1

Topic: Toilet Training

ikutan cerita juga soal TT-nya Arza (17bulan)

Dimulai dari umur 12bulan, pake metode pelan2. Clodinya dilepas pas jam setelah pup pagi-tidur siang, selama seminggu. Lalu seminggu selanjutnya dari habis mandi sore-waktunya bobo. Bobo malam tetep pake clodi. Selanjutnya cuma pakai clodi tiap habis mandi, selama kurang lebih 2 jam lalu dilepas. Selama proses ini ya harus sering2 ngepel rumah...hehehhe
Umur 13bulan, dimulai bobo tanpa clodi..perjuangan berat!!!!karena saya harus bangun tiap kali arza ngulet2 (pingin pipis), belum lagi tangisannya...dalam semalam saya harus bawa Arza sampai 6x ke KM. Proses ini berjalan kurang lebih selama seminggu, lalu arza sakit panas...sempet curiga karena kurang tidur. akhirnya dihentikan dulu, bobo malamnya tetep pake clodi...

Umur 14bulan, dimulai lagi bobo malam tanpa clodi. Seminggu awal masih nangis2 klo dibawa ke KM tapi seminggu selanjutnya arza sudah cuek aja, tetep merem bahkan saat diceboki pake air dingin. Frekuensi pipisnya juga berkurang dari 6x semalam menjadi 2-3x. Pada siang hari juga sudah tanpa clodi..jadi sudah full lepas clodi di usia 14bulan 3minggu.

sebenarnya, agak repot karena arza belum bisa ngomong jadi klo pingin pipis atau pup dia cuma kasih sign aja dengan tarik2 penisnya. dan saya harus terus awasi dia. Susahnya karena saya g bisa terus menemani dia saat harus mengerjakan pekerjaan rumah...jadi terkadang yang masih suka "gagal" sih pup-nya. Walopun belum sampai jatuh di lantai, tapi udah nyampe pantat..."maap agak jorok".

Sejak mulai bisa ngomong2 sedikit2, acara TT-nya memeang menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Jadi di usianya sekaran; 17 bulan arza sudah bisa bilang "pip" dan "eek". Pada malam hari juga cuma pipis satu kali sekitar jam 11 malam, tapi sebelum bobo harus diajak pipis dulu.
IMO, TT emang lebih gampang klo anaknya udah bisa ngomong..tapi tergantung mama dan si anak juga sih mau mulainya kapan...

Ehm,,tapi klo lagi sakit; demam atau batpil arza masih suka ngompol klo malam...itu kenapa ya mommies?jadi dia bobo tanpa ngulet2, tiba2 udah basah aja spreinya.....

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

2

Topic: Toilet Training

Hi Moms,

Jordan (16bln2mgg) uda hampir 1 minggu ini lepas diaper kalo malem, tapi musti di bawa ke toilet buat pipis 2x (pipis sambil merem), kira2 jam 11an ama jam 1an, kalo pipisnya jam 12an, ya 1x aja, pagi2 bgitu bangun, harus cepet2 bawa ke toilet, ato dia pasti bangunin sambil bilang "mama.... Ek" + megangin tititnya.. kadang sekalian pup,

Kalo pup, malah lebih lancar, dari 4bulan uda dibawa pup ke toilet n ampe skrg uda bisa bilang "ek" sambil pegang burung, n kalo aq tanyain "jo mau eek?" Dia pasti menuju toilet.. Juga uda bs nahan pup, kalo lagi diluar dia mau pup, dia bilang "ek...ek" +megang2, aq bilang "mau eek?? Tunggu ya kita ke toilet" ampe toilet lepas celana n diaper digendong deh ke toiletnya baru Jo pup di sana.

Cuma krn kebiasaan, pupnya masi di gendong dg posisi model jongkok gitu juga coz toilet di rmh toilet jongkok, ampe ke toilet umum juga gitu, n emank ga berani suruh duduk juga secara toilet umum di indo kan lumayan kurang bersih,

Kalo ada toilet duduk yg bersih, ya di dudukin, cuma masi tetep dipegangin.

Kalo pipis, masi sering bocor, krn kalo keasikan main, dia suka pipis ajah, abis itu baru bilang "mama, sish.... (Aq bilang pipis itu "sisi" *bhs chinese) sambil nunjuk2 t4 pipisnya..

Kalo pergi2, yg ga lama, ga pake diaper juga, cuma sebelum berangkat suruh pipis dulu, tar nyampe suruh pipis lagi. Ato biarin dulu main2, tar kalo nemu toilet aq ajak pipis, pasti mau. Ato pas mau pulang. Ampe rmh musti ajak pipis lagi, kalo ga mau pipis dia pasti nolak koq..

sering2 diingetin "kalo mau sisi/pipis bilang ya.." Kalo uda ngompol ya dikasi tanyain "koq sisi ga bilang dulu ama mama?"

Smoga dalam bbrp bulan sukses ga ngompol pas malem aja deh dulu, :D soalnya masi nenen bolak balik nih pas malem2..

3

Topic: Toilet Training

share juga mom,quinsha umur 17bln dh bisa pup d toilet... klo dia mo pup psti "ntut" dulu n nepuk bokong sambil ngmong "ma...ma" ,jd dh tau... n krn sy FTM jd bisa aware anytime.cm klo pipis belum lulus,cm klo diapers'y kena pipis 1x dah minta ganti.... hrs lebih rajin n sabar :)

4

Topic: Toilet Training

Fofo dari 2th udah bisa bilang pee tapi kalo mau pee harus dibantu lepas celana dulu(susah ajarin supaya lepas sendiri) pup juga bilang tapi ngga mau di dudukin di toilet,jadi jongkok di lantai gitu..huhu gimana ngajarin nya ya?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

5

Topic: Toilet Training

wah apa akunya telat ya ngajarin..anakku 25 bln br diajarin pipis ke toilet ,, tiap 2 jam sekali.siang-magrib ku pkein treining pants,klo mlm msh pampers..
so far sih gagal krn ngompol terus..jd pas dibawa ke toilet gak pipis,bgitu keluar wc main2 eh malah pipis.
aku br ngajarin krn kuliat anaknya blm siap, sekarang aja enggak mau ngomong kalo pipis ato pup .. pdhl udah pinter ngomong:(
any suggestions mamas? dimana salahnya ya...

*mama si unyil ganteng*

6

Topic: Toilet Training

momcyrill..aku malah br ngajarin anakku TT di usia 26 bulan kok. IMO sih usia kesiapan anak untuk diajari TT beda2 ya.

Awal2 mmg begitu, masih byk ngompol, ga mau bilang pipis-pup, tapi lama2 pasti bisa kok. Yang bikin masih byk ngompol krn selain belum terbiasa, di umur 2 thn-awal, kemampuan anak untuk menahan pipisnya blm baik.

Kalau based on pengalamanku (anakku laki2), masuk usia 2,5 thn kemampuan otot2nya untuk menahan pipis sudah mulai bagus, makanya bisa lebih cepat diajari untuk lulus TT.

7

Topic: Toilet Training

Indriani, mbak ... sepakat sama pernyataanmu diatas.

Asa udah mulai TT entah dari usia berapa, soalnya udah lama banget. dari mulai pup hingga diajak pipis tiap berapa jam sekali. sejauh ini lumayan bagus perkembangannya.

tapi tetep di hati ini ada rasa mengganjal soalnya TT itu lebih banyak peran orang lain, baik ayah-mamah maupun pengasuh. Bukan yang murni inisiatif Asa bahwa kalau kebelet pipis dia harus bilang, tahan pipisnya sampe semua siap (lepas celana dll) baru pipis.

baru seminggu ini, di usia 2 tahun 4 bulan, TT-nya mengarah ke 'inisiatif pribadi' tadi. bener2 murni dari diri Asa karena dari kami justru trainingnya agak mengendor, sempet malah seharian pake pospak lagi. mungkin ini ya, udah saatnya, Asa siap dengan sendirinya.

less ego, more heart

8

Topic: Toilet Training

hmm.. anakku 2 taun 3 bulan masih kecolongan kalo pipis, soalnya waktu diajak pipis dia suka nolak, apa karna belum ngerasa kebelet ya??

kalo pup udah lumayan sering di toilet (di rumah pake toilet duduk ditambahin booster yg buat toddler), tapi kalo pup malem atau dini hari anakku gak mau juga diajak ke toilet..

kalo malem juga blm lepas diaper.. apa karna bundanya yang paranoid sendiri ya, drpd ngompol di kasur.. hehe..

butuh sarannya Mamas nih, gimana biar sukses TT nya.. thanks..

9

Topic: Toilet Training

Sidta..iya bener Sid, setelah nanti deket2 usia 2,5 tahun (bisa kurleb ya, kan tiap anak beda2), akan muncul inisiatifnya sendiri untuk ke toilet kalau pingin BAB/BAK. Jadi kalau aku, pintu kamar mandi ga pernah kututup rapat, jadi tiap ilyasa kepingin BAB/BAK, dia bisa buka pintunya sendiri.

Kalau based on pengalaman anakku, setelah bisa ke kamar mandi atas inisiatif sendiri masih ada beberapa tahap/masa:
[list=1]

  • masa blm bisa nahan pipis terlalu lama, jadi kalau ke mall masih suka ku pakein diaper krn kalau kelamaan nyari toilet umum dianya ga tahan kan gawattt :D[/*]
  • masa suka nahan pipis. Jadi kalau pingin pipis ga langsung lari ke KM kayak biasanya, tapi ditahan2 sambil tetep asik beraktivitas. Begitu sampai pintu kamar mandi langsung brolll..kadang tumpahnya pas dia masih belum sempat melepas celana :(. Jadi orang tua harus rajin2 ngingetin dia untuk ke KM di jam2 dimana dia pipis. Tapi ternyata tahap ini berguna juga lho, soalnya setelah melewati tahap ini ilyasaku (3 yo) sudah bisa bebas dari diapers kalau mau kuajak jalan2 yang lama ke mall dll (> 2 jam).[/*]


    Tapi ini hanya gambaran dari pengalaman anakku ya, tiap anak bisa beda, bisa lebih cepat atau lebih lambat. Orang tuanya yang harus sabar, jangan dibanding2in dengan anak lain.

    BundaNya Farra..Mbak, kalau aku dulu ngeliat perkembangannya dl. Kalau di siang hari dia sudah mulai bisa inisiatif buat ke kamar mandi sendiri kalau dia pingin pipis (jd bukan krn disuruh orang tua/mbaknya, kayak yang diceritain pada Asa-nya Sidta), baru malam hari mulai dilepas diapernya. Gapapa sekali-dua kali ngompol, jadi kita bisa tahu pada jam berapa jadwal pipisnya (di awal2 TT ,biasanya sih sebelum shubuh). Nah, kemudian di jam2 tersebut si anak kita bawa ke KM buat pipis. Awal2 pasti rewel, tapi lama2 terbiasa. Nanti seiring waktu dan perkembangan otot2nya, anak akan bisa kok menahan pipis sampai dia bangun pagi. Kalau sudah sampai tahap ini, biasakan kalau sesudah bangun pagi langsung pipis. Good luck ya mba :)

  • 10

    Topic: Toilet Training

    Hai all....

    Gw juga mau carita nih. So far anak gw, cena (23 months) udah lulus toilet training sepanjang siang dan malam sebelum tidur. Kuncinya cuma satu sih. percaya sama kemampuan anak. Awalnya pas siang cena cuma gw pakein celana biasa aja. pake clodi kalo cuma pas mau tidur. berhasil. trus gw tingkatin, pas tidur siang jg gak pake clodi. sempat kecolongan ngompol satu dua kali tapi setelah itu berhasil tidur siang tanpa clodi dan tak ngompol. Sebelum tidur gw pipisin dan gw bilangin: kalo pipis ntar kalo udah bangun aja ya. jadinya pas dia bangun dari tidur siang pasti deh minta pipis. Sekarang gw nargetin dia jg lepas pampers/clodi pas tidur malam. tapi gw juga masih males mbangunin sih pas malem hari jadinya agak lambat:D

    happy-go-lucky mummy
    tweeting as @thearizkia
    - www.thearizkia.com -

    11

    Topic: Toilet Training

    oh iya mums,

    ada tips gak ya biar bisa lulus toilet training pas malam hari. apalagi gw gak tega mbangunin jg kalo malam gitu (plus males jg kali ya emaknya):D

    thanks,

    thea

    happy-go-lucky mummy
    tweeting as @thearizkia
    - www.thearizkia.com -

    12

    Topic: Toilet Training

    mau laporaannn.. selama ini kan Fofo kalo pup ngga mau di wc yaa. nah setelah beli buku potty training di mamas mall dia jadi mau looh pup di wc. soalnya keren katanya,kayak kk di buku.. hehehe..
    senang

    Love my kids

    twitter & IG : @ndiievania
    blog : https://ndiievania.wordpress.com/

    13

    Topic: Toilet Training

    mamas....

    zia tuch dari 15 bulan kl pup udah bilang & langsung di bawa ke toilet,kl pipis yang suka telat ngomongnya & smp sekarang jarang berhasil, kecuali kl bangun tidur langsung di bawa ke toilet, tapi kok pas umur 19 bulan ini jadi ga mau ke toilet ya? tetap bilang sich, tapi kl di bawa ke toilet ga mau, mlh kadang langsung nangis

    ada saran kah mesti gmn?

    thanks

    14

    Topic: Toilet Training

    mum di toiletnya dkasih mainan atau sticker di kamar mandi, nanti anak jadi ga takut n males, sambil dkasih pengertian tentang pee di wc

    15

    Topic: Toilet Training

    flababy
    ok nich sarannya, thanks y, nanti ku coba :)

    16

    Topic: Toilet Training

    share tentang TT-nya Asa ya ...

    setelah yang dirumah selesai, tinggal gimana kalo harus pipis saat kita lagi jalan-jalan yang agak lama. klo cuma sebentar (misal ikut belanja) memang sudah aman. tapi klo lagi ngemol sesiangan, atau ikut ke kantor, ceritanya lain ..

    pertama nge-mall setelah Asa nunjukin tanda2 siap TT, kita masih pakein dia diaper. tapi siap baju ganti dan wetbag. karena ternyata persiiiis kayak yg diceritain indriani, dia belum bisa nahan pipis terlalu lama.

    jadi dari jeda dia bilang, "mamah, asa mau pipis .." sampe akhirnya ketemu toilet itu, dia udah ga tahan. celana+diapernya belum selesai dicopot udah keburu pipis duluan. jadilah basah semua :D . langsung bersih2 dan ganti celana (plus minta mbak CS-nya ngepel huhu)

    sampai sekarang sistemnya klo keluar masih gitu, pake diapers, tapi klo pipis tetep bilang dan tetep pipis di toilet. diapernya bener2 kering.

    mungkin udah saatnya mamah-nya berani makein celana dalam aja ya klo lagi jalan-jalan :D

    less ego, more heart

    17

    Topic: Toilet Training

    sidta kalo diapernya udah kering, berarti udah bisa dong gak dipakein diaper lagi. sering2 aja ditanya dan kasih tau kalo mau pipis, bilangnya jangan cepet2 yaa.. lama2 nanti terbiasa kok.

    gue nih masih bingung gimana cara toilet train naia untuk pipis malem. krn tetep pake diaper dan selalu penuh kalo pagi2 krn dia kalo mau tidur itu mesti minum. entah minum susu, minum teh, minum air putih. gue udah bilang ga usah minum deh naia, ntar ngompol, malah jawab.. "kan naia auuss". tapi dia tetep belom bisa tengah2 malam gitu kalo mau pipis bangun. jadi ya gue gak ngapa2in sih.. abisan percuma kalo gue bangunin dia di jam2 tertentu, artinya tetep bukan dia yang sadar mau pipis, tapi krn dibangunin. lama2 capek juga emaknya hihihi..

    tapi kalo bobo siang sih udah bisa. bahkan bisa2nya dia kalo mau pipis, ngelindur gitu jalan ke kamar mandi, pipis trus balik lagi lanjutin tidur siang nya.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    18

    Topic: Toilet Training

    sLesTa, iya ... mamahnya ini yang masih belum pede. mesti diberani-beraniin emang, gimanapun juga tahap ini mesti dilewati biar cepet maju :)

    naia lucu amat, ngebayangin dia jalan sambil merem ke toilet .. hihi

    less ego, more heart

    19

    Topic: Toilet Training

    atha (3y1m) problem yg sama ma naia, belum bisa TT malem. tiap mau tidur harus minum susu dan air putih. pas lg tidur pun masih suka minta susu/air putih. dulu awal TT siang pas malemnya bisa tuh suka ngebangunin gw dini hari minta pipis, tp yg dibangunin suka males jadinya sekarang bablas deh belum bisa lepas diaper malem :(

    kl pas lg tidur siang mau pipis pasti atha kebangun lgsg loncat sendiri dr tempat tidur ke kamar mandi, dan ga ngelanjutin tidurnya kaya naia walopun baru tidur 15menit ya udah pasti on ga mau tidur lg.

    nah kl kae (10m) lg TT utk pup, jd setiap menunjukkan muka bengong plus ngeden lgsg diangkut ke kloset. so far sih berhasil ga pernah kecolongan kecuali pas lg jalan di mobil. tp utk pee nunggu bisa ngomong aja deh biar lebih gampang :P

    bab ? atha ? kae ? nda

    20

    Topic: Toilet Training

    duuh.. malu deh kalo liat thread TT ini.. hiks...
    Kembarku 18m, sampe skrg blum bisa diajarin TT. Emaknya gak konsisten *tutup muka, malu, trus ngacir*
    hikss...
    Lagian si kembar masih suka kebalik-balik, "pupup" dibilangnya "pipis". "pipis" malah diem ajaa... jiaaahhh... pdhl udah bisa bilang pipis juga..
    tapi pas lagi ngeh kalo mau pipis, kalo dia pas ada di atas tempat tidur, buru2 turun ranjang, pipis, selesai pipis baru bilang "pipisss.." sambil pasang muka melas... heuheu... mau dibilang, "kok gak pipis di toilet, kakak?" gak tega juga.. krn dia udah berusaha turun ranjang, in case kasurnya gak basah... heuheu.. jadi cuman bisa bilang "yaaa pinter tuh pipis dibawah, kasurnya gak basah yaa... tapi kalo mau pipis bilang bunda, nanti dibantu bunda ke kamar mandi yaa..." tapiiii.. tetep, abis itu kalo pipis dilantai dieem ajaa... fiiuuuhhh.. -__-'
    emang musti konsisten ya ngajarin TT nya???!

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    21

    Topic: Toilet Training

    Wiiih.. seru nih baca2 pengalaman bu ibu semua.. Btw, mo nanya dong.. Alyzza 15,5m kira2 terlalu dini buat toilet training ga ya? soalnya kayanya dia udah ngerti klo pee itu harus di toilet. klo bundanya ke toilet selalu diikutin :p
    ntar dia yang ambilin tisu buat bundanya... hehehe..

    Alypie is my sweetest pie :)

    22

    Topic: Toilet Training

    Sekarang Kai (22 bulan), tetap masih belum bisa diajarin pipis di toilet. Kalau pup dari 7 bulan udah bisa, sejak sudah mulai bisa ngomong lebih gampang karena Kai udah bisa bilang,"Eek!" sambil menuju ke toilet.

    Ternyata lebih gampang ngajarin pup di toilet daripada pipis. Sudah coba training pants juga dari Niessens, tapi tetap aja kalau di bawa ke toilet untuk pipis gak mau, tapi begitu udah keluar kamar mandi, langsung pipis di lantai! Jadinya sampai sekarang masih pakai diaper! Tetap terus dicoba sih, wish me luck!

    Kalau untuk toilet training dimulai kapan, sebenarnya ini tergantung kesiapan si anak. Kata nyokap dulu gw dicoba toilet training waktu 6 bulan dan langsung bisa (sama kaya Kai). Nyokap melakukan hal yang sama untuk kakak dan adik gw. Tapi untuk mereka berdua gak berhasil. Adik gw malah masih pup di celana sampai 5 th! Jadi tiap anak beda walaupun ajarannya sama.

    A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

    23

    Topic: Toilet Training

    slesta, sidta...kalau udah sukses TT di siang hari, TT di malam hari relatif lebih cepat lho, dibanding kalau ngelatih TT di malam hari ketika TT siang harinyapun belum lulus. Mulai dicoba dg asa & naia ga dipakein diaper kalau malam, memang pasti resikonya ngompol di awal2 latihan. Tapi dari situ dia jadi tahu kalau basah2 pas tidur itu ga enak. Terus juga dilatih bangun ditengah2 tidurnya buat pipis, mmg awal2 pasti bakalan ngambek-ngambek, tapi lama2 pasti akan terbiasa.

    Dulu aku pikir lepas diaper malam hari itu nightmare banget, ternyata alhamdulillah proses lulus TT malamnya malah cepat. Mumpung adiknya belom lahir Shin, jadi masih banyak waktu dan tenaga buat ngelatih si kakak lulus TT di malam hari. Caio semangat ya bu-ibu :),

    24

    Topic: Toilet Training

    Mamas,

    Mau share nih. Saya punya masalah utk toilet training. Anakku (13m3w) udah terlanjur trauma sama toilet ya. Jadi susah utk diajarin pipis. Setiap kali masuk toilet dah nangis kejer. Kalo pupup juga kalo dah kebelet banget.

    Emang sih kalo mau pupup keliatan mukanya mau ngeden2 gitu, langsung buru2 dibawa ke toilet walopun juga sering dah kejadian pupup di celananya. Itupun kalo dia dah selesai ngeden langsung minta turun dr kloset padahal belum dibersikan. kalo gak diturutin bisa nangis2.

    Enaknya TT nya ditunda ato gimana ya?? Sekarang sih kalo siang lepas diaper. cuma buat malem ato pergi aja. Kadang kalo lagi mau bobo siang kupakein diaper cover aja ngedobelin celdamnya, biar kalo pipis gak sampe bocor banget hehe..

    Oya anakku blm bisa ngomong, jalan belum lancar banget juga.

    25

    Topic: Toilet Training

    sidta...

    iya sekarang aku juga sudah ga pakein pampers kalo keluar jalan2. tapi tetep aja nyimpen satu dalam tas + plus celana buat jaga2. So far, kalo ke mall ato jalan2 bahkan di kondangan, cena udah konsisten bilang pipis dan pup.

    happy-go-lucky mummy
    tweeting as @thearizkia
    - www.thearizkia.com -