1

Topic: Manajemen ASIP

mamas...mau tanya dong.
3 minggu lalu aku kan kejar tayang sama botol karena ga ada space lg di freezer. jadi kejar2an sama botol untuk nampung asip di kantor (pake botol pigeon). Nah..3 minggu itu aku tiap abis pulang kantor aku tuangin asip perahan hari itu untuk diminumin ke Jeff esok harinya supaya botolnya bisa dipake. Nah ada 2 botol @240 ml yang aku taro di kulkas 1 pintu pada bagian dalemnya selama 4 hari. Pas mau pindahin ke botol persiapan buat minum Jeff besoknya,(dibagi jadi 2 botol) si putih2 yang kental bgt itu ga bergerak. kaya membeku padahal enggak. aku goyangin pelan ga bergerak juga gumpalan yang diatas nya. sampe kurleb 5 menit di luar kulkas perjuangan untuk bisa dituang itu si asip. ngga bisa juga...ga berani dikocok botolnya. akhirnya aku pecahin pake sendok, jadi kaya nyendokin agar agar loh...(ga diaduk) trus baru asip yang cair dibawahnya bisa dituang. salah ga sih mamas aku pakein sendok. berpengaruh ga ke kualitas asipnya?

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

2

Topic: Manajemen ASIP

mommie jeff Setau gue sih itu biasa, soalnya gue biasanya nyimpen ASIP di chiller sampe seminggu bakal kayak gitu juga. Cara ngangetinnya sama aja: harus dikeluarin dulu di suhu ruang baru diangetin pelan2 supaya ga rusak.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

3

Topic: Manajemen ASIP

mommie jeff : aku jg ngalamin kaya gitu, jd mang kl udh bbrp hari ASIP d taro d kulkas bawah (aku g bekuin ASIP krn Megumi g suka, jd kejar tayang terus he3x) ntar d bagian atasnya ada kaya lemak yg membeku gitu. Tp krn aku nyetoknya pake botol yg volumenya sekitar 100 ml, jd lsng aku keluarin aja k suhu ruang ntar jd aga cair lemaknya, trus pas udh d taro d warmer udh nyatu lg deh lemaknya.

Kl aku mw ngebagi ASIPnya (tp jarang) aku jg suka d goyang2x (tp g kenceng2x), jd si lemak bekunya itu pindah k botol lain n tinggal asi bawahnya tuang deh, tp kl kaya gitu jd g balance y lemaknya antara 2 botol. Kl cb ganti botolnya k volume yg biasa 1x babynya minum gmn?jd g usah ngebagi byar lemaknya g harus d sendokin?

4

Topic: Manajemen ASIP

ooohhh jadi ga pa pa ya, ty? soalnya gw pikir juga karena dibagi ke 2 botol dan langsung diminumin juga besoknya. (untung sotoy nya bener) hihhi..

bun2.mila, klo gw pumping pake pigeon yang 240 ml. jadi kebanyakan juga klo dihangatin semuanya. kadang klo mau pindahin ke botol kaca untuk ditari di freezer, lemaknya yang agak beku gitu tetep nempel di botol, ga berani ambil pake sendok dan masukin ke botol kaca. takutnya rasanya jadi berubah. jadi itu lemak ngedadahin gw doang...hikss

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

5

Topic: Manajemen ASIP

Btw moms kl asip Dr freezer yg dah turun ke bawah (chiller maksudnya) bs btahan max brp lama ya?

Soalnya nico mimiknya dikit dikit jd asipnya g lsg diangetin smua
Paling tiap kali ngangetin 50ml gitu

6

Topic: Manajemen ASIP

Qk wrote:
Crey gitu ya?jadi pengen nyoba EMAB ini, bsa di cari dmn yah?klo century ato guardian gt ada ga?


bukan Crey.
Tapi mo bantu jawab. Teh EMAB ada yg jual kok di mama mall ;)

Mommy of Khiara, Faza n Farah
@mamaarza

7

Topic: Manajemen ASIP

Mamaarza Thaaanks infonya ya :)

8

Topic: Manajemen ASIP

mamas, nanya dong..
misalnya pas lg business trip (let's say, 2 hari) aku pumping dan disimpen pake kantong ASI. hasil pumpingnya bervariasi, ada yg 50ml, 30ml, 70ml, dst. stlah pulang di hari ke3, kan ASIP di kantong2 itu biasanya dipindahin ke botol lagi utk disimpen di kulkas. nah, pas mindahin dari kantongnya itu, masih boleh dicampur ngga ASInya? jarak antar hasil perah yg dicampur tetep <24jam. tp kan udah beberapa hari yg lalu.. tengkyuw..

9

Topic: Manajemen ASIP

Riri, kayaknya bisa deh... soalnya dulu aku juga suka begitu... tapi gak tahu persis sih, sebenarnya bisa apa gak... soalnya kadang hasil perah aku simpan dulu di kulkas, ntar besoknya atau lusanya sebelum masuk freezer baru aku gabung2in yang masih dalam kurun waktu 24 jam...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

10

Topic: Manajemen ASIP

riri Masih bisa kok, gue kadang begitu.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Manajemen ASIP

Riri iya gw juga begitu...

Reborn since El was born
@inicrey

12

Topic: Manajemen ASIP

Moms, tanya dong, emangnya knp ya ASIP lebih dari 24jam ga boleh dicampur? Aku sekali pumping cm dapet 50 ml, itu pun seringkali pumpingnya cuma sehari sekali, jadi kadang hasil pompa lebih dari 24 jam kucampur.. Ga boleh ya?

13

Topic: Manajemen ASIP

mommie jeff, kenapa enggak sekalian aja dibagi right after pumping ? Kalau aku begitu caranya, misalnya pumping dapat 160 ml langsung bagi menjadi 2 botol @ 80 ml (rata-rata takaran minum bayiku).

Riri dan dewi_joshin, aku juga beberapa kali nyampur hasil perahan >24 jam, dikasih time stampnya tanggal perah yang terlama. Misal perahan tgl 21 digabung dengan tgl 23 maka dikasih label tanggal 21.

14

Topic: Manajemen ASIP

ella, otty, crey,
oh okelah kalo begitu.. ternyata bukan aku sendiri. hehe.. thx mamas.

15

Topic: Manajemen ASIP

Td ketinggalan botol! untung temen bawa 1 botol lebih. Gw beli plastik makanan semacam ziplock, trus pumping di botol pinjeman, hasilnya pindahin ke plastik. Botolnya gw taro di kulkas, trus sesi berikutnya begitu lagi. huehehe....boleh lah ya sekali2..darurat.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

16

Topic: Manajemen ASIP

Pamz, aku jg pernah kok, keadaan darurat gitu, beli plastik makanan yang 1/4kg untuk wadah asip. trus nutupnya ya diiket aja.. hehe. ga higienis bgt ya sebenernya, tapi namanya jg darurat.. :p

17

Topic: Manajemen ASIP

happymommy Repot mom...gw ke kantor biasanya bawa 3-4 botol pigeon yang 240 ml. Jeff sekali minum asip 150 ml. Jadi biasanya slh sampe ke rumah botol botol asip hasil pumping disatuin per 150 ml untuk diminumkan besok nya. klo misalnya 240 ml--hasil jam 9 masih ada sisa 90 ml disatuin sama yang jam 1 untuk dimasukkan ke botol kaca. (biasanya gw siapkan sebagian 300 ml asip freezer edisi lama dan sisa 450 ml asip paling baru. Kalo bawa banyak botol, repot euy....*mak mak maless*


anyway mamas, klo asip edisi lama tapi tanggal dan waktunya ada 2 botol, mau disatuin boleh ga ya?? soalnya biasanya botol kaca isinya 120-140 ml. jadi nanggung bgt.

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

18

Topic: Manajemen ASIP

moms, sbnrnya plastik asip itu re-usable ga ya? maksudnya biar buat dibawa ke kantor trus sampe rumah dituang ke botol kaca *duh malu..keterlaluan ini ya pelit n ga mau repot-nya :P*

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com

19

Topic: Manajemen ASIP

prastawa plastik ASIP yg kebanyakan dijual kan emang mihil yaa, dan jelasnya sih disposable, jadi aku biasanya pake utk bisnis trip > 2 hari yg agak ribet kl bawa 20 botol @ 150ml, jadi pake plastik ASIP aja, dan itupun gitu sampe rumah ga perlu lagi dipindahin ke botol, skalian menghemat space di freezer (stelah diencerin trus pindah ke botol Dot trus di angetin, dan plastik ASIP nya dibuang deh). Tapi kalo ngantor harian sih cukup bawa botol kaca ya..kan cukup 4 botol aja sehari. ga terlalu berat lah. sbg perbandingan harga plastik ASIP itu paling murah kurleb 85rb/20 plastik dan ini disposable. sedangkan botol ASIP kaca 2500/buah bisa dipake berulang-ulang..lebih irit kann. Biar ga OOT, kita kan mulai stok ASIP sebulan sebelum cuti melahirkan berakhir, jadi butuh ASIP yg banyak nih (dulu aku masuk kerja stelah ada 53 an botol ASIP di kulkas), jadi bener2 butuh botol yg banyak dan itulah kenapa cari yg murah, dan bisa dipake berulang-ulang.

20

Topic: Manajemen ASIP

mommie jeff,
kayanya ada yg pernah bilang, stok lama masih boleh digabung asal time stampnya ngga >24jam dan suhunya sama. jd kalo yg 1 botol masih beku & yg 1 botol udah cair, ga bisa digabung.
atau mungkin, pas botol pertama mau dikasihin ke babynya, botol kedua lgsg diangetin aja. jadi kalo botol pertama masih kurang lgsg bisa ditambah dr botol kedua.

21

Topic: Manajemen ASIP

Riri, iya sih katanya emang hasil pompa >24 jam ga boleh disatuin. Tapi yang saya pgn tau, knp ga boleh disatuin. Hehe.. kali aja ada yang tau.. hehe

22

Topic: Manajemen ASIP

nebak doang nih,
krn pernah baca komposisi asi tiap hari berubah menyesuaikan kebutuhan bayi, jadi kalo kurun waktu 24 jam masih mirip kali ya komposisinya, kalo > 24 jam udah beda dikit.

Tapi kalo langsung minum boleh2 aja dong ya, kan di perut juga kecampur;p

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

23

Topic: Manajemen ASIP

Gw baru mau mulai nyetok ASIP nih.. I (still) have 8 weeks sebelum balik ngantor..
Well, gw bukan termasuk ibu2 yg produksi ASI-ny ngucurrr. :( (trust me, sgala cara udah gw coba buat ningkatin produksi tapi hasilnya ya ala kadarnya) Sekali perah palingan dapat 10ml, max 30ml.. Jadi dalam satu hari paling bisa ngumpulin 1 botol ASIP isi 90cc-an.
So far, baru mulai ngumpulin 3 hari dan walhasil baru 3 botol pula hasilnya..
Ga tau deh sampe akhir cuti nanti gw bisa ngumpulin berapa botol..
Tapi gw ga mau ambil pusing.. Kekumpul berapa aja pun jadilah. Kalo output-nya ga sesuai harapan, well at least I try my best :D

Enjoying Motherhood

24

Topic: Manajemen ASIP

suciww - salut sama semangatnya! :) smangat terus yah, sdikit demi sdikit klo dikumpulin juga jdnya banyak kan? hehehe.. klo dulu gw paling smangat mompa tengah malem, soalnya hasilnya lebih banyak daripada mompa siang..buat nyeneng2in diri sendiri aja biar semangat mompa, huehe..

25

Topic: Manajemen ASIP

suciww, gw juga dulu sehari 1. Tapi 8 minggu kan 56 hari, kalo sehari satu, sblm ngantor bisa 50an botol. banyak tuh! yeay!!
Yup yg penting usahanya, insyaAllah 'terbayar' :)

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)