1

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

aqeela, otty, slesta, mia, ella, ratna,
thanks infonya. aku campur air 1:1 soalnya kayanya pernah baca somewhere in this thread. tp bacanya waktu nay blom setaon. mau ngulang lg,, males :p
jd ga selalu harus diencerin ya? kirain pertama-tama ngasih wajib harus diencerin..
thanks again :)

2

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

airas
aira cantiiik banget, lucu ih :D

Mungkin ada baiknya intake susu Aira dikurangi, sehari 1 Liter lumayan banyak tuh untuk anak seumuran Aira. Ada kemungkinan Aira kekenyangan susu jadinya dia gak nafsu makan

HTH

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

3

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

riri Iya emang ada sih di thread ini, itu untuk ngurangin kemungkinan sembelit/mencret tapi efeknya rasanya jadi ga enak :p

airas Sebetulnya menurut gue UHT/pasteurisasi itu bergizi lho... Dan cukup untuk kebutuhan anak. Cuma memang panadangan umum yang ada sekarang tuh kesannya UHT/pasteurisasi bukan susu "betulan" dan ga bergizi. Justru toddler itu harusnya mendapat asupan gizi utama dari makanan, bukan dari susu. Jadi kalo anak GTM/picky eater, solusinya bukan dengan cara menambah susu pertumbuhannya tapi dengan cara bikin variasi makanan yang disukain anak. Susu dibutuhkan sebagai sumber kalsium, dan sebetulnya bisa juga diganti sama sumber kalsium yang lain seperti yoghurt/keju/brokoli. Coba deh dicek lagi, jangan2 porsi susunya kebanyakan makanya anaknya keburu kenyang dan males makan?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

4

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Riri kayaknya itu dari gue tuh. gue emang nyaranin kalo pertama minum UHT untuk dicampur dulu. soalnya kejadian ama naia dulu gue kasih tanpa dicampur dia mencri2. akhirnya setelah pelan2 gue campur baru deh perutnya settle. tapi banyak ibu2 disini yang anak2nya bisa langsung terima tanpa perlu dicampur. dan nyampurnya juga ga sampe encer sih..

jadi mungkin bisa dicoba lagi dgn ratio 2:1 (susu:air) .. atau sekalian kasih UHT tanpa dicampur deh.. mudah2an berhasil.

airas pada dasarnya gini, susu UHT itu emang tidak terkandung macam2 gizi seperti yang ada di susu formula. krn susu formula kan udah ditambahin ini itu supaya tetap ada gizinya.. jadinya ibunya pun mikir ya udah kalo anaknya gak mau makan yang penting gizi tetap masuk dari susu. nah susu UHT itu tidak ada gizi tambahan, hanya ada faktor kalsiumnya. krn rightfully gizi2 lain itu datangnya dari makanan, dan susu ada sumber untuk kalsium. dengan begini anak belajar untuk makan dengan baik krn susu UHT doang tidak akan bikin dia kenyang & obviously tidak cukup untuk memenuhi gizi yang diperlukan.

untuk kasus elo dimana sekarang si anak pun lagi gak mau makan, mungkin emang baiknya dicampur. kalo aira udah back to normal nafsu makannya dan bisa dikasih segala macam makanan yang mengandung gizi masing2nya, silakan balik lagi aja ke UHT full. again, itu tergantung pada decision elo & tentunya cara makannya aira.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

aqeela : itu lmyan bkurang.. aira picky eater baru2 aja,mulai umur 9 bulan (mulai bs jalan).. dari 4m ampe sblm 9m (dia makan icip2 dr 4m) bagus bgt,gak milih, gak nolak n selalu abis.. pas jaman sufor aja bs 8x120ml (aira asi ampe 3m), jd skrg bkurang lmuyn

otty : aku kasih UHT setelah pol mentok dia nolak makan tuh.. kalo udah ampe berantem or nangis nolak maem or berkali2 d lepeh or nolak ganti menu :D .. n d saat makannya bagus pun UHT/sufornya jg sgt ..

slesta : itu kali ya, mananya d bilang lebih bergizi sufor.. aku usahain makan berat dulu, UHT/sufor belakangan.. ini juga masih nyampur,kalo udah d rasa bagus makannya balik k UHT aja.. aku setuju :) .. lariiii k thread GTM n picky eater moga2 dapet pencerahan :D

kalo yg susu gambar beruang kaleng itu UHT bukan sih?buat anak 1taon bs gak ya?ada yg prnh konsumsiin k toodlernya belom ya?moga2 belum ada yg nanyain :p

mother | dreamer | winner
@aulianugroz

6

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

airas Kalo gitu coba variasi menu aja kali ya supaya nafsu makannya bagus lagi... Sebetulnya anak gue juga kalo minum susu 1 L/hari tapi karena ga ada masalah sama nafsu makannya ya didiemin aja (walopun gue sempet deg2an dan tanya sana-sini itu normal ato ga).

Maksudnya susu Bear Brand ya? Blom pernah nyoba sih karena ga kepengen juga nyoba itu :p

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

airas,
Bear Brand di kalengnya sih tulisannya sterilized milk, kalo ga salah sama aja sama UHT (bukan pasteurized). blom pernah ngasih ke nay, tp pernah nanya ke CSnya nestle, katanya kalo untuk anak 1thn ke atas udah boleh.

8

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

airas,

kalo anak gtm emang kitanya pusing yaa, selain variasi menu, cobain deh di bentuk2 makanannya, bento gitu, karena dari beberapa temenku yang pengalaman anaknya gtm, pas divariasiin di bentuk2 lucu di piring makannya, si anak jd curious dan akan coba untuk masukkin ke mulutnya :)
Selain itu, memang intake susu nya harus di batasi, krn memang di atas 1 tahun, nutrisi lengkap lebih baik dr makanan... :)

Happy Mama wif a handsome boy ever ;p

9

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

baca koran pagi ini, nemu promo Susu UHT segala merk diskon 15% besok minggu di Carr*four (tapi belum telp ke customer service untuk confirm promonya, kadang2 menipu sih)

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

10

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

moms
Maliq udah 4 hari ini ogah2an minum uhtnya, biasanya kalo ditinggal kantor ngabisan 1-2 kotak @200 ml. sekarang satu kotak aja kadang ga abis kata eyangnya. Minum asi masih mau seh walopun gue ngerasanya dia juga kurang semangat minumnya, apa karena pengaruh lagi batpil juga ya? ada yang pernah ngalamin juga ga yaa

kangen teyuuus sama maliq paha montoq :)
www.mypetitefamilia.blogspot.com

11

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Kalau lagi batpil biasanya anak2 suka males minum susu, secara sesek kali ya...Davina juga kalau batpil asupan susu nya jadi berkurang. Ntar kalau batpilnya sembuh, pasti balik normal lagi kok, InsyaAllah minum UHT and ASI nya banyak lagi
Semoga Maliq cepet sembuh ya batpilnya :)

davina biggest fans

12

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

aQeela
waaa...diskon yaa.. :)
kalo kami biasa langganan sama sales yg bawa mobil box ituuh..
jadi dapet harga grosir..

mommymaliq
iyah moms...mungkin efek batpilnya... secara kita aja kalo lagi ga enak badan juga males makan..
semoga maliq cepet sembuh.. :)

13

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

moms nanya dong,

Refa baru aja dicobain lagi ke UHT, setelah sekian lama brenti coba, karena ga doyan yang plain. Ini pake yang rasa coklat lumayan mau.

Nah, kalo UHT ultr*j*ya kan yg kemasan 125 ml ada 2, yg UHT biasa yang buat orang dewasa, ada juga yg UHT M*mi (moga2 pada ngerti bintang2nya, takut nyebur merk hehe).
Bedanya apa ya mom? baiknya yg mana?

14

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

ikamelati Setau gue UHT Ultra tuh ada 3 macam kemasan: yang 250 ml & 200 ml untuk produk full cream & low fat (plain & coklat) sama Mimi yang 125 ml. Kalo yang Mimi tuh ga ada yang plain, pasti ada rasanya... Vanilla, coklat, etc (duh ga pernah beli jadi ga tau). Kalo menurut gue sih, cari aja yang kandungan gulanya paling sedikit.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

mamas,, dzaky 13,5 mos sampai sakrang belum begitu suka dengan UHT...akhirnya krn ASI juga menipis,,,aku tambah sufor buat dia,,dan alhamdulillah suka,,tapiiii ya itu bangkrutttt emaknyaa,,, pengen banget supaya dia suka UHT,,,bakal terus berusaha deh ngasihnya..mungkin di encerin dulu aja kali ya.. karna kalo tanpa penambahan air itu dia kentel menurutku,, dan aku mau tanya kalo misalnya UHT sudah dibuka dan di taruh di suhu ruangan,,itu tahan berapa lama ya mamas? TFS yaa :)

You don't choose your family.They are God's gift to you, as you are to them
husnul-ummi dzaky-@husnulfirdaus-
http://keluargakecil-firdaus.blogspot.com

16

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Bu-ibu,tadi habis konsul sama dsa nya Va' unuk persiapan UHT kalau sudah 1tahun..
Dsa nya tidak recomend UHT karena Va' alergi susu sapi,dan dianjurkan susu soya saja... Adakah yg punya pengalaman sama? (anaknya alergi susu sapi?)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

17

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Leica udah setaun nih..kemaren dikasih UHT ndak doyan..dicobain terus aja apa gimana yaa??
trus kl udah mulai minum UHT, nyusu ASI-nya jadwalnya gimana?? masih tanda tanya nih..

Leica and Lucca in the sky with diamonds

18

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

rasya, biasanya awal2 memang suka gak doyan, coba dicampur sama asip, trus lama2 perbandingannya dibanyakin uht. Kalo jadwal menyusu asinya gimana ya tergantung sama produksi asimu juga... kalau masih banyak asinya ya mungkin bisa diutamakan asi, trus mulai dikenalin uht pelan2...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

19

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

rasya,
aku sebenernya masih mompa, tp tiap hari hasilnya defisit. jd rencananya sih UHT itu buat nutup defisitnya itu aja.
kalo semula nay (14m) mimik sehari (kalo ditinggal) 3x @200ml itu asip semua. skrg2 ini kalo di kantor aku plg dapet mompa sekitar 400ml, jd 200ml ditambah UHT. rencananya begituu.. ini jg masih dalam proses pengenalan :)

20

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Hi mamas,mau sharing ttg susu UHT ni.. Eh,tp mgk udah ada yg pernah nge-post ya *males baca dr awal ni ;p

Dl zidan&maza lepas ASI aku kasih sufor Enfa A+,udah bangga bgt krn harganya yg lumayan mahal. Tapiii gara2 nganterin zidan jalan2 ke Taman Pintar Yogya *jadi ikutan pintar ni* trus liat salah satu booth yg disponsori sama pabrik susu SGM,disitu diperlihatkan dgn miniatur,proses pembuatan susu formula.
Yg ternyataaaaa...butuh sekitar 12x proses yg terdiri dari : pemanasan,pengeringan,pemanasan lagi,pengeringan lagi,penambahan zat&vitamin2 kyk DHA,vit.A,dll *yg sebenarnya ga penting bgt ada dlm susu, bisa didapetin pada makanan.

Bisa dibayangin kan mam,12x proses kimia!!
Aku ngebayangin kl kandungan kalsiumnya di susu udah rusak kali ya..
Makanya begitu sampe rumah langsung deh beli susu UHT trus aku cobain ke anakku yg besar *waktu itu 4,5th* alhamdulillah dia lgs suka. Klo adiknya *1,5th* aku campur dl sm sufornya 1:1. Lama2 aku banyakin susu UHTnya. Dlm waktu 1 minggu udh bisa full UHT.
Smp skrg aku biasa beli yg kemasan kotak 1ltr. 1kotak diminum rame2 biasanya hbs ga smp 12jam,jd ga sempet basi.

That's it mamas,mudah2an bermanfaat ya :)

Joice Sitawati
dresscodemuslim[dot]com
YM : joicesitawati

21

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

ummiedzaky wrote:
mamas,, dzaky 13,5 mos sampai sakrang belum begitu suka dengan UHT...akhirnya krn ASI juga menipis,,,aku tambah sufor buat dia,,dan alhamdulillah suka,,tapiiii ya itu bangkrutttt emaknyaa,,, pengen banget supaya dia suka UHT,,,bakal terus berusaha deh ngasihnya..mungkin di encerin dulu aja kali ya.. karna kalo tanpa penambahan air itu dia kentel menurutku,, dan aku mau tanya kalo misalnya UHT sudah dibuka dan di taruh di suhu ruangan,,itu tahan berapa lama ya mamas? TFS yaa :)


Ummi dzaky Klo dl anakku yg kecil *18bln* aku campur sm sufor 1:1,tp trus lama2 aku banyakin UHTnya. Klo udah dibuka cuma tahan +/- 15jam dlm suhu ruang. Klo di chiller bisa lebih lama. Mgk utk awal beli yg kemasan 200ml dl ya mam

Joice Sitawati
dresscodemuslim[dot]com
YM : joicesitawati

22

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

gabriella & Riri,
berhubung aku gak kerja jadi Leica emang sehari2 nyusu langsung sm aku, gak tau deh banyaknya dia nyusu itu berapa totalnya sehari. anaknya minta langsung nyot aja.
kmrn itu sih ngasih UHTnya campur air biar gak terlalu kentel, blom pernah dicobain campur ASIP. dicoba dulu kali yaa..

Leica and Lucca in the sky with diamonds

23

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

PiNkmomma anakku juga alergi susu sapi tp stlh 1 th g cobain pake uht ternyata ga masalah dan smp skr (18bln) dan kata dsanya kalo udah setaon biasanya alergi susu sapinya berangsur2 hilang, makanya g berani coba tp itu terserah mom ya mau milih yg mana. Karena ternyata anakku alergi sm keju. Kalo susu soya pernah coba sblm 1 th dan anaknya ga suka.

24

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

rasya, iya dicoba campur asip, soalnya kan asip ada rasanya, makanya pas dikasih uht dia nolak, karena tawar mungkin... gudlak ya...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

25

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

rasya,
nay jg baru 2mgg yg lalu pertama kali aku kasih uht. aku kasihnya dicampur air dan pas dikasih dia bilang "ga nak.. ga nak" sambil mukanya merenggut. besok2nya dikasih lg yg ngga dicampur apa2, kadang mau kadang ngga. tergantung moodnya. tp yg selalu berhasil emang dicampur asip kaya yg gabriella bilang :)
btw, just curious, kalo sehari2 masih bisa nyusu langsung kenapa skrg dikasih UHT jg? kalo aku masih bisa nyusuin langsung, (kayanya) akan nunda aja ngenalin UHTnya. lumayan kan, irit ga ada expenses buat UHT. hehe.. :p

PinkMomma,
waktu masih asix (<6bln) nay jg didiagnosa alergi susu sapi. soalnya dulu aku minum UHT tiap hari, dan nafasnya nay jd bunyi grok2 gitu.
skrg stl 14m mulai dikasih UHT dikit2, blm keliatan lg sih reaksi alerginya.
kalo misalnya nanti alergi, lg bingung juga nih mau diganti apa. secara kalo soya banyak yg bilang ga bagus, kaya yg dibahas di thread ini. lg browsing2 susu kambing etawa sih.. tp masih cari2 opsi lain jg..