1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

makasih infonya adhya, panggil aja aku yuu, lycka itu nama anakku :)

mbak, berarti apakah kamu tetep memberikan kentang kukus lebih sering dibanding yang dipanggang?

terus yang air liur gitu gapapa kah?

kacang sih memang belum akan kuberikan, as the book :P
cman kemaren pas pergi sempet kasih potongan kacang buncis ke baby L, bijinya udah aku buang terlebih dahulu. potongan pertama dia emut-emut dan pegang, dan akhirnya dijatohin. potongan kedua berhasil dimakan dengan santai dan enaknya. potongan ketiga, ga berhasil dimakan karena potongannya kekecilan.

Happy being iyu for our lycka and for my ilud

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mbak yuu mamanya lycka. hehe.. karna ngga punya oven otomatis ngga pernah kasih kentang panggang. jadinya ya kukus terus :D

kalo soal gagging, emang biasanya memicu muntah juga kalo makannya ngga lama setelah minum ASI/sufor. kadang2 cuma keluar liur, tapi kadang2 susunya ikut keluar juga. jadi memang sebisa mungkin sesi makannya dikasih jeda 30 menit - 1jam kalau pun setelah minum ASI/sufor. CMIIW

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

buibuuuu... kalo untuk ber-BLW-ria bagusnya daging sapi diapain yah? haruskah dicincang halus, cincang kasar, atau seukuran jari? terus cara masaknya digimanain?

makasi ya buibu....

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

ova_zuhri, awal2 ak cobain dikukus n dipotong seukuran genggamanny.tp cm diemut2 n ak takut dia malah keselek. jdny sekarang dicincang halus trus dibikin perkedel, didadar ato bikin bakso

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya wrote:
jadi memang sebisa mungkin sesi makannya dikasih jeda 30 menit - 1jam kalau pun setelah minum ASI/sufor. CMIIW


baik.. baik.. makasih mbak Adhya :)
menu kemarennya balik lagi ke kentang kukus dan melon.
udah bisa mengatur qty yang di dalem mulut kayanya :) jadi ga terlalu sering gaggling nya.

Happy being iyu for our lycka and for my ilud

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mba ova_zuhri.. selain perkedel , dadar, atau bakso, bisa juga dibikin schotel pake makaroni atau kentang atau labu parang. kalo resep bakso bisa seperti resep yang ini tapi ikannya diganti daging sapi. cara ini juga bisa diterapkan utk sumber protein hewani lainnya. oya, resep schotel / makaroni panggan yang bisa dikasih daging sapi bisa liat juga di thread yang ini HTH :)

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

makasi mba rieda dan adhya buat pencerahannya. segera masak daging sapi wiken ini ^^

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

thanks reply-nya ya mbak Adhya :)
btw mau nanya lagi nih, terutama buat para mama yang udah pengalaman menerapkan BLW, umur 6 bulan udah bisa dikasih yoghurt belom yaa? saya pernah baca di situsnya wholesomebabyfood, keju sm yoghurt adalah produk dairy yg udah bisa dikasih ke anak sejak 6bln. tapi waktu saya cerita ke temen yg mpasi konvensional, dia kaget banget karena setau dia yoghurt baru boleh pas 9bln. menurut dia, kandungan yoghurt dan keju di indonesia belom bisa dibilang aman untuk bayi. waktu itu saya nyobain yoghurt utk alanna yg merk Y*mmy rasa natural plain. menurut saya sih rasanya rada ga enak karena gak manis, hehe :D. tapi alanna kliatannya doyan banget, dan pas saya cek poo-nya gak ada yg aneh sehingga saya menyimpulkan bahwa yoghurtnya aman. sebenernya gimana ya moms? tks sebelumnya utk semua saran :)

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

tyazpotter: masa sih wholesomebabyfood bilang dairy product seperti yoghurt udah boleh sejak 6 bulan? kayak pernah baca di situ katanya 9+ lho. saya sendiri sih menunda ngasih ya. baru setelah 9 bulan. tp kalo Alanna ternyata ga kenapa2 ya alhamdulillah :D tp kalo keju,pastikan ditakar sehingga ngga lebih dr 0,4 gram sodium per hari ya. CMIIW

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

hola mamaaas!
baru baca sampai page 77, ilmu yang keserap udah banyak..dan semangat mau coba blw biar ga repot berpuree..

tapi ada yang mau ditanyain ni.. semoga ga salah kamar yaa..
Begini, sabtu kemarin baru aja imunisasi akhtar (5mo).. kata dokternya, karena dia prematur, jadi MPASInya diundur ke 7bulan, sesuai usia koreksinya.. mamas, any comment? :/

Oia mamas.. dulu pernah copy paste waktu ada Q&A tentang makanan pertama blw di handphone.. Eh, handphone nya malah ilaang *hloh, kq curhat* bisakah mama-mama yang baik hati kasih link ke page mana makanan blw pertama untuk 6 bulan.. makacih lho :rolleyes:

Satu hal lagi..maap kalo udah pernah dibahas..baru nyampe page 77 soalnya.. kayaknya dengan metode blw ini banyak yang hajar bleh 3-4 days rule ya.. karena dilihat anaknya gak ada bakat alergi..
Nah, kalau akhtar kelihatan udah bakat alergi.. Pipinya merah-merah kalau saya abis makan tuna.. Dari ayahnya maupun eyangnya (bapak saya) sama-sama alergian..
Jadi gimana menyiasatinya ya? ataukah sebaiknya saya banting setir ke konvensional biar aman?

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

AmaliaPutri..
IMHO,walo nerapin BLW,ga salah jg kok klo nerapin 4days rule.

sbnernya di buku BLW jg disaranin utk ngasih jeda bbrapa hari antar makanan pencetus alergi (kacang,kerang,gandum,stroberi,tomat,ikan,telur,dairy products,dll) supaya bsa ketauan kalo ada reaksi.
apalagi kalo emang ada riwayat alergi di keluarga.
tp ASIX sampe 6bulan udah ngurangi risiko alergi.menyusui selama mungkin ketika makanan2 baru sedang diperkenalkan jg membantu ngurangi risiko alergi. CMIIW.

oiya, kalau dulunya prematur, apakah perlu menunda MPASI apa nggak, ya tinggal diliat aja apa Akhtar udah nunjukin tanda kesiapan makan seperti yg disebutin di buku BLW: bayi bisa duduk tegak walau dibantu (atau dipangku), bisa meraih makanan dan memasukkannya ke mulut dengan akurat, dan menunjukkan gerakan mengunyah. nah..ini brarti cuma bisa diketahui kalo si bayi dikasih kesempatan kan?

Almira ga prematur, tapi baru menunjukkan semua tanda kesiapan itu, lengkap, di umur 7 bulan lebih. Dan baru bener2 menelan dengan sengaja di bulan ke-9. Progress tiap bayi dalam hal keterampilan makan beda2 ya Mom. seperti progress dalam hal tengkurep, merangkak, berdiri, jalan, ngomong, dll.

menu bulan pertama mungkin bisa baca di sini :)

HTH. CMIIW :)

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

hola, mamas. nice to see you again.. hihihi, seminggu menghilang dari peredaran karena on duty :) senang baca thread yang sudah makiiinn panjaanng..
adhya, maaf belum sempet cerita, quarter closure, maak :p
ibu2 yg baru gabung, mana suaranya? gimana blwnya? lancaar?? alhamdu.. lillaah :D
anyways, sekarang hilya udah makin gape maemnya dan porsi minum susunya sudah sangat berkurang dibandingkan porsi makannya. malah kalau disuapi sesuatu pasti di-hap dan dikeluarin lagi untuk dianalisa dan dimasukin mulut pakai tangannya sendiri. hihihihi.
yang mesti digarisbawahi dalam perkenalan makanan padat ke bayi kita adalah kenyamanan ibu dan bayi. kalau salah satu kurang sreg dg metode yg dipakai, sebaiknya ditimbang ulang :) dan.. intinya adalah kita mengusahakan bayi kita mendapatkan asupan gizi yang cukup dari makanan dan asi atau sufor. semangattt!!!

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hello Mommy2!

baru baca2 entah sampe hal berapa, dan kepengen banget nerapin metode BLW-an ini.

adhya : mba adhya keluarin buku BLW versi indonesia ya? CMIIW. mau beli donk mba? (semoga boleh nanya di sini ya ibu mods) saya sempet liat di website nya, bisa kontek kemana?

Btw
kael 6 hari lagi ulang bulan yang ke 5. dari 4 bulan lebih, lehernya memang udah kuat, kalo dipangku udah bisa duduk tegak walopun kadang masih suka mleot dikit2, menjelang 5 bln ini lebih kuat lagi lehernya. dan dari usia 4 bln,kael uda seneng megang2 barang/teether. dan benda apapun yg dipegang langsung meluncur ke mulutnya untuk di isep2 atau digigit2, sampe gigit2 dan ngisepnya juga semangat 45!

yang mau saya tanya! kalau sudah nunjukin tanda2 seperti ini, apakah kael masuk ke kategori siap untuk MPASI ya mom? (terutama metode BLW)

kalo iya, untuk persiapan awalnya apa aja sih mom? (sorry kalo sudah pernah dibahas.. soalnya belum katham ke hal akhir heehe)

Thanks mommy2

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mummyhilya: sama persiiiiissss!!!! Almira kadang2 juga mau disuapin, tapi terus dilepehin lagi ke tangannya, diliat dulu, baru dimasukin mulut lagi. kqkqkqkq.

chikhaDut: walo belum 6 bulan udah nunjukin tanda2 kesiapan seperti itu, mending tetep ASI/sufor eksklusif sampe 6 bulan deh Mom. karna ASIX kan meminimalisir risiko alergi.
kalo persiapannya, karna masih 1 bulan lagi.. mending banyak baca2 tentang BLW aja dulu deh Mom. kalo soal peralatan, ngga ribet sama sekali kok. jadi IMHO, mending ibunya dulu yg persiapan pengetahuan sekaligus mental. kalo udah mantep, insya Allah ngejalaninnya enak kok.
saya kirim via PM ya soal bukunya :)

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Halo buibu..
Akhirnya nimbrung jg stelah menjadi silent reader yg setia. Sblm nabil 6 bln aku udah bertekad 45 mau ful blw. Apalagi nabil udah tampak sangat antusias sama mknan dan masuk2in mainannya kemulut dari umur 5 bln.

Pas akhirnya hari yg bersejarah itu tiba, nabil 6 bulan dan mulailah brokoli sbg makanan blw pertamanya. Eng ing eng..diambil...masuk mulut! Duh terharunya, digigit, muka aneh, kunyah2, lepeh...brokoli tak disentuh lagi, dan tangannya malah kesmping2 kaya lagi nyeimbangin badan (ga ngerti apa maksudnya). Krn tak ada progress, acara makanpun bubar.
Pas gnti ke menu2 lainya (wortel, jagung, ubi,kentang, apel, pir, jeruk baby,anggur, lengkeng) jg begitu. Kalo aku pegang makanannya trus masukin ke mulutnya sih lgsg disamber, tap kalo dikasi ke tangganya lgsg dilepas, kalopun pegang, paling nyoba masukin mulut sekali aja, trus kayanya males. Padahal kalo megang mainan gape bgt megangnya dan masukin mulut dan dikemut2 :(

Kalo liat2 dipoto website blw kayanya babies tuh antusias bgt eksplorasi makanan, dikemut2 ampe gimanaaaa gt, kok nabil engga ya, apalagi sama yg licin2 basah kaya pepaya, mangga, gt, makin ga mau pegang dia :s

Berhubung ibu baru yg gemes pengen liat anaknya makan, akhirnya aku kasih juga via spoonfed. Ehhhh lahap benerrrr, ampe nyosor2..
Hwaaa jadi dilemma. Kadang kalo makan bareng aku kasih finger food aja, ga disuapin, eh dia misuh2 sambil liat piringku, kaya minta disuapin, makanannya sendiri ga disentuh, pas akhirnya aku suapin lgsg hepi dan makan dengan lahap.

Kalo baca2 rata 2 anak mulai tertarik megang makanan sendiri dan menelan dengan sengaja umur 8 blanan ya. Sempet kepikiran spoonfed aja dulu ampe dia bosen ato ampe 8 bln baru lanjut blw lagi. Tapi nanti dia bingung ga ya?

Ah binun...help!

A happy new mom, a proud wife, and a freelance architect :)
http://marissafauzia.blogspot.com/

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

marissafauzia, jangan langsung bilang nabil tak ada progress mam.. :D, biarpun dia ga sentuh tapi dia aware loh sama makanan yg di depannya. Prefer tunjukin cara masukin makanan ke mulut daripada taro makanan langsung ke mulutnya. Progress baby memang beda2... jadi musti bersabar. Kalo blwnya mulai 8 bulan, mungkin pada saat itu kemampuan blwnya (spt mengunyah, mengatur lidah) akan sama spt baby 6/7 bulan cmiww. Justru proses belajar yg konsisten bisa bikin progress blwnya cepet. Semangat!

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

thanks for the link adhya! :D

iya nih, awalnya kepentok dengan salah satu kegiatan blw yang memberi makanan variatif setiap kali baby belajar makan.. Jadi kepikiran akhtar dikasih kentang 3x sehari selama 3 atau 4 hari..hehee... mungkin dia ga bosen, tapi bundanya yang gemesss pengen ganti menu..hihiii..
tapi, moga2 akhtar ga alergian kayak babehnya deh.. :)

sekarang saya lagi mau menyusun menu utk menu blw 6 bulan.. semisal 6 bulan nanti akhtar belum bisa duduk tegak yah mau diundur dulu sampe 7 bulan..sesuai saran dokter..heheee

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

adhya : Thanks mbak, uda di email yah :)

iya mbak, sampe skrg anakku masih ASI eksklusif. Semoga bisa sampe 2 tahun :)

cuman berhubung, bulan depan anaku udah 6bln, jadi pengen persiapan pengetahuan, info, ilmu, buat nerapin BLW.
Saya juga lagi nyiapin mental nih, memberikan info BLW ini ke orang tua dan sodara2 yang ga tau sama sekali mengenai metode BLW,bahkan mungkin kalo ada yg ga setuju. Semoga dari milis dan dari buku yg saya baca, saya bisa kasi info yang bener ke mereka :)

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

sekali lagi,BLW sbnernya bukan metode baru lho.istilahnya aja yg baru ada sjak 2008.anaknya ARTku (skarang beliau dah punya cicit) aja smwa makan ala BLW. koeliz di page sebelum ini jg cerita kalo baru tau dr mamanya bahwa dia ternyata waktu kecil dulu jg bayi BLW. tp memang mungkin populasinya ga sebanyak spoon-feeding dan jaman dulu belum ada internet,jd ga saling tau kalo sbnernya ada ibu2 lain yg udah menerapkan BLW (yg saat itu tanpa istilah). CMIIW.

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

marissafauzia, anakku sampai sekarang 4 bulan BLW-an masih belom gape jg pegang makanannya. Kalau disajikan semangka misalnya, dia bakal nyungsruk2 makan langsung dari meja tanpa mau pegang, kalaupun pegang pasti cuma diremes2. Tapi kalo liat aku pegang, dia langsung tarik tanganku buat masukin makanan ke mulut dia. Tapi tetep aku ajarin dg diberi contoh cara pegangnya trus masuk mulut, pake gerakan slow motion :D Kalau dia masih sabar, biasanya ngikutin. Kalau dah capek dia bakal nangis sambil lempar makanan ke aku minta di pegangin. Sekarang sih caranya makanan ditunjuk sambil bilang "eh eh" ke aku.

Pernah dicoba dengan bantuan garpu, biar dia pegang garpunya instead of makanannya. Lagi2 sampai sekarang belom bisa.

Saya nggak tau apakah memang sifat dia yang maunya "dilayani" atau memang belom sesukses baby2 BLW yg lain :D

multitasking mom and pharmachist

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Uniquenda

Hwaa sama bangetttt...nabil juga lebih milih nyungsep makan dr traynya lgsg daripada pegang sendiri, kalo dipegangin makanannya bs anteng di isep2 lama, tp kalo pegang sendiri sebentar aja udah 'males'.

Trus selama 4 bln jd makannya 'main2' terus mam? Ayo mix sama sponfed jg? Anakku beratnya pas2 an soalnya, khawatir jg kalo makan main2 terus beratnya berkurang :s

A happy new mom, a proud wife, and a freelance architect :)
http://marissafauzia.blogspot.com/

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

wah ternyata metodenya udah dari lama yah mbak Adhya. tapi sayangnya banyak yang belum tau yah, atau mungkin mereka tau metode blw an tapi ga tau kalo namanya BLW.

sejauh ini sih mama saya sendiri, welcome bgt sama metode ini. soon setelah bukunya sampe, saya mau jelasin lebih lanjut mengenai metode ini hehe..

yang aga ribet memang orang-orang disekitar kaya sodara-sodara terutama yang udah tua-tua. begitu saya sounding saya mau terapin metode BLW, mereka langsung cuap-cuap. suara sumbang yang sering kali saya denger,

bayi selama 6 bln kan asi/susu, kasian kalo langsung dikasih makanan padat, kasian lambungnya kalo makanannya ga dipuree/istilahnya mereka dibejek-bejek.

tetep semangaatt deh saya kasi info kemereka!! hehe

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

marissafauzia, ada yang masuk kok...ya masuknya dengan cara saya yang pegang trus dia pegang pergelangan tangan saya trus dia bawa tangan saya ke mulutnya. Itu itungannya mungkin disuapin tapi dia yang atur kapan mau masukin makanan lagi atau maemnya udah. Kasus begitu biasanya kalo maem buah yg gamoang ancur pas digenggam dia kayak semangka, alpukat, pepaya.. atau kalau dia kayak lagi menunjukkan sikap "aku mau maem tapi moh megang". Hehehhehe.... gimana ya jelasinnyaa?!

Setelah mpasi ini memang beratnya gak naik kayak jaman asix. Rata2 200gr aja naiknya. Tinggi badan naik 1cm. Lingkar kepala naik 0.5cm. Hahhaha....

Kalau menurut saya, misal mba marissa nggak yakin, mending gak usah dijalani aja..atau kalau mau yaa di mix. Pokoknya acara makan itu dibikin ibu-anak sama2 senang aja lahh..

multitasking mom and pharmachist

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

marissafauzia, sependek pengalaman nyimak thread ini dari awal, mamas yg sukses BLW tanpa dibayang-bayangi masalah berat badan, rata-rata punya back up stok ASIP yg cukup, atau gak full breastfeeding, atau gak memang bayinya udah pinter minum susu lain. jadi kebutuhan nutrisinya masih tercukupi selama proses pengenalan makanan, sampai akhirnya bener2 pinter makan :)

sekedar saran, coba diinget2 lagi deh tujuan awalnya mutusin BLW-an dulu apa, plus minusnya apa. trus direview lagi sesuai dengan kondisi saat ini. karena sebetulnya, baik BLW maupun konvensional, hasil akhirnya bener2 tergantung kondisi si anak dan lingkungan.

less ego, more heart

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

marissafauzia yoi, mam.. spt kata Sidta direview lagi tujuan makai metode blw.. mungkin ada lesson learnt yg bisa diambil dari kisah blw di previous pages.
Kalau tujuannya karena mau acara lebih praktis, trust me babies are the best home crusher. ever! beberes setelah makan itu pe-er bangeeet. kl konvensional kan lebih rapi dan apik :)
kalau tujuannya mau mengenalkan aneka makanan pada bayi, maka pe-er ibunya lebih banyak, karena mesti kreatif mix and match dan berani coba buah/sayur yg aneh2. hehehe
kebetulan kisah saya+hilya (lumayan) sukses, karena hilya emg doyan makan dan cocok dg metode ini.
Kalau gak salah, Almira putri adhya perlu sebulan untuk belajar masukin makanan ke mulut. gapapa, santai aja.. kalau anaknya laper dan minta makan, kasih aja.. pas kondisi pas, blw lagi. yang penting konsisten, mama.
tips: kalau saya dulu, pas hilya makan, kl saya lagi di rumah, saya akan bikin makanan dia lebih banyak, jadi sambil saya comot juga dari tray nya dan nyam2 dg slow motion+kelebay-an optimal :lol: supaya dia tahu ibunya juga makan itu.. bayi kan biasanya pingin makanan org dewasa, nah ini sebaliknya, ibunya yg ngembat makanan bayi :)
dan, prinsip saya, apapun yg dimakan anak saya harus saya cobain dan harus sesuatu yg saya "tega" memakannya.. hehehe jadi semua resep tms baso tuna/salmon/ayam juga saya yg jadi QC nya. repot, yah? yang penting saya yakin kalau saya aja gak suka tekstur/bau/rasa, masa saya kasih ke anak saya?? *walopun selera bayi beda, i know, tapi ini suara hatiku..*
so, have a wonderful jurney of introducing solid to Nabil! have fun, mummies!
p.s: saya WM, stok kejar tayang, kecuali ada keajaiban dunia *lebay*, anakku gak doyan formula.. jadi blw must work for me ( saya berdoa tiap habis solat untuk ini, seriously!) soalnya kalau engga, gimana welfare anak saya? huhuhu
*curhat, maap mamods* *sit up*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)