1

Topic: To Eat Or Not To Eat

peachmargarita,, sayang gw di bandung hehehe..delivery kalo bisa :p

dokter gw juga sama kaya ndatha,, cuek ga ada pantangan hehe..kan orang hamil bukan orang sakit ngapain pake pantang2an segala :p
jadi akhirnya hamil ini makan deh semua yang dipengen dan berat badan naeklah 12 kg :D

gw juga baca2 diawal2 ko slesta kalo org singapore malah pada makan duren.
mungkin takutnya duren bikin tensi naek ya yg bisa bikin pre-eklampsia *knock on wood* trus kan kalo banyak makan duren bisa bikin perut panas :( jadi ya jangan over dosis aja :)

silvie
,, waaaa ga boleh makan mangga juga? kenapa ya?

2

Topic: To Eat Or Not To Eat

baru tau loh kalo duren bikin baby gede, kirain efeknya ke panas perut sama heartburn doang.. dulu pas lahiran babynya 2.9kg, itu udah lumayan sering makan duren.. tau gitu, lebih sering makan duren yak (gamaurugi)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

3

Topic: To Eat Or Not To Eat

charissarhanie wrote:
peachmargarita
kalo boleh tau kenapa ga boleh makan duren? gue pas hamil makan ko ampe 3-4 biji malah. asal stop sebelum perut kerasa panas aja, hehehe


charissarhanie Karena kata dokter, emak gue, dan orang2 di sekliling gue, dan mbah Google, durian itu satu2nya buah natural dari alam yang mengandung alkohol. Alami bukan dari hasil fermentasi.

Jadi si durian ini emang berkadar alkohol, gula dan kolesterol yang amat tinggi, terutama durian monthong yang paling gue sukaaaaa. Dan gue takut tergoda sama kayak silvie gue kalo makan duren pasti banyak! Hehehe.

Makanya sih sebaiknya nggak, tapi kalo pengen banget yah makan yg udah dimasak aja tapi jgn banyak2.

Oh iya ini ada link narasumbernya obgyn gue loooh :D Kl disini katanya sih ga papa asal jgn banyak2 dan tidak di trimester pertama.

http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=171

4

Topic: To Eat Or Not To Eat

sandira
karena kandungan gula (entah fruktosa apa sukrosa-eh bener ga siy??) di dalamnya cukup tinggi. meski ini gula alami. namun tetap berpotensi membuat BB bayi (bukan BB ibu) melonjak tinggi.
sebenarnya siy aku tetap makan, tapi gak banyak2. banyak untuk ukuranku adalah 3 biji mangga sehari. sedikit = 1 biji ajah hehe :P
aku suka banget mangga, makanya agak susah suruh diet yg ini :(
klo bb bayinya gak melonjak dan GEDE banget siy, gak usah diet gula. capek dan bete jg. ini itu serba bingung boleh makan apa engga :(

peachmargarita
yoiii, durian itu bagaikan candu (yaoloohh bahasanya) irresistable buat gw hihihihi :D
daripada 'dosa' mendingan gak menyentuh ama skali deh :P

happy go lucky me ^_^

5

Topic: To Eat Or Not To Eat

abis makan kripik duren monthong.
segenggam. ngg nambah lagi segenggam. besok ngadu ah ke obgyn (pengakuan dosa hehehe)

And thelilsolder is back. Fire!

6

Topic: To Eat Or Not To Eat

silvie,, tadi pagi baru minum jus mangga hehehe. soalnya lagi nyandu jus mangga :p

7

Topic: To Eat Or Not To Eat

Duren.. to eat or not to eat memang tergantung daya tahan tubuh masing-masing yaa :)
Pernah waktu di rumah mertua, lagi ada jenang Kudus. Kepengen banget makan. Terus gue lahap. Eh..ternyata ada campuran duren nya. Cuek aja terus makan karena emang lagi laper. Sejam kemudian, perut panas, jantung berdebar-debar dan langsung muntah-muntah sampai lemes. Kapok.. :( Jadi memang harus dengerin alarm tubuh.

Btw, dari tadi kebanyakan posting tentang yang not to eat yah. Hehee..
Kalau to eat gimana yah..?
Ada yang bilang kalau di Singapore dan Hong kong, ibu hamil dianjurkan makan telur ayam kampung rebus setiap hari biar anaknya pinter.
Ga tau juga sih yaa :) Tapi gue juga gak makan tiap hari sih. Disamping susah nyari telur ayam kampung asli, juga menghindari kebosanan pada menu makan dan jerawatan! mwuehehee :D

8

Topic: To Eat Or Not To Eat

amaliaputri..telur memang bagus untuk bumil, terutama yang ingin menaikkan BB tubuhnya. Tapi ga harus telur kampung juga.

Mungkin krn kaya protein jd dibilang bisa bikin pinter ya. Pernah baca, orang keturunan Yahudi kan terkenal pinter2 ya, salah satu rahasianya adalah ketika hamil, si ibu suka makan ikan. Selain itu aku pernah dikasih tahu kepiting bagus juga buat perkembangan otak baby, biar jadi anak pinter gitu.

Waktu hamil pertama dulu ga bisa makan ikan, selalu mual. jadinya ya makan telur sama kepiting saja, tapi kepiting paling sebulan sekali, mahal bo :).

9

Topic: To Eat Or Not To Eat

speaking bout durian, weekend minggu kemaren abis makan 1 buah durian utuh :lol:
awalnya sih mau 1buah berdua aja ma suami, tp stelah abis 1 ko kynya nanggung ya? akhirnya minta 1 buah lg ma mba pelayan :P
akibatnya...eng ing eng...pas kontrol ke dokter berat baby naik 800gr dlm 2 minggu pdhl berat gw tetep sekoma2nya.

hmm, dr bulan kemaren pgn makan kepiting belum kesampean nih :D

bab ? atha ? kae ? nda

10

Topic: To Eat Or Not To Eat

kalo ibu saya nglarang trasi sama ikan2 yg diawetin, termasuk teri kering (bukan teri basah). trasi dilarang karna biasanya campuran "limbah" hewan2 laut yg kita ngga pernah bener2 ngerti isinya. nah kalo ikan2 yg diawetin, pengawetnya itu blum tentu bener. jadi kalo pengen ikan laut, kata beliau pun diusahakan yg dari perairan dalam, yg minim kemungkinan terkontaminasi.

11

Topic: To Eat Or Not To Eat

Iya nih ngomonginnya yg nggak boleh2 aja bikin ngiler...Sekarang kita ngomongin yang boleh yuuukkss....

Yang boleh banget, BUAH!! (Selaen duren dan nanas tentunya ya) Jeruk, apel, pir, strawberry, raspberry, peach, nectarine, mangga, melon! :D Gue juga kadang suka pisang, tapi cuma kadang2 aja karena blenek makan pisang kebanyakan, gak tau kenapa *bawaan hamil*

Makan buah sering2 karena banyak seratnya dan bervitamin...jadi membantu pencernaan dan memberikan asupan vitamin alami yang cukup, dan tidak bikin genduuutt karena gulanya juga natural...

Berat badan gue sampe hamil 4 bulan ini malah turun - tapi janin syukurlah tetap berkembang pesat, sehat dan malah lebih gede dari rata2 ukuran janin seumurannya pas kemarin periksa 12 minggu...dan guepun sebagai ibu hamil, tidak pernah mengalami kesulitan pencernaan yang sering terjadi pada ibu2 hamil umumnya, semua berkat rajin ngemil buah, hehehe.

Selain itu, vitamin C-nya penting banget karena gue sampe 4 bulan ini juga syukurnya ga pernah sakit, padahal sblm hamil kok ya pilek/batuk terus, sekarang nggak, baru sadar, mungkin karena sblm hamil jarang makan buah dan vitamin C, skrg rajinnnnnn :)

Terus yang kedua yang wajib tiap hari adalah SUSU! Protein dan kalsiumnya penting. Gue biasa ngabisin setengah liter susu sehari di pagi/sore ditambah yogurt kadang2 dan keju. Kalo lagi gak pengen banget atau eneg biasanya gue bikin smoothies, buah blender pake susu dan gula sedikit.

Untuk susu gue gak minum susu ibu hamil, minumnya Greenf*elds Low Fat Hi Calcium, biar yg didapat kalsium dan proteinnya tapi lemaknya nggak begitu banyak.

Terus, TELUR dan SALMON! Telur sih gak setiap hari ya, selang seling sehari iya sehari nggak, karena bosen. Kalo salmon seminggu 2-3 kali di Sushi Tei - salmon mateng tentunyahhh.

Gue termasuk jarang makan sayuran sih, jadi dibanyakin makan buah aja deh, soalnya kemaren dicoba makan kangkung aja blenek padahal sblm hamil suka banget tumis kangkung.

*jadi pengen makannnnn lagiii*

12

Topic: To Eat Or Not To Eat

indriani budi utami waaa.... kepiting bagus buat perkembangan otak bayi toh..... wohooooo..... suka suka suka.... hihihi... soalnya selama hamil tiba2 ga suka ikan sama sekali.. jadi khawatir ntar anak gw knp2 hihihi....

ndatha sama nie.. dari bulan kemaren juga belum kesampean makan kepiting.... minggu depan harus makan ah... #BERTEKAD BULAT :D hahhaha nyam nyam dah ngiler bayanginnya aja :D

13

Topic: To Eat Or Not To Eat

peachmargarita hwahhh,,, menunya sehat banget... hebat bisa minum susu 1/2 liter tiap pagi dan sore :D
Gue minum susu aja nunggu dipelototin atau diomelin suami dulu baru bisa nelan segelas susu dalam sehari.. Ihiksshikss,, eneg banget sama susu >_<

14

Topic: To Eat Or Not To Eat

amaliaputri wrote:
peachmargarita hwahhh,,, menunya sehat banget... hebat bisa minum susu 1/2 liter tiap pagi dan sore :D
Gue minum susu aja nunggu dipelototin atau diomelin suami dulu baru bisa nelan segelas susu dalam sehari.. Ihiksshikss,, eneg banget sama susu >_<


Justru itu neeeeeeeek, gue makannya suka yg gak sehat2 banget juga macam pizza, burger, jadi ya harus diimbangin makan buah krn gue gak makan sayur banyak *jadi malu*

Eh eh ada resep, coba deh biar ngga eneg, minum susunya dijadiin susu-madu-jahe panas.

Gue awal2 juga sempet bleneeeek minum susu, terus dikasih tau nyokap katanya jahe itu bisa menghilangkan eneg, gue cobalah itu minum jahe rebus panas2 pake madu + susu, wahhh ngga eneg dan enaaaak.

Ternyata setelah Googling, jahe memang punya khasiat alami menghilangkan mual :D

15

Topic: To Eat Or Not To Eat

Mo curhat dikit aah..
di post sebelumnya pernah pd ngomongin MILO kan yah? Karena ada stok MILO banyak di rumah, aku iseng2 nyoba minum itu dicampur susu plain tiap pagi (maksudnya supaya kalsium nambah banyak).. eh ternyata.. dalam 1 bln ini gula-nya MILO langsung diserap babyku hingga nambah 1,4 kg dalam sebulan saja (heran, pdhl ibunya cuma nambah 1kg n total 9 kg pas week 33)..

So.. sepertinya puasa MILO dan segala bentuk gula sampai lahiran nanti deh...

Mother of Universe

16

Topic: To Eat Or Not To Eat

Milo kan emang gulanya tinggi, tapi reaksi tiap ibu beda2 sih ya :)

Ya udah minum susu low fat biasa aja Koeliz, yg pasti kalsium tingi dan aman :D

17

Topic: To Eat Or Not To Eat

hal paling aneh yang terjadi selama kehamilanku.
aq maniak sama yang namanya cabe rawit,tapi selama hamil sampe menyusui benci banget sama cabe,selalu muntah,sampe saos pun ga bisa!!! suamiku anti sama yang namanya pedes,mungkin bawaan bayi kali yaa!! tapi setelah berhenti menyusui koq balik lagi selera pedesku!! ANEH KAN!!!!

not only about shop,actually it's bout sharing and relationship

18

Topic: To Eat Or Not To Eat

Aku juga ga ada pantangan, soalnya klo ada pantangan malah ngidam lagi :) tapi makan dijaga, ga boleh berlebihanlah pokoknya :)

19

Topic: To Eat Or Not To Eat

aq juga ni hamil yang ke -2 ini ga ada pantangannya...makan semua deh, mumpung ga eneg..kopi2an macem n*scafe dingin aja kuminum walo cuman seteguk 2teguk hekekekekek..

20

Topic: To Eat Or Not To Eat

koeliz,
haha..M*LO emang enak sih.. kalo gw dimakan gitu aja tanpa diseduh..hihihi..kebiasaan dari kecil. paling dikasih air dikit biar agak pliket2. waktu hamil anak kedua tuh menjadi2 kebiasaan makan M*LO bubuknya :) tapi mungkin porsinya gak berlebih, jadi gak bgitu ngaruh sih :)

nurul,
nah sama kyk wkt gw hamil anak pertama, yg tadinya suka banget sama beef teriyakinya H*ka2 Bento, jadi gak suka sama sekali...
tapi stelah melahirkan sih balik suka lagi hihihi..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

21

Topic: To Eat Or Not To Eat

eka..sama ih..tp skrg stlh gede *ga mau bilang tua soalnya* aku ga bisa minum susu, perut selalu nolak. Maksudku yang sama suka makan susu bubuk tanpa diseduh. Dulu kalau ibuku telat bikinin aku susu, langsung deh susu bubuknya kumakan saja. Semua merk susu bubuklah, tdk terkecuali milo. Sampai suatu hari ibuku cerita kebiasaanku ini ke saudara yang dokter, dan langsung dilarang karena katanya tidak baik buat pencernaan, tp ga tahu ga baiknya kenapa. Sejak saat itu ga dibolehin ibuku minum susu tanpa diseduh. Eh krn kmrn nonton liputan di Trans 7 jadi tahu alasannya ga boleh. Susu bubuk itu kan proses pembuatannya panjang, jd ada kemungkinan dia terkontaminasi bakteri, antara lain sewaktu proses packagingnya. Salah satunya ya bakteri sakazaki yang lagi heboh skrg ini. Nah cara untuk membunuh bakteri sakazaki itu dengan diseduh dg air panas. Jadi untuk anak balita atau bumil, sebaiknya hindari minum susu bubuk tanpa diseduh. Eh maaf ya kalau OOT

Kalau aku tantangan hamil ke-2 ini ga tahu kenapa jd suka banget sama mie instant. Kalau ada mie instant di rumah ga bisa nahan untuk ga makan. Makanya kubatasin maksimal seminggu 1-2 bungkus saja. Kalau bisa ga makan mie instant dl, tapi suami suka beli..jadinya ngiler terus deh.

22

Topic: To Eat Or Not To Eat

Eh kalo minum yg mengandung ginseng tuh boleh gak sih?

Ada yg tau?

23

Topic: To Eat Or Not To Eat

peachmargarita wrote:

Eh eh ada resep, coba deh biar ngga eneg, minum susunya dijadiin susu-madu-jahe panas.

Gue awal2 juga sempet bleneeeek minum susu, terus dikasih tau nyokap katanya jahe itu bisa menghilangkan eneg, gue cobalah itu minum jahe rebus panas2 pake madu + susu, wahhh ngga eneg dan enaaaak.

Ternyata setelah Googling, jahe memang punya khasiat alami menghilangkan mual :D


Sippp,, gw coba ahh.. :D
gw pernah lihat juga resep susu bola-bola jahe (atau jahe bola-bola susu yah..) di majalah f***na. Whatever it is, nanti mau cari lagi resepnya..

gingseng kenapa gitu? lagi pengen konsumsi gingseng yah?
setau gw gingseng buat ngatasin pegel2 gitu bukan..
ga tau khasiat/pengaruhnya apa buat ibu hamil..

24

Topic: To Eat Or Not To Eat

amaliaputri, wah besok2 kalo dapat resep susu bola2 jahenya share donk di forum Recipes :D

Iya nih gue pengen minum STMJ tapi takut ginsengnya nggak boleh, kemaren lupa tanya dokter boleh apa nggak...

Creambath pake ginseng juga boleh nggak ya?

25

Topic: To Eat Or Not To Eat

rainiw wrote:
[quote=charissarhanie]saya malah selama hamil makan sashimi mulu loh, gak tau emang craving ato apa, tp alhamdulillah gapapa ke bayinya....
kalo kata dokter sih, hamil itu gak ada pantangan apa2, termasuk sushi/sashimi asal tempat makannya bersih bukan jajanan abang2 pinggir jalan gitu (emang ada ya sashimi abang2?).. tp tetep eat in moderation sih..


Wahaaa... laki gue perlu tahu ini nih... *demi diijinkan makan sushi lagi* :lol: saya juga mikirnya gitu; jajanan abang2 pinggir jalan meskipun digoreng matang, tapi tetap aja lebih rentan kena kuman karena dijual kebuka & lebih mungkin buat jadi gak bersih. Klo sushi, daging ikannya aja kualitasnya dikontrol-ketat supaya segar selalu; blm lagi selama dibuat, orang yang bikinnya harus pke masker &/ sarungtangan (sepanjang pengamatanku...)
btw, keren bgt kali ya kalo ada sushi dijual abang2gerobakan... asal bersih, mau deh beli tiap hari :P[/quote]

say, makan ikan segar itu dilarang bukan karena kumannya lho setau saya ya.. tp karena itu, kandungan merkuri di laut saat ini karena pencemaran. terutama ikan2 yang berada di perairan dalam. http://health.detik.com/read/2011/02/08/161756/1562704/763/ikan-dengan-kandungan-merkuri-yang-boleh-dimakan-dan-tidak

smoga membantu ya