1

Topic: Toilet Training

hadeeuuh,aku juga bingung nih toilet training anakku,padahal udah umur 2,5 thn. blm mau aja pipis&pup di toilet. kalau diajak ke wc,gamau pipis,begitu keluar dari wc langsung pipis sembarangan. *elus elus dada,ngelap keringet*. harus sabar to the max deh ngajarinnya

www.babygearsrental.com
081910009091
2beb5568

2

Topic: Toilet Training

anak saya umur 2y baru de bisa bilang kalau pup..masing2 anak kan unik ya, jadi kita tunggu aja kpn siapnya..sambil pelan2 diajarin kan ya.. :)(menghibur diri juga :p)

3

Topic: Toilet Training

septa
hehe,aku juga suka menghibur diri kayak gitu tuh kalo udah capek ngajarin. abis anakku alergi banget ama wc kayanya. dari umur 10 bulan udah bisa ngasihtau padahal,mau pup gitu. Tapi ga pernah berhasil ngedudukin di wc. Pernah pake potty trainer yg ada lagunya kalo pupnya jatuh kesitu,eh malah kabur dia,krn kaget. sabaaaaar....

www.babygearsrental.com
081910009091
2beb5568

4

Topic: Toilet Training

Hallo Mamas semua, dah lama gak mampir ke urbanmama :)

Naufal (15m2w) baru dua hari ini mulai ditatur, alhamdulillah blm ada kecelakaaan *lha wong baru dua hari yak,hihi. Ini untuk pipisnya, pas bobok siang jg ga ngompol. Tiap mau pee dia megang2 alat kelaminnya, jd lsg bawa deh ke kmr mandi.

Karena ngomongnya belum lancar (baru ayah aja yg jelas, sama nda, ya, dadah, nih :D) blm bs bilang pee atau pup. Nha.. yg pup ini masih deh pup di clodinya.. Ada tanda2nya dia mau pup, tapii..kdg Naufal malah minta nen, trus pup sambil nenen, huahua... Kayaknya Bunda nya harus lbh aware tanda2 dia mau pup. Mgkn berasa ga nyaman waktu ngeden (maaf) jdnya minta nen.. Sering juga tiba2 dieeem gtu tp ud keluar duluan sblm sampai ke kmr mandi..

Setelah selesai baca thread ini, sepertinya sy membulatkan tekad untuk prioritas TT pupnya dulu.. Supaya bs pup di toilet atau di pottynya. Untuk pee, nunggu mpe bisa ngomong bisa pee aja deh hehe...

- Nunik -
.: Bersyukur telah menjadi seorang ibu :) pe-ernya berusaha sabar dan ikhlas dlm menjalaninya.. Semangat yuk! :.

5

Topic: Toilet Training

anakku Attila (2y) jg susah di TT, udh diajari kl siang g pk diaper n blg kl mw pipis sm pup, kdg tiap 2 jam dibawa ke kmr mandi tp kl dibawa pasti g mw pipis, skr kl udh pipis n ngompol kemana2 baru deh blg 'pipis...' nah kl pup, keliatan dr muka ngedennya tp kl dibawa ke toilet n didudukin ke kloset duduk mw pake pottynya ato g, sm2 kejer..dia g mw sm skl didudukin di toilet..jd selama ini pupnya msh di diaper ato bececeran di lantai :( hadeeeh..bingung deh moms..kl mlm aku pasangin diaper deh abis g tega mw bangunin mlm pasti dia ngamuk2, akunya jg males bgn malem c krn subuh2 udh hrs siap2 ngantor lg..hehe..

My Attila...My Soldier... ;)

6

Topic: Toilet Training

Devina,
Saya dulu juga pernah ngalamin sama Kara. Tapi karena dia pernah hampir jatuh, dan trauma waktu Pupi di toilet pake soft potty nya. Setelah itu dia ga mau pupi di toilet, dan lebih milih pupi di celana atau diapersnya. Tapi karena dia udah 2th, dan udah bisa diajak komunikasi, akhirnya saya ajak bicara kalau pupi tempatnya ya di closset. Dia mau jatuh itu karena dia tidak hati-hati. Saya pastikan kalo dia hati-hati dan pegangan saat pupi, dia tidak akan jatuh. Saya ulang terus setiap kali dia pupi. dan pastinya terus ditolak. sampai akhirnya saya paksa dia untuk duduk di soft pottynya. Nangis, meronta, saya peluk dia. Saya duduk di depan closset sambil peluk dia.
Hari kedua, waktu mau pupi, saya ulangi lagi memaksa dia duduk di soft pottynya, sambil saya pegangi. kali ini gak harus dipeluk sampai saya duduk, saya bisa berdiri, dia peluk kaki saya kenceng sekali.
Hari ketiga, cuma dipegang badannya aja.
Selanjutnya cukup saya pegang tangannya aja. pelan-pelan bisa dilepas, dan dia pegangan sendiri.
Lucunya, dia whisper dirinya sendiri bilang "adik gpp... adik hati-hati.. adik gak jatuh.. " setiap kali dia mau duduk di soft potty nya :D
Kasihan sih waktu dipaksa pertama kali. Tapi itu kan harus, dan gak mau selamanya dia takut duduk di clossetnya.. Tapi belum nemu cara yang lebih halus, jadi ya dipaksa deh :D emaknya gak sabaran... hehe
HTH.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Toilet Training

Kaisha (20m) udah ga mau pake diaper r clodi, dia belajar tatur dari 19m, tp tetep aja kadang masih miss, bilang pis..pup..eh udah kecolongan hehe..untung mbanya yg ngasuh sabar, emaknya kadang ngga sabaran..kalo bangun bobo skrg suka ajak ke toilet sendiri..
aq ga pake potty seat dll sih, cm sejam sekali ajakin Kaisha ke toilet, lama2 ga diajak dia ngajak sendiri..trus lama2 bisa nahan mpe dua jam sekali n pas bobo..
Semoga lama2 bisa ngga ngompol lagi ^^

8

Topic: Toilet Training

selamat malam mama2..
mau sharing beberapa Tips Toilet Training yang sering dibahas di twitter @theurbanmama yaa :)
semoga bermanfaat


#TUMTips Bersiap untuk Menggunakan Toilet


Umumnya anak perempuan siap belajar menggunakan toilet pada usia 2 tahun, sedang anak laki2 usia 2.5thn.

Ajari si kecil kata & kalimat yg hrs diucapkan ketika ingin pergi ke toilet. Waktu terbaik mengajarinya adlh ketika mengganti popoknya.

Ketika si kecil menunjukkan tanda2 ingin pergi ke toilet, temani ia ke toilet utk beberapa kali.

Tidak memberi mainan saat si kecil duduk di atas toilet, dan tdk memaksanya utk tetap duduk di toilet ketika ia sdh ingin pergi walaupun blm melakukan apapun.

Dorong agar si kecil berhasil. Tidak mengkritik atau menghukum kesalahannya.

Beberapa anak di usia 2 thn ada yg belum tertarik menggunakan toilet. Tidak perlu dipaksa, konsisten ajari sampai ia menunjukkan minat.



[Article – Our Stories] Proses Toilet Training Albert - http://theurban.us/cue5jx by @gellacia

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

9

Topic: Toilet Training

makasih ya mba Eka dan all moms disini yang udah share
aku juga udah baca Proses Toilet Training Albert..

siap mengambil point2nya dan menerapkan utk TT ke Rui umur 2 th 3 bulan

aku emang nunggu dia bisa ngomong supaya mempermudah komunikasi. karena sudah bisa bilang pup dan pis..trus juga udah ngerti kalo dibilang2in jadi baru mulai sekarang :)

hari pertama yah gitu deh.. pipis di penjuru rumah dan aku belum persiapan browsing2 ttg TT. hari kedua membaik, hanya skali ngompol, pup dan pipis bilang.. cuman pas malem masih aku pakein popok.. next step deh ya..

abis tanya ke twit @theurbanmama, langsung dapet link forum ttg TT jadi bermanfaat banget buat nerapin sharing2 all great moms disini

Semanagat ! :D

more time with children, more earning as well
proud to be working at home mom :)
www.bisnisfleksibel.co.cc | www.menghubahhidupyuk.co.cc

10

Topic: Toilet Training

Umar (2y5m) udah mulai toilet training sejak umur 22 bulan, dan sampai sekarang belum lulus juga. T_T
Kalo siang sih udah beres pake celana dalam, "kecelakaan" juga gak pernah asal umminya rutin ajak dia pipis tiap 2,5-3 jam.
PR yg masih belum beres:


  • Bobo siang masih pake training pants[/*]
  • Bobo malem juga masih pake diaper[/*]
  • Belum mau diajak pup di closet, dia selalu menolak[/*]

Mudah-mudahan lulusnya gak telat ya...

Umminya Umar & Shafiyyah
@ummuumar18 | http://aditdanniez.com/

11

Topic: Toilet Training

akhirnya saya nangkring disini lagi untuk curhat,
selama proses TT Ki-Ka sejak entah berapa bulan yang lalu, berikut beberapa hal yang saya amati yang bisa saya share:

Ketika anak mulai dipersiapkan untuk proses TT, sebaiknya ortu dan pengasuh konsisten dengan aturannya. Klasik ya? konsisten. Tapi benerrr banget lhooo.. Entah berapa kali proses TT Ki-Ka mundur hanya karena kita gak konsisten. Ketika Ki-Ka belajar mengenali rasa ingin pipis/poo dengan tanpa memakai diapers, mendadak diajak utinya pergi dan dipakaikan diapers, bubar jalan lagi deh TTnya. Karena keenakan pipis di diapres, jadinya waktu gak pake diapers saat pipis dieeemmm aja.. Jadi ketika mulai berkomitmen lepas diapers, ya musti bener-bener lepas deh. sekali dilanggar, musti mulai lagi dari nol.

Setiap kali mereka "kecelakaan" jangan sekalipun dimarahi. Pernah ketika "bocor" karena asik maen, dan emaknya yang dudut ini sedang capek plus PMS, diomelin lah si anak mungil itu, jadinya malah beberapa hari jadi kecelakaan terusss tapi tetep dengan wajah bersalah. Karena sepertinya mereka jadi gak PD dengan perasaannya, takut dimarahi, taku bener pipis apa enggak, eh tahu-tahu udah bocor ajaaa.. Jadii, jangan dimarahi deh. Dibilang saja "lain kali kalo kebelet, maennya berhenti dulu, trus bilang sama bunda kalo mau pipis ya dik.. selesai pipis, maennya dilanjutin lagi.."
#lhaa tetep aja ngomel.. hehe.. tapi enggak kok, itu bukan omelan, tapi disampaikan dengan bahasa yang halus dan lembut.. :D

Oh iya, standard lulus TT buat saya terlalu tinggi juga sih. Buat saya lulus TT 100% itu dia bisa bilang ketika kebelet pipis/poo tanpa harus diingetin. kalo masih harus selalu diingetin, means dia belum terlalu mengenali tanda-tanda tubuhnya. Ini sebenarnya karena saya pelupa juga sih.. hihihi.

sekarang ki-ka (2Y 9M) masih belum 100% lulus TT. Kadang masih kecelakaan juga. Tapi gak separah dulu. 95% udah hebat TTnya.. *abaikan, ini memuji anak sendiri* :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Toilet Training

Kira Kara
Widiiih, tinggi banget ya standar lulusnya. Tapi emang mestinya gitu sih. Yg namanya toilet training itu ya baru lulus kalo udah lepas diaper total dan bisa pipis & pup di kamar mandi dg kesadaran sendiri.
Btw, berarti selama proses toilet training, pergi pun juga mesti tanpa diaper ya?

Umminya Umar & Shafiyyah
@ummuumar18 | http://aditdanniez.com/

13

Topic: Toilet Training

prok prok buat ki-ka :)..good job girls..mo laporan TT nya nathan (2y), dah bisa kasih tau kalo mau pup ( bilang nya eek), tapi malah buat pee yg susah..no sign at all langsung ngucur aja tu..baru deh dia bilang pipis..kembali recharge stok sabar

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

14

Topic: Toilet Training

kl baca ini tret jd deg2an. keinget kt nyokap knp msh pake dispobaja cucunya. konon aku 9mo dulu bs pipis sendiri di pispot sebelah ranjang, turun sendiri dr ranjang. la ini anakku udah 17mo msh dispo aja.
udah pernah dicobain pake pisspot yg lucu dia ogah duduk lama2, pernah abs pipis tangannya lgs ngobok2 pipisnya hueeee. gimana niihh

15

Topic: Toilet Training

alcyone - aww, ga usah dibandingin kok. kan tiap anak kan lain2 pertumbuhannya... kalo umur 9 bulan udah bisa turun sendiri dari ranjang, ada kok anak yang umur 9 bulan blum bisa duduk sendiri. jadi mana mungkin bisa turun dan duduk di pispot sendiri.

sekarang ini, umumnya anak2 pada di-toilet-trained sekitar umur 2 taunan (lebih dan kurang). jadi 17bulan masih blum toilet-trained itu normal kok.

baca2 aja posting2 diatas. pasti jadinya ga deg2an lagi :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Toilet Training

yup, stuju banget sama thalia, umur berapapun anak lulus TTnya, itu uda membanggakan. karena prestasi besar buat anak dan jg smua org yg mensupport proses TTnya. alhamdulillah, syddra sblm 2tahun, pupiny dah bs ngomong, jd mayan jrg kecolongan. cm ya krn skrg2 masa rebell, kdg2 suka ngegodain emakny dg pupi duluan, br blg, trus lari2 giliran diajakin bersihin d toilet, hadeeehh. klo pipis masih suka kecolongan, apalagi pas bobo malem. jd we, kdg msh srg dipakein diapers. kdg juga klo keasikan maen, malah tau2 bocor d kasur, pdhl dulu2 meski blm nyampe toilet, pasti dah turun duluan dr kasur. mnurut saya si, dia uda hampir siap lulus tt-nya, tp y kebentur lg sama masa2 rebell yg pgn ngegodain emaknya supaya ngomel2.

~incredible syddra makes my life terrific!~

17

Topic: Toilet Training

Ummu Umar,
Iya, kalo pergi musti "berani" gak pakai diapers. Karena saya pernah di rumah sudah lepas total, begitu pergi, kita pakein diapers karena takut toilet umumnya jorok atau kebelet di Mobil dan lama cari POM Bensinnya. Tapi begitu sampe rumah bubar jalan lagi TTnya. Jadi kalo TT gagal bisa jadi karena faktor ortunya belum siap. And it did with me :D
Sekarang lagi semangat-semangatnya untuk siap TT. Semoga bisa segera 100% lulus TTnya :) Pray for Us yaaa..

m@m@n@th@n
Terima kasiihh.. *bundanya nari pompom*
Masih banyak waktu kok buat Nathan :) Hayuukk semangat...

setuju sama binggi thalia Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Jangankan yang beda bapak-ibuk, KI-KA yang kembar aja beda perkembangannya. jadi jangan disamain dan dijadikan patokan paten deh.. Aku dulu punya target usia sekian-sekian harus lulus TT, yang ada gagal teruuss.. Malah jadi stress sendiri, bahkan sampe saya yang nangis-nangis. Kasihan anaknya kan.. Sekarang ikut flow perkembangan Ki-Ka saja, sambil tetep semangat dan konsisten untuk lulus TT :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

18

Topic: Toilet Training

TT yg galulus2 ini emang ksalahan maknya... ga "berani" ambil resiko untuk pergi tanpa diapers.. hiks hiks.. akhirnya diomelin lah sama bapake, ya wes pergi tanpa diapers dan tentu saja berbekal baju ganti 2stel+diapers untuk emergency (tetep yak)
so far aman siy. blm ada kecelakaan di jalan... sempet pengen pee, akhirnya mampir lah ke minimarket numpang pipis... tapi belom teruji pada situasi kena macet banget atau pergi jauuhh... slama ini cuma ngemol atau ke rumah kakeknya aja masih aman...

19

Topic: Toilet Training

iya juga ya.. kalo dipikir-pikir aku juga belum "berani". Apalagi kalau lagi bepergian atau dianya lagi sekolah di peschool. Kendalaku sama dengan bebebrapa Mama di sini, awalnya baru mau bilang kalau BAB tuh justru pas BABnya udah keluar dan udah nangis kejer duluan kalau dibawa ke kamar mandi. Padahal gak pernah dipaksa / punya perasaan trauma lho. Tapi kalo moodnya lagi OK, pas didudukin dianya gak jadi pup, malah cengengesan ><"

Mom of 4 y'o son & @dokterhuda's wife | Blogger | Freelance writer | Passionate baker | Recreational runner | Duri, Riau. T: @nieke | F: /nieke

20

Topic: Toilet Training

Ih, sama banget nih sama Mbak Nieke. Umar nangis kejer kalo diajakin ke kamar mandi pas pup. T_T

Beberapa hari ini, kalo perginya cuma sebentar, mulai berani tanpa diaper, clodi, training pants, atau sejenisnya. Pede aja gitu pakein celana dalam. Asalkan, anaknya dipipisin dulu sebelum pergi. Ihihhiii...

Umminya Umar & Shafiyyah
@ummuumar18 | http://aditdanniez.com/

21

Topic: Toilet Training

Ummu Umar wrote:
Ih, sama banget nih sama Mbak Nieke. Umar nangis kejer kalo diajakin ke kamar mandi pas pup. T_T

Beberapa hari ini, kalo perginya cuma sebentar, mulai berani tanpa diaper, clodi, training pants, atau sejenisnya. Pede aja gitu pakein celana dalam. Asalkan, anaknya dipipisin dulu sebelum pergi. Ihihhiii...


Ummu Umar - Nah itu udah bagus tuh udah berani membiarkan Umar pake celana dalam sesekali :)
Mungkin aku juga harus "berani" sih sesekali membiarkan dia pakai celana dalam aja pas lagi di rumah atau lagi main deket-deket rumah, ya..

Mom of 4 y'o son & @dokterhuda's wife | Blogger | Freelance writer | Passionate baker | Recreational runner | Duri, Riau. T: @nieke | F: /nieke

22

Topic: Toilet Training

nieke + ummu umar - dulu aina juga rada lama utk BAB-nya nyampe di toilet. setelah diinvestigasi, dia ga suka (berasa ga enak kali ya), kalo pas mo pup dita gendong2 berlari2 ke WC. mana WC kita di lantai atas. kayaknya, karena kita gendong sambil cepet2 naik tangga, kesannya mo BAB itu stressful buat dia.

jadi akhirnya, gue taro pispot di lantai bawah dan di kamar dia. kalo dia mo BAB, ya dia aja yang ke pispotnya, copot celana dll sendiri... jadi kita ga ngasih extra pressure, dan dia bisa going at her own pace. kalo kebobolan sebelum nyampe pispot, ya ritual masukin pup2nya ke pispot diulang lagi....

setelah dia kelar pup, baru gue gendong ke WC utk dicebokin. sekalian bersihin pispotnya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

23

Topic: Toilet Training

Waahhh... Mama semua hebat ih. Aku msh blm berani nih ngemol lepas diapers. Paling Skrg Rafa 20m, tyap jam diajak ke toilet u pipis. Kadang suka Blg sih klo mau pipis, tp klo pup sama deh blm mau diajak k toilet. Eh pernah deh tp pupnya dsamping kloset. Haha.. Skrg mau coba ah, bundanya nih yg hrs berani..

24

Topic: Toilet Training

thalia wrote:
nieke + ummu umar - dulu aina juga rada lama utk BAB-nya nyampe di toilet. setelah diinvestigasi, dia ga suka (berasa ga enak kali ya), kalo pas mo pup dita gendong2 berlari2 ke WC. mana WC kita di lantai atas. kayaknya, karena kita gendong sambil cepet2 naik tangga, kesannya mo BAB itu stressful buat dia.

jadi akhirnya, gue taro pispot di lantai bawah dan di kamar dia. kalo dia mo BAB, ya dia aja yang ke pispotnya, copot celana dll sendiri... jadi kita ga ngasih extra pressure, dan dia bisa going at her own pace. kalo kebobolan sebelum nyampe pispot, ya ritual masukin pup2nya ke pispot diulang lagi....

setelah dia kelar pup, baru gue gendong ke WC utk dicebokin. sekalian bersihin pispotnya.


thalia - dulu anakku pernah aku beliin juga potty training mba, ditaro dikamar, maksudnya supaya gak harus buru-buru bawa dia duduk di toilet pas mau pup. Awal2nya antusias banget, tapi lama kelamaan gak mau pake lagi. Yaudah deh, kita pending dulu makenya. Sampe sekarang pun belum mau pake lagi. Nah beda banget sama acara ceboknya, dia malah antusias banget. Mungkin karena bisa main air sewaktu cuci tangannya :))

Mom of 4 y'o son & @dokterhuda's wife | Blogger | Freelance writer | Passionate baker | Recreational runner | Duri, Riau. T: @nieke | F: /nieke

25

Topic: Toilet Training

Walah...tnyt standard lulus TT bwtku samaan dg mama Wiwit,KiraKara. Aq jg maunya Zhiezhie uda bener2 bs ngenalin alarm tubuhnya,pengen pipis itu bgm,pgn pup itu rasanya bgm.
Tp tiap pergi2 msl ke mall ato yg jauh2,ya tetep dipakein diapers. Kalo Zhiezhie 'kecelakaan' mlh srg aq marahin. Papanya uda srg bgt ingetin aq utk tdk marahi dia krn mnrtnya msh wajarlah anak umur 3th kurang,msh sk kelepasan pipis. Papanya jg bilangin aq yg tll ngoyo spy dia bs lulus TT.
Awalnya aq ga terima (keras kepala,euy...) tp lama2 aq bs nrimo jg. Sebulan ini aq berusaha tdk marah kalo Zhiezhie kelepasan pipis atopun pup di celana. Sbnrnya kalo soal pup,dia uda bs ngomong klo mo pup dan mnt ke toilet. Tp mgk krn aq sk marah2,jd dia mikirnya,aq pup di toilet ato tdk,mamaku tetep marah2...jd ya mgk dia sdkt trauma. Selain itu,mgk aja krn dia liat adeknya klo pipis ato pup di clodi/diapers,ga kena marah. Dan adeknya ga dipaksa utk pipis/pup di toilet.
Skrg ini perubahannya cukup signifikan. Biasanya bgn tidur siang (ato pas ngelilir--->apa ya bhs indonesianya?) sk ngompol,mskpn sblm tidur sdh pipis..skrg ini dia uda bs tahan pipisnya dan lgs mau diajak ke kmr mandi utk pipis kalo uda bnr2 bangun. Bahkan wkt jemput papa di airport (hr senin),dia mnt pipis krn aq blg,"Zhie..mama koq pgn pipis yah?". Responnya,"iyah..zhiezhie jg mau pipis mah". Walah..mlh aq yg panik dot com krn blm ktm si papa dan qt emg ga parkir. Untung dia bs tahan dan begitu ketemu papa,lgs cr toilet utk pipis dan dia jg blg klo mo pup jg. Emg sengaja ga aq pakein diapers. Dia jg uda pede utk ga pk diapers. Sblmnya aq uda tny,"zhiezhie mo pk pampers ato pk celana dalam aja?". Dia jwb,"pk celana biasa aja". Dan nurut sblm pergi,mau pipis dulu.
Cm td nih kebobolan lg krn keasyikan ntn Timmy Time,uda diajak pipis tp msh blm mau,akhirnya ngompol deh. Tp lgs ngomong kalo dia uda pipis. Yasudah..mo diapain lg... Sbnrnya dr hr minggu,track recordnya uda bagus banget. Ga ngompol pas bangun tidur siang,diapersnya kering klo bangun dr bobok malem,uda mnt ke toilet klo pgn pup,uda mulai nurut kalo diajak pipis ke toilet di mall maupun di rmh.
Harus siap tisu basah (kalo bs yg dettol sekalian),alas toilet kertas dan sll cuci tangan pk sabun kalo stlh cebokin anak. Ini tips utk di toilet umum.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels