1

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Kira Kara
hadeuuh, gigi pedes. wkwkwkwk. kalau hilya bilangnya celilitan :'( padahal gigicuma 12 hahaha
iya, hilya disuwir mau, atau berbentuk potongan ayam dalam sop, tapi ga mau dihaluskan.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

2

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Kira Kara
Gigi pedes,hehhehe.... Kalo Zhiezhie lg selilit gt,dia ribut maksa emaknya ambil daging yg nyelip ituh x_x
mummyhilya
Oke,,,dlm bentuk asli yah. Kmrn jg pas nyobain ya dlm bentuk utuh itu. Aq ksh yg agak kecil,ada tulang jg,spy Shasha bs pegang. Tp ya emg cm bs diemutin aja. Palingan ada yg ditarik,tp blm berhasil ketelan sm dia. Mgk utk smntr wkt blm aq ksh ayam lg,alergi. Aq yg makan ayam aja,dia ga makan,kulitnya msh merah2,eksimnya muncul.
Kalo daging sapi dipotong kecil ky rawon gt ato dibikin ky perkedel? Hohoho,,,tanya mulu nih...

Oya,,bbrp waktu lalu,,beliin buah naga bwt Shasha. Secara aq jg jarang yah makan buah naga,pas beli ga ngecek2 lagi. Kirain yg aq ambil yg buah naga putih. Ternyata pas dikupas,jreng...jreng...buah naga merah. Inilah penampakannya. Horor bangetttt berantakannya.
http://farm9.staticflickr.com/8487/8252163924_3441c0e514_n.jpg
http://farm9.staticflickr.com/8067/8252164292_bbe2a06eb8_n.jpg

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

3

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

natallia
asli horror! kaya anaknya edward cullen. wakakkakak. nodanya bisa ilang gak?
ngiri ah, ank gue 2-2nya ga mau dipakein celemek/bib/slaber. malah diemut saking demennya ama celemek.

Nena kemarin pas aku bikin sop dikasih ayam potongannya sih. suka, tp blm bisa nelen. cuma ancur aja hasil akhirnya. gapapa kaldunya udah kemakan. hihihi

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

4

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Arza (2,5y) juga g full BLW.. tapi lumayan terlihat bedanya sama temen2 seumuran dan juga sepupu2nya ang full spoonfeedng (ampe makan biskuat pun dsuapi ;D).
Arza sudah ngerti laper.. haus.. maem sendiri juga bisa walopun emaknya harus ngepel ampe 3x sehari :D

Klo isham 6,5 bulan.. juga dicombine ajah habisnya BB-nya minim.. menghawatirkan :(

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

5

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Salam kenal untuk semuanya..
Hari ini babyku 6month dan besok mau mencoba ber-BLW-ria.. semoga sukses deh :)

6

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hola para sepuh BLW,,

Sachie masih bulan depan sih mulai MPASInya, cuma emaknya lagi maju mundur nih mau BLW apa spoonfed,,

jadi gini, setelah napsu berburu high chair tiap hari selalu ada sesi 'dudukin Sachie di high chair' untuk latihan BLW, di tray-nya udah ditaro berbagai macam mainan supaya dia tertarik ngambil, ehh tapi dia cuma mukul-mukul tray doank, ngga tertarik ngambil mainan sama sekali, well emang sih punggungnya harus diganjel highchair biar bisa agak deket ke tray nya,, tapi tetep aja ngga tertarik,,

Terus, yang kedua kalau BLW hari pertama itu, seberapa banyak ya makanan yang 'harus' masuk? soalnya banyak temen yang nyerah BLW karena anaknya berat badannya turun karena yang masuk sedikit,,

Satu lagi newbie question, kalau BLW itu kan harus bisa duduk tegak, nah Sachie belum bisa duduk sendiri,, boleh ngga BLW?

Satu lagi, pertolongan pertama kalo (amit-amit) anaknya keselek gimana ya?

thelifeafterido.wordpress.com

7

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

ireneDDS cairan itu bisa berupa air putih atau asip kok. biasanya kalo di awal2 dikasih asip, biar transisi aja perkenalan ke makanan baru karena selama 6mos kan rasa yang dia kenal hanya asip..

untuk BLW justru jangan dipotong kecil2.. karena takutnya seluruhnya dimasukin ke mulu dan malah jadi kesedak. jadi mesti rada gede, biar dia pegang dan 'gigit' makanannya.

queenflore yay! selamat mencoba BLW yaa.. semoga sukses. jangan lupa di share disini..

yusamandagi kalo masih bulan depan dan duduknya masih belom kuat, jangan dipaksain dulu dong mama. karena justru signs sudah siap BLW itu kalau anaknya sudah bisa duduk tegak, jadi kalo diajarin duduk dulu, justru rada kebalik yah? :)

proses BLW itu adalah mengenalkan "makan" pada anak, jadi sebenernya bukan berapa banyak makanan yang masuk sih, tapi belajar prosesnya. karena namanya juga MPASI - makanan pendamping, jadi sebenernya makan itu bukan yang utama. susu/ASI masih jadi makanan utama anak.

jadi jangan mempersiapkan anak untuk BLW, tapi cek kesiapan anak, apakah dia sudah siap untuk BLW dari duduk tegak, bisa mengambil benda2 dengan tangannya, etc. kalo masalah BB pas sudah makan malah berkurang, berarti intake susunya juga kurang dong? kalo mau di combine dengan spoonfed juga ga masalah sebenernya, gimana enaknya di ibu & anak aja.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

setuju sama mama sLesTa, seharusnya bb anak ga jadi turun. kalau iya, teliti dulu apa penyebabnya. karena harusnya kalau 6-7 bulan masih sekitar 75% asi, ya, in theory.

tentang dosis makanan, sebenarnya sih yg dibutuhkan baby itu ukuran seporsi makan itu sekitar segenggaman anaknya.HTH

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

9

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

sLesTa mungkin musti ditunggu bulan depan ya biar bisa makin mantap kesiapannya, kalau liat di youtube anak-anak yang BLW kadang duduk di bumbo, jadi mikirinya as long dia duduknya bisa tegak kalau di support bisa BLW

mummyhilya ada yang berkurang ada juga yang temen yang cerita kalau kenaikan berat badan bayinya sejak BLW selalu sedikit and bikin babynya kurus,, tapi mungkin ada penyebab lain kali ya,,

oiya, ada yang punya info ngga bisa beli buku referensi BLW dimana,, sudah mengunjungi 5 Gramedia udah abis,, di Aksara atau TImes juga ngga ada TIA.. :

thelifeafterido.wordpress.com

10

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

yusamandagi
Klo kesulitan dapetin bukunya,cb join di fb grup Baby-Led Weaning (Indonesia). Utk pesan buku,biasanya kontak ke mbak Adhya Utami. Smg membantu :)

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

11

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Akhirnya memutuskan utk mempelajari thread ini, soalnya baby 6m3w akhir2 ini cpet bosen kalo disuapin, baru bbrp suap tangannya udh rese trus males buka mulut.. Aku kasih pegang potongan buah baru deh smangat diambil & dimasukin mulut.. jgn2 anakku cocok BLW yah, pdhal tdnya aku ga yakin sm asupan gizi dgn BLW, tp baca2 di sini hrsnya ga masalah..

Bbrp hari depan mo ujicoba, kalo emg anaknya mood BLW mo diseriusin aah..

12

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

thank you natallia baru tau kalo ada komunitasnya,, makin semangat deh :D

thelifeafterido.wordpress.com

13

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Hello ibu ibu yang baik..

Saya mau sharing plus curhat ^_^

Baby saya, Jco, sejak 6 bulan full BLW-an sampai 8 bulan. Lalu sejak 8 bulan campur dengan bubur. Karena para nenek nya khawatir dia kekurangan makan. Tapi sejak 7 bulan Jco sudah ahli makan sendiri menu makanan BLW nya. Dan tentu saya amati dia lebih bahagia makan sendiri dibanding makan bubur disuapi.
Sekarang usianya sudah 10.5 bulan. Saat liburan akhir tahun 2012 menuju 2013 ini kami berpesiar ke Jawa Tengah, meski dari Jakarta sudah siapkan bahan mentah untuk makannya Jco selama 4 hari, tp ternyata kenyataannya persediaan lekas habis, dan kami agak susah menemukan tempat untuk bantu kukus. Akhirnya sejak 4 hari yang lalu Jco sudah makan nasi plus lauk yang kami makan juga dengan lahapnya.

1. Untuk hal ini saya mau tanya dimana ya saya bisa baca tentang bahwa baby belum boleh gula garam sampai usia 1 tahun. selama ini saya tau itu hanya dari ibu saya dan baca baca sharing orang di web belum nemu tulisannya di buku referensi.

2. Apakah ibu ibu yang bayinya full baby led weaning, ataupun campur mengalami lecet di puting akibat menyusui? soalnya kayaknya giginya tumbuh cepet.. seakarang giginya udah 4 gede gede dan kalo nggigit puting suakitnya bukan main berasa dia lagi makan wortel atau pisang... :(

Saya ketemu dengan 5 bayi usia kurang lebih 1 tahun 3 bayi baru ada 1 gigi dan 2 bayi belum ada gigi sama sekali.. Sedang anak saya saat 9 bulan sudah punya 4 gigi. Apa berarti kalau bayi baby led weaning lebih cepet numbuh giginya?

Saya masih memberinya ASI langsung dari payudara maupun ASIP saat saya kerja. Dan ASIP diberikan dengan botol kadang dengan gelas.

Apakah luka luka lecet di puting biasa dialami oleh ibu menyusui yang anaknya tumbuh gigi? atau karena saya kasih dia ASIP lewat botol? atau karena dia terbiasa gigit gigit makanannya melalui BLW? Semoga ada yang bisa kasih saya pencerahan ^_^

hem... bu moderator.. berhubung ada kaitannya dengan BLW saya nge-post nya di sini boleh ya.... tapi kalau tyt ngga sesuai dan mau dipindah ke bagian breastfeeding juga boleh..

salam sehat dan bahagia untuk para ibu dan bayi..

W

14

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

wandaws,
bayi menggigit puting bukan hanya terjadi pada bayi BLW kok. coba baca thread berikut

Untuk referensi no gulgar, banyak kok. Di wholesomebabyfood ada bukunya juga. di detik health juga pernah dibahas. coba saja di gugling.. HTH :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

blw mamas, berguru dong. Raka 1y2d baru sebulanan pegang makanan sendiri. Masi dominan spoonfed sih, cuman kayak buah, cemilan, kerupuk (!) dia suka pegang sendiri.

Nah dia itu kayak belum bisa mengontrol yang dimasukin ke mulutnya. Jadi bisa sepotong gede tu dimasukin semua ke mulutnya, instead of digigit sesuai kapasitas mulutnya. Jadi solusinya sih paling kita potekin kecil sesuai ukuran mulutnya baru dia ambil dan makan.

Itu memang suatu fase dalam blw ya? Sampe berapa lama kira2 dia akan belajar menggigit sesuai porsinya ya ? Kesian kadang liat mulutnya sampe molo-molo penuh makanan :D

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

16

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

Moms, maaf kalau mungkin ngulang pertanyaan yg sama, utk permulaan dan selanjutnya feeding time berapa kali ya? Apakah langsung 3x sehari? Atau bagaimana? Mau baca dr awal s/d terakhir belum sempat :( thanks moms

It takes a village to raise a child-African proverb

17

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

wandawssudah dijawab sm mbak wiwid Kira Kara yaaa..
tp di buku what to expect sih emg ada.
the background, cmiiw:
gula: rasa manis bikin baby cenderung milih makanan manis saja, krn scr pengecapan, yg merasakan manis kan lidah depan, kontak plg awal dg makanan. dan juga sensasi manis itu membuat rasa cepet kenyang, jadi porsi yg dimakan berkurang (cmiiw). pls, kl udah ada gigi, tanpa sikat gigi yg teratur, merusak email gigi.

garam: jatahnya baby kl ga salah cm 1 gr/hari. bukan ga boleh sama sekali, tp kasian ginjal kecilnya kl harus proses natrium/sodium yg lebih dr itu. kerjanya jd lebih berat, cmiiw.
anak #1 blw 90%, tumbuh gigi 13bulan. no positive corellation with blw whatsoever :D


ningnung

iyaaa.. itu fase awal blw. di-emplok kabeh. *sorry, roaming* itu yg kdg2 bikin gagging. dg pembiasaaan lama2 mereka tahu ukuran yg bisa dikunyah sendiri sesuai kapasitas dan volume rongga mulut.
hihhi lucu ya, liat anak napsu mamam. :*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

18

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mba mia, oohh oke oke. Soalnya kalo kegedean dan kebanyakan di mulut akhirnya suka dilepeh. Piye to nak, masuk2in sendiri, lepeh2in sendiri :D

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

19

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

ningnung,
iyaa.. bener kata mbak mia, suka dijejelin kemulut semua kalo awal BLW. kalo gak muat kunyahnya, dilepeh deh sama dia.. :D
KI-KA dulu juga samaa..
aku juga telat BLW nya. Karena pas awal MPASI 6 bulan, ki-ka blum bisa duduk. bahkan baru bisa angkat leher usia 5 bulan :( jadi masih pake spoonfeed. Setelah kuat duduk, sktr 10 bln, baru deh mulai ber BLW.
Awal dikenalin BLW pake menu fave mereka, labu parang. sukses dibejek2 pake tangan mungilnya :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

20

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

dear mamas,


baby nisa sebulan menuju ASIX n MPASI...rencana nya pengen ber BLW soalnya kyknya ini bakal cocok ama dya...sekarang klo minum asip via softcup, uda agak susah coz mule seneng main2 jadi ga fokus...trus smua barang yang dya pegang uda masuk mulut...apalagi klo liat ada orang makan didepan dya,uda mo diambil aja...


Tapi masi bersabar menunggu 6 bulan pas sembari baca nih thread dari awal..hihi..

Mo nanya klo blw itu perlu beli kukusan kecil ga ya?apa gpp pke kukusan yang sama kyk biasa qta pke?

21

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mba wiwit, aakk aku belum berani BLW pake yang warnawarni macam labu parang gitu, kan susah nyikat bajunya kalo kotor *eh :p

psu253, pake yang punya kita juga gapapa kok, aku dulu malah ngukus barengan masak nasi di rice cooker biar irit, hehehe.

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

22

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

ningnung


Berhubung baru baca thread ini sampe halaman 87..*ngos-ngosan bacanya dicicil sembari menunggu 6 bulan*


Bener juga yaa bisa di rice cooker...tapi klo kyk apel/pear dimasukin ke rice cooker,ntar ada bau2 buah gitu ga yah nasinya? :p

Jadi sbenernya perlengkapan untuk blw itu apa aja ya? *salah thread ga seh?* slow cooker & hand blender ga perlu ya?

23

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

ningnung,
haha.. iya, kalo kena baju emang susah nyucinya. Tapi dulu pake slabber yang bukan dari kain. Yang warnanya bening gitu.. :D tapi yaa namanya anak2 lagi asik, ya teteep adaa aja yg kena di baju :D

psu23
peralatan perang MPASI udah ada threadnya kok.
BLWku dulu ya standard pake kukusan yang kecil saja. Karena kebetulan orang rumah suka nyemil2 makanan kukus, jadi bisa nebeng. Apalagi buat 2 bayi. Bener kata ningnung, mungkin kalo untuk 1 bayi, mending ikut rice cooker. Kalo ditaruh ditempat terpisah kayaknya baunya gak terlalu menyengat yaa.. Buah kan bau manisnya soft :D (eh kecuali durian ding.. hehe)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

24

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

psu23

Klo menurutku, slow cooker hanya untuk ibu bekerja. Klo hand blender, aku ga pk..kan BLWan :p modalku cuma puku food maker set (perasan jeruknya), wadah stainless steel untuk ngukus dan menyajikan makanan yg hangat, pigeon feeding set (termasuk magmag), talenan. Yg panci dan pisau nyampur tuh sama yg dipakai sehari2.

25

Topic: MPASI/MPASU: Baby-Led Weaning

mamams curhat dunk, dah 2 minggu lebih keenan blw an, msuk dan digerogotin cm skali, tiu pun makan pir. ksni2 nya cm maen2, dibejek2 dan dilempar2.. harus gmn ya moms :(, apa anak nya nolak blw, tpi klo disuapin buah ke mulut nya dy mau ngunyah loh. bingung ni moms :(