1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

SLesTa iya nih aku ngasi apel kukus akhirnya..enakkk *emaknya yg demen* oiya tadi siang di poonya kaya ada apel kecil2 hahaha.

Gracenat ok, besok belanja alpukat ke pasar ;)

Naqiut wah makasi ya, dpt masukan 1 buah lagi nih..belanja semangka juga ah :)

Berikut laporan BLW sambungan yg kmaren.
- hr 6 (15 Sep 2012) : menunya hari ini pisang yg diambil dagingnya aja. Jadi, kulitnya dibuang, trus lapisan luar pisangnya dikerok pake sendok, ambil dagingnya yg halus kuning aja dicincang kasar pake sendok. Agak susah nih karena benyek banget, tapi bayiku suka. Aku sih ragu ada yg masuk ke mulut atas usahanya sendiri...oiya getah pisang ini bandel banget jd bayiku aku pakein bib dari lurik alas ompolnya :p enak, lebar n bersihinnya gampang. Diiketnya kaya di salon pas mo gunting rambut. Tapi karena dikasi 'bib' ini dia malah sibuk jilatin bibnya juga hihi..

- hr 7 : libur..banyak acara hehe.

- hr 8 - 10 : menu apel kukus. Agak susah dipegang, licin. Lagian kan kudu dipotong memanjang padahal teksturnya agak lembek, jadi sebelum sampai dalam mulut udah lunglai duluan. Ramah gusi ^^ hmmm kali ini Utinya sport jantung takutttt cucunya keselek.
Pagi hari 10, Utinya iseng ngasi biskuit Marie untuk dipegang. Sukses dipegang n masuk mulut tanpa dibantu! Puji Tuhan ^_^ tp krn ngga aku kasi banyak2, diambil lagi sama Uti buat dimakan sendiri. Eh nangis bayiku hihihih, protes mau makanan. Akhirnya aku kasi potongan apel yg tipis tp ngga dikukus. Diisep2 sampai bosen trus dilempar.
Siang hari 10, apel kukusnya dipegang n disedot. Masuk semua ke mulut, bikin Uti kaget...akhirnya apelnya dipegangin di mulut bayiku (tapi diambil n dihantar sendiri ke mulutnya). Eh, apelnya disedot putus ama bayiku!!! Utinya panik, aku tenang2 aja. Aku kasitau aja bahwa klo kita heboh, bayinya merasa anxious, salah2 dia malah parno dan ga mau BLW lagi. Emang bayiku sempet batuk2 ringan tp mulus tuh apelnya raib :) sempet disedot putus sekali lagi n batuk2 lagi, akhirnya Utinya bilang "Udah, aku pura2 ngga liat aja" hihihi.. Tetap aja ujung2nya minta aku cepet udahan dan ngasi air putih beberapa sendok untuk memastikan apelnya udah turun :D

Kesimpulanku sejauh ini: BLW butuh stok sabar untuk melatih si anak memegang dan menyuap makanan ke mulutnya, tapi namanya anak kan suka juga gerakan memukul2 dan melempar jadi pasti berantakan, so mamanya juga harus punya stok sabar liat lantai yg lengket hehe. Yg ga kalah penting adalah stok nekat (terkait masalah tersedak). Penerapan BLW juga harus benar2 memperhatikan anak. Sebisa mungkin BLW dilakukan dalam suasana fun. Jika anak sudah mulai rewel, hentikan BLW. Berikan apresiasi setelah sesi selesai, bisa berupa tepuk tangan atau pujian dan senyum yang lebar :)

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Wah bayi mom monastella hebat langsung bisa megang makanannya.

Bayiku masih belum mau megang, dan bahkan masih belum interest banget dengan makanan, tapi anehnya dia udah bisa chewing (kalau disodorin makanan ke mulutnya). Tadi malam nanya ke FB Fan pagenya BLW, dan ternyata banyak ibu-ibu yang juga mengalami bhw bayi umur 6bln belum tentu langsung interest dgn makanan. Ada yang 7, 8 bulan bahkan sampe ada yg 14 bulan bayinya baru bisa menggerakkan tangan untuk mengambil makanan dan memasukkannya ke mulut. Fyuhh..jadi tenang, dan semakin semangat utk konsisten ber-BLW.
Bagi ibu-ibu lain yang mengalami bayinya masih belum mau megang makanan or even worst not interest in her/his food like mine, jangan khawatir, terus aja ditawarkan makanannya, tp jangan dipaksa. Saya lagi dalam proses juga nih bersabar melakukan ini. Semangat!
Baby led weaning is about trusting your LO when it comes to feed themselves :)

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hallo moms,

Akhirnya 'terjerumus' ke thread ini *halah*. Awalnya hanya iseng saja mampir ke pembahasan ini, kupikir sekadar buat tambahan info, berhubung baby udah hampir MPASU kurleb sebulan lagi. Ternyata makin dibaca cermat semakin tertarik & semakin merasa bahwa metode BLW ini sepertinya lebih cocok dengan karakter baby-ku juga yang selalu maunya apa-apa mandiri, saking aja belum bisa :D

Mau berbagi cerita sedikit aja: baby-ku dari umur 3,5 bulan kebetulan dah mulai aku ajarin dikit2 pegang botol susunya sendiri pakai Tomtip xperia yang ada pegangannya kyk training cup itu, walau tetap dengan dot, jadi bukan pakai spout-nya, dan sekarang sudah lumayan jago manuver-in botol ke mulutnya. Juga dari umur 4,5 bulan sudah tertarik kalau melihat orang makan. Tadinya aku rencana kasih MPASU dgn cara konvensional, krn sebelumnya hanya tahu metode itu, tapi setelah baca-baca di sini (sekarang juga lg baca buku BLW-nya Gill Rapley), dan juga menimbang kelakuan si baby sejauh ini, aku jadi tertarik berat utk nyobain BLW ini ke anakku.

Setelah pas lewat 5 bulan Sabtu minggu lalu, aku iseng aja coba sodorin kentang kukus di piring sambil kupangku, aku pikir toch gak akan ditelan & benar2 dimakan, jadi harusnya belum di-itung MPASU kan? :p Ternyata... tepat dugaanku, si baby langsung sangat amat tertarik mengambil kentang itu walau belum berhasil dibawa ke mulutnya, krn jelas ukurannya lebih kecil dari botol susunya.

Yang tak terduga adalah langkah dia berikutnya setelah gagal membawa kentang itu ke mulutnya dengan tangan, akhirnya kepalanya yg dimasukkan ke piring demi mendapatkan kentang itu, sampai potongan kentang yg lainnya nempel2 di jidat-nya :D Dengan cara ini dia berhasil sedikit menjilat kentang.

Lalu aku pikir sudah dulu acara iseng2 uji cobanya. Nah, daripada kentang itu kebuang, mau aku makan aja. Tapi, baru aku ambil kentang dengan tanganku, eh ... tanganku (yang memegang kentang) langsung ditarik sama si baby dan dibawa/didekatkan ke mulutnya, dan akhirnya kentang itu berhasil dia jilat-jilat dan emut2 sedikit sampai kentangnya 'kepotek' (apa sih bhs Indonesianya?) oleh gusinya. Memang langsung dilepehin lagi krn ukuran yg kepotek itu cukup besar.

Dari percobaan iseng2 itu, aku makin mantap deh mau coba nerapin metode BLW ini ke anak-ku beberapa minggu lagi saat benar2 start MPASU. Mudah2an bisa berhasil seperti mommy2 lainnya ;)

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

meggy monastella

Wah..bayinya hebat2 yaa.. Kalo anakku blm sukses nih BLWnya. Emang ga ada masalah sih sm metode konvensional. Cm DSA-ku nyaranin utk dicombine aja sm BLW bwt latihan. Tapi sepertinya karena udah terbiasa pake cara konvensional, baby-ku (7m14d) ngertinya makanan itu ya yang ada disendok. Prnh dicobain kentangg sm apel kukus dia ga tertarik,huehehe... Trus prnh aku sama suami lg makan pepaya, iseng aku irisin kecil trus dipegangin ke si baby, eh dia cm ngeliatin kebingungan trus dibuang.. :)

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Meggy
Pasti seru banget tuh... Ayo diudate terus perkembangannya yah...

bunda_hk
Kayaknya memang bayinya sudah terbiasa di spoon-fed jadi belum mengerti. Dicoba aja terus :)

O ya dapat tips, untuk membangkitkan keinginan anak untuk makan dgn BLW, sesering mungkin bayi ikut serta saat makan keluarga atau di case saya ketika saya makan, anak ikut makan di hc nya. Baru 2 hari sih dicoba, we'll see...

Update ah, Jordyn udah pinter makan pir! Yeah... Gak dimakan sih sbenarnya...cuma dia mau megang pirnya, dimasukkin ke mulutnya, lalu digigit-gigit sampe patah kecil-kecil (dan dikeluarin deh dr mulutnya hiks...). Seru denger dia 'ngunyah' pirnya... bunyinya 'krenyes-krenyes'.

Siang tadi dia ikutan makan sop bening: bunga kol, tuna, tempe. Kuahnya di sendokin sm omanya. Bunga kol cm dipegang2, tuna disendokin ke mulut dlm ukuran kecil, dia kunyah, trus dilepeh, begitu juga dg tempe.
Karena ikannya amis (direbus plain aja), jadi gak bisa lama-lama acara makannya :)

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

bunda_hk
Mungkin anakmu bingung hrs ngapain dgn benda asing di tangannya :) coba bantu mencontohkan gerakan memasukkan makanan ke mulut aja, atau bantu mengarahkan tangannya ke mulutnya. Aku juga dulu gitu :)

gracenat
Wah bayimu umur brp? Dah bisa ikut makanan orang rumah yaaa..

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

monastella
Bayi ku 6m2w. Tadi siang itu, sop utk bayiku dipisah masaknya, tanpa menggunakan garam :)
Mau mulai dibiasakan masakan rumah mba, tp cuma yg dimasak dg cara direbus, kukus dan panggang aja (tadi juga saya kasih tuna panggang). Niatnya kalau udah berkembang kemampuan motoriknya dalam makan (memegang, mengarahkan makanan ke mulut dan mengunyah) makanannya mau saya samain aja dg papanya. Biar gak repot2. Pastinya harus bebas garam dan gula :)

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mommas,

Berikut laporan lanjutan BLW-nya...
- hr 11 (20 Sep 2012) : menunya pisang, teapi kali ini pisangnya tidak dicincang kasar dan kulit daging bagian luar juga tidak dibuang. Pisangnya hanya dibelah 4 agar mudah digenggam, tetapi ternyata tetap ambyar waktu digenggam. Akhirnya dihisap2 sisa2 pisang di jarinya saja ^^
- hr 12 : berhubung BAB bayiku jadi agak hijau jd pisangnya dihentikan :( diganti dgn apel biasa yg diiris tipis memanjang. Suka2 aja hihi..
- hr 13 : prei..
- hr 14 : menunya adalah alpukat. Aku kasi setengah porsi alpukat utuh. Alpukatnya aku kerok kecil2 dengan sendok teh. Sepertinya habis seperempat alpukat utuh. Gerakan motorik yg menarik adalah gerakan mengambil potongan alpukat dari piring. Alpukatnya diraup sampai ke ujung piring baru diangkat dan diarahkan ke mulutnya ^^. Lalu dihisap2 potongan alpukat yg ambyar itu...gemesinnnn! Akhirnya alpukatnya nyasar2 sampai ke hidung dan pipi..hihihi..BLWnya kita akhiri ketika bayiku menggenggam alpukat tetapi hanya dijadikan mainan, bukannya diarahkan ke mulut. Aku anggap itu isyarat dia sudah kenyang :)

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

monastella gracenat

okeh deh ibu2... makasih ya sarannya.. :)

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mamas, my baby is about to enter his 5th month! and i am so so so excited because its only a month to go to introduce him to solid food, and im willing to use the BLW method because it sounds fun, interesting, beside it has any other benefits too.

jadiiii.. mau nanya kalo baru mau mulai better dikasih finger food apa ya? buah/veggies saja? atau bisa yang lain? terus kalo mau kasih pisang atau brokoli di kukus sampe lunak dulu atau langsung dikasih aja? bantu yaa mamas.. thankyou :)

a proud ISFP* mother of Keanu and happily married to Kevin Sugiharto.

*if you don't know what that is, you're welcome to ask me or any psychologist near you :)

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

amandaps kalo pisang boleh dikasih langsung, tapi kalo brokoli sih mendingan dikukus dulu yaa.. kita aja kalo makan brokoli kan gak mentah2 :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Thanks sLesTa! Oh ya juga sih ya. Haha x) Btw ada yg belum boleh dikasih ngga sih ke baby 6 bln? Pasta kaya spaghetti atau macaroni blh gak? Kalo goreng2an baru bisa dikasih kapan? Thanks

a proud ISFP* mother of Keanu and happily married to Kevin Sugiharto.

*if you don't know what that is, you're welcome to ask me or any psychologist near you :)

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

amandaps intinya anak baru mulai makan itu ya diperkenalkan pelan2.. jadi dari buah, sayur, daging, ayam, ikan.. satu2, biar ngerasain rasa masing2 satu2, tanpa dicampur. lama2 boleh dicampur dan lengkap ada sayur lauk & carbo dalam satu meal. biasanya pas umur 9bln udah mayan terekspos semua tuh, jadi udah bisa dikasih meal beneran, walopun tetap yaa jangan dikasih gula & garam dulu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

thanks again sLesTa! Seneng nih tiap pertanyaan selalu dijawab. Jadi untuk pertama kali misalnya selama tiga hari dikasih alpukat terus, lalu tiga hari kemudian dikasih apel kukus, dst? atau kah boleh dicampur buahnya misalnya alpukat + apel kukus selama tiga hari terus menerus? thanks

a proud ISFP* mother of Keanu and happily married to Kevin Sugiharto.

*if you don't know what that is, you're welcome to ask me or any psychologist near you :)

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

amandaps sebaiknya kalo di awal2 makan jangan dicampur2 dulu. stay dengan 1 jenis makanan untuk 3 hari, supaya tau kalo alergi karena makanan tsb. kalo di campur ntar jadi bingung, yang bikin alergi apelnya ato alpukatnya. jadi ini untuk mengantisipasi aja. plus, emang pas perkenalan makan, mendingan satu2.. jadi anak merasakan rasa buahnya itu. jadi tau rasa ini adalah rasa alpukat.. kalo begitu itu apel. nanti ini akan berguna kalo udah gede.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Wah ikut gabung ya di thread ini. Aku juga tertarik banget dengan BLW sebenernya sejak dari hamil tua kalo gak salah. Tapi baru berani mulai BLW buat anakku ya hari ini di usia 8 bulan. Alesannya sih karena takut anakku kaget kalo langsung dikasi finger food dan karena takut dia kesedek juga krn belum tumbuh gigi sampe sekarang. Jadi masih mau coba metode konvensional dulu yaitu bubur susu dan puree2an waktu mulai MPASU 2 bulan lalu. Selain itu ada sepupuku yg juga baru mulai BLW buat anak pertamanya pas usia 8 bulan. Akhirnya kemarin buka-buka forum TUM di thread ini, aku langsung semangat 2012 buat mulai BLW hari ini karena dia pas 8 bulan sekarang.
Tadi pagi menu breakfast BLW pertamanya adalah potongan alpukat tanpa kulit dan potongan mangga tanpa kulit. Alpukat dan mangganya aku potong kecil sih, biar gak terlalu susah megangnya. Setelah dipotong2 aku tebarin di atas tray high chairnya. Agak kecewa juga sih karena gak berhasil banget BLW-nya. Mungkin karena Raisa anakku udah 2 bulan ini terbiasa makan bubur atau puree dan spoon fed. Dia gak langsung masukin makanannya ke mulut sendiri. Alhasil alpukatnya cuma dimainin ampe benyek semua dan berantakan aja di tray high chairnya. Padahal aku coba contohin dengan ikut makan di depannya, tapi anakku gak tertarik kayaknya setalah nyobain krn rasa alpukatnya juga hambar kan. Trus aku sodorin mangga ke mulutnya, ada sih yg masuk ke mulut tapi sedikit banget, kebanyakan dilepeh sendiri. Padahal dia biasanya suka mangga yg diblender halus. Lagi-lagi mangganya akhirnya banyak yg jatuh2 ke lantai dan cuma dimainin aja di traynya. Setelah agak lama, kayaknya dia mulai bosen atau mungkin juga dia gak betah krn mukanya udha lengket penuh mangga dan sampe bajunya juga lembab dan lengket kuning semua kena mangga. Raisa mulai nangis rewel minta dikeluarin dari high chairnya. BLW-nya pun aku stop krn ini tanda dia udha gak mau makan. Terpaksa deh dimandiin dan krn takut dia kelaperan trus jadi rewel, aku kasi bubur tepung gasol lagi abis mandi. Emang bener butuh extra kesabaran ya moms.

I just love being a mom.

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Welcome amandaps dan alvijane :)

Skg Jordyn sudah mau pegang makanannya sendiri loh *akhirnya...*
Kebetulan di rumah lagi masak terong panggang, eh iseng dicobain, dia mau loh. Gak yakin dimakan sih, kayaknya cuma diisep-isep, dijilat, trus dilepeh gpp deh yang penting dia udah mulai curious dg makanan :)

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Dear Mamas,

Saya mau tanya, ini sebenarnya mungkin harusnya di thread GTM. Tapi saya tulis disini untuk nanya apakah ciri2 anak saya memang lebih cocok pake BLW.

Jadi Alika sekarang 7 bulan 2 minggu. Dari 6.5 bulan gak mau makan, mulutnya bener2 dikunci rapet, geleng2 setiap ada sendok mendekat. Dulu2 sih sempet "ditipu" dgn teether, begitu mangap krn teether, dimasukin sendok. Sekarang Alika sudah ngerti dan nutup mulut rapat2. Kalau sendok isinya ASIP sih dia mau minum. Begitu tau itu makanan, langsung tutup mulut.

Pernah coba pake BLW, dia masukin apel kukus & wortel kukus ke mulutnya. Tp karena bongakahnnya besar, jd takut keselek.

Saya mau tanya, apakah Alika memang "cocok"nya pake BLW ya? Karena dia musuhan banget sama disuapin. Atau memang belum minat makan? Atau gimana ya, saya bingung.

Kalaupun BLW, saya lihat banyak resep pake tepung terigu. Apakah ini bagus untuk bayi? Tepung terigu?

Thanks ya,

Eksi

Follow our stories @ TheFamily.eksinads.com :)
Twitter ID: @eksinads

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Halo mba eksinads,
Apakah Alika cocok dgn BLW? Pertanyaan ini balik lagi ke ibunya sih. Kan ibu tahu mana yang terbaik untuk bayinya, jika ibu merasa lebih 'puas' memberi makan dgn spoon fed, mungkin spoon fed-nya bisa dicoba lagi dgn cara yang lebih-lebih halus. Kalau ibu merasa BLW adalah jawaban dari GTM-nya, maka lakukanlah dgn BLW.

Cuma menurut saya, sbnrnya yang paling penting adalah bagaimana dasar pola pikir si ibu ttg makan pada bayi akan mempengaruhi metode pemberian makan apa yg akan digunakan. Ketika saya menggunakan BLW, saya percaya bahwa food before one is just for fun karena ASI masih menjadi pokok makanan si bayi. Sehingga jika bayi makannya cuma secuil aja, ya saya gak khawatir. Kalo makannya banyak yah bgs bgt... jadi kuantitas makanan gak jadi soal. Nah kalau ibu yg menggunakan spoon fed, biasanya (scr umum yah ibu-ibu), percaya bahwa bayi memiliki tahapan dalam mencerna makanan, mulai dari yg lembut, semi padat, hingga padat. Dan kembali, biasanya (scr umum lagi yah) kuantitas makanan padat yg masuk menjadi soal. Kenapa saya omong begini, krn takutnya kalo sudah tekad pakai BLW, eh tiba-tiba masih khawatir ttg jmlh makanan yg dimakan dan akhirnya spoon fed, bayi takutnya bingung dan sia-sia deh proses belajar makan sendiri dgn BLW.

Nah mba eksinads kan sempat khawatir bayinya tersedak kan, mungkin bisa browse bedanya tersedak sama gagging, dan bagaimana penanganan prtama jika bayi tersedak. Tersedak itu makanan menutupi saluran pernapasan sehingga tiba-tiba bayi tidak bisa bernapas, sdgkan gagging (menurutku gagging itu keselek, IMO), bayi sedang belajar menelan, IMO lagi, dan untuk itu tidak perlu dikhawatirkan (Jordyn sering banget keselek, palingan cuma sy tepuk-tepuk pundaknya).

O yah hal lain yg coba saya sampaikan adalah finger food beda yah dgn BLW. Finger food itu likes its name, makanan dgn ukuran jari yang diberikan ke bayi dan biasanya digunakan untuk snacking. Sedangkan BLW adalah metode makan pada bayi yg langsung memperkenalkan makanan dgn tekstur aslinya, yang biasanya dipotong kecil-kecil seperti finger food untuk memudahkan bayi mengambil. Jadi bisa saja mba eksinads tetap dgn spoon fednya namun mulai membiasakan Alika dgn finger food (mungkin untuk aman bisa coba makanan yg lembut kayak alpukat, pisang, labu/ubi kukus).

Sedikit share, saya sempat tergoda untuk spoon fed, krn ngerasa risih Jordyn makannya dikit kalo dgn BLW n mau kayak ibu-ibu pada umumnya yg nyuapin anak (sempat merasa aneh juga sih kok gak ada fase nyuapin anak ahaha...). Eh trnyt cuma seminggu aja hal ini berlangsung, krn tiba-tiba Jordyn GTM. Akhirnya saya tetapkan hati untuk BLW, dan sounding ke suami utk dukung. Skg 7m, Jordyn sudah muncul minat untuk makan dan sudah bisa pegang makanan dan memasukkan ke mulutnya sendiri. Cuma hal ini dilalui gak gampang mba, penuh dgn kesabaran bgt :).
Hope it helps, maap kalau kepanjangan.

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Akhhh.. mom eksi sama bgtt kyk anku. Klo diasih makan kgs GTM, apa belum siap ya? Perlu gk ya lgs BLW? kadang jd desperate liat gk napsu makan, lebih napsua n asi. Hikss...

~ Enjoying My Motherhood ~

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Gracenat: Thanks ya.

Aku sekarang mix aja antara BLW dan spoon fed. Emang sih jadi gak full BLW. Tapi ada kebahagiaan tersendiri mengajarkan anak makan dengan tekstur yg berbeda-beda. Kadang bubur halus, kadang finger food, kadang bubur yg ada potongan2 gak halusnya. Pas acara keluarga minggu lalu, aku gak ribet bikinin bubur saring buat dibawa pergi. Aku cuma bawa apel yg dikukus dengan potongan yg bisa digenggam Raisa untuk makan siangnya disana. Sampe2 ada tanteku yg kaget dan tertarik banget lihat Raisa yg baru umur 8 bulan uda makan apel dikukus yg bentuknya potongan2 besar gitu walaupun dibantu dengan spoon fed makannya. Sementara cucunya uda umur 4,5 tahun masih dikasih bubur halus ama ibunya karena katanya anaknya gak mau makan nasi, maunya bubur-buburan aja yg halus.

Kalo di rumah sekarang aku mix aja antara BLW dan spoon fed sejak Raisa masuk usia 8 bulan. Kalo makan dengan bubur tapi gak pake disaring-saring buburnya. Pernah dikasi biskuit bayi yg baby choice, dia makan dengan tangan sendiri lucu banget. Kita dudukin dia di high chairnya menghadap meja makan pada saat aku dan suami makan malam. Habis 2 keping biskuit baby choice tuh hehehe....Alhamdulillah Raisa makannya lahap dan gak pake GTM. Dia cuma menutup mulutnya kalo uda kekenyangan aja.

I just love being a mom.

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Lanjut laporan BLWnya ya buibu :)

- hr 15 s/d 16 (24 - 25 Sep 2012) : masih tetap alpukat lanjutan kmaren. 
- hr 17 s/d 20 : menu hr ini melon orange. Dipotongnya memanjang 8cm. Kayanya bayiku kurang suka, meskipun rasanya manis. Licin dan keras (menurutku) :( masih kebawa gaya makan alpukat jadi melonnya digenggam trus dilepas, dan air di kepalannya dijilat2. Hmmm..sekarang waktu dimandiin bayiku juga jd kreatif, tangannya dimasukkin ke air di tubnya trus dihisap2 deh hahaha..
- hr 21 s/d 22 : menunya semangka merah. Dipotong panjang kira2 8cm. Wah, suka banget bayiku! Semangka ini gampang dipegang, udah gitu teksturnya crunchy tp juicy. Sukses berat..aku sampai senang bgt liat bayiku lahap. Klo org yg liat ga tau dia mkn semangka, pasti dikira lg nyabik2 steak yg rare, haha! Bajunya merah semua di dekat area dagu dan leher.
- hr 23 s/d 24 : menunya mangga harum manis..dipotong panjang kira2 8cm. Ternyata susahhhh dipegang bayiku krn licin! Akhirnya aku yg masukkin mangganya dlm genggamannya, meskipun dia tetap berusaha mungut dr piringnya dan pegang sendiri. Habis lumayan banyak.

Aku setuju sama mom gracenat :) sabar ya mom alvijane. Klo ttg choking vs gagging, sejauh ini bayiku yg blm ada gigi samsek, pernah ngalamin gagging..mulutnya ky mo muntah, trus kuperhatiin makanannya balik ke mulutnya, dikunyah2 lg, trus ditelan deh...mulus tuh :D

Mom misspucca, coba aja BLW. Siapa tahu GTMnya krn bosan disuapin. Coba rasa buah yg manis2 dulu untuk mancing anakmu supaya ga GTM lagi :)

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Wah makin seru yah thread ini...
Halo mom misspucca, meski jordyn udah bisa megang makanan sendiri dan memasukkan makanan ke mulut, tapiiiiii... dia tetep loh kadang malas makan, sukaan teriak-teriak (lagi doyan bgt nih), megangin straw cupnya, ambil benda-benda disekitar or, pengen diberdiriin. Jadi yah, dia juga sebenarnya malas makan yah... atau bisa dibilang belum minat utk makan. Kayaknya emang kita gak bisa maksa bayi untuk makan banyak deh kalau dia nya lagi gak mau. Saya gak mau maksa jordyn karena takut dia jadi stress or apa yah bahasa tepatnya, jadi trauma gitu sama acara makan. Wah kalau doyan ASI berarti bagus dong, setidaknya dia masih ada asupan gizi mba... yang perlu dipusingkan kalau anak gak mau makan dan gak mau mimik asi/susu, ya kan? :)

Monastella, seru yahhh... hati-hati noda mangga ternyata berbekas gak mau hilang gt... hiks. Aku orgnya gak telaten ngasih makan anak, bisa sehari 3x, 4x or bahkan 2x, daaann... acara makan gak pernah lama, soalnya si jordyn ini kayaknya tipe bosenan, kalo dia udah icip mkn, gak diseriusin lagi, abis itu minta udahan dr HC or diangkat2 piringnya.

3 hari ini nyobain roti gandum, yah dimakan sih (secuil-cuil gitu). Agak sering gagging gt, mungkin krn teksturnya beda yah sama buah :)
Kemarin ke jco, iseng ngasih froyo, ehehe... (jangan ditiru yah), yah cuma dijilat2 bentar. Trus hari ini dikasih yogurt plain, icip bentar, tertarik bentar, trus udahan deh krn anaknya pengen megang plastik bungkus roti. Trus ngasih ketimun, eh dia doyan soalnya dingin, dan kebetulan dia lagi mau numbuh gigi, jadinya seru bgt di kunyah-kunyah. :)

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Mom gracenat, iya nih mangga, pisang, ama semangka (kayanya) susah hilang...Aku biasa cuma 2x sehari, siang jam 10 atau jam 11, dan sore jam 6 krn nunggu suamiku pulang. Lama acara makannya juga semau2nya bayiku. Kadang sih diinterupsi krn dia pipis :) paling lama ya makan semangka itu, kayanya lahap bener.

OOT dikit nih mommas, klo makan mangga memang bisa sembelit ya? Bayiku hr ini poop n tumben dia nangissss. Aku coba injek poopnya, lunak tuh..apa cuma kaget ya? 2hr lalu klo poop masih cair krn langsung bikin celananya berwarna, tp hari ini celananya ngga berwarna cuma berjendol krn poopnya. Gmn ya jelasinnya...atau normal BAB bayi MPASU memang membuat bayinya nangis? Gak kan ya...aduh bingung, baru kali ini BAB pk meronta2..

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Oya mom gracenat, hati2 yah karena seinatku aku pernah baca gandum kurang baik buat bayi. Kucari dulu linknya...