1

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

O Iya Mama Alula, ngambil BS nya dr yayasan di jogja, boleh minta CP nya ga..? trus gajinya berapa dan fasilitasnya apa aja..?

2

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

indriani budi utami Alhamdulillah dan iya, gw dan suami kadang diskusi dan bersyukur juga bisa dapat BS yang bisa diandalkan :)

koelyd dulu rencana awal gw adalah nyari ART biasa yang mau nginep, trus ntar gw ajarin dulu. Dan waktu gw kerja pas weekdays, gw minta tolong tante gw yang di bekasi (btw, rumah gw di ciputat) buat ngawasin kerjanya si ART. Tapi, akhirnya malah dapet BS, dan emang sempet tante gw nginep 2 minggu awal dan di awasi dulu lah(dan nyokap gw di kalimantan tiap hari pasti telpon ke rumah, ke tante gw nanya2 kabar lula dan minta report soal si BS...hehehe :D ) . Tante gw bilang OK jadinya gw, nyokap dan suami tenang ninggalin dia berdua doang sama lula (soalnya adek gw waktu itu masih les jahit dan perginya seharian juga, jadi ga bisa ngandalin adek gw buat bantu jaga lula).
So, IMO, penting sih buat orang kepercayaan kita buat ngawasin si ART/BS selama kita kerja. Ga usah terus2an, yah minimal 2 minggu ato sampai 1 bulan. Biar kita tenang dan yakin waktu kerja
No Telp yayasannya aku PM ya...

still learning....day by day....

3

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Ok, Thx ya moms..

4

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mama alula,
Aku mau jg dong telp yayasan nya. Blh share disini aja ga? Kali2 ibu2 yg lain butuh jg :)

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

5

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

boleh di share disini ya mama mod?? *clingak-clinguk*
okay deh, klo ga boleh, nanti ane pm aje :)

modnote: PM aja deeeh... jangan share no. telp ya.

fabsfashion smoga lagi ada yang available yaaa... soalnya temen kantorku juga udah pernah ku kasih nomernya dan ternyata lagi kosong (telponnya pas bulan puasa sihh)... good luck!!! :)

still learning....day by day....

6

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Oh ga blh ya..maap kl ga blh huhu
Kl gt maau ya di PM :))

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

7

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

hehehe... maap ya mama mod thalia :) ampuuunn....
fabsfashion pm sudah mluncurrrr.....

still learning....day by day....

8

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Moms, aku lg dilema nih..
BS-ku uda 2 bln ikut aku, slama ini baik2 aja, kerjanya rajin, bahkan kerjaan rumah jg dy mau pegang klo pembantuku ga kerja (pulang hari)
makannya ga pernah kubeda2in, tiap weekend ikut jalan2 juga ke mall, taman safari, ancol
bahkan kalo aku dinas ke luar kota dia kadang kuajak (udah 2x ini)
tiap kali aku / suami dinas, dia selalu kebagian oleh2

nah skrg kami ada masalah nih...
2 hr yll ibuku bilang kalo tas c4 daur ulangnya mendadak kok ga ada, padahal isinya biskuit & coklat utk oleh2 (ga banyak siy), kami jg udah cari sekeliling rumah tapi ga ketemu juga
trus aku minta BS jalan2 sore sm anak, aku intip kamarnya, eh..ketemu di bawah kasurnya BS-ku, tp coklatnya udah habis tinggal bungkus2nya aja
rencananya paginya aku mau tegur dg alasan mau pindahin kamarnya dia (mw dicat), jd seolah2 nanti kita bakal nemuin tas tsb di bawah kasurnya, kalo ketemu baru kami tegur..eh..tyt tasnya udah ga ada (mungkin ditaro di tas ranselnya BS)

gimana ya moms?
kalo aku pulangin, dia itu baik sm anak, anakku jg cocok sm dia, cm aku ga sukanya kok dia ga jujur sama aku
sedih aku jadinya
kalau ada yg bs kasih masukan, aku akan sangat berterimakasih

Proud to be Fra's mom ;)

9

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

atarescha..pernah punya pengalaman mirip..

Dua bulan yang lalu karena alasan kesehatanku, aku akhirnya memutuskan untuk cari ART lewat yayasan, karena di Balikpapan tempatku tinggal skrg tuh cari ART/BS susyaahh. Walaupun beberapa teman kantor suamiku banyak yang memberi masukan negatif tentang mencari ART/BS dari yayasan disini, tapi ya gimana lagi lha wong kepepet :(

ART yang pertama cuma bertahan 4 hari kerja alasannya mau interview untuk bekerja di Bandara. Terus sama yayasan di kasih penggantinya. ART yang kedua ini kerjanya lumayan rajin, sholat dan ngajinya juga bagus. Tapi ga tahu kenapa dia suka cerita tentang beberapa temannya di yayasan yang suka mengambil barang majikannya padaku, padahal aku ga pernah nanya2 tuh.

Hingga suatu hari (hari minggu), aku mau belanja ke hypermart bareng suamiku, eh pas mau pake jam tangan, anakku bangun minta nenen. Habis nenenin anakku langsung pergi, lupa belum sempat pake jam tangan. Tapi aku inget banget kalau jam tangan itu kutaruh di kasur disamping anakku yang sedang tidur.

Nah, baru ingat tentang jam tangan hari jum'at. Terus aku tanya ke ARTku itu, dia jawab memang jamku ketinggalan di kasur dan oleh dia ditaruh di rak buku yang juga ada di kamarku. Tapi aku bilang aku ngga pernah lihat lagi jamku sejak hari minggu itu. Terus dia bantuin aku cari. Tiba2 dia bilang hari senin dia lihat jam itu di dekat TV. Lha, perasaan aku ga pernah lagi lihat jam tanganku itu di depan TV, trus malah dia nuduh tukang jamu langgananku. Duh, aneh2 saja, padahal kalau tukang jamu datang pasti aku juga langsung keluar, dan ga pernah lama2. Habis itu dia bilang jamnya ga akan ketemu karena dia sudah cari kesekeliling rumah..Hwaa, tahu dari mana dia. Selama ini ga pernah ada barang hilang di rumah, kalaupun keselip sehari dua hari paling juga ketemu. Karena di rumahku ga pernah tuh kedatangan tamu, kalaupun tamu ya cuma tetangga kiri kanan yang nemeni anaknya main sama anakku, dan ga pernah masuk rumah. Trus waktu sore2 aku lagi nemenin anakku main ke tetangga depan rumah, tiba2 dia manggil2 aku, dia bilang dia mimisan dan mau pulang hari itu juga.

Hmm, kelihatan banget nggak beres, tapi mau nuduh juga takut dosa. Habis itu paginya kutelpon yang angkat anaknya dan bilangnya ibunya masuk RS, dan seminggu kemudian dia datang lagi kerumagku hanya untuk minta resign dan mengambil gajinya. Dan sampai sekarang jam tanganku ga pernah ketemu.. Yah, masih untung cuma jam tangan, IMO mungkin aku yang kurang shodaqohnya. Tapi kadang mikir juga dulu waktu masih di Jakarta, beberapa kali ganti ART dan BS, jujur2 semua orangnya, yang ini sepertinya lagi apes.

Kalau pengalaman tetangga depan rumah hampir mirip juga, tapi yang diambil giwangnya. Dan dia lebih tegas ketimbang aku, sehari setelah giwangnya hilang dan ARTnya ga masuk, dia ke rumah ARTnya dan bilang kalau dia mau bikin surat pengaduan barang hilang ke polisi. Dan 2 hari kemudian memang barangnya di balikin. Tapi ya habis itu ARTnya ga dipakai lagi krn mereka sudah tidak bisa percaya.

Untuk casenya atarescha, menurutku sih sebaiknya di tegur baik2 ya tapi juga harus tegas, dan kalau memang atarescha masih mau mempertahankan dia (dengan pertimbangan nobody is perfect, kesalahannya kan kecil, cuma makanan, dan mungkin masih bisa diperbaiki), keep barang2 berharga dengan lebih hati2. Tapi kadang mengambil itu mulai dari barang2 yang tidak berharga lho. Kalau memang orangnya jujur ya, IMO, kalau mau makan, kenapa juga mesti nyuri2, kan bisa minta baik2.

10

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

atarescha emang dilema ya kalo urusannya udah sama orang yang kita sebenernya kerjanya suka. tapi masalah tidak jujur itu gak mungkin stop sekali aja. iya kalo dia ga jujur krn ngambil barang, kalo ga jujurnya urusan anak gimana? gak mau juga kan?

menurut gue sih mendingan ditegor baik2. kalo emang dia ngambil dan ga jujur gitu, susah loh kita bisa percaya lagi. dan yakin masih mau percayain anak kita (our most valuable) ke orang yang kita udah tau ga jujur? bukannya manas2in yaa.. tapi ya kita kan ga tau gak jujurnya itu udah sampe mana. kalo emang rejeki lo, insya Allah bakal dapet BS yang jauh lebih bagus lagi nantinya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

atarescha..mau nambahin dikit. Aku ingat dulu si mbak yang ngasuh anakku pernah ambil pakaian dalamku. Jujur sih awalnya kecewa, tapi kuanggap nobody is perfect, karena kerjanya juga lumayan bagus dan kelihatan sayang ke anakku juga, akhirnya aku berusaha memaafkan dia dan melupakan kejadian itu. Dan alhamdulillah, sampai habis masa kerja dia (dia ga mau kita bawa ke Kalimantan karena mau menikah), ga pernah ada barang hilang di rumah. Tapi semuanya kembali ke atarescha, yang barusan just for sharing saja.

12

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Indriani,
thanks 4 sharing, mungkin emang aku akan bicara HTH dg BSku sore ini
jujur aku sedih banget kalo emang dia tabiatnya kayak gitu
tapi moga2 masih bs diperbaikilah anaknya, lagian masih 17 th ini

Slesta,
thanks ya, doakan aku biar bs membimbing BSku agar kembali ke jalan yg benar
secara psikologis emang kurang bagus jg kalau baby terlalu sering ganti2 pengasuh, makanya aku masih berpikir ulang u/ memulangkan BSku ini
yah moga2 dg diomongkan scr tegas BSku bs berubah

Proud to be Fra's mom ;)

13

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

atarescha ibuku pernah punya pengalaman, ARTnya ngambil uang dr dompet bapakku. Waktu itu aku kebetulan lg dirumah n denger dr kamar pas ibuku nasehatin di mbak, begini ibuku ngomongnya :
"mbak, dirumah ini cuma ada ibu, bapak sama kamu, Ari (aku) n Lusi (Adekku) sekali2 aja pulang. Kemaren bapak kehilangan uang dr dompetnya 200rb, ibu minta mbak kalo butuh apa2 bilang, ibu akan usahain mbantu, tp jangan nyolong. Ibu harap ini yg pertama n terakhir ya, jangan diulang lg"
Kata2 ini rupanya mengena bgt dihati si mbak, aku denger dia sesenggukan minta maaf n bener habis itu dia g pernah ngambil apapun kalo g bilang dulu...walopun kadang kita suka kelupaan naruh barang2 berharga ditempat2 umum....Semoga bisa dipraktekin di ARTmu ya...

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

14

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

atarescha...si mbakku juga umurnya waktu itu ga jauh beda kok, secara juga baru lulus SMU. Anak ABG memang relatif masih labil, mudah2an bisa diperbaiki ya. Bisa dicoba saran mrs tody, mudah2an berhasil ya.

15

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mrs Tody & Indri,
aih kata2nya ngena banget ya...ijin contek ya Mrs :)
makasi semuanya, aku akan ngomong ke BSku malam ini juga
enaknya face to face ya, perlu didampingin suami ga ya waktu ngomong dg BS ?

Proud to be Fra's mom ;)

16

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

atarescha...IMO sih menurutku berdua saja ya, bicara dari hati ke hati secara empat mata. Kalau ngajak suami ntar dia jadi malu sangadh dan bisa minta resign mendadak malah.

Jadi inget cara ibuku dulu kalau lagi marahin aku. Didudukin berdua..just the two of us. Ngomong pelan2, ga ada kata2 kasar..tapi selalu sukses bikin aku nangis sesenggukan plus menyesal

17

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

setuju ma indriani sebaiknya bicara 4 mata aja sama si ART

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

18

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

oy, oy, ikutan gabung yaaa.

waduh, ktawa2 ngakak deh baca cerita-cerita beberapa kelakuan ART/BS yg aneh2. tnyata kelakuan ART aku gak bgitu parah ya, cuman berhubung ortu perfeksionis, ya ga dipertahanin deh. pdhl dy pengen bgt kerja di rumah ortu (saya masih tinggal sama ortu), tp sayangnya dy terlalu remaja, jd suka bnyk kelakuan2 nyebelin yg namanya ngambil makanan padahal gw lg hamil, dan pas bangun tidur musti kelaperan krn makanan diabisin dy smua (dy gak bisa masak, jd makanan rumah beli ke luar), telp ampe tengah malem, sterikaan yg ngegunung selama semingguaan, sampe buat kamar mandi banjir gara2 dy buang pembalut di WC.

nah masalahnya, skrg baby nya dah mau lahir, dan saya bakal tinggal pisah sama ortu, jd butuh bgt ART, kalo baby nampak mau diurus sendiri dulu sih, ntar klo ga kuat baru deh mutusin sama BS, soalnya mau cuti setaun kuliah setelah ngelahirin, jd ada waktu kosong buat ngurus baby.

tp kalo ada BS yg bisa skalin ART, wah mu bgtttt. maksudnya kalo lg capek n kerjaan rumah dah beres trus bisa dititipin ke BS+ART itu... adakah yayasan di jkt atau bdg yg bisa direkomendasikan?

@mama Alula : boleh minta nomer telp agen di yogya itu gak?

makasih ya sebelumnyaaa. ^_^ .

19

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

huhu...kalau ART ku bikin sebel juga,,nyokap kan nggak bedain makanan buat keluarga sama ART.Nah si ART ini datang pagi pulang sore,karena saat2 itu pada nggak di rumah kecuali kakak ku cowok.Si ART biasanya kalo pulang disuruh bungkus sendiri sebagian makanan/lauk yang ada,yang udah dia masak.
Suatu saat,ketauan kalo si ART pas masak siang hari gitu,dia masak 2 kali.Misalnya masak sayur sawi,kandipotong2 tuh, yang banyak daunnya disisihkan,yang satu lagi,sebagian besar irisan batang sawi,dan daunnya sedikit.Sama ART dimasak sendiri sendiri..and you know what...sayur yang isinya kebanyakan batang sawi itu buat makanan orang rumah,sementara dia bawa pulang sayur yang banyak daunnya..Well, masalah bukan terletak pada daunnya,tapi etika nya itu loohh...!!
udah bagus disuruh bungkus makanan bawa pulang,bukannya bersyukur eh lama kelamaan ngelunjak dia masak sendiri untuk dibawa pulang.Masaknya dipisah lagi! :@
Emang enak makan batang doang :(

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

20

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

CNAP wrote:
huhu...kalau ART ku bikin sebel juga,,nyokap kan nggak bedain makanan buat keluarga sama ART.Nah si ART ini datang pagi pulang sore,karena saat2 itu pada nggak di rumah kecuali kakak ku cowok.Si ART biasanya kalo pulang disuruh bungkus sendiri sebagian makanan/lauk yang ada,yang udah dia masak.
Suatu saat,ketauan kalo si ART pas masak siang hari gitu,dia masak 2 kali.Misalnya masak sayur sawi,kandipotong2 tuh, yang banyak daunnya disisihkan,yang satu lagi,sebagian besar irisan batang sawi,dan daunnya sedikit.Sama ART dimasak sendiri sendiri..and you know what...sayur yang isinya kebanyakan batang sawi itu buat makanan orang rumah,sementara dia bawa pulang sayur yang banyak daunnya..Well, masalah bukan terletak pada daunnya,tapi etika nya itu loohh...!!
udah bagus disuruh bungkus makanan bawa pulang,bukannya bersyukur eh lama kelamaan ngelunjak dia masak sendiri untuk dibawa pulang.Masaknya dipisah lagi! :@
Emang enak makan batang doang :(


gwakakakakakak, ktawa ngakak bacanya. ada-ada aja akalnya ya. susahnya ART tuh suka gt tuh, dibaikin ngelunjak. susaaahh.

21

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Atarescha,
Kalo gw, alm.ibu gw, suami dan ibu mertua, kalo udah ketauan ART/BS ga jujur biasa langsung cut aja.
Kenapa? Karena bikin pusing.
dari awal ngambil BS/ART, salah satu persyaratan adalah jujur. Jd kalo ga jujur dan ketauan, resikonya adalah diberhentikan.
kita punya banyak hal yg hrs diurus, alasan kita hire BS/ARTpun untuk bantu kita, bukan utk nambah2in masalah kita.
Jd kitapun gak mau buang2 waktu utk ngurusin BS/ART, krn sifat itu gak bisa berubah seketika ya. Walopun akhirnya dia berubah, kondisinya gak akan sama lagi kayak dulu. Kitanya jd was2 dan gak percayaan sama si BS/ART. gak nyaman deh buat kedua belah pihak. Si BS/ART jadi malu dan gak enak, kitapun jd gak percaya lg sama dia.

tapiii..kalo atarescha punya cukup waktu dan kesabaran buat coaching si BS/ART yg ga jujur ini, ya lbh baik dibina (sakan) deh sifat buruknya itu hehehe...

*mischa banget ya gw?*

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

22

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mischa a.ka. Eka :P
thx masukannya, smlm aku uda bicara HTH ama BSku, dia tetep keukeh ga ambil tas & coklat itu, even aku uda bilang klo kami nemu di kamarnya (walo besoknya ga ketemu lagi)
trus dia minta maaf juga klo ngecewain aku & bilang kalo ga akan ulang bikin aku sedih lagi, dia bahkan bilang silakan klo mw periksa kamarnya (IMO barang bukti uda dilenyapin so dia berani2 aja)
kubilang kalau keulang lagi, aku ga sungkan buat periksa kamarnya & memberi tindakan tegas, makanya aku kasih dia 1 kesempatan lagi buat memperbaiki diri
hopefully, she'll realize her mistake & trully promise to herself not doing like that again

Proud to be Fra's mom ;)

23

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

aku share video ini bukan bermaksud menakut-nakuti para urban mama,,,hanya mengingatkan,nggak semua orang yang kita percaya sebenarnya bisa dipercaya..dan HARUSSS benar2 HATI HATI mempercayakan pengasuhan anak kita pada orang lain..

WARNING!! Mungkin sebagian mamas bakal nggak tega ngeliatnya bahkan aku nih masih bergejolak nggak karuan dan kalao ketemu orangnya rasa2nya pengen ngeluarin semua jurus bela diriku buat ngehajar pengasuh bia*ab ini...*sorry i'm little bit emotional now..*

Pesan ku buat semua urban mama : Kalau mampu,mungkin pengadaan cctv akan sangat amat membantu pengawasan pengasuh anak kita.Jadi bisa tau tu pengasuh bener2 menyayangi anak kita atau sebaliknya...
Kalau nggak mampu pasang cctv sodara lain bisa kita berdayakan untuk mengawasi si pengasuh,,atau solusi lain yang mungkin bisa meminimalisir hal2 yang ngak kita inginkan.

http://www.facebook.com/video/video.php?v=1228216882882&comments

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

24

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

aduh cnap...videonya itu biadab bener...huhu nggak kuat rasanya lihat. Itu kayaknya bukan hidden cam deh...kok nggak nolongin ya?

hari ini adalah hari baik

25

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

CNAP
OMG! sampe shock aku ngeliatnya & pengen nangis..hiks.. Itulah kenapa, secapek apapun diriku ngurus banyak hal, tetep anak aku yg pegang sendiri, gak ada ART/BS di rumah.

Mungkin bener dgn apa yg dibilang salah satu Urban Mama di thread ini : kita bisa bayar orang lain utk ngurus anak kita, tp kita gak bisa bayar org lain utk menyayangi anak kita :(

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Rosalia Surya Budi
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)