1

Topic: Manajemen ASIP

hay all ..

udah baca postingannya otty tentang freezer merk sharp .. tapi mungkin ada saran lain gak ? sama seperti icarus, pinginnya yg murah2 aja sekitar 1 jutaan gitu ..
ada di ace hardware Rp 2 juta, kemahalan menurut ku ..

trus ada juga yg bilang simpen di chest freezer .. chest freezer tuh apa ya ?
ada yg bisa bantu ..
btw, ini gak OOT kan ya ? kan tentang manajemen ASIP heheheh

2

Topic: Manajemen ASIP

Moms, mau tanya gimana cara pemberian ASIP yang baik..

1. Pake sistem FIFO ASIP di freezer untuk hari berikutnya
2. ASIP freezer campur ASIP fresh hari sebelumnya
3. ASIP freezer hanya untuk cadangan saja, bayi minum ASIP hari sebelumnya

Berjuang untuk masa depan Banyu dan Binar
my positive

3

Topic: Manajemen ASIP

pinky,
kalo ga salah chest freezer tuh mesin pendingin kek buat es krim gitu yg kotak gede...

ayuahmad,
mmh kayanya sih terserah elo ya asal yakin bahwa ASIPnya masih bagus (bisa diidentify dr baunya). Tapi kalo gw sih waktu stok masih banyak, ASIPnya dicampur 4 botol ASIP tanggal terakhir di freezer dan 4 botol ASIP fresh hasil hari ini untuk pemberian besok...

Reborn since El was born
@inicrey

4

Topic: Manajemen ASIP

Ayuahmad,

Aku kayak crey yaitu point 2. So selama kerja bayiku pake separo asi freezer perahan hari terakhir, separohnya asi fresh perahan sehari sebelumnya.
Tapiiii ... Apapun pilihan yg kamu ambil, selama asip-nya masih bagus no problem kog.
Disesuaikan dgn sikon kamu aja.
Gutlak ya

bunda shafa-hafiz-reefa

5

Topic: Manajemen ASIP

ayuahmad
Klo aku sih pake point 1. Soalnya takut yang frezzer keburu ngga keminum. Sayang kan....

6

Topic: Manajemen ASIP

pinky, aku akhirnya beli freezer LG yang 6 rak. Harga sedikit di bawah 2 juta (beli sama temen sih).
Kemarin ke electronic city pas ada diskon 10% + cicilan 0% 6 bulan pake HSBC, tp ternyata freezer kosoooong...trus ke electronic solution, eeeh freezer juga ga ada barangnya.
Akhirnya pasrah cari2 ke toko elektronik kenalan mertua and toko temenku.
Sempat tanya2 harga merk Sanyo juga. Yang 4 rak sekitar 2 juta lebih dikit. Sanyo 6 rak sekitar 2,5 juta.
Cari2 merk lain kayak Sharp and Panasonic, kebetulan mereka ga jualan merk itu :(

7

Topic: Manajemen ASIP

AyuAhmad, aku jg pake sistem separuh-separuh, tp yang pertama diminum adalah yang dr freezer, biasanya sekitar 3 botol. trus kalo yg freezer dah abis baru dilanjut yang hasil perahan sehari sebelumnya, kalo pas aku pulang kerja ternyata ASI perahan kemaren masih nyisa beberapa botol baru deh aku naikin ke freezer bwt nambahin stok. Tp kembali lagi pada ibu n baby nya nyamannya pake metode yg mana :)

8

Topic: Manajemen ASIP

Sebenarnya lebih dianjurkan untuk diberikan ASI yg fresh. Kandungan ASI akan berubah seiring usia bayi, sesuai dengan kebutuhan bayi. Misalnya kandungan ASI utk bayi 3 bulan akan berbeda dengan bayi 6 bulan. Dan juga ASI yg di freezer akan kehilangan sebagian dari nutrisinya.

Aku biasanya kasih 1/2 ASI Freezer dan 1/2 ASI Fresh dari 1 hari sebelumnya. Tapi bukan dicampur 1 botol ya (jadi 1 botol ada 1/2 ASI freezer dan 1/2 ASI fresh). Melainkan ada 2 botol yg ASI freezer dan 2 botol ASI fresh. Aku sih tidak terlalu merekomen penyajian ASI freezer dicampur dgn ASI fresh, mendingan 2 botol yg berbeda.

Biasanya aku selalu wanti2 suster untuk memberikan ASI freezer yg sdh dicairkan terlebih dahulu dan ASI yg fresh bisa untuk sore. Kalo misalnya aku pulang pagian biasanya langsung nyusuin jadi kalo ada sisa ASI fresh bisa di freezer utk stok ke depan.

Aku pumping di kantor biasanya bisa dapat 3 botol 150ml dan malam dapat 100ml-an. Jadi aku freezer 1 botol 150 ml dan 1 botol 100 ml untuk stok ke depan. 2 botol 150 ml-nya untuk langsung diminum keesokan harinya.

Kurang lebih begitulah manajemen ASIku.

9

Topic: Manajemen ASIP

angelclaud Kayaknya ga ada yang nulis nyampur ASI freezer & ASI fresh ke dalam 1 botol yang sama deh, yang gue baca mereka nyampur dalam artian (misalnya) 2 botol pake ASI freezer (dikasih 2x) & 2 botol pake ASI fresh (dikasih 2x) untuk total 4x minum.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

10

Topic: Manajemen ASIP

otty, angelclaud sebenernya campur asi freezer dan asi fresh gitu boleh2 aja, selama temperatur keduanya sama. jadi asi freezernya sudah di thaw dengan ditaro di kulkas bawah, dan asi fresh yang kemaren abis dipompa juga udah masuk kulkas. baru setelah itu dicampur.

dulu sih gue selalu pake cara FIFO. tapi biasanya beda waktunya hanya sekitar 2 minggu. jadi ga mungkin asip yang gue masukin 2bln yang lalu baru dipake buat minum. paling lama sebulan, which is jarang banget. soalnya semakin lama gue ga pake akan semakin lama jarak asip nya.. jadi sebisa mungkin yang udah paling tua dipake duluan. asi fresh nya kan tetep ada karena gue masih nenenin langsung juga, jadi ga masalah harusnya.

dan untuk campur asip gitu, gue biasanya begitu kalo sebelom dimasukin ke freezer, ga pernah setelah dikeluarin dari freezer trus dicampur fresh. krn kebanyakan. soalnya gue selalu taro 100ml asip per botol. jadi cukup dipanasin segitu untuk sekali minum. kalo kurang ya panasin lagi botol selanjutnya, tapi gak pernah langsung 200ml dipanasin karena sayang kalo ga abis, malah kebuang.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Manajemen ASIP

Otty
Iya, sekedar diperjelas aja supaya gak ada kesalahpahaman.

12

Topic: Manajemen ASIP

slesta Tapi berarti tetep harus dipilih yang selisihnya maksimal 24 jam ya?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

13

Topic: Manajemen ASIP

otty iya.. mesti pinter2an kita juga sih. soalnya kalo gak gitu jadi kebuang..

dan inget ya.. gak semua anak itu kan sama. jadi mungkin apa yang gue apply works for me and naia, tapi mungkin gak works for other moms & kids.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Manajemen ASIP

slesta Oh gitu... Soalnya gue jarang banget make ASIP dari freezer, jadi biasanya tanggalnya udah beda jauh sama ASIP fresh makanya ga pernah gue campur. Thanks ya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Manajemen ASIP

crey,lilil,ceicelia,nies,angelclaud,otty,slesta, thanks untuk informasinya. Mulai kemaren, gw pake sistem yang 1/2 ASIP freezer, 1/2 ASIP fresh 1 hari sebelumnya (tapi engga dicampur jadi satu, beda botol, beda waktu minumnya). Mudah2an lancar sampe nanti dan Aray makin ndut.. :D ;)

Berjuang untuk masa depan Banyu dan Binar
my positive

16

Topic: Manajemen ASIP

Kalo aku soalnya dari anakku pulang dari rumah sakit udah langsung pumping dan di freeze dan selama 3 bulan cuti hamil nyusu langsung. Hasilnya adalah stok ASI menumpuk. Sempat stress mau abisin ASI yg sudah hampir 3 bulan. Tapi kalo dibuang sayang banget. Untungnya ASI2 tersebut sih masih fine2 aja dan anakku gak pernah bermasalah minum ASI yg sudah 2-3 bulan. Sekarang sih udah gak ada yg 3 bulan, paling lama 2 bulan. Tapi aku tetap aja rajin pompa utk nambah stok. Ya pikirnya setidaknya in case kalo ASIku sudah gak keluar tapi stok masih mencukupi utk 1 bulan ke depan lagi.

17

Topic: Manajemen ASIP

baca disini jadi mo nanya... yurie 4m klo ditinggal kerja dari jam 8-17 itu minum 400ml asip.. nah biasanya gw turunin dari freezer itu 3 botol @120ml baru 1 botol asip perah sehari sebelumnya.. nah setiap kali yurie minum asip itu 80ml.. bearti msi ada sisa 40ml asip dan untuk sesi minum selanjutnya dicampur 40ml sisa yang tadi ama 40ml dari botol ke dua.. selama ini (udh berjalan 3 bulan) sih ga ada keluhan apa2 ya.. puji Tuhan juga yurie fine2 aja dan ga pernah sakit... tapi setelah baca2 kok jadi was2 ya?? bearti selama ini gw salah dunk ya?? trus klo mo nyetok 80ml / botol di freezer itu kan makan tempat..ehheehhe.. mohon bimbingan moms

18

Topic: Manajemen ASIP

Rie-Chan

Kalo aku baca sih ASI yg sudah dipanaskan dan diberikan kepada bayi harus dihabiskan sesegera mungkin. Karena bakteri akan lebih cepat berkembang biak pada ASI yg terkena air liur bayi. Kalo 40mlnya itu masih bersih (bukan sisa dari yg Yurie minum) sih gak pa2.

Aku biasanya nyimpan ASI di freezer dalam berbagai macam volume. Tergantung aku pumpnya berapa. Jadi ada yg 100ml, ada yg 120ml, ada yg 80ml. Anakku biasanya sekali minum 150ml. Jadi biasanya aku ambil dari kulkas misalnya yg 100ml + 80 ml + 120 ml lalu baru aku bagi ke 2 botol 150 ml. Dan biasanya dihabiskan jadi gak ada yg sisa.

19

Topic: Manajemen ASIP

maksud sisa 40ml itu bersih kok... jd biasanya aq panasin nya itu di botol lain.. dan sisa itu masuk kulkas bawah lagi... so itu bukan sisa asip yang udh dipanasin

20

Topic: Manajemen ASIP

Kalo gitu seharusnya sih gak pa2 kok.

21

Topic: Manajemen ASIP

Akhirny bs iku mejengin thread ini
Berhub aku wahm yg pemalas,jd selama 6,5bulan ini aku ga pernah pumping
Mulai berfikiran stock asip krn ada rencana kerja luaran lg

Kemarin akhirnya coba2 pumping dapet 90ml (siang) dan 100ml (malem)...hahahaah seneng bgt diriku,soalny Va jg tetep ngempret ga brenti2 seharian,dan waktu pumping aku sengaja ga ngosongin pd,takut anakny tiba2 nagih empret tp pd ny kosong krn pumping :)
Tapi hari ini krn ke pd an,td coba2 pumping lg sekali,dpt 30ml hahahaha semangat lgsg menurun..harus menguatkan hati biar semangat stock asip ni :P

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

22

Topic: Manajemen ASIP

pinkmomma,
hehe.. baru denger istilah empret :p

23

Topic: Manajemen ASIP

hi all saya newcomer ni mau tanya soal nyimpen asi
maaf kalau rada basi yah pertanyaannya :)
kalau abis diperah terus masuk ke freezer ok ga
terus karena anak ku rada ga sabaran biasanya dari freezer langsung ke milk warmernya
so far siy Aarya ga masalah cuma kok keliatannya salah langkah niy. Mumpung masih cuti 2 bulan mau berubah haluan

Thanks ya

24

Topic: Manajemen ASIP

dharma,
idealnya sih asip itu turun dan naik temperaturnya gak drastis ya..
Karena kalo dipaksain naik dan turun drastis itu kualitas asipnya jd berkurang..sayang kan asip yg udah kita perah penuh perjuangan (lebay) pas disajikan kualitasnya turun..
Kalo sistemnya kejar tayang gitu, gak perlu masukin freezer.. Asip di suhu ruang tahan 8 jam koq..
Coba deh baca2 di thread ini dari pertama buat dapet step by step cara penyimpanan asip..
Good luck ya dharma..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

25

Topic: Manajemen ASIP

*bingung mau tanya di tret ini apa tret Breastfeeding ya*

mamas,
apa kalo lg haid pengaruh bgt ke produksi ASI ya? aku baru kali ini haid stl berbulan-bulan lamanya (sblmnya ga dpt krn KB suntik). kalo pas puasa aja aku pumping 3x bisa dapet sekitar 450-500ml. tp dalam 2 minggu terahir ini pumping 3x cuma dapet 300-350ml. mana si nay (12m) kalo ditinggal ngantor bisa abis 500ml. sukses lah stok ASIP berkurang 20btl dalam 2 minggu. kalo buka freezer pingin nangis rasanya.. :'(