jalan.

ambil rukhshah nya ibu hamil dan menyusui, selayaknya ibadah tdk membahayakan kita kan? :)


Terima kasih informasinya.
Kalau begitu kemungkinan besar sakit/nyeri perut bagian bawah dari istri saya disebabkan kelamaan berdiri saat melakukan tugas sebagai ibu Rumah Tangga dan sebelumnya memang saya pernah ajak jalan jalan ke Mall, termasuk naik turun tangga.

Saya ingin istri saya bisa melaksanakan puasa Ramadhan, namun saat saya kasih tahu, dia bilang nanti dimarahin DSPOG lagi, karena berat bayinya dibawah normal.

Ya wis , pakai yang rukhsah saja, yang penting, hutang puasa Ramadhannya harus dibayar nanti kalau sudah kuat atau bayar fidyah saja ya, karena saat Ramadhan tahun depan istri saya masih menyusui.

Terima kasih
Wassalam

Abi Annabella

7

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Emak Corby : mw tanya dunks mama mksdny mencrit ini tekstur pupny jd encer or frekuensiny jd sering?
Kmaren saya hari pertama puasa stelah beres nifas, Megumi (1 bulan 21 hari) pupny jd 8x (biasany 3-4x sehari) n mang aga ijo, jd btanya2x juga. Hari ini saya cb puasa lg sambil liat pkembangan Megumi

8

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Abi Annabella
Yak betul...kebanyakan berdiri juga bisa bikin nyeri perut, antisipasinya kalo lg cuci piring ato masak sambil duduk aja pake bangku plastik ky di tkg bakso gitu...tapi bukan berarti gak bole diajak jalan2 ya, kasian kalo kurang gerak juga malah banyak keluhan.

Maap juga nih ya, Abi Anabella...yang paling tau kondisi badannya adalah si ibu sendiri, jadi kalo dirinya merasa gak mampu atau khawatir, ada baiknya jangan dipaksakan disuruh puasa..be wise aja, kalo si ibu mampu pasti jalanin, kalo gak ya jgn maksain :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

9

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Abi Annabella, mungkin si ibu juga harus banyak berpikir positif tentang kehamilannya. pokoknya hamil jangan dibawa jadi beban, jangan takut beraktifitas tapi tetep harus tau batasan ya.. jangan trus loncat2 ato lari2 heboh :D
o iya, sering2 juga ngobrol sama jabang bayi.. saya sih suka ngelus2 perut trus bilang ke dia kalo dia harus selalu sehat, tumbuh dan lahir sempurna, besok jadi anak soleh, dll. hihihi...

multitasking mom and pharmachist

10

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Anak saya memasuki usia 5 bulan, dan selama puasa ini baru batal 3 saja. Produksi ASI memang berkurang namun tidak begitu banyak, masih bisa dapat 300ml di siang hari. Hanya saja ASI nya menjadi encer dan anak saya juga cuman habis 2-3 botol saja saat ditinggal kerja, padahal biasanya bisa 4-5 botol.
Ada mamas lain yang babynya mengalami hal yang sama dengan anak saya?

11

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

hai moms.. ijinkan aq bergabung ya.

aq hamil hampir genep 36minggu dan so far puasa masi full dan berasa kayak puasa2 waktu ngga hamil. ngga lemes, cuma kadang pusing karna setelah subuh tidur lagi. sebelum hamil aq dah beberapa taun diet food combining: ngga ngurangi makan tp mengatur waktu makan dan minum air putih supaya pencernaan lebih efektif dan optimal. jd pas puasa begini jadwalnya:

sahur: minum 2-3 gelas air putih, jeda 30 menit tanpa makan/minum apapun, baru setelah itu makan besar (diusahain protein nabati+karbo+sayur), makan suplemen dr dokter, minum susu kedele Melilea, diakhiri dengan sari kurma Al-Jazira 1 sendok makan.

buka puasa minum 3-4 gelas air putih, minum hidangan berbuka (di rumah mertua hampir tiap hari makan kolak karna bapak mertua ngefans abizz), trus minum segelas air rebusan kacang ijo (tp direbusnya ngga sampe pecah bijinya, ini insyaAllah bagus bwt mencegah anemia dan sembelit selain gizinya sbg kacang2an), abis itu sholat maghrib, ngaji (kira2 udah jeda 30 menit kan?), baru makan buah (apel atau pepaya yg insyaAllah ampuh mencegah sembelit selain jg banyak minum air putih). nah abis itu mandi biar ada jeda waktu lagi karna sebaiknya buah dimakan SEBELUM makan besar dan diberi jeda setidaknya 30 menit. nah abis itu baru makan besar. setengah jam setelah makan besar trus ngemil snack agak berat. abis itu mo tidur jam 21.30an makan telur rebus yg bener2 mateng dan ditutup dgn minum Milo + segelas air putih.

sejak hari pertama puasa sampe sekarang beratku naik 1kg, berat bayi pas hari ke-4 ramadhan sih normal, dan perkembangannya baru tau insyaAllah besok sabtu. tp so far gerak janin selalu ada di sepanjang hari dan paling aktif memang setelah buka.

kalo kata ibuku: asal dokter bilang baik2 saja dan jangan memaksakan diri. kalo ngga bisa PASRAH pada Allah dan yakin, mending ngga usah puasa.

bener jg sih kata ibuku, karna toh kita cuma tau dari mesin USG kondisi bayi kita. itu pun ngga bisa tiap hari dicek jg kan? jd saya sedang belajar berserah diri pada Allah semoga bayi saya baik2 saja.

btw, berat badan para moms gimana saat puasa? berat bayi?

maaf ya sharingnya kepanjangan. FYI, saya bukan ahli gizi, kalo pun ada info2 berbau gizi dan foodcombining itu cuma hasil baca dr berbagai sumber dan kata orang2 yg saya anggap 'ahli'.

@Abi Anabella: sebelum puasa pun saya kadang2 jg merasakan nyeri di perut bagian bawah dan kata DSOG itu normal karna bayinya berkembang sekaligus 'mendesak'.

12

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

@Sorella: beli al-jazira nya di Total bandung, pojok perempatan (kalo ga salah) jalan Riau itu bukan?

13

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

adhya, BB saya sejak awal puasa naik 2kg. hohoho.. BB bayi belum tau deh, soalnya ANC lagi masih awal bulan depan.

multitasking mom and pharmachist

14

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

MilaBgr Biasanya anakku pup sehari dua kali, tapi selama puasa jadi lebih sering (bisa empat or lima kali). Corby udah 5 bulan, jadi pupnya udah relatif teratur. Setiap pup sih ga banyak, kadang dikit banget malah. CUma ya itu, warnanya ijo, jadi lengket banget (kyk pas baru lahir) trus kadang berbusa gitu deh.

Akhirnya aku ngalahin ga puasa aja. Sehari puasa, mencri mencrinya sembuh dua hari kemudian. Kasihan juga. Setengah bulan puasa ini, baru dapet empat saja ha ha....

15

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

adhya wrote:
@Sorella: beli al-jazira nya di Total bandung, pojok perempatan (kalo ga salah) jalan Riau itu bukan?


Waahh...enggak, aku belinya di Total jakarta, deket kantor :) disini ada supermarketnya, jualan bahan-bahan makanan, sayuran, snack impor, dll. Kalo di Total bandung gak tau deh ada supermarketnya ato enggak,blum pernah beli sari kurma di bdg..maap ya.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

16

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

@Sorella: gara2 td mati lampu jd baru baca reply-nya nih Mom.. jd aq terlanjur minta tolong suami beliin di Total bandung tnyata adanya yg merk Ruthab. eh sama dia dibeliin yg itu. wkwkwkw yasudh,, skalian nyoba merk. biasanya kalo beli di Yomart mahal bgt sih: 30.000. anyway.. thanks ya infonya. (maaf OOT)

17

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Emak Corby : iya nih kayany saya jg ngalamin hal yg sama. Hari ini saya g puasa, cuma nyoba 2hari kmaren aja. Puasa yg hr ptama Megumi (1M22D) pupny 8x, pdhal biasany cuma 3-4x, hr kedua 6x n bener aga ijo n kaya berlendir gitu y n bauny ky kecut gitu. Takut dyany blm kuat d ajakin puasa jd saya jg ngalah g puasa deh. He3x masih mending 4hari,saya 2saja...

18

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Adhya
hooo..ya sama-sama, merek apa saja. baru tahu juga kalo Total bandung ada supermarketnya, hehe... *abis klo di bdg gak pernah kesitu*

oh ya, kalo BB saya selama puasa..eng..belum ditimbang sih, baru sabtu besok periksa lagi. mudah2an bisa naik :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

19

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

hai ikutan gabung yaa..

Tahun lalu aku hamil 7 bulan Hazel, konsultasi ke dsog katanya ga da masalah kalau mau puasa, Alhamdulillah puasa saya full 1 bulan penuh (seneng bgt, jaman gadis kan masih kena 'palang merah' hihi). Pengalamanku dulu, minum air putih yang banyak, susu hamil, n banyak makan buah..karena tahun lalu lagi musim2nya mangga sama blewah pas puasa jadilah aku makan 2 buah itu terus2an (doyaaaannn). Sehari bisa abis 1 kg mangga =) So far, kondisi baby baik2 aja...BB ku juga stabil (oia, hamil aku cuma naik 8 kg).

Skg Hazel dah umur 8 bulan, masih menyusui disertai mpasi 3 hari sekali.. aku masih puasa sampai hari ini masih full, sahur makan se-x plus susu menyusui, buka langsung makan nasi.. jeda abis terawih makan besar lagi. Disertai camilan buah ataupun kolak dll. Hazel tetap aktif, ASI nya masih kuat (malah skg lagi tumbuh gigi pertamanya).

Insya Allah kalau kita niatin, ga da halangan untuk ibu hamil n menyusui tetap berpuasa selain pahala juga ngajarin berpuasa pada anak sedari dini bahkan sejak dalam kandungan.

Ini pengalamanku sendiri, mungkin kondisi tiap moms beda-beda ya =)

@emaknyahazel

20

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Sorella: kagak tau apa Total-nya sama. tp yg di bandung ga terlalu gede tokonya.

di rumah ada timbangan berat badan sih, jd tiap hari nimbang terus. wkwkw. tp sebenernya lebih pengen tau berat bayiku..

Dinda: TFS ya.. btw, selama puasa berat badan bayi tetep nambah kan Mom?

21

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

adhya wrote:
Sorella: kagak tau apa Total-nya sama. tp yg di bandung ga terlalu gede tokonya.

di rumah ada timbangan berat badan sih, jd tiap hari nimbang terus. wkwkw. tp sebenernya lebih pengen tau berat bayiku..

Dinda: TFS ya.. btw, selama puasa berat badan bayi tetep nambah kan Mom?


iya, nambah berat baby nya.. nambah lincah juga, n skg lagi numbuh gigi pertama =) min 10 gelas air putih dalam sehari selama bulan puasa (bisa waktu sahur n malam setelah buka).

@emaknyahazel

22

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Dinda: maksudku pas mba Dinda hamil, berat Mbak dan bayi naik kan?

23

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

Mama2 disini suka ngerasa perut mual pas pagi hari ga selama puasa? (kecuali mama yg lg hamil ya.. Hehe). Pdhl gw ud ga tdr stlh sahur trus sahurny jg ga (terlalu) banyak (menurutku).. Gmn cara ngilanginnya ya? TIA

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

24

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

adhya wrote:
Dinda: maksudku pas mba Dinda hamil, berat Mbak dan bayi naik kan?


Naik 0,5 kg bu... total ketika hamil aku naek 8 kg, BB lahir bayi 2,9 kg cukup mungil, tapi jadi gampang waktu ngelahirin normal..

@emaknyahazel

25

Topic: Puasa saat Hamil & Menyusui

MilaBgr Sekarang diriku udah puasa lima hari *bangga dotkom* hihi...

Eh, OOT dikit, Sorella anak HI Unpad ya?