1

Topic: Manajemen ASIP

fauzia lapisan kuning kayak minyak kelapa??? keliatannya oily ato gimana? setauku klo asip yang habis disimpen di kulkas pas dikeluarin lapisan lemak susunya emang diatas/terpisah (ini lapisan yang penting katanya, ini yang bikin baby kenyang, CMIIW urbanmamas) dan biasanya klo aku setelah asip cukup suhunya untuk di konsumsi baby, lapisannya luruh sendiri atau kalau belum luruh botolnya aku goyang2 kayak pelajaran campur2 cairan di tabung reaksi kimia :D soalnya ga boleh di kocok keras2, ntar jadi agak rusak kandungannya dan nutrisinya jadi berkurang. Walaupun emang masih save buat di konsumsi baby.
Klo aku untuk ASIP yang disimpen di kulkas bawah (kulkasku 2 pintu), aku kumpulin di box (macam lock&lock) maksimal emang 3 hari. Soalnya mobilitasnya buka tutup kulkas bawah emang cenderung tinggi (ya mo ambil bahan makannan lah... mo ambil air es lah dst...dst...), jadi aku masukin box buat jaga suhunya supaya ga kena perubahan suhu drasti Nah, klo udah 3 hari dibawah (khususnya ASIP yg kuperes kamis dan/atau jumat di kantor dimana sabtu-minggu Alula mimik langsung dari 'gentong' aslinya :) ) dan ternyata ada stok baru yang lebih fresh, yang 3 hari itu aku naikin dulu ke freezer.Besok2nya klo stok ASIP di kulkas bawah nipis, baru aku turunin tuh stok ASIP di freezer

still learning....day by day....

2

Topic: Manajemen ASIP

fauzia , kandungan asi kan beda2 ya setiap orang. kadang asi-ku kalo di panasin ada semacam kuning samar gitu. aku si pastiin masih oke ato gak dengan cara mencium baunya. kalo baunya masih oke n bentuk asi tidak berbuih, masih aku kasih ke nara. so far tidak ada masalah si.

??Dianara??

3

Topic: Manajemen ASIP

dear fauzia,
kalo pengalamanku, waktu asi dipanasin memang masih ada lapisan lemak yg misah di atasnya. maxutnya itu bukan ya? kalo itu sih gpp dikasih. jd abis diangetin, botolnya di-swirl dulu supaya lapisan itu nyampur. yg pasti jgn dikocok kenceng2.

kalo masa simpan ASI di kulkas bwh, aku jg pernah baca artikel di milis AFB (terjemahan dr La Leche League) kalo di suhu 0-4C ASI bisa tahan sampai 8 hari. tp memang ada jg yg blg tahan cuma 3 hari. jd, just to be safe, aku pake standar yg paling cepet aja.

4

Topic: Manajemen ASIP

oo..lapisan lemak nya ya..oke deh ,, tenang jadi nya aman toh...
yo wis berarti aku juga ambil yg cepet aja 3hari di kulkas bawah...

nanya lagi, kalo dari freezer lsg diangetin tanpa turun ke kulkas bawah gapapa?? soalnya setlah turun ke bawah baru cair sktr 2hari,

asip yg udah diangetin tahan berapa lama di suhu ruangan??

tq moms...sangat membantu..

5

Topic: Manajemen ASIP

fauzia Nah, yang ga cair2 ini sama kayak gue! Gue juga kalo nurunin ASIP dari freezer baru cair setelah 3 hari, Nara ga mau minum :( Akhirnya tiap malem gue turunin & besoknya gue angetin (gue keluarin bentar sekitar 15 menit baru diangetin), entah beku ato cair dikit. Ternyata pake cara ini Nara malah mau minum :)

Oya, dulu gue paling lama bisa sampe 10 hari di chiller, pernah baca dari internet katanya bisa & karena kulkas gue dingin jadi gue yakin aja. Tapi ini cuma untuk percobaan, normalnya sekitar 7 hari udah gue naikin ke freezer.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

6

Topic: Manajemen ASIP

yg pertama udh dijawab otty. jawab yg kedua aja yaa.. :)

asi beku yg udah dicairin masih bisa disimpen slama 24 jam ke depan di dlm kulkas. kalo di suhu ruangan sekitar 4 jam. tp semuanya dgn catatan blm kena liur baby.
cmiiw ya mamas..

7

Topic: Manajemen ASIP

waaaaaaaaaaahhh...tq ya moms...mudah2an asi ku berhasil ampe 2taun..
skrg baby gamel baru 20 hari looooong way to go..

tq

8

Topic: Manajemen ASIP

fauzia
kalau dari pertunjuknya aimi, setau aku asi di kulkas bawah (ditaro di bagian belakang kulkas ya) itu tahan 3- 8 hari. balik lagi tergantung suhunya kulkas itu..

9

Topic: Manajemen ASIP

Mamas, mo nanya, untuk bayi 4m2w kebutuhan minumnya brapa ya? Almira termasuk bayi langsing, skrg berat 5.6kg, sekali mimik asip max 90ml 5-6 x dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore. Kira2 cukup ga ya? Kalo diberi lebih dari itu seringkali ga habis

10

Topic: Manajemen ASIP

linda Itu tergantung sama bayinya sih, ga bisa disamain. Dulu Nara dari umur 1 bulanan udah minum sekitar 120 ml, malah pernah segitu kurang (kalo dia lagi laper banget). Kalo dikasih lebih dari 90 ml masih nyisa berarti emang udah kenyang kan?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Manajemen ASIP

linda - mungkin almira mirip aina: sekali minum dikit, tapi minumnya berkali2 dalam sehari... sering2 aja ditawarinnya :) btw, kalo mo nambah, per 5ml aja, jadi dari 90ml ke 95ml... dicoba selama 1 minggu.

eh, ini OOT ga sih?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Manajemen ASIP

thalia Hihi iya OOT ga ya? Tapi kan ASIP :p Dulu juga ada sih yang nanya tentang jumlah pemberian ASIP, tapi lupa di mana...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

13

Topic: Manajemen ASIP

Thalia, Otty, trims jawabannya. Kuatir kurang sih, soale kenaikan bb-nya cuman kurleb 500gram. Katanya kan minimal naik sekilo tiap bulan

14

Topic: Manajemen ASIP

linda
kalau 4 bulan kata dsa gw standarnya 100-120 ml. Sekarang Aghnan kalo mimik 120 ml. Emang sih gak langsung habis. Biasanya kalau dia sudah mulai begah, di tepok2 dulu. Terus dicoba dikasih lagi. :)

15

Topic: Manajemen ASIP

Moms, mau tanya donk.
Freezer kulkas di rumahku udah penuh dengan ASIP (sampai diprotes orang serumah gara2 itu freezer udah ga bisa buat nyimpan ikan/daging lagi :D) sementara hasil pompaan ASI masih lumayan melimpah. Nah, aku pengen beli freezer kecil satu lagi khusus untuk ASIP aja. Ada yang udah pernah punya pengalaman dgn freezer ASIP? Merk apa yah yg recommended (tapi jangan yang mahal, yah sekitar 1-2 jt lah kalo ada ^^)

16

Topic: Manajemen ASIP

icarus Coba aja merk Sharp biasanya bagus kok untuk kulkas/freezer. Sekitar taun lalu gue liat yang seukuran freezer es krim gitu 1.8jt.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

17

Topic: Manajemen ASIP

otty thanks yah. weekend ini mau berburu freezer ah :D

18

Topic: Manajemen ASIP

Moms ... mau tanya donk..,
gmn manajemen ASIP nya kalo utk working moms yaa?
apa mesti nenteng2 cooler box ya..?
trus ada yang tau mesti nambahin biang es kah??..
belinya dmn??..

? ???..happy new mom..??? ?

19

Topic: Manajemen ASIP

ilda Coba dibaca dulu deh di halaman depan, udah banyak kok working moms yang ngebahas manajemen ASIPnya.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

20

Topic: Manajemen ASIP

Dear mamas... mw nanya dunks... G tau niy dah pernah dibhs ato blum... (nda kuat mantengin satu persatu hal thread inih...)

Bbrp hari yg lalu saya mulai nyimpen ASIP di freezer. Waktu itu sekaligus masukin 3 botol yg udah disimpen di kulkas dari sehari sebelumya. Tapi, pas saya cek lagi 2 hari kemudian, ada 1 dari 3 botol ASIP itu yg ngga membeku. Padahal 2 botol yg lainnya bisa beku. Dan kemarin kejadian lagi kaya gitu...

Ada yg pernah mengalami hal kaya gini g, mamas??
Kenapa y ASIP ngga membeku??

tfs... ^^

Dear Mama, empowering yourself!! Knows better, Think Best, Choose Right... Gentle Birth, From the WOMB, For the better WORLD.

21

Topic: Manajemen ASIP

bundaayesha, samaaa! Gw juga pernah gt. Padahal yg kanan kirinya dimasukkin freezer hari dan jam sama udah beku. Yg tengah2nya malah 2 hari kemudian. Gw jg g tau knapa

Oia, sekedar curhat (weew pagi2 curhat), gw simpen stok asip di kulkas khusus freezer. Alhamdulillah penuh keisi. Nah tgl 29 juli subuh gw cek kulkas ternyata pintunya kebuka dikit. Kayanya gw ga rapet nutup smlm. Dan sbagian besar asipnya sodara2...sukses cair! Gw pun sukses nangis. Tp ga sertamerta gw buang smua, yg di pintu krn cair banget n udah g dingin gw buang (±20 btl). Yg rak paling bwh alhamd msi beku, rak atasnya cair dikit (gw simpen), rak atasnya lg lmyn cair (gw buang yg baris depan (±10 btl). 2 rak paling atas byk jg yg cair, tp miris banget ngebuang smua. Plus gw inget cerita Metariza yg kira asip cairnya basi pdhl nggak. Akhirnya besok2 al gw ksi yg nyaris cair itu krn bau n rasanya ternyata msi aman. Al pun g nolak n g mencret. Tp ada bbrp yg makin kesini gw makin ragu kualitasnya, krn udah kelamaan. Akhirnya gw kembali ke sistem perahan hr ini bwt besoknya. Gw buang lagi bbrp asip dl nyaris cair. Dan hari ini udah terganti smua dgn yg lbh baru:) hmm total brapa liter ya yg gw discard? Hehe..
Intinya siy, klo ad yg mengalami insiden ky gw jgn buru2 buang. Apalagi klo cuma cair dikit. Tp utamakan yg cair dikit itu yg dikonsumsi duluan.
Skrg gw ekstra ati2 klo buka tutup kulkas, amit2 jgn kejadian lg.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

22

Topic: Manajemen ASIP

Pamz, so sorry to hear that. ASI itu memang kayaknya cepat banget cairnya deh. Aku makanya juga rada psikotik mengenai freezer ASIku. Kadang-kadang tengah malam pas bangun bisa turun ke bawah cek apakah pintunya sudah tertutup rapat. Sampai aku pasang genset terutama demi supaya pas mati lampu freezernya tetap nyala. Di Indo kan sering banget mati lampu. Kemarin itu aja udah mati lampu beberapa kali. Kalo gak ada genset gimana bisa tahan tuh ASI2 mati lampu bisa sampe 12 jam bo.

23

Topic: Manajemen ASIP

Moms mau tanya dong...menurut AIMI-kan klo nyimpen ASIP di freezer kulkas 1 pintu cuma tahan 2 minggu. ASIP yang ada di freezer ku itu stok untuk nanti aku masuk kerja. Kebetulan 1 sept nanti baru masuk jadi belum keminum sama sekali. Perahan pertama tanggal 13 Agustus, klo ASIP-nya cuma tahan 2 minggu seharusnya diminum tanggal 27 agustus kemaren...Nah gimana solusinya yaa apa tetep dikasihin aja ASIPnya atau dikasihnya nanti untuk tanggal 1 sept?? mohon pencerahan.

Berjuang untuk masa depan Banyu dan Binar
my positive

24

Topic: Manajemen ASIP

Ayuahmad
Saranku, coba aja dicairin satu botol, n dirasain. Klo rasanya udah aneh, mending dibuang. Daripada diminumin ntar malah ngga bagus juga... CMIIW yah moms

25

Topic: Manajemen ASIP

Dear Mamas yg udh pd pengalaman manajemen ASIP mw minta sarannya dunks

1bln lagi saya masuk kerja, baru nyetok 6botol (skitar 90-100ml), g berani penuh2x takut pecah.Awalny smangat mompa ASI tp skrng2x jd mlz krn d tanyain ma mertua knp nyetok ASI (maklum nyetok asi d botol gitu hal baru bwt mereka, malah saya di tanyain bwt apa beli botol asi mpe 30pcs, pdhal saya aja ragu 30pcs ini cukup apa g maaf y jd curhat), udh gitu tmbh g enakny krn masih numpang d rumah mertua jd g enak menuhin kulkasny ma asip, sbenerny saya punya kulkas yg blm d buka tp 1 pintu, n ktny kl 1 pintu itu cuma tahan 2mgg y. Sbenerny kantor saya deket skitar 5-10menit kl jln dr rumah. Jam krj 8-16, kl siang saya pst pulang mkn siang jd bisa nyusuin jg. Nah pertanyaannya dr jam8-12 n jam 13-16 mending mompa brp kali y?truz kl stok 10botol cukup g y?apa saya izin aja jam 10 n jan 2an bwt nyusuin jd g usah nyetok ASIP y?tp blm tw jg sih kira2x d izinin apa g kl izin yg jam 10 n jam 2