1

Topic: Manajemen ASIP

Tenkyu mamas, aku mompa jam 5 di rumah, di kantor mompa jam 7.30, 10.00, 13.00, sebelum pulang ato di mobil pumping lg. sejauh ini alhamdulillah surplus. Biasanya di mlm skali lg, tp abis kena engorgement yg lmyn lama, produksi asi yg kanan rd drop, jadi agak susah mompa pas malem.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

2

Topic: Manajemen ASIP

mau nanya donk moms..

Kalau asip perahan beku sudah dicairkan/dihangatkan siap untuk diminum.. Ehh ternyata anaknya tiba tiba bubu. Itu asipnya tahan berapa lama ya?

3

Topic: Manajemen ASIP

Kartika Wijaya
1-2 jam, dan lebih baik dicicipi dulu sebelum diberikan ke babynya

CMIIW

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

4

Topic: Manajemen ASIP

MiaSeptiana,
lo termasuk tim kejar tayang juga ya? saluut juga :) untung rumah lo deket...ngiri lo bisa jalan dari kantor ke rumah tiap siang. Hikmah ditempatin disana ya mi...

metariza.com | mother of two |@metariza

5

Topic: Manajemen ASIP

makk, mau nanya donk. gue january ini kan mao ke spore.
nah masalahnya, si bocah ga di bawa. sedang dianya masih asix. aku cuma bawa anak yg gede. secara yg cilik baru 6 bulan january nanti.
karna akunya di rumah doank, selama ini dia cuma nyusu dari pabriknya langsung *emaknya males mompa, cuci n steril botol!*. paling mantep tinggal buka bra dan nyodorin putink wkwkkwwk :P
tapi gara2 mau pergi, emaknya kalang kabut. soalnya itu bocah, hari ini waktu mulai di ajarin pake botol, dia ngamuk2. kasi pake gelas kecil medela, juga ga mau! *lap keringet*
gimana yaaa?? kalo dia ga mau botol trus piye? huhuhu T_T~

masalah ke 2, eh kog jadi kayak ruang konsul ya? moga ga salah thread. abis ga nemu yg lain soal asi :P
masalahnya, di sg nanti kan gue perlu mompa. nah gue kluarnya tuh dari pagi ampe malem. hotel cuma buat molor dan mandi. gimana caranya mompa ya? di sg byk nursing room ga sih? ga pernah mampir ke nursing room sg -_-; dan kalo pun ada nursing room, ada colokan ga buat mompa di sana? trus tempat cucinya?
kayak di universal studio gitu ada nursing room kah? trus, abis mompa, itu asi apa ga bakal kenapa2 ya seharian cuma di cooler bag? semua mall ato tempat rekreasi umum ada ga sih spot yg busui friendly? *halah bahasanya* kwkwkwkw

tengkiu yak sebelumnya! *lagi pusing mikirin nasib si bocah di tinggal nanti*

6

Topic: Manajemen ASIP

MamaYumi..ngajarin baby (yang sudah terbiasa minum langsung dari PD si ibu) untuk minum ASIP lewat botol/gelas memang butuh waktu dan ketelatenan karena kadang si baby ga langsung mau kok. Dulu waktu ngajarin ilyasaku minum dari botol waktu umur 3 bulanan krn mau balik ngantor lagi juga aku perlu waktu hampir semingguan, padahal dulu waktu baru lahir dikasih mimik dari botol (krn ASIku belum keluar) sama umur 2 minggu (krn p*ting lecet) langsung mau. Tapi kalau memang tetep ga mau minum dari botol/gelas bisa dicoba dg cara disendokin.

Masalah tempat kalau kepepet memang ga ada nursing room bisa juga tuh di toilet (soalnya di kantorku dulu juga gitu). Cari pojokan yang bersih, baru deh mulai pumping. Atau bisa juga di dalam mushola (kalau muslim) kalau musholanya terpisah/ ada sekatnya dari ruang sholat laki-laki.

Untuk pompa, kalau ga ada colokan kan bisa pake baterai, atau pake pompa yang manual..pompa manual enak juga kok.

Untuk sterilizer kayaknya pernah ada yang bahas pake model langsung pake dr mothercare. Pernah baca tapi lupa di thread mana. Mamas yang lain bisa bantu ? :)

7

Topic: Manajemen ASIP

MamaYumi - sebenernya singapur lumayan nursing friendly, ada nursing room dimana2 (mall, USS, etc). tapi blum tentu ada colokannya, jadi mungkin bawa pump yang manual juga (atau yang electric bisa di convert jadi manual).

trus kalo mo nanya2 lebih lanjut ttg singapur & baby friendly-annya, disini aja ya.

just curious (dan kayaknya OOT deh), bukannya lebih gampang bawa bayi 6 bulan daripada bawa peralatan pompa + sterilizer + cooler bag dan mesti mompa dimana2? apa malah lebih ribet?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Manajemen ASIP

@indriyani : thx ya masukannya. mama mertua ku rada susah. aku ngasi asi aja dia uda rewel. apalagi ninggalin baby ke dia di suru kasi minum lewat gelas/sendok, bisa mencak2 deh dia. bisa2 di blg akunya nyusahin dia ><;

iya kirain mo bawa batere sih kalo emank ga ada colokan. tp daya sedotnya beda sih ama kalo listrik ya. pernah test dulu waktu ngantor. akhirnya mompa di ruang meeting drpd di toilet pake batere :p
pompa manual di aku susah. kaga kluar boo hahhaha :D

@thalia : thanks ya infonya :)
sebenarnya akunya pengen bawa si baby. masalahnya, suami ga mau. mertua jg ngoceh. secara itu anak baru 6m di january nanti. dan kita pergi dr pagi ampe mlm. kasian sih kecapean. takutnya malah sakit nanti :( pengalaman bawa yumi ke sg urus kerjaan, pergi dr pagi ampe mlm jem 10-11 baru balik hotel, selama 3 hari. pulangnya itu anak sakit ampe mo 2 minggu T_T~ kasian. apalagi yg 6 bulan..sigh

9

Topic: Manajemen ASIP

*ngos-ngosan*...

duhhh akhirnya tamat juga baca thread ini :P soalnya ngerasa perlu untuk copy paste info-info penting dari para moms di sini :) sekarang udah jadi dehhh tinggal diprint dan ditunjukkin ama orang rumah..

jempol buat mommas semua...

We can never judge the lives of others, because each person knows only their own pain and renunciation. It's one thing to feel that you are on the right path, but it's another to think that yours is the only path. Paulo Coelho

10

Topic: Manajemen ASIP

moms yg sdh berpengalaman..sbnrnya ideal mompa di kantor brp kali sih?trus sekali (ijin) mompa brp menit?tmsk bersihin BP stlh pakai..aku takut ga enak ninggalin kerjaan lama2/keseringan ijin mompa.hehe..
aku msh cuti,skrg wkt mompa ngikut kpn anakku bobo aja..min.2x max.4x sehari,tapi sekali mompa jg ga spektakuler hasilnya..paling 100 smp 150ml *hiks* pernah 200ml tp durasi mompanya jadi lamaaa bgt.ga mgkn kan di kantor ngilang dari meja kelamaan..

11

Topic: Manajemen ASIP

mommiekiki,
klo idealnya mungkin beda2 tiap mama ya, ada yg tiap 2 jam sekali. klo aku selama ini 2x, jam 10an dan jam 2 siang.

btw mamas, nanya dong, ada engga ya bayinya yg ga suka asip yang sudah beku ?
aku selama ini, pas kerja Reefa (8bln) aku tinggalin asip separo perasan sehari sebelumnya, separo yg dari freezer (rata2 perasan 2mgg-1bln sblmnya).
nah, akhir2 ini klo pas minum asip dari freezer Reefa suka ga habis, beda klo yg perasan sehari sebelumnya selalu habis.
Kemaren aku coba ninggalin semua hasil perasaan sehari sebelumnya, dan semuanya dihabisin.

kira2 kenapa ya ? padahal sblm2nya gak masalah.
klo harus semuanya asip fresh, waduhhh ... bundanya kudu 'kerja keras' nih :)

thanks mamas

bunda shafa-hafiz-reefa

12

Topic: Manajemen ASIP

@momiekiki: idealnya sih tiap 2 jam sekali, tapi tiap org emang beda2, ada yg jaraknya 6 jam sekali tapi hasilnya konstan tetep banyak dan byk terus ampe anak 2 taun. Tapi kalo aq model yg kudu disiplin ama waktu mompa, kalo aq berusaha tiap 3 jam sekali. Awalnya emang sekali mompa bisa makan waktu 30 menit, tapi lama2 paling lama 15 menit. Nah spy ga ribet bersih2in pompa, kalo trik aq gini. Pompa yg aq pake medela swing. Nah aq bawa botol 4 biji, sesuai dgn frekuensi aq mompa di kantor. Trus untuk corongnya aq taro di kotak tupperware gitu. Jd kan waktu di rumah itu corong udh dicuci dan disterilkan. Nah setelah dipake mompa di kantor aq cukup rendam aja di air panas dari dispenser selama beberapa menit, abis itu dikeringin trus aq taro lagi di tupperware, trus taro di kulkas or di coolerbag, nanti kalo mau make lagi aq siram dulu pake air panas dari dispenser. Selama ini Alhamdulillah naldi sehat2 aja aq pake cara gitu. Oh iya spy ga sering ninggalin meja, aq kan mompa 4 kali nah jamnya aq atur, jd yg 2 kali di luar jam kantor, yg 1 kali jam istirahat, yg 1 kali baru make jam kantor. Jd aq kan masuk jam 7 pulang jam 15.30 nah aq pumping sblm jam kantor dan sesudah jam kantor. Nah yg sekali aq pumping lagi jam 10an, abis itu jam setengah 1, trus jam 16.00, rangenya rata2 per jam. Moga bantu ya.

@Lilik: sori ga bisa ngasih saran, soalnya naldi mau yg beku or fresh mah hajar aja, Tapi ada temen kantor aq yg babynya cuma doyan yg fresh, jd dia slalu kejar tayang, pompa hari ini buat besok. Trus dia nyobain cara gini pemberian yg fresh sm yg beku dicampur, jd takarannya 50:50, dan sukses. Kalo soal ada baby yg ga mau yg beku krn emang kalo ASIP beku itu rasanya emang beda ama yg fresh (pernah icipin hehehehe), baunya jg lebih tengik, rasanya jg ga semanis yg fresh, nah ada baby yg sensitif lidahnya, makanya ada yg demen ama ASIP beku.

naldi's mama, abank's wife and an employee

13

Topic: Manajemen ASIP

Lilik, Asa juga gak mau ASIP beku, sama sekali gak mau. makanya kejer2an bgt n akhirnya nyerah campur sufor deh ...
ASI-ku klo dibekukan jadi bau besi ... sebenernya sih gpp, tapi Asa g mau ...
solusinya ? heeh kn aku gagal juga .. maap yah g bs bantu

less ego, more heart

14

Topic: Manajemen ASIP

mommiekiki : yupi kaya jawaban moms yg lain, g ada aturan baku bwt mompa krn kondisi tyap mom berbeda tp mang rata2x 2-3jam sekali. Or coba d cek aja PD-nya, kl udh aga full n memungkinkan bwt mompa, y di pompa aja

Kl aku mompa dikantor 2x, jam 10an n jam 3an. Durasi tyap mompa skitar 30menit. Alhamdulillah rumah aku deket ma kantor (5menit aja), jd kl makan siang pulang n nenenin skalian sterilin pompaan lagi. Jam 7:15 sebelum ngantor nenenin n pulang nenein sekitar jam5

Lilik : mungkin rasa ASIP beku-nya g kaya yg biasa jd Reefa g mw. Aku jg termasuk yg dagdigdug krn kejar tayang kasih ASIPnya. Entah kenapa walo udh d coba perubahan suhu g tll ekstrim kl ASIP beku rasanya aga tengik, jd lah kasih ASIP cair aja. Mang dagdigdug tp gpp drpd Meguminya g mw minum ASIP he3x, dan untungnya dya g tll banyak minumnya kl g mgkin g k uber deh

15

Topic: Manajemen ASIP

mommiekiki,
kalo yg ideal sih katanya harus mompa 2 jam sekali. tp yg ideal itu yg susah :p
aku sendiri, skrg ini kalo lg 'beruntung' bisa mompa di kantor 3x (7:30, 10:30, 13:30).
btw, kalo jarak mompanya semakin deket, waktu yg dibutuhin utk mompa jg lebih cepet. kalo jarak antar mompa jauh, butuh waktu lebih lama utk ngosongin PDnya. mungkin bisa disesuaikan sama kondisi kantor, mompanya sering tp sebentar, atau jarang tp lama.

Lilik,
kayanya Otty pernah cerita di page2 sebelumnya kalo Nara ngga suka asip frozen. tp itu karena cara mengcairkannya sih. coba di-search deh :)

16

Topic: Manajemen ASIP

trias.kelly, Sidta, bun2.mila,
thanks sharingnya ya. klo bau tengik sepertinya enggak. cuma emang klo dari warna keliatan beda, yg fresh lebih putih asip-nya, yg beku lebih kekuning2an.
kakak2nya dulu semuanya jg asip fresh, makanya apa reefa ngikut kakak2nya nih :)

Riri, iya sepertinya pernah baca juga, ntar dicari2 lg deh.
klo cara mencairkannya sih sptnya sudah benar.

seminggu ini aku mau coba semuanya fresh asip, klo emang lebih habis minumnya, ya terpaksa deh berusaha lebih keras lagi pumping tiap harinya biar terjaga.

thanks mamas

bunda shafa-hafiz-reefa

17

Topic: Manajemen ASIP

bottle warmer yang bisa sekaligus untuk menghangatkan MPASu yang recommended tapi gak terlalu mahal apa ya? *sambil clingak clinguk takut salah thread*

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

18

Topic: Manajemen ASIP

aqeela Gue sih pake pumpee, harganya 200rb.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

19

Topic: Manajemen ASIP

mommiekiki idealnya sih sesering mungkin. Tapi kalo emang ngga bisa, dan ngga enak terlalu sering pake jam kantor buat mompa bisa dipanjangin dikit waktunya. Atau bisa pake caraku, mompa di meja, kalo posisi tempat duduknya memungkinkan. Kebetulan belakang mejaku tembok. Selama mompa aku tutupin pake nursing apron dan pashmina. Awal2 temen2 kaget dengan bunyi bp nya, tapi sekarang mereka udah biasa. Malah suka ingetin kalo aku lagi super sibuk n blm mompa.
Aku juga beli steriliser kecil yg aku taruh di kantor, dan simpang sabun cuci botol dan sikatnya di kantor. Waktu aku masih mompa sehari 2 kali, aku cuci bp nya pada saat jam makan siang. Trus langsung aku steril, dan aku taruh aja disitu sampe mo dipake lagi di jam pompa berikutnya.
hth yaaaa

Mommy of Khiara, Faza n Farah
@mamaarza

20

Topic: Manajemen ASIP

aQeela,
warmer yg murmer itu IQBaby & Care (bacanya Care apa Core ya?). ngga sampe 200K deh.

21

Topic: Manajemen ASIP

@aqeela: minggu kmrn baru beli warmer yg multifungsi gitu mereknya Core, di Audrey Cempaka Mas harganya 165K

naldi's mama, abank's wife and an employee

22

Topic: Manajemen ASIP

aqeela, warmer iq baby yg warmernya doang (bs steril klo cm 1 botol) itu 85rb harga taun lalu ...

less ego, more heart

23

Topic: Manajemen ASIP

otty, Riri, trias.kelly, TFS yaaa.. nanti siang meluncur ke toko perlengkapan bayi yang deket kantor.

Btw, bottle warmer yang mamas beli ada keterangan kalo suhunya bisa berubah dari yang awalnya gak terlalu hangat terus lama2 jadi hangat gak?
slesta pernah cerita ttg bottle warmernya Advent yang harganya lumayan mahal, good investment sih tapi mengingat sekarang Rara udah 9mos sayang juga kalo beli mahal2, salah emaknya juga sih knp belinya baru sekarang, hehe

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

24

Topic: Manajemen ASIP

aQeeLa : aku punya warmer crown, wkt beli cuma 85rb aja. D boxnya sih ada tulisan 4in1, bisa bottle warmer, food warmer, steril n juice. So far baru pake yg bottle warmer aja coz mpasinya br mw 1mgg lg jd foodwarmernya blm d coba. Alatnya ada 3 settingan suhu, 40° bwt bottle warmer, 70° bwt food warmer, ada yg 100° bwt steril (tp g tw gmn makenya wong alatnya kecil, jd kayany fungsi steril ini g kpake deh). Yg untuk jus itu d kasih kaya bwt perasan jeruk
bisa liat alatnya d mbah gugel he3x

O y kl aku sih bis dr kulkas/suhu ruang langsung cemplungin ke alatnya truz nyalain alat n puter ke suhu 40°, ntar ada kaya lampu nyala yg nandain kl alat lg ngangetin bwt ke suhu itu, kl udh tercapai suhu 40° ntar lampunya mati

25

Topic: Manajemen ASIP

lilik,trias,bun2.mila,riri,mamaarza makasih tipsnya..
jadi kepikir mau coba dulu kasih asip sebln yg lalu sm anakku.mudah2an dia mau..mimiknya kuat bgt,bisa heboh klo kejar tayang :P
bun2.mila aku jg pake yg itu.praktis buat ngangetin sebotol2..dan ga paham jg gmn bikin jd sterilizer..hehe..ada yg udh tau ga mama?